DIPLOMASI RENDAHAN AS MEMBUAT PUTIN MULAI FRUSTASI

Keputusan sefihak AS untuk mengurangi fasilitas diplomatik Rusia di AS termasuk diantaranya penutupan beberapa  kantor perwakilan dan fasilitas lain seperti perumahan dan peristirahatan untuk para diplomat Rusia makin membuat Putin frustasi dan dianggapnya sebagai diplomasi rendah yang tidak beretika. Sikap frustasi Putin yang biasanya sangat bijak ini wajar dan manusiawi , melihat begitu  banyaknya  intimidasi yang dilakukan AS terhadap Rusia beberapa tahun ini , mulai dari intimidasi militer, ekonomi dan diplomasi.

Berikut pernyataan Putin menanggapi kebijakan AS itu :

Fakta bahwa fihak Amerika mengurangi jumlah fasilitas diplomatik kita itu adalah  hak mereka. Sayangnya adalah bahwa hal itu dilakukan dengan cara yang sangat kasar. Itu tidak mencerminkan mitra yang baik. Tapi memang sulit melakukan dialog dengan orang-orang yang tidak bisa membedakan antara “Austria” dan “Australia”. Tidak ada yang bisa dilakukan untuk itu. Mungkin begitulah tingkat budaya politik sebagian politisi tertentu AS”.

“Amerika adalah sebuah negara besar dan orang Amerika adalah orang hebat tapi kenapa  mereka dapat mempertahankan begitu banyak orang (politisi)  dengan tingkat budaya politik yang rendah,” komentar Putin.

“Kami telah dan mitra kami (AS) telah memahami  bahwa harus ada perbedaan  jumlah staf diplomatik di Rusia dan Amerika Serikat. Ada sekitar 1.300 orang diplomat AS di Rusia; Kami hanya memiliki 455 orang. Kami ingin mengoreksi ini. ” “Tapi di antara 455 staf diplomatik yang bekerja di Amerika Serikat yang  155 orang  bekerja di Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sebenarnya, mereka bukan bagian dari korps diplomatik yang diakreditasi oleh Departemen Luar Negeri AS, “tambahnya.

“Jadi sebenarnya Rusia tidak memiliki sejumlah 450 orang diplomat di AS tapi jauh lebih sedikit”.

“Amerika telah merebut  hak Rusia untuk menggunakan properti kami. Ini adalah pelanggaran yang jelas terhadap hak properti Rusia di AS. Oleh karena itu, sebagai langkah awal  saya akan memerintahkan kementerian luar negeri Rusia untuk mengadu  ke pengadilan  dan mari kita lihat betapa efisiennya peradilan AS yang dipuji banyak itu”.

 

 

This entry was posted in Info Lain. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 + 1 =