OPINI SEORANG  WARGA SAUDI  TENTANG NEGARANYA

Image result for saudi arabia pic

Adalah  sangat langka menemukan seorang warga  Arab Saudi yang mau dan berani berbicara  banyak hal tentang negaranya. Sangat langka  ada warga Saudi yang menjadi pengamat Politik atau analis Politik didalam negerinya. Kalaulah ada 1 atau 2  itupun tinggal diluar negeri , mereka sangat tahu  hidupnya bisa berakhir seperti Jamal Khasoggi.

Berikut ini adalah transkrip interview  lewat video call oleh Channel Youtube  108Morris108  dengan dengan sorang pemuda  Saudi yang berpandangan  cukup terbuka , mungkin karena dia juga berpendidikan luar negeri.

Waktu itu kita belum sempat mendownloadnya, dan  belum sempat selesai mentranskripnya (tinggal sekitar 5%) , tapi  video itu sudah keburu disuspend , jadi kita tidak bisa menshare video itu disini..    

Meski  demikian ,  sebagian besar topik yang menarik sudah tercakup dalam  transkrip ini. Mudah mudahan menjawab rasa penasaran kita atas  langkanya warga Saudi yang berani beropini secara terbuka.. 

 

Tanya :  Saya sangat beruntung bisa berbicara dengan anda,  karena sangat langka orang dari teluk Arab yang mau bicara.

Jawab : Anda tidak bisa menyalahkan mereka,  Bicara  (bagi kami) bukan hal mudah,  sangat sulit untuk melakukan itu

T : Kenapa…, kenapa sulit ?

J : Kenapa … kenapa kita mau mengambil resiko. Negara teluk Arab punya 3 masalah , Pertama masalah hak azazi, ketidakadaan hak azazi … maksud saya jika anda melakukan sesuatu yang membuat penguasa tidak senang, maka anda tidak akan bisa melihat matahari lagi…hanya sesederhana itu.

T : Apakah orang2 disana bahagia ? apa mereka fikir Negara dalam kondisi yang baik?

J : Yaa …gimana lagi , mereka dikondisikan seperti itu. Dengan menggunakan media massa mereka dibombardir (propaganda)  bahwa “Anda  berbahagia disini, anda dilindungi disini, tapi jangan bicara terlalu banyak”

T :Tapi anda juga mengalami kemakmuran dalam waktu singkat.

J : Anda sangat benar, dibanding Negara arab sekitar kami , kami sangat beruntung. Bagaimanapun kita  harus  mengorbankan banyak Hak untuk menikmati kemakmuran itu. Kita tidak boleh bicara soal politik, kita tidak boleh punya pendapat . Jika anda punya pendapat yang sama dengan penguasa itu tidak masalah, tapi anda tidak boleh punya pendapat yang berbeda dengan penguasa.

T : Saya tidak mengerti dengan penguasa (Saudi) saat ini …Raja Saudi dan keluarga kerajaan…, mau kemana arah mereka dan apa tujuan yang ingin mereka raih, bisa anda jelaskan ?

J : Sejujurnya, kebanyakan orang Saudi juga tidak tahu hal itu, Ada ungkapan lama yang kalo kita terjemahkan akan  menjadi “ Para penguasa itu lebih tahu”,  jika anda meperdedebatkan apa saja…akhirnya anda hanya  akan mendengar  “tak ada harapan” , artinya “para itu penguasa lebih tahu”. Mereka (orang2 Saudi)  benar-benar tidak tahu.., dan mereka (para penguasa itu) selalu mengulang ulang  perkataan  “ Berbahagialah …berbahagialah , anda aman dan dilindungi” . Dilindungi yang tampaknya dalam arti anda harus mengorbankan banyak hak anda.

T : Tahukah darimanakah asal  para keluarga Kerajaan itu ? tahukah anda sejarah mereka ?

J : Dari sejarah yang dibeberkan, mereka berasal dari bani “Anazzah”, kita punya banyak suku disini dan “Anazzah” adalah salah satu suku terbesar dijazirah Arab. Dan kebanyakan dari penguasa Negara Arab berasal daru suku ini.

T : Saudi Arabia terlibat banyak konflik dengan negara2 tetangganya, yang terbesar diYaman dan Saudi juga punya tentaranya diBahrain. Saya kira juga terlibat di Suriah , diIraq. Apa yang sebenarnya mau mereka capai apakah ini termasuk ibadah atau kegilaan ?

J : Intervensi Saudi di Yaman dan juga Bahrain adalah untuk menghentikan Iran dalam mencapai tujuannya. Iran bagi kami sama bahayanya dengan Israel bahkan lebih berbahaya. Tahukah anda bahwa kebanyakan juara catur adalah dari Iran dan Rusia.

T : Apakah hal itu yang membuat anda menyimpulkan mereka sebagi sangat berbahaya ?

J : Ya sangat tepat, pergerakan mereka sangat terukur , mereka bukan type orang yang punya pandangan pendek seperti kita, Orang2 Iran punya visi jauh 50 atau 100 tahun kedepan.

Iran punya tiga masalah besar, Pertama adalah superioritas militernya, militer  Iran jauh lebih maju disbanding negara2 tetangganya. Ini akan mendorong anda untuk meningkatkan militer anda.. Kedua, budaya mereka terisolasi. Mereka berbahasa Persia sementara tetangganya berbahasa Arab. Dan mereka punya (sekte) agama yang berbeda yaitu Shiah.  Ini bukan isu sederhana, Iran menggunakan Shiah sebagai “Kuda Trojan” untuk menginfiltrasi dunia Arab.

Mereka tahu mereka tidak bisa menggunakan cara lain karena Israel telah ada (didunia Arab) selama 70 tahun ini, dan Israel mempropagandakan “Israel Raya”, jadi mereka tidak bisa menembusnya…. Itu tidak mungkin. Karena ada perbedaan (sekte)  agama,  Isolasi budaya dan kebencian klasik terhadap dunia arab. Baik Israel maupun Iran punya 3 masalah itu dan sama2 punya superioritas militer.

Israel mencaplok area Palestina seluas 20.00Km2  , sementara Iran mencaplok “Al Ahwaz”  sekitar  16 kali wilayah Palestina atau sekitar 345.00Km2 (wilayah teluk Persia)  , Iran mencaploknya dari tahun 1925. Itulah kenapa kiata menyebut Iran lebih buruk dari Israel.

T : Tidak ada yang bisa saya komentari  tentang itu karena saya tidak pernah mendengar soal itu. Saya tidak meragukan anda tapi  ini baru pertama kali saya mendengarnya. Saya hanya terkejut bahwa Iran adalah Negara Suni pada sekitar 500 tahun lalu,

J : Itu sangat tepat, itulah kenapa Iran datang kesini.

T : Itu mungkin semacam kebijakan politik.

J : Adalah seorang Ismail Safawi yang menaklukan Iran  pada abad 16. Dia adalah Imam Shiah ke 12 ,  dia memaksakan faham Shiah dengan pedang disana dan membunuh banyak oang untuk memaksakan faham itu.

T : Ok saya saya tertarik  dengan masalah  itu , Turki juga memaksakan faham sekularisme   dan itu tejadi, tapi saya tidak ingin lebih mengobarkan sektarianisme dan ada bahaya untuk mendiskusikan itu , kita singkirkan saja topik itu.

Kita akan kembali ke topik suku2 di Arab Saudi,  apakah keberadaan suku2 itu terancam?, mereka menghilang ? apa mereka masih bertahan?

J : tidak , tidak…. mereka masih bertahan , ikatan antar anggota suku sangat kuat. Komunitas di Arab Saudi adalah unik, Ada orang orang yang merupakan anggota sebuah suku tapi ada juga yang bukan anggota suku manapun. Kedua kelompok ini tidak boleh saling menikah. Seorang anggota suku sangat bangga dengan sukunya, dia tidak akan mau menikah dengan suku lain atau dengan seorang yang bukan anggota suku..

Kadang masalah besar akan timbul hanya karena seorang anggota suku menikah dengan seorang yang tidak punya suku., kadang sampai berujung resiko kematian. Itu semua untuk mencegah hal itu terulang lagi

T : Bagaimana aspek kesehatan dari para anggota suku itu, meraka khan melakukan kawin saudara ,  apa mereka sehat dan berumur panjang?

J :Saya kira kekhawatiran tentang resiko Perkawinan sesama keluarga itu terlalu dibesarkan  diluar semestinya.. sebab jika resiko perkawinan saudara itu benar, maka seluruh orang arab akan banyak yang sakit atau meninggal. Memang  mengawini sepupu adalah norma tapi kita juga konsen tentang mutasi genetik  dan bagaimana hal itu bekerja, tapi kita tidak .banyak menemukan kasus buta atau tuli , sebagian mereka juga tahu resiko itu.

T : Banyak yang bicara bahwa kemungkinan Arab Saudi pada akhirnya  akan terpecah, ada area kota suci Madinah (dan Makkah) , ada area yang ditempati suku suku di Najd, dan area ketiga didaerah teluk, Sebenarnya sampai seberapa jauh pembicaraan yang tejadi?

J : Kita hanya membaca hal ini diInternet, sama sekali tidak terlintas difikiran kami.

T : Putra Mahkota  yang baru (MBS)  telah membubarkan Polisi Agama, tentu ini menjadi langkah dramatis di Saudi.  Bagaimana tanggapan masyarakat Saudi ?

J : Ada dua penganut aliran yang sangat berbeda di Arab Saudi, yaitu Liberal dan Konservatif. Kedua aliran  sama2 orang2 yang relijius seperti kebanyakan orang Saudi. Saya kira pembubaran Polisi Agama tidak tepat dilakukan, karena Negara ini belum siap menerima , bahkan mereka sebenarnya tidak punya payung hukum atas penghapusan Polisi agama itu, Kita tidak punya undang-undang  pelecehan (seksual). Polisi agama biasanya mencegah para Lelaki2 melakukan pelecehan tehadap wanita ditempat2 umum.

Jadi sekarang tanpa Polisi agama, kita tidak bisa mencegah /menghentikan  pelecehan terhadap wanita. Banyak orang menjadi bingung dengan kebijakan baru ini dan masih menaruh harapan suatu hari penguasa akan menghadirkan kembali Polisi Agama ini. Mayoritas rakyat Saudi tidak menghendaki hal ini.

Saya 5 tahun belajar diluar negeri dan kembali kesini untuk belajar hukum Islam di Universitas Pangeran Muhammad (Bin Salman), Saya tadinya sangat konservatif, dan tadinya saya berfikir kita adalah mercusuarnya Islam. Wahabiisme sebagai salah satu aliran Islam , tadinya saya kira adalah aliran yang paling  sempurna dalam Islam.

Setelah belajar diluar negeri dan kembali lagi, saya jadi melihat ternyata banyak aliran dalam Islam , dan saya melihat banyak interpretasi tentang Islam, jadi saya mulai ragu bahwa kita (aliran Wahabi) adalah muslim yang paling sempurna.

Saya kira Islam diSaudi (Wahabi) bukanlah  Islam yang sempurna untuk dunia,  mereka sangat konservatif, sangat tidak toleran. Terus terang ini pendapat saya. Jika keluarga saya mendengar pendapat saya ini, tentu akan menjadi masalah serius, hehe….

T : Mereka akan tersinggung pastinya hehehe…

J : Tentu saja tentu saja…

T : Saudi adalah Negara yg konservatif dan anda tahu mana yg boleh dan mana yang dilarang. Bagaimana pandangan orang Saudi terhadap orang2 barat yang secara sembunyi2 mabuk2an di Saudi, apa mereka dianggap Kafir ?

J : Ya tentu saja terutama bagi kaum agamis yang kurang pendidikan. Dari segi dunia  Islam,  ada ketidakpedulian tentang hal ini , dimana manusia dipisahkan atas 2 golongan, yaitu Muslim dan Kafir. Sementara dalam Quran Allah kadang berbicara kepada  orang beriman, kadang bicara kepada orang kafir kadang bicara kepada seluruh manusia.

 

This entry was posted in Analisa Geopolitik and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *