EROPA TIDAK BISA LAGI MENGANDALKAN PERTAHANANNYA KE AS

Jean-Claude Juncker

 

Presiden Komisi Eropa dalam parlemen eropa Jean-Claude Juncker telah memperingatkan bahwa uni Eropa  tidak dapat lagi bisa mengandalkan AS dalam pertahanan. Berbicara di sebuah konferensi Jumat, Juncker mengatakan bahwa anggota Uni Eropa  harus membentuk aliansi militer sendiri yang akan  bertindak “dalam membela keamanan Eropa.”

Selama ini Uni eropa  ini memang memiliki kekuatan pertahanan sendiri dalam bentuk NATO yang juga beranggotakan  AS  dan Kanada.

Pada sebuah pertemuan puncak bulan lalu, Trump menyerang beberapa negara di dalam blok NATO dengan mengatakan bahwa mereka tidak memberikan kontribusi cukup terhadap keseluruhan anggarannya. Lima anggota  NATO  yaitu  Inggris, AS, Polandia, Yunani dan Estonia hanya menyumbang 2 persen dari PDB  mereka ke  NATO.

Trump tidak hanya mengkritik minimnya pengeluaran pertahanan negara-negara Uni Eropa. Pada tanggal 25 Mei  sehari sebelum KTT G7  dia menuduh Jerman berlaku  “sangat buruk” dalam perdagangan.

Pada pertemuan itu sendiri  dia gagal mencapai (AS mundur dari) kesepakatan perubahan iklim. Tiga hari kemudian, Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa dia telah menyadari AS mungkin tidak lagi menjadi sekutu yang andal. “Saat-saat di mana kita bisa mengandalkan sepenuhnya pada orang lain, ternyata mereka agak berlebihan,” katanya. Sebaliknya, Eropa harus “benar-benar menentukan nasib kita ke tangan kita sendiri.”

Juncker meneriakkan  sentimennya pada konferensi di Praha. “Kami tidak punya pilihan lain selain mempertahankan kepentingan kita sendiri baik di Timur Tengah, dalam perubahan iklim maupun dalam perjanjian perdagangan kita,” katanya. “Dimasa depan kita harus mulai dengan memastikan bahwa kita akan membelanjakan apa yang dibutuhkan untuk pertahanan kita.”

Pidato Juncker itu diucapkan sehari setelah Komisi Eropa mengumumkan pembentukan Dana Pertahanan Eropa untuk membantu membayar proyek pertahanan lintas Negara ini.

Menyinggung bangkitnya kekuatan Rusia yang dianggap mengintimidasi tetangganya di Eropa Timur, Juncker menambahkan bahwa “perlindungan Eropa tidak dapat lagi dari sumber daya luar.” Dia berjanji bahwa Uni Eropa tidak akan pernah bersaing dengan NATO, dia mengatakan bahwa kerja sama yang lebih besar mengenai masalah pertahanan diperlukan  antara sesame negara anggota.

 

This entry was posted in Info Lain. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 25 = 33