PUTIN INGATKAN KOALISI ARAB SAUDI DENGAN AYAT QUR’AN

Presiden Rusia Vladimir Putin membuat pernyataan yang harusnya mengejutkan dan membuat malu  para pemimpin negara Arab yang tergabung dalam Koalisi pimpinan Arab Saudi yang sedang menyerang Yaman.

Paling tidak ada dua hal yang membuat malu Arab Saudi yang menjadi pemimpin Koalisi yang menyerang negara Muslim paling miskin di Timur tengah itu.

Pertama adalah bahwa seseorang yang beragama lain saja bisa berfikir jernih dengan  mengingatkan perang zalim yang dilakukan para pemimpin negara Arab itu dengan Ayat Quran. Luar biasanya, ayat yang dia kutip sangat akurat dan telak menyindir perang zalim (agresi) yang mereka lakukan diYaman.

Kedua adalah Putin dengan bercanda mengungkap betapa lemahnya pertahanan udara Arab Saudi yang sudah berkali-kali dengan mudah ditembus oleh Drone hanya dari sebuah kelompok bersenjata diYaman, padahal milyaran dolar telah mereka habiskan untuk membeli senjata -senjata canggih dari AS, Inggris dan Perancis.

Kita mengamati, ini bukanlah kali pertama Putin mengutip ayat Quran, Pada tahun 2015 lalu Putin juga mengtip Surat Al-Baqarah :148 saat meresmikan Masjid terbesar diEropa yang dibangun diMoskow, Rusia.

 

Presiden Rusia Vladimir Putin mengejutkan banyak orang saat berbicara di Turki dengan mengutip ayat Al-Quran untuk mendesak diakhirinya agresi meraka di Yaman yang telah berlangsung selama bertahun-tahun oleh koalisi negara-negara Muslim yang dipimpin oleh Arab Saudi.

Peringatan dari Putin itu diucapkan  saat berbicara di Ankara pada hari Senin 16/9 kemarin , bersama dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Iran Hassan Rouhani.

Putin mengutip  sebuah ayat dalam kitab suci Al Qur’an dari  Surat ali-Imran :

 

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (dimasa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, (sebagai) orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. ” (QS Ali Imran 103)

 

Putin juga mengutip ayat Al Quran lain yaitu dari Surat Al-Hajj :39 tentang bagaimana kekerasan (perang) hanya boleh dilakukan untuk membela diri.

 

“Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuasa untuk menolong mereka itu,” (QS. Al-Hajj :39)

 

Ayat-yat Quran itu dicatat dan dikutip Putin dengan persetujuan dari  Presiden Turki  Erdogan dan Presiden Iran Rouhani yang menampingi Putin dalam jumpa pers itu,  dimana keduanya  secara kebetulan berlatar belakang  dua aliran besar Islam yang berbeda yaitu Sunni dan Syiah.

Sementar itu  presiden Turki dan presiden  Iran juga  mengingatkan bahwa invasi yang dipimpin Arab Saudi ke Yaman telah mengakibatkan puluhan ribu orang meninggal selama lima tahun terakhir ini,  dan telah benar-benar menghancurkan negara Yaman yang berada diujung selatan semenanjung Arab itu.

Perang yang tadinya hanya diawali dari perang saudara antara pemberontak Houthi dan pemerintah yang didukung Saudi itu telah meningkat menjadi serangan udara yang dipimpin oleh Koalisi Saudi dan dilanjutkan invasi darat penuh dari Koalisi itu sejak tahun 2015.

Dengan  setengah bercanda Putin juga mengatakan bahwa arab Arab Saudi harusnya membeli sistem pertahanan udara Rusia, seperti yang telah dilakukan Iran dan Turki. Ungkapan Putin ini menyindir kemampuan senjata yang dibeli Saudi dari AS dan Inggris.

Pada tahun 2018, Arab saudi  tercatat sebagai pengimpor senjata terbesar didunia, dengan  menghabiskan 3,81 milyar dolar

Koalisi Saudi sampai saat ini belum juga berhasil mengalahkan kelompok Houthi dalam perang yang sudah berlangsung lebih dari empat tahun ini, Namun, malah menunjukkan betapa lemahnya pertahanan udara Saudi seperti yang ditunjukkan oleh serangan drone terbaru pada fasilitas minyak Saudi.

This entry was posted in Info Lain. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

49 + = 58