Update WW3 JUL 2019

IRAN MENGKLAIM MAMPU MENDETEKSI PESAWAT SILUMAN F-35 AS

Iran Qaher-313 jet prototype

Iran mengklaim mampu mendeteksi pesawat siluman AS, Komandan Pasukan Pertahanan Udara Angkatan Darat Iran Alireza Sabahi Fard mengatakan hari Senin kemarin.

“Hari ini, Iran dapat mendeteksi berbagai jenis pesawat siluman, dan ini hanya sebagian dari kemampuan kami,” kata Fard seperti dikutip oleh Kantor Berita Iran Mehr.

“Hari ini kami mandiri dalam mengembangkan sistem radar dan mampu mendeteksi berbagai pesawat AS modern.” Dia menambahkan bahwa, “Kekuatan pertahanan kita telah membuat musuh sadar bahwa jika mereka terlibat dalam konflik dengan kita, mereka akan menderita kerusakan parah.”

Fard  sebelumnya menjabat sebagai komandan Pangkalan Pertahanan Udara Khatam ol-Anbiya Angkatan Darat Iran menggantikan Brigjen Farzad Ismailiyah setelah muncul sebuah laporan di koran Kuwait Al-Jarida bahwa jet F-35i Adir Israel mampu menembus wilayah udara Iran pada Maret 2018 dan terbang di atas pangkalan sensitif di seluruh negara itu tanpa terdeteksi.

Angkatan Udara Israel saat ini memiliki 16 pesawat F-35i Adir dan diperkirakan akan menerima total 50 pesawat untuk membentuk dua skuadron penuh pada tahun 2024.

Pesawat F-15i Adir Israel pernah ambil bagian dalam beberapa operasi di wilayah tersebut selama dua tahun terakhir, ini membuat Israel mengklaim sebagai negara pertama yang menggunakan tempur siluman dalam operasi tempur di wilayah tersebut.

 

RUSIA DAN IRAN SEPAKAT AKAN GELAR LATIHAN  MILITER LAUT DISELAT HORMUZ

PressTV-Iran, Russia navies to stage joint drill in Persian Gulf

Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Muda Hossein Khanzadi mengatakan Iran dan Rusia telah sepakat untuk melakukan latihan angkatan laut bersama di wilayah Teluk Persia “dalam waktu dekat.”

Khanzadi, yang menghadiri perayaan Hari Angkatan Laut Rusia di Saint Petersburg, Rusia, menyatakan hal itu dalam sebuah wawancara dengan Kantor Berita Iranpada hari Senin kemarin, dia mengatakan kedua belah pihak telah mencapai kesepakatan untuk mengadakan latihan di Samudera Hindia, perairan Makran , Selat Hormuz dan Teluk Persia pada akhir tahun ini.

Khanzadi mengatakan sebuah perjanjian telah ditandatangani dengan Kementerian Pertahanan Federasi Rusia atas nama Staf Umum Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran.

Kepala Angkatan Laut Iran itu lebih lanjut mencatat bahwa perjanjian itu adalah untuk yang pertama kalinya  antara Teheran dan Moskow dan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama militer antara kedua negara khususnya berkaitan dengan  angkatan laut

 

PASUKAN SURIAH GAGALKAN UPAYA MILITAN MEREBUT KEMBALI BUKIT TAL-MALAH DIHAMA

Tak lama setelah kehilangan puncak bukit penting Tal Malah di barat laut Hama, para militant dari Hay’at Tahrir Al-Sham dan sekutu mereka dari Jaysh Al-Izza berkumpul untuk melakukan serangan balasan untuk merebut kembali area strategis  ini dari Tentara Arab Suriah (SAA).

Namun, ketika para militant itu mulai berkumpul di dekat kota Jibeen, pesawat pengintai Rusia melihat para militan dan segera memberikan koordinat ke armada udara mereka.

Menurut sumber militer di Hama, pasukan udara Suriah dan Rusia kemudian membom lokasi berkumpulnya militant itu, dan memaksa mereka untuk membubarkan diri sebelum mereka dapat melancarkan serangan balik terhadap Tentara Arab Suriah.

Serangan-serangan oleh pasukan udara Rusia dan Suriah terbukti sangat penting, karena mereka mampu memberi cukup waktu bagi pasukan darat mereka untuk mempertahankan bukit  Tal Malah untuk pertama kalinya sejak mereka kehilangan puncak bukit itu pada akhir Juni.

Berkat  kemajuan mereka pada hari Minggu malam itu, Tentara Arab Suriah dapat membuka kembali jalan utama antara Sqaylabiyeh ke Mhardeh untuk pertama kalinya sejak Juni lalu.

 

KEBRUTALAN KOALISI ARAB SAUDI DI YAMAN MASIH AKAN TERUS BERLANGSUNG

Image result for YEMEN WAR PIC

Senin kemarin senat AS telah gagal melawan veto dari Presiden Trump atas RUU yang  melarang  penjualan senjata tertentu kepada  Arab Saudi dengan pemungutan suara 45-40. (Artinya AS masih akan terus menjual senjatanya ke Arab Saudi)

RUU tersebut tadinya dimaksudkan sebagai  upaya terbaru dari Kongres AS untuk menghukum Arab Saudi atas kebrutalan  perang yang dilakukannya  di Yaman dan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, kedua alasan itu  terkait dengan penguasa Saudi de-facto Putra Mahkota Mohammed bin Salman.

Pekan lalu, Donald Trump telah memveto sejumlah resolusi yang sebelumnya  telah disahkan Konggres AS itu secara bipartisan, yang melarang penjualan  senjata ke Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan negara-negara lain, karena kekhawatiran senjata itu akan terus digunakan untuk membantai  warga sipil di Yaman.

Related image

Sebuah laporan hak asasi manusia PBB yang dirilis tahun lalu menyebut bahwa  sebagian besar dari 16.000 kematian warga sipil di Yaman adalah karena serangan udara koalisi yang dipimpin Saudi yang menyasar rumah sakit, sekolah, dan pasar terbuka.

Laporan tersebut mencatat bahwa semua pihak dalam konflik kemungkinan bertanggung jawab atas kejahatan perang ini.

 

KAPAL PERANG INGGRIS HMS DUNCAN TIBA DI PERAIRAN TELUK

HMS Duncan, kapal perusak pertahanan udara tipe 45 Inggris telah tiba di Teluk Persia untuk mengawal kapal-kapal dagang Inggris, seminggu setelah pasukan Iran menangkap sebuah kapal tanker minyak berbendera Inggris,  pemerintah Inggris menyatakan pada hari Minggu.

Awal bulan ini, HMS Duncan akan ikut latihan  Sea Breeze 2019 dilaut Hitam, yang melibatkan angkatan laut utama Inggris dengan NATO dan negara-negara mitranya.

“Kami telah bergerak guna  penyebaran yang intens di Laut Tengah dan Laut Hitam, yang termasuk dukungan kepada satuan tempur kapal induk Prancis dengan operasi langsung di Suriah,” kata Tom Trent, komandan kapal.

“Angkatan Laut Inggris terus memberikan kemampuan yang konsisten, abadi, dan berkelas dunia di kawasan ini , HMS Duncan dengan bangga mendukung operasi vital ini dan siap memainkan perannya.”

Presiden Iran Rouhani menggambarkan kehadiran pasukan asing sebagai faktor utama yang memicu ketegangan di Timur Tengah. Kapal perusak Inggris itu dijadwalkan akan menyelesaikan misinya tugas pada akhir Agustus, dan akan diganti pada akhir tahun ini dengan kapal HMS Kent HMS, sebuah fregat Tipe 23.

Angkatan Laut Inggris telah mengumumkan pengerahannya hampir tiga minggu lalu, setelah HMS Montrose, sampai sekarang menjadi satu-satunya kapal perang Inggris yang ada di daerah itu , yang  diduga telah konfrontasi dengan kapal-kapal Iran.

 

VIDEO : SERANGAN MASIV TENTARA SURIAH UNTUK MEREBUT BUKIT STRATEGIS DI HAMA 

Semalam , Tentara Arab Suriah melancarkan serangan penting  untuk merebut kembali puncak bukit Tal Malah di Hama timur laut.

Sebelum menyerbu Tal Malah, Pasukan ‘Tiger Force”  Angkatan Darat Suriah melancarkan serangan besar-besaran terhadap posisi pertahanan militan  sebelum akhirnya mereka merebut puncak bukit utama itu.

 

SURIAH TOLAK ZONA AMAN BENTUKAN AS DAN TURKI, DAN  MINTA KEDUA AGRESOR ITU KELUAR DARI SURIAH

Kemenlu Suriah mengeluarkan pernyataan yang menolak pembicaraan  AS-Turki tentang penerapan zona aman di Suriah utara.

Sebuah sumber resmi di Kemenlu Suriah mengatakan kepada SANA Jumat lalu,  bahwa “Suriah menyatakan kecaman keras atas campur tangan AS yang terus menerus  diSuriah, yang hanya “merusak”,  memperpanjang dan mempersulit krisis diSuriah.”

Sumber itu menambahkan bahwa Suriah mengulangi penolakan atas semua bentuk zona aman yang dibentuk AS danTurki, yang merupakan agresi terang-terangan pada integritas teritorial Suriah dan persatuan nasional.
Sumber itu menambahkan bahwa dalih yang dikeluarkan  oleh rezim Turki dalam agresinya  di Suriah  dengan berkedok  melindungi keamanan nasionalnya tidak sejalan  dengan perilaku dan kebijakan rezim ini, yang jelas telah menjadi basis  bagi terorisme.

“Suriah, yang telah menghadapi semua bentuk terorisme selama delapan tahun, dan menegaskan kembali upaya berkelanjutan untuk membasmi sisa-sisa terorisme sampai sepenuhnya diberantas dari semua wilayah Suriah. Juga secara bersamaan  menghadapi semua proposisi separatis yang mengancam Suriah. kedaulatan dan integritas teritorial, ” kata sumber di Kemenlu Suriah.

 

TURKI BERTEKAD AKAN MELENYAPKAN KURDI DIPERBATASAN SURIAH

Turki sedang mempertimbangkan untuk melakukan invasi lintas perbatasan baru ke Suriah utara setelah pembicaraan gagal dengan AS mengenai penerapan zona aman di sepanjang perbatasan.

Pada hari Jumat, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melanjutkan retorika agresifnya, bersumpah untuk memulai operasi melawan pasukan pimpinan Kurdi di Suriah, terlepas dari apakah zona aman diterapkan.

“Apa pun hasil dari pembicaraan zona aman dengan AS, kami akan melenyapkan (Kurdi) ditimur Sungai Eufrat”, kata Erdogan, merujuk pada area yang dikuasai oleh pemerintahan otonom dan milisi yang didominasi Kurdi.

“Mereka yang berperilaku seperti orang kuat regional sementara percaya pada perlindungan pasukan asing (AS), akan merendahkan diri mereka atau akan menuju ke kuburan mereka,” kata Erdogan yang ditujukan kepada para pemimpin provinsi Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP).

Turki, yang menganggap Pasukan Demokrat Suriah (SDF) dan Unit Perlindungan Rakyat (YPG) sebagai cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang terlarang, sedang mencari cara untuk merebut  wilayah yang dipegang oleh pasukan pimpinan Kurdi, meski ada  pasukan Koalisi AS.

 

RUDAL BARU YANG DILUNCURKAN KORUT HAMPIR MUSTAHIL UNTUK BISA DICEGAT

A man watches a TV news program showing a file image of a missile being test-launched by North Korea, at Seoul Railway Station in Seoul, South Korea. (File)

Rudal  Korea Utara yang baru saja diuji coba dua hari lalu memiliki lintasan yang tidak teratur dan terbang pada ketinggian yang lebih rendah daripada rudal balistik konvensional yang membuatnya sulit untuk mencegatnya, kata Kemenhan Jepang, seperti dikutip oleh NHK boradcaster.

Dengan demikian, para pejabat pertahanan Jepang mengakui bahwa jenis rudal ini dapat dipastikan dapat mencapai daratan Jepang, ini  berdasarkan penelitian  militer AS dan Korea Selatan  terhadap rudal Korut  yang diluncurkan hari Kamis itu, tambah laporan itu.

Menurut penyiar NHK, Jepang bertekad untuk melakukan tindakan penanggulangan yang tepat dalam kerja sama erat dengan Amerika Serikat.

Pada hari Kamis, Korea Utara menembakkan dua proyektil dari daerah yang dekat dengan kota pesisir Wonsan. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan kemudian mengatakan bahwa peluncuran itu adalah uji coba dua rudal jarak pendek yang terbang sekitar 267 mil pada ketinggian 31 mil sebelum jatuh ke Laut Jepang.

Pada hari Jumat, media yang dikelola pemerintah Korea Utara melaporkan bahwa peluncuran itu merupakan uji coba senjata pemandu taktis baru dan disaksikan langsung oleh petinggi Korut Kim Jong-un.

 

SATU LAGI ULAMA KRITIS ARAB SAUDI YANG TERANCAM HUKUMAN MATI

Imprisoned Saudi Muslim cleric Sheikh Salman al-Awdah (file photo)

Direktur Riset Timur Tengah pada Amnesty International Lynn Maalouf mengatakan bahwa organisasi hak asasi manusia yang berbasis di London memiliki keprihatinan serius bahwa Ulama Arab Saudi berusia 61 tahun, Salman al-Awdah  kemungkinan akan dijatuhi hukuman mati. Salman  akan diadili di pengadilan Kriminal Khusus di Riyadh pada 28 Juli 2019.
“Kami sangat prihatin bahwa Sheikh Salman al-Awdah akan dihukum mati dan dieksekusi. Sejak penangkapannya hampir dua tahun yang lalu, Sheikh al-Awdah telah melalui siksaan yang mengerikan, termasuk penahanan pra-persidangan yang berkepanjangan, berbulan-bulan kurungan isolasi, penahanan tanpa boleh berkomunikasi, dan perlakuan sewenang-wenang lainnya, semua adalah pelanggaran yang mencolok terhadap hak atas pengadilan yang adil , ” Kata Maalouf.
Lebih  lanjut dia  menyoroti bahwa persidangan mendatang kepada Sheikh al-Awdah serta para aktivis lainnya, termasuk 37 orang yang dieksekusi April lalu adalah bermotivasi politik dan bermaksud membungkam suara-suara independen di Arab Saudi.
“Sheikh al-Awdah menyerukan masyarakat yang lebih inklusif yang akan mengakhiri marginalisasi warga Syiah di Saudi. Untuk upaya inilah dia ditahan.
Surat kabar berbahasa Arab Okaz melaporkan, bahwa  pada 4 September 2018 lalu  jaksa penuntut umum Saudi telah menerapkan 37 tuduhan terhadap Awdah, dan bahkan menuntutnya dengan  eksekusi mati.
Awdah adalah asisten sekretaris jenderal Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional (IUMS), yang oleh rezim Riyadh disebut  sebagai organisasi teroris.
Pemerintah Saudi menahan cendekiawan Muslim terkemuka itu pada 7 September 2018  lalu, dan sejak itu telah ditahan di sel isolasi tanpa tuduhan atau pengadilan. Para pejabat Saudi juga telah memberlakukan larangan perjalanan (keluar negeri) kepada para anggota keluarganya.
Seorang anggota keluarga mengatakan kepada Human Rights Watch bahwa ulama terkemuka itu ditahan karena menolak  perintah dari otoritas Saudi untuk menulis tweet  tertentu guna mendukung blokade terhadap Qatar yang dipimpin Saudi.
Tapi Sheikh Awdah malah memposting tweet, yang mengatakan seruan rekonsiliasi bagi negara negara diteluk Persia : “Semoga Tuhan menyelaraskan hati mereka untuk kebaikan rakyat mereka,” , kata kelompok hak asasi manusia yang berbasis di AS dalam sebuah pernyataan.
Pada 5 juni 2018 lalu , Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutus hubungan diplomatik dengan Qatar, setelah secara resmi menuduh Qatar sebagai negara “pensponsor terorisme.”
Pada Januari 2016, otoritas Saudi mengeksekusi ulama Syiah, Sheikh Nimr Baqir al-Nimr, yang merupakan pengkritik blak-blakan terhadap kebijakan rezim Riyadh.

 

KALOMPOK KURDI SURIAH MEMOBILISASI PASUKAN MENYUSUL KEKHAWATIRAN AKAN SERANGAN TURKI

Kurdish fighters from the People's Protection Units (YPG) head a convoy of US military vehicles in the town of Darbasiya next to the Turkish border, Syria April 28, 2017 [Rodi Said / Reuters]

Unit Perlindungan Masyarakat Kurdi Suriah (YPG)  dari kelompok bersenjata dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) di Turki, sedang mempersiapkan pasukannya mejelang operasi militer Turki yang dikhawatirkan akan dilaksanakan di wilayah tersebut.

Sumber-sumber lokal di daerah timur Sungai Efrat melaporkan adanya mobilisasi pasukan milisi (Kurdi) di kota Ras Al-Ain di provinsi Hasakah dan daerah pedesaan sekitarnya pada hari Rabu.

Mobilisasi ini juga diikuti oleh penggerebekan ke kota-kota dan desa-desa terdekat, yang menyebabkan pengungsian penduduk sipil dari daerah-daerah seperti Tal Barak.

Ini merupakan situasi membingungkan dari kelompok YPG, menyusul gagalnya pembicaraan antara AS dan Turki tentang usulan zona aman yang baru di Suriah, yang dituntut Ankara harus mengecualikan YPG dan milisi Kurdi lainnya.

Turki kemudian mengancam akan melakukan operasi militer ke wilayah yang dikuasai Kurdi jika usulan zona aman tidak disetujui.

Pembicaraan antara Menhan Turki Hulusi Akar dan Utusan AS untuk Suriah James Jeffreys, yang diadakan bersamaan dengan pembicaraan antara pejabat militer AS dan YPG, berakhir pada hari Rabu tanpa kesepakatan.

Kekhawatiran akan operasi militer Turki ini sangat menurunkan moral kelompok (YPG), yang dilaporkan telah menyebabkan pertkaian antar anggota milisi dan  membelotnya beberapa petinggi YPG yang kemudian melarikan diri dari daerah tersebut.

Fihak YPG dan agen intelijen Kurdi  Asayish, diduga telah melakukan penahanan terhadap orang-orang muda  kota Raqqa untuk tujuan rekrutmen paksa, dan menggerebek desa Al-Jamous di dekat Tal Abyad untuk mencari lima anggota milisi yang membelot.  

Pejabat bea cukai YPG, Rasho, juga telah melarikan diri dari wilayah timur Sungai Eufrat  dengan membawa uang jutaan dolar dana milik milisi.

 

INGGRIS AKAN KAWAL SETIAP KAPAL DAGANGNYA YANG LEWAT SELAT HORMUZ

Royal Navy to protect British ships in Strait of Hormuz – ministry

Angkatan Laut Kerajaan Inggris akan mengawal kapal-kapal berbendera Inggris yang melalui Selat Hormuz, kata Kemenhan Inggris,

Kemenhan Inggris menekankan bahwa kapal-kapal Inggris harus memberikan “pengarahan yang cukup” kepada Angkatan Laut sehingga mereka dapat bereran dalam pengamanan kapal yang lewat Selat Hormuz. “Kebebasan navigasi sangat penting untuk sistem perdagangan global dan ekonomi dunia, dan kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk mempertahankannya,” kata juru bicara pemerintah Inggris.

Menurut Sky News yang mengutip sumber industri pelayaran. melaporkan bahwa HMS ‘Montrose’ telah terlibat dalam misi pengawalan yang berlangsung dari Rabu malam hingga Kamis kemarin.

Sebuah kapal Angkatan Laut  Inggris juga menjaga kapal tanker minyak Iran Grace 1, yang direbut oleh Angkatan Laut  Inggris di Selat Gibraltar. 

“Selat Hormuz adalah lokasi yang sangat penting, dan ini tidak boleh dianggap sebagai lelucon dan negara manapun tidak boleh  mengabaikan peraturan internasional,” kata Hassan Rouhani saat rapat kabinet pada hari Rabu.

PERANCIS AKAN PASANG SISTEM PERTAHANAN SAMP/ T DITURKI

SAMP-T Mamba (Aster 30) mounted on a transporter erector launcher vehicle

Prancis akan menggelar sistem pertahanan udara SAMP / T yang diproduksi oleh konsorsium Prancis-Italia Eurosam di perbatasan selatan Turki, Reuters melaporkan mengutip pejabat militer Turki yang tidak disebutkan namanya.

Sumber media tidak menentukan jangka waktu untuk penyebaran system pertahanan itu. Pada 22 mei lalu, Menhan Turki Hulusi Akar mengumumkan niat negaranya untuk menegosiasikan kesepakatan  penyebaran system SAMP/ Ts dengan Perancis, dia mencatat bahwa inisiatif tersebut berasal dari Perancis.

“Prancis meminta  untuk mengerahkan satu skuadron SAMP / T di Turki. Saat ini, di Incirlik (basis militer NATO diTurki), terpasang  satu skuadron sistem rudal Patriot milik Spanyol, sementara baterai SAMP / Ts Italia terpasang di Kahramanmaras,Turki .

Prancis mengusulkan untuk mempertimbangkan dua tempat (diTurki) itu sebagai kemungkinan penempatan untuk system pertahanannya “, katanya.

Rusia baru saja menyelesaikan pengiriman tahap  pertama  sistem pertahanan udara S-400 ke Turki berdasarkan kontrak yang ditandatangani pada bulan Desember 2017.

AS menekan Turki untuk membatalkan pembelian S-400, mengacu kemungkinan ketidakcocokan system S-400 dengan sistem NATO dan mengancam pembatalan pembelian jet tempur  F-35 AS yang dipesan oleh Turki.

Turki menawarkan AS untuk membentuk kelompok kerja untuk mengatasi masalah teknis tersebut, tetapi AS tidak pernah mau menerima tawaran itu. Sebaliknya, AS memutuskan untuk menunda pengadaan F-35 untuk Turki, di mana Turki telah mengeluarkan investasi besar untuk itu, dan kini mengancam Turki  dengan sanksi.

 

KOREA UTARA : PELUNCURAN DUA RUDAL JENIS BARU ITU SEBAGAI PERINGATAN KEPADA KOREA SELATAN

This photo, filed May 9, 2019, shows an image captured from North Korea's state television channel of a short-range missile fired from a launcher on the same day. (For Use Only in the Republic of Korea. No Redistribution) (Yonhap)

Korea Utara telah menembakkan “rudal taktis baru” di bawah arahan  pemimpin tertinggi Kim Jong-un, media pemerintah (Korut) melaporkan Jumat hari ini, sehari setelah negara komunis itu meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek ke Laut Timur.

Peluncuran itu  bertujuan untuk mengirim “peringatan keras” kepada “penghasut perang”  Korea Selatan yang berusaha mengerahkan senjata baru dan melakukan latihan militer, kata Kantor Berita Pusat Korea (KCNA).

Rudal itu, diluncurkan dari Semenanjung Hodo dekat kota pesisir utara Wonsan di utara, itu adalah rudal  balistik jarak pendek jenis baru,” kata kantor kepresidenan Korea Selatan Cheong Wa Dae sebelumnya.

Dua rudal itu masing-masing terbang dengan jarak 430 kilometer dan 690 km.

Peluncuran itu terjadi kurang dari sebulan setelah Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim mengadakan pertemuan mendadak di perbatasan dua Korea Panmunjom,  dan setuju untuk melanjutkan negosiasi nuklir pada tingkatan praktis.

 

ANALISA JURNALIS QATAR : IRAN CURIGA RUSIA MEMBOCORKAN KODE-KODE SISTEM S-300 KEPADA ISRAEL

Image result for F-35 PIC

Teheran mencurigai bahwa kode-kode system pertahanan S-300 telah dibocorkan Moskow kepada Israel, hal ini  memungkinkan pesawat tempur multirole F-35 Israel bisa  menembus ruang udara Iran secara diam-diam, terbang di atas beberapa kota besar (Teheran, Karajrak, Isfahan, Shiraz dan Bandar Abbas) dan melakukan survei udara dari sistem pertahanan anti-udara Iran, kantor berita Qatar Al Jarida melaporkan.

Menurut wartawan Qatar, pesawat Israel bisa bebas terbang tanpa hambatan pada hampir seluruh bagian barat Iran, dari selatan ke utara dan kembali (keIsrael).

Sistem pertahanan udara Iran, termasuk sistem rudal anti-udara yang dipasok oleh Rusia tidak dapat memantau pergerakan pesawat Israel masuk dan keluar dari wilayah udara Itran.

Artikel itu menyatakan bahwa Ismail Kowsari, wakil kepala Pengawal Revolusi Iran, merahasiakan insiden itu kepada Ayatollah Khamenei, karena takut dikritik. Kowsari kemudian diberhentikan dari jabatannya.

Intelijen Iran dilaporkan menyembunyikan fakta flyover oleh pesawat Israel, yang mampu menguji kemungkinan serangan udara terhadap elemen struktural sistem pertahanan udara Iran, sejumlah target militer dan industri lainnya, dan untuk melakukan survey aerial detail terhadap sejumlah fasilitas, termasuk pangkalan militer rahasia Iran.

Outlet berita Qatar sebelumnya telah melaporkan bahwa pesawat Israel dapat terbang ke Iran dan kembali beberapa kali dalam sehari, dan tidak terdeteksi oleh sistem perahanan Suriah, Irak, Iran dan Rusia.

Pada April 2018, Rusia mengatakan bahwa F-35 Israel tidak bisa dan tidak bisa mengelabuhi sistem S-400 di Suriah.

Pada tahun 2018, seorang pakar militer AS mengatakan bahwa Israel telah membuat perubahan pada sistem onboard F-35, dan mengubah pesawat menjadi monster.

Pada tahun yang sama, komandan Angkatan Udara Israel mengatakan bahwa Israel adalah yang pertama di dunia yang mencoba F-35 dalam pertempuran.

 

KOREA UTARA UJI COBA DUA RUDAL JARAK DEKAT 

Denuclearisation talks between North Korea and the US stalled after a second summit between Trump and Kim in Vietnam in February broke down. [Ahn Young-joon/The Associated Press]

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan,  bahwa Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK/Korea utara)) telah meluncurkan dua “rudal tidak dikenal” dari daerah Wonsan, sebuah kota di pantai timur Korut kearah Laut Jepang. Tulis Yonhap News Agency

“Militer kami sedang memantau situasi jika ada peluncuran tambahan dan mempertahankan tingkat kesiapan,” kata kepala staf gabungan Korsel dalam sebuah pernyataan”. Sementara seorang pejabat AS mengatakan senjata itu sebagai rudal “jarak dekat”,  AFP melaporkan.

Kepala staf gabungan Korsel itu mencatat, bahwa satu rudal  tak dikenal ditembakkan pada jam 5:34 pagi dan yang kedua pada jam 5:57 pagi, yang terbang sejauh  430 kilometer  sebelum jatuh ke Laut Jepang.

Awal tahun ini, Pyongyang kembali melakukan uji coba rudal menyusul moratorium yang memakan waktu lebih dari setahun, sementara  negosiasi dengan Washington mengenai pelucutan senjata dan denuklirisasi terhenti karena AS menolak penghentian sanksi.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah mengisyaratkan kesediaannya untuk kembali ke meja perundingan, bahkan telah mengirim beberapa kali pesan bahwa dia tidak mau menyerahkan jaminan keselamatan negaranya tanpa ada upaya substansial dari AS ke arah rekonsiliasi dan saling meredam tensi diSemenanjung Korea.

Uji coba dua rudal Balistik terakhir dilakukan Korut  pada 9 Mei lalu, dimana rudal pertama diluncurkan tepat 9 menit sebelum AS menguji coba rudal nuklir balistik antar benua Minuteman III (ICBM),  dan rudal kedua diluncurkan tepat 9 menit setelah uji coba rudal AS itu.

 

HARI INI INDIA AKAN LAKUKAN SIMULASI PERANG BINTANG

Mulai hari ini 25 juli , selama dua hari Militer India akan melakukan simulasi latihan perang antariksa (perang bintang/ star wars)  pertamanya untuk membentuk  sebuah doktrin militer ruang angkasa gabungan, guna mengamankan aset luar angkasa India.

“Ada kebutuhan untuk mengeksplorasi taktik yang efektif baik secara operasional dan strategis pada puncak tertinggi sistem persenjataan. Kita tidak bisa hanya sibuk mengutak-atik ibu jari kita,  sementara China terus melaju kedepan.

Kita tidak bisa menyamai China, tetapi harus memiliki kemampuan untuk melindungi aset ruang angkasa kita,” tulis harian India Times of India mengutip seorang pejabat India.

Latihan itu diadakan empat bulan setelah India sukses menguji coba menembak jatuh satelit dengan rudal balistik. Komando tri-layanan militer India akan memantau silmulasi perang bintang yang dijuluki “IndSpaceEx” di Pulau Andaman di Teluk Benggala itu.

Pada bulan Mei lalu, militer India memprakarsai pembentukan komando tiga-layanan untuk mengelola operasi luar angkasa, keamanan siber, dan pasukan khusus, dan ketiga komando ini diharapkan akan mulai beroperasi pada akhir 2019.

Setelah sukses uji coba rudal anti-satelit pada bulan Maret tahun ini, India menekankan telah mencapai tingkat baru kemampuan pencegahan/ pertahanan yang setara dengan kemampuan AS, Rusia, dan China.

Pengembangan teknologi pencegahan baru India ini merupakan bagian dari program luar angkasanya dan telah menjadi tujuan India masa depan, ini berbeda dengan 30 tahun sebelumnya yang secara eksklusif hanya merupakan pembangunan pertahanan untuk misi damai.

“Kami sedang mengembangkan beberapa teknologi persenjataan, seperti Senjata Energi terarah (DEWs/ directed energy weapons), senjata laser, pulsa elektromagnetik (EMP) dan senjata co-orbital,” kata Dr Satheesh Reddy, ketua badan penelitian Penelitian dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) India. dalam jumpa pers setelah uji coba rudal anti-satelit mei lalu.

 

VIDEO SERANGAN RUDAL DAN ARTILERI PASUKAN SURIAH DIIDLIB SELATAN

Setelah rencana serangan rudal teroris yang digagalkan dimedan tempur al -Qasabiyah, para teroris mulai memperkuat posisi mereka. Sejumlah besar kendaraan yang membawa amunisi dan personel muncul di jalan-jalan di Idlib Selatan.

Tembakan Artileri dari pasukan “Tiger Force” militer suruah dan serangan udaranya kemudian secara sistematis menghancurkan para teroris.

Serangan artileri dan rudal itu menargetkan pangkalan dan tempat persembunyian militant di dekat kota Al-Qasabiyah, yang sebelumnya diserang oeh kelompok  Hayat Tahrir Al-Sham dan sekutu mereka.

Tentara Arab Suriah berhasil menghalau serangan dari para militan  dan membalas dengan melepaskan serangan artileri dan rudal besar-besaran ke posisi militan.

 

IRAN PERINGATKAN INGGRIS ATAS RENCANANYA MEMBENTUK KOALISI PENGAWAL LAUT DITELUK 

Iran warns against international naval coalition in the Gulf

Wapres Iran memperingatkan terhadap segala upaya untuk membentuk koalisi internasional untuk melindungi pengiriman barang yang melewati Teluk, wakil presiden Iran  mengatakan,  langkah itu hanya akan membawa rasa tidak aman ke wilayah tersebut.

Tanggapan itu dikeluarkan setelah Italia, Denmark, Belanda dan Prancis pada Selasa kemarin mendukung proposal Inggris untuk pembentukan koalisi  angkatan laut Eropa setelah Teheran menangkap sebuah kapal tanker berbendera Inggris di Selat Hormuz.

Hubungan antara Inggris dan Iran telah tegang sejak pemerintah Inggris menahan sebuah kapal tanker Iran awal bulan ini di lepas pantai Gibraltar dengan dugaan pengiriman minyak ke Suriah dalam pelanggaran sanksi Uni Eropa.

Iran menuduh Inggris bertindak atas perintah dari AS dan menuntut pembebasan kapal tankernya.

Pada hari Selasa kemarin, Menlu Iran Mohammad Javad Zarif memberi selamat kepada Boris Johnson, yang menjadi perdana menteri baru Inggris. “Iran tidak mencari konfrontasi. Tapi kami memiliki perairan berjarak 1.500mil dari garis pantai Teluk Persia. Ini adalah perairan kami & kami akan melindunginya,” katanya dalam tweetednya.

 

KIM JONG UN INSPEKSI PEMBUATAN KAPAL SELAM BARUNYA 

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un belum lama ini melakukan kunjungan ke kapal selam militer yang baru dibangun, Kantor berita pusat Korea (KCNA) yang dikelola pemerintah melaporkan  Selasa.

Pemimpin DPRK itu dilaporkan telah “menyatakan sangat puas” tentang desain dan konstruksi kapal baru itu. Kapal selam baru itu dilaporkan dibangun dengan “bimbingan teliti dan perhatian khusus Kim,” lapor KCNA.

“Sambil berkeliling kapal selam, Pemimpin Tertinggi Korut itu belajar secara rinci tentang data operasional dan taktis dan sistem senjata tempur,” tambahnya.

Kim menggambarkan kapal selam baru itu sebagai “komponen penting dalam pertahanan nasional negara kita,” pemimpin itu dilaporkan telah menekankan perlunya DPRK untuk “secara andal meningkatkan kemampuan pertahanan nasional dengan mengarahkan upaya besar untuk pengembangan senjata dan peralatan angkatan laut seperti kapal selam. “

 

ISRAEL KEMBALI SERANG BEBERAPA TARGET DISURIAH 

Alleged Israeli strike in Syria

Serangan Israel ke Suriah sebelumnya

Media pemerintah Suriah mengatakan rudal Israel menargetkan Tel Haraa, yang telah lama menjadi pos terdepan bagi pasukan Rusia tetapi menurut sumber intelijen Barat kemudian diambil oleh milisi yang didukung Iran.

Tel Haraa adalah daerah yang strategis di provinsi Deraa selatan yang menghadap ke Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel. Sejak beberapa tahun lalu wilayah itu menjadi  pos radar militer Rusia yang utama sampai pemberontak Suriah mengambil alih pada tahun 2014 dan akhirnya direbut kembali oleh tentara Suriah tahun lalu.

Menurut outlet media Suriah Quneitra Today, setidaknya dua tentara Suriah terluka dan dievakuasi ke rumah sakit di Damaskus.

Sebuah sumber di Suriah mengatakan bahwa sekitar pukul 12:40 AM. ledakan terdengar di area Gunung Hermon. Sekitar 1:35 AM  serangan terhadap Tel Haraa dilanjutkan, menargetkan pos dan pangkalan militer Suriah,

Quneitra Today melaporkan bahwa sistem pertahanan udara Suriah dikerahkan untuk menghadapi serangan Israel di pinggiran Damaskus dan provinsi Quneitra itu.

 

JURNALIS SAUDI DIUSIR OLEH WARGA PALESTINA SAAT MASUK KE MASJID AL AQSA

Seorang jurnalis (blogger) Arab saudi diusir oleh warga Palestina saat hendak masuk ke Masjidil Aqsa diPalestina.

Blogger Saudi bernama Mohammed Saud itu, oleh warga Palestina diteriaki “pengkhianat” (Islam), “sampah” dan “zionis”, sambil  diusir dan dilempari kursi plastik. Sementara, seorang anak kecil berkali-kali meludahi muka muhammed Saud.

Menurut Media Israel, warga Palestina  juga meneriakkan suruhan untuk berdoa saja di Sinagog (tempat ibadah Yahudi), jangan di masjid Al Aqsa.

Kemarahan warga Palestina itu bisa dimaklumi, karena sejak tahun lalu penguasa Arab Saudi kembali menerapkan  larangan Umrah dan Haji bagi warga Palestina yang tinggal diYerusalem timur dan diIsrael pada umumnya. dan juga  bagi pengungsi Palestina diYordania, dan Libanon.  

Muhammed Saud juga dikenal sebagai blogger yang mengkampanyekan normalisasi hubungan dengan Israel.

Sejak berdirinya negara Israel 1948 sampai dengan tahun 1978 (selama 30 tahun) , pengguasa Saudi melarang warga Palestina untuk bisa pergi Haji dan Umrah. Pada tahun 1978 situasinya berubah ketika Raja Hussein dari Yordania membuat kebijakan dengan  berkoordinasi dengan Liga Arab untuk mengeluarkan kartu perjalanan bagi mereka untuk melakukan haji.

Tapi situasi itu kembali buntu ketika tahun 2018 lalu, penguasa Arab saudi kembali mengeluarkan larangan Haji dan Umrah bagi hampir 3 juta warga Palestina diIsrael termasuk  para pengungsi Palestina di Yordania dan Libanon.

 

PESAWAT F-16 KORSEL KELUARKAN TEMBAKAN PERINGATAN KEPADA PATROLI UDARA BERSAMA RUSIA-CHINA 

Chinese H-6K bomber Gao Fei/Xinhua via AP

Angkatan Udara Rusia dan Angkatan Udara China melakukan patroli udara bersama untuk pertama kalinya di kawasan Asia-Pasifik, Kemenhan Rusia mengumumkan Selasa kemarin.

Patroli udara bersama itu melibatkan pembom Tu-95MS di Rusia dan pesawat H-6K di China, kata kementerian itu.

Satuan pembom strategis yang terdiri dari dua pesawat Tu-95MS Rusia dan dua pesawat H-6K China (versi pembom Soviet Tu-16) “sedang berpatroli di udara dengan rute yang direncanakan di Laut Jepang dan Laut Cina Timur,” kata Kemenhan  Rusia.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sebelumnya melaporkan bahwa tiga pesawat militer Rusia dan dua pesawat Angkatan Udara Cina memasuki zona identifikasi pertahanan udara Korea Selatan pada Selasa pagi. Jet tempur F-16 Korea Selatan segera  membuntutu patrol bersama itu dan menembakkan tembakan peringatan ke pesawat Rusia, yang diduga melanggar wilayah udara Korea Selatan.

Mengomentari insiden (tembakan peringatan oleh pesawat tempur Korsel), Kemenhan Rusia mengklaim patroli bersama itu tidak ditujukan terhadap negara ketiga. “Patroli itu dilakukan sebagai bagian dari implementasi ketentuan rencana kerja sama militer untuk 2019 dan tidak ditujukan terhadap negara ketiga,” jelas kementerian itu.

Kementerian Pertahanan menekankan bahwa perbatasan negara-negara lain tidak dilanggar. “Menurut data rute penerbangan, tidak wilayah udara negara lain yang dilanggar,” katanya.

 

IRAN TANGKAP 17 WARGANYA  YANG TERKAIT JARINGAN MATA-MATA  CIA

Iran mengklaim telah menahan 17 orang warga negaranya yang dituduh bertindak sebagai mata-mata untuk Badan Intelijen Pusat AS (CIA), kata Kementerian Intelijen negara Iran..

Sebuah dokumen Kementerian Intelijen yang dikirim ke CNN mengklaim Iran telah memutus rantai mata-mata CIA dan menangkap 17 tersangka, yang semuanya mengaku bertindak sebagai mata-mata untuk CIA.

“Terdakwa yang menjalani hukuman di penjara menyebutkan mendapat janji-janji menggoda dari para petugas CIA termasuk emigrasi ke AS, pekerjaan yang layak di Amerika, dan sejumlah uang,” kata dokumen Kementerian Intelijen.

Dokumen itu menambahkan bahwa misi mata-mata itu untuk mengumpulkan informasi rahasia “dari pusat-pusat informasi penting serta operasi intelijen (Iran).”

Kementerian Intelijen itu mengatakan bahwa beberapa dari 17 orang  itu akan dieksekusi mati.

Menlu AS Mike Pompeo memilih berhati-hati  dalam menanggapi pengumuman Iran tersebut. Berbicara di acara berita pagi Fox & Friends, Pompeo mengatakan: “Rezim Iran memiliki sejarah panjang dalam berbohong … Saya kurang tertarik dengan pernyataan Iran tentang tindakan yang telah mereka lakukan itu.”

Dalam laporan Kementerian Intelijen Iran yang berjudul  “Destiny of Spies,” mengatakan : “Beberapa orang itu yang terbukti secara sadar dan sengaja mengkhianati negara dan menolak untuk memberi kompensasi kerugian telah diserahkan ke peradilan. Sementara  yang lain  dengan jujur mengaku telah diatur dan diarahkan oleh intelijen AS dan menyatakan penyesalan mereka.”

 

INDIA SUKSE LUNCURKAN ROKET TANPA AWAK KE BULAN

Hari ini India sukses meluncurkan roket tak berawak Chandrayaan-2, yang kini sedang  memulai perjalanannya ke bulan. Ini adalah upaya kedua India untuk meluncurkan misi bulan tak berawak dan untuk memajukan mimpinya tentang eksplorasi ruang angkasa.

Roket Chandrayaan diluncurkan sesuai rencana pada pukul 2:43 malam dari Satish Dhawan Space Center di pantai tenggara India. Diharapkan pesawat itu akan melakukan pendaratan diwilayah kutub selatan bulan pada awal September,  suatu prestasi yang akan membuat India menjadi negara keempat yang melakukan pendaratan terkendali di permukaan bulan, setelah ASt, Rusia dan Cina.

Setelah pendaratan, penjelajah bulan itu akan mengeksplorasi endapan air yang ditemukan India pada misi bulan sebelumnya pada 11 tahun lalu. Pesawat ruang angkasa bulan pertama Chandrayaan-1, menggunakan radar untuk memetakan permukaan bulan tetapi tidak mendarat di bulan.

Misi baru ini dapat membantu para ilmuwan memetakan sumber-sumber air potensial dan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana tata surya terbentuk miliaran tahun yang lalu.

Peluncuran Senin ini menandai upaya kedua India untuk meluncurkan misi Chandrayaan-2. Pekan lalu, Organisasi Penelitian Luar Angkasa India membatalkan rencana peluncuran  kurang dari satu jam sebelum lepas landas, dengan alasan “gangguan teknis.

 

VIDEO  PENANGKAPAN KAPAL TANKER INGGRIS STENA IMPERO OLEH PASUKAN IRGC IRAN

 

PUTIN KIRIM UCAPAN SELAMAT KEPADA ASSAD UNTUK  75 TAHUN HUBUNGAN DIPLOMATIK RUSIA-SURAH

This Week in Pictures: May 12 - May 18

Presiden Rusia Vladimir Putin memberi selamat kepada Presiden Suriah Bashar Assad pada hari Minggu dalam rangka peringatan 75 tahun  hubungan diplomatik antara kedua negara dan berjanji untuk mengalahkan terorisme di Suriah dengan upaya bersama.

“Bapak Presiden yang terhormat, terimalah ucapan terima kasih saya yang tulus atas peringatan ulang tahun ke-75 dari hubungan diplomatik antara dua negara kita,” kata Putin dalam sebuah telegram.

“Saya yakin bahwa dengan upaya bersama kita akan mengalahkan kekuatan teror di tanah Suriah. Saya ingin mengkonfirmasi bahwa Rusia akan terus membantu pemerintah dan rakyat Suriah dalam melindungi kedaulatan negara dan integritas wilayahnya, serta dalam memastikan keamanan nasional dan pemulihan paska konflik, “kata Putin.

Menurut Putin, pengalaman yang cukup besar telah diperoleh dalam kerja sama bilateral selama beberapa dekade terakhir, dan hari ini, Rusia dan Suriah adalah sekutu dalam melawan terorisme dan ekstremisme internasional.

.

HEZBOLLAH AKAN SERANG ISRAEL DARI DUA ARAH JIKA IRAN TELAH MEMBERI LAMPU HIJAU

Seorang komandan senior Hizbullah bernama (samaran) Samir ,yang membawahi  800 gerilyawan Hizbullah, mengatakan kepada Daily Beast dalam sebuah wawancara bahwa jika Iran telah memberi lampu hijau, maka mereka akan segera memulai perang melawan Israel.

Petugas, yang hanya menggunakan nama ‘Samir’ itu tidak mau mengungkapkan nama lengkapnya karena ia tidak berwenang untuk berbicara kepada pers.

Pejabat itu juga mengatakan itu. bahwa  perang berikutnya (melawan Israel) akan jauh berbeda dari yang terjadi sebelumnya. Dia menambahkan bahwa organisasi gerilya yang didukung Iran itu,  pada perang mendatang “akan melakukan tembakan pertama”.

Menurut sumber itu, Hizbullah telah mengumpulkan pasukan di perbatasan dengan Israel baik di perbatasan Libanon dan perbatasan Dataran Tinggi Golan dengan Suriah.

Meski begitu komandan itu mengakui bahwa organisasi itu sedang goyah karena pengaruh sanksi yang baru-baru ini dikenakan (AS) ke Iran, tapi dia juga masih  membanggakan semangat juang yang tinggi.

“Sanksi itu sekarang membuat kita mulai bersiap untuk berurusan dengan Israel,” katanya.

Samir berbicara tentang peningkatan teknologi perang mereka melawan Israel termasuk “kemampuan pesawat tak berawak dan senjata baru anti-pesawat dan anti-kapal laut  yang diperoleh dari Suriah”.

Komandan itu menambahkan: “Jika ada rudal yang menghantam Iran, maka akan dibalas seperti yang dilakukan Israel”.

Wawancara itu dilakukan pada hari yang sama ketika AS menjatuhkan sanksi kepada Salman Raouf Salman, anggota Organisasi Keamanan Eksternal (ESO) Hizbullah, yang berada di belakang perencanaan dan pelaksanaan serangan  di luar Libanon.

Israel pernah mempertahankan pasukan militernya diLibanon selatan sampai Perdana Menteri Ehud Barak pada tahun 2000 menarik semua personel militernya dari zona aman itu.

 

VIDEO SERANGAN UDARA RUSIA MENGGAGALKAN  SERANGAN RUDAL KELOMPOK HAYAT AL SHAM

Agen berita resmi Suriah Anna News  merilis video baru yang menunjukkan serangan Udara Rusia yang berhasil menggagalkan persiapan teroris  di Kegubernuran Hama.

Kelompok-kelompok teroris itu sedang mempersiapkan serangan yang besar terhadap posisi pasukan pemerintah yang berlokasi di desa Kessabiya Hama utara.

Militan menembakkan  amunisi dan mengirim bala bantuan ke garis depan. Mereka ingin memulai serangan dengan mempersiapkan rudal  “Elephant”. Tetapi persiapan para teroris dari hayat Tahrir al sham itu berhasil segera dideteksi dengan drone udara, dan serangan udara dilancarkan segera dilancarkan terhadap mereka, “kata laporan Anna News.

Mendengar ada suara pesawat tempur, para militant yang sedang menyiapkan rudal itu lari berpencar, sebagian bersembunyi dibawah jembatan. Depo depo amunisi para militant berhasil dihancurkan dalam serangan udara itu.

 

KETEGANGAN DENGAN IRAN MENINGKAT, AS KIRIM PASUKANNYA KE ARAB SAUDI

Image result for KING SALMAN PIC

Raja Salman dari Arab Saudi menyetujui pengerahan pasukan AS kenegaranya dengan dalih untuk meningkatkan keamanan dan stabilitas kawasan, kantor berita resmi Saudi SPA melaporkan.

Dephan AS mengkonfirmasi langkah tersebut dalam sebuah pernyataan, bahwa AS akan mengerahkan pasukan dan persenjataan ke Arab Saudi untuk “memberikan pencegah tambahan” dalam menghadapi “ancaman yang muncul dan nyata.”

Manuver baru AS dan Saudi itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Washington dan Teheran di Teluk yang berdampak pada pasar minyak global.

Keputusan untuk menampung pasukan AS itu disebut bertujuan “untuk meningkatkan kerja sama bersama dalam pertahanan keamanan dan stabilitas regional dan untuk menjaga perdamaian” kata SPA, mengutip seorang pejabat Kemenhan.

Seorang pejabat AS yg  berbicara dengan syarat anonim mengatakan, pengerahan akan mencakup sekitar 500 personel militer AS di Arab Saudi, dan merupakan bagian dari peningkatan jumlah pasukan AS di Timur Tengah yang diumumkan Pentagon bulan lalu.

Pada Juni lalu Pentagon mengatakan akan mengerahkan 1.000 tentara ke Timur Tengah tetapi tidak mengatakan ke mana mereka akan ditempatkan.

Trump mengatakan dia menganggap Arab Saudi sebagai mitra penting di Timur Tengah dan menyeimbangkan pengaruh Iran.

 

INGGRIS AKAN BEKUKAN ASET MILIK IRAN

Para menteri Inggris sedang mempersiapkan rencana untuk menerapkan sanksi ke Iran. Yang diperkirakan akan diumumkan pada hari Minggu yang meliputi paket sanksi diplomatik dan ekonomi, termasuk kemungkinan pembekuan aset, sebagai tanggapan atas penangkapan Stena Impero.

Inggris juga akan mendorong agar Uni Eropa dan PBB memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran setelah dicabut pada tahun 2016 sebagai bagian dari Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA), yang juga dikenal sebagai kesepakatan nuklir Iran, menurut The Telegraph.

Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) menahan kapal tanker Inggris Stena Impero pada hari Jumat, yang dianggap melanggar hukum internasional dan memerintahkan kapal ke pelabuhan Iran. Menurut laporan, Kru kapal berjumlah 23 orang yang terdiri 18 orang India dan 3  orang  Rusia, 2 orang Latvia, dan Filipina , tetap berada di kapal.

Sabtu kemarin , Seorang juru bicara IRGC mengatakan  bahwa kapal berbendera Inggris itu telah melanggar aturan maritim dengan mematikan sistem pelacakan dan mengabaikan jalur navigasi bagi kapal yang masuk ke Teluk Persia.

Kapal tanker itu dilaporkan dikawal oleh kapal perang Inggris, tapi  tidak berhasil menghalau  perebutan kapal tanker oleh pasukan IRGC.

Pekan lalu Inggris mengatakan akan mengirim kapal perang kedua ke Teluk Persia setelah kapal-kapal patroli Iran  menahan kapal tanker minyaknya di Selat Hormuz.

 

KOALISI ARAB SAUDI SERANG KELOMPOK HOUTHI  DI IBUKOTA YAMAN SANAA

Emirati soldiers stand guard out the rear gate of a Chinook military helicopter traveling from Saudi Arabia to Yemen, 2015.

Koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan fihaknya sedang memulai operasi untuk menargetkan posisi militer di ibukota Yaman Sanaa, menurut TV pemerintah pada Sabtu pagi.

Target tersebut termasuk situs pertahanan udara dan depot rudal balistik, katanya menambahkan.

Pada hari Rabu lalu, kelompok Houthi mengatakan pihaknya melancarkan serangan pesawat tak berawak ke bandara Jizan di barat daya Arab Saudi, yang merupakan bagian dari eskalasi serangan lintas-perbatasan dalam konflik 4 tahun itu.

Kelompok Houthi yang berperang melawan koalisi pimpinan Saudi di Yaman dan menguasai ibukota Sanaa, dalam beberapa bulan terakhir meningkatkan serangan mereka ke sasaran di Arab Saudi. Sebagai tanggapan, koalisi Saudi menarget situs militer milik kelompok Houthi, terutama di sekitar Ibukota Sanaa.

 

IRAN RILIS VIDEO YANG MEMBANTAH AS TELAH MENJATUHKAN DRONEnya

Iran telah merilis rekaman video yang disebut akan membantah klaim yang dibuat oleh AS  bahwa Kapal perang AS telah menjatuhkan pesawat Drone Iran di dekat Teluk.

Jum’at kemarin , Televisi pemerintah Iran  menyiarkan video yang direkam oleh Pengawal Revolusi Iran yang menunjukkan Drone Iran yang sedang merekam kapal-kapal perang AS. 

Dari data waktu dalam video menunjukkan pesawat Drone Iran itu  masih melakukan pengambilan gambar, padahal Washington sudah  menyatakan Drone Iran itu telah dijatuhkan.

Video itu dirilis tak lama setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan “tidak diragukan” Angkatan Laut AS telah menjatuhkan pesawat tanpa awak Iran di Selat Hormuz pada hari Kamis. “Tidak diragukan lagi, tidak diragukan,. Kami telah menembak jatuh,” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih pada hari Jumat  20/7 kemarin.

 

AS MENGKLAIM TELAH MENJATUHKAN  DRONE MILIK IRAN

This handout picture released by the US Navy on July 14, 2019 shows the amphibious assault ship USS Boxer in the Arabian Sea [Keypher Strombeck/ Navy Office of Information/ AFP]

Militer AS mengklaim telah  menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak Iran yang berjarak 1.000 yard dari salah satu kapal angkatan lautnya di Selat Hormuz di tengah meningkatnya ketegangan antara kedua negara.

Kamis kemarin , Kapal perang AS USS Boxer  “mengambil tindakan defensif” terhadap pesawat Iran karena “mengancam keselamatan kapal dan awak kapal”, Presiden Donald Trump mengumumkan dari Gedung Putih.

“Drone itu segera dihancurkan,” tambahnya tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Pentagon mengatakan insiden itu terjadi pada pukul 10:00 waktu setempat (07:00 GMT) pada hari Kamis di perairan internasional sementara USS Boxer sedang transit diperairan itu untuk memasuki Teluk.

“Pesawat udara tak berawak sayap tetap (UAS) itu mendekati kapal Boxer dan berada  dalam jarak yang membahayakan” kata kepala juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman dalam sebuah pernyataan.

“Kapal AS itu mengambil tindakan defensif terhadap Drone  Iran itu  untuk memastikan keamanan kapal dan awaknya.”

 “Ini adalah insiden terbaru dari banyak tindakan provokatif dan bermusuhan dari Iran terhadap kapal yang beroperasi di perairan internasional,” kata Trump.

“Amerika Serikat berhak untuk mempertahankan keselamatan fasilitas dan personel dan kepentingan kami, dan menyerukan semua negara untuk mengutuk Iran yang menghambat  kebebasan navigasi dan perdagangan global.

“Saya juga meminta negara-negara lain untuk melindungi kapal mereka saat mereka melewati selat (Hormuz) dan bekerja dengan kami diwaktu mendatang.”

 

IRAN MEMBANTAH ADA PESAWAT DRONEnya YANG HILANG

Iran membantah bahwa kapal perang AS telah menjatuhkan salah satu pesawat tak berawaknya di selat Hormuz,.

Wakil menteri luar negeri Iran  Abbas Araqchi, dalam tweetnya menyatakan  “Kami tidak  kehilangan drone di Selat Hormuz atau di tempat lain. Saya khawatir bahwa USS Boxer telah menjatuhkan Drone (UAS) mereka sendiri secara tidak sengaja! ”

Pentagon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa USS Boxer, sebuah kapal serbu amfibi, telah mengambil “tindakan defensif” terhadap sebuah drone, tetapi tidak menyebutkan apakah pesawat itu adalah milik Iran.

Menteri luar negeri Iran Mohammad Javad Zarif yang sedanga dalam kunjungan ke PBB di New York juga membantah telah kehilangan pesawat tanpa awak. Dia mengatakan kepada wartawan: “Tidak ada  informasi bahwa kami telah kehilangan pesawat tak berawak.”

 

IRAN MENAHAN SEBUAH KAPAL ASING YANG MENYELUNDUPKAN MINYAK

Iranian forces say seized ship was 'smuggling one million litres of fuel' [File: Atta Kenare/AFP]

Korps Pengawal Revolusi Iran telah menahan sebuah tanker asing yang dituduh menyelundupkan minyak dengan 12 awak, TV pemerintah Iran melaporkan  kamis 18/7 hari ini.

Laporan itu tidak mengidentifikasi kapal yang disita, tetapi mengatakan bahwa kapal itu  “menyelundupkan satu juta liter bahan bakar” dari  ke pelanggan asing.

Pengumuman itu dikeluarkan sehari setelah kemenlu Iran mengatakan bahwa pasukan Iran telah membantu sebuah kapal asing yang mengalami kerusakan teknis  setelah kapal itu mengirim panggilan darurat.

Al Jazeera yang melaporkan dari Teheran mengatakan kapal yang disita itu sama dengan yang ditarik oleh pasukan Iran. “Orang-orang Iran mengatakan kapal tanker ini pada awalnya diselamatkan pada hari Minggu setelah mengirimkan sinyal bahaya.

Tetapi begitu kapal itu ditarik ke pulau Larak, mereka mengatakan mereka mengindentifikasi bahwa ada penyelundupan minyak dan saat itulah mereka menahan kapal itu dan ditambahkan bahwa para kru kapalnya ditangkap.

“TV pemerintah (Iran) mengutip komandan Pengawal Revolusi, mengatakan bahwa Iran tidak akan mendukung pembajakan semacam ini di Selat Hormuz.”

 

DUA KELOMPOK PENJARAH  BEREBUT LADANG MINYAK DISEKITAR SUNGAI EUFRAT

Sel-sel tidur ISIS diSuriah melakukan serangan terbesarnya dalam tahun ini terhadap posisi Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang didukung AS di Lapangan Minyak Al-Umar (milik pemerintah Suriah yang dikuasai militan SDF).

Mengutip sumber-sumber lokal, Observatory Syria untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) yang pro-oposisi melaporkan bahwa bentrokan hebat terjadi di dekat Lapangan Minyak Al-Umar dan bandara Koalisi terdekat, yang mengakibatkan beberapa korban dikedua fihak.

Laporan SOHR mengatakan bahwa cabang SDFdi Deir Ezzor menderita empat orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam pertempuran semalam.

Selain pertempuran di Ladang Minyak Al-Umar, Koalisi yang dipimpin AS dan kelompok SDF melakukan serangan pada sel tidur ISIS di Deir Ezzor timur.

Serangan itu menyebabkan serangkaian bentrokan sengit antara ISIS dan pasukan SDF yang didukung Koalisi AS, yang membuat tewasnya seorang pemimpin kelompok teroris ISIS yang paling berpengaruh di daerah itu.

 

DUA PESAWAT KARGO BESAR RUSIA TIBA DISURIAH DENGAN PERSENJATAAN

Dua pesawat kargo Rusia  dalam perjalanan ke provinsi Latakia di Suriah, di mana mereka akan mengirimkan peralatan baru ke Hmeimim Airbase.

Menurut situs web Flight Radar 24, satu maskapai penerbangan strategis Rusia IL-76 dan Tu-154M sedang dalam perjalanan ke Suriah dari Rusia minggu ini.

Kedatangan pesawat kargo berat ini ke Suriah terjadi  bersamaan dengan persiapan Tentara Arab Suriah (SAA) melancarkan serangan skala besar di bagian barat laut negara itu.

 

SEORANG ANGGOTA KOMITE NATO SECARA TIDAK SENGAJA MENGUNGKAP LOKASI SENJATA NUKLIR NATO

The NATO flag is seen through barbed wire as it flies in front of the new NATO Headquarters in Brussels, Belgium May 24, 2017

Seorang senator Kanada anggota Komite Pertahanan dan Keamanan Majelis Parlemen NATO yang  menyajikan laporan yang merinci kebijakan pertahanan NATO, secara tidak sengaja mengungkapkan beberapa situs yang digunakan oleh AS untuk menyimpan senjata nuklir.

Dokumen berjudul  “A new era for nuclear deterrence? Modernisation, arms control and allied nuclear forces” (Era baru pencegahan nuklir? Modernisasi, kontrol senjata dan pasukan nuklir sekutu) itu pada awalnya diterbitkan pada bulan April dan mamancing sedikit keriuhan, The Washington Post melaporkan.

Namun, ternyata laporan itu diduga juga menyajikan  sekitar 150 situs tempat AS menyimpan nuklir. Di antara negara-negara yang disebutkan dalam dokumen itu adalah Belgia, Jerman, Italia, Belanda dan Turki.

Salinan laporan awal yang diterbitkan pada hari Selasa itu  kemudian dihapus oleh surat kabar De Morgan di Belgia.

“Bom-bom ini disimpan di enam pangkalan AS dan Eropa, yaitu di Kleine Brogel di Belgia, di Büchel di Jerman, di Aviano dan Ghedi-Torre di Italia, di Volkel di Belanda, dan di Incirlik di Turki,” tulis laporan itu, dikutip oleh The Washington Post.

Edisi terakhir dari laporan yang dikeluarkan minggu lalu yang menyebut lokasi senjata nuklir AS itu kini telah dihapus.

Senator Joseph Day  penulis laporan awal itu mengatakan,  bahwa untuk menyiapkan makalahnya, dia menggunakan “bahan dari sumber terbuka” , dia mencatat bahwa itu hanya konsep dan diharapkan dilakukan perubahan, tulis The Washington Post.

Mengomentari ‘draft’ itu , Seorang pejabat NATO yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada The Washington Post bahwa “ini bukan dokumen NATO resmi.” Dia menyoroti bahwa laporan itu ditulis oleh anggota badan yang berafiliasi dengan NATO, dia  mencatat bahwa “Kami tidak ingin mengomentari rincian postur nuklir NATO.”

 

PROGRAM RUDAL BALISTIK IRAN TIDAK BISA DITAWAR LAGI

Iran hits back at US demand on ballistic missiles

Iran membalas seruan Presiden AS Donald Trump untuk negosiasi nuklir baru yang mencakup program rudal balistiknya dengan menuduh Washington membawa Timur Tengah ke jurang  “ledakan” (perang) dengan menjual senjata kepada sekutu di Teluknya.

Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengeluarkan komentarnya dalam sebuah wawancara  yang disiarkan NBC News pada hari Senin. Zarif mengatakan Iran hanya akan berunding  dengan AS jika mencabut sanksi ekonomi yang telah dijatuhkannya dan AS mau bergabung kembali dalam perjanjian nuklir 2015 yang ditinggalkannya tahun lalu.

Trump menarik AS keluar dari kesepakatan multilateral yang penting itu dengan alasan ingin menegosiasikan kesepakatan baru yang juga membahas program rudal balistik Iran dan dukungannya terhadap kelompok-kelompok bersenjata di kawasan itu.

Zarif  yang berada di Kota New York dalam kunjungannya ke PBB, mengatakan kepada NBC bahwa AS dan sekutunya  Saudia Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA)  yang harus disalahkan atas kekacauan di Timur Tengah. “Jika Anda ingin membahas rudal balistik, maka kita perlu membahas jumlah senjata yang dijual AS ke wilayah kami,” katanya.

“Tahun lalu  Iran menghabiskan $16 miliar untuk militernya , kami memiliki 82 juta penduduk. UEA yang dengan satu juta penduduk saja menghabiskan $22 miliar. Arab Saudi  dengan populasi kurang dari setengah dari Iran  menghabiskan $67 miliar, kebanyakan untuk membeli senjata dari AS,

“Ini adalah persenjataan Amerika yang masuk ke wilayah kita, membuat wilayah kita siap meledak. Jadi jika mereka ingin berbicara tentang rudal kita, mereka harus terlebih dahulu berhenti menjual semua senjata ini termasuk rudal ke wilayah kita.”

Selasa kemarin, Menlu AS Mike Pompeo mengatakan bahwa Iran telah mengisyaratkan siap untuk bernegosiasi tentang rudal balistiknya selama pertemuan Kabinet Gedung Putih. Trump berkomentar: “Kita akan melihat apa yang terjadi. Tetapi banyak kemajuan telah dibuat.”

Anggapan itu menimbulkan  penolakan cepat dari juru bicara  Iran ke PBB, yang dalam posting Twitternya menulis: “Rudal Iran … benar-benar dan dalam kondisi tidak dapat dinegosiasikan dengan siapa pun atau negara mana pun, titik.”

 

RUSIA UJI COBA RUDAL MOSKIT DIDEKAT PERAIRAN JEPANG

Dua buah rudal penjelajah Rusia Moskit (Mosquito) telah dihancurkan  didekat laut  Jepang ketika dilakukan latihan taktis Armada Pasifik Rusia , uji coba itu berhasil direkam dalam sebuah video.

Anti rudal  secara bersamaan diluncurkan oleh kapal perusak dan kapal rudal, dan mengenai target 60 kilometer jauhnya. Dua pesawat tempur interseptor MiG-31 dan dan system radar A-50 juga ikut serta dalam latihan tersebut.

Setelah radar A-50 melacak peluncuran, jet-jet itu menunggu diluncurkannya rudal Mosquito, sambil bersiap menembakkan rudal udara-ke-udara ke arah rudal  saat perintah telah diberikan.

Moskit (Nyamuk) adalah rudal jelajah ketinggian rendah supersonik Rusia, yang dirancang untuk dibawa oleh kapal dan kapal permukaan dengan kapasitas hingga 20.000 ton. Ini adalah satu-satunya rudal supersonik di dunia, yang mampu mencapai kecepatan Mach 2,8 (sekitar 3,400 kph), saat bergerak di ketinggian sangat rendah.

Rudal empat ton itu akan melebarkan sayapnya setelah diluncurkan, naik, dan kemudian turun hingga 20 meter di atas permukaan saat mendekati target. Dampaknya terjadi pada ketinggian hanya tujuh meter, dengan hulu ledak sendiri  seberat 400 kilogram .

 

RUSIA DAN INDIA SEPAKATI PENJUALAN SENJATA BESAR-BESARAN TANPA MENGGUNAKAN US$ 

India & Russia will use their national currencies for defense deals to bypass US sanctions – report

Rusia dan salah satu importir terbesar senjatanya India, telah memutuskan untuk menggunakan mata uang nasional mereka untuk transaksi  pembelian sistem pertahanan besar-besaran guna menghindari kemungkinan sanksi dari AS, menurut Bloomberg.

Moskow dan New Delhi telah meningkatkan perdagangan senjata mereka dalam beberapa bulan terakhir, dimana Rusia menjual kapal selam, kapal, tank dan jet tempur ke India dan juga akan memasok sistem pertahanan udara S-400 ke negara itu.

Pengadaan S-400 oleh India dibawah kontrak senilai lebih dari $ 5 miliar, telah memicu kemarahan dari salah satu mitra dagang terbesarnya AS, yang telah memperingatkan India tentang kemungkinan konsekuensi dari langkahnya tersebut.

Metode pembayaran baru dengan rubel dan rupee yang disetujui oleh bank sentral Rusia dan India, dapat menghindari ancaman sanksi Washington. Ini akan memungkinkan India untuk melakukan pembayaran pertama untuk dua kapal perang yang dibangun oleh Rusia, kata Bloomberg, mengutip sebuah sumber.

Tidak jelas kapal apa saja dalam jual beli ini,  tetapi tahun lalu kedua belah pihak menandatangani kesepakatan untuk empat kapal fregat dengan rudal berpemandu, dua buah kapal di antaranya sedang dibangun di wilayah Kaliningrad Rusia.

Kesepakatan transaksi senjata bernilai besar ini dapat membuat India dalam risiko sanksi oleh Washington yang menggunakan Undang-Undang untuk “Penentang Lawan Amerika melalui Sanksi Sanksi” (CAATSA). Undang-undang AS tersebut memberikan hukuman kepada entitas yang melakukan transaksi signifikan dengan perusahaan-perusahaan  pertahanan Rusia, seperti eksportir senjata resmi utama Rosoboronexport.

 

VIDEO PEMBOMAN UDARA PRESISI OLEH PESAWAT RUSIA DI HAMA UTARA SURIAH

 

TURKI BAKAL MENDAPAT HUKUMAN DARI AS SETELAH MEMBELI S-400 RUSIA

Turkey on Friday began receiving parts for the Russian-made S-400 missile system [File; Vitaly Nevar/Reuters]

Sebuah tim penasehat Presiden Donald Trump telah menetapkan paket sanksi untuk menghukum Turki karena membeli sistem pertahanan rudal Rusia S-400. Rencananya sanksi itu akan  diumumkan  dalam beberapa hari mendatang, kata beberapa orang yang berkaitan dengan masalah ini.

Pemerintah memilih satu dari tiga rangkaian tindakan yang dirancang untuk memberikan  berbagai macam sanksi  di bawah Undang-Undang yang menghukum  para Penentang  AS.

Rencana itu berkembang  setelah diskusi antara para pejabat di deplu dan dan dephan AS. Sanksi itu dikeluarkan  menunggu ditanganani oleh Trump dan penasihat utamanya, kata orang-orang, meminta untuk anonim saat membahas masalah sensitive itu.

Jumat lalu Turki telah mulai menerima sebagian dari sistem rudal S-400 yang dibeli dari Rusia,  menurut AS hal  ini membahayakan program senjata termahal Pentagon yaitu jet tempur F-35 yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp. Turki beralih ke Rusia setelah gagal. mencapai kesepakatan dengan AS tentang pembelian pesawat F-35 dan sistem pertahanan buatan AS.

PEMIMPIN HEZBOLLAH : IRAN MAMPU MEMBOMBARDIR ISRAEL JIKA AS MENYERANG IRAN 
Lebanon's Hezbollah leader Sayyed Hassan Nasrallah said neither Saudi Arabia nor the United Arab Emirates had any interest in a conflict erupting in the region [File: Aziz Taher/Reuters]

Pemimpin Hizbullah Libanon memperingatkan Israel, bahwa Iran “mampu membombardir Israel dengan ganas dan kekuatan” jika perang pecah dengan AS.

Pernyataan Sayed Hassan Nasrallah itu disiarkan di televisi gerakan Al-Manar pada hari Jumat, setelah meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran beberapa minggu ini.

“Jika AS memahami bahwa perang (dengan Iran) akan  dapat melenyapkan Israel, harusnya mereka akan mempertimbangkan kembali,” kata Nasrallah.

“Tanggung jawab kita bersama di wilayah ini adalah dengan bekerja untuk mencegah perang Amerika terhadap Iran.” Dia mengatakan baik Arab Saudi maupun Uni Emirat Arab (UEA) tidak memiliki kepentingan dalam konflik ini.

Pada hari Jumat, Parlemen  AS melakukan voting untuk membatasi kemampuan Trump untuk menyerang Iran, hal  ini menunjukkan  ada kekhawatiran bahwa kebijakan “hawkish” dari Trump   mendorong ke arah perang yang tidak perlu.

AS menganggap Hizbullah satu-satunya faksi yang tidak perlu dilucuti setelah perang saudara Lebanon 1975-1990.

Tapi Hizbullah juga merupakan pemain politik utama di negara kecil Mediterania, Libanon. Tahun lalu Hizbullah sukses mengambil 13 kursi di parlemen  dan mengamankan tiga posisi di kabinet saat ini.

 

SETELAH MENUDUH ADA GANGGUAN DARI KAPAL IRAN , INGGRIS KIRIM KAPAL PERANG  LAIN KETELUK PERSIA 

HMS Duncan in Turkish waters

Inggris telah meningkatkan tingkat keamanan bagi kapal-kapal Inggris di Teluk Persia ke status siaga tertinggi dan mengirimkan kapal perang kedua ke kawasan itu,  karena ketegangan dengan Iran terus meningkat.

Menurut media Inggris , Keputusan untuk meningkatkan level ancaman ke 3 atau level “kritis” itu dibuat  sehari sebelum muncul tuduhan bahwa kapal Iran berusaha untuk merebut kapal tanker minyak Inggris di Selat Hormuz

Inggris juga mengirim kapal perang HMS Duncan ke Teluk untuk mempertahankan keberadaan keamanan laut Inggris di sana, sementara kapal lain, HMS Montrose yang (diberitakan) terlibat dalam insiden dengan kapal-kapal Iran pada hari Rabu akan  menjalani maintenance dan pergantian awak,  kata Kemenhan kepada CNN ,Jumat.

“Ini akan memastikan bahwa Inggris bersama mitra internasional lain dapat terus mendukung kebebasan navigasi bagi  kapal yang transit melalui jalur pelayaran vital ini,” pernyataan itu menambahkan.

Juru bicara kemenlu  Iran Abbas Mousavi memperingatkan Inggris untuk tidak “memasuki permainan berbahaya  tanpa akhir yang jelas, karena pengaruh AS” dalam wawancara  dengan IRNA, jum’at.

 

TURKI BERSIAP LAKUKAN SERANGAN BESAR DITIMUR SUNGAI EUFRAT
Angkatan Bersenjata Turki sedang mempersiapkan operasi besar-besaran di timur Sungai Efrat, Harian Sabah melaporkan pada hari Jumat  mengutip berbagai media dan laporan militer.
Menurut Daily Sabah, militer Turki telah mengerahkan lebih dari 50 tank ke Distrik Akcakale, kota  yang  dekat dengan perbatasan yang dikuasai kelompok  SDF di  Tal Abyad di utara Al-Raqqa.

Penyataan  itu mengatakan bahwa adanya pertemuan belum lama ini  antara AS dan  negara-negara Teluk (Arab Saudi dan UEA), dan Pasukan Demokrasi Suriah SDF (yang didukung AS) , telah mendorong Turki untuk melancarkan serangan militer yang luas  terhadap “teroris YPG”.

“Pengerahan kendaraan taktis yang terakhir mengindikasikan Turki  akan melakukan serangan besar di timur sungai Eufrat,” Abdullah Ağar, mantan perwira militer  mengatakan Kamis, seperti dikutip oleh Daily Sabah.

Rezim Turki telah sering menyebut akan adanya   operasi militer yang akan segera dilakukan ditimur Sungai Eufrat; Namun AS telah berupaya meredakan ketegangan di kawasan itu dengan mengadakan pertemuan dengan Ankara.

Kelompok YPG dan SDF dipandang oleh rezim Turki sebagai cabang dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang, kelompok yang disebut itu telah terlibat dalam perang panjang dengan militer Turki menjelang akhir abad ke-20.

TURKI MENGGUNAKAN TERORIS SEBAGAI PROKSI UNTUK MENGUASAI HAMA DAN IDLIB

Turki sedang berusaha untuk mengubah Provinsi Hama dan Idlib diSuriah menjadi zona perang yang tak berkesudahan, ketika serangan militan terbaru telah mencoba untuk mengubah garis depan diprivinsi ini, pakar militer Suriah Haytham Hassoun mengatakan kepada Sputnik arabic pada hari Jumat kemarin.

 “Selama beberapa minggu terakhir, kelompok-kelompok bersenjata telah melakukan serangan berturut-turut untuk mengubah jalur kontak dan penguasaan geografisnya.”

Tetapi setelah kelompok-kelompok ini mampu mencapai beberapa kemajuan, Tentara Arab Suriah menahan serangan ini dan mengubahnya menjadi pertempuran  melawan kelompok-kelompok teroris ini. Tentara Suriah berhasil menimbulkan kerugian besar difihak  para teroris ini, ”katanya kepada Radio Sputnik.

Hassoun mengatakan bahwa “selama beberapa jam terakhir, Angkatan Udara Suriah telah mulai menyerang markas pemimpin dan tempat peluncuran kelompok-kelompok teroris yang didukung oleh pasukan agresor Turki.”

“Keseimbangan kekuatan sekarang menjadi hal penting bagi Tentara Arab Suriah, tetapi masalahnya adalah apa sebenarnya tujuan politik dan keinginan Turki dengan mengubah wilayah ini menjadi arena operasi yang berkelanjutan.

Mereka berupaya menguasai area baru melalui serangan berulang, terutama yang terjadi beberapa hari terakhir di pedesaan Latakia timur. ”

MERESPON PEMBELIAN PESAWAT F-35 OLEH KORSEL , KORUT AKAN SIAPKAN SENJATA KHUSUS

U.S. Air Force F-16 Fighting Falcon, right, and F-35A Lightning IIs assigned to the 34th Expeditionary Fighter Squadron Hill Air Force Base, Utah, taxi toward the end of the runway during the exercise VIGILANT ACE 18 at Kunsan Air Base, South Korea

Pada hari Kamis kemarin , Korea Utara mengklaim akan mengembangkan dan menguji coba “persenjataan khusus”  untuk menghancurkan jet tempur siluman F-35 ,  jika Korea Selatan terus melakukan pembelian dari AS.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kantor berita resmi  KCNA, seorang direktur penelitian kebijakan di Institut Kajian AS di kemenlu  Korea Utara menyebut pemerintah Korea Selatan “kurang ajar” dan sangat memprihatinkan , karena disatu sisi  “berbicara tentang rekonsiliasi dan kerja sama antara Korut dan Korsel, tapi pada  “saat yang sama membeli senjata AS.

“Kami, di pihak kami, tidak punya pilihan lain selain harus mengembangkan dan menguji persenjataan khusus untuk menghancurkan senjata mematikan yang makin diperkuat oleh Korea Selatan itu,”  pernyataan itu juga mencatat bahwa pembelian senjata oleh Korea Selatan adalah “tindakan yang sangat berbahaya” yang akan memicu reaksi kita.”

Pada maret lalu Korea Selatan telah menerima penyerahan tahap pertama dua jet tempur F-35A dari perusahaan teknologi Amerika Lockheed Martin, sementara delapan pesawat lagi diharapkan akan dikirimkan pada akhir tahun ini, sementara total pesawat yang dipesan Korsel 40 buah.

Sisa seluruh pesawat yang masing-masing berharga $85 juta  itu diperkirakan akan dikirimkan pada tahun 2021. Sebelum pengiriman dimulai, pilot Korea Selatan telah dilatih berbulan-bulan dengan  enam pesawat F-35A di pangkalan udara di Arizona, Sputnik melaporkan.

KAPAL TANKER INGGRIS YANG DIKAWAL FREGAT DIDEKATI LIMA KAPAL IRAN DISELAT HORMUZ

An oil tanker is seen off the port of Bandar Abbas, southern Iran (File)

Rabu kemarin, total lima kapal yang diyakini milik Iran telah mendekati  kapal tanker minyak Inggris ‘British Heritage’ di Selat Hormuz, tapi  kemudian menarik diri setelah mendapat  peringatan dari kapal perang Inggris Royal Navy HMS Montrose yang mengawalnya, seorang pejabat Dephan AS mengatakan kepada Reuters.

Lima kapal bersenjata yang dikatakan milik Korps Pengawal Revolusi Islam Iran itu berusaha untuk merebut kapal tanker minyak British Heritage yang melewati  Teluk Persia dengan meminta agar kapal itu berhenti di perairan Iran, menurut Reuters.

Kapal-kapal yang diduga milik Iran tersebut disebut kemudian mundur setelah menerima peringatan dari kapal Montrose, fregat Angkatan Laut Inggris yang mengawal  kapal tanker minyak itu.

Kapal Fregat  Montrose, yang dilengkapi dengan senjata dek keliber 30 milimeter, dikatakan telah mengeluarkan tembakan peringatan ke kapal Iran itu dan juga mengeluarkan peringatan lisan, lapor CNN Rabu, mengutip dua pejabat AS.

Sebelumnya, pada Rabu kemarin, Presiden Iran Hassan Rouhani mengejek keputusan Inggris yang akan mengggunakan pengawalan  angkatan laut bagi  kapal tankernya, dengan alasan bahwa tindakan agresi (Iran)  sebelumnya telah membahayakan keselamatan navigasi.

“Sekarang Anda begitu putus asa sehingga ketika salah satu tankermu ingin lewat di wilayah itu, anda harus mengerahkan frigat, itu karena anda takut. Lalu mengapa kamu melakukan penyitaan (terhadap kapal Ikami  itu?  dan bukan malah membuat navigasi menjadi aman, “ catat presiden Iran.

 

Iran menolak tuduhan itu

Sementara itu , Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran telah membantah laporan bahwa kapal patroli mereka berusaha menghentikan kapal tanker minyak Inggris di Teluk Persia.

IRGC juga menegaskan bahwa mereka siap untuk “bertindak cepat dan tegas” jika mereka menerima perintah untuk menangkap kapal asing apa pun.

Mayor Jenderal Mohsen Rezaee dari IRGC,  menyarankan bahwa Teheran harusnya juga menyita  sebuah kapal tanker minyak Inggris jika London menolak untuk mengembalikan kapal Iran yang ditahan di Gibraltar.

 

RUSIA AKAN TETAP BERDAGANG DENGAN IRAN TANPA PEDULI SANKSI AS

Rusia akan mengabaikan sanksi AS terhadap Iran dan akan terus melakukan perdagangan dengan Iran tanpa menciptakan mekanisme khusus, Perwakilan Tetap Rusia untuk Uni Eropa Vladimir Chizhov mengatakan.

“Rekan-rekan kami di Brussels kadang-kadang bertanya mengapa Rusia dan China tidak membuat Instrumen mereka sendiri untuk mendukung Pertukaran Perdagangan (seperti INSTEX). Untuk itu kami menjawab dengan pertanyaan: kenapa  kita butuh itu? Kami telah berdagang dan akan berdagang tanpa peduli sanksi AS, ”kata Chizhov.

Sehari sebelumnya, pemerintah Finlandia mengatakan bahwa mereka mempertimbangkan untuk bergabung dengan sistem perdagangan yang diatur oleh para anggota inti Uni Eropa guna memutus sanksi AS terhadap Iran.

Tahun lalu AS menerapkan kembali sanksi terhadap sektor keuangan dan energi Iran, yang tadinya sempat dilepas berdasarkan kesepakatan nuklir 2015. Para penandatangan kesepakatan Eropa mengklaim bahwa mereka masih berusaha untuk menjaga perjanjian nuklir itu tetap selamat  dengan meluncurkan INSTEX untuk membantu Iran mendapat  manfaat dari Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Iran mengatakan negara2 Eropa tidak berbuat cukup banyak untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir, dan pelanggaran AS terhadap JCPOA telah menghalangi Teheran untuk mendapatkan keuntungan dari dividen ekonomi pakta tersebut.

Menanggapi kelambanan Uni Eropa itu, Iran telah memperkenalkan dua fase tindakannya untuk mengurangi komitmennya terhadap perjanjian JCPOA. Langkah-langkah Teheran itu dikeluarkan  setelah “kesabaran strategis”nya  berkurang , setelah setahun menunggu negara-negara Eropa untuk menormalkan hubungan dagangnya dengan Iran.

 

“REPUBLIK ISLAM PAKISTAN”   MASIH  TERUS TERJEBAK HUTANG IMF

The International Monetary Fund logo is seen inside its headquarters at the end of the IMF/World Bank annual meetings in Washington, U.S., October 9, 2016

Pakistan telah menerima gelontoran hutang  tahap pertama dari IMF sebesar $991,4 juta, dari total Bailout yang disetujui sebesar $ 6 miliar,  juru bicara Bank Negara Pakistan mengatakan pada hari Rabu kemarin.

Pakistan menghadapi defisit keuangan sekitar $ 2 miliar untuk tahun fiskal 2019 ini. Juru bicara Bank Negara Pakistan menjelaskan pinjaman tersebut setara dengan hak penarikan khusus (SDR) sebesar $ 716 juta. SDR adalah satuan IMF untuk transaksi keuangan yang mencakup mata uang campuran.

“Jumlah yang tersisa akan diberikan bertahap untuk waktu yang direncanakan, tergantung pada  evaluasi triwulanan dan  evalluasi  semi-tahunan,” kata IMF.

Dengan gelontoran dana tahap pertama $ 991,4 juta itu, maka cadangan devisa Pakistan meningkat menjadi $ 15,0431 miliar (sebenarnya yang meningkat adalah beban hutangnya). Cadangan devisa Pakistan yang kekurangan uang itu telah menyusut menjadi $7 miliar.

China dan negara-negara sahabat lainnya seperti Arab Saudi dan Uni Emirat Arab menyumbang sekitar $10 miliar kepada Pakistan pada kuartal pertama tahun ini, guna menghindari kemungkinan gagal bayar  pada pembayaran utang luar negerinya.

Pada 3 Juli 2019 lau, Dewan Eksekutif IMF menyetujui pengaturan perpanjangan 39 bulan, dengan mekanisme fasilitas pendanaan yang diperpanjang (EFF) ke Pakistan, ini dilakukan untuk Special Drawing Right SDR sejumlah 4268 juta (sekitar $ 6 miliar atau 210 persen dari kuota), guna mendukung program reformasi ekonomi pemerintah.

Selain pendanaan, Riyadh juga menyetujui pasokan minyak senilai $3 miliar dengan penangguhan pembayaran untuk Pakistan. “Pakistan menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan dibalik kebutuhan fiskal dan keuangan yang besar, dan pertumbuhan ekonomi yang lemah dan tidak seimbang,” kata IMF

IMF  mengatakan  “konsolidasi fiskal yang ketat”  adalah kunci untuk mengurangi hutang publik yang besar dan membangun ketahanan ekonomi adalah langkah awal yang penting.

Penasihat keuangan PM  Pakistan  telah memperingatkan publik tentang langkah  ketat yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan itu, termasuk strategi mobilisasi pendapatan multi-tahun untuk memperluas basis pajak.

IMF juga telah meminta pemerintah Pakistan untuk meningkatkan pendapatan pajak dengan cara yang seimbang dan adil. Pakistan memperkirakan defisit keuangan sekitar $ 12 miliar untuk tahun fiskal 2019 dan sekitar $ 7-8 miliar untuk tahun 2020.

 

SKUADRON DRONE AS DIPINDAHKAN DARI POLANDIA KE ROMANIA

MQ-9 Reaper

Skuadron Drone Angkatan Udara AS dari jenis  MQ-9 Reaper untuk sementara dipindahkan ke Rumania. Ini adalah pergeseran terbaru dari peralatan intelijen NATO ke wilayah Laut Hitam.

Kelompok Ekspedisi ke-52 dari Detasemen Operasi 2 ,  bagian dari Fighter Wing Eropa  Angkatan Udara AS, telah memindahkan basis operasinya untuk sementara kearah 580 mil tenggara, yaitu ke Pangkalan Udara Campia Turzii di Rumania, sementara pangkalannya di Miroslawiec di Polandia sedang diganti landasan pacunya, USAFE mengumumkan pada 4 Juli lalu.

Kesatuan ini mengoperasikan  Drone General Atomics yang merupakan pengganti Drone Predator yang telah ditingkatkan kemampuannya mulai dari persenjataannya sampai dengan kecepatan dan durasi terbangnya, dan telah menjadi UAV andalan Angkatan Udara AS.

Saat ini Skuadron ini telah ditugaskan untuk peran intelijen, pengawasan dan pengintaian (ISR intelligence, surveillance, and reconnaissance ) di sepanjang perbatasan timur negara NATO (dengan Rusia).

 “Saya perlu … lebih banyak Dtrone ISR” di Eropa Timur, kata Jenderal Angkatan Darat AS Curtis Scaparrotti, Komandan Sekutu Tertinggi Eropa dari Operasi Komando Sekutu NATO, mengatakan didepan Komite Layanan Angkatan Bersenjata Senat AS pada Maret lalu. “Yang menjadi perhatian terakhir saya adalah soal, pengawasan dan kapasitas pengintaian, mengingat ancaman Rusia yang semakin meningkat.”

“Relokasi sementara ini dilakukan dengan kerja sama penuh dari sekutu NATO kami, Rumania,” kata USAFE, meskipun tidak merinci berapa lama relokasi itu akan berlangsung. “AS bekerja erat dengan Rumania dan sekutu dan mitra NATO lainnya untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kolektif dan meningkatkan keamanan regional.”

Pada konferensi pers bersama bulan lalu, Presiden Polandia Andrzej Duda dan Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa tambahan akan ada penambahan  1.000 pasukan AS lagi dari 4.500 pasukan yang telah ada, yang secara teratur dirotasi melalui penempatan di Polandia, dan skuadron MQ-9 Reaper kedua juga akan ditambahkan. dikerahkan ke negara selain juga  sistem rudal AEGIS Ashore.

Pergeseran ke selatan ini  menandakan fokus baru pada wilayah Laut Hitam, tidak berarti n NATO akan mengurangi kemampuan ISR di utara, di mana MQ-4 Global Hawk drone, jenis yang sama  yang ditembak oleh Iran di atas Selat Hormuz bulan lalu, terlihat berputar-putar di dekat perbatasan barat Rusia pada 3 Juli lalu.

Kementerian Pertahanan Rusia telah berulang kali mengeluh kepada Pentagon tentang misi mata-mata yang dilakukan di sepanjang perbatasan barat Rusia, tetapi tidak ada tanggapan (dari AS).

 

IRAN DAN ISRAEL SALING ANCAM 

A handout picture released on the news website and public relations arm of Iran's Revolutionary Guards, Sepah News, shows an image apparently digitally altered to show four missiles rising into the air instead of three during a test-firing at an undisclosed location in the Iranian desert (File)

Pada hari Selasa kemarin  Menteri Urusan Kebudayaan dan Sosial Iran Hossein Nejat memperingatkan bahwa Iran dapat melenyapkan kapal induk AS di Teluk jika AS menyerang Iran.

“Pangkalan AS berada dalam jangkauan rudal kami … Rudal kami akan menghancurkan kapal induk mereka jika mereka melakukan kesalahan,” Nejat memperingatkan. “AS sangat menyadari konsekuensi dari konfrontasi militer dengan Iran.”

Menurut AMN, Nejat juga menambahkan bahwa perang bukanlah “agenda Trump” , tapi Presiden AS itu ingin “menyeret Teheran untuk mau bernegosiasi melalui tekanan maksimum.”

“Iran dianggap telah membahayakan keamanan Israel dan saat ini menadi masalah bagi  Arab Saudi, AS, dan Israel. Teheran akan berperang di perbatasan musuh dan bukan di perbatasan (Iran) ,” lanjut Nejat.

Sebelumnya pada hari yang sama , PM Israel Benjamin Netanyahu membuat pernyataan serupa, yang memperingatkan bahwa Iran  berada dalam jangkauan pesawat tempur Israel.

Pernyataan Netanyahu itu dikeluarkan satu minggu setelah ketua Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran , Mojtaba Zolnour mengindikasikan bahwa jika AS menyerang Iran, “maka masa hidup  Israel tinggal setengah jam,”

“Iran belum lama ini telah mengancam kehancuran Israel. Harus diingat bahwa pesawat-pesawat Israel dapat mencapai dimanapun di Timur Tengah, termasuk Iran, dan tentu saja Suriah,” kata Netanyahu di pangkalan Angkatan Udara Israel, Selasa kemarin.

 

AS AKAN BENTUK KOALISI UNTUK PATROLI DISELAT HORMUZ

USS Abraham Lincoln

Washington telah membuat  rencana untuk membentuk “koalisi militer internasional” yang akan melindungi perairan strategis dari ancaman Iran dan membentuk  Kepala Staf Gabungan yang bertugas diYaman, kata Jenderal (marinir) Joseph Dunford.

“Sekarang ini kita bersama dengan sejumlah negara (sekutu) sedang mempelajari  apakah kami akan membentuk koalisi yang akan memastikan kebebasan navigasi baik di Selat Hormuz dan Bab al-Mandab,” katanya seperti dikutip oleh Reuters.

“Jadi saya kira mungkin dalam beberapa minggu ke depan kita akan menentukan negara mana saja yang memiliki kemauan politik untuk mendukung inisiatif itu dan kemudian kita akan bekerja secara langsung dengan militer untuk mengidentifikasi kemampuan khusus yang akan mendukung itu,” tambah Dunford.

Sebelumnya, Wakil Komandan Armada Kelima AS Laksamana Jim Malloy mengatakan bahwa Angkatan Laut AS tidak akan mengesampingkan kemungkinan pengiriman satuan tempur Kapal induk USS Abraham Lincoln yang kan melalui Selat Hormuz jika hal itu diperlukan.

RUSIA LAKUKAN SERANGAN TELAK KE MILITAN NLF YANG DIDUKUNG TURKI

Angkatan Udara Rusia melakukan pemboman strategis ke basis militan  yang mengakibatkan terbunuhnya beberapa anggota Front Pembebasan Nasional (NLF) yang didukung Turki, diIdlib Suriah.

Menurut sumber militer Suriah, Angkatan Udara Rusia menerima koordinat basis bawah tanah militant  NLF di kota Madinah, provinsi Idlib. Koordinat itu didapat dari mata-mata dan aktivis setempat,

Angkatan Udara Rusia menghancurkan pangkalan militan di Madaya, dan membunuh dan melukai lebih dari 20 militan  Front Pembebasan Nasional NLF.

Sumber militer Suriah menambahkan bahwa serangan itu telah “mengirim pesan” ke Turki setelah putaran pembicaraan gagal untuk menghasilkan gencatan senjata atau kesepakatan tentang situasi di Suriah barat laut.

Sejak serangan ini, Angkatan Udara Rusia telah melakukan sekitar 100 kali serangan udara keProvinsi  Idlib dan Hama, yang menyebabkan kerusakan signifikan pada pertahanan musuh.

SOAL PENGAYAAN URANIUM, DONALD TRUMP INGATKAN IRAN UNTUK LEBIH BERHATI-HATI

Trump warns Iran 'better be careful' on nuclear enrichment

Presiden AS  Donald Trump  memperingatkan Iran untuk “lebih baik berhati-hati” setelah Iran mengumumkan akan mulai memperkaya uranium di luar batas kadar yang ditentukan dalam perjanjian nuklir internasional.

Trump tahun lalu secara sepihak menyatakan keluar dari kesepakatan nuklir 2015 dan kembali menerapkan  sanksi sanksi ekonomi terhadap Iran, hal ini mendorong Iran untuk secara bertahap mengurangi kepatuhannya terhadap perjanjian nuklir itu.

Pada hari Minggu 7/7 kemrin , Iran mengatakan hanya butuh beberapa jam lagi untuk  bisa melewati batas pengayaan uranium 3,67 persen yang ditetapkan dalam kesepakatan, dan mengancam akan terus mengurangi komitmennya setiap 60 hari kecuali para penandatangan yang lainnya dalam perjanjian tersebut yaitu  Inggris, Jerman, Prancis, Rusia dan China melindunginya dari sanksi AS.

Hari minggu kemarin, Trump mengatakan bahwa : “Iran sebaiknya berhati-hati,  karena Anda memperkaya Uranium dengan satu alasan, dan saya tidak akan mengungkap  apa alasannya, tetapi itu tidak baik.”

Trump  tidak menguraikan tindakan apa yang mungkin dipertimbangkan Washington, tetapi Trump mengatakan kepada wartawan bahwa Teheran “tidak akan pernah memiliki senjata nuklir”.

Iran membantah mengejar senjata nuklir, Iran merujuk pada Fatwa yang dikeluarkan oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ali Hosseini Khamenei tahun 200an yang melarang “produksi, penimbunan, dan penggunaan senjata pemusnah massal, dan khususnya senjata nuklir”.

Sementara itu, Menlu AS Mike Pompeo dalam twitternya mengancam akan memberi  sanksi tambahan terhadap Iran. Dia mengatakan: “Pengembangan  program nuklir Iran terbaru hanya akan mengarah pada isolasi dan sanksi lebih lanjut.” Pompeo menyebut  jika  Rezim Iran punya senjata nuklir, maka akan menimbulkan bahaya yang lebih besar bagi dunia.”

 

PEMBERONTAK HOUTHI DI YAMAN RILIS PERSENJATAAN BARU

 

Kelompok Houthi diYaman telah merilis  Drone dan Roket barunya pada sebuah pameran di ibu kota Sana.

Menurut outlet media AMN News, sebuah rudal jelajah yang dijuluki ‘Quds’ dipamerkan dalam presentasi itu, bersama dengan pesawat mata-mata yang baru Sammad-1 dan Sammad-3.

Persenjataan Houthi yang baru itu  akan membuat kelompok Houthi memiliki lebih banyak variasi senjata guna melawan koalisi yang dipimpin Saudi, menurut AMN News.

Houthis telah melncarkan serangkaian serangan pesawat tak berawak ke dua buah bandara di Arab Saudi dalam beberapa bulan terakhir, yang menewaskan seorang warga negara Suriah dan melukai puluhan warga sipil, termasuk anak-anak.

Arab Saudi, yang memimpin koalisi mendukung pemerintah Yaman dalam perangnya melawan faksi Houthi yang bersenjata. Koalisi yang dipimpin Saudi telah terlibat dalam perang saudara di Yaman sejak Maret 2015, ketika mulai melakukan serangan udara terhadap pemberontak bersenjata Houthi atas permintaan mantan Presiden Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi.

 

AS MINTA JERMAN KIRIM PASUKAN DARATNYA  KESURIAH

German soldiers enter a Transall C-160 cargo plane at the military airbase Penzing, 50 kilometers (28 miles) west of Munich, southern Germany, on Saturday, Dec. 18, 2004

Diplomat AS James Jeffrey secara resmi telah meminta Jerman untuk mengirim pasukan ke Suriah untuk membantu memerangi kelompok teroris ISIS, AS mengklaim sekutu perlu memberikan dukungan teknis kepada oposisi yang dipimpin Kurdi.

Dalam sebuah wawancara dengan kantor berita DPA Jerman dan surat kabar mingguan Welt am Sonntag, Perwakilan Khusus campur tangan AS di  Suriah mendesak Jerman untuk mengirim pelatih militer, spesialis logistik dan teknisi untuk membantu Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang dipimpin Kurdi memerangi ISIS.

Kami ingin pasukan darat dari Jerman menggantikan sebagian tentara kami, “kata Jeffrey, seraya menambahkan ia berharap akan menerima tanggapan dari pemerintah Jerman bulan ini.”

Lebih baik memaksa ISIS kembali (melawan) pasukan Suriah, tetapi camputangan internasional diperlukan untuk mengamankan dukungan udara, untuk logistik, pelatihan, dan bantuan teknis.

“Kami berharap bahwa Jerman akan dapat berbuat lebih banyak,” kata Jeffrey. “Sayaoptimis. Beberapa sekutu mau mengerahkan pasukan daratnya”.

Saat ini, koalisi yang memerangi (sebenarnyamendukung) ISIS terdiri dari sekitar 80 negara, dimana Jerman menyumbang jet pengintai, sebuah pesawat pengisian bahan bakar dan pelatih militer yang ditempatkan di Irak.

Pada Desember 2018, Trump telah menyatakan bahwa AS telah mengalahkan ISIS  dan mengumumkan akan menarik 2.000 tentara AS yang ditempatkan di timur laut Suriah untuk mendukung  kelompok Kurdi SDF. (Tapi itulah AS ucapannya selalu penuh tipu daya., aaz admin)

NEGARA-NEGARA EROPA DINILAI PASIF, IRAN TINGKATKAN KADAR URANIUMNYA DIATAS 3,67%

 An Iranian security official, dressed in protective clothing, walks inside the Uranium Conversion Facility, just outside the city of Isfahan, 410 kilometers, (255 miles), south of the Iranian capital Tehran in this Wednesday, March 30, 2005

Iran mengatakan pihaknya mulai memperkaya uranium dengan kadar diatas 3,67%, karena negara2 Eropa penandatangan perjanjian nuklir 2015  telah kehabisan  batas waktu 60 hari guna mengimbangi dampak buruk dari penarikan diri sepihak  AS.

Pengurangan  kewajiban Iran terakhir di bawah Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) ini diumumkan dalam konferensi pers bersama oleh Wakil Menlu  untuk Urusan Politik Abbas Araqchi, juru bicara pemerintah  Ali Rabiei  dan juru bicara Organisasi Energi Atom Iran (AOEI)  Behrouz Kamalvandi. di Teheran pada  Minggu hari ini.

Kamalvandi mengatakan bahwa Iran akan meningkatkan pengayaan uraniumnya  dari saat ini 3,67% ke level yang memenuhi kebutuhan pembangkit listriknya.

Dia juga mencatat bahwa negaranya belum memutuskan tingkat pengayaan untuk reaktor riset Teheran. Iran sebelumnya mengatakan perlu pengayaan lima persen untuk Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr (NPP) dan 20 persen untuk reaktor riset Teheran.

Araqchi mengatakan bahwa negara2 Eropa belum memenuhi tuntutan Iran, termasuk soal sistem pembayaran langsung non-dolar dengan Iran yang dikenal sebagai INSTEX.

 

IAEA AKAN GELAR PERTEMUAN DARURAT ATAS PERMINTAAN AS

Sementara itu, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengatakan akan mengadakan pertemuan darurat di Iran minggu depan, rencana itu dibuat beberapa hari setelah adanya rencana peningkatan kadar uranium Iran.

Seorang juru bicara untuk pengawas nuklir PBB mengumumkan pada hari Jumat bahwa pertemuan Dewan Gubernur IAEA akan diadakan pada 10 Juli. Pertemuan darurat akan diadakan atas permintaan Duta Besar AS untuk Organisasi Internasional Jackie Wolcott. Permintaan itu kemudian dikritik oleh misi Iran ke IAEA sebagai “ironi pahit”.

 

ANGGOTA PARLEMEN LIBYA TUDUH TURKI MEMASUKKAN KELOMPOK TERORIS KE LIBYA

Sabtu kemarin seorang pejabat Libya mengatakan pada Sputnik Arabic  bahwa Turki telah  memasukkan  teroris asing ke Libya untuk melawan Tentara Nasional Libya (LNA) yang berbasis di Benghazi.

Berbicara kepada Sputnik dari Tobruk, anggota parlemen Libya ‘Ali Al-Sa’eedi Al-Qaidi mengatakan bahwa Turki telah beberapa waktu ini mengirim teroris ke Libya untuk,  guna menyerang kelompok Tentara Nasional Libya LNA.

“Pengiriman teroris (oleh Turki) bukanlah hal baru. Ini adalah cerita lama.  Banyak teroris datang dari Turki melalui Tripoli dan Misrata untuk melawan Tentara Nasional Libya di Tripoli dan menghalangi gerak maju kelompok LNA  ke pusat ibu kota Libya Tripoli,”Al-Qaidi mengatakan kepada Sputnik.

Anggota parlemen Libya itu mengatakan bahwa “kelompok-kelompok ini sekarang  bertempur melawan Tentara Nasional Libya dengan menggunakan warga sipil sebagi perlindungan,”

Dia jua menyebut bahwa ” seorang teroris dari Tunisia telah ditangkap di Wadi Al-Rabea, selatan. ibukota Tripoli. “

Mengenai posisi Rusia (diLibya) , l-Qaidi menganggap bahwa “posisi Rusia dalam  krisis  Libya sudah jelas mereka melakukan perang melawan terorisme di Libya.”

Menanggapi pertanyaan kemungkinan gencatan senjata di Tripoli dan kembali dilakuakn pembicaraan damai di antara kelompok  Libya, Al-Qaidi mengatakan, “Isu soal ini sudah dibicarakan dimeja perundingan, tapi  ini politik, dan tentara sepenuhnya sadar bahwa tidak ada dialog jika masih ada  kelompok-kelompok teroris bersenjata. ”

Ketegangan antara Turki dan kelompok LNA Libya meningkat setelah pasukan Tentara Nasional Libya yang dipimpin oleh Field Marshal Khalifa Haftar mengancam akan menargetkan kapal-kapal dan pesawat-pesawat Turki di Libya.

 

ARAB SAUDI MENAHAN KAPAL TANKER IRAN YANG BERLABUH DI JEDDAH

Iranian oil tanker [AlfvanBeem/Wikipedia]

Arab Saudi telah menahan sebuah kapal tanker minyak Iran di pelabuhan Jeddah, sebuah sumber di Teheran mengatakan kemarin.

Kapal Tanker itu  merapat di Jeddah untuk perbaikan darurat setelah mengalami “kegagalan mesin dan kerusakan sistem kendali” dua bulan lalu.

Sekarang pihak berwenang Saudi menuntut bahwa Iran harus membayar $200.000 perhari selama  kapal Iran itu  berlabuh, Russia Today melaporkan.

Rabu lalu Menteri Perminyakan Iran Bijan Namdar Zanganeh mengatakan kepada wartawan  bahwa para pejabat di Perusahaan Tanker Minyak Nasional Iran sedang menindaklanjuti masalah ini.

Dia bersikeras, bahwa masalh ini  akan segera diselesaikan. “Masalah ini memiliki implikasi keuangan untuk Iran,” tambah menteri itu, “tetapi kami lebih khawatir tentang kemungkinan bencana lingkungan di kawasan itu.”

Sejumlah pejabat Iran telah mengkritik permintaan Saudi itu , yang mereka sebut sebagai  “ilegal”.

 

IRAN AKAN MENAHAN TANKER INGGRIS JIKA TANKER MINYAKNYA TIDAK DILEPAS

Royal Marines prepare to disembark Grace 1

Seorang pejabat Iran mengatakan akan menyita kapal tanker minyak Inggris, jika kapal Iran yang ditahan diGiblartar tidak dibebaskan.

Pada kamis lalu , Marinir Inggris membantu para pejabat di Gibraltar dalam upaya menahan  kapal super tanker  Grace 1  setelah diduga membawa minyak dari Iran ke Suriah, hal ini dianggap  melanggar sanksi dagang oleh Uni Eropa.

Pengadilan di Gibraltar kemudian memutuskan untuk memperpanjang penahanan kapal itu selama 14 hari lagi . Iran kemudian memanggil duta besar Inggris di Teheran untuk mengklarifikasi upaya yang disebut Iran sebagai “bentuk pembajakan” itu.

Dalam sebuat tweetnya ,Mohsen Rezaei anggota dewan penasehat  Pemimpin Tertinggi, Ayatollah Khamenei mengatakan Iran akan merespon para pengganggu kepentingan Iran “tanpa ragu-ragu”.  “Jika Inggris tidak melepaskan kapal tanker minyak Iran itu, maka adalah tugas pihak berwenang Iran  untuk juga  menyita sebuah kapal tanker minyak Inggris.”

BBC menginfokan bahwa sekitar 30 marinir telah diterbangkan dari Inggris ke Gibraltar untuk membantu menahan Grace-1 dan muatannya. Gibraltar menyebut ada alasan untuk percaya bahwa kapal itu membawa minyak mentah Iran ke Kilang Baniya di kota pelabuhan Tartous di Mediterania.

Hukum diGiblartar hanya boleh kapal selama 72 jam, tetapi Mahkamah Agung Gibraltar kemudian memberikan perpanjangan 14 hari pada hari Jumat kemarin.

Kementerian Luar Negeri Iran mengutuk penyitaan awal kapal itu sebagai tindakan ilegal dan menuduh Inggris bertindak atas perintah AS.

Kantor Luar Negeri Inggris menolak klaim pembajakan itu sebagai “omong kosong”. Penjabat Menteri Luar Negeri Spanyol Josep Borrell mengatakan,  Spanyol yang  membantah kepemilikan Inggris atas Gibraltar  sedang mempelajari langkah itu, tetapi memang mengakui langkah  itu mengikuti “permintaan dari AS ke Inggris”.

PESAWAT TEMPUR RUSIA CEGAT PASAWAT MATA-MATA AS DIPERBATASAN RUSIA

Pesawat AS itu  terlihat melakukan penerbangan yang hanya berjarak 75 kilometer dari pantai Semenanjung Krimea, Rusia.

Cuplikan video yang beredar secara online itu tampaknya menayangkan  pesawat pengintai P-8 Poseidon AS yang sedang dicegat oleh pesawat tempur Rusia saat terbang di dekat pantai Krimea baru-baru ini. Video itu diposting oleh seorang jurnalis Rusia yang mengklaim bahwa video itu diberikan kepadanya oleh salah satu membernya.

 

TANKER MINYAK DARI IRAN MENUJU SURIAH DITAHAN DIGIBLARTAR

Kemenlu Iran telah memanggil Duta Besar Inggris untuk Iran Nicolas Hopton atas apa yang disebutnya sebagai “penyitaan ilegal” atas sebuah kapal tanker minyak yang membawa minyak Iran ke Suriah,  televisi pemerintah Iran, mengutip juru bicara Kemenlu Iran Abbas Mousavi.

Sebelumnya, pejabat Spanyol mengatakan bahwa super tanker Grace-1  berbendera Panama membawa minyak mentah Iran menuju Suriah dan ditangkap oleh kapal-kapal patroli Inggris dari Gibraltar, ditahan atas perintah Washington.

Perdana Menteri Inggris Theresa May  memuji penyitaan itu, sementara juru bicara  Gibraltar telah mengirim ‘pesan yang jelas’ bahwa Inggris tidak akan mentolerir pelanggaran terhadap sanksi ekonomi  terhadap Iran.

Kepala Menteri Gibraltar Fabian Picardo mengatakan ada bukti yang menunjukkan bahwa kapal tanker itu berusaha mengirimkan minyak mentah ke Kilang Banyas di barat laut Suriah, ini dianggap melanggar sanksi UE terhadap Suriah. Uni Eropa menerapkan sanksi kesuriah  dengan sanksi ekonomi dan energi sejak awal perang 2011.

AS memberlakukan sanksi kerasnya  terhadap sektor minyak Iran sejak 2018, dan mengancam akan menerapkan sanksi sekunder terhadap negara atau perusahaan mana pun yang melakukan pembelian sumber daya energi dari negara tersebut.

Hadist mengisyaratkan Binatang yang bisa berbicara itu memberi cap dan menentukan siapa yang boleh berdagang dan siapa yang tidak boleh.

 

PENGUASA INI PENINDAS RAKYAT ?

Presiden Suriah Bashar Al Assad mengunjungi Asrama pemuda Katholik . Seperti biasa menyetir sendiri dan tanpa pengawalan, dan disambut hangat  bak pahlawan.

Agama, ras. mazhab  apapun dilindungi diSuriah, ras apapun.  Jika Assad memusuhi sekte Suni harusnya Assad sudah dari dulu digulingkan karena lebih 80% tentara Suriah adalah dari mazhab Suni.

Fitnah-fitnah yang disebarkan para musuh Islam itu akhirnya lenyap dengan sendirinya  dan tidak mampu melawan fakta dnn kebenaran.

 

MENLU SURIAH : SURIAH BISA MEMBALAS SERANGAN ISRAEL DUA KALI LEBIH KERAS

An image grab taken from an AFP video shows what appears to be smoke billowing over buildings near the Syrian capital Damascus, following a reported Israeli air strike overnight on July 1, 2019

Damaskus siap membalas serangan udara mematikan Israel beberapa hari lalu  “dua kali lebih keras”, kata Wakil Menlu Suriah Faisal Mekdad,

Pada hari Minggu malam lalu,  Angkatan Udara Israel melakukan serangan di pinggiran selatan Damaskus dan Homs, pesawat Israel menyerang  dari wilayah udara Lebanon. Akibatnya, 16 orang tewas, termasuk bayi yang baru lahir,

“Suriah selalu siap untuk membalas “dua kali lebih keras” atas serangan Israel itu, kata Faisal Mekdad mengutip Menlu Suriah Walid Muallem setelah mengadakan pembicaraan dengan Ali-Asghar Khaji, asisten khusus  urusan politik kemenlu Iran.

Menurut Mekdad, Suriah “berperang dengan Israel disetiap tempat”, Suriah memerangi kelompok teroris yang menurutnya digunakan sebagai “alat” bagi Israel. “Tujuan serangan Israel ini adalah untuk melindungi “alat-alatnya” itu, terutama karena  kemenangan tentara Suriah dan sekutunya (dalam memberantas teroris)”, tambahnya.

Dia menekankan bahwa saat ini kawasan itu membutuhkan lingkungan yang damai, bukan eskalasi.

“Dunia, Dewan Keamanan PBB dan PBB sendiri perlu memahami bahaya dari perkembangan seperti itu karena Suriah tidak akan diam dan punya  hak untuk membalas”, Mekdad mencatat.

PETINGGI MILITER IRAN : KAMI PUNYA SENJATA RAHASIA

Rabu kemarin, seorang komandan militer Iran memperingatkan bahwa negaranya memiliki “senjata rahasia,”. Peringatan itu dikeluarkan sehari setelah Menlu Israel mengatakan bahwa Israel sedang mempersiapkan atas kemungkinan keterlibatan militer dalam setiap potensi peningkatan militer di Teluk Persia, karena ketegangan terus meningkat antara Iran dan AS.

“Sistem Pencegahan dan senjata rahasia kami telah berhasil  menghentikan musuh kotor yang berjarak  200 mil jauhnya  di Selat Hormuz,” kata Brigjen Alireza Sabahi Fard komandan Pangkalan Pertahanan Udara Khatam ol-Anbiya Angkatan Darat Iran, yang dikutip oleh Fars News.

“Musuh telah tahu betul bahwa mereka tidak perlu menguji kemampuan tempur Iran, karena kesalahan pertama mereka akan menjadi kesempatan terakhir,” lanjut Jendral Iran itu

Pada hari Selasa lalu , Menlu Israel Katz mengatakan bahwa negara Yahudi itu sedang mempersiapkan kemungkinan keterlibatannya  jika konfrontasi militer antara Washington dan Teheran terjadi.

“Harus dipertimbangkan bahwa jika Iran membuat perhitungan yang salah , maka  akan membawa perubahan dari ‘zona abu-abu’ ke ‘zona merah’  yaitu, perang militer skala besar,” kata Menlu Israel seperti dikutip oleh Reuters,

“Kita harus siap untuk ini, itulah kenapan Negara Israel terus memperkuat dan membangun kekuatan militernya jika Israel memang  harus merespon  skenario eskalasi.”

Berbicara kepada Radio Angkatan Darat esok harinya, Menlu Israel  Katz memperingatkan bahwa jika sanksi yang diberlakukan oleh Washington mungkin bisa mencegah perang, tapi Israel dapat bertindak secara sepihak untuk mencegah Iran memiliki senjata nuklir.

“Iran tidak memiliki peluang dalam perang ini,” katanya. “Oleh karena itu yang ada adalah peluang  melalui tekanan ekonomi yang keras dan sanksi yang komprehensif guna mencegah perang,  untuk mencapai tujuan tanpa perang.” Kata Menlu Israel itu.

.
INSIDEN DIKAPAL SELAM RAHASIA RUSIA HANYA KECELAKAAN

Kapal selam itu diidentifikasi  sebagai Losharik (AS-12), kapal selam bertenaga nuklir yang secara luas diyakini sebagai aset utama bagi Direktorat Penelitian Laut Dalam Rusia, juga dikenal sebagai GUGI.

Organisasi GUGI mengembangkan dan mengoperasikan armada kapal selam khusus yang digunakan Rusia untuk laut dalam dan operasi paling rahasia. Organisasi itu melaporkan langsung ke Badan intelijen militer Rusia  GRU , bukan ke Angkatan Laut Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu Menhan Rusia Sergei Shoigu beberapa jam setelah adanya berita insiden mematikan di atas kapal selam Losharik (AS-12) Rusia yang  pecah.

Tujuh kapten dari peringkat pertama dan dua orang lain tewas dalam insiden itu, kata Putin. “Ini kerugian besar,” Putin menekankan.

Putin telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para awak kapal selam yang tewas dalam kebakaran di atas kapal selam militer penelitian laut dalam itu.

Putin  menginstruksikan kementerian pertahanan untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada keluarga para korban. Presiden juga telah meminta menteri pertahanan untuk mengunjungi Severomorsk secara langsung, memeriksa catatan tentang penyebab tragedi itu dan melaporkannya.

Pada tanggal 1 Juli lalu , telah terjadi kebakaran  pada kapal selam militer laut dalam yang dirancang untuk meneliti lapisan pantai dan dasar lautan. Meskipun kebakaran itu bisa dipadamkan relatif cepat, empat belas anggota awak kapal selam meninggal akibat menghirup asap beracun, kata Kemenhan Rusia  dalam sebuah pernyataan.

Menurut pernyataan itu, api di kapal selam bisa dipadamkan oleh kru kapal . Kapal telah ditarik ke pangkalan angkatan laut Severomorsk. Investigasi atas insiden tersebut telah mulai dilakukan diprakarsai oleh Komite Investigasi Rusia.

.
RUMOR PANAS : KAPAL SELAM AS DAN KAPAL SELAM RUSIA SALING TEMBAK DIPERAIRAN ALASKA

Sebuah  kapal selam Amerika yang beroperasi di lepas pantai Alaska dilaporkan ditembak dengan torpedo dan tenggelam ketika terjadi  baku tembak dengan kapal selam Rusia,  kapal selam AS itu  diduga mencegat kapal selam Rusia di perairan Alaska.

Kapal selam Rusia diduga mengalami kerusakan parah dalam pertempuran itu, dimana lebih dari 14 awaknya tewas, tetapi berhasil kembali ke pangkalannya di Rusia.

Pertemuan darurat telah berlangsung di Gedung Putih sore kemarin, sementara  Wakil Presiden Mike  Pence dipanggil  ke Gedung Putih dan harus membatalkan jadwal perjalanannya ke New Hampshire.

Ketika Wapres Pence dipanggil keGedung putih, muncul kabar di media Rusia bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin juga membatalkan acara publik yang telah lama ia jadwalkan, dan segera dialihkan untuk pertemuan dengan Menteri Pertahanannya. Pada pertemuan itu, baik Putin dan Menteri Pertahanan memanggil SekJend Angkatan Bersenjata Rusia ke pertemuan tersebut.

Saat  pertemuan  itu sedang berlangsung, markas besar Uni Eropa di Brussels Belgia mengadakan pertemuan darurat Dewan Keamanan Nasional Uni Eropa,  dan secara terpisah Pemerintah Inggris mengadakan pertemuan darurat “Cobra”.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan Komandan  pertahanan negara  untuk menuju ke pangkalan angkatan laut utara guna melakukan penyelidikandi atas  kebakaran di sebuah kapal selam riset laut dalam yang menewaskan 14 anggota awak itu.

Pertemuan Putin dengan Menhan Shoigu dilakukan  setelah Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari sebelumnya bahwa 14 awak kapal  tewas saat terjadi  kebakaran  pada 1 Juli di atas kapal selam yang melakukan  penelitian di perairan teritorial Rusia.

.
SEJUMLAH BESAR MILITAN ASING MASUK KE HAMA DISURIAH DARI PERBATASAN TURKI

Pekan lalu, sejumlah besar militan asing telah berangkat dari wilayah timur laut provinsi  Latakia menuju ke Hama barat laut.
Para militan  asing itu berasal dari kelompok Turkestan Islamic Party (TIP), sebuah kelompok teroris yang mengendalikan sebagian besar Idlib barat.
Mereka dilaporkan telah memindahkan banyak pejuang mereka dari wilayah perbatasan Turki di Latakia ke Dataran Al-Ghaab di Hama barat laut.
Diwaktu lalu Partai Islam Turkestan memainkan peran penting dalam beberapa pertempuran , termasuk yang belum lama ini  di Kabani, di mana mereka membantu kelompok teroris Hayat Tahrir Al-Sham untuk memukul mundur Tentara Arab Suriah (SAA).
.
MILITAN  NLF DUKUNGAN TURKI SERANG TENTARA SURIAH

Front Pembebasan Nasional (NLF) yang didukung Turki melakukan serangan baru terhadap Tentara Arab Suriah (SAA) di pedesaan utara provinsi Latakia.

Menurut laporan dari provinsi Latakia, militan Front Pembebasan Nasional menyusup ke garis militer tentara Suriah di dekat puncak bukit Tal Abu Asad, yang mengakibatkan kerugian besar bagi Tentara Arab Suriah dan Pasukan Pertahanan Nasional (NDF).

Laporan itu mengatakan, lebih dari sepuluh tentara Suriah dan tentara NDF tewas di Tal Abu As’ad sebelum militan yang didukung Turki itu menarik diri dari daerah itu ke jalur persahabatan.

Biasanya, yang melakukan serangan seperti ini dari  militan Hay’at Tahrir Al-Sham dan Partai Islam Turkestan  di pegunungan Turkman dan Al-Akrad, Namun  beberapa anggota teroris itu  belum lama ini  ditarik  ke front Hama.

 

VIDEO LAIN SERANGAN RUDAL ISRAEL KE SURIAH

Ini adalah Video lain  dari serangan rudal  Angkatan Udara dan Angkatan  Laut Israel  ke barat daya Suriah dua malam lalu yang  menghantam provinsi Damaskus dan Homs yang melibatkan jumlah rudal yang cukup banyak dan berkekuatan besar bahkan juga  Cruise missile.
Rudal rudal Angkatan Udara dan Angkatan Laut Israel itu sebagian lolos mencapai target pada beberapa sasaran, sementara pertahanan udara Suriah juga berhasil mencegat sejumlah besar rudal Israel itu.
Dalam video berdurasi empat menit  ini, pertahanan udara Suriah mampu mencegat banyak rudal Israel dan menghancurkannya diudara, termasuk lima dari enam rudal jelajah (Cruise missile) yang menargetkan Gubernur Homs pada Minggu malam.

 

TURKI PERKUAT MILITERNYA DEKAT PERTAHANAN MILITER SURIAH

Militer Turki telah meningkatkan jumlah pasukannya di pedesaan barat laut provinsi Hama diSuriah minggu ini setelah terjadi beberapa kali saling tembak  dengan Tentara Arab Suriah (SAA) pada akhir Juni lalu.

Menurut laporan fihak oposisi, konvoi militer Turki dalam jumlah  besar telah memasuki persimpangan Bab Al-Hawa dan bergerak ke pedesaan barat laut  Provinsi  Hama,  mereka kemudian mengambil posisi di pos pengamatan mereka di kota Sheir Magher (diSuriah).

Selama sepuluh hari terakhir, Tentara Arab Suriah telah beberapa kali menyerang pos pengamatan militer Turki di Sheir Magher, setidaknya tiga kali, yang menewaskan satu tentara Turki dan melukai tiga lainnya.

Turki  merespon  serangan-serangan ini dengan menembaki pos-pos pemeriksaan Militer  Suriah dekat Sheir Magher dan memanggil atase militer Rusia.

Pihak berwenang Turki menuntut militer Rusia untuk mengendalikan Tentara Suriah dan mencegah mereka menembaki pos pengamatan mereka. Dalam  pertikaian  terakhir, militer Rusia dengan cepat melakukan intervensi guna mencegah eskalasi lebih lanjut.

 

su_note note_color=”#49bba5″]TRUMP PERINGATKAN IRAN BAHWA DIA BISA MELAkUKAN TINDAKAN YANG  JAUH LEBIH BURUK[/su_note]

Senin kemarin Trump mengirim “peringatan” ke Iran. Berbicara dalam sebuah wawancara dengan Fox News, Trump  menunjukkan bahwa ia sekarang dalam posisi untuk melakukan tindakan yang “jauh lebih buruk, jika sesuatu harus terjadi.”

Tentang penghentian rencana serangan ke Iran Trump berkomentar , “Saya diberi banyak pujian oleh kebanyakan orang, banyak orang yang memberi saya penghargaan, ”kata presiden dalam wawancaranya. “Banyak orang mengatakan itu adalah momen presiden yang paling hebat, yang Anda tahu, agak terkejut  saya mendengar,” tambahnya.

“Saya telah membuat keputusan akhir untuk tidak melakukannya,” kata Trump. “Saya telah membangun banyak modal besar (untuk pemilu 2020), dan jika sesuatu harus terjadi, kami berada dalam posisi untuk menjadi jauh lebih buruk dengan tidak melakukannya. Tapi, semoga, kita tidak perlu melakukan apapun (menyerang Iran). ”

“Kita ingin membangun jalan dan membangun sekolah,  dan membangun semua hal yang ingin kita bangun,” Trump menambahkan, “Tapi, kami tidak bisa membiarkan Iran memiliki senjata nuklir …  Anda tidak bisa membiarkan Iran memiliki senjata nuklir, dan Anda tidak bisa membiarkan negara lain memiliki senjata nuklir. Ini terlalu dahsyat. ”

Trump mengulangi bahwa ia ingin bernegosiasi dengan Iran dan membuat kesepakatan baru untuk menggantikan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA) 2015, yang terjadi pada masa pemerintahan Presiden AS Barack Obama.

Pada tahun 2018, Trump secara sepihak meninggalkan perjanjian JCPOA, yang menuai kritik dari Iran serta  negara2 penandatangan lainnya terhadap kesepakatan bersejarah tersebut.

 

SEBELUM IRAN BISA JADI LIBANON DULU YANG AKAN DISERANG ISRAEL

Dalam sebuah konferensi yang diselenggarakan minggu lalu oleh lembaga Shurat HaDin yang terkait dengan badan intelijen Israel Mossad dan  Pusat Hukum Israel (ILC), Menteri Keamanan Publik dan Urusan Strategis Israel Gilad Erdan meminta agar undang-undang internasional tentang perang diamandemen, karena hukum internasional yang berkaitan dengan peperangan dianggap hanya boleh “menyasar teroris.”

Erdan mengklaim bahwa kelompok-kelompok seperti Hizbullah Libanon memanfaatkan hukum perang internasional yang ada “untuk mengacaukan kemampuan negara-negara demokrasi (spt Israel) dan  untuk membela warga mereka (Hizbullah)”,  dan juga  “memaksa (negara-negara demokrasi) untuk berperang melawan teroris dengan tangan mereka dirantai di belakang punggung.”

Direktur ILC Nitsana Darshan -Leitner, mendukung pendapat Erdan itu tetapi dia  berpendapat bahwa mengubah hukum internasional itu akan sulit, sehingga yang lebih praktis adalah menafsirkan  hukum perang yang ada, tugas ini  harusnya dilakukan oleh jaksa militer (Israel).

Menurut Jerusalem Post, undang-undang yang saat ini mengatur peperangan internasional hanya  ditujukan khusus untuk mengurangi penderitaan warga sipil, dan Erdan ingin mengubah langkah ini yang bertujuan melindungi warga sipil sebelum ‘perang yang akan terjadi berikutnya’ antara Israel dan Lebanon. karena dalam perang itu “Israel tidak akan punya pilihan selain harus merusak situs roket Hizbullah dan infrastruktur Libanon.”

Seperti yang dilaporkan MintPress sebelumnya, pemerintah Israel telah bersiap untuk perang yang akan segera terjadi dengan Lebanon dan khususnya Hizbullah – yang merupakan kekuatan politik yang kuat di Lebanon, dimana koalisinya  memegang mayoritas legislatif di parlemen Lebanon  selama lebih dari setahun ini.

Mereka telah memperingatkan para Senator terkemuka AS  bahwa mereka tidak hanya merencanakan perang “berdarah” melawan Lebanon, tetapi Militer Israel secara khusus merencanakan untuk menargetkan warga sipil Lebanon dan infrastruktur sipil, termasuk daerah pemukiman.

Tahun lalu Menteri Pendidikan Israel Naftali Bennett. Bennett mengatakan kepada surat kabar Israel Haaretz  bahwa warga sipil (Lebanon) “harus” menjadi sasaran saat nanti Israel akan memerangi Libanon :

“Lembaga-lembaga Lebanon, infrastrukturnya, bandaranya , pembangkit tenaga listrik, perempatan  lalu lintas, pangkalan-pangkalan Angkatan Darat Lebanon , semuanya harus menjadi sasaran yang sah jika terjadi perang. … Ini berarti akan membuat  Lebanon kembali ke Abad Pertengahan. “

 

TRUMP TANGGAPI PENINGKATAN CADANGAN URANIUM IRAN SEBAGAI SEDANG “BERMAIN API” 

Menanggapi pernyataan Iran bahwa cadangan uranium yang diperkayanya telah mencapai lebih 300kg , Presiden AS Donald Trump menanggapi bahwa Teheran sedang “bermain  api”.

Pengumuman Teheran itu menandai langkah besar pertama di luar ketentuan pakta nuklir sejak AS menarik  diri  lebih dari setahun yang lalu. Namun, Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan langkah itu bukan pelanggaran perjanjian itu, dengan alasan bahwa Iran menggunakan haknya untuk menanggapi langkah mundur AS dari pakta nuklir.

Ketika Trump ditanya apakah dia memiliki pesan untuk Iran, dia mengatakan: “Tidak ada pesan ke Iran. Mereka tahu apa yang mereka lakukan. Mereka tahu apa yang mereka mainkan, dan saya pikir mereka bermain dengan api. Jadi, tidak ada pesan apapun ke Iran . ”

Gedung Putih sebelumnya mengatakan akan terus menerapkan “tekanan maksimum” pada Iran “sampai para pemimpinnya mengubah perilaku  mereka”. dan Iran harus memiliki standar yang melarang semua pengayaan uranium.

 

PERSEDIAN URANIUM YANG DIPERKAYA IRAN TELAH MELEBIHI 300Kg

An Iranian technician works at the Isfahan Uranium Conversion Facilities (UCF), 420 kms south of Tehran, 03 February 2007

Menlu Iran Javad Zarif hari Senin kemarin mengkonfirmasi bahwa Teheran telah melanggar kesepakatan nuklir tahun 2015 dengan menstok lebih dari 300 kilogram uranium yang diperkaya, Kantor Berita Mahasiswa Iran melaporkan.

“Menurut rencana yang diumumkan sebelumnya, Iran telah melampaui batas 300 kilogram cadangan uranium yang diperkaya,” kata Zarif.

Pada hari yang sama, juru bicara kemenlu Iran Abbas Mousavi mengatakan bahwa langkah-langkah Teheran untuk mengurangi komitmennya berdasarkan kesepakatan nuklir itu “dapat saja kembalikan”,  dan mendesak Eropa untuk mempercepat upayanya menyelamatkan kesepakatan nuklir Iran.

“Cara pelaksanaan INSTEX (cara pembayaran perdaganganbaru yang ditawarkan Eropa ke iran untuk mengalihkan penggunaaan US$) bukan seperti yang diinginkan Iran. Jadi konsultasi masih akan berlanjut,” kata Mousavi, seperti dikutip oleh penyiar IRIB.

 

ANGGOTA PARLEMEN IRAN : JIKA AS SERANG IRAN MAKA SISA HIDUP ISRAEL TINGGAL SETENGAH JAM

A landing signals officer aboard the Nimitz-class aircraft carrier USS Abraham Lincoln (CVN 72) watches as an F/A-18F Super Hornet from the Jolly Rogers of Strike Fighter Squadron (VFA) 103 land on the flight deck of the aircraft carrier USS Abraham Lincoln (CVN 72) in the Arabian Sea, 3 June 2019. Picture taken 3 June 2019

Ketua  komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri parlemen Iran, Mojtaba Zolnour memperingatkan bahwa jika AS menyerang Iran maka masa hidup Israel  “hanya tinggal setengah jam.”

Pernyataan itu dibuat dilatar belakangi ketegangan regional yang terus meningkat karena memburuknya hubungan antara AS dan Iran. 

Dalam wawancara terpisah  Zolnour menyebut digagalkannya serangan AS oleh presiden Trumo  baru-baru ini hanya sebagai  “gertakan politik”.

“Jika mereka (AS) memperkirakan serangan mereka akan berhasil, mereka tidak akan membatalkannya dan itu pasti akan terjadi,” kata Zolnour.

Sumber intelijen Israel  pada gilirannya, dilaporkan mengklaim bahwa Iran sedang berusaha  memprovokasi Israel di salah satu perbatasannya untuk mencoba meningkatkan permusuhan yang sedang berlangsung dengan AS.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif,  juga meragukan pernyataan Trump pekan lalu. “Anda benar-benar mengkhawatirkan nyawa 150 orang? Berapa banyak orang yang telah Anda bunuh dengan senjata nuklir? Berapa generasi yang telah anda hancurkan dengan senjata-senjata itu?

 

RUDAL-RUDAL ISRAEL SERANG DAMASKUS DAN HOMES

Beberapa saat yang lalu, sistem pertahanan udara Suriah terlihat menembakkan beberapa rudal pertahanan udara yang menargetkan rudal rudal yang menuju pinggiran  barat Damaskus dan Homs

Laporan menunjukkan serangan it merupakan agresi Israel baru terhadap Suriah.

Menurut Kantor berita esmi Sana, pertahanan udara Suriah mampu menembak jatuh beberapa rudal.

Portal berita Israel Harreetz mengutip Al-Ikhbariya  Suriah menyebut , enam belas orang termasuk seorang bayi tewas dan 21 lainnya luka-luka akibat serangan Israel terhadap beberapa sasaran Suriah dan Iran di pinggiran Damaskus dan Homs,

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel telah melakukan ratusan serangan ke Suriah yang katanya telah menargetkan musuh bebuyutan regionalnya Iran, dan kelompok Hizbullah Libanon, yang disebutnya ancaman terbesar bagi perbatasannya.

 

SALING TEMBAK ANTARA PASUKAN SURIAH DAN PASUKAN TURKI DIHAMA UTARA

Pertempuran dilaporkan terus berlangsung antara Pasukan Suriah dengan Pasukan Turki diHama utara

Kelakuan Turki persis seperti sekutunya Israel dan AS, Turki seenaknya sendiri membangun pos pos militer diwilayah Suriah utara. Suriah bertekad untuk mengusir setiap agresor yang merebut wilayahnya.

 

This entry was posted in Update WW3 2019 and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Update WW3 JUL 2019

  1. diki says:

    min..berarti erdogan mengacaukan penglihatan kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *