DUA PANGERAN KERAJAAN ARAB SAUDI DITAHAN

 

Otoritas Arab Saudi menahan dua tokoh kerajaan yang paling menonjol atas dugaan upaya kudeta, sebagai upaya konsolidasi pemantaban kedudukan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman (MBS), dan untuk menyingkirkan saingan yang dulunya pernah berposisi kuat sebagai pewaris tahta, kata orang yang tahu masalah itu. .

Penahanan itu terjadi Jumat 6/3/20 pagi dini hari (beberapa jam lalu), dimana beberapa pengawal  istana yang mengenakan topeng dan berpakaian hitam mendatangi rumah kedua pangeran itu, menggeledah dan kemudian menahan mereka, kata sumber itu.

Saudi Arabia's new crown prince, Prince Nayef bin Abdul Aziz al Saud

Ahmed Bin abdul Aziz                                        Muhammad Bin Nayef Bin abdul Aziz

Pangeran Ahmed bin Abdulaziz al Saud adalah adik kandung Raja Salman, dan Pangeran Mohammed bin Nayef bin Abdulaziz al Saud adalah keponakan raja Salman yang juga dikenal sebagai MBN, keduanya ditahan atas tuduhan makar .

Para pengawal Kerajaan itu disebut  juga menangkap salah satu saudara MBN.

Pengadilan kerajaan Saudi menuduh kedua anggota Kerajaan itu telah merencanakan kudeta untuk menggulingkan Raja dan Putra mahkota, kata sumber-sumber  yang mengetahui situasi tersebut.

Dua pria yang pernah berpeluang berada dalam antrian sebagai pewaris tahta itu sekarang berada di bawah ancaman hukuman penjara seumur hidup atau eksekusi mati, kata orang-orang yang akrab dengan situasi tersebut.

Detail dari tuduhan percobaan kudeta itu sendiri belum dapat dikonfirmasi.

Pangeran Ahmed dan MBN pernah menjabat  sebagai menteri dalam negeri (sampai 2012), sebuah posisi jabatab yang kuat dengan pengawalan pasukan dan layanan intelijen Arab Saudi. MBN memiliki hubungan dekat dengan intelijen AS dan dihormati karena pengetahuannya tentang keamanan dan ancaman teror di Timur Tengah.

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, kedudukan mereka dalam keluarga kerajaan telah merosot  ketika Raja Salman mulai mengkonsolidasikan kekuasaannya  dan mengangkat putranya Mohammed bin Salman(MBS) sebagai putra mahkota dan penguasa sehari-hari di kerajaan.

Penangkapan tersebut berarti akan menutup kesempatan dua orang Pangeran yang bisa menjadi saingan MBS sebagai pewaris tahta, jika Raja Salman yang kini berusia 84 tahun itu meninggal atau memutuskan untuk turun tahta.

MBN tadinya adalah orang pertama dalam urutan pewaris  tahta Raja Salman hingga 2017, tapi kemudian diturunkan setelah  MBS diangkat sebagai Putra Mahkota.

Di awal-awal mulai menanjaknya posisi MBS, reformasi sosial dan ekonominya menyenangkan banyak petinggi Barat yang telah lama menyerukan agar Kerajaan  mencabut pembatasan terhadap perempuan dan mendorong ekonomi yang lebih beragam, daripada terus bergantung pada minyak.

Tetapi taktik sang pangeran untuk menindak korupsi, membungkam perbedaan pendapat dan meminggirkan rival sejak itu telah membuat  banyak (anggota Kerajan) mengasingkan diri ke  AS dan Eropa, terutama pada saat MBS mulai menjadi Putra mahkota.

Untuk mengerem korupsi, pada 2017 MBS meluncurkan jaring pengaman yang membuat banyak pengusaha dan bangsawan paling kuat di kerajaan itu dikurung di Hotel Ritz Ritz-Carlton dan dituduh merusak pemerintahan. Banyak yang baru dibebaskan setelah mau  membayar puluhan juta dolar ke pengadilan kerajaan.

Dalam menindak lanjuti perbedaan pendapat, Pangeran Mohammed (MBS) telah menangkap orang-orang yang mengkritik lewat medsos  atau lewat akun Twitter  yang mempertanyakan soal pemerintahannya.

Tahun lalu, orang-orang yang  bekerja untuk MBS juga pernah dituduh oleh Departemen Kehakiman AS telah membayar dua karyawan Twitter atas informasi pribadi tentang para pembangkang (pengkritik) itu.

Sementara itu, MBN selama bertahun-tahun pernah menjadi kontak tepercaya bagi pejabat keamanan dan intelijen AS. Sebagai kepala Badan Anti terorisme Arab Saudi, dia selalu berbagi informasi dengan para intelijen AS tentang sebuah serangan yang direncanakan, dan guna mendapat relasi di seluruh Departemen Luar Negeri (AS) dan Badan Intelijen Pusat CIA.

Banyak pejabat AS kecewa dengan pemecatan MBN pada tahun 2017, kata beberapa mantan pejabat intelijen dan Departemen Luar Negeri AS, karena mereka merasa dia adalah sekutu yang paling dapat diandalkan AS didalam keluarga Kerajaan.

MBN telah menjadi tahanan rumah untuk waktu yang lama sejak MBS menjadi Putra Mahkota, meskipun dia pernah muncul di acara-acara pribadi selama pertemuan investasi pada musim gugur yang lalu, kata orang yang akrab dengan masalah ini.

Peran Pangeran Ahmed lebih rumit. Sejak kematian pendiri Arab Saudi (ibnu Saud), posisi Putra mahkota telah berpindah dari satu putra ke putra berikutnya, selalu berpindah dari satu saudara ke saudara lelaki lainnya. Beberapa anggota keluarga kerajaan ingin melihat mahkota diberikan kepada Ahmed, saudara raja Salman daripada ke MBS, kata orang-orang yang mengetahui masalah ini.

Sejak MBS menjadi Putra mahkota, pangeran Ahmed pada  sebagian besar waktunya menghindari politik ,  tetapi pada 2018 dia pernah membuat pernyataan yang mengkritik masalah didalam Kerajaan Arab Saudi kepada Raja Salman dan MBS ketika pengunjuk rasa mendatangi kediamannya  di London. Tidak lama kemudian,  Pengadilan Kerajaan mengirim utusan ke London untuk membujuk Pangeran Ahmed untuk kembali ke kerajaan. kata seseorang yang akrab dengan masalah ini,

“Kembali ke Saudi sekarang adalah kesalahan besar,” kenang seorang teman pangeran yang mengatakan kepadanya saat itu. Ahmed, kata orang ini, menjelaskan bahwa dia tidak khawatir karena, meski dia mempunyau hubungan yang buruk dengan MBS, tapi dia memiliki hubungan yang baik dengan saudaranya Raja Salman. tak lama kemudian Ahem kembalai ke kerajaan Saudi.

Sementara,  setelah itu Pangeran Ahmed lebih banyak menghindari tampil di depan umum,  dalam beberapa bulan terakhir para anggota keluarga kerajaan sering berbicara  bahwa dia telah membuang foto-foto Raja Salman dan MBS dari dinding ruang pertemuannya, yang merupakan tempat bagi mereka yang mengunjungi pangeran , kata seseorang yang berpartisipasi dalam diskusi tersebut.

MBN tidak pernah terlihat oleh publik sejak ia digeser dari sebagai Putra mahkota dalam sebuah “gerakan larut malam” oleh MBS. Kemudian dia tidak diizinkan meninggalkan Arab Saudi. Penampilannya di depan umum akhir tahun lalu memberi kesan bahwa ia mungkin akan diberi lebih banyak kebebasan. Tetapi beberapa bulan yang lalu,  MBS telah membuang para staf kunci disekitar MBN, termasuk seorang penjaga keamanan lamanya, dan menggantikan mereka dengan orang yang loyal kepada Kerajaan. kata seseorang yang akrab dengan masalah ini.

 

This entry was posted in Info Lain and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

30 Responses to DUA PANGERAN KERAJAAN ARAB SAUDI DITAHAN

  1. zan says:

    min, ada kabar kalau raja salman udah meninggal..
    ditambah dengan adanya kudeta sperti artikel diatas

    apakah al mahdi akan segera datang, seperti apa yang dikatakan hadits?? bagaimana menurut admin??

    • The admin says:

      Sampai detik ini kita belum ada info kematian Raja Salman. Menurut kita itu bukan Kudeta, karena tidak ada gerakan masa/orang bersenjata/apalagi militer untuk mengganti Raja secara paksa, tetapi penangkapan para pewaris tahta oleh pewaris tahta lain yg lebih berkuasa dengan tuduhan kudeta.

      Tanda2 akan munculnya AlMahdi diantaranya: Bumi dipenuhi kezaliman, Kematian seorang Khalifah (Pemimpin), 3 pewaris tahta memperebutkan Kekuasaan. Memang hampir semua ciri terpenuhi, tp apakah ini saatnya Alluhualam.

  2. ihwanovic says:

    saya khawatir raja salman memang akan meninggal dalam waktu yang tidak lama lagi, mengenai kapan tepatnya hanya Allah SWT yang tahu. tetapi jika saat itu terjadi, maka kita tinggal menghitung mundur waktu kemunculan imam mahdi.

    kemarin, saudi membuat keputusan berani dengan membatalkan perjanjian pembatasan produksi minyak dengan OPEC+ dan memberlakukan diskon harga minyak besar2an yang memicu gejolak pasar di seluruh dunia, belum lagi faktor Covid 19 yang semakin meluas.

    saya lebih tertarik untuk fokus ke bidang di mana memang saya memiliki kompetensi yaitu ekonomi.
    jujur, dua minggu ini saya sangat khawatir keadaan damai yang masih kita bisa nikmati sekarang akan segera berakhir. kejatuhan pasar saham dan surat utang mulai berakselerasi selama dua minggu ini, dan saya khawatir dalam beberapa minggu ke depan akan banyak perusahaan yang telah terbiasa berenang di danau hutang, menerbitkan global bond untuk membayar hutang lamanya kali ini tidak akan bisa berbuat banyak. pasar surat utang akan membeku dan gelombang gagal bayar akan lebih cepat terjadi. dana pensiun dan asuransi yang banyak dispekulasikan di pasar saham juga akan lenyap seketika. sudah lebih dari 3 trilyun dolar lenyap hanya dari pasar saham seluruh dunia selama minggu lalu, ini belum dihitung dengan banyaknya negara yang melakukan karantina di seluruh dunia dan menyebabkan produksi, konsumsi dan rantai pasokan global kacau.

    admin tertarik membuat artikel khusus untuk gejolak dan huru hara akhir zaman dari sudut pandang ini?

    • The admin says:

      Tanda2 awal memang sdh klop dng Isyarat Hadits, tapi krn berbeda dng kemunculan Dajjal dan dan Nabi Isa yg waktunya memang telah disebut pasti 6-7thn setelah Malhamah, mk kita blm berani menyimpulkan apa ini saatnya. Mudah2an kita diberi kesempatan menyaksikan even besar akhirzaman ini.

      Kita sngt setuju bhw selepas thn 2019 dunia akan menghadapi krisis ekonomi global yg dipicu penyebaran Corona, itupun kita tahu berdasar proyeksi tren global 2020 dari NIC ttg penyebaran influensa mematikan yg kita fahami akan melumpuhkan sendi2 ekonomi dunia.

      Kita tdk punya basic ekonomi, jd tdk punya kapasitas untuk menganalisa secara ilmu ekonomi.

