Update WW3 Oct 19

MENLU IRAN : SAYA SIAP BERKUNJUNG KE ARAB SAUDI JIKA SITUASI MEMUNGKINKAN

Image result for javad zarif PIC

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan dia siap untuk mengunjungi Arab Saudi untuk membantu mengurangi ketegangan antara Riyadh dan Teheran jika situasinya memungkinkan.

Dia membuat pernyataan itu saat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh kantor berita al-Masirah  Yaman di sela-sela konferensi yang diadakan di Teheran pada hari Senin yang  bertema “Unilateralisme dan Hukum Internasional.”

“Jika situasi  memungkinkan, saya akan siap untuk berkunjung ke Riyadh untuk menyelesaikan perbedaan” antara kedua negara,

“Teheran menyambut setiap inisiatif yang bertujuan untuk meredakan ketegangan di kawasan itu dan akan bekerja sama untuk mengakhiri perang Yaman,” tambahnya.

Sekali lagi Zarif menegaskan kembali kebijakan Republik Islam Iran untuk mendukung rakyat Yaman, dengan mengatakan, “Iran akan selalu mendukung negara Yaman dan kami percaya bahwa berakhirnya perang Yaman akan membantu rakyat Yaman.”

Dalam kesempatan lain, Iran mengatakan dia sedang terus berhubungan dengan PM Pakistan Imran Khan sehubungan dengan perkembangan di Yaman. PM Pakistan telah melakukan kunjungan resmi ke Teheran awal bulan ini dan mengadakan pembicaraan dengan Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah Seyyed Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani.

 

AS DIAM-DIAM AKAN UJI COBA SENJATA LASER BARU UNTUK KAPAL PERANG

The Laser Weapon System (LaWS) temporarily installed aboard the guided-missile destroyer USS Dewey (DDG 105) in San Diego, Calif.

Angkatan Laut AS baru-baru ini banyak berinvestasi dalam pengembangan senjata generasi baru akan dipasang di kapal-kapal perang AS. Di antaranya adalah  dua proyek penting Railgun berbasis kapal untuk menenggelamkan kapal musuh dan Senjata laser untuk target yang lebih kecil.

Perangkat masif misterius itu terlihat di luar gedung kontraktor militer utama AS Northrop Grumman dan sedang dipersiapkan untuk dikirim. senjata itu disebut sebagai sistem laser berenergi tinggi yang disebut Pengembangan Teknologi Laser Solid-State (SSL-TM), kata  Outlet media The Drive.

Menurut outlet berita itu, sistem SSL-TM itu diperkirakan akan dikirim untuk uji coba untuk pertama kalinya pada kuartal keempat 2019. Jika berjalan dengan baik akan segera dipindahkan ke San Diego Pier, sebuah pelabuhan utama dimana kapal USS amfibi Portland yang ditetapkan sebagai kapal uji coba.

Para pejabat AS belum mengkonfirmasi informasi itu. Tapi SSL-TM diharapkan akan menghasilkan sinar laser berkekuatan 150kW.

Senjata itu rencananya akan  dipasang pada beberapa kapal, dan bisa ditugaskan untuk menghancurkan sasaran-sasaran kecil seperti kapal musuh kecil, pesawat udara tak berawak (UAV) dalam jarak menengah, serta beberapa rudal.

 

TRUMP : JIKA PERLU AS AKAN GUNAKAN KEKUATAN MILITER TERHADAP TURKI

Trump ‘fully prepared’ for military action against Turkey – Pompeo

Presiden AS Donald Trump “sepenuhnya siap” untuk menggunakan kekuatan militer untuk melawan Turki jika “diperlukan,” tapi Menlu Mike Pompeo  menyebut  lebih suka menganggap pernyataan itu sebagai perang “kekuatan diplomatik.”

“Kami lebih suka perdamaian daripada perang,” kata Pompeo kepada CNBC dalam wawancara  yang disiarkan Senin sore.

Tetapi jika tindakan fisik atau aksi militer diperlukan, Anda harus tahu bahwa Presiden Trump sepenuhnya telah siap untuk melakukan tindakan seperti itu.

Pompeo menambahkan bahwa Washington akan menggunakan kekuatan ekonomi dan “diplomatik” sebelum mengerahkan artileri berat. Dia tidak ingin ” mendahului keputusan presiden tentang apakah AS akan melakukan upaya luar biasa menggunakan kekuatan militer,” katanya, dia menunjukkan bahwa itu semua tergantung kepada Trump untuk memutuskan apakah Ankara telah melewati batas.

Sebelumnya Trump menyuarakan kebijaksanaan untuk memberi kesempatan kepada Turki untuk melakukan serangan di perbatasan Suriah terhadap kelompok-kelompok Kurdi yang dianggap Ankara sebagai teroris.

“Kadang-kadang Anda harus membiarkan mereka bertarung sebentar, lalu orang-orang itu menyadari beapa sulitnya pertempuran itu,” kata Trump mengacu pada serangan Turki minggu lalu. “Terkadang anda harus membiarkan mereka bertarung seperti dua anak kecil, kamu harus membiarkan mereka bertarung, dan kemudian kamu memisahkan mereka.”

Pentagon telah meminta NATO untuk memberikan sanksi kepada Turki, meskipun Turki juga anggota NATO, dan baik presiden AS maupun Kongres masing masing telah memberikan ancaman sanksi terhadap Turki.

 

PASUKAN AS YANG SEDANG DITARIK DARI SURIAH DILEMPARI BATU DAN TOMAT BUSUK

Image

Sebuah video baru yang dirilis dimedsos Timteng menunjukkan penduduk lokal di Suriah utara melempari pasukan AS yang sedang ditarik mundur dari wilayah Suriah utaradengan  batu dan buah busuk.

Penarikan militer AS dari Suriah utara  mendapat penghinaan dari penduduk setempat, karena mereka datang secara ilegal diSuriah.

 

MILITER SURIAH TERIMA SEJUMLAH BESAR PERALATAN TEMPUR DARI RUSIA

View image on Twitter

Tentara Arab Suriah (SAA) belum lama ini menerima peralatan militer dalam jumlah besar, termasuk tank dan kendaraan lapis baja dari Rusia di pelabuhan Tartous di Suriah barat.

Menurut gambar satelit yang diposting minggu ini, militer Rusia telah mengangkut 25 tank dan 16 senjata artileri, yang kemungkinan akan diberikan ke Tentara Arab Suriah dalam beberapa hari mendatang.

“Dari citra satelit dapat dilihat sebuah platform besar yang secara khusus untuk  penyebaran peralatan militer di pelabuhan Tarotus, pengamat  berhasil menghitung jumlahnya ada 41 tank, serta banyak truk dan peralatan khusus,” Majalah Rusia  Aria.Pro melaporkan pada hari Senin.

Pengiriman senjata  oleh Angkatan Bersenjata Rusia ini dilakukan bersamaan dengan persiapan Tentara Arab Suriah untuk melancarkan serangan besar-besaran di Latakia, Hama, dan provinsi Idlib di Suriah utara.

 

PASUKAN TURKI KUASAI DUA KOTA PENTING DIPERBATASAN SURIAH

Pertempuran di kota perbatasan strategis Ras Al-‘Ayn telah berakhir dengan kemenangan bagi militan yang didukung Turki, karena Kurdi SDF memutuskan  untuk menarik pasukannya  dan warga sipil dari daerah tersebut.

“Ini adalah sebagai bagian dari perjanjian untuk menghentikan sementara operasi militer dengan Turki dengan mediasi Amerika.

“Hari ini, kami telah mengevakuasi kota Ras Al-Ain dari semua pejuang SDF. Kami tidak memiliki pejuang lagi di kota itu, ” juru bicara Pasukan SDF Kino Gabriel mengatakan.

Sebelum penarikan mereka dari Ras Al-‘Ayn, Pasukan SDF mampu menangal  serangan dari militan yang didukung Turki, meskipun tidak memiliki pertahanan udara dan senjata berat.

Dengan Ras Al-‘Ayn telah di bawah kendali psukan Turki kini mereka telah merebut dua kota besar di sepanjang perbatasan Suriah-Turki dalam sepuluh hari terakhir.

Menurut laporan baru dari Suriah utara, militer Turki dan militan sekutu mereka sekarang mengalihkan perhatian mereka ke front Aleppo utara, di mana mereka mulai mengumpulkan pasukan mereka untuk operasi besar di kota Tal Rifa’at.

Tal Rifaat saat ini dikendalikan bersama oleh Tentara Arab Suriah (SAA) dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG). Di Kota itu sendiri juga ada  militer Rusia yang  sering melakukan patroli di dekat garis depan militer Turki.

 

MILITER RUSIA BANGUN JEMBATAN DARURAT DI SUNGAI EUFRAT

Para ahli teknik militer  Rusia telah membangun jembatan penyeberangan darurat di Sungai Efrat, beberapa kilometer dari Deir ez-Zor di Suriah timur laut.

Jembatan Ini akan digunakan untuk mengerahkan peralatan militer dan pasukan kesisi timur sungai. Jembatan panel jalan tol kecil MARM didirikan dalam waktu kurang dari dua hari di bawah hujan tembakan yang tanpa henti, kata Kepala Pelayanan Jalan Kementerian Pertahanan Rusia Vladimir Burovtsev. “

Drone udara , bahan peledak dan granat dijatuhkan kepada kami dari udara selama pekerjaan instalasi. Namun, kami tidak mengalami kerusakan. Tidak ada yang terluka atau terpengaruh.

Semuanya sesuai sesuai ketentuan dan waktu yang ditetapkan, ”katanya. Jembatan itu panjangnya 210 meter. Yang  dapat melayani 8.000 mobil sehari. Jembatan itu mendukung kendaraan lapis baja berat, seperti tank, kendaraan tempur infanteri dan sistem roket multi-peluncuran, kata Burovtsev. Jembatan itu juga akan digunakan untuk konvoi bantuan kepada komunitas yang dibebaskan dan untuk evakuasi medis.

Pasukan uriah telah membebaskan sebagian besar wilayah Deir ez-Zor pada awal September lalu. ISIS dipaksa untuk mundur darisisi timur tepi sungai.

Menjelang pembangunan jembatan, hanya detasemen tentara Suriah yang maju menyeberangi sungai dengan menggunakan ponton. Sekarang pasukan pemerintah sedang mempersiapkan penyeberangan besar-besaran terhadap lewat sungai Eufrat.

 

PASUKAN AS EVAKUASI PARA ISTRI ANGGOTA ISIS DARI KAMP PENGUNGSI  AL HAWL

Pasukan AS mengevakuasi istri-istri teroris ISIS dari kamp pengungsi Al-Hawl di Suriah di tengah serangan Turki keSuriah, kata penyiar TV Ikhbariya pada hari Minggu.

Helikopter AS mondar-mandir di kamp untuk operasi evakuasi, kata penyiar. Pada hari Senin, media AS melaporkan bahwa pasukan AS gagal mengevakuasi sekitar 50 tahanan ISIS yang dianggap “bernilai tinggi” dari penjara Kurdi di timur laut Suriah di tengah operasi militer Turki yang sedang berlangsung di daerah itu.

Pada 7 Oktober lalu, Presiden Donald Trump mengumumkan penarikan pasukan AS dari Suriah utara. Menteri Pertahanan Mark Esper pekan lalu mengatakan bahwa AS akan menarik 1.000 prajurit lagi dari daerah dekat tempat Turki melancarkan serangan militernya.

Turki memulai Operasi militer di Suriah utara pada 9 Oktober dengan dalih untuk membuat  zona penyangga 20 mil yang bebas dari pasukan SDF disepanjang perbatasannya dengan Suriah. Damaskus menyebut operasi itu sebagai  invasi, sementara AS dan UE telah menjatuhkan sanksi dan embargo terhadap Turki.

 

MILITER SURIAH KIRIM BALA BANTUAN KE SURIAH UTARA

 

Tentara Arab Suriah (SAA) mengirim sejumlah besar bala bantuan ke wilayah timur laut Suriah pada hari Minggu kemarin  di tengah laporan tentang akan serangan Turki diwilayah ini.

Menurut sumber militer di Provinsi Al-Hasakah, Tentara  Suriah mengirim  bala bantuan ke Tal Tamr, Kobane, front ‘Ayn’ Issa, dan front-front Al-Tabaqa untuk memperkuat posisi mereka dan mencegah gerak maju pasukan Turki dan militan sekutunya.

Sumber itu menambahkan bahwa Tentara  Suriah membuat keputusan untuk mengirim bala bantuan ke front-front ini setelah adanya serangan dari militan yang didukung Turki di kota Al-Ahras dekat Distrik Tal Tamr.

Tentara Suriah mampu mengusir serangan militan terhadap Al-Ahras, namun, militer khawatir pasukan yang didukung Turki ini mungkin akan mencoba menyerang daerah lain dalam upaya untuk merebut tanah di Suriah utara.

 

ASSAD SERUKAN PENARIKAN SEMUA PASUKAN ASING ILEGAL DARI SURIAH

President of Syria Bashar al-Assad. (File)

Presiden Suriah Bashar Assad menyerukan untuk menghentikan sepenuhnya apa yang ia sebut sebagai agresi Turki di Suriah utara, sementara juga menuntut penarikan total semua pasukan asing dari daerah itu, kata layanan pers Presiden Assad.

Presiden Suriah membuat pernyataan itu dalam pertemuan dengan delegasi Rusia yang dipimpin oleh utusan khusus untuk Suriah Alexander Lavrentyev di Damaskus pada hari Jumat kemarin.

“Assad mengkonfirmasi bahwa upaya harus diarahkan untuk mengakhiri agresi (Turki) ini dan penarikan semua pasukan ilegal, termasuk tentara Turki dan AS dari wilayah Suriah karena mereka dianggap sebagai pasukan pendudukan (aggressor) di bawah konvensi internasional,” kata layanan pers.

Lavrentyev, pada gilirannya menggarisbawahi dukungan tegas Rusia untuk kedaulatan Suriah dan integritas wilayahnya.

Pertemuan kemarin itu dilakukan  sehari setelah Assad berjanji bahwa Damaskus akan memberikan respon yang relevan atas operasi militer Turki.

“Slogan-slogan palsu apapun yang mereka bisa dibuat atas serangan Turki itu, tetap  itu adalah invasi dan agresi yang mencolok. Suriah telah sering menyerang proksi dan teroris (yang didukung Turki) di lebih dari satu tempat. Suriah akan menanggapi serangan itu dan menghadapinya di mana saja di wilayah Suriah melalui semua cara cara legal yang ada”, Assad menekankan selama pembicaraannya dengan Penasihat Keamanan Nasional Irak Falih al-Fayyadh.

 

KRISIS EKONOMI DI LIBANON PICU UNJUK RASA

A soldier tried to clear a path through smoldering garbage bins and flaming tires on the outskirts of downtown Beirut [Timour Azhari/Al Jazeera]

PM Libanon Saad Hariri menetapkan batas waktu 72 jam bagi mitra koalisinya untuk mencari solusi bagi krisis ekonomi Lebanon, ketika jum’at kemarin unjuk rasa terhadap langkah-langkah penghematan beralih menjadi kekerasan pada hari kedua.

Unjuk rasa yang dipicu rencana pemerintah Lebanon untuk memberlakuan pajak baru itu, adalah tantangan paling serius bagi pemerintah persatuan nasional Hariri yang mulai berkuasa kurang dari setahun yang lalu.

Hariri, dalam pidatonya menyalahkan partai-partai dalam koalisinya karena menghalangi reformasi ekonomi Libanon yang sarat beban hutang.

“Saya memberikan tenggat waktu yang sangat singkat, yaitu 73 jam  kepada mitra kami di pemerintahan agar  dapat memberi kami solusi yang dapat meyakinkan kami, orang-orang di jalanan dan mitra internasional kami,” katanya, dia menggambarkan kelesuan ekonomi Lebanon sebagai “belum pernah terjadi sebelumnya” dan cukup “sulit”.

Saat Hariri berbicara, pengunjuk rasa mengibarkan bendera Lebanon di Lapangan Martir Beirut sambil terus menyerukan pengunduran diri kepemimpinan politik negara itu, termasuk Hariri, Presiden Michel Aoun, Ketua Parlemen Nabih Berri, dan Menlu Gebran Bassil.

Para Demonstran marah dengan rencana untuk pengenakan pajak baru di tengah meningkatnya biaya hidup, mereka meneriakkan “Revolusi! Revolusi!” dan “Rakyat menuntut kejatuhan rezim”. Mereka juga menuduh para pemimpin puncak Libanon korup, dan menyerukan agar undang-undang kerahasiaan perbankan yang ketat dicabut sehingga dana negara yang dicuri selama beberapa dekade dikembalikan ke kas negara.

 

DAMASKUS TIDAK MENGAKUI PEMBENTUKAN OTONOMI KURDI

Penasihat politik presiden Suriah mengatakan bahwa Damaskus jelas menentang pembentukan otonomi Kurdi di Suriah karena tidak ada alasan yang mebenarkan untuk itu di negara itu.

“Tentu saja kami tidak dapat menerimanya,” kata Shaaban dalam sebuah wawancara dengan televisi al-Mayadeen menanggapi pertanyaan apakah Damaskus dapat menerima otonomi Kurdistan seperti yang ada di wilayah Irak.

“Tidak ada dasar untuk (otonomi Kurdi) seperti ini … Kami tidak akan pernah mau membicarakannya dari sudut pandang seperti itu, karena Suriah terdiri dari banyak etnis dan agama, dan kami tidak akan menyebut seseorang adalah Kurdi, atau seseorang adalah penganut agama ini dan itu, kami tidak pernah menyebut seperti itu.

Mayoritas suku Kurdi adalah bagian berharga dari masyarakat kita dan untuk negara kita, tetapi beberapa organisasi Kurdi telah membuat keputusan politik yang bertentangan dengan kepentingan (hukum) negara, ” Shaaban menekankan.

“Perjanjian gencatan senjata yang diumumkan oleh AS dan Turki itu tidak jelas,” kata Shaaban dalam sebuah wawancara dengan televisi al-Mayadeen. “Adapun istilah ‘zona keamanan’, itu tidak benar: apa yang sebenarnya dimaksud Turki itu adalah zona pencaplokan,” tambahnya.

Sebelumnya, pejabat senior Kurdi Aldar Khalil pada Kamis menyambut baik perjanjian antara Amerika Serikat dan Turki tentang gencatan senjata di Suriah.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengadakan negosiasi dengan Wakil Presiden AS Mike Pence di Ankara yang berlangsung lebih dari 4 jam. Para pihak sepakat untuk menunda operasi Turki di Suriah selama 120 jam untuk memfasilitasi penarikan milisi Kurdi Suriah ke jarak sekitar 30 kilometer (sekitar 20 mil) dari perbatasan dengan Turki.

 

MILITER SURIAH PERSIAPKAN SERANGAN BESAR KE SELATAN IDLIB

Tentara Arab Suriah (SAA) telah mengerahkan bala bantuan ke pedesaan selatan Idlib dan barat laut Hama di dua provinsi yang berdekatan itu, kata sebuah sumber militer Suriah kepada Al-Masdar News.

Sumber militer Suriah diLatakia itu mengatakan, militer Suriah telah mengerahkan pasukan besar di Idlib selatan dan wilayah didekat dataran Al-Ghaab di barat laut Hama.

Menurut sumber militer Suriah itu, pasukan Suriah sedang bersiap untuk memulai operasi besar-besaran yang akan  berusaha  menutup jalur dari provinsi Latakia dengan provinsi Idlib.

Pada saat yang sama, unit-unit Divisi ke-4 Tentara Suriah juga akan berjuang untuk merebut kota utama Kabani, yang terletak di sebelah barat Dataran Al-Ghaab dan barat daya Jisr Al-Shughour.

Dengan menutup Latakia,nantinya Tentara Suriah dapat mengalihkan fokus mereka ke Jisr Al-Shughour, yang merupakan kota besar yang terletak di sepanjang Jalan Raya Latakia-Aleppo.

Selain kepentingan militernya, Jisr Al-Shughour saat ini masih dikuasai oleh kelompok-kelompok militan asing seperti Partai Islam Turkestan; militan ini terus-menerus menjadi target militer Rusia.

Untuk mempersiapkan serangan militer itu, pasukan udara Rusia dan Suriah telah meningkatkan serangan mereka di Suriah barat laut minggu ini, yang menghantam sejumlah area miltan di dalam provinsi Latakia dan Idlib.

Dengan makin dekatnya waktu serangan besar itu, terlihat angkatan udara Suriah dan Rusia telah  memperluas serangan udaranya ke beberapa daerah di barat laut Suriah.

 

AS DAN TURKI SEPAKAT AKAN MENERAPKAN GENCATAN SENJATA SELAMA 120 JAM

Wapres AS Mike Pence mengatakan, AS dan Turki telah sepakat untuk menerapkan gencatan senjata di Suriah guna memungkinkan penarikan pasukan YPG dari daerah itu, dia  menambahkan bahwa gencatan senjata itu akan berlaku 120 jam.

Pence mengatakan bahwa dengan implementasi gencatan senjata itu, AS tidak akan menjatuhkan sanksi lebih lanjut pada Turki, Trump telah mengkonfirmasi bahwa sanksi tidak akan lagi diperlukan. Dia juga menyebut Erdogan ‘pria tangguh’ yang melakukan hal yang benar.

Dia menambahkan bahwa penarikan pasukan Kurdi YPG itu sudah berlangsung, dan AS tidak akan menempatkan personil militernya di lapangan, kata Pence. Dalam tweetnya ,Trump  memuji upaya yang diambil untuk mencapai kesepakatan dengan Turki itu.

Sementara itu, Kemenlu Turki mengatakan bahwa Ankara telah setuju dengan Washington bahwa pasukan Turki akan mengendalikan zona aman di Suriah utara.

Menurut Menlu Turki Mevlut Cavusoglu, Ankara akan mempertimbangkan untuk mengakhiri operasi militernya hanya setelah penarikan pasukan Kurdi Suriah.

Turki memulai operasi militer di Suriah utara pada 9 Oktober, tak lama setelah AS mengumumkan bahwa mereka menarik tentaranya dari wilayah tersebut. Ankara mengatakan operasi itu bertujuan mengusir militan Kurdi dari daerah perbatasan dan membentuk zona aman bagi sekitar 3 juta pengungsi Suriah.

Damaskus mengutuk operasi itu dengan menyebutnya sebagai tindakan agresi yang merusak integritas wilayah Suriah. Turki juga menghadapi banyak kritik internasional atas keputusannya menginvasi Suriah itu. 

 

MILITER SURIAH BERSAMA SDF MENGANGKUT PELUNCUR RUDAL KEPERBATASAN DENGAN TURKI

Kamis kemarin , Tentara Arab Suriah (SAA) dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF) terekam sedang mengangkut peluncur rudal  dan peralatan militer ke perbatasan Suriah-Turki.

Pasukan  Suriah dan SDF dalam video terlihat mengangkut peralatan dari kota Tabaqa ke kota ‘Ayn‘ Issa di pedesaan utara Provinsi Al-Raqqa.

Langkah Tentara Suriah dan SDF ini terjadi hanya seminggu setelah militer Turki melancarkan serangan skala besar di sepanjang perbatasan Suriah.

Rudal dan peralatan militer itu sedang dikerahkan ke perbatasan untuk mencegah militer Turki dan militan sekutu mereka berusaha untuk maju di Al-Raqqa utara.

 

BOCORAN PERJANJIAN ANTARA PEMERINTAH SURIAH DENGAN PASUKAN KURDI SDF

military

Sumber-sumber informasi Suriah mengkonfirmasi kepada Muraselon hasil dari pertemuan kemarin antara perwakilan pemerintah Suriah dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF), dan berikuta adalah ketentuan-ketentuan yang telah disepakati:

  1. SDF bersumpah dengan semua kemampuannya untuk menjaga keselamatan dan integritas teritorial tanah Republik Arab Suriah, di bawah bendera Republik Arab Suriah, dan akan berdiri dengan Tentara Arab Suriah melawan ancaman Turki di bawah komando Presiden Bashar al-Assad.
  2. SDF akan memungkinkan masuknya pasukan Tentara Arab Suriah untuk menguasai seluruh wilayah yang terletak antara Ayn Diwar di timur ke Jarablus di barat dari tiga arah  yang berbeda, yaitu : Tabqa, Manbij, dan Hasaka.

Dengan ketentuan-ketentuan itu, Tentara Suriah akan hadir di semua wilayah utara dan timur Efrat dengan berkoordinasi dengan dewan militer setempat,  sementara daerah antara Tal Abyad dan Ras al-Ayn akan masih menjadi wilayah operasi yang tidak stabil hingga selesainya pembebasannya.

Tentara Suriah sendiri telah mulai memasuki desa-desa dan kota-kota di Raqqa dan desa-desa Hasaka dengan tujuan memukul mundur agresi Turki di Suriah utara.

 

TENTARA SURIAH BERSIAP UNTUK MEMASUKI KOTA RAQQA

Islamic State (IS) militants drive through Raqqa, Syria, on 30 June 2014Kota Raqqqa saat dulu diklaim ISIS sebagai ibukotanya

Tentara Arab Suriah (SAA) sedang bersiap untuk memasuki kota Raqqa di Suriah utara untuk pertama kalinya sejak 2013, sumber militer mengatakan kepada Al-Masdar News.

Menurut sumber itu, Tentara Arab Suriah telah mulai memindahkan pasukannya ke daerah di sekitar kota Raqqa karena mereka telah diberi lampu hijau untuk masuk begitu Pasukan AS keluar dari kota itu.

Sumber itu mengatakan militer AS telah mulai menarik diri dari Al-Raqqa, dan ditambahkan bahwa Tentara Suriah tidak akan masuk sampai semua pasukan AS keluar dari kota.

Ini adalah perkembangan besar diSuriah utara karena masuknya kembali Militer Suriah ke Raqqa adalah  untuk pertama kalinya sejak 2013.

Raqqa dulunya diklaim oleh ISIS sebagai  ibu kotanya, selama masa teror mereka di Suriah dan Irak. Kota ini sebelumnya direbut oleh Pemberontak Suriah / Tentara pembebasan Suriah (FSA) dan Jabhat Al-Nusra (tadinya Al Qaeda) selama serangan mereka di Suriah utara pada 2013.

 

TURKI AKAN TERUS LANJUTKAN INVASINYA SAMPAI SDF MENYERAH

Erdogan defied demands for a ceasefire [Mustafa Kamaci/Presidential Press Office/Handout via Reuters]

Operasi militer Turki di timur laut Suriah akan terus berlanjut sampai pejuang Kurdi di wilayah itu meletakkan senjatanya dan menarik diri dari “zona aman” yang direncanakan Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan.

Pada hari Rabu lalu ,saat bertemu dengan para peabat AS Erdogan mengatakan kepada para deputi partainya bahwa tidak ada kekuatan asing yang dapat menghentikan serangan Turki , baik sekarang atau dalam hari-hari kedelapan – sebelum semua tujuan Turki dipenuhi.

“Kami bisa saja menghentikan operasi militer malam ini, jika mereka (SDF) segera mundur,” katanya.

Erdogan menolak negosiasi langsung atau tidak langsung dengan para pejuang Kurdi,  dan dia mengatakan satu-satunya cara agar serangan itu dihentikan adalah  mereka segera “meletakkan senjata mereka … menghancurkan semua ranjau  mereka dan keluar dari zona aman yang telah kami tunjuk” .

“Insya Allah, kami akan segera mengamankan wilayah yang membentang dari Manbij (di barat laut Suriah)  ke perbatasan kami dengan Irak,” kata Erdogan dalam pidatonya di Parlemen.

 

BOCORAN SURAT TRUMP KEPADA PRESIDEN TURKI 

Sebuah copy surat yang dikirim dari Presiden AS Donald Trump ke Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan telah beredar luas diTwitter pada hari Rabu kemarin, dan para pengguna twitter menikmati ini.

Menurut surat itu, Trump memperingatkan Erdogan untuk tidak sok menjadi “pria tangguh.” dan  jangan menjadi “pria yang bodoh”

Mari kita membuat kesepakatan yang baik. Anda tidak perlu bertanggung jawab atas pembantaian ribuan orang, dan saya tidak perlu bertanggung jawab untuk menghancurkan ekonomi Turki – dan saya mau itu. Saya sudah memberi Anda sedikit contoh sehubungan dengan Pastor Brunson.

Saya telah bekerja keras untuk menyelesaikan beberapa masalah Anda. Jangan mengecewakan dunia. Anda bisa membuat kesepakatan yang hebat, ”. Jenderal Mazloum akan bernegosiasi dengan Anda, dan keinginannya untuk membuat konsesi bahwa mereka tidak akan pernah membuat di masa lalu. Saya secara rahasia melampirkan salinan suratnya kepada saya. Baru diterima.

Dunia akan memandang Anda sebagai orang baik jika Anda melakukan ini dengan cara yang benar dan manusiawi. tapi  akan memandang Anda selamanya sebagai setan  jika tidak melakukan hal-hal yang baik. Jangan sok menjadi “pria yang tangguh”,  jangan menjadi  ”pria yang bodoh”.

 

AS BERENCANA TARIK BOM NUKLIRNYA DARI TURKI

Dalam beberapa hari terakhir , para Pejabat AS melakukan pertemuan guna meninjau rencana untuk menarik sekitar 50 senjata nuklir AS yang ditempatkan di Pangkalan Udara Incirlik di Turki di tengah meningkatnya ketegangan dengan Ankara, New York Times melaporkan Senin.

Pentagon sendiri tidak mengungkap di mana tepatnya AS menyimpan aset nuklirnya diTurki, tapi bom gravitasi B61 itu diyakini disimpan diPangkalan militer AS di Incirlik Turki sebagai penghadang terhadap ancaman Rusia, dan untuk menunjukkan komitmen AS terhadap NATO, aliansi militer yang beranggotakan 28 negara termasuk Turki.

Dua pejabat AS mengatakan kepada NewYork Times bahwa pejabat Deplu dan Energi diam-diam meencari cara untuk menghapus senjata nuklir taktis, sementara seorang pejabat lain mengatakan mereka secara efektif disandera oleh Presiden Turki Tayyip Erdogan.

 

Ambisi Nuklir Turki

Belum lama ini Erdogan menyatakan kekecewaannya karena Turki tidak memiliki senjata nuklir,  bulan lalu dia  mengatakan bahwa “Jika Israel punya nuklir, maka Turki harus diizinkan memiliki juga. “

“Beberapa negara memiliki rudal dengan hulu ledak nuklir, bukan satu atau dua negara yang bilang kesaya,  sementara kami tidak bisa memilikinya. saya tidak bisa terima hal ini, ” Kata Edogan dikutip kantor berita Reuters.

 “Tidak ada negara maju di dunia yang tidak memilikinya,” kata Erdogan, meskipun sebagian besar negara maju tidak memiliki senjata nuklir.

Di bawah perjanjian internasional hanya AS, Rusia, Inggris, Prancis, dan China yang dapat memiliki senjata nuklir. Meski kemudian India, Pakistan, dan Korea Utara kemudian mengembangkannya juga. Afrika Selatan pernah memiliki beberapa bom nuklir tetapi kemudian menghancurkannya ketika menjadi negara demokrasi.

“Kami punya tetangga dekat Israel, yang dengan senjata nuklirnya Israel menakut-nakuti (negara lain). Tidak ada yang bisa menyentuh mereka. ”Turki juga akan mulai mengembangkan senjata itu”, kata Erdogan.

Ambisi Turki itu tampaknya akan bertentangan dengan Perjanjian Nonproliferasi Nuklir, yang ditandatangani Turki pada tahun 1980. Turki juga telah menandatangani Perjanjian Comprehensive Nuclear-Test-Ban 1996, yang melarang semua percobaan peledakan nuklir untuk tujuan apa pun.

 

WARGA KOTA AL MAYADIN DI PROPINSI DEIR EZZOR UNGKAPKAN RASA BANGGANYA KEPADA  PASUKAN SURIAH.

Selasa kemarin, warga Suriah kota al-Mayadin di provinsi Deir Ezzor dan kota-kota sekitarnya mengadakan unjuk rasa  di depan gedung Balaikota untuk menyatakan rasa hormat kepada Tentara Arab Suriah dan mengutuk agresi Turki di wilayah Suriah.

Para peserta unjuk rasa itu meminta agar pasukan AS  meninggalkan wilayah Suriah, dan meneriakkan  bahwa rezim Turki berusaha untuk memuaskan  keserakahannya dengan mencaplok tanah-tanah Suriah.

Mereka juga menyerukan kepada semua pasukan pendudukan asing, baik Turki ataupun AS untuk keluar dari wilayah Suriah. Mereka memberi hormat dan penghargaaan atas  kepahlawanan para prajurit Angkatan bersenjata Suriah karena merekalah satu-satunya pahlawan yang bisa melindungi Tanah Air mereka.

 

KENDALI KOTA MANBIJ DISERAHKAN DARI PASUKAN KURDI KE PASUKAN SURIAH

Media pemerintah Suriah mengatakan pasukan pemerintah Suriah telah memasuki pusat kota Manbij yang tadinya dikuasai  Kurdi dan mengibarkan bendera nasional Suriah.

Sebuah video yang dirilis oleh kantor berita pemerintah SANA menunjukkan beberapa orang berkumpul di alun-alun mengibarkan bendera Suriah pada Selasa pagi.

Perkembangan itu terjadi beberapa hari setelah SDF yang dipimpin Kurdi mencapai kesepakatan  dan bergandengan tangan dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad setelah pasukanTurki mulai  melancarkan serangan militernya pekan lalu.

 

HANYA SEBUAH TWEET DARI SEORANG PEREMPUAN  SURIAH

Mengapa Suriah dan Turki bermusuhan :

1. Turki mencaplok Provinsi Hatay di Suriah.

2. Turki bersekutu dengan Israel.

3. Turki mendukung pemberontakan Ikhwanul Muslimin di Suriah.

4. Turki membangun Dam yang membendung air sungai Efrat, yang  menyebabkan  kekeringan masiv di Suriah.  Akankah Turki bisa  berubah?

 

Tapi menurut kita, ada satu lagi yang tertinggal :

5. Sejak 2011 , Turki bersama negara2 arab teluk bergabung dalam operasi  CIA “Timber Sycamore”  untuk menjatuhkan Assad.

 

RENCANA SANKSI EKONOMI KE TURKI, TRUMP TERAPKAN STANDAR GANDA TERHADAP PARA SEKUTUNYA

‘Fully prepared to destroy economy’: Trump to sanction Turkish officials, raise steel tariffs & stop $100bn trade deal

Trump telah menetapkan standar ganda terhadap dua sekutu Timur tengahnya. Dalam kasus invasi Arab Saudi ke Yaman, Trump bukan hanya tidak menerapkan sanksi apapun kepada Saudi tetapi bahkan membantu dalam operasi militernya. Tapi kini dengan sangat cepat dia membuat langkah untuh menetapkan sanksi dagang dan ekonomi terhadap Turki atas invasi militernya diSuriah. 

Trump menganggap Turki telah membahayakan warga sipil dan mengancam perdamaian dan keamanan dengan operasi militernya di Suriah, Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan akan menerapkan tarif bea masuk baru dan sanksi terhadap para pejabat dan ekonomi Turki.

“Tindakan Turki itu telah memicu krisis kemanusiaan dan membuat kondisi yang bisa dianggap sebagai kejahatan perang,” kata Trump pada hari Senin, saat dia mengumumkan langkah-langkah yang akan diambil terhadap Ankara.

Selain perintah eksekutif yang akan memberi sanksi kepada para pejabat Turki dan mantan Pejabat yang terlibat dalam “tindakan destabilisasi di timur laut Suriah,” , Trump mengatakan ia juga akan menaikkan tarif baja Turki hingga 50 persen, dan segera menghentikan negosiasi atas kesepakatan perdagangan senilai $100 miliar.

“Saya sepenuhnya telah siap untuk segera menghancurkan ekonomi Turki jika para pemimpin Turki terus menempuh jalan yang berbahaya dan destruktif ini,” kata presiden AS itu.

“Biarkan pasukan Suriah dan Assad melindungi Kurdi dan melawan Turki untuk membela tanah mereka sendiri,” kata Trump dalam tweetnya satu jam sebelumnya. dan dia menambahkan dia akan lebih suka fokus pada mempertahankan perbatasan AS dengan Meksiko.

 

IRAN AKAN MENGGUNAKAN SENTRIFUGAL GENERASI BARU UNTUK PENGAYAAN URANIUM 

In this photo released by the official website of the office of the Iranian Presidency, President Hassan Rouhani speaks in a cabinet meeting in Tehran, Iran, Wednesday, May 8, 2019

Teheran akan segera menggunakan sentrifugal gas generasi baru IR-9 dalam aktivitas nuklirnya , kata Presiden Iran Hassan Rouhani, Senin 14/10.

“Sentrifugal IR-9 akan segera diperkenalkan dan digunakan,” kata Rouhani saat konferensi pers yang disiarkan televisi Iran. Rouhani juga mengatakan bahwa perilaku Presiden Trump telah menciptakan masalah bagi seluruh dunia. Dan bahwa sanksi AS telah gagal membuat ekonomi Iran bertekuk lutut.

Menurut Rouhani, Iran telah memperkuat posisinya di dunia, semua kekuatan besar mengakui bahwa kekuatan Iran telah tumbuh. Presiden Iran juga mencatat bahwa Republik Islam Iran telah berhasil mengatasi krisis meskipun ada upaya oleh AS dan negara-negara lain untuk menjatuhkan Iran secara ekonomi.

Sanksi internasional terhadap Iran telah menjadi penghalang utama dalam untuk menjadi pengekspor minyak utama dunia, dan ini mendorong negara itu untuk mencari cara untuk menghindarinya.

Menteri Perminyakan Iran Bijan Zangeneh mengatakan pada akhir September lalu, bahwa negaranya sedang membangun jalur pipa darat sepanjang 1.000 kilometer dari terminal minyak Goreh di provinsi Bushehr selatan ke terminal di Jask, pelabuhan di sebelah timur Selat Hormuz di Teluk Oman . Jika proyek ini selesai, maka akan memungkinkan tanker minyak Iran bisa menghindari transit melalui Selat Hormuz.

 

KESEPAKATAN TELAH TERJALIN ANTARA SURIAH DAN KURDI, PASUKAN SURIAH AKAN MENGHADANG AGRESI TURKI

Tentara telah memasuki kota Tal Tamr di pedesaan al-Hasakah untuk menghadapi agresi Turki. Mereka disambut hangat penduduk setempat.

Pasukan pemerintah Suriah akan ditempatkan di sepanjang perbatasan dengan Turki untuk membantu para pejuang Kurdi menghadapi serangan militer Turki di Suriah utara, kata penguasa otonomi Kurdi di wilayah itu.

Langkah  yang diumumkan pada hari Minggu kemarin itu merupakan perubahan besar dalam aliansi  Kurdi Suriah dan terjadi hanya  beberapa jam setelah AS memutuskan fihaknya aka menarik pasukannya dari daerah itu untuk menghindari pasukan AS terperangkap ditengah konflik yang meluas dengan cepat.

Dalam sebuah pernyataan diFBnya, Pemerintah otonomi Kurdi mengatakan bahwa pihaknya telah mencapai kesepakatan  dengan pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad untuk mnghalau agresi dari tentara  Turki yang sedang berlangsung.

“Untuk mencegah dan menghadapi agresi (Turki) ini, sebuah kesepakatan telah dicapai dengan pemerintah Suriah … sehingga tentara Suriah dapat mengerahkan pasukannya di sepanjang perbatasan Suriah-Turki untuk membantu Pasukan Demokratik Suriah (SDF),” kata pernyataan itu.

Langkah ini juga akan memungkinkan dilakukannya “pembebasan” kota-kota Suriah lainnya yang diduduki oleh tentara Turki seperti Afrin, kata pernyataan itu.

Tentara Turki dan sekutunya pemberontak Suriahnya (FSA) telah mengusir pasukan Kurdi dari Afrin pada 2018.

Sebelumnya pada hari Minggu, kantor berita pemerintah Suriah SANA melaporkan bahwa Damaskus yang didukung militer oleh Rusia dan Iran telah mengirim pasukan ke utara negara itu untuk “menghadapi agresi Turki”. Tapi  tidak ada perincian lebih lanjut.

Kembalinya pasukan pemerintah Suriah ke wilayah Suriah utara, di mana diarea itu Kurdi Suriah telah membangun pemerintahan otonom selama perang delapan tahun negara itu akan dapat semakin memperkuat kekuasaan Assad atas negara itu, dan meningkatkan risiko bentrokan antara Suriah dan Turki .

Pemerintah Turki menganggap Kelompok Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG) yang merupakan  tulang punggung SDF, sebagai kelompok “teroris” yang terkait dengan separatis Kurdi di Turki.

 

RUSIA SIAP MEMBANTU PENYELIDIKAN ATAS SERANGAN DI KILANG MINYAK SAUDI DAN MENGUTUK SIAPAPUN PELAKUNYA

Presiden Putin tiba di Arab Saudi pada hari Senin 13/10, dalam kunjungan keduanya ke negara itu setelah kunjungan pertamanya tahun 2007. 

Rusia setuju untuk menyelidiki serangan terhadap fasilitas minyak Saudi Aramco september lalu dan akan mengutuk siapa pun yang ada di belakangnya, tetapi tidak akan memihak dalam perselisihan antara Riyadh dan Teheran, kata Presiden Vladimir Putin.

Rusia menghargai hubungan baik dengan Iran maupun dengan Arab Saudi, dan sama-sama peka terhadap kekhawatiran masing-masing pihak, Putin mengatakan kepada wartawan  ketika diminta komentarnya untuk atas serangan pada fasilitas pengolahan minyak Riyadh di Abqaiq.

“Saya bilang ya, kami siap untuk membagikan (bantuan) apa pun yang mungkin diperlukan, semua yang kami miliki untuk penyelidikan menyeluruh,” ungkap Putin. Ketika ditanya secara langsung apakah Rusia akan sejauh mengutuk Iran jika dianggap bertanggung jawab, ia mengatakan tidak akan ada pengecualian.

Terlepas dari siapa yang berdiri di belakang insiden itu, kami mengutuk tindakan semacam itu. Itulah tepatnya yang saya katakan sebelumnya, dan saya benar-benar bersungguh-sungguh. Tetapi menuduh sebelum menemukan fakta adalah “kontraproduktif,” kata presiden Putin, secara eksplisit merujuk pada Riyadh dan Washington yang menunjukkan jarinya ke Teheran.

Rusia tidak akan pernah berteman dengan satu negara untuk melawan negara lain. Kami membangun hubungan bilateral yang mengandalkan tren positif; kami tidak membangun aliansi untuk melawan siapa pun, Kata Putin

Demikian juga, Moskow tidak akan berberan sebagai “mediator” yang tidak konstruktif  “dalam permusuhan antara Riyadh dan Teheran, kata Putin, dia menambahkan bahwa ia percaya kedua negara mampu menyelesaikan perselisihan mereka tanpa perantara.

 

PASUKAN AS DITARIK DARI KOTA KONBANI DI SURIAH UTARA

US troops ‘leave’ Kobani as Turkish incursion advances and Kurds make deal with Damascus

Pasukan AS dilaporkan ditarik dari pos pengamatan mereka di kota Kobani di Suriah utara ketika Angkatan Darat Turki bergerak lebih jauh ke selatan, dan sementara ini Damaskus mengatakan telah mengirim tentaranya ke daerah itu.

Penarikan pasukan AS itu dimulai setelah pukul 3 sore waktu setempat, kantor berita Anadolu Turki melaporkan, mengutip sumber keamanan tapi belum ada konfirmasi dari Pentagon. Pos pengamatan AS di Kobani kota strategis yang juga dikenal sebagai Ayn Al-Arab, dihujani tembakan artileri Turki pada hari Sabtu. Tidak ada yang terluka dan tidak jelas apakah serangan itu disengaja, karena mereka juga tahu pasukan AS ada disana.

Sejumlah kecil pasukan AS juga dilaporkan meninggalkan basis mereka di kota Ain Issa, pusat pemerintahan Kurdi yang berjarak satu jam dengan mobil ke selatan Kobani. Ini terjadi disaat milisi yang didukung Turki maju di kota dan  Pasukan AS itu kemudian dipindahkan ke pangkalan-pangkalan lain di Suriah, menurut Washington Post.

Laporan sebelumnya mengklaim bahwa pasukan AS di Ain Issa dibiarkan terisolasi setelah pasukan yang didukung Turki menguasai jalan raya M4, sebuah rute pasokan utama di Suriah utara yang melintasi dalam kota.

 

KELOMPOK SDF REBUT KEMBALI BEBERAPA LOKASI PENTING DI SURIAH UTARA

Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi melancarkan serangan balasan cepat terhadap militan yang didukung Turki di Suriah utara tadi malam.

Menurut laporan, Pasukan Demokrat Suriah menyerbu posisi militan yang didukung Turki di Ras Al-ynAyn dalam upaya untuk merebut kembali daerah mereka yang direbut.

Serangan itu pada akhirnya membuahkan hasil ketika Pasukan Demokrat Suriah masuk kembali ke kota dan merebut kembali beberapa situs yang direbut oleh militan yang didukung Turki di Ras Al-‘Ayn.

Pasukan Demokrat Suriah dan militan yang didukung Turki saat ini terlibat dalam pertempuran sengit untuk menguasai Ras Al-‘Ayn dan sekitarnya.

Pada saat yang sama, Pasukan Demokrat Suriah (SDF) juga dengan susah payah menghadapi  gerilyawan yang didukung Turki di dekat kota strategis Tal Abyad di utara Al-Raqqa.

Menurut laporan terbaru dari Al-Raqqa, para militan yang didukung Turki berhasil merebut kota Sulouk setelah pertempuran singkat dengan Pasukan Demokrat Suriah pagi ini.

 

SURIAH MULAI GERAKKAN PASUKANNYA  KEUTARA MENGHADANG AGRESI MILITER TURKI

Unit-unit Angkatan Darat Suriah mulai bergerak ke utara untuk menghadapi agresi Turki di wilayah Suriah utara, kata kantor beita resmi Suriah SANA di Hasaka, Minggu 13/10.

Setelah beredar informasi ini, masyarakat dikota Hasaka mulai merayakan langkah pemerintah Suriah itu diseputaran kota, mereka menyambut gembira langkah ini untuk menghadapi agresi Turki.

Langkah ini dilakukan  untuk menghadapi agresi Turki yang sedang berlangsung di kota-kota dan daerah di utara provinsi Hasaka dan Raqqa, di mana pasukan Turki melakukan pembantaian terhadap penduduk lokal, menduduki beberapa daerah, dan menghancurkan infrastruktur.

Sementara itu dilaporkan Tentara Suriah sudah memasuki kota Manbij di provinsi utara Aleppo pada Minggu malam, portal berita al-Mayadeen melaporkan.

Milisi Kurdi membiarkan pasukan pemerintah Suriah melewati pos pemeriksaan mereka tanpa dihalangi. Jarak antara Manbij dan Kobani adalah sekitar 60 milometer, satu jam perjalanan dengan mobil.

Turki akan mendapat tekanan besar sekarang, karena pasukan Suriah sedang  menuju ke utara, kata Joshua Landis, direktur Pusat Studi Timur Tengah di Universitas Oklahoma.

“Pemerintah Suriah sepertinya akan mencoba merebut  kembali ladang minyak dan ladang gas yang sangat penting bagi kesejahteraan dan ekonomi Suriah. Juga, area ini adalah lahan  pertanian yang penting karena adanya Sungai Efrat yang mengalirkan air keBendungan Tabqa yang dibangun oleh Kurdi dengan AS, pemerintah Suriah tentu  ingin merebut kembali juga, ”katanya.

 

ARAB SAUDI BANTAH KETERLIBATANNYA DALAM LEDAKAN DI KAPAL TANKER IRAN

Iranian oil tanker Sabiti was hit by suspected missile strikes near the Saudi port of Jeddah, causing oil to leak into the Red Sea

Menlu Arab Saudi Adel al-Jubeir, menjawab pertanyaan wartawan pada 13 Oktober, menolak tuduhan bahwa Riyadh bisa menyerang kapal tanker minyak Iran Sabiti sebagai respon terhadap serangan fasilitas Saudi Aramco pada bulan September lalu, yang dikaitkan oleh AS dan Arab Saudi dilakukan oleh Iran.

Al-Jubeir mengatakan bahwa meskipun Riyadh memang menyalahkan Iran karena percaya pesawat tak berawak itu dibuat di Republik Islam, itu tidak akan menanggapi dengan cara yang sama.

Menlu Saudi  menambahkan bahwa penyelidikan serangan Saudi Aramco masih berlangsung dan lokasi dimana situs peluncuran drone itu belum ditentukan.

“Kami tidak terlibat dalam perilaku seperti itu…  Kami sama sekali tidak terlibat dalam perilaku seperti itu, ini bukan cara  kami beroperasi,  dan itu tidak seperti yang kami lakukan di masa lalu”, menlu Saudi meyakinkan.

Menteri luar negeri itu juga mengindikasikan bahwa cerita tentang serangan terhadap kapal tanker Iran dipenuhi dengan laporan yang saling bertentangan mengenai insiden tersebut, dan karenanya terlalu dini untuk “melompat ke kesimpulan”.

“Ada laporan yang saling bertentangan tentang hal ini. Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) mengatakan tidak ada kejadian apapun, ada yang mengatakan ada sesuatu yang terjadi, ada yang mengatakan ada kebocoran, ada yang mengatakan tidak ada kebocoran. Jadi ceritanya belum terlalu jelas tentang masalah ini. “, Al-Jubeir menambahkan.

 

ABU TRUMP AL-AMERIKI AKAN TAMBAH PASUKAN KE SAUDI, TAPI SEKARANG TIDAK LAGI GRATIS

US Marine Corps Gen Kenneth McKenzie Jr shakes hands with Saudi military officers

Pentagon akan mengerahkan 1.800 tentara tambahan ke Arab Saudi, kata para pejabat senior pertahanan AS pada hari Jumat, peningkatan kehadiran militer AS di Timur Tengah disebut sebagai untuk mencegah agresi Iran.

Dengan menyebut Arab Saudi sebagai “mitra lama dalam keamanan,” Menteri Pertahanan AS Mark T. Esper mengatakan dia telah berbicara dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman sebelumnya tentang peningkatan kemampuan pertahanan Saudi dan upaya AS untuk melindungi mitranya  di wilayah tersebut.

Presiden Trump, yang sering memuji Arab Saudi sebagai mitra dan pembeli senjata Amerika terbesarnya mengatakan Jumat malam bahwa kerajaan Saudi “telah setuju untuk membayar kami atas semua yang kami lakukan untuk membantu mereka.”

Pengerahan pasukan itu termasuk dua skuadron tempur, dua baterai rudal Patriot, sistem pertahanan udara canggih THAAD, dan unit pengendali  penerbangan.

Pentagon mengatakan bulan lalu bahwa beberapa unit sedang bersiap untuk dikerahkan setelah serangan terhadap fasilitas minyak Saudi yang disalahkan pejabat AS terhadap Iran. Meski para pejabat Iran telah membantah bertanggung jawab.

 

PUTIN KEMBALI INGATKAN, SEMUA NEGARA YANG SECARA ILEGAL MEMASUKI SURIAH HARUS KELUAR.

Putin kembali mengingatkan negara-negara yang menempatkan pasukannya atau proxinya  secara ilegal di Suriah untuk meningggalkan Suriah. Seruan Putin ini secara khusus ditujukan untuk Turki, ARab Saudi, UEA dan Koalisi AS.

Semua pasukan yang dikerahkan secara illegal dalam suatu negara berdaulat manapun,  dalam hal ini dalam negara Republik Arab Suriah harus meninggalkan wilayah ini.

Ini berlaku untuk semua negara. Jikapun pemerintah Suriah yang sah itu di masa mendatang mengatakan bahwa mereka tidak lagi memerlukan pasukan Rusia untuk tetap di negara itu, maka  Rusia juga akan mematuhinya,

Kami secara terbuka sebenarnya telah mendiskusikan masalah ini dengan semua mitra kami, dengan negara-negara Arab  dan Turki. Bahkan dengan AS kami telah beberapa kali mendiskusikannya.

Saya selalu mengatakan kepada rekan-rekan kami (nagara-negara lain yang ada diSuriah), bahwa Suriah harus dibebaskan dari kehadiran militer asing (yang illegal). Dan integritas teritorial Republik Arab Suriah harus sepenuhnya dipulihkan.

 

INFO YANG RINGAN DAN YANG LUCU, KONSER GROUP MUSIK K-POP BTS DI ARAB SAUDI

Group musik K-Pop BTS dari Korea selatan menggelar konser dikota Riyadh Arab saudi pada jum’at 11 oktober kemarin.

Konser musik pertama kali di Arab Saudi pada desember 2017 lalu tapi masih menampilkan penyanyi lokal Rabeh Saqer.  Konser musik asing pertama digelar pada desember 2018 lalu yang menampilkan  para musisi barat.

Perubahan luar biasa terjadi diArab Saudi sejak MBS resmi menjadi putra mahkota, para wanita Saudi yang dulu untuk keluar saja rumah harus sangat tertutup pakaiannya, sekarang  bisa jingkrak-jingkrak bersama-sama dengan para pria. Wah… wah mau dibawa kemanakah negeri pusat Islam ini ?

 

PUTIN TIDAK YAKIN TURKI BISA MENGATASI SISA-SISA MILITAN ISIS

Daesh terrorists pass by a convoy in Tel Abyad, northeast Syria (File)

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa dia tidak yakin Turki akan dapat mengendalikan situasi jika militan ISIS  yang  telah tertangkap (yang berada dikampkamp tahanan diSuriah utara) akan tersebar ke wilayah lain.

“Di utara Suriah, ada daerah-daerah di mana militan ISIS terkonsentrasi . mereka masih dijaga oleh unit-unit militer Kurdi. Sekarang tentara Turki masuk ke sana, maka Kurdi membiarkan kamp-kamp ini terlantar. Karena mereka harus  berpencar,” kata Putin di sebuah KTT CIS (commonwealth of Independent State) di Ashgabat pada Jumat hari ini.

“Saya tidak yakin apakah tentara Turki dapat dengan cepat menguasai situasi itu,” tambahnya.

Sebuah video yang beredar dimedsos timteng menunjukkan gambar yang diklaim sebagai teroris ISIL yang ditahan di kamp Al Hawl, mereka mengambil keuntungan dari operasi militer yang dilancarkan Turki. Mereka mulai melakukan kerusuhan & mencoba melarikan diri dari kamp tahanan.

Presiden Putin  menekankan bahwa di zona-zona ini, menurut Direktorat Intelijen Umum Staf Umum Rusia, ada ratusan militan dan bahkan ribuan.

“Kita perlu memahami, mengetahui dan memobilisasi sumber daya dari layanan khusus kita untuk menghentikan ancaman baru yang benar-benar muncul ini,” Presiden Putin menekankan.

“Setelah dikalahkan di Suriah, banyak gerilyawan (ISIS) akan pindah ke wilayah lain, mereka akan berusaha menciptakan basis  baru ditempat lain,  seperti  di Balkan, di Asia Tenggara dan di  perbatasan selatan dari negara-negara CIS, ” Kata Putin.

 

SEBUAH KAPAL TANKER IRAN DISERANG DUA RUDAL DILEPAS PANTAI ARAB SAUDI

Image

Sebuah kapal, yang dioperasikan oleh Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC), dilaporkan terbakar 100 km (sekitar 60 mil) dari kota pelabuhan Saudi, Jeddah.

Pada hari Jumat pagi kantor berita ISNA melaporkan adanya  sebuah ledakan di atas kapal tanker Iran, Sabiti, milik perusahaan nasional  Iran NIOC di dekat kota pelabuhan Jeddah, Saudi.

Menurut media setempat, ledakan itu menyebabkan kerusakan parah pada kapal, sementara minyak tumpah ke Laut Merah.

Awak kapal tanker minyak Iran yang rusak itu dalam kondisi aman, dan setelah ledakan itu  situasi di atas kapal  terkendali, kata laporan media. “Tidak ada anggota kru yang terluka akibat ledakan itu … situasinya terkendali”, kata Iran Nour News mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya.

Ledakan itu dilaporkan terjadi di lambung kapal, dan menyebabkan kerusakan pada dua reservoir utama kapal tanker itu. Menurut ISNA, mengutip seorang pejabat dari Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC), rute kapal tanker minyaknya telah diubah.

“Kapal Itu masih di Laut Merah tetapi rutenya akan berubah … Belum ada bantuan yang ditawarkan untuk membantu dari negara mana pun”.

Data pengiriman Refinitiv menunjukkan bahwa status kapal tanker itu “sedang berjalan menggunakan mesin” dengan tujuan Larak, sebuah pulau di lepas pantai Iran.

Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) mengatakan di situs webnya bahwa kapal tanker itu telah menjadi sasaran dari dua rudal. Perusahaan itu menyebut  ledakan itu “mungkin disebabkan oleh serangan rudal” , “Tidak ada api di atas kapal dan kapal itu benar-benar masih dalam kondisi stabil,” tambah NIOC.

 

RUSIA AKAN MEMASANG SISTEM PERTAHANAN UDARA S-500 DISURIAH

صواريخ إس – 500 الروسية ترعب الجيش الأمريكي

Surat kabar Rusia Izvestia mengutip sebuah sumber di kompleks industri militer Rusia melaporkan pengujian sistem pertahanan udara S-500 Prometey Rusia di Suriah.

“Sitem S-500 telah dirancang untuk mencegat target balistik dan aerodinamis pada jarak jauh. Tidak perlu pengujian lagi, terutama dalam penggunaan sistem rudal anti-pesawat S-500 ini di Republik Arab Suriah,” kata Kemenhan Rusia.

Spesifikasi teknis S-500 masih sangat dirahasiakan, meskipun laporan berspekulasi bahwa sistem ini  mampu menghancurkan target dari jarak hingga 600 km, dan mampu melacak dan menyerang hingga 10 target balistik yang bergerak dengan kecepatan hiper-sonik hingga 7 km per detik (setara dengan sekitar Mach 20 atau 20 x kecepatan suara).

Kelebihan  dari S-500 adalah termasuk kemampuannya untuk mencegat pesawat, helikopter, rudal jelajah serta satelit yang sedang  mengorbit. Menurut para ahli, sistem pertahanan udara Rusia terbaru ini tidak memiliki pesaing serius di dunia, AS.

Menurut artikel disebuah media China Soho, “Jika sistem rudal S-500 Rusia dikerahkan di Timur Tengah, ini akan menjadi mimpi buruk terbesar bagi Amerika Serikat.”

Berikut adalah  video pengujian S-500 Rusia pada Juli 2019 lalu  :

 

TURKI KLAIM TELAH  BERHASIL MEMBUNUH  LEBIH 100 TERORIS

Turkey-backed Syrian opposition fighters

Sebanyak 109 teroris telah terbunuh sejak awal operasi militer Turki di utara Suriah, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pada hari Kamis.

“Kami telah memulai operasi kemarin. Pertama, dengan serangan artileri, kemudian disusul serangan udara dan serangan darat yang dilakukan di sore hari. Sampai sekarang sudah 109 teroris telah tewas, dan banyak lainnya telah terluka atau menyerah. Propaganda hitam melawan Turki telah disebarkan di sana, dimana Turki dituduh mengebom warga sipil. Andalah  yang menyerang warga sipil, Anda tidak perlu malu. Kami mengambil tindakan terhadap propaganda hitam itu, dan kami juga memberi pengarahan kepada masyarakat atas setiap langkah yang kami ambil, “ kata Erdogan dalam sebuah pernyataan di Ankara.

 

TURKI MEMULAI SERANGAN UDARA KE SURIAH UTARA

Angkatan Bersenjata Turki memulai serangan mereka di Suriah utara hari Rabu kemarin, dengan menargetkan beberapa fasilitas milik kelompok Kurdi Syrian democratic Force (SDF) dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG). Serangan udara itu menyerang pertahanan pasukan Kurdi di Al-Raqqa, Aleppo, dan provinsi Al-Hasakah.

Salah satu target utama Angkatan Bersenjata Turki adalah kota perbatasan Ras Al-‘Ayn yang dikuasai SDF, yang terletak di barat laut Al-Hasakah.

Serangan Angkatan Udara Turki disebut  juga menghantam sebuah penjara yang penuh dengan tahanan ISIS / ISIL / IS / Daesh di Suriah utara minggu ini, Pasukan Demokrat Suriah SDF (kelompok Kurdi yang didukung AS) mengatakan tadi malam.

“Salah satu penjara tempat anggota ISIS ditahan telah diserang oleh serangan udara Turki. Turki bertujuan untuk merusak semua upaya dan pencapaian sukses yang kami peroleh selama perjuangan kami melawan ISIS, ” kata akun Twitter resmi SDF.

SDF menyindir bahwa serangan udara Turki itu ditujukan untuk membebaskan para tahanan ISIS  sehingga mereka dapat melampiaskan dendam kepada pasukan  Kurdi di Suriah utara. Turki belum menanggapi tuduhan ini.

Pada hari Rabu sore, Angkatan Bersenjata Turki memulai operasi militer mereka  di timur Sungai Eufrat. Sementara mereka belum  memulai merangsek  ke Suriah utara, Angkatan Bersenjata Turki melepaskan serangan artileri dan serangan udara besar-besaran pada pertahanan Pasukan Demokratik Suriah dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG).

SDF mengatakan pagi ini bahwa serangan militer Turki mengakibatkan kematian setidaknya delapan orang, termasuk lima warga sipil dari kota-kota yang terletak di sepanjang perbatasan Turki-Suriah.

 

PASUKAN TURKI MULAI MEMASUKI PERBATASAN SURIAH

Shortly after the Turkish operation inside Syria had started, local residents cheer and applaud as a convoy of Turkish forces vehicles is driven through the town of Akcakale, Sanliurfa province, south

 

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan serangan turki ke kelompok SDF sudah dimulai  dengan serangan udara pada hari Selasa , serangan ini bertujuan untuk menyingkirkan pasukan pimpinan Kurdi SDF dari daerah perbatasan dan menciptakan “zona aman”  yang akan menjadi tempat jutaan pengungsi Suriah dapat dikembalikan.

Langkah militer Turki itu dilakukan setelah AS mengumumkan akan menarik pasukannya dari wilayah itu, yang artinya ecara efektif membiarkan Pasukan Demokrat Suriah SDF (tidak lagi dalam perlindungan AS), yang dianggap  sekutu utamanya dalam pertempuran melawan ISIL.

Kelompok SDF yang dipimpin oleh Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), telah mengajukan permintaaan agar AS dan sekutunya menerapkan  “zona larangan terbang” guna melindungi  dari serangan Turki. Turki menganggap YPG sebagai kelompok “teroris”.

 

TURKI MINTA NEGARA YANG WARGANYA MENJADI ANGGOTA ISIS UNTUK SEGERA MEMULANGKAN MEREKA

Women speak to guards at Al-Hol camp in Hasakeh province [File:Maya Alleruzzo/ AP]

Duta besar Turki untuk Inggris Umit Yalcin , mendesak semua negara  untuk memulangkan kembali tahanan militan ISIS yang ada diSuriah  utara,  di tengah desakan  militer Turki yang tampaknya akan segera melakukan serangan besar kesuku Kurdi di Suriah utara.

“Masing-masing negara harus memulangkan kembali miltan  atau teroris mereka sendiri. Itu adalah hal yang paling  ideal. Karena ketika mereka meninggalkan negara mereka, mereka memiliki kebangsaan dan paspor,” kata Yalcin kepada penyiar Inggris Sky News.

“Masing-masing negara itu harus membawa mereka pulang kembali ke negara mereka  dan nantinya pemerintah mereka  dapat membawa mereka ke pengadilan atau merehabilitasi mereka,” tambahnya.

Menurut laporan. SDF saat ini menahan 12.000 tersangka pejuang ISIL, beberapa di antaranya adalah warga negara asing , mereka berada di beberapa rumah tahanan yang tersebar di seluruh Suriah utara, beserta sekitar 58.000 anggota keluarga mereka.

Tapi bukankah dulu Turki yang menyalurkan mereka untuk bisa memasuki wilayah Suriah ??? Kenapa sekarang Turki lepas tangan ???

 

TRUMP : HARUSNYA AS TIDAK PERNAH DATANG KE TIMTENG

Presiden AS Donald Trump telah berkomentar ditwitternya  tentang penarikan pasukan AS dari Suriah, dia mengatakan bahwa sejak awal  harusnya AS tidak pernah datang di Timur Tengah.

Dalam postingnya ditwitter, ia menambahkan bahwa :

Keterlibatan militer AS di Timur Tengah adalah “keputusan terburuk yang pernah dibuat dalam sejarah” negara itu. “Kami pergi berperang dengan alasan yang salah, dan sekarang alasan itu tidak pernah terbukti, senjata pemusnah missal (Irak) itu Tidak ada!” katanya, merujuk pada  invasi ke Irak tahun 2003, ketika pemerintahan Bush mengklaim bahwa Saddam Hussein memiliki senjata pemusnah massal , yang akhirnya tidak pernah ditemukan di mana pun.

Pada hari Senin lalu, Trump mengatakan bahwa  alasan dia menjadi presiden adalah untuk membebaskan AS dari konflik militer. Dia juga menetapkan bahwa militer AS harusnya hanya bertarung jika ada kepentingan negara, dan hanya berperang untuk mencapai kemenangan.

Retorika Trump tentang operasi besar yang akan dilakukan Turki di Suriah utara juga telah goyah dalam beberapa hari terakhir. Tadinya dia mengatakan bahwa dia bisa saja  “sekali lagi meruntuhkan perekonomian Turki”, tapi hanya beberapa jam kemudian dia menulis ditwitternya bahwa Ankara adalah mitra penting Washington.

 

 SURIAH TAWARKAN KURDI UNTUK  REKONSILIASI  DENGAN DAMASKUS 

Syrian Kurds take part in a demonstration against Turkish threats at a US-led international coalition base on the outskirts of Ras al-Ain town in Syria's Hasakeh province near the Turkish border on Oc

Wakil Menlu  Suriah meminta Kurdi untuk berdamai dengan pemerintah Suriah , dia  meminta Kurdi Suriah untuk bergabung kembali dengan pihak pemerintah dari pada terjun ke jurang”, ketika milisi Kurdi  timur laut negara itu terancam  serangan besar-besaran dari Turki yang akan segera terjadi.

“Tanah air (Suriah) menyambut semua putranya,  dan Damaskus akan menyelesaikan semua masalah Suriah dengan cara yang positif, dan jauh dari kekerasan,” kata Mekdad seperti dikutip oleh surat kabar pro-pemerintah Al-Watan.

“Kami menyarankan mereka yang telah tersesat itu untuk kembali ke negara ini, karena bangsa ini adalah takdir terakhir mereka,” tambahnya, dia bersumpah untuk “mempertahankan semua wilayah Suriah”.

Komentar Mekdad ini adalah reaksi pemerintah Suriah pertama sejak pengumuman Trump yang akan menarik pasukan AS dari wilayah utara Suriah.

 

CHINA AKAN MEMASANG SISTEM PERINGATAN DINI “SERANGAN KEJUTAN STRATEGIS” BUATAN RUSIA

Sistem peringatan dini yang akan dipasang oleh fihak Rusia untuk China sekarang ini akan membuat  China akan secara drastis meningkatkan system pertahanan China, dan  mengamankan China terhadap kemungkinan serangan “kejutan strategis” dari AS, kata para pakar.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan rencana ini saat berbicara di Klub Diskusi Valdai pekan lalu. Rusia juga sudah mnyelesaikan pembangunan  sistem serupa, yang mencakup seluruh wilayahnya, pada tahun 2017 lalu.

 

MENGURANGI RISIKO  SERANGAN KEJUTAN STRATEGIS

Para ahli mencatat bahwa sistem China yang baru Ini  akan menangkal risiko serangan pertama yang tidak terduga dari AS, meskipun dikatakan bahwa serangan semacam itu tampaknya murni teoritis (karena belum penah terjadi perang nuklir).

“Sistem itu pertama-tama akan mengurangi risiko bahwa China akan menangkal serangan ‘kejutan strategis’ dari AS, misalnya adanya serangan nuklir pertama yang tiba-tiba yang tidak akan mengizinkan Cina untuk melancarkan serangan nuklir balasan sebelum mereka dihancurkan. ”   kata Miles Pomper, seorang pakar seniorpadai Pusat Studi Nonproliferasi James Martin Center di Middlebury Institute, Washington .

Sistem itu, katanya, juga “membuka pintu bagi penempatan pertahanan rudal balistik China  dan senjata  anti-satelit secara  terintegrasi.” Nikolai Sokov dari Pusat Perlucutan Senjata dan Nonproliferasi Wina, dia  mencatat bahwa sistem peringatan dini “sangat penting bagi China, yang arsenalnya lebih sedikit  dibandingkan dengan AS, dan bisa kehilangan  senjatanya  jika dipaksa untuk keluar dari serangan . “

“Dengan sistem peringatan dini yang kuat, itu akan membuat China bisa  meluncurkan (anti rudalnya)  sebelum hulu ledak yang masuk mencapai target,” jelasnya. Selain itu, sistem baru ini juga kemungkinan akan meningkatkan system pencegahan konvensional milik milik China.

“Seperti yang telihat, bahwa kapabilitas adalah mencakup system peringatan  didnio  serangan rudal jelajah, maka  ini akan menjadi lebih penting bagi China, yang sangat mengkhawatirkan kemampuan serangan konvensional AS. Rudal jelajah adalah alat utama untuk serangan konvensional … dan karenanya kemampuan untuk mendeteksi mereka dengan peringatan didni yang memadai akan memperkuat tidak hanya dalam system pencegahan serangan nuklir China,  tetapi juga pencegahan serangan  konvensional, ” kata Sokov.

“Kemampuan yang lebih besar untuk menghindari “serangan kejutan strategis”  akan meningkatkan keseimbangan strategis antara AS dan China; namun kemampuan pertahanan rudal dan ASAT (senjata anti-satelit)  kemungkinan pada taraf tertentu akan merusaknya, ini akan membuat  ketidakpastian baru dalam keseimbangan nuklir AS-China. Pada saat yang sama, penjualan dan potensi berbagi data antara Rusia dan China semakin memperkuat aliansi militer yang secara de facto berkembang diantara negara-negara,  yang dengan sendirinya mengubah keseimbangan kekuatan global, ” katanya.

 

TRUMP MEMBIARKAN SEKUTUNYA KURDI DISERANG TURKI TAPI DIA JUGA MENGANCAM TURKI  

Trump speaks to the press as he departs the White House in Washington, DC [File: Jim Watson/AFP]

Senin kemarin, Presiden AS Donald Trump mengancam akan secara total  “menghancurkan dan meruntuhkan” ekonomi Turki , jika Ankara mengambil tindakan apa pun (terhadap SDF) yang dianggapnya “di luar batas” , setelah AS memutuskan untuk menarik pasukan AS dari timur laut Suriah.

“Seperti yang telah saya nyatakan sebelumnya, dan hanya untuk mengulangi, jika Turki melakukan sesuatu yang menurut saya, dengan kearifan saya yang besar dan tak tertandingi, saya akan benar-benar menghancurkan Ekonomi Turki (yang pernah saya lakukan sebelumnya! ) ” kata Trump dalam tweetnya.

Penarikan itu, diumumkan oleh Gedung Putih Minggu malam lalu, yang dengan cepat dikutuk oleh sekelompok politisi bipartisan AS, atas kekhawatiran bahwa hal itu bisa membuka jalan bagi Turki untuk leluasa menyerang  pasukan Kurdi SDF yang telah lama bersekutu dengan AS.

Seorang senator partai Republik Lindsey Graham yang biasanya  mendukung Trump mengatakan,  keputusan itu sebagai ” mendatangkan bencana”.

Graham mengatakan dia berencana untuk mengajukan  resolusi yang menyerukan Gedung Putih untuk membatalkan  keputusan Trump itu. Dia juga mengancam akan mengajukan undang-undang untuk memberikan sanksi ekonomi pada Turki. Dia memperkirakan undang-undang seperti itu akan menjadi veto-proof  (pasti menang  dalam veto).

 

TURKI MULAI MENYERANG MILITAN KURDI SDF 

Pada hari Senin kemarin , pesawat tempur Turki melakukan serangan udara terhadap pangkalan  SDF Kurdi di provinsi Hasakah Suriah, menurut penyiar al-Ikhbariya.

Sebelumnya, Erdogan menekankan bahwa zona keamanan diperlukan untuk melawan “ancaman teror” yang datang dari partai Kurdi PKK dan pasukan YPG Kurdi Suriah, dia menambahkan bahwa zona itu akan memungkinkan kembalinya pengungsi Suriah.

Sementara itu, Washington, yang digunakan untuk mendukung pasukan Kurdi di Suriah utara, telah mulai menarik pasukannya dari daerah itu. Gedung Putih mengatakan tidak akan “mendukung atau terlibat dalam” operasi Turki.

Menurut TV al-Ikhbariya, pesawat-pesawat Turki menyerang markas Pasukan Demokrat Suriah (SDF) di provinsi Hasakah. Laporan lain menyatakan bahwa serangan udara itu menargetkan Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), yang merupakan bagian dari SDF.

Pada 5 Oktober, Turki mengumumkan akan melakukan operasi militer untuk menciptakan apa yang disebut zona aman di Suriah Utara. Washington menolak untuk bergabung dengan Ankara dalam operasi itu dan mulai menarik pasukannya keluar dari Republik Arab Suriah.

 

UNTUK KESEKIAN KALI, TRUMP AKAN MENARIK PASUKANNYA DARI SURIAH –  KURDI SEKALI LAGI DIKHIANATI

 

March 7, 2017 frame grab from video provided by Arab 24 network, shows fighters from the Syrian Democratic forces standing near U.S military vehicles on the outskirts of the Syrian town, Manbij, a flashpoint between Turkish troops and allied Syrian fighters and U.S.-backed Kurdish fighters, in al-Asaliyah village, Aleppo province, Syria

Militer Amerika dilaporkan telah mengevakuasi beberapa pos terdepan diSuriah utara menjelang serangan Turki terhadap Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi.

Sebelumnya dinyatakan oleh Turki. Presiden AS Donald Trump telah mengomentari situasi di Suriah utara, di mana mereka berencana untuk menciptakan zona aman untuk mencegah bentrokan baru antara pasukan Turki dan militan SDF yang didukung AS.

Trump  menekankan bahwa AS telah menghancurkan kelompok teroris ISIS di wilayah tersebut, Dan negaranya tidak harus terlibat lebih jauh dalam konflik lokal.

Menurut Trump, militer AS harusnya hanya  berperang  jika ada kepentingan negara, ” dan hanya berjuang untuk mencapai kemenangan”. Pernyataan itu muncul ketika Turki bersiap untuk membersihkan gerilyawan Kurdi dari wilayah Suriah di sebelah timur Eufrat.

…. sudah hampir 3 tahun,  sekaranglah saatnya bagi kita untuk keluar dari Perang Tak Berujung dan konyol ini, banyak di antara mereka berasal dari suku-suku disana, dan mereja menyandera tentara kita. KAMI HANYA AKAN BERPERANG DI MANAPUN JIKA ADA UNTUNGNYA BAGI KITA, DAN HANYA UNTUK MENCAPAI KEMENANGAN. Turki, Eropa, Suriah, Iran, Irak, Rusia dan Kurdi sekarang harus …..

 

..Sekali lagi saya katakan “TIDAK,”  berpikirlah  seperti biasa, bahwa AS  selalu menjadi “pengisap,” baik dalam NATO, dalam Perdagangan dan dalam segala hal. Kurdi telah lama bertempur bersama dengan kami, tetapi mereka kita bayar dengan sejumlah uang yang besar dan peralatan tempur. Mereka telah berperang melawan Turki selama beberapa dekade ini. Saya mempertahnkan perang ini untuk …

Sementara itu, SDF menyebut hal itu sebagai  “tikaman dari  belakang” dari AS, SDF mengklaim bahwa AS telah meyakinkan para militan bahwa tidak akan ada serangan Turki di wilayah tersebut. Akan tetapi, pasukan yang dipimpin Kurdi itu menekankan bahwa mereka akan berperang melawan pasukan Turki tanpa ragu-ragu. AS menyatakan bahwa mereka tidak akan mendukung operasi itu  dan telah mengevakuasi dua pos pengamatan AS di Ras al-Ain dan Tell Abiad.

Turki dan AS yang bersekutu dalam NATO itu , sebelumnya telah merundingkan tentang kemungkinan menciptakan zona aman di bagian utara Suriah, tetapi bulan lalu Turki menuduh Washington menghentikan proses itu dan memperingatkan bahwa jika perlu , pihaknya akan membangun zona aman tanpa bantuan AS.

Menyinggung keputusan itu, Damaskus menyebut bahwa kedua negara (Turki dan AS) adalah negara-negara aggressor/pencaplok, karena pasukan mereka telah dikerahkan kenegara itu secara ilegal, tanpa izin dari pemerintah Suriah dan  Dewan Keamanan PBB.

Turki telah lama berusaha mengusir para militan SDF dari perbatasannya, karena Turki menganggap  Unit Perlindungan Rakyat Kurdi (YPG), yang memimpin  kelompok itu adalah  bagian dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang telah dimasukkan daftar hitam oleh Turki sebagai organisasi teroris.

 

MENLU ISAREL INGIN ADA PAKTA NON-AGRESI, KEDEKATAN ARAB-ISRAEL SEMAKIN TERBUKA

Netanyahu, a strident critic of Iran, has tried to forge closer relations with Gulf states [File: Abir Sultan/Reuters]

Menlu Israel Israel Katz mengatakan dia sedang mengupayakan diadakan Pakta  “non-agresi” dengan negara-negara Arab Teluk, karena kedua pihak telah saling “memamahi”  akan  musuh bersamanya yaitu Iran.

Menlu Israel  yang bertemu dengan Menlu Bahrain Sheikh Khalid bin Ahmed Al Khalifa pada Juli lalu, menulis di Twitternya pada hari Minggu kemarin, bahwa tujuannya adalah agar pada akhirnya bisa membuat perjanjian damai di masa depan dengan negara-negara Arab.

Semua negara-negara Arab yang berjumlah 22,  kecuali Mesir dan Yordania  tidak mengakui pendudukan Israel atas tanah Arab di Palestina dan Suriah.

“Baru-baru ini, dengan diudkung AS , saya telah mempromosikan  sebuah inisiatif politik untuk menandatangani ‘perjanjian non-agresi’ dengan negara-negara Teluk Arab,” tulis Katz di Twitter, Minggu.

“Langkah bersejarah ini akan bisa mengakhiri konflik dan memungkinkan kerja sama sipil sampai dengan perjanjian damai akan bisa ditandatangani.”

Upaya Israel Ini dipandang sebagai desakan terbaru dari Israel untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara Arab Teluk yang belum  secara resmi mengakui Israel dan tidak memiliki hubungan diplomatik formal.

Pendudukan Israel di wilayah Palestina telah menjadi penghambat utama dalam membentuk perjanjian damai dengan negara-negara Arab, tetapi isus kekhawatiran bersama atas ancaman dari Iran telah membuat mereka makin dekat dalam beberapa tahun terakhir.

Dukungan Iran untuk proxynya di Suriah, Irak, Lebanon dan Yaman telah mengkhawatirkan banyak (negara Arab) termasuk Israel dan Arab Saudi.

Ketika berbicara di Majelis Umum PBB pada akhir September lalu, Katz menekankan bahwa Iran mengancam stabilitas dan keamanan di Timur Tengah.

Dalam tweetnya, Katz mengatakan ia membahas rencana pakta “non-agresi” dengan para menlu  Arab dan utusan khusus Presiden AS Donald Trump untuk Timur Tengah Jason Greenblatt selama pertemuan itu .

“Kami membahas secara mendalam realitas regional dan cara-cara untuk menghadapi ancaman dari Iran dan pada saat yang sama kami menyepakati suatu proses untuk mempromosikan kerja sama sipil antara kedua negara,” katanya.

Dalam sebuah pesan kawat dari  Wikileaks dari 2009 dilaporkan bahwa negara-negara Teluk Arab percaya “mereka dapat mengandalkan Israel untuk melawan Iran”.

Menurut pesan kawat (telegram) itu, pejabat kemenlu Israel Yakov Hadas mengatakan bahwa negara2  Arab Teluk merasa bahwa AS tidak mendengarkan mereka dan karena itu kadang-kadang mencoba untuk menyampaikan pesan melalui Israel. “Mereka percaya Israel dapat sesuatu yang menakjubkan,” komentar Hadas.

Ketegangan antara Iran dan negara-negara Teluk melonjak menyusul serangan terhadap dua fasilitas minyak utama di Arab Saudi pada 14 September. Pemberontak Houthi Yaman mengaku bertanggung jawab, tetapi AS, Israel dan Arab Saudi mengatakan Teheran bertanggung jawab atas serangan yang mengganggu pasokan minyak global selama berminggu-minggu. Iran menolak tuduhan itu.

Mohammad Marandi, seorang profesor studi Amerika di Universitas Teheran, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa berita terbaru itu malah menjadi “langkah yang sangat positif bagi Iran” karena sudah menjadi rahasia umum bahwa Israel, Arab Saudi, dan UEA telah lama menjadi sekutu selama bertahun-tahun ini, ” mereka bekerja bersama di belakang layar “.

“Setiap kali Iran mencoba mengungkap hal ini, mereka akan selalu menyangkalnya. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir hubungan dekat mereka] telah menjadi lebih terbuka dan makin lebih banyak buktinya.

“Ini benar-benar membantu Iran karena rezim mana pun di kawasan yang mengaitkan dirinya dengan rezim Israel, citranya telah menjadi buruk secara signifikan. Semakin terbuka ini, semakin baik,” katanya merujuk pada kemarahan masyarakat Arab yang luas terhadap Israel karena pendudukannya atas Palestina.

 

ARAB SAUDI AKAN UPAYAKAN AGAR SUDAN DIHAPUS DARI DAFTAR  PENSPONSOR TERORISME

King Salman held talks with Abdel Fattah al-Burhan in Riyadh [Screengrab/AFP]

Pengumuman Arab Saudi itu dikeluarkan menyusul adanya  pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Senin lalu dalam konferensi pers bersama dengan perdana menteri Sudan. Saat itu Macron mengatakan bahwa Prancis akan berupaya meyakinkan AS untuk menghapus Sudan dari daftar negara yang menjadi pensponsor terorisme.

Arab Saudi sedang melakukan upaya untuk menghapus Sudan dari daftar terorisme AS, menurut sebuah publikasi yang diposting di halaman Twitter Kemenlu Saudi.

Pernyataan itu dikeluarkan ketika Ketua Dewan Kedaulatan Sudan Abdel Fattah al-Burhan dan PM Sudan Abdullah Hamdok tiba di Riyadh. Para pejabat Sudan itu telah memulai perjalanan luar negeri mereka yang pertama , yang juga akan melakukan  kunjungan ke Uni Emirat Arab.

Al-Burhan dilantik sebagai ketua Dewan Kedaulatan  Sudan pada bulan Agustus lalu. Sebuah Dewan yang akan memerintah negara itu menjelang pemilu mendatang, dewan itu terdiri dari lima anggota militer dan lima perwakilan sipil, sementara satu anggota lagi dipilih oleh publik.

Sudan diguncang unjuk rasa pada bulan Desember. Awalnya, orang turun ke jalan untuk memprotes kenaikan harga roti, tetapi kemudian para pengunjuk rasa mulai menuntut pengunduran diri pemimpin negara itu Omar Bashir. Ketegangan meningkat pada bulan April, ketika Bashir ditahan oleh militer.

Amerika Serikat memasukkan Sudan  kedalam daftar negara sponsor terorisme pada 12 Agustus 1993. Sudan kemudian diberi sanksi khususnya seperti  membatasi kemampuan bank-bank Sudan untuk bekerja sama dengan Bank-Bank asing.

Sebelumnya pada Agustus lalu, Perdana menteri baru Sudan, Abdalla Hamdok, mengumumkan akan dimulainya negosiasi dengan AS guna  menncoret  negara itu dari daftar negara pensponsor  terorisme.

 

ULASAN AAZ

Sebagai negara dengan populasi sekitar 40 juta jiwa dimana  Muslim mendoninasi sekitar 93%, Sudan adalah salah satu negara yang dianggap ancaman bagi Israel. Itulah sebabnya Sudan masuk dalam daftar 7 negara Muslim yang akan dihancurkan AS, seperti biasa, metodenya adalah dengan membentuk kelompok terorisme untuk melawan pemerintah yang sah dengan dalih Jihad pendirian Khilafah.

Sudan  berada dalam posisi strategis karena berbatasan dengan Mesir dan Libya dan dengan enam negara Afrika lainnya  termasuk Ethiopia, yang merupakan negara Muslim miskin yang juga memiliki populasi Muslim (Suni) yang besar. yang dianggap AS (Israel)  menjadi tempat berkumpul dan pensuply militant Islam.

Jika anda sudah membaca artikel kita “Perang dunia 3 terbagi dalam 2 Fase”, pasti anda masih ingat, bahwa menurut bocoran dari pensiunan Jendral AS Wisley Clark, Sudan adalah salah satu dari 7 negara muslim yang akan dihancurkan  selain Iraq, Libya, Suriah, Somalia, Sudan, LIbanon dan terakhir nanti Iran.

Terorisme mulai dimasukkan ke Sudan pada awal 1990-an ketika Osama Bin Laden dan para pengikutnya datang ke negara itu dan membangun infrastruktur kamp pelatihan Al Qaeda , dengan dalih  membangun jaringan bisnis dan keuangan.

Tahun 1993 AS memasukkan Sudan dalam daftar negara pensponsor Terorisme. Tapi meski Osama bin Laden telah keluar dari Sudan 1996 , dan bahkan sekarang sudah meninggal, Sudan sampai kini belum juga dicoret dari daftar AS itu.  

 

INDIA AKUI, HELI TEMPURNYA TERTEMBAK OLEH RUDALNYA SENDIRI

Indian Air Force’s Mi-17 Helicopter Crashes Near the Himalayas

Saat ketegangan yang meningkat antara India dan Pakistan pada bulan Februari lalu, dan terjadi pertempuran udara antara angkatan udara kedua negara, Angkatan Udara India (IAF) kehilangan satu Heli tempur Mi-17 dalam insiden yang melibatkan satu rudal darat keudara buatan Israel di wilayah Kargil di Jammu dan Kashmir.

Angkatan Udara India sebelumnya memerintahkan pengadilan penyelidikan atas insiden itu dan penyelidikan telah selesai, kata Kepala Angkatan Udara India IAF Marshal Rakesh Kumar Singh Bhadauria di New Delhi pada hari Jumat.

“… Itu adalah kesalahan kita, karena rudal kita telah menyasar helikopter kita sendiri. Kita akan mengambil tindakan terhadap dua petugas kita. Kami menerima hal ini sebagai kesalahan besar kami dan kami akan memastikan kesalahan tersebut tidak terulang di masa depan ”, kata Komandan angkatan udara India Marshal Bhadauria mengakui dalam jumpa pers pertamanya.

Helikopter itu jatuh sehari setelah pertempuran udara antara Angkatan Udara India dan Pakistan setelah adanya serangan udara Balakot pada 26 Februari. Kepala staf udara mengatakan bahwa IAF kehilangan satu MiG-21 dan menembak jatuh satu F-16 Pakistan.

Serangan “Balakot” oleh IAF dilakukan pada sebuah kamp pelatihan yang diduga milik kelompok teroris Jaish-e-Mohammad (JeM) , sebagai balasan atas serangan bunuh diri terhadap pasukan India di Pulwama pada 14 Februari. JeM mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap pasukan berkuda India yang menewaskan 40 orang itu.

 

Kesepakatan Rafale

Dalam konferensi pers, Komandan angkatan udara India Marsekal Bhadauria juga menyebutkan kesepakatan pengadaan pesawat tempur Rafale Prancis dan Sistem Rudal Pertahanan Udara S-400 Rusia yang disebut akan meningkatkan kemampuan IAF.

India menandatangani perjanjian itu pada tahun 2016 dengan pemerintah Prancis dan Dassault Aviation of France untuk pengadaan  36 pesawat tempur multirole Rafales itu dalam kondisi fly-away dengan biaya lebih dari 7,8 miliar euro. Rafales mampu membawa berbagai senjata dan rudal yang kuat.

Menhan India Rajnath Singh akan melakukan perjalanan ke Prancis minggu depan untuk menerima pesawat pertama. Fihak Dassault akan mengupgrade jet tempur ini  dengan berbagai modifikasi khusus permintaan India, termasuk display “helmet” buatan Israel, penerima radar peringatan dini, jammers Low band, pencari infra-merah dan sistem pelacakan.

New Delhi juga membeli lima sistem pertahanan udara  S-400 dari Moskow seharga $ 5,43 miliar, dan mengabaikan ancaman sanksi dari AS. India masih tetap menjadi mitra pertahanan utama bagi Rusia, sekitar 58 persen impor senjatanya antara 2014 dan 2018 adalah dari Rusia.

 

IRAN GAGALKAN UPAYA PEMBUNUHAN KOMANDAN PASUKAN IRGC YANG DIDANAI OLEH ISRAEL-ARAB

In March, Qassem Soleimani received Iran's highest military award, the 'Order of Zulfaqar' [File: Reuters]

Seorang pejabat senior Iran mengatakan Teheran telah menggagalkan sebuah komplotan  agen mata-mata Israel dan Arab untuk membunuh Mayor Jenderal Qassem Soleimani, komandan senior di Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran.

Media pemerintah mengutip Hossein Taeb kepala intelijen IRGC, mengatakan bahwa “tiga teroris” telah ditangkap sebelum mereka dapat menyerang Soleimani. Para tersangka itu merencanakan untuk membunuh Soleimani saat peringatan keagamaan Ashoura pada 9 dan 10 September, menurut Taeb.

Mereka  membeli sebuah properti di dekat sebuah masjid yang dibangun oleh ayah Soleimani di kota Kerman, menggali sebuah terowongan di bawah bangunan  itu dan memasang “350 hingga 500 kilogram bahan peledak”, katanya.

Taeb mengatakan, para tersangka  itu sebelumnya “pergi ke sebuah negara tetangga” dan “menghabiskan sejumlah besar uang untuk melatih dan mempersiapkan mereka” untuk melakukan serangan.

Rencana pembunuhan itu diatur “oleh dinas rahasia Arab-Israel dan telah diputuskan beberapa tahun yang lalu”, tambahnya.

Taeb tidak menyebutkan nama negara-negara Arab yang diduga terlibat dalam rencana tersebut.  Soleimani yang mengepalai Pasukan Quds elit IRGC, yang menjalankan operasi asing, dan dianggap sebagai dalang strategi militer Iran di wilayah tersebut.

Pada bulan Maret lalu , MayJend Qasem Soleimani menerima penghargaan militer tertinggi  “Orde Zulfaqar” dari pemerintah Iran.

Menteri Luar Negeri Israel Katz pda saat itu pernah mengatakan  bahwa Israel sedang berupaya untuk “mencabut” Soleimani, menurut media Israel.

Pasukan Quds telah memberi dukungan untuk Presiden Suriah Bashar al-Assad ketika dia hampir kalah dalam perang (melawan teroris) dinegara itu dan juga membantu milisi guna mengalahkan ISIS di Irak.

 

CHINA PAMERKAN SENJATA-SENJATA  MUTAKHIRNYA PADA PERAYAAN HARI NASIONAL

China telah memamerkan  Pesawat/ Rudal  peluncur hipersonik ( hypersonic glide vehicle) baru yang berkemampuan nuklir, dan  teknologi militer terbaru lainnya pada pawai akbar di Lapangan Tiananmen, yang menandai peringatan 70 tahun berdirinya Republik Rakyat China.

Setelah upacara pengibaran bendera, Presiden Xi Jinping berbicara soal pencapaian bangsa dan negaranya selama tujuh dekade ini, dan dia berbicara dengan optimis tentang masa depan Tiongkok. “Rakyat  China telah berhasil berdiri di atas kaki mereka sendiri dan memulai perjalanan besar dalam pembaharuan nasional,” katanya.

“Tidak ada kekuatan yang bisa menghentikan rakyat Tiongkok dan bangsa China untuk terus maju.”

Beijing menampilkan beberapa perangkat keras militernya yang paling canggih, termasuk Dongfeng-17 (DF-17), Pesawat/ rudal  peluncur hipersonik yang bisa dipasang pada rudal balistik jarak pendek sampai menengah, yang diyakini memiliki kemampuan untuk melawan  salah satu sistem pertahanan rudal yang saat ini digunakan oleh musuh potensial (AS).

Drone pengintai supersonik baru  DR-8  juga ditampilkan selama parade ini, yang akan digunakan Beijing dalam platform sistem pendeteksi  bersama dengan sistem rudal balistik.

Rudal balistik antar benua  DF-41 juga dipamerkan untuk pertama kalinya pada  hari Selasa kemarin, DF-41 adalah rudal balistik antar benua (ICBM) tiga tahap dengan jangkauan sekitar 7.500 mil (12.000km), yang dapat membawa hingga 10 hulu ledak nuklir, yang masing-masing hulu ledak bisa menentukan targetnya sendiri.

Rudal balistik DF-5B ICBM yang lebih tua dan lebih dulu dikenal juga dipamerkan dalam barisam kendaraan militer yang membawa senjata-senjata  itu melintasi Lapangan Tiananmen.

Hari Nasional Tiongkok dirayakan setiap tanggal 1 oktober menandai pendirian pemerintah komunis China setelah berakhirnya Perang Sipil di Tiongkok pada tahun 1949.

 

DUNIA MAKIN TIDAK MENENTU – AS KOBARKAN PERANG DAGANG  KE EROPA

‘Ready to react’: Europe prepared to slap tariffs on US goods over Airbus-Boeing dispute

Pemerintahan Trump telah membuka front lain dalam perang perdagangan globalnya, kali ini akan menarget negar negara Uni Eropa dengan tarif  bea masuk baru  25 persen  pada berbagai produk industri dan pertanian, yang tentu akan beresiko adanya respon balik..

Bea masuk baru itu akan berlaku untuk wiski dari Skotlandia, anggur dari Perancis dan keju dari Italia, selain juga  barang-barang lainnya dari Jerman, Inggris dan Spanyol, tetapi masih mengecualikan produk-produk tertentu, termasuk anggur Italia.

Bea masuk AS  yang baru itu akan menargetkan sweater, wol, kasmir, dan barang-barang pakaian lainnya yang diproduksi di Inggris, serta zaitun yang berasal dari Spanyol, Prancis dan Jerman. Selain itu, bea masuk 10 persen akan dikenakan pada “pesawat sipil besar.”

Bea masuk baru ini akan mulai diberlakukan pada 18 Oktober nati.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Perwakilan Dagang AS pada hari Rabu menekankan bahwa Washington “memiliki wewenang untuk menaikkan tarif setiap saat” ,  termasuk kenaikan hingga 100 persen  “atau dengan mengganti produk yang terpengaruh,” tetapi untuk saat ini kebanyakan baru akan diterapkan secara terbatas.”

Langkah ini dilakukan setelah keluar keputusan dari Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) yang melihat  Boeing telah merugi  sekitar $7,5 miliar per tahun  karena adanya pinjaman bersubsidi yang diberikan oleh pemerintah Eropa kepada pesaing berat Boeing yaitu Airbus. Pabrikan pesawat itu Eropa itu telah mengajukan keluhan serupa kepada  WTO, dan saat ini masih menunggu keputusan.

Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire pada bulan September memperingatkan bahwa Eropa “siap bereaksi” dengan perubahan bea masuknya sendiri jika Washington terus menerapkan bea masuk baru, tetapi masih berharap dilakukan  “perjanjian persahabatan” dengan perwakilan perdagangan AS.

 

PETINGGI PAKISTAN :  KONFLIK KHASMIR BISA DENGAN CEPAT MENJADI PERANG NUKLIR

Indian Border Security Force soldiers patrol the India-Pakistan border area at Ranbir Singh Pura, about 35 kilometers (22 miles) from Jammu, India, Saturday, Sept. 24, 2016

Konflik antara musuh bebuyutan Pakistan dan India dapat memicu perang nuklir yang dapat membunuh jutaan orang, kata Masood Khan, penguasa Kashmir untuk wilayah yang dikuasai Pakistan

Dia mengatakan Pakistan tidak menginginkan perang , tapi  jika dipaksa masuk ke dalam situasi seperti itu maka Islamabad tidak akan ragu untuk membalas.

Khan mengatakan,  bahkan konflik militer terbatas saja antara kedua negara dapat berkembang menjadi perang nuklir dan konsekuensinya tidak hanya akan merusak tetapi juga meluas.

Jika perang pecah antara India dan Pakistan, maka perang itu akan cepat menjadi perang yang  kotor dan mematikan. Itu akan menjadi Armagedon, ratusan juta orang akan mati di Asia Selatan, dan 2,5 miliar orang akan terkena radiasi di seluruh dunia,” Khan menambahkan.

Melihat realita ketegangan yang  ada saat ini antara Islamabad dan New Delhi atas sengketa Kashmir, maka pada titik tertentu komunitas internasional harus campur tangan dan memberikan  tekanan kepada India.

Pekan lalu, saat menghadiri sesi ke-74 Majelis Umum PBB (UNGA), PM Pakistan Imran Khan memperingatkan tentang kemungkinan “pertumpahan darah” yang terjadi di wilayah Kashmir yang disengketakan  mengisyaratkan bahwa senjata pemusnah massal dapat digunakan untuk melawan India jika perang pecah.

Pada bulan Agustus lau, India telah mencabut status otonomi khusus Jammu dan Kashmir yang telah diberikan kepada wilayah tersebut  sejak 75 tahun lalu. Keputusan itu tidak sesuai keinginan dengan Pakistan, dan menuduh New Delhi melanggar resolusi PBB dan Perjanjian bilateral Simila tahun 1972. Sejak keputusan India  itu, Islamabad kemudian melancarkan serangan diplomatik dan ekonomi terhadap New Delhi.

India secara konsisten menyatakan bahwa keputusan untuk mencabut status otonomi khusus Jammu dan Kashmir adalah masalah internal dan tidak akan mentolerir campur tangan pihak ketiga.

India dan Pakistan telah berperang dua kali soal  Kashmir, yang keduanya mengklaim sepenuhnya sebagai miliknya. Mereka juga sering terlibat dalam pertempuran kecil lintas-perbatasan  di Jammu dan Kashmir di sepanjang Garis perbatasan yang memisahkan kekuasaan kedua belah pihak.

 

KOREA UTARA UJI COBA RUDAL YANG DILUNCURKAN DARI KAPAL SELAM 

RT: Kim Jong Un North Korea missile launch 171129-004

Korea Utara melakukan uji coba rudal pada hari ini Rabu, jenis rudal balistik tersebut diluncurkan dari kapal selam, kata para pejabat Korea Selatan dan AS.

Uji coba kali ini  adalah ujia coba pertama rudal rudal Korea Utara yang ditembakkan dari bawah air dalam tiga tahun ini, dan itu dilakukan  hanya beberapa hari sebelum dimulainya kembali pembicaraan nuklir dengan Amerika Serikat.

Seorang pejabat AS. mengatakan kepada koresponden senior pertahanan nasional CBS News David Martin bahwa Korea Utara telah melakukan uji coba rudal balistik jarak sedang berbasis kapal selam , tapi diluncurkan dari darat , jadi sebenarnya tidak diluncurkan dari kapal selam.

Rudal itu terbang sekitar 280 mil pada ketinggian maksimum 565 mil setelah lepas landas dari tempat yang tidak ditentukan di dekat kota pesisir utara Wonsan, Korea Utara, kata Kepala Staf Gabungan Seoul dalam sebuah pernyataan. Militer Korea Selatan mengatakan pihaknya sedang bekerja sama dengan otoritas intelijen AS untuk menganalisis rincian peluncuran itu.

Sebelumnya, PM Jepang Shinzo Abe mengutuk peluncuran itu , yang dikatakannya sebagai  dua rudal balistik, salah satunya jatuh di perairan Zona Ekonomi Eksklusif Jepang (EEZ), dia menyebut hal itu adalah pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Kesimpulan kita saat ini, tampaknya hanya satu rudal diluncurkan dan itu terpisah  menjadi dua sebelum jatuh kelaut. Kami sedang melakukan analisis atas rinciannya, ” Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan pada konferensi pers.

 

RUSIA UJI COBA RUDAL ANTI KAPAL DI DEKAT ALASKA

Rudal  Oniks menggunakan  mesin ramjet yang mampu meningkatkan kecepatannya samapi ke Mach 2 (2x kecepatan suara) dan terbang pada ketinggian sangat rendah,  hal ini membuatnya sulit untuk dicegat sistem pertahanan udara, dan memiliki jangkauan hingga 600 km (373 mil).

 

AS HAMPIR RAMPUNGKAN KONSTRUKSI SISTEM PERTAHANAN UDARA DI POLANDIA

Image

Moskow telah berulang kali menyuarakan keprihatinannya atas penyebaran  sistem pertahanan udara  AS di Polandia dan Rumania, Moskow menuduh bahwa system peluncur pencegat MK-41 juga  dapat dengan mudah digunakan untuk menembakkan rudal jelajah Tomahawk berkepala nuklir dengan sasaran di dalam Rusia.

Pembangunan fasilitas pertahanan udara Aegis Ashore AS di Redzikowo  Polandia utara sudah hampir selesai. Dimana  direktur Badan Pertahanan Rudal AS Wakil Laksamana Jon Hill telah melakukan  inspeksi pada fasilitas akhirnya pekan lalu, Defence blog melaporkan.

Jon Hill dilaporkan telah  memeriksa beberapa situs di pangkalan itu, termasuk unit multifungsi ,perumahan, dapur, dan bagian dalam dari struktur deckhouse system Aegis Ashore, yang berisi sistem komando dan sistem kendali.

Awal tahun ini, Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS melaporkan banyak keterlambatan di fasilitas Aegis Ashore Polandia, memperkirakan bahwa sistem ini beum  akan beroperasi sampai setidaknya 18 bulan , seprti yang direncanakan Desember 2018 , karena kegagalan pengujian rudal dan masalah dengan kontraktor lokal.

Pentagon menegaskan bahwa sistem Aegis Ashore yang berbasis di Polandia dan juga ada di Rumania dirancang untuk melindungi negara  anggota NATO diEropa dari ancaman rudal balistik musuh (Rusia) yang “diluncurkan dari luar kawasan Euro-Atlantik.”  Sistem ini menampung beberapa modul peluncuran yang meliputi Standard interceptors Missile-3, yang merupakan  versi darat dari sistem peluncur  vertikal Mk-41 (VLS).

Para pejabat dan analis pertahanan Rusia telah berulang kali menyuarakan keprihatinannya  tentang pengerahan Mk-41 yang merupakan sistem pertahanan yang berfungsi ganda, yaitu selain sebagai pencegat, juga dapat digunakan untuk meluncurkan  berbagai macam senjata ofensif, termasuk Tomahawk yang berkemampuan nuklir.

Rudal Tomahawk sendiri (jika dipasang diPolandia atau Romania) akan dapat digunakan untuk menyerang target di dalam area Rusia hanya dengan waktu penerbangan beberapa menit saja.

Pada tahun 2016, ketika AS bekerja untuk menyelesaikan fasilitas Aegis Ashore di Rumania, dan mengumumkan rencana untuk membangun system  kedua di Polandia, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa Rusia mungkin akan dipaksa untuk menargetkan wilayah negara-negara ini dengan rudal Rusia jika terjadi perang.

Mulai tahun 2000-an, Washington berusaha meyakinkan (membohongi) Rusia bahwa fasilitas ABM (anti Ballitic Missile) yang berbasis di Eropa itu diarahkan ke ‘negara-negara jahat’ seperti Korea Utara atau Iran. Rusia kemudian mengusulkan pembentukan perisai pertahanan rudal Eropa bersama untuk menyatukan kekhwatiran ini, tetapi Washington menolak, hal ini mendorong Moskow untuk mulai membangun perisai rudal versi baru guna mencegat  rudal hipersonik, yang diresmikan oleh Presiden Putin pada 2018.

Pada awal Agustus lalu, AS secara resmi menarik diri dari Perjanjian senjata Nuklir Jarak Menengah, sebuah perjanjian tahun 1987 yang melarang Washington dan Moskow mengembangkan, membangun, dan mengerahkan rudal darat berkepala nuklir yang berjangkauan 500 hingga 5.500 km.

Beberapa minggu kemudian, AS melanjutkan pengujian rudal jelajah Land Attack Tomahawk baru, yang kemudian mendorong Putin untuk memerintahkan  “respons yang serupa .”   Bulan lalu, Putin mengungkapkan bahwa Rusia juga akan mengembangkan rudal-rudal darat yang berjangkauan  500-5.500.  tetapi Rusia menyebut tidak akan mengerahkannya  kecuali jika AS melakukannya terlebih dahulu.

 

RUSIA UJI COBA RUDAL BALISTIK ANTAR BENUA TOPOL-M

Rusia telah sukses melakukan uji coba peluncuran  rudal balistik antar benua yang berbahan bakar padat  Topol-M berbasis pangkalan tetap di kosmodrom Plesetsk.

Image result for TOPOL M PIC

TOPOL-M VERSI MOBILE

Uji coba ini  ditujukan untuk memastikan  kinerja penerbangan sitem rudal, juga kesiapan teknis Topol-M ICBM pada tugas tempur dalam kesatuan Pasukan Rudal Strategis. Uji coba dilakukan dengan target yang berlokasi di Semenanjung Kamchatka.

 

KOALISI SAUDI LAKUKAN SERANGAN KEPOSISI HOUTHI DIPERBATASAN DENGAN YAMAN

Selasa kemarin, Koalisi pimpinan Saudi dan pasukan sekutunya di Yaman melancarkan operasi besar di sepanjang perbatasan Yaman yang  menargetkan posisi pasukan Houthi (Ansarallah) di provinsi Asir.

Serangan Saudi itu didukung oleh payung udara dari helikopter tempur, serangan dimulai pagi ini di daerah Abwab Al-Hadid di provinsi Asir.

Menurut laporan dari Yaman utara, Koalisi pimpinan Saudi mampu membuat kemajuan kecil di daerah Abwab Al-Hadid setelah berlangsung pertempuran sengit dengan pasukan Houthi.

Pada saat yang sama, Koalisi yang dipimpin Saudi telah melancarkan beberapa serangan udara di perbatasan prrovinsi Hajjah dan Saada di perbatasan Yaman-Saudi.

Pasukan Saudi berusaha untuk mengganggu jalur pasokan Houthi ke wilayah perbatasan ini.

Selama akhir pekan, pasukan Houthi melakukan serangan besar terhadap pertahanan Koalisi pimpinan Saudi di Provinsi  Najran; serangan Houthi ini mengakibatkan kerugian besar bagi yang diakhiri penangkapan banyak personil militer Saudi.

TENTARA SURIAH DISIAGAKAN ANTISIPASI KEMUNGKINAN SERANGAN ISRAEL KE ALBUKAMAL

Dibukanya jalur baru lintas batas antara Iraq dan Suriah sepertinya menimbulkan kekhawatiran baru bagi Israel . Israel khawatir jalur baru ini akan dipakai oleh Iran untuk mengirimkan senjata ke Suriah dan Lebanon.

Angkatan Bersenjata Suriah melakukan beberapa langkah pencegahan di dekat perbatasan  Suriah- Iraq yang baru dibuka di kota Albukamal, sumber militer mengatakan kepada Al-Masdar News pagi ini.

Sumber itu mengatakan kepada Al-Masdar kemarin bahwa militer Suriah telah meningkatkan status siaga mereka setelah persiapan terakhir mereka selesai; namun, tampaknya angkatan bersenjata tidak memiliki rencana untuk menurunkan tingkat siaga ini dalam waktu dekat.

Militer Suriah dan Hizbullah menuduh Israel telah  membom Albukamal pada bulan September, meskipun Tel Aviv diam saj mengenai masalah ini.

Senin kemarin, Pemerintah Irak menuduh Israel teklah melakukan serangan terhadap markas pasukan Hashd Al-Sha’abi (Mobilisasi umum) di Provinsi Salaheddine pada tanggal 19 Juli lalu. Serangan terhadap instalasi Hashd Al-Sha’abi ini menandai serangan pertama Israel dalam beberapa tahun ini keIrak.

AS COBA GUNAKAN ISIS UNTUK GAGALKAN PEBUKAAN LINTAS BATAS BARU ANTARA SURIAH-IRAK 

AS menggunakan metode berbeda (menggunakan ISIS) untuk mencegah dibukanya penyeberangan untuk umum anatar Suriah-Irak baru di Albukamal / Al-Qa’im , Sputnik News Agency Arabic melaporkan.

Menurut publikasi, secara langsung atau tidak langsung AS menggunakan ISIS untuk menyerang wilayah perbatasan dalam upaya untuk memblokir menggagalkan pembukaan gerbang lintas batas ini.

“Upaya ISIS untuk melancarkan serangan datang dari perintah militer Amerika karena AS telah mengamankan/menjaga unit ISIS di wilayah tersebut, mereka juga mendukung ISIS dan menggunakannya untuk tujuan  khusus, ”kata sumber lapangan Suriah kepada Sputnik, Senin.

Dia mengatakan bahwa pasukan intelijen dan logistik Angkatan Darat Suriah dengan cepat bereaksi terhadap serangan teroris itu, dan berhasil membunuh beberapa dari anggota ISIS itu dan memaksa yang lain  melarikan diri dari wilayah tersebut.

Sumber itu menambahkan bahwa tujuan serangan tersebut adalah untuk memberikan dukungan bagi rencana AS / Israel untuk memblokir dibukanya persimpangan baru Iraq-Suriah.

Kota Al-Qa’im adalah  sebuah kota di Irak yang terletak di dekat perbatasan strategis yang menghubungkan dengan kota Albukamal di Suriah, kota itu direbut kembali oleh tentara Irak dari ISIS Desember lalu.

MEMASUKI MASJID AL-AQSA ADALAH DILARANG DALAM TAURAT – TWEET SEORANG BANI ISRAEL ANTI ZIONIS 

“Kami menyatakan bahwa, Memasuki Masjid  al-Aqsa (bagi umat Yahudi) adalah  melanggar larangan dalam Kitab Suci Taurat. Ini telah menjadi masalah sejak  kami diusir dari tanah kami karena dosa-dosa kami dan Kuil kami dihancurkan. Orang Yahudi dilarang menginjakkan kaki di tanah Temple Mount (lokasi Masjid Al Aqsa).”

Yang cukup mengagetkan dari tweet itu adalah, bahwa  ternyata sebagian Bani Israel , terutama yang anti zionis juga tahu bahwa dulu mereka diusir oleh Allah (dua kali) dari Yerusalem adalah karena dosa-dosa mereka.  

VIDEO PENDEK SAAT SERANGAN DRONE DI KILANG MINYAK SAUDI 

Ini adalah video pendek yang menampilkan rekaman saat Drone-Drone Houthi yang terbang rendah menghantam Kilang Minayk Saudi 14 sept lalu.

Beberapa video yang pernah beredar dua minggu ini hanya menampilkan  after match dan kebakaran yang terjadi setelahnya.

 

SETELAH DUA SERANGAN BESAR HOUTHI, SIKAP MBS  MELUNAK TERHADAP IRAN

This image grab shows Saudi Arabia's Crown Prince Mohammad bin Salman appearing in an interview aired by CBS News on September 29, 2019. (Photo via CBS)

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS) telah memperingatkan bahwa perang dengan Iran akan menyebabkan “kehancuran total ekonomi global,”  dia menyerukan penyelesaian “damai” dengan Teheran dalam sebuah terobosan nyata.

Berbicara saat wawancara dengan CBS News yang ditayangkan pada hari Minggu, MBS mengatakan “solusi politik dan damai jauh lebih baik daripada solusi militer” dalam ketegangan dengan Teheran.

“Wilayah ini mewakili sekitar 30% dari pasokan energi dunia, sekitar 20% dari bagian perdagangan global, sekitar 4% dari PDB dunia. Bayangkan jika ketiga hal ini berhenti, ”kata putra mahkota MBS.

MBS  mendesak “dunia” untuk mengurangi ketegangan (dengan Iran), dia mengatakan eskalasi lebih lanjut di kawasan ini dapat mendorong harga minyak ke “angka yang sangat tinggi yang belum pernah kita alami  dalam hidup kita.”

Sementara sekutu dekat Saudi UEA, lewat Menlunya Anwar Gargash membuat pernyataan serupa dalam sebuah editorial  yang diterbitkan Financial Times pada hari Minggu. Gargash  menyerukan dilakukan pembicaraan dengan Iran dalam upaya untuk mengurangi ketegangan dan “mengurangi potensi kesalahan perhitungan, salah langkah, dan pembalasan di semua sisi”.

Komentar MBS dan  Gargash, mewakili sebuah terobosan tajam dengan retorika provokatif mereka di masa lalu yang selalu melawan Iran. Pada bulan Mei 2017, putra mahkota Saudi itu menuduh Teheran berusaha untuk mendominasi dunia Muslim dan berjanji untuk melakukan  perang dengan Iran dengan menyerang “di dalam wilayah Iran.”

Sejak saat itu Arab Saudi  telah menjadi pendukung utama kampanye “tekanan maksimum” Washington terhadap Teheran, dan berjanji untuk meningkatkan produksi minyaknya untuk melemahkan ekonomi Iran dan memperkuat hubungan dengan berbagai kelompok  (negara teluk dan barat) dalam kampanye anti-Iran.

 

IRAN SAMBUT BAIK JIKA SAUDI BENAR-BENAR INGIN HENTIKAN AGRESINYA DI YAMAN

Iranian administration's spokesman Ali Rabiei speaks during a news conference in the capital Tehran on July 22, 2019. (Photo by AFP)

Juru bicara pemerintahan Presiden Iran Hassan Rouhani telah mengkonfirmasi bahwa para pemimpin Saudi telah mengirim pesan kepada presiden Iran melalui seorang kepala negara lain, tapi  tidak memberikan rincian tentang  pesan-pesan itu.

Dalam Konferensi pers mingguan di Teheran senin kemarin, Juru bicara Presiden Iran Ali Rabiei mengatakan “Ya, memang benar bahwa mereka (Saudi) telah mengirim pesan kepada Presiden  Rouhani melalui kepala negara lain,” kata Rabiei, menambahkan,

“Kita harus melihat tanda-tanda (niat baik) Saudi  itu tanpa ambiguitas apa pun, dan tanda pertama adalah untuk menghentikan agresinya  terhadap Yaman dan mengakhiri pembantaian rakyat Yaman.”

Juru bicara Iran itu mengatakan serangan balasan Yaman di Arab Saudi membuktikan “kekuatan militer” pasukan Yaman, dia menambahkan bahwa Riyadh sebelumnya telah membantah  kekuatan bahwa Houthi mampu melakukan ini, tetapi serangan Yaman terhadap fasilitas penyulingan minyak raksasa Saudi, Aramco membuktikan kekuatan mereka.

Iran akan menyambut baik perubahan “tulus” dalam perilaku Saudi, Rabiei mencatat, “Jika mereka benar-benar berusaha mengubah perilaku mereka, kami akan menyambut itu.”

Ditanya tentang prospek hubungan Teheran-Riyadh, Rabiei mengatakan, “Pesan Iran sudah jelas sejak awal; kami ingin dihentikan  agresi dan pembantaian Saudi di Yaman dan mempertimbangkan gencatan senjata untuk solusi  konflik ini. “

Iran masih mendukung gencatan senjata sebagai solusi untuk konflik Yaman dan akan melakukan yang terbaik untuk berkontribusi pada tujuan ini, dia menekankan. bahwa Angkatan bersenjata Yaman mengumumkan pada hari Sabtu lalu bahwa tiga brigade militer Saudi benar-benar telah dihancurkan setelah mereka melakukan serangan militer skala besar di wilayah perbatasan selatan Saudi, Najran.

 

VIDEO  PENANGKAPAN RATUSAN MILISI ARAB SAUDI YANG AKAN MEMASUKI YAMAN

Hari minggu kemarin, Pasukan Houthi Yaman merilis rekaman yang menunjukkan serangan  pada pasukan Saudi dan ratusan ditangkap setelah serangan di dekat perbatasan Saudi, dalam sebuah konferensi pers di lokasi yang dirahasiakan.

Rekaman itu menunjukkan serangan terhadap konvoi militer dengan simbol-simbol Saudi serta menyita senjata dan amunisi. “Operasi ini dianggap sebagai salah satu operasi militer utama yang dilakukan secara efisien oleh pasukan kami dalam menghadapi agresi terhadap negara kami.

“Ini adalah salah satu taktik terbesar guna menjebak  pasukan musuh dan tentara bayaran sejak awal agresi terhadap kami negara,” kata Brigadir Jenderal Yahia Sarie, juru bicara pasukan Houthi, selama jumpa pers.

Sarie menambahkan para tawanan Saudi akan diperlakukan ‘sesuai dengan etika dan adat istiadat, berdasarkan kesepakatan untuk menukar tawanan perang dengan para agresor.’

Pejabat militer itu mengatakan pasukan (Houhi) Yaman telah membunuh sekitar 200 tentara bayaran yang didukung Saudi dan menahan 2.000 orang lainnya dalam serangan itu.

Gerakan Yaman Houthi Ansarullah juga mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa operasi itu menimbulkan kerugian dramatis pada fihak Saudi, baik dalam hal jumlah perangkat militer maupun jumlah  personel. 

Para pejabat Saudi belum adanya mengakui serangan itu. Menurut pasukan Yaman yang bersekutu dengan koalisi pimpinan Saudi, orang-orang yang ditangkap itu adalah milisi  yang direkrut secara tidak resmi.

This entry was posted in Update WW3 2019 and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 34 = 43