ARSITEK PERANG SURIAH : HANYA ZONA AMAN YANG BISA MENCEGAH INTERVENSI AS

US alliance with YPG/PKK not long-term: former envoy

 

Zona aman adalah “pilihan terbaik” agar AS tidak sampai melakukan intervensi militer langsung di (Idlib) Suriah, sebuah “zona aman” yang membentang  antara perbatasan Suriah – Turki yang dijaga oleh sistem artileri, rudal, dan anti pesawat Turki di sisi perbatasan Turki, ” Robert Ford, mantan duta besar AS untuk Suriah  menulis.

Robert Ford pernah menjadi Duta besar AS di Suriah dari 2010 hingga 2014, dan di adalah orang yang membantu menghasut pengunjuk rasa melawan pemerintah Assad (2012), yang kemudian berubah menjadi tindak kekerasan.

Dia menyatakan bahwa jika Tentara Suriah menguasai wilayah (Idlib) itu, maka mereka akan “menangkapi atau membunuhi warga sipil” di wilayah itu. “Ketika pasukan Assad bisa mencapai perbatasan Turki, maka para pengungsi itu akan mengalami nasib buruk, kecuali Turki mengizinkan mereka untuk menyeberang,” katanya memperingatkan.

Ford memuji operasi Turki di Suriah, dengan mengklaim bahwa Ankara  “sudah tidak mampu lagi menyerap gelombang pengungsi yang lebih besar lagi”,  dan dia berpendapat satu-satunya hal yang bisa menahan Turki untuk melakukan serangan skala penuh terhadap Suriah adalah karena adanya “pesawat tempur Rusia  yang mengendalikan langit diatas Suriah barat”.

 

Ford menyebut, dengan konsep ‘zona aman’ itu, maka Turki akan dapat menembak jatuh pesawat Suriah dari dalam perbatasan Turki, dan menyerang pasukan darat Suriah yang mendekati zona aman dengan tembakan artileri dan tembakan roket, dengan berkoordinasi dengan militan di Suriah.

 

Ford mengatakan ”zona aman” itu bisa dibuat dengan kedalaman kurang dari 16 kilometer, hanya sejauh yang bisa dilalui militer Turki dari sisi perbatasannya. ”

Dia mengakui, bahwa pada tahun 2010 mantan atasannya Presiden Obama, penah menolak gagasannya tentang “zona aman di Suriah” utara, karena ada kekhawatiran akan menimbulkan konflik dengan Rusia.

Ford berpendapat bahwa “Washington dan Ankara harus membersihkan ‘masalah mereka yang ada di bawah permadani’ dan mendukung Turki jika pasukan Tuki menjaga zona aman di dalam wilayah Suriah. “

Dia menambahkan bahwa NATO juga harus menjelaskan kepada Moskow bahwa NATO akan “mempertahankan perbatasan negara-negara anggotanya (termasuk Turki).”

 

AS Harus Mendukung Al-Qaeda

Ini bukan pertama kalinya mantan Dubes untuk Suriah pada era Obama itu mengajukan strategi yang ‘non-konvensional’ untuk Suriah.

Pada tahun 2015, Ford bersama dengan mantan direktur CIA Obama, David Patraeus, menyerukan agar AS bekerja sama dengan kelompok al-Nusra dalam  memerangi ISIS dan memerangi pemerintah Suriah.

Kemudian, dia juga membuat gagasan bahwa AS harus mendukung kelompok-kelompok jihad dan memungkinkan mereka untuk dikutsertakan dalam proses pembicaraan perdamaian.

Setelah dicap sebagai Arsitek AS untuk strategi perubahan rezim di Suriah, pada tahu 2015 Ford mengakui  bahwa Washington pernah “mempertimbangkan cara lain (untuk menjatuhkan Assad), ketika kelompok Front El-Nusra dan kelompok-kelompok bersenjata di lapangan yang beberapa di antaranya mendapatkan bantuan dari AS, telah dikoordinasikan dalam operasi militer melawan pemerintahan (Assad)“.

This entry was posted in Info Lain and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to ARSITEK PERANG SURIAH : HANYA ZONA AMAN YANG BISA MENCEGAH INTERVENSI AS

  1. Zan says:

    Halo admin aaz,
    Bagaimana menurut admin tentang virus corona yang disampaikan imran hosein?? Apa jazirah arab (negara2 penentang atau dalam cakupan rencana israel raya) akan dijadikan termasuk target selanjutnya dalam mengurangi populasi disana??
    (dibahas juga di forum aaz)

    • The admin says:

      Kalau menurut agenda zionis, sebelum ww3 rakyat peserta ww3 akan dibuat sefrustasi mungkin.
      Dampak Corona sepertinya bukan ditujukan untuk tujuan depopulasi krn angka kematiannya sangat kecil hanya dibawah 3% dari total yg terinfeksi, Jelas dampak besarnya lebih kepada melumpuhkan perekonomian dunia.
      Iran bisa jadi menjadi target penyebaran, tapi jika skrg jg merebak sampai Timteng, maka itu sptnya diluar prediksi mereka.

      • zan says:

        ya sih min. mesir pun kabarnya ada yang terinfeksi sama virus itu. dan yang paling cukup aneh se aneh -anehnya adalah negara kita langsung dicap negara maju sama mereka, padahal kita masih kembang kempis.

      • zan says:

        jika dipikir2, sistemnya sama kayak world war II, sebelum perang ekonominya diguncang dulu, baru perang…

        so, udah gak bakal lama lagi perang dunia 3 tahap 2 bakal dimulai..

  2. Hasym samba says:

    Dulu sy mengira perang Suriah dan secara umum Arab spring itu terjadi bener” dari bawah krn rakyat tertindas, dan ISIS itu muncul murni untuk pendirian Khilafah…eeeh ga taunya semua itu ada yg ngatur ya. Dunia bener” sdh edun.

    • The admin says:

      Ya karena propaganda mereka yang sangat dahsyat, shgg menutupi apa yg sebenarnya terjadi. Tapi cepat atau lambat kebenaran akan terkuak.

      • Hasym samba says:

        Jika Turki bener” tdk mau mundur di Idlib, apa kedepan yg akan terjadi ?

        • The admin says:

          Ini panjang penjelasannya dan perlu kajian tersendiri, tp sementara analisanya adalah :
          Jika Turki tdk mau mundur dari Idlib, dan sdh pasti pasukannya yg masuk Idlib akan sellau menjadi bulan2an Rusia, krn militer Turki tdklah imbang dng militer Rusia. Maka besar kemungkinan NATO tdk akan terima, dan kemudian mendatangkan pasukan NATO ke Turki selatan.

          Penjelasannya menjadi semakin sulit dan bukan sekedar konfrontasi antar Rusia dng NATO, karena Hadits mengisyaratkan jika Rum sdh ada diwilayah Amak/Amik/Amouk (di selatan Turki) atau Dabiq (diutara Aleppo), maka peristiwanya ada kaitannya dng munculnya pasukan dari Madinah (pasukan Imam Mahdi).
          Juga menjadi semakin sulit dianalisa, karena hrs mengidentifikasi fihak Rum mana yg dijelaskan Hadist akan bertempur dng pasukan Mahdi soal tawanan itu, karena kita tahu Rum itu ada dua.
          Mudah2an kita diberi kemudahan mencernanya dalam kajian tersendiri.

          • Tofa says:

            Min, soal imam mahdi, diam2 dari wilayah timur, khususnya indonesia n malaysia, dah mulai hijrah k mekah tuk mncari imam mahdi, bgmana tanggapan admin.

            • The admin says:

              Sah-sah saja, tapi setahu kita visa paling lama khan hanya visa kerja (visa tiggal terbatas). Kalo pindah warga negara khan tdk gampang, apalagi dalam situasi Corona skrg ini.
              Menurut kita saat yg paling tepat adalah jika sudah ada Raja Saudi yang meninggal dan disusul terjadinya perebutan kekuasaan.

  3. Tofa says:

    Soal raja yg mninggal, ada yg brpandang bhwa raja tsb adlah khalifah trakhir d turki, n skarang anak kturunanya yg tinggal d beberapa negara arab, sdang brebut untuk hak kelola mekah. Bgmana min…?

    • The admin says:

      Sebuah pendapat yg tanpa dasar, mana ada orang Turki yang jadi pewaris Raja Arab Saudi? Di Arab Saudi pernikahan antar suku saja jadi masalah besar, koq tiba2 ada orang dari bangsa lain yang bukan ras Arab jadi pewaris tahta? Penjelasannya gimana ya?

      • abu fadl abbas says:

        itu sudah ga nyambung, ko tiba2 turki, banyak dikalangan muslim beranggapan turki itu profil negara muslim… padahal turki itu MUSUH ISLAM

  4. Taufan says:

    Min, kenapa konstantinopel nantinya hrs dibebaskan, bukankah sdh dikuasai org Islam?

    • The admin says:

      Konstantinopel itu bisa disebut kota suci kedua bagi umat Nasrani (Kristen Orthodox), Kota itu telah hampir 1200 tahun (sejak tahun 330M) menjadi pusat Kristen orthodox sampai akhirnya diserang oleh Muhammad Fatih.

      Kebanyakan kesalahan berfikir kita adalah, bahwa kezaliman apapun kalo diteriakkan atas nama agama maka menjadi kebenaran. Kita lupa bahwa Allah telah menurunkan empat kitab dan itu adalah salah satu rukun iman. Kita percaya Allah menurunkan Nabi Isa, tapi malah menyerang umatnya.

      Lebih parahnya lagi apa yg dilakukan mUhammad Fatih itu diklaim sebagai pembebasan Konstantinopel yg diisyaratkan Hadits. Salah besar. Pertama peristiwa itu dalam hadits lain disebut akan terjadi menjelang munculnya Dajjal. Kedua ,pembebasan Konstantinopel itu akan terjadi tanpa pertumpahan darah (hanya dng takbir), bukan serangan militer spt yg dilakukan Fatih.

      Jadi nantinya, setelah dibebaskan (oleh pasukan Mahdi) kemudian muncul Dajjal dan Nabi Isa as, maka Konstantinopel akan dikembalikan kepada umat Nabi Isa as.https://analisaakhirzaman.com/wp-admin/edit-comments.php#comments-form

      • Tofa says:

        Min sya sndiri prihatin, mayoritas umat islam, palagi d daerah sya, jrang bgt yg mnyinggung ahir jaman. Pa lagi klo urusan agama lain, pkoknya slain islam d anggap kafir. Pdahal tau Nabi isa bakal turun, tpi ktanya nanti akan ikut ajaran islam ssuai yg di bawa nabi Muhammad.

        • The admin says:

          Itu yg menjadi keprihatinan kita sejak lama, bahkan siapa musuh Islampun banyak yg tidak tahu padahal Quran sdh menjelaskan. Sedihnya lg banyak yg kebawa fitnah bahwa musuh Islam adalah sekte Islam lainh, msh banyak yg tdk sadar kalau sdng diadu dumba oleh Israel.
          Baru sj ada penanya “Tak bernama” yg belum juga tahu siapa musuh Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *