HANYA SEBUAH CERITA LAMA TENTANG PERUBAHAN IKLIM

Ini adalah laporan lama dari tahun 2013, tapi bisa menjadi referensi tambahan untuk memahami isu perubahan iklim. Bahwa dihitung sejak 2088 sampai 2013 para ahli yang bekerja dibawah badan iklim PBB, IPCC, tidak menemukan terjadinya pemanasan global, dan saat itu mereka didesak untuk menutupi fakta itu.

Untuk menambah wawasan soal perubahan iklim, anda juga bisa membaca sebuah artikel menarik dimana ada 1.100 ilmuwan dari seluruh dunia yang pada akhir Agustus 2022 lalu yang menandatangani petisi, bahwa ‘darurat iklim’ itu tidak ada.

 

Para ilmuwan yang melakukan studi tentang perubahan iklim dibawah PBB, didesak untuk menutupi fakta bahwa suhu dunia sebenarnya tidak meningkat selama 15 tahun, antara 1988 sampai 2013.

Salinan bocoran laporan PBB, yang disusun oleh ratusan ilmuwan itu menunjukkan bahwa, para politisi di Belgia, Jerman, Hongaria, dan AS menyuarakan keprihatinan tentang rancangan akhir dari laporan itu.

Laporan itu diharapkan bisa “menutupi” fakta, bahwa tahun 1998 adalah tahun terpanas yang pernah tercatat, dan suhu dunia kemudian belum pernah lagi melebihi tahun 1988.

Laporan ini merupakan hasil kerja enam tahun oleh ‘Panel antar-pemerintahan tentang Perubahan Iklim’ atau ‘Intergovernmental Panel on Climate Change’ (IPCC) dibawah PBB, yang dianggap sebagai otoritas dunia tentang tingkat perubahan iklim.

Namun bocoran dokumen yang dilihat oleh Associated Press, mengungkap keprihatinan mendalam di kalangan politisi, tentang fakta bahwa pemanasan global sebenarnya berkurang selama beberapa tahun terakhir.

Jerman menyerukan agar referensi tentang perlambatan pemanasan global dihapus, dengan mengatakan melihat rentang waktu hanya 10 atau 15 tahun adalah ‘menyesatkan’ dan mereka harus fokus pada kurun dekade atau abad.

Hungaria khawatir laporan itu akan memberikan “amunisi” bagi para penyangkal “perubahan iklim buatan manusia” itu.

Belgia keberatan menggunakan tahun 1998 sebagai tahun awal statistik, karena cuaca sangat hangat dan bisa membuat grafik terlihat datar, dan menyarankan untuk menggunakan tahun 1999 atau 2000 sebagai gantinya untuk “memberikan kurva yang lebih mengarah ke atas”.

Delegasi AS bahkan “mendesak” agar penulis laporan mau menggunakan ‘leading hipothesis’ untuk menjelaskan ‘berkurangnya pemanasan glibal’, bahwa pemanasan global berkurang terjadi karena banyak panas yang diserap oleh laut.

‘Laporan penilaian’ IPCC yang terakhir diterbitkan pada tahun 2007, dan telah menjadi subyek kontroversi besar setelah harus mengoreksi klaim memalukan mereka, bahwa Himalaya akan mencair pada tahun 2035.

Meeka kemudian dilanda skandal ‘Climategate’ seputar email bocor yang diduga menunjukkan bahwa para ilmuwan yang terlibat di dalamnya mencoba memanipulasi data mereka agar terlihat lebih meyakinkan, meskipun beberapa penyelidikan tidak menemukan kesalahan.

Laporan terakhir itu mencapai 2.000 halaman, yang akan ditunjukkan kepada perwakilan dari 195 negara, pada pertemuan di Stockholm 2013, yang akan membahas perubahan yang ingin mereka buat.

Tetapi sejak dikeluarkan untuk para pemerintahan pada bulan Juni, mereka telah mengajukan ratusan keberatan tentang ringkasan 20 halaman untuk para pembuat kebijakan.

Apa yang tertulis itu akan dipakai sebagai “arah kebijakan energi terbarukan”, dan “berapa besar harga yang akan dibayar oleh para konsumen dan dunia usaha.”

Laporan tersebut mengatakan, bahwa tingkat pemanasan global antara tahun 1998 dan 2012 adalah sekitar setengah dari tingkat rata-rata sejak tahun 1951, dan ini disebabkan oleh variasi alami seperti siklus laut El-Nino dan La-Nina serta efek pendinginan gunung berapi.

Seorang ilmuwan iklim Jerman, Stefan Rahmstorf, yang meninjau bab tentang permukaan laut mengakui, bahwa mungkin para penulis laporan merasa di bawah tekanan untuk mengatasi perlambatan pemanasan, karena ramainya ‘debat publik’ seputar masalah ini.

This entry was posted in Info Lain and tagged , , , . Bookmark the permalink.

1 Response to HANYA SEBUAH CERITA LAMA TENTANG PERUBAHAN IKLIM

  1. sulis says:

    kolaborasi dajjal dan iblis mengambil cara terumit untuk menguasai bumi seakan2 mereka takut manusia akan mengetahui rencana mereka maka harus sembunyi2, 2 makhluk abadi kok gitu amat ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *