EKONOM AS : DUNIA AKAN MASUK KE STAGFLASI BESAR

 

Ekonom Universitas New York, Prof. Nouriel Roubini memperingatkan, bahwa periode relatif tenang ekonomi global telah berakhir, dan apa yang ada di depan adalah era “stagflasi”, yang berarti masa pertumbuhan yang lambat disertai dengan pengangguran yang lebih tinggi, dan inflasi yang meningkat.

Situasi saat ini mungkin akan lebih buruk dari krisis 2008, mengingat banyaknya risiko dan “ancaman besar” yang dihadapi dunia, kata ekonom yang dijuluki “Doctor Doom” itu, saat wawancara dengan LeMonde.

“Dalam jangka pendek, ada resiko yang terkait dengan perang di Ukraina, tentu saja, inflasi dan momok krisis keuangan dapat muncul dalam beberapa bulan ke depan, atau dalam 2 atau 3 tahun ke depan.”

Ini ditambah dengan “Mega-Threats” yang cenderung terwujud lebih parah dalam jangka panjang… dimulai dengan perubahan iklim… ketegangan geopolitik yang dapat berubah menjadi perang nuklir antara kekuatan besar, dan ketidakstabilan sosial-politik

Konsensus umum bahwa tekanan inflasi hanya bersifat sementara, dan bahwa menaikkan suku bunga akan meredam kenaikan harga dan akan memberikan “soft landing”, adalah pendapat yang salah.

“Saya fikir pendaratannya tidak akan lunak, tetapi keras, dan terkait dengan tekanan finansial.”

“Menaikkan suku bunga, sementara ekonomi kehilangan momentum, dengan tingkat utang secara keseluruhan jauh lebih tinggi daripada tahun 1970-an, dapat menyebabkan jatuhnya pasar saham dan obligasi, yang dapat memperdalam resesi,” katanya.

Bagian dari solusinya adalah dengan mengurangi beban hutang, yang tentu saja itu akan makin memperdalam inflasi.
Saya tidak mengatakan inflasi adalah hal yang diinginkan, tapi saya tidak melihat bagaimana cara menghindarinya. Era moderasi besar telah berakhir, kita sedang memasuki stagflasi besar.

Roubini juga memperingatkan potensi perang dagang antara Barat dan sekelompok kekuatan revisionis, yaitu Rusia, China, Iran, dan Korea Utara, dapat mengarah pada fragmentasi globalisasi dan relokalisasi rantai produksi, yang akan meningkatkan ketidakamanan global.

Setelah bertahun-tahun penerapan kebijakan fiskal, moneter, dan kredit yang sangat longgar, stagflasi kini menekan tumpukan besar hutang sektor publik dan swasta. Induk dari semua krisis ekonomi akan muncul, dan hanya sedikit yang dapat dilakukan oleh para pembuat kebijakan untuk bisa mengatasinya.

“Kita sedang hidup seperti zombie yang kembali tidur, meskipun alarm telah berbunyi, yang lupa bahwa sejarah bergerak secara tidak linier“

Pendirian lembaga internasional besar, memungkinkan kita untuk terhubung kembali dengan periode yang relatif damai dan sejahtera. Tapi meyakini bahwa era seperti itu bisa bertahan adalah sebuah kesalahan. Tahapan utama kesedihan adalah timbulnya “penolakan” (penyangkalan), kemarahan, depresi, atau akahirnya penerimaan.

Jika kita melihat masalah kita secara langsung, kita dapat bangun dan mulai bergerak, tetapi kita masih terjebak di suatu tempat antara “penyangkalan” dan “kemarahan.”

 

This entry was posted in Analisa Geopolitik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to EKONOM AS : DUNIA AKAN MASUK KE STAGFLASI BESAR

  1. Kalinin says:

    Antara prediksi atau rencana… Saya lebih percaya bahwa ‘mereka’ semua sedang berencana & mempersiapkannya. Semoga Allah SWT menggagalkan Y & M
    menjalankan semua rencana mereka itu

    • diki says:

      kita gak tau apa yg bakal terjadi dan rencana rencana mereka, kecuali nabi saw. menggambarkan adanya malhamah dan kekeringan sebelum kedatangan dj. Apa itu kekeringan secara harfiah atau tersirat wallahu ‘alam

  2. Siti Sumarni says:

    Kalau menurut saya pribadi tiga kemarau panjang yang diramalkan nabi Muhammad SAW sebelum Dajjal keluar bermakna simbolis،, kenapa saya berpikiran begitu karena Allah SWT tidak akan pernah merubah sunnatullah atau kodratullah ( ketetapan Allah SWT) . Yang lain boleh berbeda pendapat dengan saya itu hak kalian masing-masing.
    Saya rasa hantu inflansi yang sedang menghantui dunia saat ini yang sedang terjadi di semua negara mungkin ini makna dari apa yang dimaksud kemarau panjang 3 tahun, bukan tidak ada stok bahan makanan di pasar-pasar, tapi uang yang kita miliki sudah cukup kritis, kritis, dan kritis, karena nilainya jatuh terus seiring dengan bahan bakar minyak dunia yang harganya terus melonjak ditambah pengangguran yang menimbulkan kemiskinan dan hampir ini terjadi di semua negara. Mungkin jika semua peralatan militer barat (AS, Inggris, NATO) sudah dikirim semua ke Ukraina, dan stok militer punya mereka sudah habis tak bersisa, tinggal nunggu saja BOOM.
    1. Dajjal bermata satu simbolis
    2. Api keluar dari Yaman simbolis
    3. Matahari terbit dari barat simbolis
    4. Dabbah simbolis
    Dan kemarau panjang ini mungkin juga bisa bermakna simbolis, terus jangan lengah untuk selalu mempersiapkan cadangan makanan guna menghadapi masa-masa sulit yang akan datang agar kita tidak termasuk orang yang lalai dan merugi,
    Selebihnya saya kembalikan kepada Allah SWT yg lebih tau, karena ini hanyalah ikhtiar saja, semoga Allah SWT memberikan petunjuknya kepada yg lebih dekat dengan kebenarannya.

    • andin says:

      salah satu alasan globalis menghabiskan senjata berat di negaranya sendiri adalah untuk melemahkan pergerakan tentaranya sendiri karena hanya tentara tsb yang mampu mempergunakannya dan jika perang nuklir terjadi maka globalis tsb akan langsung berduyun2 masuk ke bunker2 canggih lalu menutupnya rapat2 sementara tentara/rakyat yg ingin menyusulnya masuk ke bunker dipastikan tidak akan bisa bahkan melubangi bunker tsb pun tidak akan mampu karena senjata2 yg dibutuhkan sudah tidak ada, hidup aman dan damai didalam bunker

  3. Siti Sumarni says:

    Dan yg saya amati dari kegagalan ulama – ulama akhir zaman dalam menyampaikan materi yg berkaitan dg akhir zaman karena , ketidak mampuan mereka dalam menafsirkan ayat2 mukhtasabihat sehingga penjelasan yg mereka paparkan banyak yg nggak nyambung , dan kadang menggalami kebuntuan, ada hadist yg terisolir, (tidak bisa berdiri sendiri sering kali di pake, ) contoh seperti hadis Dajjal keluar dalam kondisi marah karena dukhon, dan dukhon terjadi karena meteor jatuh,dan juga tidak mampu menafsirkan subjek,yajuj – majuj turun dari setiap ketinggian dan menyebar, serta hubungan YM dg berkurangnya air danau tiberia,YM melempar panah 2kelangit dan masih banyak lagi yg tidak bisa saya sebutkan , hampir rata-rata baik Al Quran maupun hadits mereka adopsi dg makna harfiah semua ,saya yg dulu belajar seperti itu juga ikut pusing, pusing dan pusing. jadi nggak jelas mana awal mana akhir, beda dg ulama trinad, tobago, ini yg luar biasa bisa menjelaskan awal sejarah sampai, akhir sejarah secara garis besarnya (pergerakan sejarah dari awal sampai akhir).

    • alkisah says:

      kalau menurut saya dukhon adalah hukuman allah yg datang dari langit jika muslim mengidentifikasi sebagai nuklir maka itu sejalan dengan keinginan media barat padahal faktanya bahan baku nuklir berasal dari bumi meskipun bom tsb dipasang ke satelit pun dia tetap berasal dari bumi, satu2nya benda langit adalah meteor yg terus ditutup2i jika meteor tsb sudah sangat dekat sekali sehingga tidak bisa ditutupi maka pihak2 yg selama ini menutupinya akan berlagak seperti pahlawan yg terus memberi informasi ttg meteor tsb bhkn berlomba2 mengumbar narasi bahwa mereka akan menembak meteor tsb, menabrakkan satelit ke meteor tsb dll padahal jika diperinci misal bumi benar2 datar dan ada kubah bumi yg tidak bisa ditembus nuklir sekalipun dari bumi maka mustahil mereka bisa menembak/membelokkan meteor tsb yg berada di luar kubah dan dukhon tetap terjadi tanpa radiasi nuklir, kuda2 bisa bernafas dan manusia bisa langsung berperang tanpa menunggu 10tahun radiasi nuklirnya hilang

  4. Siti Sumarni says:

    Amerika kuat karena dolarnya, dan karena itulah untuk menghancurkan Amerika maka dolarnya harus dihancurkan terlebih dahulu dengan apa yang namanya inflansi. Ekonomi barat atau Amerika uang kertas (riba) yang nilainya terus menguap, menguap dan menguap yang pada akhirnya nilainya akan sama dengan tisu toilet. Ekonomi Amerika yang terus melambat akan mengalami stagflasi( mandeg/berhenti)
    Apakah saat ekonomi Amerika mengalami stagflasi berarti Amerika sebagai negara adikuasa sudah mati permanen, dan Israel sudah siap berdiri menggantikan Amerika sebagai negara adikuasa yang nantinya akan memberikan uluran tangan atau bantuan kepada Amerika yang sudah hancur,. Mas admin apakah kata stagflasi itu, berarti dolar dianggap sudah mati (mati bunuh diri) peran ekonomi amerika sebagai mata uang internasional sudah mati, dan ini akan menjadi sinyal perang dunia ketiga dg nuklir, untuk menggeser peran berikutnya israel yg akan menjadi pahlawan berikutnya menggantikan AS..?

    • The admin says:

      Situasi saat ini mirip sebelum WW2, yg juga terjadi perang dagang dan perang mata uang, tapi menjelang WW3 situasinya jauh lebih rumit, karena merupakan perang nuklir, sementara pembentukan pemerintahan tunggal dunia makin mendesak.

      Keruntuhan dolar sudah dimulai beberapa tahun ini terjadi, ketika negara” Eropa bertransaksi dng mata uangnya sendiri, dan BRICS serta bbrp negara lain meninggalkan US$. Memang disengaja, karena tujuan akhirnya adalah mengganti seluruh mata uang didunia dengan mata uang digital.

      Secara agenda, warga AS dan Eropa akan diarahkan kesituasi ekonomi yg makin sulit, makin tidak nyaman, tidak aman, mencekam, dan makin dibuat frustrasi dengan berbagai cara. Tidak heran jika angka efek samping vaksin mengerikan ada di 2 wilayah itu.

      Stagflasi artinya pertumbuhan ekonomi berhenti dibarengi inflasi yg terus menanjak. Tapi itu juga akan menghantam wilayah dunia lain termasuk kita, karena ‘the great reset’ akan diberlakukan diseluruh dunia.

      Ekonomi AS sendiri akan runtuh oleh hutangnya yg sudah melampaui batas ($31T), bisa jadi pd pertengahan tahun ini. Jadi, “Pesta sudah berakhir” bagi warga Eropa, AS & mungkin juga Australia, karena tugasnya menjadi tuggangan YM hampir selesai.

  5. Geo says:

    Sampai saat ini pengamat2 ekonomi, pemerintah serta masyarakat di negara kita yg melihat ekonomi kita aman2 saja tidak melihat akan adanya resiko stagflasi dan rencana great reset. Bagaimana menurut menurut admin???

    • The admin says:

      Setahu kita sejak tahun lalu para ekonom & pejabat sampai presiden sdh mengingatkan.
      Dan coba amati pergerakan inflasi sampai Desember 2022.

      • Zaidan zaid says:

        Kayak nya sih sengaja supaya rakyat tidak segera beli dinar dan dirham,kalau misalkan di peringati maka otomatis rakyat akan langsung beli dinar dan dirham(bukan uang digital lho ya)

        Dan menurut analisa ku kayaknya kita akan di peringati stagflasi pas mau mendekati perang nuklir jadi kayak semacam di perlambat beritanya

      • Taufan says:

        Dampak the great reset selain ekonomi apa lagi min? krn memang untuk kebanyakan orang ya tdk tahu, spt inflasi menanjak terus itu sy jga baru tahu setelh diunjukin aaz.

        • The admin says:

          Sangat panjang kalau dijabarkan, tapi secara umum kita sedang menuju perubahan besar yg harus tercapai pada 2030, yg menyangkut tata kelola dunia dan manusia. Populasi mengecil drastis, tdk ada lg batas negara, segalanya “tersentral”. Cara hidup akan berubah, baik ekonomi, keuangan, kesehatan, pendidikan dst. Banyak peran manusia diganti robot, drone atau bahkan cybrog berbasis AI. dst.

          Saat ini, dunia sebenarnya sudah mulai diaduk agar “visi orang menjadi global”. Negara-negara harus tunduk pada badan-badan global. Universitas asing, rumah sakit asing, dokter asing, dosen asing dst akan ada disekitar kita.

          Aktivitas org sekecil apapun akan termonitor. Contoh spt : pelanggaran lalu lintas sekecil apapun, status pekerjaan, penghasilan, kesehatan, sekecil apapun barang yg dibeli/jual, brp duit anda, kekayaan, brp pajak, dst sebenarnya khan semuanya sudah termonitor.

          Itu semua ditujukan agar “al Masih” mudah mengendalikan dunia. Jadi intinya “pengendalian total umat manusia“. Bisa dibaca beberapa artikel kita spt : “pandemi dan the gret reset
          Meski terjadi makin cepat, tapi memang perlu visi untuk menyadari perubahan besar dan arah dunia, jika tidak ya pasti masih menganggap dunia masih normal saja, dan tidak sadar itu bagian yg mrk inginkan.

  6. Geo says:

    Sebagaimana penjelasan admin di atas, kita sedang menghadapi perubahan cepat dan besar dalam segala aspek kehidupan menuju pengendalian total manusia/new word order, tetapi disatu sisi dunia juga sedang digiring menuju proses al malhamah perang nuklir yang juga menjadi agenda YM. Dimana setelah al malhamah kehidupan dunia akan tidak seperti sekarang, baik teknologi dan kehidupan akan semakin sulit. Secara garis besar, waktu semuanya diprediksi tidak akan lama lagi antara 2023 s/d. 2030. Mohon penjelasannya dari admin, hubungan waktu atau urut-urutan antara proses great reset/inflasi, pengendalian total dengan perang nuklir.

    • The admin says:

      Secara umum The great reset diterjemahkan oleh PBB dalam “17 goals” transformation of the world, progesnya pantau saja diweb semua badan dunia dibawahnya. Soal ekonomi khususnya CBDC pantau di web IMF, kalau CBDC lokal pantau diweb BI. Tidak ada time linennya, semuanya dilakukan bersamaan.

  7. Siti Sumarni says:

    Mas admin mau nanya unggahan admin update 27 Februari 2023
    Saham Amerika serikat telah melonjak ke level tinggi, Wilson mengibaratkan dengan orang yang mendaki gunung terlalu tinggi yang akhirnya menemui “zona kematian” di mana tidak ada oksigen lagi, mas admin apa itu sinyal sekaligus tanda bagi kondisi ekonomi barat yang puncaknya akan mengalami stagflasi, sekaligus menggambarkan hutang ekonomi Amerika yang akan jebol atau meledak akibat dari pembengkakan hutang negara Amerika itu sendiri.

  8. Geo says:

    Memperhatikan penyampaian Economic Outlook 2023 oleh Menteri Keuangan, dimana intisarinya adalah ada kestabilan ekonomi Indonesia dan dunia walaupun ada goncangan ekonomi akibat inflasi dan kondisi geopolitik. Ekonomi lebih baik dibandingkan prediksi resesi ekonomi dunia.
    Mohon tanggapan dari admin, statement nya terhadap resiko” dunia akan masuk stagflasi besar

    • The admin says:

      Memang inflasi kita masih lebih rendah eropa dan AS yang rata” sudah menyentuh 2 digit, tapi trennya mengerikan karena naik terus, inflasi tahunan Februari saja skrg sdh di 6.28%.

      Kita diuntungkan, karena memang kita berada dikawasan yang bukan target diruntuhkan seperti Eropa dan AS menjelang ww3, tapi jangan lupa the great reset menarget seluruh dunia.
      Yang paling rawan dikita adalah hutang yg tinggi, bahkan melebihi hutang Rusia, kita sudah berkali-kali mengalami resesi oleh hutang yg gagal bayar, hanya krn permainan kurs. Yang kedua adalah jika terjadi lonjakan harga minyak dunia.
      Kalau pejabat pasti selalu pernyataannya menghibur, itu biasa untuk meredam gejolak.

  9. Aliya says:

    Maaf mau nanya min, hutang AS kalau tidak salah 30milyar dolar, nah itu hutang kepada siapa ya?

    • The admin says:

      Pertanyaan menarik. Sebagian besar hutang AS adalah untuk membeli senjata dari perusahaan2 milik YM yg disebut sebagai “military industrial complex”, jg dari penjualan obligasi publik dsb.

      Yang menarik adalah, hutang itu harusnya menjadi bahan tertawaan para ekonom, karena sebenarnya itu hanyalah “hutang maya”. Kenapa begitu?, karena dengan gampang seharusnya pemerintah AS melunasinya sendiri.
      Bukankah pemerintah AS sendiri yg mencetak US$ yg tidak perlu basis kekayaan nyata (emas) untuk mencetaknya?, hanya modal mesin cetak, kertas dan tinta. Atau sederhananya, menghapus hutangnya sendiripun tidak akan ada negara lain yg berani mengusik.

      Nah kenapa sandiwara hutang itu terus dicatat dan membengkak sampai $31T.? itu ada kaitannya dengan peruntuhan ekonomi AS, disaat AS tidak lagi dibutuhkan sebagai kuda tunggangan.

  10. Muhammad zakaria says:

    Min mau tanya juga nih, swissterland adalah negara netral selain austria dan beberapa kecil negara eropa lainnya (tidak gabung secara NATO secara politik meskipun ikutan sanksi ke russia) nah apakah swissterland ini juga terdapat banyak uang rahasia dan terdapat bunker-bunker rahasia bagi YM

    Juga apakah ada perannya swissterland untuk israel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *