KORUT BERENCANA MENJAJAL SISTEM ANTI RUDAL AS DI GUAM

Ditengah perang kata kata dan saling  ancam militer yang belum pernah terjadi sebelumnya antara Washington dan Pyongyang yang meningkat, Korea utara nampaknya serius dengan rencananya untuk menembakkan empat rudal disekitar pulau Guam.

Rencana Korea Utara untuk menembakkan empat rudal di dekat wilayah Pasifik AS Guam akan siap dalam beberapa hari tinggal menunggu persetujuan akhir  Kim Jong Un.

Jepang yang kemungkinan besar akan dilintasi rudal itu mengancam akan menembak jatuh setiap rudal yang melintasi kawasan udaranya.

Rencana ini benar benar  sangat provokatif karena rencananya rudal itu hanya  akan ditembakkan diluar teritorial perairan pulau Guam atau sekitar 30-40km diluar bibir pantai dan bisa diprediksi  tidak dibekali dengan hulu ledak karena diyakini tujuannya adalah menguji sistem pertahanan anti rudal AS.

Sama dengan uji coba ICBM terakhir yang sangat dekat dengankepulauan jepang bahkan bisa terekam oleh kamera CCTV yang ada didaratan Jepang. Namun nampaknya anti rudal Jepang tidak melakukan reaksi apapun untuk mencegat Rudal tersebut.

Secara teknis Amerika Serikat dan Korea Selatan masih bersatatus perang dengan Korea Utara setelah konflik Korea 1950-53 berakhir dengan sebuah gencatan senjata dan  bukan dengan sebuah perjanjian damai.

This entry was posted in Analisa Geopolitik. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

72 + = 73