SAUDI KEMBALI UNDANG IRAN DALAM IBADAH HAJI 2017

Muslim pilgrims make their way to throw stones at a pillar, symbolizing the stoning of Satan in a ritual called Jamarat, the last rite of the annual hajj, in the Mina neighborhood of Mecca, Saudi Arabia, Sunday, Oct. 5, 2014

Iran dan Arab Saudi sedang dalam pembicaraan tentang kemungkinan Jemaah haji Iran bisa  berhaji lagi tahun ini di tengah keretakan diplomatik antara kedua negara, media Iran mengatakan Jumat 25/2.

Menteri Haji Arab Saudi Muhammad Benten bertemu dengan Hamid Mohammadi kepala organisasi Haji dan Ziarah Iran di Jeddah pada Kamis, kata kantor berita Tasnim.

Negosiasi berlangsung selama dua jam, dengan pihak Iran menekankan pentingnya untuk memeberikan hak-hak jemaah haji asal Iran. Sementara Menteri urusan haji Saudi Benten menjelaskan  rencana Arab Saudi yang akan  melangsungkan Ibadah haji tahun ini antara 30 Agustus dan 4 September 2017.

Jemaah haji Iran tidak bisa menghadiri haji tahun lalu karena kedua negara telah memutuskan hubungan diplomatik pada awal 2016 menyusul eksekusi mati seorang ulama Syiah terkemuka di Saudi Nimr al-Nimr bersama puluhan orang lainnya oleh pemerintah Saudi.

Haji tahun lalu (2016) Iran tidak mengirim jemaahnya disebabkan karena masalah keamanan setelah peristiwa 2015 menimbang kerusuhan besar di lingkungan Mina Mekah yang menewaskan sedikitnya 769 orang, termasuk 464 jemaah Iran. Tapi Iran mengaku total korban tewas jauh lebih tinggi sekitar 4.700 orang.

Isu kemungkinan Iran bergabung kembali ibadah Haji dikeluarkan pada bulan Januari oleh pihak Saudi. Menteri Haji Benten menyatakan ia telah mengirimkan undangan ke Iran untuk membahas rincian ongkos perjalanan dan akomodasi dari jemaah Iran untuk musim haji 2017, sementara kuota jemaah haji Iran adalah lebih dari 60.000 orang.

 

 

Ulasan 

Bagi sebagian umat muslim yang selama ini hanyut oleh propaganda memusuhi sekte shiah tentu akan makin bingung dan terombang ambing dengan kebijakan baru Arab saudi ini. Selama ini mereka digiring dengan opini bahwa  Shiah adalah sesat, kafir ,  dsb. Tapi tiba2 mereka mengundang Iran yang mayoritas Shiah untuk kembali ikut berhaji.

Biar tidak terombang ambing propaganda menyesatkan di akhir zaman silahkan baca artikel Adu domba Shiah Suni oleh sang panitia.

 

 

This entry was posted in Info Lain and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

57 + = 60