      • zan says:

        menurut admin, apakah kejadian pelumpuhan ekonomi sekarang mirip dengan keadaan 1930an ( 8 thn sebelum WWII) dimana terjadi pelumpuhan ekonomi juga yang berarti awal perang perang nuklir ada kemungkinan sebelum tahun 2030??

        • The admin says:

          Meski menurut sejarah salah satu penyulut WW2 adalah perang dagang, tapi kita lbh melihat ‘perang mata uang’ dan ‘perang dagang’ adalah bagian dari provokasi dan intimidasi thd negara2 yg akan telibat WW3. Atau jika ada yg lebih tahu silahkan dijawab.

  3. Felice says:

    Min, mau tanya yang sebenarnya terjadi di Yaman.. Siapa yang benar/salah dalam konflik di sana?

    • The admin says:

      Yang salah koalisi Arab saudi yang didukung AS yg mencampuri urusan politik negara lain dng cara kekerasan/serangan militer. Mereka ingin yang jadi presiden Yaman adalah boneka AS.

      Ciri sekutu Israel itu makin kebuka koq dalam 10 thn terakhir, yaitu tidak menghargai wilayah kedaulatan negara lain (mirip dng Israel khan), mereka mendanai/mempersenjatai proksi/militer mereka untuk menyerang negara lain.

      • abu fadl abbas says:

        bener sekali admin, dan bangkitlah orang tertindas bermodal sandal jepit yang akan memenangkan peperangan yg di paksakan…saudi memang antek zionis kok. bahkan ane pernah baca salah satu artikel yg mengabarkan kalo raja2 saudi itu keturunan yahudi… bener atau salah wallahu’alam

        • The admin says:

          Penguasa Saudi bukan keturunan Yahudi, seseorang dari Saudi menyebut mereka dari salah satu suku bernama Anazzah. nenek moyang suku2 itu dari suku Utaybah, atau bisa baca disini. . Jika ada yg lebih tahu silahkan dibantu.

          Juga perlu diluruskan tidak semua orang Yahudi menjadi pengikut zionis, fakta itu klop dng Quran yg menyebut sebagian Yahudi yg masih lurus (ahli kitab) nanti akan menjadi pengikut Nabi Isa.

  4. ihwanovic says:

    Meski menurut sejarah salah satu penyulut WW2 adalah perang dagang, tapi kita lbh melihat ‘perang mata uang’ dan ‘perang dagang’ adalah bagian dari provokasi dan intimidasi thd negara2 yg akan telibat. Atau jika ada yg lebih tahu silahkan dijawab.
    —-
    harus saya akui setan sangat jenius dalam melakukan tipu daya terhadap mayoritas umat manusia. Dunia saat ini telah saling terkoneksi jauh lebih dalam dari 100 tahun lalu, sehingga jika terjadi gangguan dalam rantai pasokan produksi di salah satu negara, maka dampaknya akan langsung memukul negara lain yang memiliki ketergantungan terhadap negara tsb. contoh sederhananya seperti ini:
    ayam goreng yang kita konsumsi, dihasilkan oleh peternak lokal di indonesia, tetapi ayam indukannya dari impor, dan bahan baku pakan untuk mengembangbiakkannya, seperti gandum, premiks vitamin, dan bungkil kedelai yang sangat dibutuhkan untuk kebutuhan gizi ayam juga impor dan harus dibeli dari argentina, australia, AS dll, dan ini terjadi di semua industri, entah itu otomotif, elektronik, listrik, minyak, konstruksi dsb. dan yang lebih penting lagi adalah, semua industri tersebut saat ini dibangun di atas hutang dengan sistem bunga berbunga, sehingga jika salah satunya kolaps, maka industri lain yang terpapar akan ikut jatuh karena gagal bayar dalam waktu bersamaan seperti efek domino. hal ini diperparah dengan banyaknya spekulasi di pasar saham dan surat utang seperti skema ponzi, dan satu hal yang paling menyedihkan adalah, uang yang dispekulasikan adalah uang tabungan kita yang disimpan di bank2 komersial dan juga dana pensiun di lembaga2 seperti jamsostek, dan ini dilakukan nyaris di semua negara di dunia. sehingga ketika sistem kolaps, maka yang terjadi selanjutnya adalah phk masal dan pengangguran di mana, terjadi kelangkaan makanan, air bersih, listrik dan kelangkaan barang2 kebutuhan pokok karena industri yang saling terhubung ini kolaps nyaris dalam waktu yang bersamaan.
    belum lagi diperparah oleh kemarahan publik yang baru sadar bahwa uang tabungan dan dana pensiunnya raib seiring dengan jatuhnya bursa saham dan surat utang.
    tanpa industri, semua orang akan kembali ke zaman batu, dan masalahnya mayoritas umat manusia saat ini sudah kehilangan kemampuan untuk menghasilkan makanan dari ladang pertanian dan peternakannya sendiri sebagai modal dasar bertahan hidup.
    orang2 putus asa ini, akan sangat mudah digiring ke dalam hal2 konyol seperti perang dunia 3, sehingga di banyak hadits, jelas disebutkan bahwa tanda2 akhir zaman adalah kelaparan di mana2, perang, dan kriminalitas dengan tingkat terburuk sepanjang sejarah peradaban manusia, sampai orang bisa saling bunuh karena berebut sepotong roti. dan dajjal, di masa2 itu akan datang di tengah keputus asaan manusia, sehingga jangan heran mayoritas manusia akan terperdaya.

    wallahu a’lam bisshawab

    • The admin says:

      Yup, intinya semua dibuat tergantung pd kekuatan ekonomi yg lbh besar.
      Cuman, tentu yg diprovokasi ke WW3 hanya para pemimpin2 negara pemilik nuklir. tp sebelumnya seluruh dunia dibuat terbiasa dulu dng situasi genting n sulit.

      • zan says:

        menurut admin, bagaimana cara kita survive dalam hal sulit seperti ini dan juga saat setelah perang nuklir, meskipun ini cuman simulasi sederhana saja, dan juga seandainya allah ngasih umur panjang hingga “end game” nanti (perang lawan dajjal)

        dari dalam hadits bahwa cukup mengingat allah SWT (tasbih, tahmid, dsb), apakah ada tindakan lain selain melakukan hal tersebut??

        • The admin says:

          Ini pertanyaan sulit yg kita ga bisa jawab, karena taqdir manusia mutlak Allah yg menentukan. Juga dlm perang nuklir, belum ada orang yg mengalami perang nuklir seperti apa, jd belum tahu gmn cara selamat. Tips2 para ahli itu khan hanya perkiraan saja.

          saat muncul Dajjal nanti, itu urusan Nabi Isa karena hny beliau yg bisa membunuhya. Perang melawan Dajjal itu bukan nanti tp skrg ini. Dengan zikir (mengingat Allah) dalam arti luas yaitu selalu berusaha menjauhi maksiat dan memperbanyak amal. Kalo mulut zikir tp maksiat jalan ya percuma, itu hanya zikir dimulut.

    • Arief Anto says:

      Subhanallah. Mhn terus infokan perkembangannya ttg ekonomi ini. Sbg kewaspadaan kita. Jazaakallahu khoeron jazaa.

      • ihwanovic says:

        kemungkinan kejatuhan sistem ini akan terjadi di tahun ini juga, wallahu alam, kecuali Allah SWT berkehendak lain dan tiba2 virus corona hilang seketika di seluruh dunia, ekonomi kembali berputar, bandara kembali ramai, pabrik kembali berproduksi, siswa kembali ke sekolah dsb. tapi jika kita melakukan analisa dari pembalikan imbal hasil surat utang pemerintah AS yang biasa digunakan sebagai indikator terjadinya resesi ekonomi yang akan datang, di mana telah terjadi pembalikan sejak tahun lalu, dan dengan suku bunga rendah yang nyaris mendekati nol, praktis sudah tidak ada ruang lagi untuk bank sentral AS untuk melakukan pelonggaran moneter, masa2 penghakiman dari tumpukkan utang semua pemerintah dan swasta di berbagai negara dunia sudah mendekati akhir, dan tidak ada lagi jalan keluar yang nyaman untuk menghindari letusan bubble utang terbesar sepanjang peradaban manusia ini.
        sebagai informasi, gejolak di bursa saham dua minggu ini sedikit mereda karena rencana trump untuk melonggarkan pajak penghasilan pribadi dan korporat, dan yang saya dengar, pemerintah indonesia pun akan melakukan hal yang sama dalam waktu dekat.
        ini adalah langkah memperpanjang waktu, bukan membatalkan hari penghakiman untuk tumpukkan utang yang telah dicetak berpuluh puluh tahun. saat nanti sistem ini kolaps, itu lah saat di mana kita semua sadar kenapa riba dikutuk di dalam islam jauh lebih buruk bahkan dibanding zina yang merupakan dosa besar, ini karena riba bisa menghancurkan seluruh sendi peradaban dan menyeret semua umat manusia ke dalam jurang.

        • Arief Anto says:

          Masih ditunggu info perkembangannya. Kl bs chatt di forum ya akhi.

          • The admin says:

            Kita sengaja untuk agak melepas forum itu agar setiap orang bebas mengutarakan pendapatnya, tapi koq masih saja pada malu-malu untuk berpendapat atau gmn kita ga tahu

          • ihwanovic says:

            insya Allah saya akan bagikan tulisan dari blog saya di forum ini, saat ini saya sedang mencoba menganalisa terlebih dahulu langkah pemerintah eropa dan AS, jika tulisan saya sudah selesai, saya akan bagikan link di sini, mudah2an Allah SWT memberikan saya cukup umur untuk berbagi informasi yang saya ketahui sebagai mantan trader valas.

            • zm says:

              setelah membaca kasus corona dan kebijakan ekonomi akibat dampak tersebut.. ada satu hal penting yang ingin mereka lakukan..

              menjatuhkan uang kertas dan mengantikan ke uang digital..

              https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200311163738-37-144144/corona-uang-kertas-ditinggalkan-pembayaran-digital-berjaya

              admin aaz sudah memberikan info tersebut di artikel nya..

            • The admin says:

              Yup, agendanya memang begitu dan kita sdh infokan sejak pertama kita buka web ini thn 2016.

            • zm says:

              yang pasti, bentar lagi bakal ada rencana insentif gaji 6 bulan atau beban, kemungkinan besar uang tersebut mungkin merupakan awal dari permulaan peredaran uang digital murni, tidak berdasarkan cadangan USD, benar2 pure dari blockchain.

              dan pasti dari bank bakal ada limitasi penarikan uang tunai dengan minimal saldo yang tersimpan di dalam rekening.
              semoga saja tidak terjadi tahun ini.

              mungkin saatnya kita harus mulai konversi ke emas atau perak dari aset/uang kita di bank agar nilai usaha kita yang sekarang disimpan di bank tidak terbuang sia-sia gara2 ribawi ini.

            • The admin says:

              Silahkan dibagi linknya, mudah2an bermanfaat untuk saudara2 muslim yg lain.

  5. Dadan Danial Sibel says:

    Assalamualaikum, kita ikuti aja alur kisah ini dengan selalu berharap dan meminta pertolongan hanya kepada Alloh SWT. Manusia punya rencana, Alloh SWT juga punya rencana, tetapi rencana Alloh SWT lebih hebat….

  6. ihwanovic says:

    untuk perpindahan dari uang kertas ke uang digital, saya termasuk ragu2 bahwa hal ini dapat terlaksana di seluruh dunia.
    1. blockchain memerlukan internet berkecepatan tinggi dan stabil, sedangkan di mayoritas negara dunia ketiga, masih asa milyaran orang yang belum memiliki akses ke jaringan internet. jika rencana ini dipaksa untuk diwujudkan, maka harus ada investasi besar2an dalam jaringan telekomunikasi di seluruh dunia.
    2. pada era great depression 2.0 yang insya Allah akan kita jalani sebentar lagi, akan ada kejatuhan besar dalam setiap pelaku ekonomi, termasuk bisnis jaringan telekomunikasi itu sendiri, jadi jangankan ekspansi untuk memperluas jaringan internet di negara dunia ketiga, mempertahankan jaringan existing agar tetap berfungsi saja merupakan kesulitan yang luar biasa besar, di tengah chaos huru hara, perang dan kriminalitas yang sangat tinggi. jangankan era great depression, mati listrik dua hari di tahun lalu saja sudah membuat jaringan internet lumpuh sejawa bagian utara.
    jadi menurut saya pribadi, kita tidak akan memasuki era keuangan digital secara penuh, melainkan memasuki era kehancuran total, kelaparan, perang dan kekeringan sebelum ditutup dengan kemunculan dajjal dalam bentuk manusia.
    mungkin tidak lama lagi, kita akan kembali harus bertahan hidup seperti di zaman batu, tanpa minyak, gas, listrik, dan mencukupi segala kebutuhan hidup dari beternak, bertani dan berburu.
    wallahua’lam bisshawab

    • The admin says:

      1. Semua agenda globalis dibuat secara perlahan tapi pasti sampai kadang orang tidak sadar kalo sdh terjadi, seperti runtuhnya dominasi US$ sebenarnya sdh lama terjadi dengan ditinggalkannya US$ sbg alat transaksi oleh bbrp negara. Demikian juga dng perpindahan ke uang digital, BI pun sdh mangadopsinya., yg terakhir lewat peraturan No 20/6/PBI/2018. Pada tataran mikro tanpa terasa kita telah digiring penggunaannya untuk membayar tol, BPJS, taksi OL, ojek OL pembelian bensin dll.

      2. Uang digital adalah instrumen perbudakan moneter terakhir yg pasti akan/sudah mulai diterapkan, karean semua negara sdh mengadopsi.
      Globalis (Ya’juj ma’juj) tidak peduli apakah penggunaan uang digital akan terkendala bencana, kerusakan jaringan internet atau perang, atau kekayaan kita lenyap dalam sekejap karena situasi2 tsb, mrk tidak peduli itu. Karena memang tujuannya adalah sbg intrumen perbudakan dan memonitor kekayaan setiap negara/individu dan memonitor setiap transaksi yg dilakukan. No place to hide.

      • ihwanovic says:

        kalau untuk cita2 mereka yang ingin menerapkan satu mata uang tunggal dunia dengan sistem digital, saya sepakat. tapi jika ditanya apakah ini akan terlaksana secara penuh di seluruh dunia, jawaban saya tetap sama, mustahil. sebentar lagi kita akan menjalani huru hara akhir zaman dan juga al-malhamah kubro, dan setelah itu dunia akan kembali ke zaman batu, ditambah pendeknya masa hidup dajjal dalam bentuk manusia, mereka tidak akan punya cukup waktu untuk merekonstruksi semua jaringan yang pernah dibangun di era sebelum perang dunia 3.

        wallahu a’lam bisshawab

        • The admin says:

          Sebenarnya Mata uang digital sendiri hanyalah langkah sentralisasi menuju mata uang tunggal dunia yang tersentral dari Yerusalem (the temple coin). Agenda itu biasa disebut One world currency.

          Akankah globalis sukses menerapkan uang digital seperti halnya kesuksesan uang kertas tentu hanya Allah yang tahu, tapi faktanya kita sudah memasuki era itu, semua negara sudah mengadopsi dengan membuat undang2 pelegalan uang digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *