EKONOM AS : DUNIA AKAN MASUK KE STAGFLASI BESAR

 

Ekonom Universitas New York, Prof. Nouriel Roubini memperingatkan, bahwa periode relatif tenang ekonomi global telah berakhir, dan apa yang ada di depan adalah era “stagflasi”, yang berarti masa pertumbuhan yang lambat disertai dengan pengangguran yang lebih tinggi, dan inflasi yang meningkat.

Situasi saat ini mungkin akan lebih buruk dari krisis 2008, mengingat banyaknya risiko dan “ancaman besar” yang dihadapi dunia, kata ekonom yang dijuluki “Doctor Doom” itu, saat wawancara dengan LeMonde.

“Dalam jangka pendek, ada resiko yang terkait dengan perang di Ukraina, tentu saja, inflasi dan momok krisis keuangan dapat muncul dalam beberapa bulan ke depan, atau dalam 2 atau 3 tahun ke depan.”

Ini ditambah dengan “Mega-Threats” yang cenderung terwujud lebih parah dalam jangka panjang… dimulai dengan perubahan iklim… ketegangan geopolitik yang dapat berubah menjadi perang nuklir antara kekuatan besar, dan ketidakstabilan sosial-politik

Konsensus umum bahwa tekanan inflasi hanya bersifat sementara, dan bahwa menaikkan suku bunga akan meredam kenaikan harga dan akan memberikan “soft landing”, adalah pendapat yang salah.

“Saya fikir pendaratannya tidak akan lunak, tetapi keras, dan terkait dengan tekanan finansial.”

“Menaikkan suku bunga, sementara ekonomi kehilangan momentum, dengan tingkat utang secara keseluruhan jauh lebih tinggi daripada tahun 1970-an, dapat menyebabkan jatuhnya pasar saham dan obligasi, yang dapat memperdalam resesi,” katanya.

Bagian dari solusinya adalah dengan mengurangi beban hutang, yang tentu saja itu akan makin memperdalam inflasi.
Saya tidak mengatakan inflasi adalah hal yang diinginkan, tapi saya tidak melihat bagaimana cara menghindarinya. Era moderasi besar telah berakhir, kita sedang memasuki stagflasi besar.

Roubini juga memperingatkan potensi perang dagang antara Barat dan sekelompok kekuatan revisionis, yaitu Rusia, China, Iran, dan Korea Utara, dapat mengarah pada fragmentasi globalisasi dan relokalisasi rantai produksi, yang akan meningkatkan ketidakamanan global.

Setelah bertahun-tahun penerapan kebijakan fiskal, moneter, dan kredit yang sangat longgar, stagflasi kini menekan tumpukan besar hutang sektor publik dan swasta. Induk dari semua krisis ekonomi akan muncul, dan hanya sedikit yang dapat dilakukan oleh para pembuat kebijakan untuk bisa mengatasinya.

“Kita sedang hidup seperti zombie yang kembali tidur, meskipun alarm telah berbunyi, yang lupa bahwa sejarah bergerak secara tidak linier“

Pendirian lembaga internasional besar, memungkinkan kita untuk terhubung kembali dengan periode yang relatif damai dan sejahtera. Tapi meyakini bahwa era seperti itu bisa bertahan adalah sebuah kesalahan. Tahapan utama kesedihan adalah timbulnya “penolakan” (penyangkalan), kemarahan, depresi, atau akahirnya penerimaan.

Jika kita melihat masalah kita secara langsung, kita dapat bangun dan mulai bergerak, tetapi kita masih terjebak di suatu tempat antara “penyangkalan” dan “kemarahan.”

 

This entry was posted in Analisa Geopolitik and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

8 Responses to EKONOM AS : DUNIA AKAN MASUK KE STAGFLASI BESAR

  1. Kalinin says:

    Antara prediksi atau rencana… Saya lebih percaya bahwa ‘mereka’ semua sedang berencana & mempersiapkannya. Semoga Allah SWT menggagalkan Y & M
    menjalankan semua rencana mereka itu

    • diki says:

      kita gak tau apa yg bakal terjadi dan rencana rencana mereka, kecuali nabi saw. menggambarkan adanya malhamah dan kekeringan sebelum kedatangan dj. Apa itu kekeringan secara harfiah atau tersirat wallahu ‘alam

  2. Siti Sumarni says:

    Kalau menurut saya pribadi tiga kemarau panjang yang diramalkan nabi Muhammad SAW sebelum Dajjal keluar bermakna simbolis،, kenapa saya berpikiran begitu karena Allah SWT tidak akan pernah merubah sunnatullah atau kodratullah ( ketetapan Allah SWT) . Yang lain boleh berbeda pendapat dengan saya itu hak kalian masing-masing.
    Saya rasa hantu inflansi yang sedang menghantui dunia saat ini yang sedang terjadi di semua negara mungkin ini makna dari apa yang dimaksud kemarau panjang 3 tahun, bukan tidak ada stok bahan makanan di pasar-pasar, tapi uang yang kita miliki sudah cukup kritis, kritis, dan kritis, karena nilainya jatuh terus seiring dengan bahan bakar minyak dunia yang harganya terus melonjak ditambah pengangguran yang menimbulkan kemiskinan dan hampir ini terjadi di semua negara. Mungkin jika semua peralatan militer barat (AS, Inggris, NATO) sudah dikirim semua ke Ukraina, dan stok militer punya mereka sudah habis tak bersisa, tinggal nunggu saja BOOM.
    1. Dajjal bermata satu simbolis
    2. Api keluar dari Yaman simbolis
    3. Matahari terbit dari barat simbolis
    4. Dabbah simbolis
    Dan kemarau panjang ini mungkin juga bisa bermakna simbolis, terus jangan lengah untuk selalu mempersiapkan cadangan makanan guna menghadapi masa-masa sulit yang akan datang agar kita tidak termasuk orang yang lalai dan merugi,
    Selebihnya saya kembalikan kepada Allah SWT yg lebih tau, karena ini hanyalah ikhtiar saja, semoga Allah SWT memberikan petunjuknya kepada yg lebih dekat dengan kebenarannya.

    • andin says:

      salah satu alasan globalis menghabiskan senjata berat di negaranya sendiri adalah untuk melemahkan pergerakan tentaranya sendiri karena hanya tentara tsb yang mampu mempergunakannya dan jika perang nuklir terjadi maka globalis tsb akan langsung berduyun2 masuk ke bunker2 canggih lalu menutupnya rapat2 sementara tentara/rakyat yg ingin menyusulnya masuk ke bunker dipastikan tidak akan bisa bahkan melubangi bunker tsb pun tidak akan mampu karena senjata2 yg dibutuhkan sudah tidak ada, hidup aman dan damai didalam bunker

  3. Siti Sumarni says:

    Dan yg saya amati dari kegagalan ulama – ulama akhir zaman dalam menyampaikan materi yg berkaitan dg akhir zaman karena , ketidak mampuan mereka dalam menafsirkan ayat2 mukhtasabihat sehingga penjelasan yg mereka paparkan banyak yg nggak nyambung , dan kadang menggalami kebuntuan, ada hadist yg terisolir, (tidak bisa berdiri sendiri sering kali di pake, ) contoh seperti hadis Dajjal keluar dalam kondisi marah karena dukhon, dan dukhon terjadi karena meteor jatuh,dan juga tidak mampu menafsirkan subjek,yajuj – majuj turun dari setiap ketinggian dan menyebar, serta hubungan YM dg berkurangnya air danau tiberia,YM melempar panah 2kelangit dan masih banyak lagi yg tidak bisa saya sebutkan , hampir rata-rata baik Al Quran maupun hadits mereka adopsi dg makna harfiah semua ,saya yg dulu belajar seperti itu juga ikut pusing, pusing dan pusing. jadi nggak jelas mana awal mana akhir, beda dg ulama trinad, tobago, ini yg luar biasa bisa menjelaskan awal sejarah sampai, akhir sejarah secara garis besarnya (pergerakan sejarah dari awal sampai akhir).

    • alkisah says:

      kalau menurut saya dukhon adalah hukuman allah yg datang dari langit jika muslim mengidentifikasi sebagai nuklir maka itu sejalan dengan keinginan media barat padahal faktanya bahan baku nuklir berasal dari bumi meskipun bom tsb dipasang ke satelit pun dia tetap berasal dari bumi, satu2nya benda langit adalah meteor yg terus ditutup2i jika meteor tsb sudah sangat dekat sekali sehingga tidak bisa ditutupi maka pihak2 yg selama ini menutupinya akan berlagak seperti pahlawan yg terus memberi informasi ttg meteor tsb bhkn berlomba2 mengumbar narasi bahwa mereka akan menembak meteor tsb, menabrakkan satelit ke meteor tsb dll padahal jika diperinci misal bumi benar2 datar dan ada kubah bumi yg tidak bisa ditembus nuklir sekalipun dari bumi maka mustahil mereka bisa menembak/membelokkan meteor tsb yg berada di luar kubah dan dukhon tetap terjadi tanpa radiasi nuklir, kuda2 bisa bernafas dan manusia bisa langsung berperang tanpa menunggu 10tahun radiasi nuklirnya hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *