Update WW3 Dec 2019

PENTAGON BANTAH LAPORAN WALL STREET JOURNAL BAHWA AS AKAN KIRIM 14.000 PASUKAN KE TIMTENG

US aircraft carrier USS Abraham Lincoln as it passed through the Strait of Hormuz in February 2012 [Jerine Lee/EPA]

Pentagon telah membantah laporan bahwa Amerika Serikat sedang mempertimbangkan untuk mengirim  14.000 tentara  ke Timur Tengah dalam menghadapi ancaman  dari Iran.

The Wall Street Journal pada hari Rabu lalu melaporkan bahwa kemungkinan pengerahan pasukan itu akan mencakup “lusinan”  kapal perang dan menambah pasukan AS sebanyak dua kali lipat di wilayah tersebut yang akan dimulai  awal tahun ini, WSJ.com  mengutip pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

Surat kabar menyebut Presiden AS Donald Trump akan membuat keputusan tentang peningkatan jumlah pasukan pada awal bulan ini. Namun Pentagon membantah keakuratan laporan itu. “Yang jelas, laporan itu salah. AS tidak mempertimbangkan untuk mengirim 14.000 tentara tambahan ke Timur Tengah,” kata juru bicara Pentagon  Alyssa Farah dalam tweetnya.

Wilayah itu telah mengalami  serangkaian serangan terhadap kapal-kapal Kargo dan serangan drone dan rudal pada instalasi minyak Saudi pada bulan September, yang dipersalahkan pada Iran.

Washington telah meningkatkan kehadiran militernya di Teluk dan memperluas sanksi ekonomi pada Teheran, yang justru meningkatkan ketegangan di seluruh wilayah itu. Pada pertengahan November lalu , kapal induk AS Abraham Lincoln berlayar melalui Selat Hormuz sebagai  unjuk kekuatan yang bertujuan meyakinkan sekutu (Arabnya) yang khawatir akan ancaman Iran.

 

SELAMA OPERASI MILITER TURKI DISURIAH , TELAH LEBIH 250 MILITAN SEKUTUNYA TEWAS

Lebih dari 250 militan yang didukung Turki telah tewas sejak dimulainya Operasi tentara Turki “Peace spring”  di Suriah utara, kata kelompok  “Syrian National Army”  (SNA) yang didukung Turki, seperti dilansir Kantor Berita Anadolu.

Mengutip komando  SNA,  Kantor berita Anadolu mengatakan bahwa setidaknya telah 251 militan SNA dalam dua bulan ini.

Selain 251 yang tewas, juga dilaporkan  760 militan SNA terluka, serta  satu orang militan  masih hilang dalam aksi (MIA). Operation Peace Spring diluncurkan oleh Turki dengan  didukung miltan sekutunya  pada awal Oktober tahun ini. Sejak awal operasi ini, militan yang didukung Turki telah merebut dua kota perbatasan dari kelompok SDF.

Meskipun pada awalnya mereka berhasil, namun militan yang didukung Turki itu telah gagal untuk menguasai titik-titik perbatasan utama lainnya di Suriah utara dan timur laut. Ini karena perlawanan sengit yang dilakukan oleh Kurdi SDF bersama dengan Tentara Arab Suriah (SAA).

Tentara Suriah sekarang telah mengambil alih beberapa penyeberangan di sepanjang perbatasan utara Suriah, sesuai kesepakatan mereka dengan Pasukan Demokrat Suriah, mereka memiliki akses ke semua titik perbatasan yang berada di bawah kendali SDF.

 

RUSIA PRIHATIN ATAS KEPUTUSAN AS YANG MENJADIKAN RUANG ANGKASA SEBAGAI MEDAN PERANG

Putin: Russia is against militarization of space but US sees it as theater of war

Rusia telah secara konsisten menentang gagasan militerisasi ruang angkasa, tetapi tindakan AS dan sekutunya memaksa Moskow untuk mengimbangi ancaman yang semakin meningkat ini, kata Presiden Vladimir Putin.

“Rusia selalu menentang dan terus menentang militerisasi ruang angkasa,” kata presiden Putin  dalam rapat  pemerintah mengenai kebijakan militer. Putin menyatakan keprihatinannya terhadap  kekuatan dunia (AS)  yang terus  meningkatkan kemampuan sistem ruang angkasa untuk  aplikasi militer dan fungsi  ganda.

“Kepemimpinan politik dan militer AS secara terbuka telah menyatakan ruang sebagai arena  perang,” . “Perkembangan ini telah menuntut kita untuk meningkatkan perhatian pada penguatan Kekuatan orbital kita serta industri roket dan ruang angkasa kita.” kata Putin

Kelompok orbital yang disebut Rusia adalah konstelasi (kumpulan) lebih dari 150 satelit, dimana dua pertiganya memiliki  aplikasi militer. Kebanyakan dari satelit itu adalah bagian dari sistem komunikasi satelit militer, tetapi Rusia juga memiliki satelit yang memantau peluncuran rudal balistik antarbenua ,  dan rudal taktis jarak pendek.

Sistem peringatan dini ini “ditingkatkan secara signifikan” selama beberapa tahun terakhir dan diuji dengan sukses selama latihan militer skala besar pada bulan Oktober lalu, kata presiden Putin.

Komentar Putin itu dikeluarkan  ketika NATO akhirnya menyatakan secara resmi untuk menjadikan ruang angkasa sebagai  domain perang .

Selama pertemuan puncak NATO di London pada peringatan 70 tahun aliansi pada hari Rabu kemarin, para negara anggota NATO menyatakan, bahwa  ruang angkasa merupakan ” domain operasional (kancah perang) kelima dan berkomitmen untuk memastikan keamanan infrastruktur telekomunikasi, termasuk 5G.”

Namun, belum ada pernyataan  terbuka  mengenai langkah konkret ke arah ini, atau keputusan yang dibuat dalam bidang ini.

 

RUSIA AKAN BALAS PENGUSIRAN DUA PEJABAT KEDUBES RUSIA DI JERMAN 

‘Unfriendly and unjustified’: Moscow slams Germany’s decision to expel 2 Russian diplomats, promises to retaliate

Pengusiran diplomat Rusia oleh Jerman adalah langkah yang tidak bersahabat  dan tidak berdasar, dan Rusia berjanji untu membalas secara setimpal  kata Kementerian Luar Negeri Rusia.  

Pemerintah Jerman sebelumnya mengumumkan akan mengusir dua pejabat Kedutaan Rusia di Berlin.

Dikatakan , pengusiran itu dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa Jerman tidak senang dengan tanggapan Moskow terhadap investigasi Jerman terhadap pembunuhan seorang pria berkebangsaan Georgia pada Agustus lalu.

Berlin menyebut  Rusia tidak cukup banyak melakukan  tindakan untuk membantu penyelidikan itu.

Menanggapi berita pada hari Rabu, Kemenlu Rusia mengatakan pihaknya menganggap langkah Jerman  itu sebagai “tidak adil dan tidak bersahabat” dan yang menunjukkan “pendekatan politis untuk melakukan penyelidikan.”

Kami terpaksa akan melakukan  serangkaian tindakan balasan. Kata Kemenlu Rusia.

Duta Besar Rusia untuk Jerman, Sergey Nechaev juga menyatakan kekecewaannya terhadap penanganan Jerman atas kasus itu. Dia menyebut langkah Jerman itu akan “menghasilkan efek paling negatif pada hubungan Rusia-Jerman.”

“Tidak pernah ada bukti bahwa jajaran  pemerintah Rusia terkait dengan insiden ini,” katanya

Korban dalam  pembunuhan itu  diidentifikasi sebagai Tornike K., yang ditembak di Tiergarten Park Berlin. Pihak berwenang Jerman menuduh kejahatan itu  terkait dengan pejabat  pemerintah Rusia atau Republik Chechnya Rusia.

 

RATUSAN PENGUNGSI SURIAH PULANG KEMBALI DARI PENGUNGSIAN DI LEBANON

Selasa kemarin, Ratusan pengungsi Suriah pulang kembali dari pengungsian di Libanon setelah desa-desa dan kota-kota mereka  dibebaskan dari teroris oleh Tentara Suriah. Pemulangan itu melalui penyeberangan Jdeidet Yabous dan al-Zamrani di Desa Damaskus dan penyeberangan al-Dabbousyia dan Jussyia di desa-desa Homs.

Puluhan bus dan truk Suriah yang membawa barang telah masuk melalui penyeberangan al-Dabbousyia, Jussyia, al-Zamrani, dan Jdeidet Yabous  dari wilayah Libanon.

Ratusan warga Suriah itu diangkut ke desa dan kota asal mereka setelah diberikan layanan kesehatan yang diperlukan, terutama vaksin untuk anak-anak .

Sejumlah pengungsi yang kembali mengucapkan terima kasihnya kepada Tentara Arab Suriah atas pengorbanan dan kepahlawanannya, yang telah membebaskan desa dan kota mereka dari teroris dan memulangkan mereka  kembali  ke tanah air setelah bertahun-tahun dipengungsian.

 

RIBUAN INDUSTRI DI SURIAH MULAI MENGGELIAT KEMBALI

Sektor industri swasta mulai pulih setelah ada  langkah-langkah yang pemerintah untuk penyederhanaan aturan dan bantuan keuangan, terutama untuk perusahaan-perusahaan yang hancur akibat perang dan krisis ekonomi.

Kementerian Perindustrian telah mencatat rehabilitasi dan pengembangan 82,117 fasilitas industri dan kerajinan, beberapa di antaranya telah mulai   berproduksi kembalai, sementara yang lain masih dalam perbaikan.

Statistik Kementerian Perindustrian menunjukkan bahwa jumlah fasilitas industri yang mulai bergerak telah  mencapai 18.543, dan 8735 fasilitas kerajinan, sementara proses rehabilitasi juga sedang berlangsung untuk 4573 fasilitas industri, dan 50266 kerajinan.

Kemajuan itu dicapai setelah dikeluarkannya serangkaian peraturan perundang-undangan yang bertujuan menindaklanjuti pemulihan daerah yang hancur, mendorong para industrialis untuk kembali berproduksi dan merehabilitasi fasilitas mereka, menyederhanakan prosedur dan aturan. dan memerangi penyelundupan sebagai prioritas mutlak untuk mendukung produksi local.

Sebuah komite yang dipimpin oleh ketua  Kamar Dagang dan Industri telah  dibentuk dengan tugas mengkoordinasi pengusaha dan industrialis di luar negeri untuk mendorong pemuluhan  bisnis di Suriah.

 

PASUKAN SURIAH SITA KENDARAAN TEMPUR MILITAN YANG DIPASOK OLEH TURKI

Tentara (SAA) telah mampu merebut kembali tiga kota yang pekan lalu direbut  militan, hal ini mengakhiri gerak maju militan di Idlib tenggara.

Dengan dipimpin oleh Pasukan Khusus ke-25 (sebelumnya bernama  Tiger Force), Tentara Arab Suriah dilaporkan merebut kota Rasm Al-Ward, Istablat, dan Surouj setelah sempat dua kali kehilangan kota itu selama akhir pecan lalu .

Selama serangan balasan pagi ini, Tentara Arab Suriah tidak hanya berhasil merebut kembali kota-kota ini, tetapi mereka juga memenyita peralatan tempur militan yang ditinggalkan.

Menurut  laporan dari militer Suriah, pasukan mereka menyita kendaraan tempur yang dipasok oleh Turki kepada kelompok militant sekutunya  Front Pembebasan Nasional (NLF) dan Hayat Tahrir Al-Sham.

 

PUTIN SEBUT KEBERADAAN NATO SUDAH KETINGGALAN ZAMAN DAN KONTRA PRODUKTIF

NATO expansion towards Russian borders ‘one of the potential threats’ to us but Moscow is ready to talk – Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa gerakan pasukan  NATO yang semakin dekat dengan perbatasan negaranya  merupakan ancaman bagi Rusia, NATO terus meningkatkan kekuatan militernya dan selalu mempropagandakan  Moskow sebagai ancaman.

Berbicara di acara bertema pertahanan pada hari Selasa kemarin, Putin mengatakan bahwa cara berpikir NATO sudah ketinggalan zaman, yang hanya “berfokus pada blok” tidak dapat berfungsi sebagai “instrumen yang baik untuk membuat keputusan yang efektif” bagi dunia saat ini.

Presiden Rusia itu mengomentari KTT NATO saat ini sedang berlangsung di London, di mana anggota blok itu sedanga berkumpul untuk merayakan ulang tahun ke-70.

Hari ini kita harus mempertimbangkan fakta bahwa ekspansi NATO dan pengembangan infrastruktur militernya di dekat perbatasan kita adalah salah satu ancaman potensial terhadap keamanan negara kita.

Pemimpin Rusia itu juga menyebut bahwa aliansi yang dipimpin AS itu tidak berhenti merekrut  negara-negara anggota baru, meski era Perang Dingin telah berakhir sejak pecahnya Uni Soviet.

Seperti yang kita ketahui, Uni Soviet sudah tidak ada lagi dan blok militer Pakta Warsawa  yang diciptakan (oleh Uni Soviet dan sekutunya di Eropa Timur) sebagai tanggapan terhadap pembentukan NATO itu juga sudah tidak tidak ada lagi, tapi NATO sendiri malah terus dikembangkan.

Sejak berakhir perang dingin 1990, Blok NATO  telah merekrut 13 negara anggota baru, yang beberapa di antaranya adalah negara-negara sosialis. Moskow dengan keras menentang langkah AS itu, dan bersikeras bahwa ekspansi kekuatan NATO itu hanya merusak stabilitas keamanan dan menciptakan ketegangan di Eropa.

 

TRUMP INGIN ADA PERJANJIAN NUKLIR BARU, TAPI SEPERTINYA HANYA SEBUAH RETORIKA

‘Some good things can happen’: At NATO, Trump talks nuclear deals with Russia & China but his record tells another story

Presiden AS Donald Trump  mengemukakan kemungkinan dilakukan perjanjian proliferasi nuklir antara Washington, Moskow dan Beijing, Dia mengklaim bahwa Rusia dan China sangat menginginkannya. Namun faktanya  sendiri tampaknya tidak seperti yang dia ucapkan.

“Sudah beberapa kali  Rusia mengemukakan niatnya untuk membentuk lagi  kesepakatan  pengendalian senjata  nuklir.

“Ide itu cerdas. demikian juga kita. Kami piker hal itu akan menjadi sesuatu hal yang baik, ” kata Trump pada hari Selasa, dalam konferensi pers dengan Sekjend NATO Jens Stoltenberg.

“Rusia ingin melakukan sesuatu yang buruk dan kami juga. Ini akan menjadi hal yang hebat untuk dilakukan.” Kata Trump

Kesepakatan itu akan melibatkan China sejak awal, atau Beijing akan bergabung kemudian, tambah Trump.

Dia juga mengatakan kepada wartawan bahwa diplomat China telah menyatakan keinginannya untuk membentuk kesepakatan senjata seperti itu , selama negosiasi perdagangan dengan AS.

AS telah keluar dari semua perjanjian nuklirnya dengan Rusia, dan Trump mengklaim bahwa Moskow telah melanggar Perjanjian Nuklir jarak sedang (INF) 1987. Bahkan saat keluar itu, Trump menuduh Rusia “tidak patuh  perjanjian  INF” , Trump juga menggambarkan perjanjian INF sebagai “tidak adil” dan “telah usang” ,  yang isinya hanya mencakup “hal-hal tidak penting lagi” .

 

TENTARA TURKI BANGUN DUA BASIS MILITER DISURIAH UTARA

TV berbahasa Arab Al-Ikhbariya melaporkan bahwa militer Turki telah membangun dua basis militer baru di desa  al-Toulan dan al-Kanhir di pedesaan Ras al-Ayn di Provinsi  Al-Hasakah.

Ras al-Ayn terletak di barat laut Al-Hasakah dan 85 kilometer dari kota Hasakah.

Pada akhir Oktober lalu, bentrokan meletus antara unit-unit Angkatan Darat Suriah yang dikerahkan di pedesaan Ras Al-Ayn dan gerilyawan yang didukung Turki, yang menyerang daerah itu.

Bentrokan meletus ketika unit-unit militer Suriah maju dari arah Tal Tamr di pedesaan utara Hasakah menuju perbatasan Turki, dan dikerahkan ke desa-desa Um Harmlah, Bab al-Kheir, Um Eshbeh dan al-Asdiayah di tenggara Ras al-Ayn. Hal ini membuat  posisi milter Suriah ke perbatasan Turki menjadi hanya tinggal beberapa kilometer.

 

 

INTERVENSI DI HONGKONG,  CHINA BATALKAN IZIN KUNJUNGAN KAPAL PERANG AS [/su_note]

China suspends review of visits by American warships & sanctions NGOs in response to US signing of Hong Kong bill

China membatalkan izin bagi  kapal-kapal Angkatan Laut AS untuk mengunjungi  dan bersandar  dipelabuhan Hong Kong,  dan memutuskan untuk "memberi sanksi" kepada beberapa LSM asing  setelah Presiden  Trump menandatangani  RUU yang merespon sikap China atas aksi unjuk rasa dan kerusuhan anti-pemerintah diHongkong.

Jubir Kemenlu China,  Hua Chunying mengatakan pada hari Senin bahwa China tidak akan lagi akan mempertimbangkan permintaan kapal perang AS untuk berlabuh di Hong Kong. China juga telah melarang beberapa kapal Angkatan Laut AS untuk mengunjungi Hong Kong dalam beberapa bulan terakhir.

Hua juga mengumumkan bahwa China telah menetapkan sanksi kepada LSM, seperti Human Rights Watch (HRW), Freedom House dan National Democratic Institute (NDI), karena menghasut para pengunjuk rasauntuk melakukan tindakan "criminal dan  kekerasan" dan mengkampanyekan "separatisme" di Hong Kong. Kelompok-kelompok ini "bertanggung jawab atas kekacauan saat ini" di kota, katanya kepada wartawan.

Juru bicara China itu menekankan bahwa langkah-langkah tersebut merupakan respons langsung terhadap Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong 2019, yang ditandatangani menjadi undang-undang oleh Trump pekan lalu.

Undang-undang ini memungkinkan AS untuk menjatuhkan sanksi pada pejabat Tiongkok dan Hong Kong atas pelanggaran HAM di Hong Kong.

Para anggota parlemen AS berpendapat bahwa undang-undang itu akan membantu menegakkan demokrasi dan menghukum para pejabat kepolisian karena menganiaya para demonstran.

Beijing menyatakan tindakan AS itu sebagi  ilegal di bawah hukum internasional dan meripakan upaya untuk "secara serius mencampuri urusan dalam negeri China."

Para Pejabat China telah berulang kali memperingatkan AS agar tidak ikut campur di Hong Kong dan menuduh  para politisi AS secara terbuka telah mendukung para pengunjuk rasa, dan mendorong kerusuhan diHongkong.

 

KONVOI TENTARA AS TERLIHAT DIJALAN RAYA DI PROVINSI AL HASAKAH SURIAH 

Konvoi pasukan AS terekam sedang bergerak melalui provinsi  Al-Hasakah diSuriah, meskipun diarea itu ada banyak personil militer Suriah dan Rusia di sepanjang jalan raya Suriah- Iraq itu.

Menurut  RT Arabic, konvoi militer AS terlihat melakukan perjalanan di sepanjang Jalan Raya Hasakah - Aleppo di Distrik Al-Qamishli.

Area-area di Distrik Al-Qamishli ini sebelumnya berada dalam penguasaan Koalisi AS. namun, setelah adanya pernyataan Presiden AS Donald Trump tentang penarikan pasukan AS dari perbatasan Turki, area itu diambil alih oleh personel Tentara Suriah.

Dalam video itui, telihat konvoi militer AS yang  bergerak di sepanjang jalan raya yang menghubungkan Suriah- Iraq itu disaat  senja, di Suriah timur laut:

 

TV IRAQ KONFRONTIR SEORANG MANTAN ANGGOTA ISIS DENGAN SEORANG WANITA BUDAK SEKSNYA

Televisi Iraq Al Iraqiya menyiarkan sebuah acara yang mengkonfrontir seorang wanita Yazidi dengan seorang mantan anggota ISIS yang ditahan pemerintah Iraq, yang dulu pernah menahan wanita Yazidi itu sebagai budak seksnya.

Setelah diculik dan dijual sebagai budak seks pada usia 14 tahun, seorang wanita Yazidi mantan budak seks  ISIS itu akhirnya berkesempatan untuk berbicara secara langsung  dengan mantan penculik dan pemerkosanya yang seorang anggota ISIS .

Saat berdiri di hadapan pelaku,  wanita Yazidi yang bernama Ashwaq Haji Hamid itu  meminta jawaban atas apa yang telah dilakukan terhadapnya, sementara mantan anggota ISIS yang ditangkap itu berdiri dengan kepala tertunduk, menghindari untuk menatap mata korbannya  .

"Mengapa kamu melakukan itu padaku?" Tanyanya dalam video yang difilmkan oleh TV Irak, dia meminta agar dia mengangkat kepalanya dan melihat kemukanya.

“Anda telah menghancurkan hidup saya. Anda telah merenggut seluruh  kehidupan  saya. Anda telah memupuskan semua cita-cita yang saya impikan.”

Sebelum konfrontasi keduanya diTV Iraq itu, Hamid menjadi salah seorang wanita diantara 300-400 gadis dan wanita Yazidi yang dijual sebagai budak seks ISIS, setelah ribuan pria Yazidi dibunuh oleh teroris ISIS dipemukiman  Yazidi di Gunung Sinjar pada tahun 2014. Wawancara itu disiarkan oleh saluran berita Al-Iraqiya pada 26 November lalu.

Hamid ingat bahwa militant ISIS itu, bernama Abu Hamam, dia telah membelinya di sebuah pasar budak ISIS di Mosul, Irak, tempat para remaja putri dibawa dari Suriah. Setiap hari dia melakukan penyiksaan dan pelecehan  seksual terhadapnya.

“Sekarang Anda tahu apa itu siksaan, bagaimana rasanya disiksa, bagaimana  rasanya  kesepian/ ketakutan. Jika Anda memiliki perasaan, Anda tentu  tidak akan memperkosa saya ketika saya berusia 14 tahun.”

"Umur  saya seusia dengan putrimu, seusia usia putrimu," lanjutnya, sebelum akhirnya pingsan dan jatuh kelantai di depan penculiknya yang sekarang diborgol itu.”

Wanita Yazidi bernama Hamid iti melarikan diri ke Jerman pada 2015 dan ingin mulai membangun kehidupan baru, tetapi sekali lagi terpaksa harus menghadapi trauma baru , karena dia bertemu Hamam di sebuah jalan di Stuttgart (Jerman), dimana dia mengancamnya dengan mengatakan bahwa dia sudah tahu di mana sekarang dia tinggal.

Khawatir akan nasib kehidupannya, Hamid memutuskan untuk kembali dan tinggal di kamp pengungsian bersama ayahnya di Irak daripada kembali hidup dibawah ancaman penculiknya lagi.

Meskipun dia telah melaporkan kepada polisi Jerman bahwa ada seorang militan ISIS yang berjalan dengan bebas di jalan-jalan diJerman, tapi Polisi Jerman memberitahunya  bahwa  mereka tidak bisa melakukan apapun, karena status Hamam (mantan ISIS) itu sama dengan dirinya , yaitu terdaftar sebagai  pengungsi diJerman.

Hamam kemudian ditangkap oleh otoritas Irak, meskipun belum jelas bagaimana ceritanya hingga mantan anggota ISIS itu bisa kembali keIraq (dari Jerman).

 

MENHAN ISRAEL  DESAK  DILAKUKAN SERANGAN BESAR KE SURIAH

Menhan baru Israel Naftali Bennett disinyalir mendesak dilakukannya serangan besar-besaran di dalam wilayah Suriah, menyusul tembakan roket yang memasuki wilayah Dataran Tinggi Golan, wilayah Suriah barat yang diduduki Israel, wartawan Neri Zilber melaporkan, mengutip Radio militer Israel.

Israel pada akhirnya mengeluarkan respon sengit terhadap tembakan roket itu ketika Israel  melancarkan serangan besar-besaran di sisi barat dan selatan Damaskus (beberapa hari lalu).  Serangan ini mengakibatkan hancurnya  beberapa situs, termasuk gudang militer Suriah yang menyimpan peralatan pertahanan udara dan rudal.

Bennett, yang merupakan salah satu pendiri Partai berhaluan Kanan Israel, telah lama menjadi pendukung peningkatan agresi militer terhadap Iran dan Hizbullah di Libanon. Menhan Israel yang baru ini juga menyerukan pencaplokan  wilayah Tepi Barat, selain juga bersumpah untuk mencegah pembentukan negara Palestina.

 

MILTER SURIAH HANCURKAN DRONE MILITAN YANG AKAN MENYERANG BANDARA HAMA

Malam tadi, Tentara Arab Suriah (SAA) berhasil menghancurkan  pesawat tak berawak (Drone) dari para militan yang akan menyerang  Bandara Militer Hama, kata sebuah laporan militer dari provinsi Hama.

Menurut laporan , militer Suriah mengaktifkan sistem pertahanan udara Pantsir buatan Rusia untuk dengan cepat menembakkan jatuh drone musuh yang mendekati Bandara  militer Hama.

Dalam video terlihat  sistem pertahanan Pantsir militer Suriah  terlihat mencegat drone militen sebelum mereka menyerang Bandara Hama.

 

MENHAN ISRAEL : ISRAEL AKAN MEMAKSA KEKUATAN IRAN KELUAR DARI SURIAH

Menhan Israel Naftali Bennett mengatakan kepada para pejabat tinggi pertahanan Israel bahwa pasukan fihaknya  akan  menggagalkan rencana Iran  untuk membangun kekuatan dan menyerang Israel  dari Suriah, Israel National News melaporkan pada hari Sabtu.

Menhan Israel  Bennett mengatakan Israel punya  "peluang" untuk mengambil keuntungan dari gejolak internal di Iran (unjuk rasa anti kenaikan BBM) yang sedang berlangsung di Iran, untuk mendesak keluarnya pasukan Revolutionary Guard Corps (IRGC) dari Suriah.

Menhan Israel Bennett berpendapat bahwa Israel harus menekan Iran secara militer guna  mengusir mereka dari Suriah. Menurutnya  ini adalah saat yang tepat bagi Israel untuk menerapkan tekanan ini karena perhatian pemerintah Iran saat ini diarahkan kepada para pengunjuk rasa di dalam negerinya.

Israel harus meningkatkan serangannya terhadap sasaran-sasaran Iran di Suriah meski ada resiko perlawanan dari Iran, kata Bennett. Dia  menambahkan bahwa serangan  berkelanjutan terhadap pasukan Iran (DiSuriah)  akan meyakinkan Teheran bahwa keberadaan  pasukannya di Suriah tidak akan bermanfaat bagi Iran.

Komentar Bennett itu dikeluarkan  sembilan hari setelah pasukan Israel melancarkan serangan besar-besaran ke Damaskus selatan dan barat.

 

MILITAN DI IDLIB SERANG BEBERAPA KOTA DI IDLIB SELATAN

Militan di Idlib selatan  melancarkan serangan baru di pedesaan tenggara provinsi Idlib pada hari Sabtu kemarin dalam upaya untuk merebut beberapa situs di dekat Bandara Abu Dhuhour.

Menurut laporan dari Idlib tenggara, kelompok militan Hayat Tahrir Al-Sham dan sekutu mereka merebut empat kota dari Tentara Suriah setelah melihat  pasukan Suriah lengah di kota Aja Aajaz.

HTS dan sekutu mereka berhasil merebut kota Aja Aajaz, Istablat, Rasm Al-Ward, dan Sourouj. Gerak maju militan  ini terjadi hanya sehari setelah mereka berusaha menguasai kota Aja Aajaz dari pasukan Suriah.

 

RUSIA KIRIM TANK DALAM JUMLAH BESAR KE SURIAH

Baru-baru ini Rusia telah mengirim sejumlah besar kargo militer ke kota pelabuhan Tartous di Suriah, publikasi Rusia Avia.pro melaporkan minggu ini.

Menurut Avia.Pro, Rusia telah mengirim sejumlah besar tank dan kendaraan lapis baja 'luar biasa' ke Suriah engan  kapal Dvinitsa-50 yang merupakan bagian dari Armada Laut Hitam.

“Sekitar sehari yang lalu  kapal Rusia 'Dvinitsa-50' itu terlihat  sedang berlayar dari  Laut Hitammenuju ke Laut Mediterania,” lapor Avia.Pro.

Menurut sumber itu, kapal itu mengangkut kargo yang sangat berat, namun sampai  saat ini, belum  ada komentar resmi dari Kementerian Pertahanan Rusia . "

Pekan lalu, pengamat kelautan Turki Yoruk Isik memotret sebuah kapal kargo Rusia dari Armada Laut hitam 'Azov'  sedang transit di Selat Bosphorus dengan tujuan ke Mediterania timur. Kapal Azov dilaporkan mengangkut sejumlah besar tank dan kendaraan lapis baja.

 

KELOMPOK HOUTHI MENGKLAIM TALAH JATUHKAN HELI APACHE MILIK ARAB SAUDI

Kelompok  Houthi  di Yaman mengklaim telah menembak jatuh sebuah helikopter Arab Saudi di dekat perbatasan dengan Arab Saudi pada hari Jumat, kata juru bicara kelompok itu. Koalisi yang dipimpin Saudi belum mengomentari laporan itu.

Sebuah video yang diduga menunjukkan helikopter Saudi yang terbakar dan jatuh dekat perbatasan dengan wilayah Asir di Arab Saudi, yang berbatasan dengan bagian utara Yaman, telah dipublikasikan di platform media sosial.

Video itu memperlihatkan sebuah helikopter serang Apache buatan AS  yang dilaporkan terkena rudal darat-ke-udara  yang diluncurkan oleh pertahanan udara Yaman. 

Seorang juru bicara militer Houthi menyatakan bahwa sembilan rudal balistik dan 20 pesawat tak berawak terlibat dalam operasi itu. dan diklaim lebih dari 350 anggota pasukan koalisi, termasuk dari Saudi, Emirat, dan Sudan, telah terbunuh atau terluka dalam operasi itu. Houthi juga diduga menghancurkan lima depo senjata, sejumlah kendaraan lapis baja, dan sistem pertahanan udara Patriot yang lumpuh.

This entry was posted in Update WW3 2019 and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *