Update WW3 May 2019

IRAN KEMBALI TAWARKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN NEGARA ARAB TELUK

Untuk kedua kalinya dalam bulan mei ini saja, Iran menawarkan perjanjian dan hubungan damai dengan negara negara Arab teluk.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan Iran kembali  menawarkan untuk menandatangani perjanjian non-agresi dengan semua negara di kawasan Teluk Persia dan tawaran itu masih di atas meja.

Pada konferensi pers bersama Menlu  Iraq Mohamed Ali Alhakim  di Baghdad pada hari Minggu, Menlu  Zarif juga mengatakan bahwa Iran mencari yang terbaik dari hubungan dengan negara-negara pesisir Teluk Persia dan akan menyambut setiap proposal untuk dialog dan de-eskalasi menuju tujuan itu.

Dia menambahkan bahwa Teheran bagaimanapun  terpaksa harus menghadapi setiap upaya serangan  militer atau ekonomi terhadap negaranya.

 

PASUKAN RUSIA  TERLIBAT OPERASI  DARAT DI HAMA UTARA

Sebuah video yang dirilis News-Front TV menampilkan Pasukan Khusus Rusia yang diterjunkan langsung di Al Ghab pedesaan Hama utara. Pasukan Rusia itu terlihat berjalan bersama dengan tentara Suriah , sementara posisi militan hanya berjarak 300 m dari mereka.

Mereka ditugaskan memantau dan mengamati gerakan dan posisi militan   dan mengkoordinasikannya  dengan angkatan udara Rusia.

Pasukan Suriah juga menemukan senjata senjata yang sepertinya lebih mirip senjata pasukan koalisi AS, Inggris, perancis, Turki, KSA, Qatar dan Israel dari pada senjata teroris.

 

AS AKAN TERUS TAMBAH PASUKANNYA DITIMUR TENGAH

‘Patriots,’ fighter jets, spies & engineers: What US is sending to Mid East after hyping Iran threat

Washington akan terus mengumpulkan pasukannya  di Timur Tengah sejak  Pentagon menuduh Iran sebagai “ancaman berkelanjutan”  terhadap sekutunya dan kepentingan AS.

Penjabat Kemenhan AS Patrick Shanahan menguraikan rencana pengerahan  yang katanya akan mencakup 1.500 tentara, satu batalion rudal Patriot, pesawat tempur dan pesawat pengintai, serta Peralatan intelijen, dalam sebuah pernyataan Jumat.

Sekitar 600 tentara sudah berada di wilayah tersebut dan segara  akan menyebar ,dan akan menempatkan jumlah aktual pasukan  darat sekitar 900 atau lebih.

Para pejabat Pentagon mengatakan langkah itu dilakukan sebagai tanggapan atas “ancaman” Iran terhadap kepentingan AS di Timur Tengah, yang menyalahkan Republik Islam Iran atas serangan baru-baru ini terhadap kapal tanker di pelabuhan di UEA.

“Serangan terhadap Kapal dagang di Fujairah kami kaitkan dengan IRGC,” Laksamana Muda Michael Gilday, direktur Staf Gabungan, mengatakan pada jumpa pers diPentagon Jumat, merujuk pada Korps Pengawal Revolusi, pasukan elit Iran yang dinyatakan AS sebagai “organisasi teroris.”

Awal bulan ini Washington telah  mengirim kapal induk, pembom strategis  dan aset militer lainnya ke wilayah tersebut untuk mengatasi ancaman yang diduga akan segera terjadi dari Iran.

 

IRAN AKAN TENGGELAMKAN KAPAL INDUK AS DENGAN SENJATA RAHASIA

Iran telah mengisyaratkan kesiapannya untuk menggunakan senjata “rahasia” untuk menenggelamkan kapal perang AS yang berada di wilayah Teluk Persia.

“AS telah mengirim dua kapal perang ke wilayah tersebut. Jika mereka melakukan kebodohan sekecil apa pun, kami akan mengirim kapal-kapal ini ke dasar laut bersama awak mereka dan pesawat didalamnya  menggunakan dua rudal atau dua senjata rahasia baru, “Jenderal Morteza Qorbani, seorang penasihat komando militer Iran mengatakan kepada kantor berita semi-resmi Iran, Mizan.

Pernyataan itu dikeluarkan  ditengah meningkatnya ketegangan AS-Iran yang memburuk awal bulan ini, bersamaan dengan  AS memberlakukan lebih banyak sanksi  baru keIran dan mengirim satuap tempur  kapal induk, satu skuadron pembom B-52 dan baterai rudal Patriot ke Timur Tengah.

Pada gilirannya Iran telah menangguhkan sebagian kewajibannya terhadap  kesepakatan nuklir Iran 2015 yang  juga dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif (JCPOA).

Sementara itu, 76 pensiunan jenderal AS, laksamana dan mantan duta besar telah menandatangani surat terbuka kepada Presiden AS Donald Trump, yang  mendesaknya agar tidak menghasut perang dengan Republik Islam Iran.

“Perang dengan Iran, baik karena pilihan atau kesalahan perhitungan, akan menghasilkan reaksi dramatis di Timur Tengah yang sudah tidak stabil itu , dan menyeret AS ke dalam konflik bersenjata lain dengan biaya finansial, manusia, dan geopolitik yang besar,” kata  surat itu.

 

RUSIA BERTEKAD AKAN BUAT AKSI BALASAN ATAS PENDIRIAN  STASIUN RADAR AS DIDEKAT PERBATASANNYA

NorwayGlobus3

Rusia  bersumpah akan membuat langkah tandingan atas pendirian   stasiun radar AS  yang sedang dibangun tidak jauh dari perbatasannya dengan Norwegia, dengan menuduh  bahwa situs tersebut akan berfungsi sebagai bagian dari sistem pertahanan rudal global AS.

Stasiun Radar  yang disebut Globus-III  didirikan dengan kerjasama oleh AS dan Norwegia di dekat desa nelayan kecil Norwegia Vardø, kurang dari 40 mil dari Semenanjung Kola Rusia, di mana terdapat bebrapa  pangkalan angkatan laut Arktik yang menjadi pelabuhan  kapal selam nuklir (Rusia)  yang melayani Armada  strategis Utara.

Radar baru itu akan menggantikan Globus-II yang ada, yang menurut juru bicara Kemenlu  Rusia Maria Zakharova  radar itu berfungsi  “mentransmisikan informasi yang diterimanya ke AS” . Dalam Konferensi press Zakharova menyatakan  bahwa para pejabat Norwegia tidak kooperatif ketika ditanya tentang instalasi radar itu dan hanya menyebut  radar itu “tidak diarahkan Rusia.”

“Bagi saya tampaknya sangat jelas bahwa itu adalah sebuah persiapan militer yang dekat  dengan  perbatasan  Rusia dan juga  negara lain, ini tidak dapat diabaikan. Kami menganggap perlu untuk  mengambil tindakan sebagai pembalasan untuk memastikan keamanan kami sendiri.”

 

DIREKTUR UNIDIR  PBB : RESIKO PERANG NUKLIR SAAT INI ADALAH TERTINGGI SEJAK PD2

Image result for renata dwan pic

Direktur Institut Penelitian Pelucutan Senjata (UNIDIR) PBB Renata Dwan telah berbicara tentang  ancaman perang nuklir yang disebutnya sebagai ancaman  yang  “mendesak” ,  dan  dunia harus lebih serius menyikapinya.

“Resiko penggunaan senjata nuklir , ditinjau dari  beberapa faktor sekarang lebih tinggi daripada yang waktu lalu , bahkan  sejak Perang Dunia Kedua”,  Saya kira  ini adalah  benar-benar seruan jujur yang harus diakui ,   ini adalah masalah yang  sering luput  dalam liputan media  “ kata Renata  Dwan. 

 

Masih ada 2 menit sebelum gelap gulita

Kita sekarang akan melihat prediksi para ahli nuklir yang boleh anda anggap serius atau hanya hal  yang ringan dan yang lucu .

Menurut Buletin Ilmuwan nuklir , “Doomsday clock” masih sekitar 2  menit lagi menuju gelap gulita, itu adalah prediksi yang dihitung pada  tahun 2018 ,

Berapa lama lagikah 2 menit itu ? Silahkan baca dan reka reka  sendiri analisa para ahli nuklir itu diweb ini , disitu prediksinya sudah dibuat detail koq , lengkap dengan timeline.

 

PAKISTAN MASUK JEBAKAN SAUDI DALAM RIVALITASNYA DENGAN IRAN

190306 MBS Saudi in Pakistan Imran Khan EU

Gubernur provinsi Tabuk  Arab Saudi  Pangeran Fahd bin Sultan Al Saud telah menelepon Perdana Menteri Pakistan Imran Khan pada hari ini Kamis untuk menyampaikan salam “bulan berkah Ramadan”.

Dia menyebut  menantikan kedatangan  Perdana Menteri Pakistan  ke Arab Saudi untuk menghadiri KTT OKI yang dijadwalkan diadakan pada tanggal 31 bulan ini.

Perdana Menteri membalas salam dan berterima kasih atas dukungan “Dermawan”  dari Arab Saudi ke Pakistan pada saat yang sulit ini. Dia juga mengkonfirmasi partisipasinya pada KTT OKI yang akan datang di Mekah.

Saudi dalam  rivalitasnya dengan Iran karena menerima sumbangan miliaran dolar dalam bentuk bantuan dan investasi dari Riyadh. Mungkin salah satu momen yang paling berkesan secara visual dari tur karpet merah Pangeran MBS  keAsia bulan lalu adalah pemberian kepadanya, oleh para senator Pakistan, sebuah senapan mesin ringan berlapis emas.

Pakistan  adalah pemberhentian pertama pangeran mahkota dalam tur Asianya  yang juga singgah ke India dan Cina. untuk menghormati kunjungannya  Pakistan mengumumkan hari libur nasional guna menghormati kunjungan MBS, dan  menyebut Arab Saudi “seorang teman yang dibutuhkan.”

Dan memang, Islamabad senang: Arab Saudi mengumumkan $ 20 miliar dalam investasi infrastruktur dan energi untuk negara yang sedang kekurangan uang tunai sebesar $200 juta, yang saat ini berada di ambang krisis keuangan dan berusaha menghindari bailout dari IMF untuk yang ketigabelas.

Lokasi investasi sangat signifikan. Banyak proyek yang berfokus pada infrastruktur penyulingan minyak di wilayah Balochistan yang miskin dan sedang bergolak di Pakistan, lokasi ini terletak di sepanjang perbatasan 565 mil dengan saingan berat Arab Saudi Iran.

“Mohammed bin Salman memiliki pandangan strategis bahwa Anda (Pakistan) harus menekan Iran. Dan dengan memanfaatkan Pakistan dia (MBS)  ingin  menekan Iran dari dua sisi, “Gregory Gause, kepala Departemen Urusan Internasional di Universitas A&M Texas, mengatakan kepada CNBC.

Hal Itu akan membuat  pilihan sulit bagi Pakistan, yang saat ini tidak melihat Iran baik sebagai sekutu besar atau ancaman besar, meskipun mereka waspada dengan meningkatnya kerja sama Iran dengan musuh bebuyutan mereka  India.

“Saya tidak berpikir Pakistan ingin menjadikan  Iran sebagai musuh untuk kemudian  berkonfrontasi secara penuh,” kata Gause, “tetapi mereka (Pakistan) harus melakukan sesuatu karena  uang yangdiberikan Arab  Saudi itu.”

Dan orang-orang Iran tidak menganggapnya sebagai hal enteng , Teheran telah lama menuduh Arab Saudi mengobarkan kerusuhan di wilayah perbatasannya dengan Pakistan, yang merupakan sarang  gerilyawan suni anti-rezim  Iran , mereka  telah beberapa kali melancarkan berbagai serangan terhadap personil militer Iran.

Saudi membantah tuduhan itu. Pada bulan Februari lalu, gerilyawan Sunni dari kelompok ekstremis Jaish al-Adl membunuh 27 Pengawal Revolusi Iran di sepanjang perbatasan, yang memicu tuduhan dari Teheran bahwa Pakistan adalah sarang   gerilyawan dan mengizinkan  mereka untuk  menyerang Iran.

Bagi Riyadh, kesepakatan Pakistan lebih bersifat strategis daripada ekonomi, kata Gause. “Tidak ada manfaat ekonomi bagi Saudi di Pakistan,” katanya. “Mari kita hadapi itu , Pakistan adalah semacam keranjang. Tetapi bagi Saudi  Pakistan adalah mitra keamanan pertama dan terutama, sekutu Muslim yang dapat diandalkan dalam persaingan  dan perseiihan antar Muslim. ”

Memang, keduanya (Saudi dan Pakistan) memiliki sejarah panjang dalam saling membantu. Ketika Pakistan dilanda sanksi internasional atas  uji coba nuklirnya pada 1990-an, Riyadh menyelamatkannya dengan pasokan dana  dan minyak. Dan ada sekitar 70.000 warga negara Pakistan yang menjadi anggota  angkatan bersenjata Arab Saudi, para ahli memperkirakan Pakistan akan memberikan lebih banyak lagi personel , selain untuk memberikan pelatihan dan bantuan kepada militer Saudi.

Ada bisa saja akan  menjadi bumerang bagi  Pakistan, dimana dapat memicu kerusuhan sektarian karena ada 20 persen populasi Syiah Pakistan, yang merupakan jumlah terbesar kedua diseluruh di dunia.

 

PAKISTAN SUKSES UJI COBA RUDAL BALISTIK SHAHEEN-II

Militer Pakistan mengatakan pihaknya berhasil melakukan uji coba rudal balistik permukaan-ke-permukaan yang mampu membawa hulu ledak nuklir, Uji coba itu dilakukan sehari setelah menlu Pakistan mengulangi tawaran ke India untuk melanjutkan pembicaraan damai.

Rudal Shaheen-II, yang ditembakkan pada  Kamis hari ini, dapat membawa hulu ledak konvensional dan nuklir hingga jarak 1.500 km, kata militer. “Latihan peluncuran itu bertujuan untuk memastikan kesiapan operasional Komando Strategis Angkatan Darat,” kata sebuah pernyataan militer yang dirilis pada hari ini.

Uji coba itu dilakukan  disaat  masih tingginya ketegangan antara India dan Pakistan  setelah bentrokan  militer awal tahun ini yang membuat kedua negara melancarkan serangan udara di wilayah lawan masing-masing, di mana sebuah jet tempur India ditembak jatuh dalam pertempuran udara.

India melancarkan serangannya ke Pakistan pada 26 Februari lalu, beberapa hari setelah serangan mematikan di Pulwama di Kashmir yang dikuasai  India awal bulan itu , dan  pemerintah India menyalahkan Pakistan.

India mengklaim telah menghancurkan kamp pelatihan (teroris) diPakistan  yang dikelola oleh kelompok bersenjata Jaish-e-Muhammad (JeM), tetapi kunjungan Al Jazeera ke situs itu menunjuukkan  bukti yang minim yang bisa  mendukung klaim tersebut.

Setidaknya empat bom India telah dijatuhkan dekat dengan sekolah yang dikelola JeM, dan melukai satu orang. Pakistan membantah terlibat dalam pemboman bunuh diri Pulwama, dan melancarkan serangan balasan pada 27 Februari, yang menargetkan daerah-daerah yang tidak berpenduduk sebagai unjuk kekuatan.

Uji coba Kamis hari ini  dilakukan untuk menegaskan kekuatan  nuklir Pakistan, kata jurubicara militer Asif Ghafoor dalam sebuah pernyataan. Rudal “Shaheen-II sepenuhnya memenuhi kebutuhan  strategis  guna  pemeliharaan stabilitas yang diinginkan di kawasan itu,” tambahnya dalam tweetnya.

 

MILISI KRISTEN HAMA IKUT BERJUANG DENGAN TENTARA SURIAH

Pasukan Pertahanan Nasional (NDF)  merilis video baru minggu ini dari divisi Mhardeh,  mereka ikut ambil bagian dalam pertahanan di Kafr Naboudeh di pedesaan barat laut Hama.

Mhardeh adalah  salah satu kota Kristen terbesar di Suriah, kota ini telah lama menjadi sasaran militant  dan kelompok pemberontak yang didukung Turki (sebelumnya  didukung AS) di Hama utara, hal  ini mendorong mereka untuk membentuk salah satu milisi  bersenjata  NDF yang termasuk milisi yang paling kuat di diSuriah.

Sejalan dengan Milisi  Sqaylabiyeh yang letakya berdampingan, Milisi Mhardeh dikenal karena mereka merekrut  penduduk  lokal  untuk mempertahankan kota mereka. Karena alasan ini, militant  dan pemberontak yang didukung Turki sering menargetkan infrastruktur sipil Mhardeh untuk menghukum warga sipil di sana.

 

SERANGAN KE IRAN SUDAH LAMA DIAGENDAKAN, MALAH RENCANANYA  SEBELUM  2019

Beginilah cara cara setan yang selalu lakukan oleh negara Super power AS yang selalu membanggakan “demokrasi” itu.

Jika ada negara yang tidak mau tunduk dengan AS atau menjadi penentang Israel  , maka penguasanya harus diturunkan paksa, itu rumus bakunya. 

Soal Iran,   Dia mengatakan bahwa sejak 10 tahun terakhir dia selalu menyerukan bahwa Kebijakan dari Pemerintah AS haruslah mengganti  kekuasaan yang ada diIran sekarang.

Tingkah laku dan Tujuan rezim Iran tidak pernah berubah, jadi solusinya adalah dengan mengganti rezim itu sendiri. Itulah kenapa diharapkan sebelum 2019 kita akan mereyakannya diTeheran.

Oh yaa?? bukankah  Tingkah laku AS yang harus dirubah Pa Kumis?

 

PROYEK PIPA GAS “MAINSTREAM 2” PICU SANKSI BARU DARI AS KERUSIA

Nord Stream 2

AS telah lama menjadi salah satu kritikus  paling vokal terhadap proyek pipa Rusia-Eropa “Nord Stream 2”, yang oleh AS dianggap berbahaya terhadap keamanan energi Uni Eropa dan mengancam akan menjatuhkan sanksi terhadap siapa saja yang terlibat proyek itu. Namun, proyek ini tetap dipertahankan dengan kuat  oleh beberapa negara, termasuk Jerman dan Rusia  sebagai usaha ekonomi murni.

Menteri  Energi AS Rick Perry mengumumkan bahwa Washington akan mengejar perusahaan2 yang terlibat dalam proyek pipa Rusia-Eropa  “Nord Stream 2”  dengan memberi  pembatasan dalam “masa depan ” mereka.

“Senat AS  akan mengesahkan RUU yang akan disetujui Konggres  dan itu akan segera dilimpahkan kan ke Presiden AS untuk ditandatangani . RUU itu  akan memberikan sanksi pada fihak yang terlibat proyek “Nord Stream 2”, kata Rick Perry dalam kunjungannya  ke Ukraina, salah satu pengkritik paling gigih dari usaha patungan   pengiriman gas bawah laut yang melewati Laut Baltik itu.

Perry, yang menghadiri pelantikan Presiden Volodymyr Zelenskiy yang baru terpilih, mengklaim bahwa “perlawanan terhadap “Nord Stream 2”  masih berkembang  di AS”.  Klaim itu memicu  kritik dari Moskow, yang mengecam tindakan semacam itu sebagai tindakan persaingan yang tidak adil yang akan menimbulkan perlawanan  di antara beberapa negara Eropa.

 

AS PIDAHKAN PASUKAN DARI YORDANIA KE PERBATASAN IRAQ-SURIAH

Tentara AS mengirim konvoi militer dari Yordania ke Pangkalan Ayn Al-Assad diProvinsi  Al-Anbar di Irak barat, Kantor Berita Al-Maaloumeh melaporkan  Minggu kemarin.

Menurut publikasi Irak, AS tidak hanya mengirim pasukan ke Pangkalan Ayn Al-Assad, tetapi mereka juga mengangkut sejumlah besar senjata ke perbatasan.

Laporan ini dikeluarkan  hanya  seminggu setelah AS mengirim kapal induk USS Abraham Lincoln, ke wilayah Teluk Persia untuk melindungi pasukan mereka di Timur Tengah dari dugaan ancaman Iran.

Situs berita Al-Maaloumeh mengutip kepala kantor Organisasi Badr di al-Anbar yang mengatakan bahwa jumlah pasukan AS yang dikerahkan di pangkalan Ayn al-Assad dan al-Habaniyeh telah meningkat menjadi 10.000, mereka diperlengkapi  dengan senjata canggih dan peralatan militer.

Pejabat itu mengatakan bahwa kedua pangkalan itu juga menjadi tuan rumah bagi Marinir AS yang baru-baru ini dipindahkan dari Suriah ke Irak, tercatat  bahwa 90% tentara AS di Irak adalah pasukan tempur dan tidak dianggap sebagai penasihat militer.

 

IRAN MELIPAT GANDAKAN PENGAYAAN URANIUMNYA

In this April 9, 2009 file picture Iranian technicians work at a new facility producing uranium fuel for a planned heavy-water nuclear reactor, just outside the city of Isfahan, 255 miles (410 kilometers) south of the capital Tehran

Kenaikan jumlah pengayaan Uranium itu dilakukan setelah pada 8 mei lalu Teheran mengumumkan  bahwa pihaknya telah menghentikan sebagian komitmennya dalam  perjanjian nuklir Iran 2015, dan memberikan kesempatan kepada AS waktu  60 hari untuk memastikan kepentingan Iran dilindungi berdasarkan perjanjian itu.

Tingkat pengayaan uranium Iran telah ditingkatkan  empat kali lipat lebih dari seminggu ini setelah Teheran menangguhkan beberapa kewajibannya dalam kesepakatan nuklir Iran 2015, kantor berita Tasnim mengutip seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dalam fasilitas nuklir Natanz .

Pernyataan yang  terkait dengan uranium yang diperkaya rendah (low enriched) itu dikeluarkan setelah  pekan lalu Menlu Iran Mohammad Javad Zarif  menyatakan  bahwa Iran tetap berkomitmen terhadap kewajibannya di bawah kesepakatan nuklir Iran, yang juga dikenal sebagai Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).  Respon dini dilakuakn dalam menghadapi keluarnya AS secara sepihak dari perjanjian itu  pada 2018 lalu.

“Kami meyakini percaya bahwa eskalasi yangdilakukan  AS itu  tidak dapat diterima dan tidak pantas dilakukan. Kami telah menahan diri dengan  maksimal  meski faktanya AS menarik diri dari JCPOA ”, Zarif menegaskan.

Sebelumnya, Ketua Parlemen Iran Ali Larijani mengatakan bahwa Republik Islam Iran akan melanjutkan pengayaan uranium sejalan dengan JCPOA meskipun  AS telah memutuskan meninggalkan perjanjian itu dan memberikan sanksi terhadap produk ekspor Iran.

“Di bawah JCPOA, Iran dapat menghasilkan “heavy water” (material bom nuklir)  dan berdasarkan perjanjian itu , kami belum pernah melakukan apa pun yang melanggar  Karena itu kami akan melanjutkan kegiatan pengayaan. Tidak peduli anda mau menerima atau tidak, ” kata Larijani .

Perjanjian  JCPOA menetapkan bahwa Teheran dibatasi hanya boleh memiliki Uranium  seberat 300 kilogram  yang diperkaya hingga 3,67 persen. Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Teheran diizinkan untuk menjual uranium yang diperkaya di atas ambang batas itu di pasar internasional dan menukar dengan  uranium alami.

 

ARAB SAUDI MULAI MEMAKAN UMPAN AS

Saudi Arabia ready to confront Iran with ‘all strength & determination’

Menlu Kerajaan Arab Saudi menyatakan , Jika perlu Riyadh akan menghadapi Teheran dengan “segala  kekuatan dan tekad” . Menlu Kerajaan Saudi mengeluarkan peringatan itu  setelah Putra Mahkota MBS melakukan pembicaraan  telepon dengan Menlu AS Mike Pompeo  dimana keduanya  membahas cara-cara untuk memastikan “keamanan” regional.

Teheran berupaya mengacaukan seluruh kawasan, tuduh Menteri  Luar Negeri Saudi Adel al-Jubeir , dia mendesak masyarakat internasional untuk ikut campur tangan dan menghentikannya sebelum terlambat.

Dia mengklaim bahwa Riyadh tidak menginginkan apa pun selain perdamaian, menlu Saudi itu  mengumumkan bahwa Jika fihak lain memilih perang , maka Kerajaan Saudi siap untuk menanggapi dengan kekuatan penuh terhadap saingan besarnya  itu.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengadakan pembicaraan telepon dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo membahas perkembangan di kawasan itu dan bersama sama ingin  “berupaya untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas.”

Sementara itu Raja Salman meminta para pemimpin Arab untuk menghadiri KTT darurat di Mekah pada 30 Mei nanti untuk membahas serangan terhadap sektor minyaknya, yang meski dengan  bukti yang minimal telah dituduhkan  keIran.

Empat kapal komersial rusak di lepas pantai Uni Emirat Arab pada hari Minggu lalu, sementara beberapa hari kemudian instalasi minyak di Arab Saudi diduga menjadi target drone. AS menggunakan insiden itu sebagai dalih  untuk mengerahkan kapal perang dan pembom strategis di kawasan itu, dengan alasan ancaman dari Teheran terhadap kepentingan AS.

Iran membantah terlibat dalam serangan itu, dan mengklaim serangan itu ciptakan oleh “individu radikal” yang bertujuan menarik Iran  kedalam pusaran perang dengan AS dan sekutu teluknya.

 

KOMANDAN GARDA REVOLUSI IRAN : AS TAKUT BERPERANG KAMI TIDAK

Major General Hossein Salami

Disaat meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran , AS “takut” berperang dengan AS, kata kepala Pengawal Revolusi menyatakan “ AS takut berperang dengan Iran”. Katanya kepada  kantor berita Iran, IRNA. Dia juga menyebut  bahwa negaranya tidak menginginkan perang.

“Perbedaan antara kami dan mereka adalah bahwa mereka takut perang dan tidak memiliki keinginan untuk itu,” katanya. Pernyataannya itu dilatarbelakangi oleh meningkatnya ketidakpastian  di kawasan itu, dimana AS telah mengirim satuan tempur kapal induknya ke Teluk Persia untuk menghadapi apa yang mereka sebut  ancaman yang tidak bisa ditentukan dari Iran.

Komentar Mayor Jenderal Salami itu dibalas oleh presiden AS Donald Trump dalam Twitternya. “Jika Iran ingin perang, maka itu akan resmi  menjadi akhir dari Iran. Jangan pernah mengancam AS lagi!” .

Administrasi Penerbangan Federal AS telah mendesak pesawat komersial untuk berhati-hati ketika terbang di atas Teluk Persia, diperingatkan mereka bisa menghadapi risiko “salah diidentifikasi”. Salah identifikasi  seperti itu  pernah terjadi pada tahun 1988 menyebabkan kapal perang AS  menjatuhkan pesawat komersial Iran Air yang  menewaskan seluruh  290 orang penumpangnya.

Sementara itu Irak telah mengutuk keputusan “politik”  raksasa energi AS ExxonMobil untuk mengevakuasi staf dari ladang minyak diselatan selatan Iraq setelah Washington memerintahkan personelnya  untuk meninggalkan  kedutaan AS diBaghdad.

Arab Saudi menanggapi meningkatnya krisis dengan dengan Iran ini dengan menyerukan dilakukan KTT negara Arab Teluk pada 30 mei,  sementara itu mereka menyatakan negaranya  tidak menginginkan perang, tapi  akan mempertahankan diri jika peperangan meletus.

 

RAJA ARAB SAUDI  UNDANG NEGARA-NEGARA ARAB TELUK BAHAS SERANGAN DIUEA DAN DISAUDI

Raja Salman dari Arab Saudi telah menyerukan diadakan pertemuan puncak Negara negara Arab  Teluk  di Mekah pada 30 Mei untuk membahas serangan yang baru-baru ini terjadi  di Arab Saudi dan UEA, kata Kementerian Luar Negeri Saudi dalam sebuah pernyataan.

“Serangan terhadap kapal-kapal di perairan teritorial Uni Emirat Arab dan serangan milisi Houthi yang didukung  Iran terhadap dua stasiun Pompa minyak Saudi  memiliki implikasi serius bagi perdamaian dan keamanan regional dan internasional dan bagi  stabilitas dan pasokan pasar minyak dunia, ”kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh Saudi Press Agency.

Seruan Raja Salman untuk menghadiri KTT Teluk dan Arab itu dikeluarkan  bersamaan dengan KTT ke-14 Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

 

 

LIBIYA AKAN MAKIN PANAS DENGAN KEHADIRAN MILITER TURKI

Dilaporkan ada lebih dari 20 kendaraan buatan Turki BMC Kirpi yang kebal  ranjau (MRAP/ Mine Resistant Ambush Protected ) sudah  dibongkar di pelabuhaan Tripoli.

Menurut sumber-sumber diLibya, sebuah kapal kargo Moldavia bernama “AMAZON” mengangkut kendaraan dari pelabuhan Turki Samsun ke Tripoli. Kapal tersebut dilaporkan dikelola oleh perusahaan Turki bernama AKDENİZ RORO SEA.

Turki dan Qatar dikenal sebagai pendukung utama kelompok GNA yang disebut diakui secara internasional. Namun, ini adalah baru  pertama kalinya Ankara tertangkap media  mengirimkan senjata kepada sekutunya di Libya.

Pengiriman kendaraan lapis baja ini dianggap merupakan pelanggaran  terhadap embargo senjata yang diberlakukan di Libya oleh Dewan Keamanan PBB (DK PBB) sejak Februari 2011.

Tindakan ini dapat menyebabkan krisis antara Turki ,Qatar dan beberapa negara Eropa disatu sisi dan pendukung utama kelompok Tentara Nasional Libya (LNA) yaitu Arab Saudi , Mesir dan UEA disisi lain.

 

MILITAN DI IDLIB SELATAN  KOCAR-KACIR OLEH  PEMBOMAN  PESAWAT RUSIA & SURIAH

Sebuah video beredar dimedsos yang diklaim sebagai situasi pemboman udara yang dilakukan pesawat Rusia dan Suriah diIdlib selatan yang menyasar militan Hayt Al Sham yang dulu bernama Al Qaeda.

Bisa  dibayangkan betapa paniknya jika saat itu anda berada diarea itu.

 

IRAN : SETIAP UPAYA SERANGAN KEIRAN AKAN BERARTI PENGHANCURAN ISRAEL

“Perang melawan Iran akan memicu  perang dunia ketiga, dan setiap serangan terhadap Iran  akan berarti penghancuran Israel dalam waktu setengah jam,” kata Mujtaba al-Nur, kepala komite nuklir Iran.

Dia menunjukkan bahwa AS bisa saja memulai perang, tetapi pada akhirnya mereka tidak akan menang, dia juga manyatakan  bahwa  kekuatan militer AS di perairan Teluk hanya akan  menjadi “bukit abu,”  bahwa “sebelum  debu (dari suatu serangan AS) mengendap, maka serangan  Iran akan sudah menghantam  jantung Tel Aviv. ”

Selanjutnya dia mengatakan bahwa,  Arab Saudi telah mencoba mendorong AS  untuk berperang melawan Iran dan telah menyatakan kesediaannya untuk membayar (AS), tetapi Washington menolaknya, dengan menyatakan bahwa “tidak ada indikator militer untuk memulai perang melawan Iran” dan bahwa “tidak ada negara di wilayah ini yang mampu berperang melawan Iran.”

“Iran tidak iingin  memulai perang, tetapi  akan memotong  tangan negara mana pun yang menyerangnya,” katanya. “Jika Iran dilarang mengekspor minyak, maka minyak dari negara mana pun tidak akan bisa melewati perairan Teluk,” kata Zul-Nur,

“Negara mana pun yang memotong kuota kuota (ekspor) minyak Iran di OPEC akan bermakna  deklarasi perang.”

 

PASUKAN SURIAH DIDUKUNG PARAMILITER PALESTINA HANCURKAN SARANG ATGM  TERORIS DIHAMA

Militer Suriah dan sekutunya  Satuan Paramiliter  Palestina  menyerang  sarang ATGM  militan di dekat perbatasan Provinsi  Idlib.

Dengan  didukung   oleh kelompok paramiliter Palestina Liwaa Al-Quds  militer Suriah menyerang sarang ATGM militant dan  meledakkannya  untuk mencegah serangan militant  terulang lagi di sana.

Belum lama ini  Paramiliter Palestina  Liwaa Al-Quds telah memindahkan pasukan mereka ke Provinsi Hama untuk mengisi  kekosongan pasukan disini yang telah dikirim KeProvinsi Latakia.

Liwaa Al-Quds adalah salah satu pasukan Palestina yang sangat teruji dalam pertempuran di Suriah,  mereka telah berpartisipasi dalam beberapa serangan terhadap pemberontak dan ISIS diSuriah.

 

MILITAN DI IDLIB RENCANAKAN “FALSE FLAG” DENGAN SENJATA KIMIA

Militan Hayat Tahrir al-Sham kelompok teroris yang tadinya bernama El-Nusra  sedang mempersiapkan provokasi  serangan senjata Kimia di Idlib untuk kemudian  menuduh militer Rusia yang menggunakan  terhadap warga sipil, Pusat Rusia untuk rekonsiliasi Suriah  ( Russian Center for reconciliation)  mengatakan pada hari Jumat.

“Menurut penduduk kota Saraqib, militan Hayat Tahrir al-Sham sedang mempersiapkan provokasi dengan menggunakan bahan kimia beracun dan bekas selongsong senjata  Rusia  yang dikirim dari wilayah Suriah lainnya.

Tujuan dari provokasi adalah untuk menuduh militer Rusia telah menggunakan senjata kimia terhadap warga sipil di Idlib, “kata pusat rekonsiliasi Rusia untuk Suriah.

Militan berencana untuk memfilmkan serangan bertahap untuk mendistribusikannya kemedia sosial dan  media Barat, tambahnya.

“Informasi yang diterima oleh pusat rekonsiliasi Rusia dari penduduk Saraqib  itu juga dikonfirmasi oleh sumber independen lain,” kata Pusat Rekonsisiliasi Rusia untuk Suriah .

 

KARENA MENYERANG TERORIS DI IDLIB , AS AKAN BERI SANKSI DAN TEKANAN BARU KESURIAH 

Seorang pejabat senior diDeplu (AS) mengatakan kepada Al-Monitor bahwa pemerintahan  Trump berencana untuk mengintensifkan tekanan politik dan ekonomi terhadap Suriah dalam beberapa bulan mendatang untuk memaksa pemerintah Bashar al-Assad   “melihat kenyataan dan membuat konsesi” tentang perdamaian yang didukung PBB yang terhenti.

Pernyataan itu dikeluarkan  ketika sebuah kelompok studi bipartisan dan mantan para pembuat kebijakan  ditugaskan oleh Kongres untuk membuat  rekomendasi  untuk para anggota parlemen awal bulan ini.

“Assad tidak mau berkompromi dan malah bermaksud untuk merebut kembali seluruh wilayah Suriah,”  tulis Kelompok Studi Suriah dalam laporan sementara yang diperoleh Politico.com.

Laporan tersebut juga membuat daftar rekomendasi-rekomendasi penting  termasuk untuk “terus mengisolasi rezim Assad melalui sanksi ekonomi , tekanan diplomatik, dan tidak memberi  bantuan rekonstruksi.”

Kampanye AS itu dikeluarkan ketika pasukan Assad meningkatkan ofensif mereka terhadap provinsi Idlib , provinsi terakhir  yang dikuasai pemberontak  yang sebagian besar di bawah penguasaan kelompok yang memisahkan diri al-Qaeda yaittu Hayat Tahrir al-Sham.

Sementara itu, pembicaraan masa depan politik Suriah yang diprakarsai  Rusia, Iran dan Turki, dan juga  proses perdamaian yang didukung AS yang diserukan di bawah Resolusi Dewan Keamanan PBB 2254 sebagian besar telah dikesampingkan.

 

INDIA SUKSES UJI COBA PERTAHANAN UDARA BUATAN ISRAEL

Image result for barak-8 missile pic

Uji coba ini memungkinkan India untuk berbagi data sensor atas suatu target udara , termasuk diantaranya data adanya pesawat musuh yang masuk atau  juga rudal jelajah  secara real time. Barak-8 adalah rudal permukaan-ke-udara supersonik dengan jangkauan 70-100 km.

Angkatan Laut India telah melakukan uji coba perdana dan kerjasama  sistem pertahanan udara jarak menengah darat ke rudal udara (MRSAM), yaitu sistem pertahanan Barak-8 buatan Israel yang berbasis Kapal laut.

Sitem ini  memungkinkan  suatu sistem tempur bisa berbagi data pengukuran sensor tanpa filter yang terkait dengan data lintasan  dengan waktu dan presisi yang cepat untuk memungkinkan suatu  satuan  tempur  bisa beroperasi sebagai satu kesatuan.

Uji coba penembakan ini dilakukan oleh Angkatan Laut India, Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) dan Industri Penerbangan Israel.

“Dengan  suksesnya  model kerjasama ini, Angkatan Laut India kini menjadi  menjadi bagian dari satuan tempur yang memiliki kemampuan ini. Sebuah kemampuan ini secara signifikan meningkatkan efektivitas tempur Angkatan Laut India sehingga memberikan keunggulan operasional atas musuh potensial , ” kata pernyataan Angkatan Laut India setelah uji coba.

Ditambahkan, bahwa  uji coba yang berhasil ini adalah hasil dari upaya berkelanjutan oleh semua para pemangku kepentingan selama bertahun-tahun,  yaitu DRDL  Hyderabad yang didanai negara, Laboratorium  Penelitian dan Pengembangan Organisasi Pertahanan, yang  bersama-sama mengembangkan rudal ini dengan Israel Aerospace Industries.

 

DUA KAPAL PERANG AS PROVOKASI IRAN  DENGAN MELEWATI SELAT HORMUZ

Dua kapal perusak berpeluru kendali AS  memasuki Teluk Persia pada hari Kamis kemarin tanpa insiden  konfrontasi bersenjata antara Iran dan AS , kata seorang pejabat pertahanan AS kepada USNI News,

Kamis kemarin . USS McFaul (DDG-74) dan USS Gonzalez (DDG-66) melewati  Selat Hormuz pada sore hari waktu setempat tanpa gangguan apapun  dari Angkatan Laut Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGCN), pasukan  Iran yang bertanggung jawab atas pertahanan dan operasi di Selat Hormuz, pejabat pertahanan AS mengkonfirmasi.

Transitnya  kedua kapal perang AS melalui selat Hormuz itu adalah tanda bahwa ketegangan antara Washington dan Teheran telah membara sejak penumpukan pasukan militer AS minggu lalu di Timur Tengah.

Saat ini , satuan tempur Kapal induk  Abraham Lincoln beroperasi di lepas pantai Oman,  sementara USS Kearsarge (LHD-3) berada di lepas pantai Uni Emirat Arab di dekat pintu masuk ke Teluk Persia,

Awal pekan ini, USS McFaul dan USS Kearsarge meninggalkan Teluk Persia sementara kapal induk USS Abraham Lincoln (CVN-72) dan satuan tempurnya  meninggalkan Laut Mediterania dan berlayar dengan cepat melalui Laut Merah ke Teluk Oman.

Gedung Putih dan Pentagon mengklaim adanya “indikasi kesiapan Iran yang meningkat untuk melakukan operasi ofensif terhadap pasukan AS dan kepentingan AS ” dijadikan sebagai pembenaran untuk memindahkan satuan  tempur  kapal induk Abraham Lincoln ke Timur Tengah lebih awal dari yang direncanakan dan untuk mengerahkan unit tugas pembom Angkatan Udara dan  Baterai anti-rufal balistik  Patriot ke wilayah tersebut.

Washington juga telah menugasi kapal perang amfibi USS Arlington (LPD-24) dan elemen-elemen dari Unit Ekspedisi laut ke-22 ke Pusat komando CENTCOM (diQatar), unit siap tempur  amfibi LPD saat ini masih  tetap dilaut Mediterania, sedang   kapal-kapal lain  beroperasi diperairan CENTCOM (Qatar).

 

DEPLU AS PERINTAHKAN PERSONELNYA  DI IRAK UNTUK PULANG

Departemen Luar Negeri AS telah memerintahkan semua personel non-darurat untuk meninggalkan kantor mereka di Irak di tengah-tengah ketegangan antara AS dan Iran.

 

SALAH SATU ANDALAN IRAN DILAUT , RIBUAN KAPAL KECIL BERKECEPATAN TINGGI YANG DILENGKAPI RUDAL

 

PIPA MINYAK ARAB SAUDI DISERANG DRONE KELOMPOK HOUTHI

Drone bersenjata milik kelompok Houthi menyerang dua stasiun pengeboran  minyak di Arab Saudi pada hari Selasa dalam apa yang disebut Riyadh sebagai tindakan “pengecut” oleh pemberontak Houthi Yaman, serangan ini dua hari setelah kapal tanker minyak Saudi disabotase di lepas pantai Uni Emirat Arab.

Serangan pesawat tak berawak itu menyebabkan kerusakan kecil pada salah satu stasiun yang memasok pipa yang mengalir dari Provinsi Timur yang kaya minyak ke Pelabuhan Yanbu di Laut Merah,

Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dibawa oleh Saudi Press yang dikelola pemerintah Agen. “Serangan-serangan ini membuktikan lagi bahwa penting bagi kita untuk menghadapi entitas teroris, termasuk milisi Houthi di Yaman yang didukung oleh Iran,” kata Falih.

Kebakaran yang terjadi kemudian bisa dikuasai, tetapi perusahaan raksasa minyak milik Saudi Aramco menghentikan aliran minyak yang lewat pipa itu. Falih menyebut serangan itu sebagai serangan “pengecut”.  Dan bahwa tindakan sabotase akhir akhir ini  terhadap instalasi vitalnya tidak hanya menargetkan Arab Saudi tetapi juga keamanan pasokan energi dunia dan ekonomi global.

Dia juga berjanji produksi dan ekspor minyak Saudi tidak akan terganggu. Harga minyak naik karena berita tentang serangan di stasiun-stasiun itu, 320km barat ibukota Riyadh. Brent diperdagangkan pada sekitar $ 71 naik 1,2 persen.

Juru bicara militer Houthi, Yahya Saree, mengatakan tujuh pesawat tanpa awak (Drone) milik kelompok  Houthi telah melakukan serangan terhadap instalasi minyak Saudi.

 

KOMANDAN PASUKAN INGGRIS DISURIAH : PENINGKATAN PASUKAN IRAN YANG DISEBUT TRUMP ITU HANYA HOAX 

Tidak ada peningkatan ancaman dari milisi yang didukung Iran terhadap pasukan koalisi pimpinan AS  yang disebut  sebagai sedang melawan sisa-sisa ISIS  di Irak dan Suriah, seorang perwira senior Inggris dalam koalisi AS Matjend  Chris Ghika  mengatakan dalam pernyataan Pers  diPentagon pada hari Selasa.

Tetapi hanya beberapa menit kemudian, Mayor Jenderal Inggris Chris Ghika, wakil komandan koalisi untuk strategi dan informasi, menolak untuk mengulang  kembali pernyataannya itu  dan menambahkan bahwa mereka tidak mewakili perbedaan pendapat dengan Washington yang  menyebut adanya gerakan militer Iran yang semakin tinggi itu , di mana para pejabat AS menyebut  mereka melihat adanya perkembangan  ancaman dari Iran.

“Tidak, tidak ada ancaman yang meningkat dari pasukan yang didukung Iran di Irak dan Suriah. Kami melihat  sendiri keberadaan  mereka dengan jelas dan kami memantau mereka bersama dengan jajaran yang lain,  karena disitulah  lingkungan tempat kami berada, ” kata Ghika pada awalnya.

Pasukan koalisi AS dan pasukan Iran hanya berjarak beberapa kilometer  satu dengan lain di Suriah timur, tetapi meskipun dekat, mereka jarang untuk saling bertempur.

 

TENTARA SURIAH HANCURKAN SERANGAN BALIK PEMBERONTAK DI HAMA UTARA

Sebuah rekaman video yang dirilis kemarin oleh Kemenhan  Suriah menunjukkan kerugian langsung yang diderita pemberontak Suriah saat serangan gagal Pemberontak terhadap tentara Suriah di pedesaan Hama utara.

Pasukan Suriah berhasil menggagalkan serangan gerilyawan ke kota Hamameyat dan Kernaz di timur kota Kafr Nabudah yang baru saja direbut pasukan Suriah.

Menurut sumber, pasukan Suriah yang dipimpin oleh unit pasukan Tiger berhasil menghancurkan 6 kendaraan berat  termasuk tank dan BMP serta menghancurkan 3 kendaraan teknis dan  sedikitnya menewaskan 15 pemberontak  sementara puluhan lainnya terluka.

 

 

KEMENLU RUSIA  :  PENGERAHAN  SENJATA NUKLIR AS DIEROPA ADALAH TINDAKAN GILA

A US Air Force B-52 bomber returning from a mission over Iraq is refueling from a KC-10 plane over the Black Sea, in this Friday, March 28, 2003 photo

Dengan menyebarkan senjata nuklir di Eropa, berarti  AS sedang bersiap untuk menggunakannya dengan izin dari negara-negara Eropa non-nuklir, kata Vladimir Ermakov, direktur Departemen Non-Proliferasi dan Kontrol Senjata Kemenlu  Rusia  mengatakan kepada Sputnik.

“Sayangnya, beberapa negara yang bergantung (keamanannya) pada AS itu berpura-pura seakan tidak  terjadi apapun , atau mungkin  untuk  memikirkan sifat provokatif dan  fakta bahwa pada abad ke-21 ini sedang terjadi penyebaran senjata nuklir  saja merea sudah ketakutan. Jelas sedang  ada persiapan penggunaan senjata nuklir atas kerjasama AS dengan negara negara Eropa non-nuklir, “kata Ermakov.

Menurut diplomat itu, adalah mustahil untuk secara serius berbicara tentang penguatan kekuatan suatu rezim non-proliferasi nuklir, disaat  negara-negara Eropa yang  “beradab” itu tanpa berpikir panjang terus menempatkan diri mereka di tepi jurang bencana nuklir dan penghancuran diri total. ”

Pada bulan Maret lalu  Angkatan Udara AS mengumumkan telah mengirim enam pesawat pembom B-52 berkemampuan nuklir ke Eropa guna melakukan  “integrasi medan  dan latihan terbang” dengan sekutu NATO-nya. Tindakan itu segera dikritik oleh Kremlin.

Pada bulan April lalu , Ermakov mengatakan bahwa latihan militer AS yang melibatkan komponen nuklir dapat mengakibatkan bencana, dan Eropa harus menyadari risiko keikut sertaanya  dalam “tindakan gila” tersebut.

 

AS PERTIMBANGKAN KIRIM 120.000 PASUKAN GUNA HADAPI IRAN

US plans to deploy 120,000 troops in Middle East to counter Iran – report

Donald Trump dilaporkan berencana untuk mengirim 120.000 tentara ke Timur Tengah untuk menghadapi  apa yang disebut sebagai ancaman Iran, New York Times melaporkan.

Pejabat Kemenhan AS Patrick Shanahan mengungkapkan pembaharuan rencana militer itu  pada pertemuan para penasehat keamanan Trump, Kamis lalu , kata laporan itu mengutip sumber-sumber anonim di dalam pemerintahan AS.

Beberapa opsi untuk mengatasi kekuatan Teheran di kawasan itu telah diuraikan kepada presiden, sementara “opsi tertinggi adalah pengerahan  120.000 tentara yang akan membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan ,” kata New York Times.

Sementara revisi yang diberikan oleh para menasehat “garis keras” tidak menyerukan dilakukan  invasi darat ke Iran” , perkembangan tersebut mencerminkan pengaruh  kuat John Bolton sebagai  salah satu penghasut perang keIran yang paling ganas didalam pemerintahan AS” , kata Newyork The Times.

Bolton telah lama menjadi menyarankan  untuk menggunakan kekuatan militer melawan Teheran, bahkan pada tahun 2015 dia menulis sebuah op-ed (opinion editorial) yang  berjudul “Top Stop Iran’s Bomb, Bomb Iran.”

 

BOMBER STRATEGIS AS B-52 LAKUKAN PATROLI PERTAMANYA DIATAS TELUK PERSIA

Pesawat tempur siluman AS F-35  dan pembom strategis B 52 telah melakukan misi pertamanya dalam berpatroli di udara  Teluk Persia setelah lepas landas dari pangkalan barunya di Qatar sebagai pesan langsung ke Iran.

Pesawat Pembom strategis B-52 telah tiba di pangkalan udara utama AS di Qatar, sementara pesawat B-52 yang  lain telah  mendarat di lokasi yang dirahasiakan pada hari Rabu disebuah lokasi di “Asia barat daya,” kata Angkatan Udara AS.

Senin kemarin Angkatan Udara AS  juga mempublikasikan gambar pesawat tempur  F-15C Eagle dan F-35A   Lightning II  yang melakukan misi penerbangan  “pencegahan” di wilayah tersebut, kedua pesawat melakukan pengisisan ulang bahan bakar dengan dari  sebuah pesawat KC-135 Stratotanker.

 

ARAB SAUDI SEBUT DUA KAPAL TANKERNYA JUGA MENJADI KORBAN SABOTASE DI UEA

oil

 

Arab Saudi mengatakan dua kapal tanker minyaknya juga disabotase di lepas pantai Uni Emirat Arab (UEA) dalam serangan yang menyebabkan “kerusakan signifikan” pada kapal-kapal itu.

Salah satu kapal itu sedang dalam perjalanan untuk membawa minyak Saudi  ke Amerika Serikat, Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih mengatakan pada  Senin 13/5 hari ini .

Pengumuman Al-Falih itu dikeluarkan ketika para sekutu regional UEA mengutuk sabotase yang dilaporkan pada hari Minggu atas empat kapal komersial di lepas pantai kota pelabuhan Fujairah UEA.

Pada awalnya , pada hari Minggu media Iran dan Libanon menyiarkan laporan ledakan di pelabuhan kota itu tetapi otoritas UEA mengatakan laporan itu tidak akurat. Pejabat UEA  menolak untuk menjelaskan sifat sabotase terhadap 4  kapal itu  atau menyebut  siapa yang mungkin bertanggung jawab.

Laporan itu muncul ketika AS sebelumnya memperingatkan  bahwa “Iran atau proxinya” dapat menargetkan kapal kapal pada jalur lalu lintas maritim di kawasan itu, dan disusul kemudian dengan tindakan  AS mengerahkan kapal induk dan pembom B-52 ke Teluk untuk melawan apa yang disebutnya “ancaman dari Teheran”.

Tak lama setelah pengumuman dari Arab Saudi itu , Kemenlu  Iran meminta klarifikasi lebih lanjut tentang apa yang sebenarnya terjadi dengan kapal tanker Saudi. Juru bicara kemenlu Iran  Abbas Mousavi, dikutip oleh kantor berita resmi IRNA mengatakan bahwa harus ada lebih banyak informasi yang disampaikan tentang insiden itu.

Mousavi juga memperingatkan terhadap kemungkinan  “konspirasi yang diatur oleh orang-orang yang berniat buruk” dan ” para petualang  asing” yang ingin  merusak stabilitas dan keamanan kawasan maritim diarea itu.

 

PERANG DAGANG AS – CHINA MAKIN MEMBURUK

‘Easier & quicker’: Trump says tariffs are actually better than deal with China

Presiden AS Donald Trump telah memerintahkan untuk mulai  menaikkan tariff bea masuk  pada “semua barang Cina yang tersisa” senilai $ 300 miliar. Kenaikan  Itu didiluar kenaikan tarif  baru 15 persen  pada impor senilai $ 200 miliar.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat lalu, kepala negosiator perdagangan  Robert E Lighthizer mengumumkan bahwa AS akan meningkatkan tarif impor pada  hampir semua barang Cina.

Sebelumnya pada hari Kamis, AS telah menaikkan bea masuk  barang-barang China senilai sekitar $200 miliar dari 10 menjadi 25 persen karena negosiasi atas kesepakatan perdagangan terhenti setelah Bejiing dilaporkan meminta  kembali beberapa persyaratan pada rancangan perjanjian.

Ketika pembicaraan perdagangan tingkat tinggi AS-Cina yang dimulai pada hari Kamis itu berakhir  tanpa terobosan , Lighthizer mengatakan bahwa Trump malah memutuskan untuk mengeluarkan tarif tambahan impor Tiongkok senilai $ 300 miliar.

“Presiden juga memerintahkan kami untuk memulai menaikkan bea masuk  pada  semua  barang impor dari China yang tersisa (yang belum dinaikkan tarifnya),” katanya.

“Bea masuk  akan membawa  kekayaan yang lebih besar bagi AS ,  bahkan lebih baik daripada mengggunakan kesepakatan tradisional yang fenomenal,” katanya.

China belum menanggapi proposal kenaikan tarif terbaru AS itu. Beijing sebelumnya bersumpah untuk mengambil “tindakan balasan  yang diperlukan” sebagai respon  atas kenaikan bea masuk  yang sudah diberlakukan AS itu.

 

AS TAMBAH ARMADA KAPAL DAN SISTEM PERTAHANAN PATRIOT KE TIMTENG

US sends Patriots, warship to Middle East amid Iran tensions

Pemerintah AS telah menyetujui pengerahan baterai  rudal Patriot dan kapal perang lain ke Timur Tengah di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran.

Kapal USS Arlington yang mengangkut marinir, kendaraan amfibi, dan pesawat Heli, akan bergabung dengan kelompok tempur  kapal induk USS Abraham Lincoln, yang saat ini sudah melewati Terusan Suez Mesir pada Kamis, dan sedang  berlayar di Laut Merah, menurut CNN.

AS menyebut pengerahan perangkat  militer ke kawasan itu sebagai tanggapan atas “kesiapan Iran yang meningkat untuk melakukan operasi ofensif”.

Sistem rudal Patriot adalah sistem pertahanan terhadap pesawat, drone, rudal jelajah dan rudal balistik, dan saat ini telah dikerahkan di Bahrain, Yordania, Kuwait, Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA).

“Penjabat kementerian  Pertahanan AS telah menyetujui pergerakan USS Arlington (LPD-24) dan baterai Patriot menuju ke pusat Komando  AS (CENTCOM) sebagai bagian dari pengiriman  awal pasukan untuk awal pekan ini,” kata pernyataan Pentagon.

 

UEA : TERBAKARNYA EMPAT KAPAL KOMERSIAL DIPELABUHAN UEA ADALAH SABOTASE

UAE

Kementerian Luar Negeri UEA mengumumkan 4 buah kapal komersial telah disabitase  di perairan teritorial UEA, namun dolaporkan tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya Kantor Media Pelabuhan Laut Emirat Fujairah membantah laporan media adanya ledakan yang terjadi di Pelabuhan Fujairah.

Insiden itu terjadi di dekat emirat UEA Fujairah, katanya, salah satu pusat bunkering minyak terbesar di dunia yang terletak tepat di luar Selat Hormuz. Selat ini adalah koridor vital minyak dan gas alam untuk pasar energi global.

“Sabotase yang  menarget kapal komersial  dan mengancam nyawa para awak  kapal itu   dianggap sebagai perkembangan berbahaya,” kata pernyataan kemenlu UEA,  tapi  tidak memberikan rincian  sabotase itu dan juga  tidak mengidentifikasi siap pemilik kapal kapal itu. Info yang beredar  mengatakan kapal itu berasal  dari berbagai negara. Dan dikatakan insiden itu tidak mengakibatkan tumpahan minyak.

 

SATUAN TEMPUR KAPAL INDUK AS HANYA BERJARAK 2000KM DARI IRAN

Satuan tempur  kapal induk AS yang sedang dalam perjalanan ke wilayah Teluk Persia telah melewati Terusan Suez di Mesir dan   mulai memasuki Laut Merah, Sky News Arabia melaporkan, mengutip otoritas  Kanal.

Sebelumnya, satuan tempur itu  dilaporkan membatalkan rencana  kunjungannya ke pelabuhan di Kroasia di tengah, dan  berupaya “mempercepat” kedatangannya di Timur Tengah.

Bersama dengan pengerahan satuan tempur kapal induk  USS Abraham Lincoln, militer AS juga mengerahkan pembom strategis B-52 ke wilayah tersebut. Sebelumnya, satuan kapal induk itu dikerahkan di Mediterania untuk pelatihan bersama dengan satuan tempur  USS John C Stennis.

Duta Besar AS untuk Rusia Jon Huntsman menyebut penyebaran  pasukan tempur itu sebagai ‘pesan 100.000 ton’ kepada Rusia.

 

Ulama Iran :  Kita bisa hancurkan Kapal Induk AS dengan satu Rudal

Sementara itu Ulama senior Iran Ayatollah Yousef Tabatabai-Nejad mengutuk  pengerahan satuan tempur Kapal induk AS di Timur Tengah itu, dia menyebut bahwa armada kapal induk AS itu dapat dengan mudah dihancurkan jika terjadi perang.

“Armada milyaran dolar mereka dapat kita hancurkan dengan satu rudal,” kata Tabatabai-Nejad yang berbicara di Isfahan pada hari Jumat,

 

“Jika mereka (AS) mencoba melakukan langkah apa pun, mereka akan (menghadapi) puluhan rudal , karena pada saat itu maka pejabat pemerintahan  tidak lagi akan mengemban tanggungjawab  , tetapi semuanya  akan berada di tangan pemimpin tercinta kita Ayatollah Khamenei”,  Ulama Iran itu menegaskan seperti dikutip Reuters dari  media lokal.

 

Iran dikenal memiliki persenjataan besar yang dikembangkan secara domestik baik sistem rudal jarak pendek, menengah dan jarak jauh konvensional, termasuk kemampuan rudal  balistik  jelajah jarak jauh. AS, Eropa, Arab Saudi dan Israel menyebut senjata-senjata ini sebagai ancaman bagi keamanan regional, sementara Teheran bersikeras bahwa rudal itu adalah pencegah  jika urusan keamananya “tidak bisa dinegosiasikan” lagi.

 

 

RAKYAT IRAN MULAI MARAH DENGAN SANKSI DAGANG TAK BERMORAL DARI  AS

Unjuk anti-Amerika besar besaran  kemarin  diadakan di ibukota Iran setelah salat Jumat. Kini tidak hanya para petinggi Iran yang marah terhadap kebijakan tidak bermoral AS dengan sanksi sanksi yang melarang negara lain berdagang dengan Iran itu, rakyat Iran juga mulai kehilangan kesabarannya.

Sementara itu Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) telah menolak negosiasi dengan Amerika Serikat dan membantah kemungkinan akan  adanya serangan  kepada militer AS, pernyataan ini diekluarkan sehari setelah Presiden AS Donald Trump mendesak untuk melakukan  pembicaraan , sementara dia sendiri mengatakan  tidak bisa mengesampingkan kemungkinan konfrontasi militer.

“Tidak  ada pembicaraan yang akan dilakukan dengan AS dan mereka  tidak akan berani mengambil tindakan militer terhadap kita,” kata Yadollah Javani, wakil kepala IRGC untuk urusan politik, seperti dikutip kantor berita Tasnim Jumat kemarin.

“Bangsa kita … melihat Amerika tidak bisa diandalkan (dipercaya).”  Penolakan  itu dikeluarkan  di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran.

 

KOREA UTARA KEMBALI  UJI COBA DUA RUDAL JARAK PENDEK

A missile is seen launched during a military drill in North Korea

Korea Utara telah menembakkan dua rudal jarak pendek dalam uji senjata kedua dalam waktu kurang dari seminggu ini .

Rudal yang ditembakkan dari kota Kusong di barat laut itu menempuh jarak 420 km (260 mil) dan 270 km ke arah timur. Media pemerintah Korea Utara mengkonfirmasi bahwa “latihan serangan ” hari kamis kemarin  diawasi oleh pemimpin Kim Jong-un, tetapi tidak menyebutkan secara spesifik senjata yang ditembakkan.

Kedua rudal itu ditembakkan sekitar pukul 16:30 waktu setempat (07:30 GMT) pada hari Kamis 9/5 dan mencapai ketinggian sekitar 50 km sebelum jatuh ke laut, Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan dalam sebuah pernyataan. Mereka diluncurkan dari Kusong, sekitar 160 km dari ibukota, Pyongyang.

Uji coba itu dilakukan beberapa jam setelah utusan tinggi AS tiba di Korea Selatan untuk mengadakan pembicaraan tentang bagaimana  menghidupkan kembali perundingan nuklir dengan Korut.

Kantor berita Korea Utara KCNA mengutip Kim yang mengatakan bahwa “perdamaian dan keamanan sejati (bagi Korea Utara) hanya hanya bisa  dijamin oleh kekuatan fisik yang kuat yang mampu mempertahankan kedaulatannya”.

Menanggapi peluncuran itu, Presiden AS Donald Trump mengatakan pihak berwenang AS memandangnya sebagai “sangat serius”.

“Saya tahu mereka (Korea Utara) ingin bernegosiasi … tapi saya fikir  mereka tidak siap untuk bernegosiasi,” katanya. “Kita akan lihat apa yang terjadi. Tidak ada yang senang dengan itu.” 

 

KOREA UTARA PERINTAHKAN UJI COBA RUDAL JARAK JAUH

North Korea orders ‘long-range strike’ drill – state media

Setelah dua peluncuran rudal jarak pendeknya , kini Korea Utara juga sedang mempersiapkan latihan peluncuran rudal  jarak jauhnya, kata  kantor berita resmi di Pyongyang.

Ketegangan di Semenanjung Korea meningkat lagi pada hari Kamis, setelah AS menangkap kapal kargo Korea Utara setelah  DPRK melakukan dua uji coba rudal jarak pendek di perbatasan baratnya, yang diawasi secara pribadi oleh Kim Jong un.

Setelah peluncuran jarak pendek itu, Kim memberikan lampu hijau untuk latihan serangan rudal  jarak jauh juga, menurut kantor berita Korea Utara KCNA.

Kim mengatakan bahwa “perdamaian dan keamanan sejati negara dijamin hanya oleh kekuatan fisik yang kuat yang mampu mempertahankan kedaulatannya,” lapor KCNA.

Tahun lalu Korea Utara telah menangguhkan uji coba nuklir dan rudalnya sebagai bagian dari upaya diplomatik dengan  Washington, tetapi KTT kedua antara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump pada februari lalu di Hanoi  Vietnam gagal tanpa kesepakatan. Sebagai imbalan atas langkah-langkah khusus dalam menghentikan  program nuklirnya, Pyongyang telah meminta penghapusan sebagian sanksi AS. Tapi Trump menolak  atas desakan penasihat keamanan nasional  John Bolton  dan Menlu  Mike Pompeo.

Trump tidak peduli dengan kegagalan KTT kedua itu dan bersikeras dia masih memiliki hubungan pribadi yang baik dengan Kim dan menyatakan harapan pembicaraan akan berlanjut di beberapa titik.

“Hubungan masih berlanjut … Saya tahu mereka ingin bernegosiasi, mereka berbicara tentang negosiasi. Tapi saya pikir mereka tidak siap untuk bernegosiasi, “ kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Kamis pagi.

Bulan lalu Kim mengunjungi Rusia untuk bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Vladivostok, dan  memintanya untuk menjadi  perantara pembicaraan dengan Washington.

 

PERANG PSIKOLOGIS DENGAN IRAN , AS SIAPKAN PESAWAT PEMBOM STRATEGIS 

Pusat Komando AS merilis foto-foto pesawat pembom strategis B-52 yang ditugaskan di Skadron Ekspedisi ke-20 yang telah tiba di area yang menjadi tanggung jawab pusat Komando CENTCOM AOR.

Menurut penjelasan, pesawat Boeing Stratofortresses itu dapat melakukan serangan strategis, dukungan jarak dekat, larangan udara, operasi serangan balik udara dan maritim untuk memberi dukungan stabilitas.

Sebelumnya Pentagon juga merilis video yang menunjukkan empat buah pesawat pembom strategis yang lepas landas menuju Timur tengah.

Pesawat Stratofortresses berangkat dari Pangkalan Angkatan Udara Barksdale di Louisiana Selasa dalam perjalanan ke Pangkalan Udara Al Udeid di Qatar, Fox News melaporkan.

Pada hari Minggu lalu Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton mengumumkan pengerahan satuan tempur kapal induk USS Abraham Lincoln dan satuan tugas pembom ke wilayah Pusat Komando AS, yang dimaksudkan untuk mengirim pesan ke Teheran. Iran meneyebut pernyataan Bolton itu sebagai tindakan “perang psikologis.”

 

SERANGAN UDARA RUSIA HANCURKAN JALUR MILITAN DIBARAT LAUT HAMA

Teroris Hayat Tahrir Al-Sham diperkirakan harus berjuang  keras melawan pasukan Tentara Arab Suriah (SAA) yang berusaha untuk maju di Hama barat laut,  namun  para militan belum memiliki banyak kesempatan untuk terlibat dalam pertempuran panjang dengan pasukan pemerintah, karena  serangan udara Rusia yang tanpa henti ke  posisi mereka.

Menurut sumber militer di kota Mhardeh, militan Hayat Tahrir Al-Sham sedang berjuang untuk memasok dan memperkuat jalur mereka di Hama barat laut karena serangan udara Rusia telah berulang kali menyerang setiap konvoi mereka.

Sebelum pertempuran singkat di Qal’at Al-Madiq, serangan udara Rusia telah menghancurkan pertahanan militant  sehingga banyak yang memilih untuk menarik diri dari sebelum Tentara Arab Suriah dan sekutu mereka memulai serangan darat untuk merebut daerah tersebut.

Serangan udara Rusia masih berlangsung di Suriah barat laut malam ini, dengan konsentrasi tinggi dari serangan-serangan ini difokuskan pada daerah-daerah yang dikuasai militant  di pedesaan timur laut Provinsi  Latakia.

Serangan udara Rusia di timur laut Latakia itu dimaksudkan untuk melemahkan pertahanan militant  di kota utama Kabani yang berada di puncak Pegunungan Al-Zuwayqat. Tentara Arab Suriah diperkirakan akan menyerbu Kabani dalam beberapa hari mendatang karena mereka bertekad melenyapkan para militant terakhir ditimur laut  Latakia.

 

MENLU RUSIA : TERORIS DI IDLIB HARUS DICABUT SAMPAI KEAKARNYA

Lavrov: Terrorist Nest In Idlib Must Be Uprooted

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan bahwa kelompok teroris Hay’at Tahrir al-Sham (HTS) masih terus  menyerang pangkalan udara Rusia diSuriah Hmeimim  dan dia menekankan bahwa “sarang teroris” di Idlib Suriah “harus dicabut sampai akarnya .”

“Front al-Nusra yang disamarkan  dengan nama barunya  Hay’at Tahrir al-Sham  tidak hanya mengendalikan  situasi di sana (Idlib), tetapi juga menembaki dan menyerang posisi militer Suriah dan wilayah sipil.

Belum lama ini  mereka juga menembaki pangkalan udara Rusia diSuriah Hmeimim , ”kata Lavrov pada konferensi pers dengan rekannya menlu  Iran Mohammad Javad Zarif, di Moskow.

Menlu Rusia itu menambahkan: “Yang pasti, pada saatnya nanti mereka (para teroris itu) akan  menerima balasan  dan akan menerima baalasan yang lain.”

Pernyataan ini dikeluarkan dissat tentara Suriah  SAA terus bergerak maju di pedesaan Hama utara. Tentara Suriah juga memulai operasi darat di Lattakia utara. HTS dan sekutunya memiliki kekuatan militer yang kuat di kedua wilayah.

Mengenai nasib perjanjian zona demiliterisasi Rusia-Turki setelah operasi-operasi ini, Lavrov mengklarifikasi bahwa perjanjian itu “tidak memasukkan satu kata pun tentang pentingnya melindungi teroris.”  Pernyataan Lavrov ini menunjukkan bahwa Moskow bertekad untuk menetralisir ancaman teroris di Idlib dengan segala cara yang ada.

 

IRAN AKAN ABAIKAN PERJANJIAN NUKLIR  JIKA DK PBB BAHAS  KESEPAKATAN NUKLIRNYA

A handout picture made available by the Iranian presidential office shows, Iranian President Hassan Rouhani (2nd L) listening to head of Iran's nuclear technology organisation Ali Akbar Salehi (R) during the nuclear technology day in Tehran on April 9, 2019

Teheran mengumumkan bahwa mereka akan menangguhkan beberapa komitmen dalam Perjanjian Nuklir JCPOA dalam waktu 60 hari, meski disebut juga negara itu tidak berniat untuk menarik diri dari perjanjian tersebut.

Press TV melaporkan pada hari Rabu hari ini mengutip sumber yang dekat dengan Presiden Iran Hassan Rouhani bahwa Teheran mungkin akan menarik diri dari Perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir 1970 jika DK PBB menngangkat masalah kesepakatan nuklir Iran dalam agenda sidangnya.

Mengomentari rencana itan itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mencatat bahwa masih terlalu dini bagi DK PBB untuk mengadakan pembahasan masalah tersebut.

Rouhani mengumumkan rencana penangguhan kewajiban tertentu dari kesepakatan nuklir khusunya mengenai cadangan uranium dan Uranium yang diperkaya setahun setelah AS mengumumkan bahwa Washington meninggalkan JCPOA agar bisa menerapkan sanksi sepihak terhadap Teheran.

Dilain fihak juga terjadi kesepakatan lainnya yang menolak untuk mengikuti keputusan AS dan mengkonfirmasi komitmen mereka terhadap perjanjian nuklir itu. Uni Eropa juga berusaha menerapkan mekanisme khusus INSTEX untuk tetap melanjutkan perdagangan dengan Republik Islam Iran dan mengabaikan sanksi AS.

 

SIKAP AS MALAH  MENDORONG IRAN UNTUK MELANGGAR PERJANJIAN NUKLIR

President Hassan Rouhani listens to explanations on new nuclear achievements at a ceremony to mark National Nuclear Day, in Tehran, Iran, Monday, April 9, 2018

AS sedang mendorong agar Iran  “membuat kesalahan dan melanggar kepatuhannya ”  terhadap  perjanjian nuklir JCPOA  yang biasa disebut  kesepakatan nuklir Iran, sebuah sumber diplomatik di Brussels mengatakan kepada Sputnik.

“Dengan demikian maka AS akan memiliki alasan untuk menyatakan kepada dunia bahwa Iran merupakan ancaman bagi keamanan internasional”, sumber tersebut menjelaskan.

Sebelumnya Iran menyatakan kapada  lima penandatangan kesepakatan yang tersisa (setelah AS mundur) yaitu  Rusia, Prancis, Inggris, Cina, dan Jerman   bahwa mereka akan mengurangi beberapa komitmennya dan mulai meningkatkan uranium setelah jangka waktu 60 hari kedepan.

Sebuah surat yang ditulis oleh Presiden Iran Hassan Rouhani yang telah  diserahkan kepada para duta besar dari lima negara itu  menyatakan bahwa Teheran masih  menahan diri dan masih sabar atas sikap Washington yang  secara sepihak menarik diri dari kesepakatan itu pada Mei tahun lalu. Dan atas permintaan mereka , Iran telah memberikan waktu yang cukup (untuk berdialog) dengan Lima negara penandatangan yang tersisa  guna mengganti keluarnya AS itu.

 

AS AKAN SEGERA TAMBAH SANKSI SANKSI BARU TERHADAP IRAN

Menanggapi pengumuman Iran  yang akan mengurangi kepatuhannya  atas beberapa pasal  pada kesepakatan program nuklirnya,  Tim Morrison asisten khusus presiden AS dan direktur senior untuk senjata pemusnah massal dan biodefense menyatakan  “tidak lama lagi AS akan menerapkan sanksi yang banyak ke Iran,”

Pejabat Gedung Putih selanjutnya  memperingatkan bank-bank, investor, dan para pebisnis Eropa untuk tidak terlibat dalam sistem pembayaran non-dolar bagi  perdagangannya  dengan Iran.

Sebelum ini, AS mengumumkan rencananya untuk mengerahkan satuan tempur kapal induk ke Timur Tengah guna  mengirim peringatan ke Iran sebagai tanggapan atas apa yang disebut AS sebagai dugaan indikasi kegiatan yang mengganggu kepentingan AS dan kegiatan eskalasi yang dilakukan Iran.

Menurut laporan media, Washington mencurigai Teheran telah memindahkan rudal balistik jarak pendeknya melalui laut ke Teluk Persia. Laporan itu mengatakan bahwa Pentagon sedang mempertimbangkan kemungkinan pengiriman senjata tambahan ke Teluk Persia, termasuk sistem pertahanan anti-rudal, seperti sistem pertahanan rudal Patriot.

Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat meningkat selama setahun terakhir setelah Washington menarik diri dari JCPOA dan memulihkan sanksi  sanksi dan sanksi bari terhadap Teheran.

 

NETANYAHU : ISRAEL TIDAK KAN MEMBIARKAN IRAN PUNYA SENJATA NUKLIR

Prime Minister Benjamin Netanyahu at the government's central Remembrance Day ceremony at the Mount

Israel tidak akan membiarkan Iran memiliki senjata nuklir, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Rabu hari ini  hanya beberapa jam setelah Iran mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan program nuklirnya.

Komentar Netanyahu itu dikeluarkan saat upacara Hari Peringatan Nasional pemerintah di pemakaman militer Mount Herzl untuk menghormati 23.741 tentara Israel yang gugur.

“Pagi ini, dalam perjalanan saya ke sini, saya mendengar bahwa Iran bermaksud untuk melanjutkan program nuklirnya. Kami tidak akan membiarkan Iran punya  senjata nuklir, ”katanya. “Kami akan terus bertarung dengan musuh-musuh kami, yang akan menyerang akar kami lebih dalam di tanah air kami. Itulah yang dilakukan para pahlawan kita pada awal kelahiran kembali bangsa ini, dan kita berada pada barisan mereka. ”

Mennyinggung  kobaran api akibat serangan sekitar 700 roket dari Gaza yang menyebabkan terbunuhnya  empat penduduk  Israel , Netanyahu berkata, “Peristiwa beberapa hari terakhir ini menunjukkan dengan jelas apa yang dimaksud dengan perjuangan kita ,  mereka berupaya membuat  kerusakan,  ingin menghancurkan negara kami dan mengusir kami dari tanah air kami. ” Musuh-musuh Israel telah mencoba melakukan ini dari waktu ke waktu,  “tetapi mereka gagal.” Kata Netanyahu.

 

SERANGAN DARI IRAN, SEBUAH ISU YANG DIREKAYASA SENDIRI DAN DITANGGAPI SENDIRI OLEH AS DAN ISRAEL

Amerika Serikat mengerahkan Satuan tempur  kapal induk dan satuan tugas pembom ke Timur Tengah sebagai tanggapan atas  “indikasi yang jelas”  Iran dan proksinya yang merencanakan serangan terhadap pasukan AS di wilayah tersebut (Teluk), kata para pejabat AS.

Minggu tengah malam  Gedung Putih membuat pengumuman mengejutkan bahwa USS Abraham Lincoln dan satu gugus tugas pembom sedang dikerahkan sebagai tanggapan atas “indikasi dan peringatan yang mengganggu dan meluas”.

Penasihat keamanan nasional John Bolton mengatakan pengerahan itu dimaksudkan “untuk mengirim pesan yang jelas dan tidak salah kepada rezim Iran bahwa setiap serangan terhadap kepentingan AS  atau terhadap sekutu kita akan direspon  dengan kekuatan yang tanpa henti.”

“Amerika Serikat tidak menginginkan perang dengan rezim Iran, tetapi kami sepenuhnya siap untuk menanggapi serangan apa pun, apakah dengan perwakilan, Korps Pengawal Revolusi Islam, atau pasukan reguler Iran,” Kata pernyataan itu.

Para pejabat AS mengatakan kepada ABC News bahwa pengerahan itu sebagai tanggapan atas “indikasi yang jelas” terhadap pasukan proksi Iran dan pasukan Iran yang kemungkinan mempersiapkan serangan terhadap pasukan AS di darat dan dilaut  termasuk yang ada di Irak dan Suriah.

Pusat Komando AS meminta persetujuan dari penjabat diKemenhan AS  Patrick Shanahan untuk mengirim kekuatan tambahan ke wilayah itu, yang disetujui Patrick Shanahan pada hari Minggu, kata seorang pejabat.

“Pengiriman  kapal induk USS Abraham Lincoln ke wilayah itu dipercepat dan diperintahkan segera bersiaga di sana,” kata pejabat lain.

Dalam Twiternnya  Shanahan menyebut langkah itu sebagai  “reposisi aset militer  yang bijaksana guna menanggapi indikasi ancaman yang dapat dipercaya dari pasukan rezim Iran.” “Kami menyerukan rezim Iran untuk menghentikan semua provokasi,” katanya. “Kami akan meminta pertanggungjawaban rezim Iran jika ada serangan terhadap pasukan AS atau kepentingan kami.”

Berbicara dengan wartawan di Finlandia pada hari Senin Menlu AS Mike Pompeo mengatakan bahwa AS memiliki tanggung jawab untuk melindungi para diplomat Amerika di seluruh dunia, tetapi ia secara spesifik menyebut yang ada di Erbil dan Baghdad di Irak dan Amman di Yordania.

“Dan setiap kali kita menerima laporan adanya ancaman dan hal-hal yang menimbulkan kekhawatiran, kita akan melakukan semua yang kita berdua (dengan sekutu teluknya)  bisa  lakukan , kita lakuan semua hal  yang kita  bisa untuk memastikan bahwa serangan yang direncanakan  itu tidak terjadi akan dan untuk memastikan bahwa kita ‘Saya sudah memposisikan  postur kekuatan yang tepat, “kata Pompeo.

 

ISRAEL SAMPAIKAN LAPORAN INTELIJEN SOAL RENCANA IRAN TERHADAP  AS  DAN SEKUTU TELUKNYA

Israel menyampaikan informasi dugaan adanya rencana  Iran untuk menyerang kepentingan AS di Teluk kepada AS sebelum penasihat keamanan nasional John Bolton mengancam Iran dengan “kekuatan tanpa henti” tadi malam, pejabat senior Israel mengatakan.

Bolton mengeluarkan pernyatan yang tidak biasa dan agresif itu termasuk info  bahwa AS akan mengerahkan kapal induknya ke wilayah tersebut. Para pejabat (Israel) mengatakan bahwa data intelijen yang dikumpulkan oleh Israel  terutama oleh agen intelijen Mossad dipahami sebagai bagian dari alasan pernyataan Bolton Bolton itu.

Informasi tentang kemungkinan rencana Iran menyerang  AS atau sekutunya di Teluk itu dibesarkan dua minggu lalu dalam pembicaraan yang di Gedung Putih antara delegasi Israel yang dipimpin oleh penasihat keamanan nasional Meir Ben Shabbat dan tim AS yang dipimpin oleh Bolton, kata para pejabat Israel itu.

Data intelijen tentang kemungkinan rencana Iran itu belum terlalu spesifik , tetapi para pejabat (Israel) mengatakan ancaman itu jelas terhadap target AS. di Teluk atau sekutu AS seperti Arab Saudi atau UEA.

“Masih belum jelas bagi kami apa yang coba akan dilakukan oleh  Iran dan bagaimana rencana itu akan  dilaksanakan, tetapi jelas bagi kami bahwa suhu Iran sedang meningkat sebagai akibat dari meningkatnya tekanan AS terhadap mereka, dan mereka mempertimbangkan untuk membalas terhadap kepentingan AS di Teluk. “

 

PASUKAN SURIAH REBUT TELL OTHMAN DARI PEMBERONTAK

Setelah bentrokan sengit semalam, pasukan Suriah yang didukung angkatan udara Suriah dan Rusia  bisa menguasa TellOthman dan  mengalahkan pemberontak disana. Daerah sangat strategis karena kan memutus jalur  supply perbekalan antara Idlib dan Hama.

Sementara Pasukan Turki hanya menyaksikan kemajuan pasukan Suriah ini dari pos mereka  di Shahranaz yang berjarak  8 km kearah utara.

 

VIDEO PERTAMA SERANGAN DARAT PASUKAN SURIAH KE IDLIB

Ini adalah video serangan darat pertama dari Pasukan Suriah ke kelompok teroris di dipinggiran Hama dan Idlib yan kita dapat.

 

MENJELANG SERANGAN DARAT , MILITER SYRIA TEMBAKKAN ALTILERI DAN ROKET KE LATAKIA

Tentara Arab Suriah memulai serangan artileri berat dan penembakan rudal ke posisi militan di pedesaan utara provinsi Latakia.

Menurut sumber, Pasukan dari  divisi ke-4  Suriah yang ditempatkan di Latakia utara mulai menembakkan rudal dan artileri berat yang menargetkan Hayat Tahrir al-Sham (HTS) di Kabani dan sekitarnya sebagai persiapan untuk melancarkan serangan darat di daerah tersebut.

Rekaman video  menunjukkan Divisi ke4 meluncurkan roket Golam IRAM  dan beberapa rudal di posisi HTS dan pergerakan mereka di atas pegunungan Kabani di pedesaan Latakia utara.

Pagi hari ini, tentara Suriah memulai serangan darat yang telah lama ditunggu-tunggu di Suriah utara yang bertujuan untuk merebut kembali  zona de-eskalasi yang membentang  antara provinsi Latakia, Hama dan Idlib.

 

DALAM 24 JAM TERAKHIR JET TEMPUR RUSIA DAN SURIAH LAKUKAN 200X SERANGAN KE IDLIB DAN HAMA

Angkatan udara Rusia dan Angkatan Udara Arab Suriah (SyAAF) melanjutkan serangan udara mereka pada posisi teroris diProvinsi Idlib dan Hama selama sepuluh hari berturut-turut.

Menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Observatory Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) pada 5 Mei , dalam 24 jam terakhir telah  lebih dari 200 kali serangan udara Rusia dan Suriah yang menargetkan Idlib selatan dan Hama utara.

Step News Agency yang pro-oposisi merilis beberapa video serangan udara yang memperlihatkan serangan pesawat tempur Rusia Su-35 dan Jet tempur Suriah Su-22M4.

Sebelumnya, Kemenhan  Rusia memperingatkan bahwa kelompok-kelompok teroris di bawah kepemimpinan Hay’at Tahrir al-Sham (HTS) telah mengerahkan pasukan mereka di bagian selatan zona demiliterisasi di sekitar Idlib.

“Tidak boleh dikesampingkan bahwa mereka telah membentuk  pasukan tempur  dengan tujuan melancarkan serangan terhadap Hama,” kata kepala Pusat Rekonsiliasi Suriah Rusia, Mayor Jenderal Viktor Kupchishin, kepada media.

Ketika eskalasi  di sekitar Idlib terus meningkat, Tentara Arab Suriah (SAA) tampaknya makin dekat  untuk melancarkan operasi militer skala besar di sekitar Idlib. Namun, masih belum jelas apakah Rusia akan memberi lampu hijau atas operasi itu.

 

VIDEO KONVOI BESAR MILITER SURIAH KIRIM SENJATA BERAT MENUJU IDLIB

Sebuah konvoi militer dari Pasukan elit Suriah “Tiger Force” direkam sedang  menuju ke garis depan di Idlib untuk melakukan serangan  yang telah lama dinanti di daerah tersebut.

Konvoi besar terlihat menuju  provinsi Hama membawa senjata berat termasuk TOS-1 MLRS Flamethrower yang mematikan.

TOS-1 Buratino adalah sistem peluncur Multipel Rockets Launcher Self propelled buatan Rusia (MRLS). Spesifikasi khusus   dari TOS-1 adalah melenyapkan posisi musuh yang tersembunyi  seperti gua dan terowongan yang dibentengi. Senjata ini mempunyai reputasi unik yang mengerikan karena efek dahsyat pada Hulu ledaknya.

Serangan yang akan dilakukan oleh tentara Suriah dan sekutunya itu bertujuan untuk merebut  zona demiliterisasi yang membentang antara Hama dan  pedesaan Idlib menyusul kegagalan Turki untuk mengusir militan dari wilayah itu  berdasarkan perjanjian Sochi yang ditandatangani oleh Rusia dan Turki.

 

MILITER SURIAH SERANG POS MILITER TURKI DIHAMA – SURIAH

Sabtu kemarin, Tentara Arab Suriah (SAA) membalas  serangan artileri dari  militant pemberontak. Peluru artileri mereka  mengenai sebuah pos militer Turki disebuah desa di barat laut Hama.

Menurut sebuah laporan dari Kegubernuran Hama, peluru artileri Angkatan Darat Suriah menghantam sebuah pos militer Turki di dekat kota Sheir Maghar yang terletak di utara Qal’at Al-Madiq.

Aktivis pro-oposisi mengklaim bahwa serangan artileri  Tentara Arab Suriah mengakibatkan tiga orang anggota militer Turki terluka, korban  kemudian diterbangkan keluar dari Hama barat laut oleh helikopter penyelamat.

Situasi di barat laut Suriah makin memburuk dalam sepekan terakhir, dimana semua pihak yang bertikai saling menembak di sepanjang poros Idlib-Hama.

Oposisi Suriah menuduh militer Suriah dan Angkatan Udara Rusia membunuh 26 warga sipil ketika pemboman besar-besaran diIdlib dan Hama.

Tentara Arab Suriah diperkirakan akan melancarkan serangan besar dalam beberapa hari mendatang untuk merebut zona demiliterisasi yang seharusnya bebas dari oposisi atau pasukan pemerintah.

Militan dan Pemberontak dan sekutunya  telah menolak untuk meninggalkan zona demiliterisasi, hal ini  mendorong militer Suriah untuk meningkatkan upaya mereka  membersihkan daerah tersebut.

 

TENTARA SURIAH DAN IRAQ LAKUKAN OPERASI BERSAMA SEPANJANG PERBATASAN

Tentara Suriah dan Unit Mobilisasi Umum Irak (PMU) telah meluncurkan operasi militer pembersihan bersama di sepanjang perbatasan untuk membersihkan daerah tersebut dari ISIS.

Rekaman video menunjukkan operasi penyisiran yang sedang berlangsung oleh tentara Suriah dan pasukan Irak melawan ISIS di Suriah timur.

Operasi militer bertujuan untuk sepenuhnya mengamankan wilayah perbatasan dalam persiapan untuk membuka kembali perbatasan Irak / Suriah guna membuka kembali jalur perdagangan dan tansportasi  sipil.

Tujuan dari operasi ini adalah untuk membersihkan lebih dari 230 km dari perbatasan yang membentang dari al-Bokamal di pedesaan Deir al-Zour timur ke selatan menuju Sawaneh, Busairi, area T2 di pedesaan Homs timur hingga zona Tanf.

 

NEGOSIASI DENGAN AS GAGAL, KORUT KEMBALI UJI COBA RUDAL JARAK PENDEK

People watch a television broadcasting a news report on North Korea firing what appeared to be a short-range ballistic missile, at a railway station in Seoul, South Korea, May 29, 2017

Pagi tadi , Korea Utara telah meluncurkan  beberapa rudal  jarak pendek yang terbang sejauh  70-200 kilometer (sekitar 40-125 mil), Yonhap melaporkan, mengutip Kepala Staf Gabungan (Korut-Korsel).

“Pemerintah Korea Utara telah meluncurkan rudal jarak pendek di timur Semenanjung Hodo (Gangwon-do, Wonsan) pada pukul 9:06 pagi hari ini,” kata Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Juru bicara Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya sedang memeriksa laporan peluncuran rudal itu. “Kami tidak dapat mengkonfirmasi apa pun saat ini, kami sedang menyelidiki  lebih dalam,” kata juru bicara itu.

Terakhir kali negara sosialis itu menembakkan rudal adalah 28 November 2017, ketika itu menembakkan rudal balistik antarbenua Hwasong-15 ke arah timur di atas Jepang utara.

Tahun lalu Korea Utara melakukan  moratorium (penangguhan) atas  uji coba   rudalnya di tengah memanasnya ketegangan antara Pyongyang dengan Seoul dan Washington   yang disusul  dilakukannya beberapa putaran pembicaraan damai  serta Korut melakukan pembongkaran beberapa situs utama peluncuran  rudal dan penghentian sementara  program nuklirnya.

Putaran terakhir pembicaraan antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump diHanoi pada 28 feb lalu berakhir berantakan tanpa hasil.

 

SURIAH TIDAK AKAN MEMBIARKAN TURKI MENGUASAI SEJENGKALPUN TANAH SURIAH

Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mikdad mengatakan,  Suriah  “tidak akan membiarkan Turki menguasai  bahkan satu sentimeter pun dari wilayah Suriah,”

Dia menekankan bahwa Ankara harus tahu bahwa “Damaskus tidak akan mau menerima kelompok-kelompok militant tetap hidup ” di provinsi Idlib di barat laut Suriah.

“Resolusi pemerintah Damaskus adalah untuk membebaskan setiap inchi wilayah Suriah, dan Idlib tidak terkecuali,” kata Mikdad dalam wawancara eksklusif dengan jaringan berita televisi televisi berbahasa Arab yang berbasis di Al-Mayadeen.

Dia menambahkan, “Turki dan yang lainnya (AS dan sekutu) harus tahu bahwa pemerintah Suriah bertekad untuk memulihkan kembali semua tanah Suriah. Turki juga harus memahami bahwa dukungannya untuk terorisme dan pendudukannya atas wilayah Suriah tidak akan menjamin keamanannya. ”  Komentar Mikdad  ini sebagai tanggapan atas upaya Turki untuk membangun zona aman baru di Suriah utara.

Pemerintah Suriah selalu menolak setiap zona aman yang diusulkan Turki dan Amerika Serikat,  tapi mereka  meminta kedua negara untuk segera meninggalkan wilayah  Suriah.

 

FAKTA BARU DARI LIBYA : FRONT PERANG PROXY BARU,  ARAB SAUDI DANAI SERANGAN  HAFTAR  KE TRIPOLI

Perdebatan ini mengungkap keterlibatan Arab Saudi yang berdiri dibelakang Khalifa Haftar dengan kelompoknya LNAnya dalam mendanai dan mendukung serangannya ke Tripoli beberapa hari lalu.

Negara lain yang terlibat dalam intervensi diLibya dan berdiri dibelakang Khalifa Haftar  selain Arab Saudi adalah Mesir, Perancis , AS, UEA

Fakta ini mengindikasikan  sebuah front perang proxy baru diLibya dimana berhadapan Turki dan Qatar  yang mendukung kelompok GNA pimpinan Fayez al-Sarraj dengan aliansi Arab Saudi dan AS yang mendukung kelompok LNA pimpinan Haftar dikubu lain .

Klaim bahwa kelompok GNA adalah didukung PBB sepertinya hanya propaganda barat saja, karena PBB sama sekali tidak melakukan tindakan apapun menyangkut situasi terakhir diLibya itu.

Beberapa hari sebelum Jenderal Khalifa Haftar, melancarkan serangan keibu kota Tripoli, Raja Salman telah bertemu dengan Khalifa Haftar dan menawarkan puluhan juta dolar untuk membantu membiayai operasi itu.

Menurut jurnal Wall Street, tawaran itu diberikan  selama kunjungan Haftar ke ibu kota Saudi  Riyadh  menjelang serangan militer 4 April lalu.

Mengutip penasihat senior pemerintah Saudi, jurnal Wall Street mengatakan tawaran dana yang diterima oleh Haftar dimaksudkan untuk membeli kesetiaan dari para pemimpin suku diLibya, merekrut dan membayar para pejuang, dan keperluan militer lainnya.

 

RUSIA KEMBALI MENJADI PEMBELI EMAS TERBESAR DIDUNIA PADA KUARTAL 1 TAHUN INI

Russian gold bars.

“Rusia kembali menjadi pembeli emas terbesar didunia pada kuartal 1 tahun ini dengan menambahkan 55,3 ton pada cadangan emasnya. Ini membuat   cadangan emas Rusia menjadi 2.168,3 ton yang  merupakan 19% dari total cadangan devisanya,  berdasar laporan terbaru the World Gold Council (WGC).

Sementara secara drastis mengurangi kepemilikan Treasury AS, sebagai bagian dari  ‘de-dollarisation’ (pelemahan dolar), “kata WGC dalam sebuah laporan yang dikeluarkan pada hari Kamis.

China juga termasuk pembeli terbesar kedua  dengan membeli 33 ton emas pada kuartal pertama, kata laporan itu.

Secara keseluruhan, pembelian emas  oleh bank sentral di seluruh dunia mencapai tingkat tertinggi dari pembelian bersih kuartal pertama sejak 2013,  dari tahun ketahun meningkat sebesar 68 persen menjadi 145,5 ton, menurut statistik.

 

PEMIMPIN TERTINGGI IRAN : IRAN HARUS PASANG KUDA-KUDA GUNA HADAPI SETIAP TINDAKAN AS

A police helicopter flies behind a poster of Iranian supreme leader Ayatollah Ali Khamenei

Pemimpin Tertinggi Ayatollah Khamenei telah mengindikasikan bahwa dengan telah berakhirnya pelonggaran sementara sanksi dari AS yang diberikan kepada delapan negara importir utama minyak mentah Iran  pada hari Kamis lalu, dan ancaman AS untuk menghapus total  ekspor energi mereka “ke titik nol” , maka   Iran harus melawan tekanan musuh  mulai dari perang ekonomi hingga tekanan politik dengan  upaya pengumpulan intelijen dan  mengambil langkah-langkah yang tepat sebagai tanggapan,

“AS dan Zionisme merencanakan dan melakukan tindakan (terhadap Iran) di semua bidang,” kata Khamenei yang  berbicara kepada para guru di Teheran pada hari Rabu menjelang Hari Guru Nasional,

Menurut pemimpin tertinggi Iran itu, semua rencana musuh terhadap Iran pada akhirnya akan menjadi bumerang, dan pemuda Iran akan  “menyaksikan kekalahan Amerika dan Zionisme serta martabat dan kejayaan  tertinggi bangsa Iran.”

Hubungan yang tegang lama antara Iran dan Amerika Serikat memburuk pada Mei 2018, setelah Washington secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Sejak itu, AS telah menampar Iran dengan beberapa rangkaian sanksi keras, termasuk pembatasan energi yang bertujuan untuk menurunkan ekspor minyak Iran sampai “ketitik nol” untuk melumpuhkan ekonomi negara itu.

Sementara itu Menlu Iran Mohammad Javad Zarif tidak percaya bahwa perang antara Iran dan AS sudah dekat atau tidak bisa dihindari, tetapi tidak menampik  kemungkinan adanya  “accident” yang bisa menjurus konflik militer.

Berbicara kepada “The Independent”, menlu  Iran mengindikasikan bahwa Selat Hormuz, jalur laut  utama yang dilalui oleh sekitar 20 persen pasokan minyak dunia, dapat menjadi percikan yang dapat memicu perang, terutama jika kurangnya komunikasi antara militer AS dan Korps Pengawal Revolusi Islam Iran diselat sempit itu, dimana masing-masing pihak telah mencap  satu dan yang lain sebagai “teroris,”.

 

SEKJEN HEZBULLAH : JIKA ISRAEL MENYERANG LEBANON KITA BISA HANCURKAN KEKUATAN MEREKA

Hezbollah leader Sheik Hassan Nasrallah

Kelompok Hizbullah yang bermarkas di Libanon memiliki sumber daya yang cukup untuk memasuki wilayah perbatasan Israel di Galilea dan “menghancurkan” pasukan Israel jika mereka menyerang Libanon, kata Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah.

“Ada banyak cara untuk melakukan perlawanan  yang kuat dan menentukan. Era  perang cepat telah berakhir. Perlawanan kita mampu memasuki Galilea … Bagian Israel yang mereka fikir menjadi jalur intervensi keLebanon akan dihancurkan dan dihancurkan,” kata Nasrallah hidup di Al- Saluran TV Manar pada hari Kamis.

Berbicara tentang perselisihan perbatasan antara Libanon dan Israel, Sekjend  Hizbullah itu mengatakan bahwa penyelesaian masalah yang controversial itu tergantung pada pemerintah Libanon, sementara gerakan Hezbollah  memiliki hak untuk membebaskan wilayah yang diduduki Israel, yaitu Shebaa Farms dan bukit Kfarchouba.

Menurut Nasrallah, negara-negara barat dan negara-negara  Teluk  sedang  memberi  tekanan pada Lebanon dan berupaya menciptakan kesan bahwa negara itu berada di ambang perang.

 

PESAWAT TEMPUR RUSIA DAN SURIAH GEMPUR IDLIB SELATAN DAN HAMA UTARA

Pasukan udara Rusia dan Suriah telah melancarkan serangan udara besar-besaran di wilayah barat laut Suriah malam ini.

Serangan ini  dipimpin oleh jet tempur Rusia dari Hmeimim Airbase, kedua angkatan udara melakukan puluhan serangan udara di Idlib selatan dan Hama utara, menghantam sejumlah situs milik Hay’at Tahrir Al-Sham, Front Pembebasan Nasional, dan Jaysh Al-Izza.

Secara khusus, sebuah sumber dari militer Suriah mengatakan kepada Al-Masdar bahwa kedua angkatan udara menargetkan kota-kota yang dikuasai militan yang terletak antara Ma’arat Al-Nu’man dan Khan Sheikhoun; mereka juga akan menyerang beberapa area di Dataran Al-Ghaab yang terletak di dalam Idlib dan Hama.

Pada saat yang sama, para militant pemberontak  menyerang  daerah yang dikuasai pemerintah di Hama utara, dan mengenai Pembangkit Listrik Mhardeh yang penting dalam proses itu.

Peningkatan tensi  di sepanjang poros Hama-Idlib terjadi hanya beberapa hari setelah kedua belah pihak mengirim bala bantuan ke front ini.

Tentara Arab Suriah (SAA) diperkirakan akan melancarkan serangan besar dalam beberapa hari mendatang yang akan menargetkan daerah-daerah militan di dalam zona demiliterisasi.

 

This entry was posted in Update WW3 2019 and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 4 =