Update WW3 Mar 2019

AS ANCAM RUSSIA DENGAN SANKSI JIKA TIDAK MENARIK PASUKANNYA DARI VENEZUELA

Jum’at kemarin Gedung Putih  memperingatkan Rusia dan negara-negara lain yang mendukung Presiden Nicolas Maduro agar tidak mengirim pasukan dan peralatan militer ke Venezuela, dan  menyatakan AS akan melihat tindakan seperti itu sebagai “ancaman langsung” terhadap keamanan regional.

Menlu  AS Mike Pompeo telah membuat  daftar opsi untuk menanggapi kehadiran pasukan Rusia yang semakin meningkat di Venezuela guna mendukung Maduro, daftar itu juga berisi  sanksi baru (kepada Venezuela), kata Elliott Abrams, perwakilan khusus AS untuk Venezuela.

“Kami memiliki opsi dan , adalah sebuah  kesalahan bagi Rusia jika berpikir bahwa mereka memiliki kebebasan di sini. Mereka tidak akan punya kebebasan disini, “Abrams mengatakan kepada wartawan di Departemen Luar Negeri.

Awal pecan ini Presiden AS Donald Trump  mengatakan bahwa  “Rusia harus keluar” dari Venezuela dan menyebut  “semua opsi” terbuka untuk memaksa Rusia keluar , setelah dua pesawat angkatan udara Rusia yang membawa hampir 100 personel militer mendarat di luar Caracas.

Jumat kemarin, Penasihat keamanan nasional Trump  John Bolton mengeluarkan peringatan  dalam sebuah pernyataan formal yang sangat keras. “Kami memperingatkan dengan tegas para aktor di luar  Barat agar tidak mengerahkan aset militer ke Venezuela, atau di tempat di Belahan Bumi lain, dengan maksud membangun atau memperluas operasi militer,” kata Bolton.

“Kami akan menganggap tindakan provokatif seperti itu sebagai ancaman  langsung terhadap perdamaian dan keamanan internasional di kawasan ini. Kami akan terus membela dan melindungi kepentingan AS dan kepentingan mitra kami di Belahan Barat, ”katanya.

 

INTELIJEN PERANCIS DAN BELGIA RENCANAKAN SERANGAN PALSU KIMIA DI IDLIB

Agen  rahasia Perancis dan Belgia berencana untuk melakukan serangan kimia palsu (false flag) di Suriah untuk menjebak Moskow, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Agen rahasia kedua negara itu bekerja sama dengan para pemimpin teroris di Idlib dan pemimpin  gerilyawan  yang saat ini menguasai sebagian besar provinsi Idlib di Suriah untuk g mempersiapkan serangan palsu yang melibatkan senjata kimia, kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia di Suriah, Mayor Jenderal Viktor Kupchishin mengatakan Jumat 29/3.

Rencana serangan itu sedang dipersiapkan dengan  kerja sama erat antara dinas rahasia Belgia dan Prancis dan kelompok-kelompok teroris, termasuk Alqaeda cabang Suriah yang sekarang  bernama  Hayyat Tahrir Al-Sham (HTS, sebelumnya bernama Front Al-Nusra). Sementara ada  juga   kelompok “ White helmet” yang merupakan “pseudo humanitarian”  (bantuan kemanusiaan palsu)  juga turut  ambil bagian dalam persiapan itu.

Sejumlah gas beracun  yang diyakini berbasis klorin  telah dikirim ke sejumlah desa di provinsi Idlib. Racun itu dikemas dalam tabung yang disamarkan sebagai tangki oksigen dan gas alam, menurut militer Rusia. Para komplotan telah mendiskusikan rencana pembuatan film serangan  palsu itu  dan kemungkinan  akan  menggunakan  sebagian video rekaman serangan Rusia ke  sebuah gudang drone (milik militant) di Idlib untuk kemudian diklaim adanya   keterlibatan Moskow.

Sementara itu “para aktor” (yang terlibat)  ditawari bayaran sekitar $100 untuk  memainkan peran sebagai korban serangan bahan kimia, ada kemungkinan  kuat jelas bahwa para militan akan benar benar meracuni orang  untuk membuat video lebih “seperti nyata,” pejabat itu memperingatkan.

Ini bukan pertama kalinya Rusia memperingatkan akan adanya serangan palsu yang menggunakan senjata kimia, dan mengungkapkan rincian peringatan tentang hal itu kepada masyarakat umum. September (tahun lalu) , militer Rusia mengeluarkan serangkaian peringatan serangan  palsu yang akan segera terjadi di Idlib, dan menuduh kelompok “White helmet”  berada di belakangnya.

Serangan itu akan digunakan oleh Barat (sebagai alasan) untuk melancarkan  lagi  serangan udara terhadap pasukan pemerintah Suriah, menurut Moskow.  Sejak terungkapnya (serangan palsu kimia) itu, Insiden itu  tidak pernah terjadi lagi.

 

INDIA SUKSES UJI COBA TEMBAKKAN  RUDAL DENGAN SASARAN SATELIT

Kantor berita India  merilis  cuplikan video disaat   militer India sedang menguji coba  peluncuran rudal yang ditargetkan untuk menghancurkan salah satu satelitnya sendiri .

Peluncuran rudal hari rabu yang disebut sebagai “Misi Shakti “ itu  menunjukkan transisi kemajuan  India sebagai  “negara adidaya dalam bidang  ruang angkasa” dan kecanggihan teknologi militernya.

Rudal itu mentarget  satelit yang berjarak  sekitar 300 km  di orbit rendah Bumi dan dipuji sebagai “pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya” oleh Perdana Menteri Narendra Modi.

 

TRUMP ANCAM RUSIA AGAR MENARIK  PASUKANNYA DARI VENEZUELA

Trump tells Russia to get its troops out of Venezuela

Presiden AS Donald Trump telah memperingatkan  Rusia ubtuk segera  keluar dari Venezuela. Dua pesawat bermuatan pasukan Rusia saat ini berada di negara Amerika Latin itu berdasarkan ketentuan perjanjian kerja sama tahun 2001.

Berbicara di Gedung Putih, Trump juga memperingatkan bahwa “semua opsi terbuka”  ketika waktunya tiba  untuk mengusir  Rusia dari Venezuela.

Sekitar 100 tentara Rusia mendarat di Caracas pada hari Sabtu, untuk memberi dukungan bagi pemerintah Presiden Nicolas Maduro. Namun, langkah itu menimbulkan kekhawatiran  Washington dimana Wakil Presiden Mike Pence menyebut pengerahan pasukan itu  sebagai “provokasi yang tidak perlu.”

Pence juga meminta Rusia untuk menarik dukungannya terhadap Maduro dan “mendukung Juan Guaido,” pemimpin oposisi yang disponsori Washington yang telah mengangkat  dirinya sendiri  sebagai presiden sementara pada Januari.

Rabu lalu Trump bertemu dengan istri Guaido Fabiana Rosales dan menjanjikan dukungannya kepada suaminya. Setelah momentum di balik permainannya sebagai presiden gagal, Guaido terus mengkritik pemerintah Maduro dan  pada hari Selasa menuduh pemimpin Venezuela itu telah melanggar konstitusi negara dengan menerima  pasukan Rusia.

Sementara itu Kementerian Luar Negeri Rusia bersikeras bahwa penempatan pasukannya  itu dilakukan  telah “sesuai dengan konstitusi negara itu dan dengan penuh hormat terhadap aturan hukumnya.”

Para pejabat AS telah berulang kali memperingatkan Rusia agar tidak ikut campur dalam perebutan kekuasaan antara Guaido dan  Maduro. Penasihat Keamanan Nasional John Bolton dalam tweetnya  pada hari Senin lalu menulis bahwa “AS tidak akan mentolerir kekuatan militer asing yang  mencampuri tujuan bersama dari fhak Barat yaitu demokrasi, keamanan, dan supremasi hukum.”

Pernyataan  Bolton  itu  menguatkan   kata-kata ketua Komite Layanan Bersenjata Senat AS Jim Inhofe (R-Iowa) yang bulan lalu  mengancam akan melakukan “tindakan apa pun yang diperlukan” jika Rusia melanggar batas “wilayah  bumi kita”.

 

EMPAT TAHUN PERANG YAMAN, KELOMPOK ANSARALLAH MALAH MAKIN KUAT

Yemen | fourth anniversary

Demonstrasi besar-besaran terjadi di kota-kota besar Yaman pada hari Selasa untuk memperingati ulang tahun keempat perang yang dilakukan  koalisi yang dipimpin Arab  Saudi di negara itu.

Serangan koalisi pimpinan Saudi yang didukung oleh AS dan sekutu regional lainnya dimulai pada 26 maret 2015. Pada awalnya  koalisi Saudi  melancarkan serangan besar-besaran ke Yaman dengan dalih mengembalikan posisi mantan  presiden terguling Abdrabbuh Mansur Hadi.  Tapi tujuan sebenarnya dari perang itu nampaknya adalah untuk menghancurkan  gerakan Houthi atau Ansar Allah  yang memperoleh dukungan populer (masyarakat)  setelah  “Arab Spring” , tapi rupanya kelompok  Houthi itu malah menjadi  semakin  kuat.

Demonstrasi besar terjadi di  ibu kota Yaman  Sana`a  , ratusan ribu penduduk dari pinggiran Sana`a dan provinsi-provinsi tetangganya berkumpul di distrik Al Sabaeen selatan dengan membawa bendera Yaman dan memegang spanduk yang dihiasi pesan-pesan ketabahan.  Sumpah  untuk menghadapi  Koalisi yang dipimpin Saudi, dan sumpah  melawa  pasukan asing di Yaman.

Di provinsi Sada’a di Yaman utara, ratusan ribu orang juga turun ke jalan meskipun ada pesawat tempur  Saudi yang selalu ada di diudara. Kehadiran pesawat udara Saudi dimulai dua hari yang lalu ketika penduduk memulai mempersiapkan aksi unjuk rasa. Demonstrasi tersebut diselenggarakan terutama oleh kelompok Houthi, kekuatan utama yang memerangi Koalisi pimpinan Saudi di Yaman. Demonstrasi besar juga terjadi di provinsi Hodeida, Ibb, Ta’ze, al-Jawf, Reimah dan Dhamar.

Jumlah orang yang ikut serta dalam demonstrasi-demonstrasi itu makin banyak dibandingkan demonstrasi serupa yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya, hal ini menunjukkan penentangan  yang semakin besar terhadap  Koalisi pimpinan Saudi di Yaman. Demonstrasi anti-Saudi juga diadakan untuk pertama kalinya di provinsi barat laut Hajjah dan provinsi tengah al-Beidha.

Foto foto  unjuk rasa itu  menunjukkan lautan manusia dengan bendera Yaman, poster bertuliskan pemimpin Houthi Abdulmalik al-Houthi dan slogan  “Empat tahun agresi , Kami akan tabah menghadapi  tahun kelima , Kami akan menang.”

Seorang pemimpin unjuk rasa di Sana`a Sabaeen Square   meneriakkan, “Saya siap untuk berkorban lebih banyak melawan Koalisi yang dipimpin Saudi.”

Keamanan ketat diberlakukan di kota-kota Yaman di mana unjuk rasa  diadakan, karena ada laporan yang beredar bahwa kelompok tentara bayaran sekutu Saudi merencanakan serangan terhadap demonstran. Polisi melakukan langkah-langkah khusus untuk memastikan keamanan, termasuk pelarangan truk besar dari pusat Sana`a dan pendirian pos pemeriksaan tambahan di ibukota Yaman dan di seluruh provinsi Yaman.

Mohammed Ali al Houthi, anggota Dewan Politik Tertinggi, adalah salah satu pembicara utama pada rapat umum di Sana`a, membuat pernyataan yang ditujukan ke Menlu  AS Mike Pompeo, bahwa  dia berjanji bahwa rakyat Yaman akan memenangkan perang melawan Koalisi yang dipimpin Saudi meski  berapapun besarnya  dukungan yang diberikan AS kepada mereka.

Kamis lalu , Pompeo merilis pernyataan yang menyebut  Houthi tidak bisa menang di Yaman dan bahwa mereka beroperasi atas perintah Iran, khususnya Korps Pengawal Revolusi Iran.

Mohammed Al Houthi dengan tegas menolak klaim itu,  dalam pidatonya kepada para demonstran dia mengatakan kepada orang banyak : “Yaman akan terus berjuang sampai akhir dan (kita) tidak akan pernah menyerah. Kami akhirnya akan mengalahkan musuh.” Dia juga mengutuk keputusan Presiden AS Donald Trump yang dikeluarkan Seninlalu yang  secara resmi mengakui wilayah Suriah diDataran Tinggi Golan sebagai ” Wilayah Israel. ”

Mufti Besar Yaman Shams al-Din Sharaf al-Din ,  otoritas keagamaan tertinggi di Yaman  yang  juga berbicara kepada para demonstran  meminta para cendekiawan Muslim dan dunia Muslim yang lebih luas untuk tidak berdiam diri di hadapan kekejaman yang dilakukan oleh Arab Saudi dan Uni Emirat Arab di Yaman.

SEnin malam lalau, dalam pidato yang disiarkan langsung di televisi untuk memperingati ulang tahun keempat perang Yaman ِ AbdulMalik al Houthi  pemimpin Houthi, memperingatkan Koalisi pimpinan Saudi untuk tidak melanncarkan serangan  militer baru di Hodeida dan berjanji  bahwa respon terhadap serangan seperti itu tidak hanya dilakukan  dalam Yaman tapi juga ke negara mana pun yang mendukung Koalisi Saudi.

 

Perang Yang Meleset Dari Rencana awal

Pada 26 Maret 2015, Arab Saudi dan sekutu koalisinya mulai melancarkan serangan  militer melawan negara termiskin di dunia Arab itu tanpa peringatan sebelumnya dan dengan janji bahwa perang akan berlangsung tidak lebih dari beberapa minggu.

Namun, setelah empat tahun perang yang telah memicu krisis kemanusiaan terburuk di dunia dan didukung oleh kekuatan militer kolektif dari negara-negara paling kuat di dunia (koalisi AS) , ternyata  Koalisi Saudi tidak mampu mengalahkan kelompok Houthi, ataupun  memulihkan kekuasaan Abdrabbuh Mansour Hadi yang digulingkan oleh massa itu .

Saat  unjuk easa memperingati ulang tahun keempat perang Yaman itu , Koalisi Arab Saudi juga  melancarkan serangan udara terhadap sebuah rumah sakit pedesaan di distrik Kattaf di Sada’a dan  menewaskan delapan warga sipil dan melukai delapan orang lainnya.

Houthi, yang merupakan komponen utama perlawanan Yaman terhadap campur tangan Saudi itu  tidak menunjukkan tanda-tanda menyerah dan masih menguasai  ibu kota Yaman Sana`a dan wilayah wilayah  besar negara itu.

 

 ISRAEL LAKUKAN SERANGAN UDARA  KE ALEPPO SURIAH

Pemerintah Suriah mengatakan bahwa Israel telah menyerang sasaran di utara kota Aleppo Suriah dan sistem pertahanannya telah menembak jatuh beberapa rudal.

“Pertahanan udara tentara Suriah telah mberhasil  mengusir agresi udara Israel yang menargetkan sejumlah lokasi industri di zona industri Sheikh Najjar, timur laut Aleppo, dan menjatuhkan sejumlah rudal musuh,” kata kantor berita resmi SANA, mengutip sumber militer yang tidak disebutkan namanya.

 

 

Sejumlah warga kota Aleppo mengatakan kepada AFP bahwa serangan itu menyebabkan pemadaman listrik di seluruh kota.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan pemboman Israel menghantam “depo  amunisi milik pasukan Iran dan kelompok sekutunya, dan menyebabkan ledakan besar.”

Serangan udara Kamis hari ini  di Aleppo terjadi setelah meningkatnya ketegangan antara Israel dan Suriah setelah Presiden AS Donald Trump menandatangani proklamasi pada hari Senin yang menyatakan  mengakui pencaplokan Israel atas tanah Suriah yang diduduki, sesuatu yang dianggap ilegal menurut hukum internasional.

 

DONALD TRUMP SECARA RESMI MENANDATANGANI DEKRIT PENGAKUAN GOLAN SEBAGAI WILAYAH ISRAEL

Senin kemarin, Presiden AS Donald Trump secara resmi menandatangani dekrit pengakukan wilayah Suriah diDataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel. Ini adalah langkah besar kedua untuk Israel dari Trump setelah pengakuan Yerusalem sebagai Ibukota Israel.  Silahkan baca info dan videonya di artikel ini.

 

HASIL RISET : 95 PERSEN PERDAGANGAN BITCOIN ADALAH PALSU

Bitcoin

Sebuah laporan yang baru saja  diterbitkan oleh perusahaan riset cryptocurrency Bitwise Asset Management mengungkapkan bahwa 95 persen dari spot perdagangan  bitcoin telah dilaporkan secara tidak akurat oleh mayoritas bursa cryptocurrency.

Dalam laporan lengkap yang disampaikan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pekan lalu, perusahaan itu telah menganalisa 81 jenis mata uang digital  (cryptocurrency) teratas dunia dengan mengevaluasi volume perdagangannya. Bitwise mengirimkan informasi kepada SEC sebagai bagian dari proses aplikasi untuk membuat Exchange traded Fund (ETF) untuk Bitcoin yang baru.

Dengan menggunakan data keuangan yang dilaporkan oleh penyedia data crypto terkemuka CoinMarketCap (CMC), para peneliti itu  menemukan bahwa 95 persen dari volume perdagangan yang dilaporkan adalah palsu. Akibatnya volume transaksi harian rata rata yang sah adalah  hanya $273 juta dan  bukan $ 6 miliar. Dengan kata lain, ada “kesan yang kesalahan  fundamental” atas nilai sebenarnya dari  bursa Bitcoin, menurut para peneliti itu.

“Mereka  yang mengamati cryptocurrency dan mengatakan bursa ini acak acakan  adalah karena mereka telah melihat adanya data yang dimanipulasi,” kata Matthew Hougan, kepala penelitian global di Bitwise, CNBC melaporkan.

“Pemikiran tentang adanya  volume perdagangan palsu itu telah disinyalir  sejak lama; kami hanyalah  orang pertama yang secara sistematis meneliti bursa mana yang menghasilkan volume yang nyata,” tambahnya, dikutip oleh CNBC.

Menurut laporan itu, untuk volume perdagangan diatas $1juta hanya sepuluh bursa yang melaporkan dengan sah volume harian rata-ratanya  kepada  CoinMarketCap, termasuk diantaranya Binance, Bitfinex, Kraken, Bitstamp, Coinbase, BitFlyer, Gemini, itBit, Bittrex, dan Poloniex.

“Hanya ada sejumlah kecil  bursa (uang digital)  yang punya  reputasi baik,” kata John Hargrave penerbit Bitcoin Market Journal yang belum lama ini  mengatakan kepada majalah Forbes.

Pada bulan Desember 2018, Blockchain Transparency Institute (BTI) merilis Exchange Volumes Report yang mengungkapkan bahwa hanya ada 3 dari 25 dari  daftar bursa teratas  bitcoin versi CoinMarketCap  yang  melaporkan volume perdagangannya dengan  akurat . yaitu  Binance, Bitfinex dan Liquid.

 

NATO  SEGERA BANGUN GUDANG SENJATA DIPOLANDIA 

Генеральный секретарь НАТО Йенс Столтенберг

NATO berencana untuk membangun fasilitas (militer) di Povidze Polandia, gudang dimana  peralatan militer AS akan disimpan, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal.

Menurut Sekretaris Jenderal NATO, pembangunan fasilitas itu akan dimulai musim panas ini dan akan berlangsung selama dua tahun. Direncanakan untuk menyimpan kendaraan lapis baja Amerika, amunisi dan senjata dalam fasilitas ini. Perlu dicatat bahwa biaya proyek akan menjadi 260 juta dolar.

Fasilitas penyimpanan untuk peralatan militer itu akan dibangun di wilayah pangkalan udara Povidze. Menurut mantan komandan pasukan darat AS di Eropa, pensiunan Letnan Jenderal Ben Hodges, kita berbicara tentang lima fasilitas serupa ,  dua di antaranya akan dibangun di Jerman, satu di Belgia dan satu di Belanda.

“Penempatan peralatan yang lebih dekat ” seperti itu dimaksudkan untuk memastikan bahwa  jika perlu  AS  dapat dengan cepat mendukung pasukan sekutu.

Menurut Stoltenberg, pada tahun 2021, NATO berencana untuk mengimplementasikan sekitar 250 proyek infrastruktur di Eropa. Tujuan dari proyek-proyek ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bandara, pelabuhan, kereta api dan jalan raya untuk bisa layak mengangkut pealatan berat, Sekretaris Jenderal NATO mencatat.

 

HANYA SEDIKIT PEMIMPIN NEGARA MUSLIM YANG BERANI BICARA BEGINI

Mahathir

Hari Jum’at kemarin PM Malaysia  Mahathir Mohamed menjuluki Israel sebagai Negara pencuri, dia  mengatakan negaranya mau  berhubungan persahabatan dengan setiap negara di dunia kecuali dengan Israel.

“Kami tidak memusuhi orang-orang Yahudi, tetapi kami tidak bisa mengakui  Israel karena pendudukannya atas tanah Palestina,” kata Mahathir dalam sambutannya, yang disiarkan oleh penyiar local  selama kunjungan tiga harinya ke Pakistan.

“Anda tidak dapat merebut tanah orang lain, dan membuatnya sebagai bagian dari negara di atas tanah itu. Ini adalah  kelakuan negara pencuri,”  lanjutnya.

Pernyataannya itu disampaikan sehari setelah presiden AS Donald Trump mengatakan sudah waktunya bagi AS untuk mengakui kontrol Israel atas Dataran Tinggi Golan Suriah.

 

KELOMPOK HOUTHI TEMBAK JATUH DRONE MATA MATA BUATAN AS

Pemberontak Houthi diYaman telah berhasil menembak jatuh salah satu pesawat Drone  paling modern buatan AS di atas distrik utara ibukota Sanaa.

Tapi video pertama  yang memperlihatkan detik detik ditembaknya Drone yang  mempermalukan AS itu segera  diblokir hanya beberapa jam setelah diupload. Tapi seseorang sempat mendownloadnya   dan menguploadnya kembali keUtube.

“Pertahanan udara kami telah menembak jatuh Drone Predator MQ-1 di distrik Hamdan di utara ibukota Sana’a,” kata gerakan  Ansarullah (Houthi), kantor berita Saba melaporkan.

Image result for MQ-1

MQ-1 adalah pesawat Drone AS  yang dikendalikan dari jarak jauh  yang dibangun oleh General Atomics yang digunakan terutama oleh angkatan udara AS dan Badan Intelijen Pusat.

Sekitar 20 pesawat mata-mata telah ditembak jatuh sejak perang yang dilancarkan Saudi di negara miskin itu lebih dari tiga tahun lalu. Video itu  diposting online oleh outlet media Houthi yang menunjukkan saat drone dihantam semacam sistem pertahanan udara sebelum jatuh ke tanah.

 

KOREA UTARA MENARIK WAKILNYA DARI KANTOR PENGHUBUNG DIZONA DEMILITERISASI

The Kaesong liaison office was opened in September last year as part of a flurry of reconciliation steps.

korea Utara telah menarik diri dari kantor penghubung bersama di dekat zona demiliterisasi (DMZ) dengan Korea Selatan  yang merupakan simbol penting  dari pemulihan hubungan dan proses perdamaian yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Langkah itu dilakukan setelah AS menerapkan  sanksi terhadap  dua perusahaan China karena melakukan melakukan perdagangan dengan Pyongyang. Ini adalah tindakan pertama yang diambil oleh Washington terhadap Korea Utara sejak pertemuan puncak kedua antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump di Hanoi yang berakhir lebih awal karena tanpa kesepakatan.

Kementerian Unifikasi Korea Selatan mengumumkan langkah itu pada hari Jumat hari ini , dengan mengatakan keputusan telah diambil oleh Korea Utara atas “instruksi dari otoritas ytertinggi.”

Dalam komunikasinya dengan Korea Selatan, Pyongyang mengatakan tidak keberatan jika perwakilan Seoul tetap berada di kantor yang berbasis di Kaesong, bagian dari Korea Utara di dekat perbatasan de facto antara kedua negara.

Kantor ini didirikan setelah Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in bertemu di zona demiliteriasasi (DMZ) dalam pertemuan puncak yang bersejarah tahun lalu  yang kemudian ddiikuti dengan pertemuan antara Kim dan Presiden AS Donald Trump di Singapura.

Pyongyang mengatakan akan memberi tahu Seoul tentang “masalah praktis selanjutnya di masa mendatang.”

Dalam pernyataan itu, Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan bahwa  Korea Selatan menyesalkan keputusan tersebut, dan mendesak Korea Utara untuk segera kembali dan melanjutkan pekerjaan yang sedang dilakukan di kantor penghubung menuju penyelesaian damai secara penuh.

“Kami menganggap penarikan itu sangat menyedihkan dan tidak menguntungkan (dan) kami berharap Korea Utara akan segera kembali dan berharap  kantor penghubung itu akan beroperasi secara normal kembali  sesegera mungkin,” kata Wakil Menteri Unifikasi Chun Hae-sung di sebuah pers. konferensi di Seoul  Jumat hari ini

. “Kami percaya bahwa kami harus meluangkan waktu untuk mengevaluasi (situasi) ini.”

Korea Utara belum mengeluarkan pernyataan publik langsung atas keputusan untuk menarik diri ini.

 

RUSIA TANGGAPI KLAIM DONALD TRUMP ATAS STATUS DATARAN TINGGI GOLAN

Golan Declaration

Presiden AS Donald Trump dalam tweetnya telah  berniat untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang direbut dan diduduki Israel dari Suriah  pada tahun 1967.

Menanggapi pernyataan  Trump itu, Rusia mengatakan tidak akan pernah setuju untuk mengakui apa yang disebut “kedaulatan Israel” di Dataran Tinggi Golan (wilayah Suriah) yang diduduki Israel itu.

Kamis lalu Anggota Parlemen Rusia Oleg Morozov mengecam keputusan Presiden AS Donald Trump  untuk mengakui “kedaulatan Israel” di Dataran Tinggi Golan dan mengatakan bahwa  “Rusia tidak akan pernah setuju untuk mengakui kedaulatan Israel di Golan.”

Morozov  mengatakan “Trump telah merusak komunitas internasional dan dunia Arab,” lapor RIA. Lebih lanjut Morozov mengatakan bahwa Trump memiliki tiga motif atas keputusannya terbarunya  ini yang  “memastikan Israel akan menganggap  AS adalah  satu-satunya sekutunnya yang akan memecah dunia Arab … dan untuk menyerang Suriah dan merusak kemitraannya dengan Rusia.”

Pada hari Jumat kemarin , Kemenlu  Rusia memperingatkan bahwa perubahan status Dataran Tinggi Golan adalah  pelanggaran langsung terhadap keputusan PBB, kata kantor berita RIA dalam sebuah laporan yang mengutip juru bicara kemenlu Rusia Maria Zakharova.

 

LIGA ARAB TOLAK PENGAKUAN DONALD TRUMP ATAS DATARAN TINGGI GOLAN

Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengumumkan bahwa liga Arab sepenuhnya mendukung kedaulatan Suriah atas Dataran Tinggi Golan.

“Liga Negara-negara Arab sepenuhnya mendukung hak Suriah atas wilayah yang diduduki (Israel) itu. Kami memiliki posisi tertentu, berdasarkan resolusi, tentang masalah ini, ”kata Aboul Gheit Kamis lalu.

Pejabat itu bersikeras bahwa Dataran Tinggi Golan  di bawah hukum internasional dan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Dewan Keamanan PBB adalah wilayah milik Suriah. Sementara seorang perwakilan dari layanan diplomatik Uni Eropa menekankan bahwa UE masih tidak mengakui wilayah itu sebagai bagian dari Israel.

Dataran Tinggi Golan, adalah sebagai bagian dari wilayah Suriah yang diduduki oleh Israel selama Perang Enam Hari 1967. Dan pada tahun 1981 Tel Aviv mengeluarkan undang-undang yang secara resmi mencaplok wilayah tersebut. PBB tidak mengakui aneksasi Israel tersebut.

Sebelumnya pada hari Kamis lalu dalam tweetnya  Trump  mengatakan bahwa sudah waktunya bagi AS untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan,  yang dikeluarkan bersamaan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Yerusalem

Trump menambahkan bahwa wilayah itu “sangat strategis dan penting bagi keamanan Israel dan stabilitas regional “. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menanggapi pernyataan Trump itu  dengan ucapan berterima kasih kepada presiden AS atas dukungannya.

 

MENLU LEBANON KEPADA POMPEO : HIZBULLAH ADALAH BUKAN TERORIS

“Kunjungan Pompeo adalah yang pertama kalinya ke Lebanon, dan itu menunjukkan kedalaman hubungan dan persahabatan, soliditas dan stabilitas lingkungan Lebanon,” kata Menlu Lebanon Gebran Bassil dalam konferensi pers bersama dengan Menlu  AS Mike Pompeo  Jumat sore  dikantor Kemenlu Lebanon.

“Kami membahas masalah perbatasan, dan Libanon bersedia untuk bertindak positif dalam hal itu, berdasarkan pada prinsip pelestarian hak-hak kami, tanah kami dan kedaulatan kami,” kata Bassil  , dia menekankan bahwa “kemenangan politik dan diplomatik sama dengan kemenangan lainnya, tanpa kompromi sumber daya minyak atau gas.

Kami akan melakukan upaya yang diperlukan untuk mencapai kesepakatan yang layak”. ” Kami telah menegaskan komitmen kami terhadap Resolusi 1701 guna menjaga ketenangan di Selatan dan menghentikan agresi Israel, mengingat hak sakral Lebanon untuk mempertahankan diri, “kata menlu Lebanon.

“Kami juga  berbicara tentang Hizbullah dan kami menekankan bahwa Hizbullah adalah partai Lebanon non-teroris dan para deputinya dipilih oleh rakyat dan dengan dukungan rakyat yang besar. Mengategorikan partai Hezbullah sebagai teroris tidak menjadi perhatian bagi Libanon.

Kami mematuhi persatuan nasional kami, dan karenanya menjaga hubungan kami dengan AS, ”kata Bassil. “Kami menganggap stabilitas Lebanon dan pemeliharaan persatuannya demi kepentingan Lebanon dan AS, serta manfaat regional dan internasional, karena ada minat dalam menjaga Lebanon sebagai model dalam menghadapi terorisme. ”

“Lebanon akan tetap unik dalam pluralisme, pemberontakan, dan kebebasannya. Itu tidak akan pernah menjadikan Lebanon  surga bagi terorisme tetapi akan menjadi perlawanan terhadapnya. Pertahankan persahabatan dan stabilitasnya sehingga kami dapat bekerja  untuk kemajuan bersama, “Bassil menyimpulkan.

 

PESAWAT TEMPUR RUSIA CEGAT PEMBOM STRATEGIS AS YANG MENDEKATI PERBATASAN RUSIA

Munitions on display show the full capabilities of the B-52 Stratofortress.

Munculnya pesawat pembom strategis AS di dekat perbatasan Rusia tidak memperkuat atmosfer keamanan di wilayah yang berbatasan langsung dengan perbatasan Rusia tetapi justru menciptakan ketegangan tambahan, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan hari ini  Kamis.

“Dari sudut pandang militer-taktis, hanya spesialis militer kami yang mungkin bisa berkomentar tentang ini dan  saya yakin mereka akan melakukan itu. Tetapi secara umum, saya mungkin akan membatasi diri untuk mengatakan bahwa tentu saja  tindakan AS semacam itu tidak memperkuat keamanan.” dan suasana stabilitas di wilayah yang berbatasan langsung dengan perbatasan Rusia “, kata Peskov.

Komentar tersebut merujuk pada sebuah video yang diterbitkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada hari ini Kamis tentang Pesawat tempur  Su-27 Rusia yang membuntuti  pembom strategis B-52 AS di atas Laut Baltik.

“Sebaliknya ini  hanya menyebabkan ketegangan tambahan. Kami menyesali tindakan Washington ini,” kata Peskov ketika ditanya bagaimana Kremlin menilai keputusan AS untuk mengirim pembom dari sudut pandang politik.

Seperti yang diinfokan oleh Kementerian Pertahanan Rusia, sekelompok pembom Stratofortress B-52 telah mendekati perbatasan Rusia diatas langit  Laut Baltik, tetapi mengubah arah setelah pesawat Rusia mendekat.

Komando Angkatan Udara AS di Eropa telah mengkonfirmasi insiden tersebut, dan  menekankan bahwa penerbangan tersebut berfungsi sebagai demonstrasi komitmen Washington terhadap keamanan regional.

 

CHINA AKAN DUKUNG PAKISTAN DALAM KONFLIKNYA DENGAN INDIA

China dan Pakistan untuk pertama kalinya telah mengadakan dialog strategis ditingkat Menlu ,  kurang dari seminggu setelah Beijing memblokir proposal DK PBB untuk memasukkan Ketua Jaish-e-Mohammed Masood Azhar sebagai teroris global. Sebelumnya, di tengah-tengah pertikaian  udara antara angkatan udara India dan Pakistan, China telah mengindikasikan untuk tidak akan memihak.

Merespon  ketegangan Indo-Pakistan, China telah memberikan sinyal kuat kepada masyarakat internasional dengan  bersumpah untuk mendukung Pakistan dalam upayanya untuk membela kedaulatan dan integritas teritorialnya dalam keadaan apa pun.

Setelah dialog strategis tingkat Menteri Luar Negeri China-Pakistan itu, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan, “Tidak peduli apappun perubahan di dunia dan di kawasan ini, China akan dengan tegas mendukung Pakistan dalam menegakkan kemerdekaan kedaulatan dan integritas teritorial dan martabatnya”.

Sementara itu, Menlu Pakistan mengatakan bahwa kedua negara telah menegaskan kembali kemitraan strategis  yang telah teruji oleh waktu dan segala cuaca dan sepakat untuk mempertahankan hubungan  politik yang resmi ditingkat tinggi secara reguler. “Kedaulatan negara dan integritas wilayah adalah prinsip utama Piagam PBB dan hukum internasional”, kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kemenlu Pakistan.

 

PETINGGI MILITER IRAQ, IRAN DAN SURIAH BAHAS KERJASAMA MENANGKAL TERORISME

 President Bashar al-Assad meeting with Iraq's Chief of Staff Othman al-Ghanimi

Dalam pertemuan tiga petinggi militer tiga negara Iraq, Iran dan Suriah selasa lalu, para Kepala staf militer Irak, Iran dan Suriah telah sepakat untuk mengembangkan pusat koordinasi intelijen  dalam sebuah kelompok  tiga negara Timur Tengah bersama dengan  Rusia,

“Pertemuan tripartit para kepala staf militer Irak, Suriah dan Iran adalah positif dan sangat sukses,” situs web berita Almaalomah mengutip juru bicara Komando Operasi Gabungan Irak Brigadir Jenderal Yahya Rasoul.

Pertemuan itu berlangsung   dengan  dibuatnya “kesepakatan untuk mengoordinasikan aksi bersama untuk mengamankan perbatasan Irak-Suriah dan melanjutkan pertukaran intelijen.”

“Diwaktu mendatang akan terlihat peningkatan koordinasi antara tentara Irak dan Suriah untuk mencegah infiltrasi militan ISIS” katanya, dan  bahwa para pemimpin militer itu sepakat untuk mengembangkan pusat pertukaran intelijen antara Suriah, Irak, Iran dan Rusia guna meningkatkan koordinasi dalam perang anti-teror.

Pada hari Senin lalu , Kepala Staf Angkatan Darat Irak Letnan Jenderal Othman al-Ghanmi mengatakan bahwa perbatasan  antara Suriah dan Irak akan dibuka dalam beberapa hari mendatang, sebuah langkah yang diharapkan akan membantu meningkatkan volume pertukaran perdagangan antara kedua negara tetangga Arab tersebut.

Berbicara pada konferensi pers di Damaskus, Ghanmi menyoroti koordinasi tingkat tinggi “antara tentara Suriah dan Irak untuk menghadapi terorisme,” dan menekankan bahwa keamanan Suriah adalah bagian tak terpisahkan dari keamanan Irak.

 

TURKI  PASOK UKRAINA DENGAN PESAWAT DRONE MILITER BARU

Turkey supplies Ukraine with new weapons despite Russia objection

Ukraina telah menerima  12 Drone udara (UAV)  Bayraktar Tactical Block 2 (TB2) buatan Turki setelah ditandatanganinya perjanjian itu pada Januari 2019 lalu.

Presiden Ukraina Petro Poroshenko mengumumkan bahwa Ukraina telah berhasil menguji coba drone tempur buatan Turki itu. “Saya mengucapkan selamat kepada Angkatan Bersenjata Ukraina dan mitra kami dari Turki, serta semua orang Ukraina. Hari ini kami memperoleh senjata modern yang sepenuhnya baru, ”kata Poroshenko, yang secara pribadi mengawasi uji coba di wilayah Khmelnytskyi barat.

Dia menambahkan bahwa drone Bayraktar TB2 adalah kontribusi yang sangat baik untuk memperkuat kemampuan pertahanan Ukraina di tengah perang yang sedang berlangsung melawan separatis yang didukung Rusia di timur negara itu.

Presiden Ukraina juga mengatakan pasukan operasi khusus, pasukan terjun payung, pasukan bermotor dan unit militer lainnya akan menggunakan drone itu .

Menanggapi pembelian itu , pada  bulan Januari lalu  juru bicara Kemenlu Rusia Maria Zaharov mengatakan dalam sebuah wawancara, ia mengakui fakta bahwa “kemitraan teknis militer bilateral adalah hak kedaulatan. Masalahnya adalah bahwa ada perang saudara di negara ini. ”Zaharova mengakhiri pidatonya dengan mengatakan bahwa penjualan drone seperti itu dapat membuat krisis semakin buruk.

 

RUSIA DAN TURKI UPAYAKAN  BUKA JALUR LINTAS BATAS KETURKI LEWAT ALEPPO

Syrian Army May Be Deployed To Reopen Strategic Highway Between Syria & Turkey

Delegasi militer Rusia dan Turki mengadakan pertemuan yang tidak biasa di kota Azaz (wilayah Suriah) yang diduduki Turki di Aleppo utara pada 20 Maret kemarin.

Sebuah sumber  mengatakan kepada kantor berita SMART yang pro-oposisi bahwa kedua belah pihak membahas rencana untuk membuka kembali jalan raya strategis yang menghubungkan kota Aleppo diSuriah dengan kota Gaziantep diTurki.

Di bawah rencana baru itu, Tentara Arab Suriah (SAA) akan dikerahkan di jalur jalan raya antara kota Herbel dan Maraanaz, yang dikuasai  pasukan Kurdi. Polisi Militer Rusia dilaporkan akan mengawasi penyebaran pasukan Suriah itu jika rencana itu diberlakukan.

Rusia dan Turki sepakat untuk membuka beberapa jalan raya strategis di Suriah utara September lalu. Kesepakatan itu merupakan bagian dari perjanjian zona demiliterisasi. Sementara proksi Turki di Aleppo utara mau bekerja sama dalam  kesepakatan ini, tapi militan radikal di Idlib secara aktif bekerja untuk menyabotnya.

Pembukaan kembali jalan raya Aleppo-Gaziantep akan meningkatkan perekonomian di bagian Suriah yang dikuasai pemerintah dan mengurangi penderitaan banyak warga Suriah, yang harus melakukan perjalanan melalui daerah-daerah yang berkonflik ini setiap hari.

 

TENTARA SURIAH BALAS SERANGAN MILITAN DIPROVINSI HAMA 

Militants attack Hama countryside, Syrian Army retaliates with precious strikes

Kelompok-kelompok militan yang ditempatkan di Hama utara dan pedesaan selatan Idlib terus melanggar perjanjian zona de-eskalasi mereka dan menembakkan beberapa roket ke arah wilayah Suriah di pedesaan Hama.

Militan Front Pembebasan Nasional (NFL) telah menargetkan kota-kota Saqalbiyah, Salhab, Aziziyah, Raseef dan Karim dengan selusin serangan artileri dan peluru roket di Dataran al-Ghab, pedesaan Hama utara.

Serangan militan itu  menyebabkan dua orang anak cedera dan kerusakan material di rumah-rumah warga sipil.

Sebagai balasan atas seringnya pelanggaran perjanjian zona de-eskalasi dan serangan hari ini, Angkatan Darat Suriah telah melakukan serangan terkonsentrasi yang menargetkan posisi NLF dan sebuah pertemuan di kota Hwaijah, Sahriya dan Sahab di pedesaan utara Hama.

Sumber Angkatan Darat Suriah mengatakan bahwa belasan militan telah terbunuh dan senjatanya dihancurkan, dan ditambahkan bahwa diwaktu mendatang tentara Suriah akan terus membalas terhadap setiap pelanggaran perjanjian dizona deeskalasi.

 

MBS MENYETUJUI OPERASI RAHASIA TERHADAP PARA PEMBANGKANG SAUDI

The Rapid Intervention Group was authorised by Crown Prince Mohammed bin Salman and overseen by Saud al-Qahtani, a royal court insider, US officials told the NYT [File: Reuters]

Lebih dari setahun sebelum pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi, Pangeran Mahkota Mahkota  Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) telah menyetujui sebuah rencana rahasia untuk membungkam para pembangkang, New York Times melaporkan.

Rencana itu meliputi  pengawasan, penculikan, penahanan dan penyiksaan warga Saudi, kata laporan yang diterbitkan pada hari Minggu mengutip pejabat AS yang telah membaca laporan intelijen rahasia tentang adanya upaya tersebut.

Pejabat AS menyebut (tim yang dibentuk) itu  sebagai Kelompok Intervensi Cepat Saudi, kata Times.

Salah satu korban dari kelompok ini adalah seorang dosen perempuan sebuah universitas yang dilaporkan telah disiksa tahun lalu, yang mendorongnya untuk mencoba bunuh diri.

Arab Saudi memiliki sejarah panjang dalam mengejar para pembangkang, termasuk yang berbasis di luar negeri, tetapi praktek ini telah mengalami peningkatan besar ketika  Pangeran Mohammed dipromosikan sebagai putra mahkota pada tahun 2017.

Setidaknya beberapa misi klandestin (bawah tanah) telah dilakukan oleh anggota tim yang memutilasi  Khashoggi pada bulan Oktober tahun lalu di konsulat Saudi di Istanbul. Pembunuhan itu  merupakan bagian dari kampanye besar  melawan para pembangkang, kata laporan itu, mengutip para pejabat AS. dan para teman teman  korban.

Para anggota tim ini terlibat dalam setidaknya selusin operasi yang dimulai pada tahun 2017, kata para pejabat, termasuk pemulangan paksa warga Saudi dari negara-negara Arab lainnya.

 

 PRESIDEN DIKTATOR PENINDAS RAKYAT ?  

Ini adalah Presiden Assad yang selama perang Suriah dikampanyekan sebagai  penindas rakyat. Kemana mana menyetir sendiri dengan mobil Hondanya, tanpa pengawalan, parkirnya ditepi jalan seperti warga yang lain , ditunggu dan dielu0-elukan rakyatnya pada sebuah acara pertemuan.

Faktanya  sangat kontradiktif dengan kampanye hitam yang dihembuskan selama 7 tahun ini. Damaskus tidak bisa ditembus meski dikeroyok ratusan negara musuh Islam, malaikat membentangkan sayapnya diatas langit Suriah , sebuah fakta kebenaran yang  sudah diisyaratkan hadist.

 

 

ISIS DISISI TIMUR SUNGAI EUFRAT MENYERAH KEPADA KELOMPOK SDF

Sebuah video menunjukkan  barisan sangat panjang dari sekitar 400  anggota ISIS yang berasal dari berbagai negara yang berbeda dilaporkan menyerah kepada kelompok  SDF (Syrian Democratic Force)  di Baghouz Syria.

Kelompok SDF adalah pemberontak Suriah yang beranggotakan suku Kurdi yang didukung oleh AS. Kelompok ISIS yang menyerah ini  disebut sebagai kelompok ISIS terakhir  yang ada ditimur sungai Eufrat.

 

JUMLAH PASUKAN NATO DIPERBATASAN RUSIA MAKIN MENINGKAT

NATO multi-national land force training

Bahaya militer yang ditimbulkan oleh pasukan AS dan NATO sudah berubah menjadi ancaman militer bagi Rusia, Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Mikhail Popov mengatakan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Krasnaya Zvezda.

Negara-negara NATO menjalankan  kembali taktik era Perang Dingin dengan mengirim pasukan melintasi Atlantik dan mengerahkan senjata BMD (Ballistic Missile defence)  di dekat perbatasan Rusia, kata Wakil Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Rusia Mikhail Popov.

Popov mengatakan bahwa dalam dua tahun terakhir jumlah  Pasukan Respon NATO telah meningkat dari 25.000 menjadi 40.000 orang, sementara satuan satuan  batalion taktis  berjumlah hingga 1.000 orang dikerahkan di negara-negara Baltik.

“Sistem penyebaran pasukan transatlantik era Perang Dingin kini telah dijalankan  kembali (pleh NATO) dan digunakan untuk mengirim satuan tugas koalisi ke perbatasan Rusia,” jelasnya.

NATO juga sedang mempersiapkan perang cyber terhadap  Rusia dengan membuka pusat-pusat komunikasi strategis di Riga, Latvia dan Tallinn di Estonia, kata Popov. Pusat-pusat ini ditujukan untuk “menonaktifkan jaringan infrastruktur kritis dari musuh potensial , terutama  Rusia.”

Dia juga mengingatkan atas adanya  proyek NATO guna  memastikan penyebaran 30 batalion pasukan, 30 skuadron pesawat, dan 30 kapal perang dalam 30 hari jika terjadi konflik, yang telah disepakati (NATO) di Brussels Juni lalu.

Penyebaran senjata BMD di negara-negara Eropa adalah contoh lain dari peningkatan operasi NATO di dekat perbatasan dengan Rusia, menurut Popov. “Orang Amerika rupanya lupa” bahwa mereka menempatkan mereka di tempat pertama untuk melawan “ancaman rudal dari Iran,” kata Popov.

 

PEMIMPIN TERTINGGI IRAN : IRAN  AKAN KERAHKAN SEGALA DAYA UNTUK  MENGHADAPI SANKSI AS  

Image result for Khamenei pic

Minggu ini  Menlu AS Mike Pompeo menegaskan kembali niat Washington untuk menghanncurkan  ekspor minyak mentah Iran “sampai ketitik  nol secepat mungkin ketika kondisi pasar telah memungkinkan.”  Ketegangan antara kedua negara terus membara menyusul keputusan Presiden Trump untuk secara sepihak menarik diri dari perjanjian nuklir Iran dan melanjutkan sanksi Mei lalu.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei telah meminta negaranya untuk melakukan “mobilisasi maksimum” atas seluruh  sumber daya dan kemampuannya untuk melawan agresi AS, Israel dan Eropa terhadap negaranya itu.

“Fihak musuh, yaitu AS dan Zionis (Israel), hari ini telah mengerahkan semua kemampuan dan fasilitas mereka untuk melawan bangsa Iran; dan  para sekutu  Barat dan Eropa juga menunjukkan rasa permusuhan mereka terhadap Iran dengan berbagai cara,” kata Khamenei ketika berbicara pada pertemuan Majelis Ahli di Teheran pada hari Kamis, Kantor Berita Tasnim telah melaporkan.

Mengomentari upaya AS untuk menargetkan Teheran dengan sanksi “terberatnya”, pemimpin tertinggi Iran  memperingatkan bahwa “tekanan musuh” akan berhadapan  dengan respons kuat dari Iran.

Mereka telah melancarkan serangan maksimal terhadap Iran, tetapi jika kita melakukan mobilisasi seluruh fasilitas dan kemampuan secara maksimal, dengan  Rahmat Tuhan, maka kita akan membuat AS  menderita kekalahan terberat dalam sejarahnya, “kata Khamenei.

Khamenei mengingatkan  bahwa Teheran memiliki pengalaman luas dalam menangani tekanan semacam itu, dan menyerukan pemikiran “kreatif” dan “bijaksana” dalam menghadapi musuh negara.

Hubungan Iran-AS telah buruk selama beberapa dekade, dimana kedua negara  tidak lagi memiliki hubungan diplomatik resmi tak lama setelah Revolusi Iran 1979 yang menggulingkan rezim Shah pro-AS.

Hubungan kedua negara agak membaik setelah Iran, AS, Rusia, Cina dan beberapa negara Eropa menandatangani perjanjian nuklir Iran pada tahun 2015, yang memungkinkan  negara itu mendapat kelonggaran  sanksi sebagai ganti penghentian program nuklirnya. Namun, hubungan itu kembali runtuh ke level terendah pada Mei 2018, setelah Presiden Trump secara sepihak menarik diri dari kesepakatan nuklir itu.

 

IRAN LAKUKAN LATIHAN DRONE MILITER BESAR BESARAN  

Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) mengumumkan bahwa mereka telah melakukan  latihan drone militer besar-besaran yang melibatkan puluhan Drone  udara.

Latihan itu melibatkan sejumlah  50 pesawat tanpa awak yang dimodelkan dari pesawat  RQ-170 Sentinel AS yang  salah satunya pernah ditangkap oleh Iran pada 2011, serta sejumlah UAV lainnya, yang diluncurkan dari pangkalan sejauh 1.000 kilometer jauhnya dari target terletak di pulau Bani Farur di Teluk Persia.

Itu adalah latihan Drone militer Iran terbesar hingga saat ini, kata IRGC dalam sebuah pernyataan. Semua drone yang terlibat dalam latihan berhasil mengebom target yang ditentukan pada saat yang sama, lapor Mehr News.

Latihan itu  dinamai “Beit al-Maqdis” (Baitul Maqdis/ Yerusalem), yang  dihadiri oleh Hossein Salami, komandan IRGC; dan Amir Ali Hajizadeh, komandan Angkatan Udara IRGC.

Golam Ali Rashid komandan Angkatan Darat IRGC, mengatakan bahwa meskipun ada klaim AS tentang kegagalan Iran setelah  40 tahun  Revolusi Islam, tapi “hari ini kita menyaksikan sebuah manuver hebat  Pasukan Dirgantara IRGC,” menurut laporan Jerusalem Post.

The Jerusalem Post juga mencatat bahwa latihan tersebut melibatkan drone yang mirip dengan Predator AS MQ-1,  bahwa Iran juga telah mengembangkan drone Shahed 129  yang pertama kali diterbangkan pada tahun 2012, yang sebenarnya merupakan tiruan  dari Predator.

Latihan itu dilakukan setelah latihan besar angkatan laut Iran yang berlangsung awal Februari lalu , serta serangkaian uji coba rudal balistik, kata Jerusalem Post. Pada bulan Desember tahun lalu  pasukan t IRGC juga meluncurkan latihan militer besar-besaran di selatan Iran, menurut Mehr News.

 

RUSIA KECAM PERSIAPAN AS UNTUK MENYEBAR SENJATA DILUAR ANGKASA

Russian Foreign Ministry spokeswoman Maria Zakharova

Moskow menganggap persiapan Washington  untuk memenyebarkan  senjata di luar angkasa adalah sikap yang tidak bertanggung jawab, kata juru bicara Kemenlu Rusia Maria Zakharova dalam jumpa pers pada hari Jumat 15/3.

“Langkah-langkah AS yang diambil akhir-akhir ini yang mempersiapkan penyebaran senjata di luar angkasa, termasuk pembentukan kesatuan pertahanan rudal berbasis ruang angkasa, mengkonfirmasi meningkatnya kebutuhan akan upaya internasional untuk menentang rencana yang tidak bertanggung jawab seperti itu,” kata Zakharova.

“Kami berharap dimulainya segera perundingan tentang masalah ini pada suatu konferensi perlucutan senjata dalam konteks menjaga keamanan internasional dan stabilitas strategis.”

“Rusia menginginkan skala prioritas dalam menyusun instrumen multilateral dan mengikat secara hukum untuk pencegahan perlombaan senjata di ruang angkasa dan penggunaan kekuatan atau ancaman menggunakan kekuatan dalam kaitannya dengan benda-benda luar angkasa.”

Menlu  Rusia Sergey Lavrov dijadwalkan akan berpartisipasi dalam sesi skala penuh konferensi perlucutan senjata di Jenewa pada 20 Maret.

 

AS MULAI PRODUKSI RUDAL DARAT YANG DILARANG DALAM PERJANJIAN INF

AS  telah memulai  produksi komponen guna  mendukung pengujian pengembangan rudal  konvensional yang diluncurkan dari darat, Jubir Pentagon Letkol Michelle Baldanza mengatakan kepada TASS pada hari Jumat 15/3.

“Dengan dana yang disediakan oleh Kongres di FY19, AS telah memulai kegiatan fabrikasi pada komponen untuk mendukung pengujian pengembangan rudal konvensional yang diluncurkan darat,” katanya, ketika diminta untuk mengomentari rencana Pentagon untuk menguji coba dua jenis rudal yang dilarang dalam Perjanjian Range Nuclear Forces (INF).

“Pada titik ini AS belum mengambil langkah yang tidak bisa diubah . Jika  Rusia tidak kembali mematuhi secara penuh dan dapat diverifikasi sebelum akhir periode enam bulan, kami akan membatalkan penangguhan dan rencana penarikan diri kami dari Perjanjian INF,” kata Baldanza.

“Tetapi jika tidak ada perubahan dalam perilaku Rusia, keputusan kami untuk menarik diri dari Perjanjian akan berlaku, dan Perjanjian akan berakhir. Kita harus siap untuk kemungkinan ini. Persiapan kita di sepanjang garis ini termasuk rencana untuk menguji coba rudal darat  konvensional, ” dia menambahkan.

Baldanza menolak menyebutkan tanggal pengujian . “Ketika kami bekerja melalui proses pembuatan prototipe, ada banyak faktor yang bisa ikut bermain. Untuk alasan itu, saya tidak bisa memberikan jadwal yang tepat,” tegasnya.

 

ISRAEL BALAS SERANG ROKET DARI JALUR GAZA

 

Militer Israel menyerang  sekitar 100 sasaran di Jalur Gaza pada hari Jumat kemarin  sebagai tanggapan terhadap serangan rudal di Tel Aviv pada Kamis malam, kata layanan pers Angkatan Pertahanan Israel.

“Menanggapi serangan rudal yang ditembakkan dari Gaza, sekitar 100 target teroris telah diserang di seluruh Jalur Gaza,” tweet seorang pejabat layanan pers  dalam bahasa Arab.

Militer Israel  sebelumnya melaporkan adanya  peringatan serangan udara meraung  beberapa kali di dewan regional Eshkol, Sha’ar HaNegev dan Sdot Negev yang berbatasan dengan Jalur Gaza, serta di kota Sderot, semalam hingga Jumat. Militer melaporkan adanya  sekitar lima kali peluncuran rudal dari Gaza dan  tiga diantaranya bisa dicegat oleh sistem pertahanan udara Iron Dome.

Pada Kamis malam untuk pertama kalinya sejak 2014, peringatan serangan udara meraung didaerah yang disebut Greater Tel Aviv. Militer melaporkan bahwa dua rudal telah diluncurkan kekota tetapi Iron Dome tidak melakukan intersep. Dilaporkan tidak ada yang cedera.

“Organisasi teroris Hamas bertanggung jawab atas semua yang terjadi di Jalur Gaza dan dekat perbatasannya. Tentara Israel secara serius mempertimbangkan segala upaya untuk menggganggu  pemukiman  sipil diIsrael dan akan terus berjuang keras terhadap serangan-serangan teror seperti ini,” kata fihak militer Israel.

 

GOLAN TIDAK LAGI MENJADI DAERAH YANG “DICAPLOK” , TAPI MENJADI “DAERAH KEKUASAAN ISRAEL”

Deplu AS telah mengeluarkan referensi baru dalam Laporan hak azazi manusia 2018 atas pendudukan Israel di Dataran Tinggi Golan, Tepi Barat dan Gaza.

Berbeda dengan laporan-laporan sebelumnya, laporan yang baru itu tidak menggambarkan Dataran Tinggi Golan sebagai daerah yang “dicaplok”, tapi mengubah  kata-kata itu dengan mengatakan wilayah itu sebagai daerah yang “dikuasai Israel”.

Sinyal itu dikeluarkan sebagai tanda lain dari meningkatnya dukungan Washington terhadap klaim Israel atas Dataran Tinggi Golan. Dimana  awal pekan ini, Senator AS Lindsey Graham mengatakan, setelah berkeliling di wilayah yang disengketakan, maka dia akan mendorong pemerintahan Trump untuk secara resmi mengakui Golan sebagai bagian dari wilayah  Israel.

Bulan lalu, anggota parlemen dari Partai Republik di kedua kamar diKongres AS memperkenalkan sebuah RUU “untuk memastikan bahwa Israel tetap memegang kendali atas Dataran Tinggi Golan”.

Selain itu, tahun lalu AS telah menentang mosi PBB terbaru yang menyerukan agar Israel mengakhiri pendudukannya atas wilayah yang disengketakan itu.

Dukungan atas kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan itu terjadi menjelang pemilihan awal di Israel, yang dijadwalkan berlangsung 9 April nanti.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang menghadapi dakwaan pidana atas tuduhan korupsi, sedang berkampanye untuk pemilihan kembali untuk masa jabatan keempat berturut-turut.

Dalam  banyak kesempatan Netanyahu menekankan bahwa Tel Aviv tidak akan memenuhi tuntutan Suriah  dan mundur ke garis perbatasan 1967 karena hal ini dianggap “tidak lagi dapat dipertahankan”, dan bahwa Dataran Tinggi Golan akan “tetap di tangan Israel selamanya”.

Dataran Tinggi Golan adalah area strategis yang luasnya sekitar 1.200 kilometer persegi, area yang penting dalam beberapa aspek: selain memiliki nilai simbolis, area  itu digunakan oleh Israel sebagai zona penyangga alami terhadap kemungkinan ancaman militer dari Suriah dan juga merupakan sumber daya air utama yang menyediakan sepertiga dari seluruh pasokan air Israel.

Israel mencaplok  sebagian besar Dataran Tinggi Golan dari Suriah ketika  Perang Enam Hari 1967, tetapi secara resmi mencaplok wilayah pendudukan itu baru sejak  tahun 1981.

Undang-undang Israel yang memperluas yurisdiksi Israel atas wilayah tersebut gagal mendapatkan dukungan internasional: Dewan Keamanan PBB mencapnya ilegal dan menuntut Tel Aviv membatalkan keputusannya itu. Meski AS pernah juga menolak untuk mengakuinya.

 

71% WARGA YAHUDI DIISRAEL BERPENDAPAT PENGUASAAN ISRAEL ATAS PALESTINA  TIDAK BERMORAL

An Israeli soldier stands guard in Hebron

Sebuah survey terbaru dari Van Leer Institute  bekerja sama dengan Citizens Accord Forum dan Shaharit Institute yang dikeluarkan kamis 14/3 kemarin  mengungkapkan  bahwa 71% warga Yahudi di Israel berpikir ada masalah moral dengan penguasaan  Israel atas Palestina.

Selain itu, 78% warga  Yahudi Israel berpikir bahwa penguasaan  atas Palestina di Yudea dan Samaria adalah hal yang tidak baik untuk Israel.

Survei itu  dipresentasikan dengan  judul “Iman Keagamaan, Perdamaian, dan Hidup Berdampingan ” , bertujuan mencari tahu pendirian publik Israel tentang perdamaian dan penguasaan  Israel atas warga Palestina di Yudea dan Samaria.

Meskipun ada  persentase tinggi yang mengklaim bahwa penguasaan  atas Palestina adalah tidak baik bagi Israel, tapi  hanya 12% yang berpikir bahwa hal itu harus segera dihentikan, sementara mayoritas masyarakat (66%) berpikir bahwa tidak ada alternatif lain saat ini.

Jajak pendapat itu juga menunjukkan bahwa 78% warga  Yahudi dan 93% warga  Arab di Israel setuju bahwa perdamaian dengan orang-orang yang beragama lain adalah nilai penting dalam agama mereka, dan 51% orang Yahudi dan 72% orang Arab setuju bahwa para pemimpin agama yang mewakili berbagai agama di wilayah tersebut harus mengambil bagian dalam pengambilan keputusan terkait perdamaian.

“Fakta bahwa meski  berbagai kelompok dalam masyarakat Israel , seperti  etnis Yahudi dan Arab  yang tidak memiliki  wacana perdamaian liberal yang jelas,  tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki pendekatan berbasis nilai terhadap perdamaian,” kata Dr. Eilon Schwartz, kepala lembaga Shaharit.

 

CHINA MENJADI EKSPORTIR DRONE MILITER TERBESAR DIDUNIA

Chinese Ch-4B drone

Menurut laporan  yang dikeluarkan oleh Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI). perkembangan teknologi militer China dalam beberapa tahun terakhir telah menjadikan  China sebagai  eksportir terbesar  Drone  udara tak berawak (UCAV).

Penelitian SIPRI ini  menunjukkan bahwa dari 2014 hingga 2018, Cina telah mengekspor sekitar 153 UCAV ke 13 negara, ini menandai China sebagai pengekspor utama drone tak berawak untuk periode waktu itu. Negara-negara yang mengggunakan  drone  China itu kebanyakan dari  Timur Tengah  termasuk Mesir, Irak, Yordania, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Ketika membandingkan data  sebelumnya yang dikumpulkan dari 2009 hingga 2013 dan angka yang diperoleh dari 2014 hingga 2018, China menunjukkan peningkatan keseluruhan sebesar 1.430%  dalam jumlah penjualan drone.

Selain drone tak berawak, juga disebutkan bahwa dari 2014 hingga 2018, Cina berhasil memperluas basis pelanggannya ke 53 negara, dan merebut  12 negara pelanggan baru jika dibandingkan dengan tahun  2009 ke 2013 yang hanya 41 negara.

Dalam daftar 25 eksportir terbesar senjata utama dunia dari 2014 hingga 2018, Cina berada di tempat kelima, setelah AS, Rusia, Prancis, dan Jerman. Laporan itu juga mencatat bahwa Pakistan menjadi pembeli senjata teratas  Beijing, sengan membeli 37 persen, Bangladesh dan Aljazair masing-masing membeli 16 persen dan 11 persen persenjataannya.

Antara 2014 sampai 2018 China, AS, Rusia, Prancis, dan Jerman menyumbang 75 persen dari total volume ekspor senjata dunia, AS sendiri menyumbang 36 persen dari total penjualan senjata dunia itu.

Lima negara importir terbesar didunia  dari 2014 hingga 2018 adalah Arab Saudi, India, Mesir, Australia, dan Aljazair, yang bersama-sama membeli total  35 persen dari semua impor senjata.

 

FASILITAS NUKLIR IRAN DIFORDOW TELAH ADA JAUH LEBIH LAMA DARI YANG DIDUGA

Birds-eye view of the Fordow Nuclear and Physics Research Center (NPRC)

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Institut Ilmu Pengetahuan dan Keamanan Internasional (ISIS), sebuah think tank yang berbasis di Washington, mengklaim fasilitas nuklir  Iran diarea Fordow yang  juga dikenal sebagai Al Ghadir adalah jauh  lebih lama dari klaim Teheran.

Fasilitas yang katanya telah digunakan untuk memperkaya uranium untuk membuat bom nuklir itu  secara resmi dibangun sejak  pada 2007. Namun, laporan ISIS mengutip apa yang disebut “arsip nuklir Iran” yang disajikan pada tahun 2018 oleh Netanyahu, yang menuduh bahwa pada kenyataannya situs tersebut sudah ada sejak  2004 dan pembangunannya mungkin telah dimulai sejak  2002.

Jerusalem post melaporkan Fasilitas nuklir Iran pertama kali ditemukan pada 2009, Penemuan dan krisis diplomatik berikutnya adalah sebagai penyebab diterapkannya  sanksi yang awalnya dikenakan pada Teheran oleh Dewan Keamanan PBB.

Pada 2015, setelah bertahun-tahun negosiasi, Iran , Uni Eropa dan enam negara lainnya menandatangani perjanjian nuklir dan  mencabut sanksi sebagai imbalan bagi Iran untuk menghentikan program  senjata nuklirnya.

Iran berulang kali membantah bahwa fasilitas di Fordow dimaksudkan untuk menghasilkan uranium untuk tingkat senjata nuklir, dengan mengatakan bahwa fasilitas itu hanya untuk memproduksi uranium rendah yang diperkaya guna  pembangkit listrik.

“Arsip Nuklir Iran itu telah membuktikan sekali lagi adanya indikasi penipuan Iran tentang aktivitas senjata nuklirnya di masa lalu dan menimbulkan pertanyaan mendalam tentang tujuan sebenarnya dari fasilitas ini,” kata laporan ISIS.

Direktur lembaga think tank itu  David Albright, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Jerusalem Post bahwa fasilitas di Fordow dapat digunakan untuk memproduksi satu hingga dua bom atom per tahun.

“Arsip nuklir Iran” diungkap  pada bulan April 2018 oleh PM Israel Netanyahu, yang mengatakan bahwa arsip itu diperoleh selama operasi intelijen Israel. Saat presentasi “arsip” itu  Netanyahu mengklaim bahwa arsip itu meliputi  55.000 halaman dan 183 buah CD, yang disimpan Iran dalam apa yang dia sebut sebagai “gudang terlantar.”

 

AS KEMBALI PATROLIKAN 2 PEMBOM STRATEGIS DIATAS LAUT CHINA SELATAN

AS kembali mengirim dua Pesawat pembom strategis  B-52 di dekat pulau-pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan, Angkatan Udara Pasifik AS mengatakan Kamis bahwa  misi ini merupakan misi udara kedua di atas jalur air yang disengketakan  itu dalam 10 hari terakhir.

Pasukan Udara Pasifik (PACAF) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kedua B-52 telah lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Andersen di wilayah pulau AS di Guam, guna  berpartisipasi dalam “misi pelatihan rutin.”

“Pesawat AS secara teratur beroperasi di Laut Cina Selatan untuk mendukung sekutu  dan  mitranya di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, ”kata pernyataan itu.

Pesawat B-52 yang terlibat dalam misi tersebut adalah bagian dari misi  “kehadiran bomber berkelanjutan” dari Angkatan Udara AS. yang berbasis di Guam. Sejak 2004, AS telah menggilir beberapa pesawat pembom jarak jauh dari  B-1, B-52 dan B-2 . untuk melakukan misi pelatihan di Asia dari Guam.

Sejalan dengan apa yang disebut oleh Angkatan Laut AS sebagai operasi operasi “kebebasan navigasi”, di mana kapal kapal perang AS  berpatroli  di dekat pulau-pulau yang disengketakan yang diklaim oleh Cina di Laut Cina Selatan, misi angkatan udara juga dimaksudkan untuk menyatakan bahwa wilayah itu juga merupakan wilayah udara internasional.

Beijing telah membangun beberapa pos militer di Laut Cina Selatan, yang mencakup jalur laut vital yang dilalui  perdagangan global $3T  setiap tahunnya.

Washington dan Beijing sering berselisih  soal militerisasi diLaut Cina Selatan ini, tempat dimana China, Taiwan, Vietnam, Malaysia, Brunei, dan Filipina semuanya bersaing mengklaim saling memiliki. AS tidak punya klaim apa pun di sana, tetapi mengatakan operasi dilakukan secara global dengan tujuan mempromosikan kebebasan navigasi.

Kepala Komando Indo-Pasifik AS Laksamana Philip Davidson minggu lalu mengatakan bahwa AS terus mengamati peningkatan aktivitas militer Tiongkok di wilayah Laut China Selatan selama setahun terakhir.

“Jelas Itu adalah pemembangun militer, sama sekali tidak mengurangi makna kata itu,” kata Davidson seperti dikutip di Singapura pada 7 Maret lalu ketika ditanya tentang kegiatan militer China diperaiaran air itu. “banyak peningkatan aktivitas  kapal, pesawat tempur dan pembom (China) selama setahun terakhir dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

 

RUSIA TUDUH AS SEMBUNYIKAN JUMLAH SEBENARNYA SENJATA NUKLIRNYA

Image result for ANDREA THOMPSON NUCLEAR PIC

Kemenlu  Rusia berpendapat bahwa AS sedang “memainkan angka” atas  meningkatnya jumlah senjata (nuklir)nya.

Kemenhan Rusia menambahkan bahwa hal itu adalah masalah serius  yang harus diselesaikan. AS harusnya hanya diizinkan untuk memiliki persediaan senjata yang terbatas karena telah dibatasi oleh perjanjian yang ditandatangani antara kedua negara pada tahun 2009. Yaitu perjanjian Pengurangan Senjata Strategis Baru (STRAT / Strategic Arms Reduction Treaty) ditujukan untuk mengurangi jumlah senjata nuklir yang boleh dimiliki oleh kedua negara.

Menurut Newsweek, Wakil Menlu (AS)  Andrea Thompson mengatakan bahwa Presiden Donald Trump “tidak tertarik” untuk memperpanjang perjanjian itu , yang pernah ditinjau ulang  pada tahun 2010.

Ketika berbicara di Konferensi Kebijakan Nuklir Internasional Carnegie 2019, Andrea Thompson  menambahkan bahwa “kami punya  waktu  dua tahun untuk membuat keputusan apakah mau memperpanjang perjanjian itu “.

Komentarnya itu menyebabkan Kemenlu  Rusia  menuduh AS mengabaikan perjanjian START yang baru dan  “mengingatkan kepada fihak  AS  bahwa perpanjangan Perjanjian START Baru bukanlah formalitas belaka yang hanya akan berlaku  beberapa minggu atau bahkan berhari-hari, karena mereka ingin publik percaya”.

Fihak Rusia   menyatakan: “Yang bisa kita katakana adalah  bahwa meskipun Washington mengklaim telah melakukan (pengurangan), pada kenyataannya itu hanya mencapai tingkat pengurangan  yang tidak jelas.

“Telah  dicapai tingkat pengurangan yang disepakati , tidak hanya dengan mengurangi jumlah senjata tetapi juga melalui reklasifikasi ilegal dan sepihak dari sekitar seratus sistem pertahanan  strategis. “Itu adalah masalah serius, yang harus diselesaikan sebelum diskusi tentang perpanjangan perjanjian itu diadakan.”

Sebelumnya, Wakil Menlu Rusia Sergei Ryabkov, mengatakan bahwa kegagalan dalam perjanjian itu dapat menyebabkan dimulainya perlombaan senjata yang baru.

Dia mengatakan Washington dan Moskow harusnya  “mengatasi masalah dengan kepatuhan AS dengan masalah ini”. START yang baru telah ditandatangani pada 2010 dengan tujuan mengurangi separuh senjata nuklir pada kedua belah pihak.

 

PM ISRAEL AKUI PUNYA HUBUNGAN RAHASIA DENGAN 6 NEGARA ARAB 

Netanyahu: Israel in close contact with 6 Arab countries

 

Berbicara pada upacara peringatan  mantan PM Israel Levi Eshkol, Benjamin Netanyahu mengungkapkan bahwa Tel Aviv telah mengembangkan hubungan dengan 6 negara di wilayah tersebut meskipun ada sikap permusuhan mereka terhadap Israel selama beberapa dekade terakhir.

“Kami melakukan (hubungan)  ini dengan sebagian besar negara didunia Arab dan  Muslim melalui proses normalisasi yang dipercepat.   Saat ini Israel melakukan kontak dengan setengah lusin negara Arab dan Muslim yang penting, yang  sampai sekarnag  inipun memusuhi Israel”, katanya.

Perdana menteri Israel itu lebih lanjut menyatakan bahwa negara-negara tetangga hanya akan mencapai perdamaian dengan Israel setelah bisa meyakinkan mereka bahwa “kekuatan dan kehadiran kita di sini adalah sebuah kenyataan”. Namun, ia mengakui bahwa tidak semua negara akan setuju dengan ini.

“Kami mengutamakan proses pengakuan dan kesepakatan dengan para tetangga kami  itu, memang tidak dengan semua negara, tetapi dengan sebagian besar dari mereka”, kata Netanyahu.

Sebelumnya PM Israel Benjamin Netanyahu juga pernah  mengungkapkan bahwa Israel telah memiliki “hubungan” dengan Arab Saudi, yang katanya tetap  dirahasiakan kepada publik”.

Hubungan tegang Israel dengan tetangga di kawasan itu terkait erat dengan konflik Israel-Palestina, yang hingga saat ini tidak memiliki resolusi. Namun, fakta ini tidak menghentikan beberapa negara itu untu menandatangani perjanjian damai dengan Tel Aviv dan membuka misi diplomatik bersama.

 

IRAN AKAN TANGGAPI TEGAS SETIAP GANGGUAN ATAS EKSPOR MINYAKNYA

Sa'ar 5 a class of Israeli Navy corvettes

Jika Angkatan Laut Israel berupaya untuk menghambat penjualan minyak Iran, Teheran “akan menanggapi dengan tegas”, Menteri Pertahanan Iran Amir Hatami menyatakan Rabu. Menhan Iran juga mencatat bahwa tindakan Israel itu  akan dipandang sebagai “pembajakan” jika angkatan lautnya akan bertindak (mengganggu ekspor minyak) Iran, menurut kantor berita IRNA.

Pada 6 Maret lalu , Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meminta masyarakat dunia untuk menghentikan Iran mengirimkan  minyak ke luar negeri. Dia juga mengancam akan mengerahkan Angkatan Laut Israel untuk membantu mengatasi dugaan upaya Iran untuk yang disebut “menyelundupkan”  minyak melalui jalur maritim guna menghindari sanksi AS.

Pernyataan menhan Iran itu dikeluarkan setelah adanya ancaman PM Israel Benjamin Netanyahu yang dikeluarkan  pekan lalu bahwa ia akan mengerahkan Angkatan Laut Israel untuk menghadapi upaya-upaya yang diduga dilakukan Iran untuk menyelundupkan minyak melalui rute-rute maritim untuk menghindari sanksi yang dijatuhkan oleh Washington. Namun, pejabat Israel itu tidak merinci bagaimana angkatan laut akan menangani itu dan apakah itu akan menjadi konfrontasi bersenjata langsung.

Angkatan Laut Iran sendiri  berusaha untuk meningkatkan kehadirannya di laut,  di tengah eskalasi ketegangan baru dengan AS setelah Trump  menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, juga dikenal sebagai Rencana Aksi Komprehensif Bersama, dan menerapkan kembali sanksi ekonomi terhadap Teheran .

Secara khusus, awal tahun ini Teheran telah melakukan latihan militer di Selat Hormuz ,  rute strategis yang penting untuk ekspor minyak dari wilayah tersebut. Iran sebelumnya juga mengancam akan memblokir rute laut utama ini jika Washington memprovokasi dan memblokir ekspor minyaknya.

 

JEPANG KECAM LATIHAN MILITER RUSIA DI PULAU KURIL

Pemerintah Jepang  melalui saluran diplomatik resmi telah menyatakan bahwa latihan militer Rusia yang dimulai pada Selasa 12/3 di selatan Kepulauan Kuril tidak dapat diterima, kata sumber Kementerian Luar Negeri Jepang kepada TASS pada hari Rabu.

“Perwakilan  diplomatik dibentuk pada tingkat penasihat kedutaan  (jepang)  di Moskow dan ditujukan kepada Kemenlu Rusia,” kata pejabat itu.

“Latihan tersebut, seperti yang telah dinyatakan, akan membantu memperkuat posisi militer Rusia di Wilayah Utara Jepang itu (Kepulauan Kuril Selatan]. Ini bertentangan dengan sikap negara kita mengenai status pulau-pulau itu dan ini tidak dapat diterima.”

Sebelumnya, layanan pers Kemenlu  Jepang mengatakan kepada TASS bahwa Tokyo dengan cermat mengikuti tindakan militer Rusia di selatan Kepulauan Kuril dan mengumpulkan informasi tentang manuver militer Rusia di sana.

Kolonel Alexander Gordeyev, juru bicara Distrik Militer Timur Rusia, mengatakan bahwa unit senapan mesin di distrik itu memulai latihan melawan pasukan  di pulau Iturup dan Kunashir Rusia. Latihan tersebut melibatkan sekitar 500 prajurit dan hingga 70 buah perangkat  militer, termasuk tank, kendaraan lapis baja dan mortir.

Rusia dan Jepang telah melakukan pembicaraan untuk menandatangani perjanjian damai sejak pertengahan abad ke-20. Batu sandungan utama untuk mencapai hal ini adalah masalah kepemilikan atas Kepulauan Kuril Selatan, yang disebut Wilayah Utara di Jepang. Setelah akhir Perang Dunia II, Kepulauan Kuril dimasukkan ke dalam Uni Soviet. Namun pengakuan pulau Iturup, Kunashir, Kepulauan Shikotan dan Kepulauan Habomai itu telah ditantang oleh Jepang.

 

RUSIA TIDAK AKAN MENJADI FIHAK PERTAMA YANG MENYEBARKAN RUDAL NUKLIR JARAK PENDEK DAN SEDANG

Rusia tidak berencana menjadi fihak  yang pertama yang akan meyebarkan  rudal jarak sedang dan jarak pendek kewilayah wilayah  yang oleh AS tidak ditempatkan  senjata yang serupa, seperti dibenua Amerika atau  Eropa, Anggota Duma  Rusia (Duma=Majelis rendah parlemen) dan Ketua Komite Pertahanan Vladimir Shamanov mengatakan pada briefing anggota militer , Senin hari ini.

Rusia memiliki hak untuk merespon dalam bentuk pengembangan, produksi, dan penyebaran rudal darat jarak sedang dan jarak pendek,  dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menandatangani sebuah dekrit penangguhan keikutsertaan  Rusia dalam Perjanjian Pasukan Nuklir Jarak sedang (INF), Shamanov mengingatkan.

“Tetapi kami tidak berencana untuk menjadi fihak pertama yang akan  mengerahkan senjata canggih ini ke kawasan lain termasuk Eropa, jika diarea itu tidak ditempatkan  sistem AS yang serupa,” katanya.

Shamanov juga mengatakan bahwa ambruknya Pakta  Nuklir Jarak sedang (INF) dapat beresiko kembalinya era Perang Dingin bagi Eropa. ”

Intinya , runtuhnya perjanjian  rudal jarak menengah dan pendek dapat memberikan pukulan berat bagi sistem keamanan dan stabilitas internasional. Bagi Eropa, itu berarti risiko kembali ke masa terburuk Perang Dingin, sedangkan bsgi  AS sendiri akan tetap berada di luar jangkauan, ” kata Shamanov.

Menurut Shamanov, AS  dapat mengerahkan sekitar 1.200 hulu ledak yang bisa  dikecualikan dari perjanjian START yang Baru  Strategic Arms Reduction Treaty

Tahun lalu, AS secara sepihak mengecualikan sekitar 100 peluncur SLBM Trident II yang diduga dikonversi pada kapal selam, 41 pembom B-52H dan empat buah yang disebut sebagai ranjau pelatihan dari Perjanjian,” katanya.

“Mereka (AS) mengklaim telah mengkonversikan mereka untuk penggunaan non-nuklir,” kata Shamanov, seraya menambahkan bahwa Rusia tidak dapat memverifikasi informasi itu.

“Ini tidak kurang dari 1.200 hulu ledak, jadi  ini sangat serius,” kata anggota parlemen senior Rusia itu.

Perjanjian INF, yang ditandatangani oleh Uni Soviet dan Amerika Serikat pada 8 Desember 1987, mulai berlaku pada 1 Juni 1988. Ini berlaku untuk rudal darat jarak sedang (1.000-5.000 kilometer) baik yang ditempatkan atau yang belum ditempatkan  dan juga untuk  jarak pendek (500-1.000 kilometer).

Dalam  banyak kesempatan Washington selalu menuduh Rusia melanggar perjanjian itu, tetapi Moskow dengan keras menampik semua tuduhan itu , dan pada gilirannya Moskow  menyatakan keluhan atas ketidakpatuhan Washington.

Pada tanggal 1 Februari lalu , Presiden AS Donald Trump dan Menlu  AS Michael Pompeo telah mengumumkan untuk mulai menghentikn kepatuhan Washington terhadap perjajian INF mulai 2 Februari 2019.

Washington bertekad untuk menarik diri dari perjanjian dalam enam bulan kecuali jika Rusia kembali mematuhinya dengan  fakta yang ” nyata dan dapat diverifikasi”.

Pada 2 Februari lalu , Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan bahwa Moskow juga akan menangguhkan kepatuhannya pada perjanjian tersebut. Dia mengeluarkan instruksi untuk menahan diri dari memulai pembicaraan dengan Washington mengenai masalah ini dan menekankan bahwa AS perlu menunjukkan kesediaan untuk dialog yang setara dan substantif.

Putin menandatangani dekrit yang menangguhkan kepatuhan Moskow terhadap Traktat (INF)  itu pada 4 Maret.

 

20 WANITA TEWAS OLEH SERANGAN KOALISI SAUDI DIBARAT LAUT YAMAN

Saudi-led Coalition Airstrike Kill 20 Women In Northwestern Yemen (Photos)

Pada 9 maret hampir tengah malam,  dua puluh wanita dan seorang anak tewas sebagai akibat dari serangkaian serangan udara oleh pesawat tempur koalisi yang dipimpin Saudi di daerah perumahan di distrik Kushur di provinsi Hajjah barat laut Yaman.

TV Yaman al-Masirah mengatakan bahwa serangan udara koalisi yang dipimpin Saudi menghancurkan lima rumah warga sipil. Ambulans juga menjadi sasaran pesawat tempur koalisi. “Pesawat-pesawat tempur  Saudi-Amerika menargetkan ambulans di Talan di Kushur, guna mencegah mereka mendekati  para korban,” reporter al-Masirah di Hajjah.

Koalisi pimpinan Saudi belum mengomentari atas insiden terakhir ini. Namun TV al-Arabiya membenarkan bahwa pesawat tempur koalisi melakukan beberapa serangan udara di Kushur pada  9 Maret hampir tengah malam .

Menurut saluran berita yang berbasis di UEA, serangan udara itu dimaksudkan untuk membantu  suku-suku yang didukung Saudi, yang mencoba untuk mematahkan pengepungan Houthi pada posisi mereka di daerah Hujur, di sebelah Kushur.

Bulan lalu, pasukan Houthi memperketat pengepungan mereka di daerah itu. Ini adalah pembantaian kedua oleh koalisi pimpinan Saudi di Kushur minggu ini.

Pada 8 Maret lalu, dua belas warga sipil terbunuh ketika pesawat tempur koalisi pimpinan Saudi menggempur rumah mereka di pusat distrik. Meskipun jumlah terbesar korban adalah warga sipil, namun fihak barat yang menjadi pendudkung koalisi yang dipimpin Saudi di Barat belum mengambil tindakan apa pun untuk menghentikan serangan udara di Kushur.

 

PASUKAN SURIAH BALAS SERANG MILITAN DI PROVINSI IDLIB

Minggu malam kemarin, pasukan Suriah yang didukung oleh pasukan udara Rusia menargetkan kubu teroris utama di Khan Shaykhon di Idlib dengan serangan artileri besar-besaran dan beberapa Peluncur Roket (MRL).

Beberapa video yang diposting di media sosial oleh sumber-sumber oposisi menunjukkan saat roket mengenai sasarannya di kota (Idlib).

Rekaman video yang  lain menunjukkan dampak serangan yang tertangkap  kamera CCTV di kota yang sama yang dikuasai oleh  Al-Qaeda . Sumber pemberontak di Khan Shaykhon  mengklaim jumlah roket yang mendarat adalah 51 buah.

Serangan oleh pasukan Suriah ini dilakukan  setelah sebelumnya fihak teroris (diIdlib)  membombardir  daerah yang dikuasai  pemerintah di Misyaf dan Muhardah di pedesaan Hama barat dan menyebabkan puluhan warga sipil terluka.

 

SURIAH SIAP BERPERANG DENGAN ISRAEL SOAL STATUS DATARAN TINGGI GOLAN

Syria Is Ready For War With Israel Unless It Withdraws From Golan Heights

Suriah dilaporkan siap untuk berperang dengan dengan Israel kecuali jika Israel mau menarik diri dari Dataran Tinggi Golan.

Wakil MenLu Suriah Faisal Mekdad mengajukan surat resmi kepada kepala Organisasi Pengawasan Gencatan Senjata PBB (UNTSO) Kristin Lund, mengenai kemungkinan upaya AS untuk mermgakui kedaulatan Israel di Golan.

“Kami tidak akan ragu untuk menghadapi Israel,” kata Mekdad, menurut Mignews. “Kami juga tidak takut dengan para pendukung (Israel) yang membantu melanggengkan pendudukan (Israel) diGolan.”

Pejabat Suriah itu menuduh Israel telah menggunakan kekerasan dan merusak stabilitas regional.

Sikap Kemenlu Suriah sekali lagi menunjukkan bahwa pemerintah Damaskus tidak akan “menjual”  Dataran Tinggi Golan dalam upaya untuk mendapatkan suatu bantuan Israel dalam penyelesaian konflik yang sedang berlangsung.

Sebelumnya, beberapa pakar terkemuka  berspekulasi bahwa Damaskus dapat melakukan hal ini. Namun  ini tampaknya tidak dalam realitanya karena berbagai kontradiksi antara kedua belah pihak. Salah satu masalah utama adalah adanya hubungan erat antara pemerintah Suriah dengan Iran.

 

PARLEMEN AS AKHIRNYA LOLOSKAN UNDANG UNDANG ANTI SIMETISME

Kamis kemarin Anggota parlemen AS telah menyetujui sebuah resolusi yang mengutuk “anti Semitisme” dalam bentuk-bentuk kebencian dan kefanatikan lainnya, setelah terjadi debat sengit atas komentar seorang anggota kongres Muslim tentang kebijakan Israel.

Pemungutan suara tentang hal ini telah ditunda beberapa kali, tetapi langkah itu akhirnya diloloskan dengan suara bulat hampir, 407 setuju dan 23 menentang.

Namun, undang-undang yang telah direvisi itu tidak menyinggung nama anggota parlemen baru dari Minnesota Ilhan Omar  yang pernyataannya dianggap oleh beberapa anggota parlemen sebagai anti-Semitis.

Resolusi akhir yang dikeluarkan besifat lebih umum, yaitu mengutuk semua “ekspresi kebencian yang tidak toleran yang bertentangan dengan nilai-nilai dan aspirasi rakyat (AS).”

Anggota kongres Muslim wanita itu (Ilhan Omar) mungkin tanpa disadari (terjebak) malah ikut menyepakati resolusi yang mendukung mosi itu sendiri.

Beberapa anggota Partai Republik dan beberapa Demokrat secara terbuka mengeluh bahwa tindakan itu sengaja dipermudah karena sumber penargetan anti-Semitisme diperluas yang mencakup semua bentuk kefanatikan, termasuk Islamofobia dan diskriminasi terhadap minoritas lain.

Namun, pernyataan Ilhan Omar itu telah  membuat pintu perdebatan terbuka lebar tentang definisi anti-Semitisme, dan hal ini membuat banyak anggota dari partai demokrat meradang.

Beberapa anggota dari partai Demokrat tidak puas bahwa komentar Ilhan Omar telah menginspirasi resolusi itu meskipun Presiden AS Donald Trump sering menggunakan bahasa rasial sejak kampanye presidennya.

“Apa yang saya takutkan yang sedang terjadi diparlemen saat ini adalah upaya untuk menargetkan anggota Kongres Ilhan Omar sebagai cara untuk melumpuhkan perdebatan itu. Itu salah, “kata Bernie Sanders,

Ketua Parlemen AS Pelosi menegaskan kepada wartawan pada konferensi pers Kamis bahwa ia tidak menganggap pernyataan Ilhan Omar adalah dimaksudkan sebagai anti-Semitis.

 

PM ISRAEL ANCAM AKAN BLOKIR JALUR LAUT PENJUALAN MINYAK IRAN 

Israeli Navy Is Ready To Block Routes Of Iranian Oil Export: Netanyahu

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengancam akan mengerahkan kapal perang Israel untuk membantu mengatasi upaya Iran yang dia curigai masih terus melakukan ekspor minyaknya melalui jalur laut, meski mendapat sanksi dari AS. (Netanyahu menyebut penjualan minyak Iran itu sebagai “penyelundupan”)

“Iran berusaha untuk menghindari sanksi melalui penjualan  minyak rahasia lewat  rute laut, dan jika upaya ini terus meluas, angkatan Laut (Israel) akan  memblokir tindakan-tindakan Iran ini,” Netanyahu mengatakan kepada lulusan Akademi Angkatan Laut Israel di Haifa pada 6 Maret, seperti ditulis Jerusalem Post.

“Saya menyerukan kepada seluruh komunitas internasional untuk menghentikan upaya Iran untuk menghindari sanksi melalui laut ini, dan tentu saja, dengan suatu cara (yang lain).”

Netanyahu menekankan bahwa para marinir Israel adalah terlatih dan mahir dalam melaksanakan misi laut melawan musuh. Namun, dia lupa  menjelaskan bagaimana bisa pasukan angkatan laut Israel yang relatif kecil itu  akan mampu memblokir rute-rute maritim yang digunakan oleh Iran.

Kemungkinan besar, PM Israel itu mengharapkan bahwa jika terjadi konfrontasi laut dengan Iran di suatu tempat di Teluk Persia, pasukan Israel akan secara langsung didukung oleh Angkatan Laut AS.

 

KELOMPOK SDF SERGAP SISA SISA ANGGOTA ISIS DITIMUR SUNGAI EUFRAT

Syria

Pasukan Demokrat Suriah SDF (kelompok Kurdi dukungan AS) mencegat sekelompok besar (anggota ISIS)  yang berusaha melarikan diri dari desa Al-Baghouz, wilayah kecil terakhir dari wilayah di bawah kendali ISIS, kata pejabat SDF.

Kemarin, pasukan pimpinan Kurdi  itu menangkap sekitar 400 jihadis kelompok ISIS diSuriah timur  ketika mereka berusaha keluar dari kantong mereka yang terkepung di Baghouz, kata seorang perwira senior.

Video di bawah ini menunjukkan para militan ISIS yang terlihat  putus asa di saat-saat mereka  dikumpulkan  di pinggiran desa Al-Baghouz.

Baghouz adalah titik terakhir wilayah kekhalifahan ISIS (diSuriah timur) yang dulunya luas itu, Baghouz adalah sebuah desa pertanian kecil yang terletak di tikungan sungai Efrat di dekat perbatasan Irak.

 

MILITER RUSIA MELATIH PEMUDA  PALESTINA YANG BERJUANG DISURIAH

Lusinan pejuang Palestina yang berasal dari brigade Liwaa A-Quds terlihat  dalam rekaman video sedang  melakukan pelatihan militer di provinsi utara Suriah.

Dalam Videoyang beredar ditwitter itu para ahli militer Rusia melatih pejuang Palestina dari “Brigade Yerusalem” atau “Liwaa Al-Quds” di Suriah .

Dalam rekaman itu, para pejuang itu  menyerbu posisi musuh yang dikepung di mana musuh disimulasikan  berada di dalam. Selama pelatihan, para peserta dilatih untuk mengeluarkan pejuang yang terluka sambil terus  melanjutkan tugas penyerbuan.

 

AS KIRIM SISTEM PERTAHANAN  UDARA THAAD KEISRAEL

Militer AS telah mengirimkan sistem pertahanan rudal THAAD (Terminal High Altitude Area Defense systems)  ke Israel untuk pertama kalinya. Pengerahan itu disebut  sebagai bagian dari latihan bersama dan bertujuan guna menunjukkan “komitmen berkelanjutan” AS bagi  “keamanan regional Israel”.

Sistem senjata canggih itu dikirim ke Israel pada awal Maret ini, sperti  diungkap para pejabat militer AS dan Israel pada hari Senin. Sistem pertahanan udara THAAD  ini akan ditempatkan di bagian selatan Israel  bersama dengan  sekitar 200 personel militer AS.

“Selama pengerahan, para anggota militer (AS) akan bekerja di berbagai lokasi di seluruh Israel dan akan mempraktikkan prosedur operasional untuk menambah arsitektur pertahanan udara dan rudal Israel yang sudah ada,” kata seorang Komando AS dalam sebuah pernyataan, dia menambahkan bahwa latihan tersebut berfungsi sebagai “wujud dari komitmen berkelanjutan AS terhadap keamanan regional Israel. ”

THAAD adalah sistem, yang dibangun khusus untuk mencegat rudal balistik jarak pendek, sedang dan menengah selama fase terminal mereka (mendekati sasaran) , baik saat naik ataupun turunnya  dengan penghancuran langsung.

Penempatan system itu dipuji oleh PM Israel Benjamin Netanyahu, yang mengatakan bahwa sistem itu akan meningkatkan kemampuan Tel Aviv untuk menangkis ancaman dari seluruh wilayah Timur Tengah.

“Sistem THAAD AS dianggap sebagai salah satu sistem paling canggih di dunia, dan bersama dengan sistem pertahanan kita, maka kita akan lebih kuat dalam menghadapi ancaman baik yang  dekat atau yang jauh, yang berasal dari semua area di Timur Tengah,” kata Netanyahu.

Sementara  Pertahanan Israel (IDF) bersikeras bahwa penyebaran sistem itu semata-mata bersifat defensif dan “tidak terkait dengan peristiwa spesifik saat ini,” itu dilakukan karena ketegangan di kawasan itu yang tetap tinggi.

Tel Aviv dan musuh abadinya  Teheran  telah secara rutin saling serang  dalam perang kata-kata, sampai (yang paling tinggi)  adanya  ancaman penghancuran total satu sama lain. Bulan lalu, Iran telah meluncurkan beberapa rudal balistik dan rudal jelajah yang baru, dan mengadakan latihan angkatan laut besar di Teluk Persia.

 

QATAR BERENCANA MEMBELI SISTEM PERTAHANAN UDARA S-400 RUSIA

Rusia dan Qatar tampaknya semakin dekat untuk mencapai kesepakatan penting guna penjualan  sistem pertahanan anti-rudal S-400 ke Doha, yang dianggap sebagai sistem anti-udara paling canggih dari jenisnya.

Menlu Rusia Sergey Lavrov menyatakan pada konferensi pers hari Senin sambil berdiri di samping Menlu  Qatar Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani bahwa Moskow “siap untuk mempertimbangkan permintaan Doha untuk pembelian  senjata, jika ada permintaan dari Qatar,” menurut kantor berita TASS.

“Kerja sama militer-teknis kami dengan Qatar diatur secara bilateral, 18 bulan yang lalu kami menandatangani perjanjian tentang kerja sama teknis-militer,” kata Lavrov. “Hari ini, kami menegaskan kembali perlunya untuk mematuhi perjanjian ini.”

“Ketika mitra Qatar kami meminta  pengadaan  produk militer Rusia, kami akan mempertimbangkannya,” tambah FM Rusia.

Pada senin lalau  Al-Thani sebelumnya mengkonfirmasi bahwa Doha saat ini sedang melakukan negosiasi dengan Moskow untuk pembelian sistem rudal S-400, meski  belum  ada keputusan resmi yang.

Selama setahun terakhir Arab Saudi secara kontinyu mengeluarkan  tuduhan bahwa Qatar adalah negara sponsor terror dan karenanya harus dicegah oleh kekuatan global untuk membeli senjata canggih, meski tuduhan ini dibantah Qatar.

Di fihak lain  Arab Saudi bersama negara-negara Dewan Kerjasama Teluk (GCC) lainnya seperti UEA yang telah lama berusaha untuk mengisolasi Doha (dengan blockade dagang).

Namun sejak (2017) negara-negara GCC yang dipimpin Saudi melakukan blokade dagang ke Qatar yang kecil tapi kaya minyak dan gas itu , hubungan antara Doha dan Moskow berkembang  semakin baik.

 

MILITER TURKI HAMBAT GERAK MAJU PASUKAN SURIAH KE IDLIB

Untuk kedua kalinya dalam lima hari terakhir, militer Turki telah mengirim konvoi militer besar ke Suriah barat laut.

Menurut laporan lokal, konvoi militer Turki yang terdiri dari lebih dari 100 tentara dan beberapa kendaraan terlihat berjalan menuju pedesaan barat laut dari provinsi Hama minggu ini.

Laporan itu mengatakan militer Turki akhirnya mencapai pos pengamatan di kota kecil Sheikh Maghar, yang tidak jauh dengan garis  depan Angkatan Darat Arab Suriah- garis.

Militer Turki saat ini memiliki 17 pos pengamatan di Suriah barat laut; pos-pos ini sebagian besar terletak di sepanjang zona penyangga yang telah ditentukan, yang seharusnya memisahkan pemberontak dan Tentara Arab Suriah.

Terlepas dari desakan militer Turki bahwa mereka hanya ada di sana untuk menjaga perdamaian, sebuah sumber dari Tentara Arab Suriah mengatakan bahwa Ankara mengerahkan pasukan ke Suriah barat laut untuk memblokir kemajuan pasukan pemerintah (Suriah) ke Idlib.

 

JENDRAL AS  : KAMI TIDAK MAMPU MENGHADANG  RUDAL HIPERSONIK RUSIA

Hypersonic aerial vehicle

AS  akan memiliki masalah yang menyangkut  rudal rudal Rusia yang canggih di masa depan, itulah sebabnya mengapa AS  perlu untuk memperpanjang / membuat Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START) yang baru sehingga bisa mencakup persenjataan seperti itu, Jenderal John Hyten, kepala Komando Strategis AS (STRATCOM), mengatakan kepada Komite Layanan Bersenjata Senat pada hari Rabu.

“Saya khawatir bahwa 10 tahun lagi  dan seterusnya, bahwa dengan torpedo, rudal jelajah, dan rudal hipersonik , bahwa itu semua dapat sepenuhnya mengubah (peta senjata strategis) kedalam era yang berbeda, kita akan mengalami kesulitan. Tidak masalah jika saya katakan  saya bisa membela negara hari ini, dan saya pikir komandan pengganti setelah saya juga bisa, tetapi saya khawatir tentang komandan setelah komandan setelah komandan, ” kata John Hyten.

“Saya mendukung dibuatnya perjanjian START yang baru, tetapi tentu Anda harus memiliki mitra yang mau berpartisipasi,” kata Hyten. Dia  menambahkan bahwa ia ingin melihat ekstensi START  hingga tahun 2026 yang mencakup semua sistem senjata baru Rusia.

Dia menambahkan bahwa sensor AS yang ada dapat mendeteksi dan menemukan semua rudal pada saat peluncuran, tetapi rudal hipersonik itu kemudian “menghilang dan kami tidak bisa mendeteksinya  sampai efek (ledaknya) telah mencapai (target)”.

Poseidon drone torpedo

Drone bawah laut Rusia “Poseidon”

Tentang Drone bawah laut “Poseidon”  Rusia , Presiden Vladimir Putin menjelaskan bahwa senjata  bawah laut itu  mampu melakukan perjalanan dengan sangat mendalam dan memiliki jangkauan antarbenua,  dengan kecepatan beberapa kali lebih besar daripada yang dapat dicapai oleh kebanyakan kapal selam dan torpedo modern.

Menurut Putin, drone semacam itu dapat dilengkapi dengan senjata konvensional dan senjata nuklir, yang akan memungkinkan mereka menghantam  berbagai sasaran, termasuk kesatuan  kapal induk, benteng pertahanan  pantai, dan infrastruktur.

 

PASUKAN SURIAH DAN RUSIA PERSIAPKAN  SERANGAN BESAR KEIDLIB

Tentara Arab Suriah (SAA) dan militer Rusia sedang bersiap untuk melancarkan serangan besar-besaran kewilayah barat laut Suriah, kata sumber di Damaskus kepada Al-Masdar News, Minggu.

Menurut sumber militer, Tentara Arab Suriah, bersama Angkatan Udara Rusia, sedang bersiap untuk menyerbu dan menguasai  zona deeskalasi sedalam 20 kilometer yang merupakan wilayah antara gubernur Hama, Aleppo, Idlib, dan Latakia.

Secara khusus, target utama pertama Tentara Suriah di Suriah barat laut adalah kota-kota Morek dan Al-Latamnah di Hama utara dan Dataran Al-Ghaab yang terletak di antara barat laut Hama dan barat daya Idlib.

Sumber itu mengatakan bahwa serangan akan dipimpin oleh Pasukan Harimau (tiger force) dan mereka akan bertarung bersama Divisi Lapis Baja ke-4 dan Korps ke-5 angkatan bersenjata Suriah.

Diwaktu waktu yang lalu pasukan Harimau telah memimpin beberapa serangan besar , termasuk operasi untuk merebut  Palmyra, Aleppo timur, Ghouta Timur, Daraa, dan Idlib tenggara.

Serangan itu diperkirakan akan dilancarkan dalam dua minggu ke depan karena Tentara Arab Suriah dan militer Rusia perlu melakukan persiapan terakhir mereka.

Terlepas dari keinginan Tentara Suriah untuk melancarkan serangan ini, mereka mungkin akan menghadapi perlawanan keras dari pasukan Turki yang saat ini diposisikan di 18 pos pengamatan berbeda di seluruh zona demiliterisasi.

Turki telah menegaskan posisinya, bahwa mereka tidak mendukung operasi militer Suriah di Suriah barat laut; namun, karena adanya  ekspansi  dari Hayat Tahrir Al-Sham di wilayah ini, Ankara mungkin akan menghadapi masalah dengan Rusia  mengenai masa depan wilayah Suriah (yang masih dikuasai militan) ini.

 

PASUKAN AS  MENJARAH 50 TON EMAS DARI SURIAH

emAFP File Photo/em

Pasukan AS telah memindahkan  berton ton  emas dari daerah yang dikuasai ISIS di Suriah ke AS, beberapa laporan mengatakan.

Menurut sebuah sumber yang berbicara kepada  Kantor Berita Kurdi Bas, pasukan AS telah memindahkan  sekitar 50 ton emas dari daerah yang disita dari teroris ISIS  di wilayah Deir el-Zour Suriah timur dan memberikan sebagian dari  emas itu kepada  Unit Perlindungan Rakyat Unit (YPG) Kurdi diSuriah, bagian dari  kelompok PKK  di Suriah .

Emas itu dilaporkan diangkut dari pangkalan militer AS di Kobani. Sementara itu 40 ton emas batangan yang dicuri oleh teroris ISIS dari provinsi Mosul DIIrak juga direbut oleh pasukan AS.

Sumber-sumber lokal yang berbicara dengan kantor berita pemerintah Suriah SANA  mengklaim bahwa pasukan (AS) itu memindahkan  peti peti  besar berisi  emas yang dijarah  ISIS dari wilayah al-Dashisheh di Hasakah selatan.

Para pemimpin teroris ISIS yang ditangkap oleh pasukan AS dilaporkan memberikan informasi tentang keberadaan emas itu, kata laporan itu.

Klaim itu sesuai dengan laporan dari Pengamat Hak Asasi Manusia Suriah yang berbasis di Inggris yang mengatakan bahwa kelompok YPG yang didukung AS (mendapat jatah)  setelah (AS memindahkan) 40 ton emas yang ditinggalkan oleh teroris ISIS  di Deir el-Zour.

“Pasukan koalisi pimpinan AS dan Pasukan Demokrat Suriah (SDF kelompok kurdi dukungan AS ) sengaja tidak menargetkan area di bawah kendali ISIS dan para komandan ISIS disisi timur sungai Eufrat  di Deir el-Zour karena mereka berusaha menunjukkan harta ini dengan memaksa militant ISIS  untuk menyebuta  lokasinya setelah mereka menyerah, “kata SOHR, merujuk pada sumber ISIS yang menggunakan akronim lain.

Meskipun ISIS telah kehilangan banyak basis mereka di Irak dan Suriah, tapi terjadi telah kesepakatan kontroversial antara ISIS dan kelompok-kelompok militant Suriah yang terkait dengan PKK yaitu kelompok teroris utama yang melawan pemerintah  Turki, untuk membantu mengvakuasi mereka (ISIS) ketempat yang aman di Raqqa, Suriah.

Saat ini AS masih memiliki sekitar 2.000 tentara di Suriah, yang bekerja  sama erat dengan SDF. Hampir semuanya berada  diwilayah di timur Sungai Eufrat yang merupakan sepertiga dari wilayah Suriah, kecuali wilayah yang dikuasai Pemerintaha Suriah  didekat Deir el-Zour dan wilayah yang dikuasai ISIS didekat perbatasan Irak, adalah dikuasai oleh SDF. SDF juga menguasai  distrik-distrik di Manbij dan Tabqah di tepi kanan sungai (Eufrat).

 

“ZIRCON”, RUDAL HIPERZONIK RUSIA YANG MEMBUAT KEDER AS

Rudal hipersonik Rusia yang baru “Zircon” ternyata jauh lebih cepat dan lebih mematikan daripada yang diyakini para ahli Barat, tulis Stern sebuah majalah Jerman. Secara khusus, hanya butuh waktu  lima menit  untuk menghancurkan suatu lokasi di AS  misalnya, Pentagon, kata jurnal edisi Jerman itu.

“Rudal yang bisa diluncurkan  dari kapal selam dan mampu menempuh kecepatan 11.000 km/ jam itu, hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mencapai  dan menghancurkan Pentagon,” kata  penulis artikel itu  Gernot Krumper.

“Zircon” adalah bagian dari “seluruh armada” sistem tempur baru Rusia, yang  membuat AS terkesima. Tidak seperti proyek-proyek pertahanan Kremlin lainnya,Proyek rudal  itu harus sudah mulai beroperasi sesuai jadwal, yaitu tahun ini, lapor  Stern.

Kecepatan sebenarnya rudal zircon Rusia  ini jauh melampaui perkiraan Barat yang  hanya memeperkirakan 6ribu km/jam.  kata Krumper.

Saat ini, dengan kecepatan 11ribu km/jam , maka  saat ini tidak mungkin untuk bisa mencegat rudal  seperti Zircon. Sistem pertahanan udara non-nuklir mereka (AS) tidak mampu mencegatnya.

Selain itu, dalam tiga menit saja “Zircon” bisa mencapai jarak hampir 600 kilometer. Hanya sistem pertahanan elektronik dan senjata laser yang mampu secara efektif melawan rudal semacam itu, ” kata jurnalis majalah Jerman itu.

 

JABATH AL NUSRA EKSEKUSI KELOMPOK MILITAN LAIN DIIDLIB

Surat kabar Suriah “Al Watan” merilis sebuah video yang kemudian beredar di halaman-halaman media sosial, di mana unsur-unsur kelompok teroris “Jabhat al-Nusra” sedang  melakukan eksekusi massal di jalanan kota Idlib diSuriah.

Menurut surat kabar itu, eksekusi itu dilakukan terhadap sekelompok gerilyawan di depan restoran “Fusion” di kota Idlib barat laut Suriah, yang sebelumnya ditarget  oleh sebuah bom bunuh diri pada jumat lalu.

Sumber-sumber lain di Idlib mengatakan bahwa Jabhat al-Nusra melakukan eksekusi terhadap sepuluh gerilyawan yang dituduh dimiliki (berafiliasi) organisasi ISIS, dengan latar belakang adanya serangan pemboman bunuh diri yang menargetkan restoran “Fusion” di pusat Idlib.

Telah diinfokan bahwa Idlib adalah provinsi terakhir diSuriah yang dikuasai oleh berbagai kelompok militan, dan yang paling kuat adalah Jabat Al Nusra yang sekarang bernama  Hayat Tahrir Ash Sham.  Pertempuran antar kelompok teroris sudah menjadi peristiwa sehari hari diIdlib.

 

ARAB SAUDI CABUT KEWARGANEGARAAN HAMZAH BIN LADEN

Arab Saudi telah mencabut kewarganegaraan putra Osama Bin Laden  Hamza setelah diumumkan bahwa dia  telah mengambil alih posisi ayahnya sebagai Pemimpin  Al-Qaeda yang baru, media setempat melaporkan kemarin.

Menurut keputusan kerajaan yang ditandatangani pada 29 November 2018, kewarganegaraan Hamza telah dicabut. Namun tidak ada pernyataan lebih lanjut yang dikeluarkan tentang  hal ini.

Pada hari Kamis lalu, AS mengumumkan bahwa pihaknya menawarkan hadiah $1 juta bagi siapa yang bisa memberi  informasi yang mengarah pada identifikasi atau keberadaan putra Osama Bin Laden itu.

Departemen Luar Negeri AS menggambarkan Hamza bin Laden sebagai “pemimpin kunci” di dalam al-Qaeda yang semakin menonjol perannya dalam kelompok teroris itu.

Menlu   AS mencatat bahwa Hamza telah menyiarkan rekaman-rekaman yang menyerukan serangan terhadap pangkalan-pangkalan AS sejak 2015 ketika ia berusaha membalas dendam atas pembunuhan ayahnya. Nama Hamza dimasukkan dalam  daftar hitam teroris internasional pada 2017.

 

MIKE POMPEO : AS AKAN MEMBELA KEPENTINGAN FILIPINA DILAUT CHINA SELATAN

US Navy aircraft carriers John C. Stennis and Ronald Reagan drill with their battle groups in the Philippine Sea

Awal Februari lalu , Beijing dilaporkan telah mengerahkan sekitar 95 kapal  ke Pulau Thitu, salah satu dari beberapa pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan, dalam upaya untuk menghentikan pekerjaan konstruksi yang sedang berlangsung yang dilakukan oleh pemerintah Filipina.

Menlu AS Mike Pompeo berjanji untuk membela Filipina atas kemungkinan adanya “serangan bersenjata” di Laut Cina Selatan yang disengketakan itu.

Berbicara kepada wartawan di Manila pada hari Jumat, Pompeo mengatakan bahwa pembangunan pulau-pulau buatan dan aktivitas militer Beijing di Laut Cina Selatan mengancam  “kedaulatan, keamanan ,mata pencaharian dan ekonomi Filipina  serta  Amerika Serikat”.

Karena Laut Cina Selatan adalah bagian dari lautan Pasifik, maka  berdasarkan Pasal 4 Perjanjian Pertahanan Bersama kami setiap serangan bersenjata terhadap pasukan Filipina, pesawat udara atau kapal umum di Laut Cina Selatan akan memicu  pertahanan timbal balik, ” Pompeo memperingatkan.

Dia merujuk pada perjanjian AS-Filipina 1951 yang secara khusus mewajibkan kedua pihak untuk saling membantu jika terjadi “serangan bersenjata di wilayah Pasifik” pada salah satu pihak.

Pernyataan Pompeo itu dikeluarkan  beberapa minggu setelah Beijing dilaporkan mengerahkan hampir 100 buah armada kapal, termasuk kapal penjaga pantai, ke Pulau Thitu, salah satu dari beberapa pulau yang disengketakan di Laut Cina Selatan, guna  menghentikan pemerintah Filipina dari upaya melakukan pekerjaan konstruksi diarea itu.

Selain China dan Filipina, serentetan negara lain, termasuk Brunei, Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Taiwan telah bersaing memperebutkan bagian Laut Cina Selatan, jalur air yang strategis dan penting secara ekonomi di mana sekitar $5 triliun nilai perdagangan global tahunan melewati wilayah laut itu.

China mengendalikan sebagian besar pulau2 , terumbu karang, dan beting di wilayah ini, dan sedang membangun sejumlah pulau buatan dalam upaya untuk lebih menopang klaimnya.

Beijing bersikeras untuk merundingkan masalah ini di tingkat regional, sementara AS telah memprakarsai misi  “freedom of navigation”  untuk menentang klaim China itu.

 

PASUKAN AS MENGAWAL ABU BAKAR AL BAGHDADI BEPERGIAN DIGURUN IRAK

Indian Shiite Muslim demonstrators burn an effigy of the Islamic State group (ISIS) leader Abu Bakr al-Baghdadi during a protest in New Delhi on June 9, 2017

Hassan Salem, seorang anggota parlemen Irak mengatakan pada hari Rabu LALU bahwa pemimpin kelompok teroris ISIS Abu Bakar Baghdadi telah melakukan perjalanan  melalui gurun Irak di provinsi Anbar di bawah perlindungan militer AS.

“Pemimpin ISIS Baghdadi berada di Gurun Barat di provinsi Anbar di bawah perlindungan militer AS … Ia melakukan perjalanan antara Irak dan Suriah yang dilindungi oleh AS”, kata Salem, seperti dikutip oleh kantor berita Lebanon El-Nashra.

Anggota parlemen itu mencatat bahwa dukungan perlindungan  pemimpin ISIS itu diberikan oleh pangkalan udara (AS) di Ayn al-Asad, di mana pasukan AS ditempatkan. Salem juga menambahkan bahwa AS  “mendukung Al Baghdadi karena kekhawatiran atas kemungkinan akan diajukannya RUU tentang pengusiran pasukan AS dari Irak” (oleh parlemen Irak).

Kematian Baghdadi telah  beberapa kali dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi pemimpin teroris itu selalu  muncul kembali. Pada Juni 2017, Kemenhan Rusia mengatakan bahwa Baghdadi bisa saja terbunuh sebagai akibat dari serangan Pasukan udara Rusia pada 28 Mei 2017  di pinggiran selatan Raqqa. Namun pada bulan September 2017, dugaan rekaman audio Baghdadi muncul dan  menimbulkan keraguan baru apakah pemimpin teroris saat ini sudah mati atau masih  hidup.

Sebelumnya ,pada bulan Februari lalu  seorang anggota Aliansi Fatah mengatakan kepada Sputnik bahwa RUU yang menyerukan penarikan pasukan AS dari Irak bisa jadi  menjadi salah satu hal pertama yang akan diperdebatkan oleh parlemen nasional setelah masa reses.

Pada 3 Februari lalu, Presiden AS Donald Trump mengatakan kepada CBS News  bahwa AS mempertahankan pasukannya di Irak agar dapat terus  “mengawasi Iran”. Menyusul pernyataan itu, Wakil Ketua Pertama Parlemen Irak Hassan Kaabi mengatakan bahwa badan legislatif bermaksud untuk menyusun undang-undang yang akan menghentikan perjanjian keamanan dengan AS, yang akan mengarah pada penarikan semua pasukan asing dari negara itu.

 

KOTA RAQQA DISURIAH KEMBALI MENGGELIAT

Kota Raqqa diSuriah pada suatu sore, Raqqa yang dulu pernah diklaim oleh ISIS sebagai ibukotanya itu telah mulai pulih normal setelah direbut kembali oleh tentara Suriah pada 2017.

 

This entry was posted in Update WW3 2019 and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

84 + = 93