JURNALIS SAUDI DIUSIR OLEH WARGA PALESTINA SAAT MASUK KE MASJID AL AQSA

 

Seorang jurnalis (blogger) Arab saudi diusir oleh warga Palestina saat hendak masuk ke Masjidil Aqsa diPalestina.

Blogger Saudi bernama Mohammed Saud itu, oleh warga Palestina diteriaki “pengkhianat” (Islam), “sampah” dan “zionis”, sambil  diusir dan dilempari kursi plastik. Sementara, seorang anak kecil berkali-kali meludahi muka muhammed Saud.

Menurut Media Israel, warga Palestina  juga meneriakkan suruhan untuk berdoa saja di Sinagog (tempat ibadah Yahudi), jangan di masjid Al Aqsa.

Kemarahan warga Palestina itu bisa dimaklumi, karena sejak tahun lalu penguasa Arab Saudi kembali menerapkan  larangan Umrah dan Haji bagi warga Palestina yang tinggal diYerusalem timur dan diIsrael pada umumnya. dan juga  bagi pengungsi Palestina diYordania, dan Libanon.  

Muhammed Saud juga dikenal sebagai blogger yang gencar mengkampanyekan normalisasi hubungan (negara-negara Muslim) dengan Israel.

Sejak berdirinya negara Israel 1948 sampai dengan tahun 1978 (selama 30 tahun) , pengguasa Saudi melarang warga Palestina untuk bisa pergi Haji dan Umrah.

Pada tahun 1978 situasinya pernah berubah ketika Raja Hussein dari Yordania membuat kebijakan dengan  berkoordinasi dengan Liga Arab untuk mengeluarkan kartu perjalanan (Visa) bagi mereka untuk melakukan haji.

Tapi situasi itu kembali buntu ketika tahun 2018 lalu, penguasa Arab saudi kembali mengeluarkan larangan Haji dan Umrah bagi hampir 3 juta warga Palestina diIsrael termasuk  para pengungsi Palestina di Yordania dan Libanon.

 

 

This entry was posted in Info Lain and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =