Update WW3 Oct 2018

SEKILAS SURIAH SEPEKAN TERAKHIR

Pada 11 Oktober lalu  Tentara Arab Suriah (SAA) bersama  milisi lokal, dan para mantan pejuang Tentara Pembebasan Suriah (FSA) bersiap untuk melancarkan serangan baru terhadap para pejuang ISIS yang tersisa di daerah al-Safa dengan dukungan dari Rusia, di utara al-Suwayda, media lokal melaporkan.

Pada tanggal 12 dan 13 Oktober, sumber-sumber pro-pemerintah melaporkan bahwa sejumlah besar pejuang ISIS telah terbunuh. Namun, belum  ada catatan resmi dari hasil  serangan yang dilakukan oleh SAA dan sekutu-sekutunya itu.

Perjanjian deklarasi Rusia-Turki menghadapi kesulitan dengan penarikan Hay’at Tahrir al-Sham dari zona demiliterisasi, menurut sumber-sumber lokal. Militan juga melanggar perjanjian pada 13 Oktober ketika mereka menembaki kota al-Bahsa dan pangkalan SAA di Hama barat laut.

Menurut pihak Rusia, ancaman provokasi senjata kimia di Idlib tetap tinggi. Perwakilan permanen Rusia untuk Organisasi Pelarangan senjata Kimia mengklaim bahwa Moskow telah memperoleh informasi bahwa militan sedang merencanakan provokasi senjata kimia. Informasi tersebut  menurut Alexander Shulgin  “datang secara konstan.”

Sementara Turki juga bisa saja melancarkan operasi baru di Suriah utara, Presiden Turki Erdogan membuat ancaman baru untuk memperluas operasi militer Turki ke wilayah timur sungai Eufrat yang dik oleh SDF. Ankara melihat milisi Kurdi, yang merupakan inti dari SDF sebagai kelompok teroris.

Pada tanggal 12 Oktober, setelah bentrokan antara ISIS dan SDF, sumber  berita kelompok teroris Amaq melaporkan bahwa lebih dari 28 pejuang  yang didukung AS tewas dan 8 ditangkap di pedesaan Deir Ezzor.

Pada 13 Oktober, pesawat tempur koalisi pimpinan AS dilaporkan melakukan serangan udara dengan bom fosfor putih di kota Hajin yang dikuasai ISIS. Pasukan pimpinan AS sebelumnya telah menggunakan bom fosfor putih terhadap target di Suriah pada beberapa kesempatan.

Pada tanggal 14 Oktober, Sputnik mengutip perwakilan Pentagon yang mengklaim bahwa semua senjata yang digunakan oleh koalisi pimpinan AS di Suriah mematuhi hukum internasional.

Pada hari yang sama, Garda Pengawal Revolusi Iran juga berjanji untuk menjaga keberadaannya secara  “efektif” di Suriah. Brigadir Jenderal Ramezan Sharif, juru bicara IRGC mengatakan bahwa “krisis yang terfabrikasi” telah diciptakan di Suriah untuk membentuk “batas aman” bagi Israel.

Dia juga menyatakan dukungan Iran untuk Suriah dengan mematuhi semua norma internasional dan atas permintaan Damaskus. Beberapa kali AS telah mengatakan bahwa pasukannya akan tetap di Suriah sampai Iran keluar dari Suriah.

Pemerintahan  Trump dan sekutu utamanya  Israel melihat Suriah  serta sebagian besar wilayah Timur Tengah sebagai medan perang untuk melawan pengaruh Iran.

 

AUSTRALIA PERTIMBANGKAN UNTUK MEMINDAHKAN KEDUBESNYA DI TEL AVIV KE YERUSALEM 

Jerusalem

Australia  mempertimbangkan akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaannya  dari Tel Aviv keYerusalem, kata Perdana Menteri Australia Scott Morrison.

Jika ditindaklanjuti, langkah itu akan mengikuti pergeseran kebijakan  AS yang telah mengundang kecaman internasional itu.

Mr Morrison mengatakan Australia tetap berkomitmen untuk solusi dua negara bagi konflik Israel-Palestina.

Para lawan politik  menganggap komentar Morrison itu adalah taktik “tipu muslihat”  menjelang pemilihan umum yang krusial. Status Yerusalem adalah salah satu masalah yang paling diperebutkan antara Israel dan Palestina.

Perdana menteri Australia mengatakan satu skenario masa depan bisa saja melibatkan Australia yang akan mengakui ibukota Otoritas Palestina di Yerusalem Timur dan ibukota Israel di Yerusalem Barat. “Australia harus berpikiran terbuka untuk ini,” kata Mr Morrison.

 

RUSIA SIAPKAN RENCANA UNTUK SINGKIRKAN PENGGUNAAN US$ DINEGARANYA

Image result for RUSSIAN RUBLE PIC

Pemerintah Rusia sedang menyelesaikan  rincian rencana de-dolarisasi (melepas penggunaan US$)  yang telah diumumkan sebelumnya pada bulan Oktober. Poin penting  program ini adalah untuk membuat  para eksportir utama Rusia mendapat  lebih banyak keuntungan dengan melakukan transaksi (internasional) menggunakan  rubel dan bukan dengan dolar.

Eksportir kemungkinan akan mendapatkan keuntungan tambahan seperti tunjangan perpajakan termasuk pengembalian PPN yang lebih cepat dan stimulus lain untuk menyingkirkan penggunaan greenback (US$).

Pemerintah Rusia sedang menentukan rincian rencana yang akan segera diserahkan kepada Perdana Menteri Dmitry Medvedev. “Rencana belum diserahkan ke PM. Kami masih memiliki perbedaan pendapat antara departemen teknis, sekarang kami akan menyelesaikannya a dengan cepat dan  saya harap  pemerintah akan segera mempertimbangkannya ”  , wakil menteri keuangan Rusia Alexey Moiseev mengatakan kepada Reuters.

Ketika ditanya apakah setelah ini draft rencana itu akan diterbitkan kepublik, Moiseev menjawab: “Tidak, draft rencananya hanya untuk kepentingan  resmi pemerintah.”  Wakil Menteri itu menambahkan bahwa Kementerian Keuangan, Kementerian Pembangunan Ekonomi dan Bank Sentral Rusia sedang mengerjakan rinciannya.

Pihak berwenang Rusia sebelumnya mengatakan bahwa rencana itu tidak akan melarang peredaran USdolar di Rusia, tetapi mencakup sejumlah langkah untuk merangsang penggunaan mata uang nasional dalam perdagangan dan  bukan dengan US dolar.

Rencananya juga tidak akan melarang pinjaman dalam dolar untuk Rusia, kata Moiseev, tetapi bank sentral bermaksud untuk membuat pinjaman dalam dolar lebih  tidak menguntungkan dibandingkan dengan pinjaman dalam rubel.

 

PERPECAHAN  GEREJA ORTHODOX  RUSIA DAN PATRIARKAT  KONSTANTINOPEL

Keretakan terbesar terjadi dalam sejarah Kristen Ortodoks modern, dimana Gereja Ortodoks Rusia telah memutuskan semua hubungan dengan Patriarkat Konstantinopel, setelah itu juga menerima pemisahan diri  Gereja Ortodoks Ukraina sebagai gereja independen.

Sinode Suci, badan pemerintahan Gereja Ortodoks Rusia, telah memutuskan bahwa melanjutkan semua hubungan klerikal  dengan Konstantinopel adalah sebagai tidak mungkin, Metropolitan Hilarion  kepala Departemen Hubungan Eksternal Gereja Ortodoks Rusia  mengatakan kepada para wartawan bahwa  secara de facto mengumumkan pemisahan hubungan antara kedua gereja.

“Keputusan tentang putusnya hubungan dengan Patriar Konstantinopel telah diambil pada pertemuan Sinode” yang saat ini diadakan di ibukota Belarusia Minsk, Hilarion mengatakan, sebagaimana dikutip oleh TASS.

Langkah ini dilakukan beberapa hari setelah Sinode Patriarkat Konstantinopel memutuskan untuk akhirnya memberikan apa yang disebut autocephaly kepada  Gereja Ortodoks Ukraina, sehingga membuat organisasi petinggi  Geraja yang sebelumnya menikmati otonomi luas dalam Patriarkat Moskow, kini sepenuhnya independen.

Patriarkat Moskow juga mengatakan bahwa mereka tidak akan lagi  mematuhi keputusan apa pun yang diambil oleh Konstantinopel dan terkait dengan status Gereja Ortodoks Ukraina. “Semua keputusan ini melanggar hukum dan secara kanonis batal,” Hilarion mengatakan,

Dia  menambahkan bahwa “Gereja Ortodoks Rusia tidak mengakui keputusan ini dan tidak akan mengikuti mereka.” Pada saat yang sama, Gereja Rusia menyatakan harapannya bahwa “akal sehat akan menang” dan Konstantinopel akan mau mengubah keputusannya. Namun dia  masih menuduh Patriark Ekumenis yang memulai perpecahan ini.

 

PENINGKATAN KETEGANGAN NATO – RUSIA DI KUTUB UTARA 

NATO Secretary General assures no provocation

Direktur operasi Korps Marinir Belanda Jenderal Jeff Mac Mootry menuduh Rusia menggunakan militernya untuk mencoba memancing kehadiran n pasukan NATO dikawasan Arktik.

Jenderal itu mengatakan: “Apa yang kami lihat adalah adanya  peningkatan kepentingan kapal angkatan laut Rusia ketika kami sedang berlatih. “Sebagai contoh, ketika kita melakukan latihan sebagai bagian dari program pertahanan rudal balistik kami, kami melihat kehadiran kapal-kapal Rusia yang lebih banyak daripada biasanya dan mereka dalam jarak yang lebih dekat ke kita daripada  dekade terakhir.

Mereka jelas ingin memperlihatkan kehadiran mereka.  Mr Mac Mootry menambahkan bahwa pesawat-pesawat tempur Rusia terbang “lebih dekat kapal dengan kapal perang kita hanya untuk menunjukkan kehadiran mereka, Anda hampir bisa menyebutnya  sebagai upaya provokatif”.

Dengan menyebut  hubungan tradisional Rusia-Barat yang terus-menerus tegang adalah sebagai  ‘Perang Dingin 2.0’, Mr Mac Mootry menyebut provokasi yang belum lama ini dengan Rusia di dekat Norwegia adalah bagian dari “Perang Dingin 3.0”.

Saat ini, sekitar 400 tentara Inggris telah berlatih di Norwegia sebagai bagian dari penggelaran tentara gabungan dengan marinir Belanda. Inggris berencana untuk membangun basis permanen di daerah itu serta mengirim sekitar 800 tentara komando dan marinir pada 2019 ke Norwegia untuk latihan militer dalam cuaca dingin.

Menteri Pertahanan Gavin Williamson menyebut langkah ini sebagai tanggapan terhadap aktivitas kapal selam Rusia dalam  era Perang Dingin.

Dia mengatakan: “Jika kita memutar balik waktu 10 tahun,  banyak orang berpikir bahwa era aktivitas kapal selam di High North, di Atlantik Utara, dan ancaman yang ditimbulkannya telah hilang dengan jatuhnya Tembok Berlin. “Ancaman ini kini benar-benar telah muncul kembali .”

NATO  bersama dengan Finlandia dan Swedia, akan mengadakan latihan di sekitar Norwegia antara 25 Oktober dan 7 November. Latihan  yang disebut Trident Juncture ini  akan menjadi latihan terbesar NATO di kawasan ini dalam beberapa dekade, yang melibatkan sekitar 50.000 tentara.

 

DONALD TRUMP MARAH KE  ARAB SAUDI ATAS KETIAKPASTIAN PEMBELIAN THAAD

Jamal Khashoggi Saudi Arabia

Hilangnya  jurnalis Saudi dan kolumnis Washington Post  Jamal Khashoggi  dengan   dugaan pembunuhan (diKonsulat Saudi di Turki) terus membebani hubungan antara Amerika Serikat dan Arab Saudi.

Pada hari Sabtu lalu , Presiden Donald Trump memperingatkan Saudi tentang kemungkinan “hukuman berat” jika pemerintah Saudi terbukti bertanggung jawab atas dugaan pembunuhan wartawan itu.

Pemerintah Saudi secara vokal telah menyangkal keterlibatan apa pun meskipun Khashoggi menghilang di dalam Konsulat Saudi di Istanbul dan menanggapi ancaman Trump dengan bersumpah bahkan respon “lebih kuat” jika Kerajaan Saudi  pada akhirnya juga ditargetkan oleh Amerika Serikat.

Saling lempar  ancaman itu menyebabkan saham Saudi diperdagangkan anjlok dalam  satu hari , ini adalah kerugian terbesar mereka sejak 2016 ketika perdagangan dibuka dan telah membawa sentiment negatif karena  banyaknya  publisitas negatif yang tidak diinginkan.

Namun, ada banyak bukti yang menunjukkan  bahwa respon AS terhadap masalah Khashoggi kemungkinan akan ditentukan, bukan oleh tanggung jawab pemerintah Saudi atas kasus  Khashoggi, tetapi sebaliknya akan ditentukan oleh kelanjutan janji  Saudi untuk memilih membeli  system rudal THAAD buatan AS senilai  $ 15 miliar atau memlilih system S400 buatan Rusia yang lebih murah,

Menurut laporan, Saudi telah gagal memenuhi target tenggat waktu yang ditentukan untuk pembelian THAAD yang mereka rencanakan dan telah mengisyaratkan pada akhir September mereka malah berencana untuk membeli S-400 dari Rusia sebagai gantinya.

 

TURKI SIAPKAN SERANGAN BESAR KEPOSISI KURDI DI MANBIJ SURIAH

Manbij

Pasukan Turki dan lebih dari 20.000 gerilyawan yang didukung Ankara menerima  perintah untuk memulai serangan besar  terhadap milisi Kurdi di kota Manbij di Northeastern Aleppo, sebuah outlet media Turki melaporkan Senin.

Surat kabar berbahasa Turki  Yeni Safak mengutip Adnan Abu Feisal, kepala Dewan Militer pembebasan  di Manbij yang berafiliasi dengan Turki, mengatakan  bahwa pasukan Turki dan militan Tentara pembebasan sedang  mewaspadai  7 titik di dekat Manbij.

Harian itu lebih lanjut mengatakan bahwa lebih dari 20.000 anggota tentara pembebasan yang didukung Ankara telah dikerahkan di wilayah Timur Manbij, ditambahkan bahwa tentara Turki berencana untuk membersihkan wilayah antara Manbij sampai perbatasan dengan Irak Kurdi.

Surat kabar itu melanjutkan , bahwa berdasarkan laporan yang dapat dipercaya, tujuan pertama operasi pasukan Ankara di Tepi Timur Sungai Eufrat adalah membersihkan wilayah antara wilayah Manbij dan Sacho Borok dan kemudian sisi Timur sungai.

Dalam perkembangan awal bulan ini, Unit Perlindungan Rakyat (YPG) yang dipimpin oleh orang-orang Kurdi sedang mempersiapkan serangan besar terhadap militer Turki di timur laut Aleppo.

Menurut aktivis lokal, YPG terlihat menggali  parit dan membangun posisi baru di Manbij Barat di tengah laporan kemungkinan operasi militer oleh Angkatan Darat Turki.

YPG kemudian mengirim  bala bantuan untuk memperkuat pasukan mereka di sekitar Manbij.

Sementara meski AS  saat ini juga menempatkan  militernya  di Manbij, tampaknya  membuat Turki tidak mau mengalah begitu saja ; mereka menuntut penarikan total pasukan  YPG atau kalau tidak maka Turki  akan menyerang.

 

MENLU SURIAH : SETELAH IDLIB TARGET KAMI ADALAH MEREBUT WILAYAH TIMUR SUNGAI EUFRAT

Menteri luar negeri Suriah senin kemarin mengatakan  bahwa target pemerintah Suriah  berikutnya setelah merebut kembali  Idlib dari pemberontak adalah merebut kembali  wilayah timur Sungai Eufrat,

Wilayah timur sungai Eufrat saat ini dikuasai oleh Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didukung AS. “Setelah Idlib, target kami adalah timur Euphrates,” kata Walid al-Moualem, menambahkan bahwa daerah itu, seperti semua bagian Suriah, harus kembali ke kedaulatan Suriah.

 

UKRAINA BOCORKAN RAHASIA S-300 RUSIA KEPADA MILITER  AS DAN ISRAEL

S-300

Delegasi militer AS-Israel telah mengunjungi Ukraina secara rahasia untuk mempelajari karakteristik sistem rudal anti-pesawat S-300 yang dimiliki  pasukan Ukraina. Menurut Soha News, Ukraina telah memberi informasi kepada  Amerika dan Israel, dan juga memberi kesempatan mereka untuk menguji coba di lapangan.

”Tes dilakukan dengan melibatkan 18 pesawat F-15C Eagle buatan AS yang dipimpin oleh pilot Israel. Dengan pesawat tempur  generasi keempat ini, kemampuan S-300 telah diidentifikasi.

Selain itu, militer Ukraina meyakinkan kepada para ahli AS dan Israel bahwa karakteristik S-300 yang dia punya tidak berbeda secara fundamental dari sistem pertahanan udara yang dikirim ke Suriah” menurut National News Agency.

Para ahli Angkatan Udara Israel menyimpulkan bahwa jet tempur F-35 akan bisa “dilemahkan” oleh S-300 Rusia.

Zhukovsky melanjutkan, “Tapi, meskipun pesawat F-35 dan Raptor  F-22  adalah pesawat tempur  generasi kelima, kemampuan mereka sangat tinggi dan tidak terbatas.

Kolonel Nicolai Tolcachev  dari Akademi Militer Marshal Zhukov, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Gazeta Ru bahwa sistem S300 dan S-400 beroperasi dengan kepastian target permukaan reflektif  efektif yang mirip dengan badan F-35. ”

“Kemampuan S-300 dan F-35 seharusnya tidak dievaluasi seolah-olah mereka sedang berduel. Dalam pertempuran  “keberhasilan dalam pertempuran udara  lebih tergantung pada keterampilan profesional yang tinggi dari pilot  tempurnya.” Kolonel Tolkachev menambahkan.

KELOMPOK ANSARALLAH YAMAN TERLIBAT BENTROKAN SENGIT DENGAN PASUKAN KOALISI SAUDI DI SELATAN ARAB SAUDI 

 

PANGLIMA GARDA REVOLUSI IRAN MENAGGAPI TRUMP  : KAMI MALAH BISA MENGUASAI TIMUR TENGAH KURANG DARI DARI 12 MENIT

Iran akan memberikan respons yang menghancurkan terhadap setiap ancaman terhadap keamanannya, bahkan meski para  musuh-musuhnya itu  sudah ada di luar perbatasannya,  komandan  Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Mayor Jenderal Mohammad Ali Jafari, mengatakan kepada Yaman al-Masirah TV pada hari Jumat.

Tanggapan yang logis adalah  bahwa  Iran Akan Membalas  jika Kepentingannya terancam , Pernyataan komandan Jendral Iran itu dikeluarkan  setelah selasa lalu Trump mengeluarkan pernyataan bahwa Teheran berencana untuk menguasai Timur Tengah hanya dalam waktu 12 menit.

“Lihatlah ke Iran, sebelum saya tiba di sana (ke Gedung Putih) , Iran telah bisa menguasai  Timur Tengah hanya dalam waktu sekitar 12 menit, betul  khan?”  Trump mengatakan hal itu kepada para pendukungnya di Council Bluffs, Iowa.

“Sementara di masa lalu kita bisa mempertahankan  Timur Tengah, bukan untuk  memaksakan hegemoni kita di seluruh wilayah, tapi bukan dalam 12 menit (seperti yang disebutkan oleh Trump), saat  ini kita malah bisa melakukannya lebih cepat,” kata Ali Jafari.

Menyebutkan soal sanksi AS terhadap Iran, dia mengatakan bahwa orang Iran telah terbiasa dengan sanksi sepihak. “Meskipun ada sanksi, kami telah berhasil mencapai swasembada dan memperkuat solidaritas nasional kami,” katanya.

Jenderal Jafari berbicara hanya beberapa minggu setelah Korp Garda Republik Iran IRGC menembakkan beberapa rudal permukaan ke permukaan pada pertemuan petinggi ISIS yang diklaim sebagai dalang serangan teror baru-baru ini di Ahvaz Iran, yang menewaskan 25 orang dan 69 luka-luka.

Komandan militer utama Iran itu mengatakan bahwa serangan balasan itu baru yang pertama dalam upaya balas dendam Teheran terhadap orang-orang yang mengatur serangan Ahvaz, yang dituduhkan Teheran kepada “sponsor teror regional” (Saudi)  dan dalang mereka  yaitu AS.

 

PRESIDEN UKRAINA IJINKAN UNTUK MENGGUNAKAN SENJATA APAPUN DI DONBASS

Presiden Ukraina Pyotr Poroshenko mengeluarkan izin  kepada militer untuk menggunakan senjata apa pun di Donbass, hal ini  bertentangan dengan perjanjian yang ada dan makin menambah ketegangan  di bagian tenggara Ukraina, kata juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov kepada media.

Setelah keluarnya pernyataan Proshenko itu , Pasukan rezim Ukraina mentransfer 6 sistem rudal TOCHKA-U 10 sistem MLRS URAGAN dan 200 pasukannya  ke wilayah garis depan di Donetsk,   Donbass (berbatasan dengan Rusia).

“Tak usah dikatakan ini jelas bertentangan dengan perjanjian yang ada, yang pada kenyataannya tidak dilaksanakan sangat teliti oleh pihak Ukraina,” kata Peskov. “Tentu saja, langkah-langkah ini hanya memicu ketegangan di zona persengketaan.”

Peskov mengingat adanya kesepakatan tentang penarikan kembali senjata berat dari garis sengketa di Donbass.

Dia menunjukkan bahwa Rusia bukanlah  fihak yang berada dalam konflik dan tidak akan mengambil tindakan dalam menanggapi kemungkinan penggunaan senjata Kiev di Donbass, tetapi “sebagai penjamin Persetujuan Minsk itu mungkin mengekspresikan penyesalan yang mendalam atas langkah-langkah pihak Ukraina yang memperburuk ketegangan itu . ”

Sebelumnya, Poroshenko dalam sebuah pernyataan di hadapan kepala operasi di Donbass mememberikan restu  mereka  (pasukannya) untuk menggunakan “semua kekuatan dan sarana yang tersedia.

 

MILISI KRISTEN YANG BERJUANG BERSAMA TENTARA SURIAH

Tidak hanya tentara Suriah yang mayoritas suni yang berjuang membasmi teroris dukungan barat diSuriah, kelompo2 milisi Kristen juga berjuang bersama tentara Suriah.

Komandan Nabel adalah seorang Kristen yang memimpin sekelompok sukarelawan setempat yang berjuang bersama pasukan Presiden Bashar al-Assad dalam perang di Suriah. Para pejuang Kristen itu saat ini berkemah di luar Idlib, benteng pemberontak terakhir yang tersisa di negara itu

 

ISRAEL DAN AS UJI COBA RESPON SISTEM S-300 TERHADAP PESAWAT AS DIUKRAINA

Israel dan Amerika Serikat melakukan uji coba respon system rudal S-300 anti serangan udara  di Ukraina.

Menurut laporan media Rusia yang dikutip oleh situs berita Vietnam “Soha news” bahwa delegasi AS-Israel melakukan kunjungan rahasia ke Ukraina. Kunjungan itu bertujuan untuk berkenalan dengan sistem pertahanan udara S-300 yang dimiliki oleh Ukraina.

Pejabat militer Ukraina telah menyarankan kepada delegasi AS dan Israel untuk menguji kemampuan sistem S-300.

Amerika Serikat mengirim 18 jet tempur F-15 ke Ukraina sementara Israel mengirim dua pilot. Para pejabat Ukraina meyakinkan perwakilan AS dan Israel bahwa sistem pertahanan udara Ukraina secara fundamental tidak berbeda dari sistem yang dipasok Rusia ke Suriah.

Sementara itu , laporan media mengungkapkan bahwa Suriah telah menerima  versi terbaru dari sistem “S-300” (dari Rusia).

 

CHINA SUMBANG 800 TRANSFORMER DAYA DAN 60KM KABEL LISTRIK  KESURIAH

Sekitar 800 transformator  listrik  berbagai kapasitas dan kabel listrik sepanjang 60 kilometer datang di pelabuhan Lattakia pada hari Rabu sebagai hibah ke Suriah dari Republik Rakyat China.

Kepala Direktorat Teknik Listrik di Lattakia  Nazih Maarouf, mengatakan bahwa 118 kontainer telah tiba di pelabuhan Lattakia termasuk berbagai transformator daya dari berbagai kapasitas dan trafo distribusi, selain juga kabel.

Dia menunjukkan bahwa hibah ini diberikan  pada waktu yang tepat mengingat pentingnya material iti pada tahap rekonstruksi dan rehabilitasi, terutama bahwa sektor listrik di Suriah menderita kerugian yang signifikan selama beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari serangan teroris.

Dia mengatakan bahwa peralatan ini akan membantu meningkatkan stabilitas listrik selama musim dingin mendatang, meningkatkan ketersediaan  jaringan listrik dan mengatasi kekurangan listrik di sejumlah besar wilayah.

Penanggung jawab  Kedubes  China di Republik Arab Suriah mengatakan bahwa persahabatan antara Suriah dan Cina sangat erat dan mengakar kuat; dia menambahkan bahwa China akan mengerahkan upaya tambahan guna mengembangkan hubungan persahabatan bilateral di masa depan dan akan melakukan apa yang diperlukan untuk membantu rakyat Suriah.

 

RUSIA MENOLAK KLAIM ISRAEL ATAS DATARAN TINGGI GOLAN

Russian Foreign Minister Sergey Lavrov at a joint news conference with Syrian Foreign Minister Walid Moallem in Moscow, Russia, August 30, 2018. (AP Photo/Alexander Zemlianichenko)

Dua hari setelah Netanyahu mengatakan bahwa Putin memahami pentingnya wilayah itu bagi Israel,  tapi  Menlu Rusia mengatakan bahwa setiap perubahan status akan melanggar resolusi PBB.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov pada Rabu mengindikasikan bahwa negaranya tidak akan menyetujui perubahan status atas Dataran Tinggi Golan, yang mana Moskow  bersama dengan mayoritas besar masyarakat internasional  menganggap (dataran tinggi Golan) adalah sebagai wilayah Suriah yang diduduki (Israel).

Komentar Lavrov dikeluarkan setelah senin kemarin ada seruan  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada komunitas internasional untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, dimana dia (Netanyahu) mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin menghargai betapa penting dan strategisnya  dataran tinggi itu bagi Israel.

“Status Dataran Tinggi Golan telah ditetapkan oleh resolusi Dewan Keamanan PBB,” Lavrov mengatakan kepada wartawan di Moskow. “Mengubah status ini dengan mengabaikan ketetapan Dewan Keamanan, dari sudut pandang saya akan menjadi pelanggaran langsung terhadap resolusi ini.” Kata Lavrov.

Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam Perang Enam Hari tahun 1967, dan secara resmi mencaplok wilayah itu pada tahun 1981.

Resolusi Dewan Keamanan PBB 497 tahun (1981) itu menyatakan bahwa pencaplokan Israel atas “Dataran Tinggi Dataran Tinggi Suriah yang diduduki adalah batal demi hukum dan tidak punya kekuatan hukum internasional. . ” Resolusi itu dicapai dengan suara bulat.

Dalam pernyataannya ketika kunjungannya ke sinagoga di sebuah situs arkeologi Ein Keshatot di Dataran Tinggi Golan, Netanyahu berjanji tidak akan pernah mundur dari daerah itu. “Keberadaan Israel di Dataran Tinggi Golan adalah jaminan stabilitas di daerah sekitarnya,” katanya, Dia mengingatkan  upaya Iran untuk membangun basis  militernya yang dekat dengan perbatasan Israel dengan Suriah. “Israel di Dataran Tinggi Golan adalah realitas yang solid berdasarkan pada hak-hak kuno. Kta Netanyahu.

Keberadaan Israel di Dataran Tinggi Golan adalah fakta, dan  bahwa komunitas internasional harus mengakui dan selama  saya berkuasa maka Dataran Tinggi Golan akan selalu berada di bawah kedaulatan Israel karena jika tidak kita akan melihat  kekuatan Iran dan Hizbullah di tepi Laut Galilea, ” dia menambahkan.

Netanyahu mengatakan dia akan membahas pengaruh buruk Iran di kawasan itu selama pertemuan mendatangnya dengan presiden Rusia.

“Saya tahu bahwa Presiden Putin memahami komitmen saya untuk keamanan Israel dan saya tahu bahwa dia juga memahami pentingnya dataran Tinggi Golan (bagi Israel), bahwa kita semua menganggap Dataran Tinggi Golan adalah warisan Israel.” lanjut Netanyahu.

Klaim Israel untuk Dataran Tinggi Golan diterima secara luas di kalangan Yahudi Israel. Oposisi MK Yair Lapid, misalnya, memuji perdana menteri Netnyahu ataskomentarnya itu, Lapid mengatakan bahwa dia akan mendukung sepenuhnya inisiatif pemerintah untuk mengamankan dukungan internasional bagi pencaplokan Israel atas wilayah itu.

Hubungan antara Israel dan Rusia baru-baru ini mengalami ketegangan akibat jatuhnya pesawat Rusia IL-20 diSuriah secara tidak sengaja dalam serangan udara Israel di Suriah.

 

AL BAGHDADI PERINTAHKAN EKSEKUSI 320 ANGGOTA ISIS

Pimpinan Negara Islam (ISIS) Abu Bakr Al-Baghdadi telah memerintahkan ratusan pengikut (ISIS) untuk dieksekusi karena ketidaksetiaan mereka kepada organisasi terorisnya. Mengutip laporan intelijen, Shafaq News menyatakan bahwa Baghdadi telah memerintahkan 320 anggota kelompok teroris untuk dieksekusi karena ketidaksetiaan mereka di Suriah dan Irak.

Situs Berita Shafaq mengatakan,  Baghdadi telah mengeluarkan perintah untuk membunuh 320 pengikutnya karena pengkhianatan mereka terhadap apa yang disebut Negara Islam (ISIS) dan atas  kecerobohan mereka. (Perintah eksekusi)  ini  akan menimbulkan kerugian besar bagi kelompok (ISIS) di Irak dan Suriah.”

Menurut berapa sumber,  dalam daftar Baghdadi , ada juga petinggi (ISIS)  termasuk Abu al-Baraa al-Anshari, Sief al-Din al-Iraqi, Abu Otham al-Tal Afari, Abu Iman al-Mowahed dan Marawan Hadid al-Suri.

Perintah eksekusi ini dikeluarkan hanya seminggu setelah Korps Pengawal Revolusi Islam Iran (IRGC) melakukan serangan (rudal) besar-besaran terhadap posisi ISIS di dekat kota perbatasan utama Albukamal.

 

ISRAEL DIAM DIAM MENGUJI RESPON S-300  RUSIA TERHADAP PESAWATNYA

Iranian missile

Israel diam diam telah  mencari cara  untuk mengalahkan sistem pertahanan udara canggih (S-300)  yang dikerahkan  Rusia di Timur Tengah (Suriah) dan yang dianggap dapat membatasi kemampuan Yerusalem untuk menyerang Suriah atau Iran, kata sebuah sumber dari  militer dan diplomatik.

Sebuah sumber mengatakan bahwa sistem anti-pesawat S-300 Rusia pernah  dijual ke Siprus 18 tahun yang lalu tetapi sekarang berada di Pulau Kreta Yunani, system S300 itu kemudian  diaktifkan dalam latihan gabungan antara pasukan udara Yunani dan Israel yang dilakukan pada April-Mei tahun ini.

Aktivasi itu  memungkinkan pesawat tempur Israel untuk menguji bagaimana sistem penguncian S-300 bekerja, seperti bagaimana sitem S-300 itu  mengumpulkan data pada radar pelacak yang kuat dan kemungkinan untuk  bisa dibutakan atau diblokir.

Satu sumber pertahanan di wilayah itu mengatakan Yunani telah melakukannya atas permintaan Amerika Serikat, sekutu utama Israel, setidaknya pada satu kesempatan dalam satu tahun terakhir.

Tidak jelas apakah Israel telah membagi  temuannya dalam latihan itu dengan sekutu-sekutunya.

“Bagian dari latihan itu adalah manuver yang melibatkan jet Israel melawan sistem anti-pesawat Yunani,” kata satu sumber. Dua sumber lain mengatakan bahwa mobil  S-300 adalah salah satu sistem yang dicoba.

Militer Yunani dan Israel menolak untuk mengkonfirmasi atau menolak telah digunakannya  sistem S-300 dalam latihan yang diadakan di Mediterania Timur pada bulan April-Mei itu ,  atau dalam latihan serupa pada tahun 2012 dan 2010.

Seorang pejabat senior Departemen Pertahanan Yunani yang ditanya apakah sistem itu dioperasikan dalam  latihan militer Yunani-Israel, dia mengatakan: “Pada saat ini S-300 tidak beroperasi.” Dia mengatakan kebijakan umum Athena tidak mengizinkan negara lain untuk menguji kemampuan suatu sistem.

 

PEMBERONTAK SURIAH MENARIK SENJATA BERATNYA DARI ZONA PENYANGGA

Milisi pemberontak Suriah FSA yang didukung Turki  Jabhat Wataniya li-Tahrir (Front Pembebasan Nasional) terlihat  menarik senjata berat mereka  dari zona penyangga  bebas militer yang telah disetujui antara Rusia dan Turki diIdlib,  Syria

 

RUSIA MEMASANG SISTEM S-300 DIDEIR EZZOR , DAN IRAN MENYAMARKAN PANGKALAN MILITERNYA

Setelah pasukan Bashar Al-Assad dan sekutu-sekutunya menguasai beberapa daerah di provinsi Deir ez-Zor, Iran kemudian  berusaha memperkuat kehadiran militernya  di daerah tersebut.

Namun, menurut Euphrates Post yang melaporkan perkembangan di daerah tersebut, milisi pro-Iran malah mundur dari pangkalan mereka di kota Mayadin dan Abu Kamal sementara pasukan Rusia telah pindah ke daerah-daerah ini.  Euphrates Post melaporkan bahwa pada hari sabtu lalu militer Rusia telah tiba disana bersama dengan unit pasukan khusus dan sistem pertahanan anti-pesawat.

Dengan mengutip sumber-sumbernya,  Surat kabar itu menyatakan  bahwa militer Rusia bermaksud untuk mengerahkan sistem pertahanan udara S-300 di daerah tersebut.

Sebelumnya, pasukan Iran menarik diri dari pangkalan militer Tiyas (T4) yang merupakan benteng utama mereka. Iran  mencoba untuk menghindari serangan udara Israel terhadap pasukannya  dengan  bergantung pada milisi lokal dan mendirikan markas militernya di samping pos komando pasukan Rusia.

Citra satelit dari fasilitas Iran di kota Baniyas menunjukkan bahwa pangkalan mereka  itu dibangun di dekat baterai sistem rudal S-300 Rusia.

Pada 2 Oktober lalu , Kemenhan Rusia telah mengumumkan bahwa Rusia telah menuntaskan  pengiriman sistem rudal S-300 ke Suriah.

Moskow memutuskan untuk mengirim rudal anti-pesawat S-300 ke wilayah Suriah setelah  pesawat militer Rusia ditembak jatuh di Suriah. Kremlin menuduh  provokasi militer Israel adalah yang mengakibatkan jatuhnya  pesawat Rusia.

Pemerintah Israel menyatakan belasungkawa atas kematian 15 tentara Rusia dan menyalahkan pasukan militer Suriah atas insiden itu. Selain itu, Yerusalem meyakinkan bahwa mereka akan terus membom Kekuatan bersenjata Iran yang terletak di dekat perbatasan Israel dan Suriah.

 

BELUM ADA TITIK TERANG , KRITIKUS SAUDI YANG LENYAP DIKONSULAT SAUDI DI ISTANBUL  

Journalist reportedly killed at Saudi consulate in Istanbul

Otoritas Turki yakin bahwa jurnalis terkemuka Saudi  Jamal Khashoggi, yang menghilang empat hari lalu setelah memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul itu telah tewas.

“Dugaan awal polisi Turki adalah bahwa Khashoggi telah tewas di konsulat Arab Saudi di Istanbul. Kami percaya bahwa pembunuhan itu direncanakan dan mayat itu kemudian dipindahkan keluar dari konsulat,” kata seorang pejabat Turki kepada kantor berita Reuters. Sabtu.

Sumber Saudi di konsulat membantah bahwa Khashoggi telah tewas dalam misi itu dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tuduhan itu tidak berdasar, lapor Reuters.

Tanggapan  Turki dikeluarkan  empat hari setelah kritikus terkemuka rezim Saudi memasuki konsulat Arab Saudi di Istanbul pada hari Selasa untuk mengurus dokumen.  Jamal Elshayyal dari Al Jazeera yang  melaporkan dari Istanbul mengatakan belum ada pernyataan tentang  keberadaan tubuhnya. “Namun, kami telah mendengar pemakaman akan berlangsung dalam dua atau tiga hari mendatang,” katanya .

Sebelumnya pada hari Sabtu, sumber itu  mengatakan kepada Al Jazeera bahwa delegasi 15 pejabat Saudi tiba di Turki pada hari Khashoggi (59th) menghilang.

“Para pejabat Saudi terbang ke Istanbul pada dua penerbangan yang berbeda pada hari Selasa,” Elshayyal mengutip sumbernya mengatakan  bahwa tidak jelas apakah rombongan dari  Saudi itu  dari pejabat keamanan atau diplomatik.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa  Arab Saudi harus membuktikan dengan fakta bahwa   jurnalis Saudi yang hilang Jamal Khashoggi  itu telah benar2 meninggalkan Konsulat   Saudi di Istanbul.

“Dia memasuki konsulat Jendral Saudi sendirian  dan dia masuk sendirian  dan jika dia tidak keluar , tentu saja ini harus dibuktikan oleh konsulat jendral,” kata Erdogan pada konferensi pers di Budapest.

Erdogan mengatakan konsulat Saudi  memiliki kamera CCTV dan harus dapat menunjukkan video bahwa Khashoggi telah meninggalkan gedung. Dia menyebutkan bahwa tidak ada dokumen atau bukti yang menunjukkan wartawan itu telah keluar.

Kementerian Kehakiman dan kepala Kejaksaan  di Istanbul  telah memulai penyelidikan dan upaya ini akan  terus berlanjut,” kata Erdogan. Pintu masuk dan keluar bandara sedang diselidiki. “Saat ini ada orang-orang tertentu yang datang dari Arab Saudi. Dan kepala penyelidik kami sedang menyelidiki segala sesuatu  yang menyangkut  masalah ini.”

 

INDIA AKAN TETAP IMPOR MINYAK DARI IRAN MESKI DIANCAM SANKSI OLEH AS

A cyclist walks past an Indian Oil company in Mumbai, India, (File)

Perusahaan minyak Nasional India akan terus membeli minyak mentah Iran pada November ini meskipun ada kemungkinan akan dikenai  sanksi oleh AS, kata Menteri Perminyakan dan Gas Bumi India Dharmendra Pradhan.

“Kami harus memenuhi kebutuhan  domestik minyak kami sendiri. Beberapa perusahaan kami telah mengajukan kuota mereka untuk bulan November … Kami berharap para pemimpin global akan memahami kebutuhan kami,” kata Pradhan pada Senin di sela-sela Forum Energi India di New Delhi, seperti dikutip NDTV.

Sejak Amerika Serikat menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran pada bulan Mei lalu  dan mengumumkan penerapan kembali semua sanksi terhadap Iran, yang telah dicabut dalam kesepakatan itu, kini Washington  menyerukan kepada para importir minyak Iran, termasuk India, untuk berhenti membeli  minyak Iran terhitung sejak  4 November dimana paket kedua  sanksi AS terhadap Iran ditetapkan untuk diberlakukan.

India, bagaimanapun  tidak mau menghentikan supply minyak dari  Iran karena ini dapat membahayakan ekonomi India dan mendorong peningkatan dramatis harga minyak di negara tersebut.

Iran adalah pensupl y  minyak terbesar kedua ke India setelah Irak setelah antara April dan Juni menjual 5,67 juta ton minyak ke negara itu.

Dalam tahun keuangan 2017-2018 India akan  mengimpor 9,8 juta ton minyak Iran.

 

TIGA BATALION S-300 RUSIA, DIBERIKAN SECARA GRATIS KESURIAH

S-300 missiles

Sumber militer Rusia menegaskan bahwa pemerintahnya telah memasok Suriah dengan tiga set (Batalion)  rudal S-300, yang masing-masing batalion terdiri  8 peluncur rudal (setiap batalion dibekali  100 rudal).

Seluruh sistem pertahanan udara ini diberikan secara gratis, sumber yang sama  metambahkan.

“Pada 1 Oktober, tiga  batalion sistem S-300PM dari delapan peluncur masing-masing telah dikirim ke Suriah,” kata sumber itu. Pengiriman juga termasuk  lebih dari 100 rudal yang dipandu dari permukaan ke udara untuk masing-masing batalion.

“Sistem ini sebelumnya ditempatkan di salah satu resimen Angkatan Udara Rusia yang sekarang menggunakan sistem Triumf S-400.

Rudal S-300 itu telah mengalami perbaikan  diperusahaan pertahanan Rusia, sehingga dalam kondisi yang  baik dan mampu melakukan tugas tempur, ”sumber yang sama menjelaskan.

Pada 2010, Suriah dan Rusia pernah menandatangani perjanjian untuk memasok rudal S-300. Namun, kesepakatan itu membeku. Namun, pada 24 September  (2018)  Rusia secara resmi menyatakan bahwa ia akan memasok Angkatan Bersenjata Suriah dengan sistem pertahanan udara canggih.

Ini diputuskan setelah pesawat IL-20 Rusia secara tragis dijatuh  (tanpa sengaja) pada 18 September. Meskipun pesawat pengintai Rusia itu ditembak jatuh oleh rudal S-200 yang ditembakkan oleh pertahanan udara Suriah sendiri,

Rusia meminta Israel untuk sepenuhnya bertanggung jawab atas insiden tragis tersebut.

وسائل الحرب الإلكترونية

Pada 2 Oktober, Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu, mengatakan kepada Presiden Vladimir Putin bahwa Rusia telah memasok Suriah dengan 49 macam peralatan sebagai bagian dari pengiriman S-300 yang dimaksudkan untuk meningkatkan keamanan gugus tugas Rusia di negara itu. Peralatan itu termasuk radar, kendaraan pengendali  dan empat peluncur.

S-300 adalah sistem rudal pertahanan udara yang mampu mengeliminasi pesawat canggih, termasuk pesawat yang menggunakan teknologi siluman, rudal balistik jarak menengah, rudal taktis dan jelajah, dan juga pesawat peringatan dini dan kontrol (AWACS / AEW & C) serta juga pesawat pengintai dan pesawat tempur.

Gambar di bawah ini menunjukkan kemampuan rudal S-300 untuk melindungi wilayah udara Suriah setelah ditempatkan di dekat ibu kota. Sistem canggih ini  dapat mencakup area seluruh pantai Suriah, Lebanon selatan dan bagian utara Palestina yang diduduki (Israel).

Rudal S-300 memiliki jangkauan 150-250 km dan mampu menembak 24 pesawat sekaligus dan sejumlah 16 rudal balistik sekaligus.

 

BADAN INTELIJEN JERMAN : ARAB SAUDI ADALAH PENCETUS  DESTABILISASI  DIDUNIA  ARAB

Mohammed bin Salman

Badan intelijen luar negeri Jerman  BND  telah merilis sebuah laporan yang menjatuhkan citra  Kerajaan Arab Saudi. Kajian mereka mengatakan bahwa  negara itulah  yang mengguncang Timur Tengah dengan perang proksi di Yaman dan Negara  Negara lain di kawasan itu.

Sebuah Dokumen dari Agen Intelijen Jerman BND yang berjudul “Arab Saudi ,  kekuatan regional Sunni yang terpecah antara perubahan paradigma kebijakan luar negeri dan konsolidasi kebijakan domestik”,  kebijakan  yang dipilih oleh Menhan Arab Saudi yang juga  Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Dimana disaat  dia mencoba untuk memperkuat posisinya dalam suksesi kerajaan , sementara dia juga sedang menempatkan  hubungan dengan sekutu regionalnya  dalam bahaya.

“Sikap diplomatik yang cermat dari anggota senior keluarga kerajaan Saudi telah berubah menjadi  kebijakan intervensi yang impulsif,” kata Bundesnachrichtendienst (BND).

Agen Intelijen Jerman  itu menuduh Muhammad bin Salman pewaris Tahta  dan ayahnya  Raja Salman sebagai  sedang mencoba untuk menciptakan citra Arab Saudi sebagai pemimpin dunia Arab.

BND menambahkan bahwa upaya  bin Salman untuk memperkuat posisinya dalam kepemimpinan kerajaan juga dapat mengganggu anggota keluarga kerajaan lainnya.

BND juga mengutip perubahan yang dirasakan dalam peran Amerika Serikat sebagai penjamin stabilitas dalam menghadapi perkembangan pengaruh  Iran.

Sejak suksesi Raja Salman yang mulai  berkuasa pada Januari 2015, telah ada kebuntuan yang makin menguat dalam hubungan regional antara Iran dan Arab Saudi yang sebagian besar dicetuskan  oleh Pangeran Mohammed.

BND mengatakan bahwa hal ini dapat diamati terutama  dalam intervensi militer Arab Saudi di Yaman serta peningkatan dukungan untuk pemberontak Suriah dalam upaya untuk menurunkan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Laporan singkat agen Intelijen Jerman itu selain membicarakan keterlibatan Arab Saudi di Yaman dan Suriah,  juga menyoroti negara-negara lain seperti Libanon, Bahrain dan Irak sebagai wilayah yang menarik  minat Saudi, dikatakan  bahwa Arab Saudi “siap untuk mengambil risiko militer, keuangan dan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya. guna menghindari ketertinggalan dalam politik regional.

” Menurut BND, Arab Saudi terus mengamati  peran Iran di wilayah itu sebagai taktik yang semakin agresif, yang menunjuk pada kerja sama yang dilakukan Iran dengan organisasi paramiliter seperti Hizbullah di Libanon dan proksi  lainnya di daerah daerah  yang dilanda konflik di Timur Tengah.

Iran membantah memiliki ambisi untuk mencampuri urusan luar negeri suatu negara, dan menuduh Arab Saudi merusak kestabilan regional melalui dukungan militer dan pendanaan ke para pemberontak.

Iran sebagai sekutu utama Suriah Assad  dituduh telah membiayai dan membantu pemberontak Houthi di Yaman.

Perluasan pengaruh Arab Saudi di Timur Tengah juga membutuhkan  pembiayaan  yang cukup besar. Kerajaan Saudi  kemungkinan akan menghadapi defisit anggaran setidaknya $ 120 miliar dalam tahun ini saja.

 

SURIAH TUDUH AS MENGEVAKUASI ANGGOTA ISIS DARI DEIR EZZOR

Deir Ezzor

 

Pada Sabtu malam lalu , para militan ISIS dilaporkan telah dipindahkan dari kota al-Shaafah yang terletak di dekat perbatasan Irak ke lokasi yang tidak diketahui.

Ini bukan pertama kalinya bahwa pesawat militer AS  terlihat mentransfer anggota teroris ISIS dari wilayah perang.

Pada akhir September lalu, kantor berita Suriah SANA juga melaporkan bahwa koalisi pimpinan AS melakukan “operasi pendaratan” di pinggiran al-Marashida untuk mengangkut pemimpin teroris ke tujuan yang tidak diketahui.

Seementara Pada bulan April lalu, SANA mengatakan bahwa helikopter militer AS dilaporkan mengevakuasi setidaknya tiga komandan ISIS asal Irak bersama dengan anggota keluarga mereka dari Tal al-Shayer , 20 kilometer wilayah tenggara kota al-Shadadi di provinsi Hasakah Suriah.

 

PETA ASAL  NEGARA NEGARA DAN TERORIS  YANG  MENYERANG SURIAH 

Peta berikut menggambarkan luar biasanya Suriah yang menurut Menlu Suriah diserang oleh oleh lebih 100.000 orang yang didukung secara diam diam  maupun terang terangan oleh  83 negara,

 

 

Dari negara kecil sampai negara super power , dari negara Kristen  dan negara Yahudi  sampai negara Islam yang pemimpinnya salah jalan, dari yang hanya mengirim proxinya sampai yang mengirim tentaranya , semuanya mengeroyok negara yang diberkahi ini.

 

Terbukti isyarat hadist yang menyebut Suriah adalah salah satu negeri yang diberkahi  selain Iraq dan Yaman , Hadist menyebut Kota Ghouta dekat  Damaskus adalah pertahanan terakhir umat Islam yang  terbukti  tidak bisa ditembus.

Suriah disebut hadist akan menjadi tempat dikumpulkannya manusia . Selain itu hadist lain menyebut  Masjid menara Putih di Damaskus timur juga akan menjadi  tempat turunnya kembali Nabi Isa as dengan kedua tangannya memegang sayap Malaikat.

Suriah , sebuah negeri yang diberkahi dimana malaikat membentangkan sayapnya diatas langitnya. SubhanaAllah.

 

 

WAKIL PEMIMPIN ISIS TEWAS DALAM SERANGAN RUDAL IRAN

Seorang calon Pengganti (wakil) pemimpin ISIS Abu Bakr Al-Baghdadi tewas dalam serangan rudal Korps Revolusioner  Iran (IRGC)  ke markas besar ISIS didekat perbatasan kota Albukamal awal pekan ini, komandan pasukan Hashd Al-Sha’abi Iraq Jabbar al-Maamouri, mengatakan kepada harian Baghdad Today.

Serangan Iran itu berhasil menewaskan  Ali al-Mashadani, wakil Al Baghdadi  serta beberapa pemimpin ISIS lainnya, menurut Maamouri.

“Serangan rudal Iran terhadap kantong khusus ISIS di timur sungai  Eufrat itu  menggunakan rudal  menargetkan pertemuan penting dewan perang ISIS, yang mana Abu Bakr al-Baghdadi sedang dalam perjalanan menuju pertemuan itu,” kata Maamouri, dikutip  Irak News.

Al  Baghdadi  sendiri “hampir saja  tewas dalam serangan itu tetapi dia selamat karena dia datang terlambat beberapa menit dalam pertemuan itu,” tambah komandan milisi Irak.

Al Mashadani diyakini berada di urutan teratas untuk menggantikan Al Baghdadi dan dianggap sebagai salah satu komandan peringkat tertinggi ISIS.

 

WAKIL KOMANDAN GARDA REVOLUSI IRAN : NETANYAHU HARUS MULAI BELAJAR RENANG DILAUT UNTUK MENYELAMATKAN DIRI

Wakil Komandan Korps Penjaga Revolusi Islam  Iran, Jenderal Hossein Salami mengeluarkan peringatan kepada Israel dalam sebuah pesan berapi-api yang ditujukan kepada Tel Aviv :  “Saya mengatakan kepada perdana menteri rezim Zionis untuk berlatih berenang di Mediterania karena sebentar lagi mungkin anda tidak akan memiliki pilihan selain melarikan diri ke laut,” kata Salami, berbicara pada rapat umum di Isfahan, Iran tengah pada hari Jumat, seperti dikutip  Fars News.

“Mereka tidak berada pada level sebagai ancaman bagi kami; Hizbullah saja sudah cukup untuk menghancurkan mereka, ”tambah komandan, berbicara di depan relawan IRGC.

Dia menuduh Tel Aviv menipu dunia tentang Iran, pejabat senior itu  menuduh Israel bertindak sebagai “boneka manekin politik” yang dipajang di jendela toko AS.

Mengubah kemarahannya ke Washington, Salami menuduh AS menghabiskan $7 triliun untuk perang di Timur Tengah, dia menambahkan bahwa AS telah dikalahkan dengan setiap upayanya.

“Kami tidak memiliki pangkalan militer di mana pun, dan kehadiran kami di Suriah terbatas, yang mewakili nilai-nilai kami,” tambahnya.

Salami juga memuji apa yang dia sebut serangan rudal 1 Oktober yang “menggelegar” terhadap posisi ISIS di Suriah, yang diluncurkan Iran sebagai pembalasan terhadap serangan teroris 22 September terhadap parade militer di Ahvaz, Iran yang menewaskan 25 orang dan puluhan lainnya terluka.

Hubungan tradisional yang menerjal  antara Iran dan Israel mencapai titik terendah baru pekan lalu di Majelis Umum PBB, dimana kedua negara saling menjelekkan atas aksinya di Suriah dan dugaan program senjata nuklir rahasia Iran.

Kamis lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengklaim bahwa Tel Aviv telah menemukan fasilitas nuklir rahasia kedua di Teheran, dan bersumpah bahwa Israel akan  tidak akan bisa  menerima “sebuah rezim yang menyerukan penghancuran kami untuk bisa mengembangkan senjata nuklir.”

Menteri Luar Negeri Iran Javad Zarif membalas, dengan mengatakan bahwa Israel adalah satu-satunya rezim di wilayah kami yang punya  program senjata rahasia dan tidak pernah diumumkan  termasuk  rudal nuklir .

 

IRAN KEMBALI TAWARKAN HUBUNGAN BAIK DENGAN ARAB SAUDI

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan Iran bersedia bekerja sama dengan Arab Saudi untuk membangun Timur Tengah yang kuat , setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa Raja Saudi tidak akan bisa mempertahankan kursinya selama dua minggupun  tanpa dukungan AS.

Dalam posting teweetnya kamis kemarin , Zarif menyebut kata-kata Trump tentang pentingnya dukungan AS bagi Saudi sebagai hal “memalukan”  dan  bahwa keamanan nasional (suatu Negara) tidak dapat digadaikan kenegara lain.  “Kami kembali mengulurkan tangan kami kepada tetangga kami,  mari kita membangun‘ wilayah yang kuat ’, dan hentikan semua kesombongan ini,” ucap Zarif.

Komentar Zarif dikeluarkan  setelah presiden AS dalam  rapat umum di Southaven, Mississippi  mengatakan bahwa  bahwa Raja Salman dari Arab Saudi tidak akan tetap berkuasa “selama dua minggu” tanpa AS dan bahwa kerajaan (Saudi) harusnya  membayar lebih untuk perlindungan AS itu.

Trump juga mengatakan :  “Kami melindungi Arab Saudi … Dan aku mencintai raja, Raja Salman. Tapi saya berkata, ‘Raja, kami melindungi Anda. Tanpa dukungan kami, dalam dua minggu Anda mungkin akan kehilangan keuasaan anda ; Anda khan harusnya  membayar untuk biaya  militer Anda, ‘” kata Trump kepada para pendukungnya,

 

GAMBARAN  KEKUATAN ASING DAN PASUKAN PROXY DUKUNGANNYA DISEKITAR SUNGAI EUFRAT

Ini adalah sebuah peta terkini yang mengambarkan situasi disekitar sungai Eufrat. Disebelah barat sungai telah dikuasai sepenuhnya oleh pasukan Suriah, sementara disebalah timur sungai dikuasai oleh Pasukan AS, Inggris, Perancis dan pemberontak Suriah yang mereka dukung.  Mereka disebut menjarah minyak diarea Suriah yang kaya minyak itu.

 

AKANKAH NEGARA ARAB TELUK MAU MEMBAYAR REKONSTRUKSI SURIAH PASKA PERANG?

Pemerintah Suriah telah mencapai “kesefahaman yang penting” dengan beberapa negara Arab yang memusuhinya, kata  Presiden Suriah Bashar al-Assad pada hari Rabu, setelah menerima delegasi dari Teluk dan negara-negara Barat dalam  beberapa bulan terakhir.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan surat kabar Kuwait Al-Shahed pada hari Rabu, yang merupakan kali pertama wawancara  outlet media Teluk sejak 2011, Assad menyatakan bahwa hubungan dengan kekuatan regional yang memusuhi Suriah  secara berangsur-angsur membaik dan dapat dinormalisasi, sejak  Militer Suriah terus bisa   merebut kembali wilayahnya.

Sementara itu, dalam sebuah wawancara dengan Al-Arabiya, Menlu Bahrain Khalid bin Ahmed Al Khalifa mengatakan Liga Arab harusnya berusaha untuk “merebut kembali” peran dalam masalah ini. “Suriah adalah negara Arab. Orang-orangnya adalah orang Arab dan apa yang terjadi di sana harusnya lebih memprihatinkan daripada yg menimpa bangsa lain.

Adalah hal yang tidak benar jika  justru negara-negara regional dan internasional yang malah konsen tentang  masalah Suriah dan bukan malah  kami, ”kata Menteri Luar Negeri Bahrain.

Suriah dikeluarkan dari Liga Arab pada akhir 2011, ketika negara-negara Teluk meningkatkan upaya mereka untuk menggulingkan pemerintah Assad sebagai bagian dari pertempuran mereka untuk dominasi regional dengan Iran.

Namun, beberapa negara Teluk, termasuk Oman, dan Bahrain, masih mempertahankan hubungan bersahabat dengan pemerintah Suriah.

Sekarang, dengan adanya rencana  Damaskus untuk rekonstruksi nasional paska perang , beberapa pejabat pemerintah Suriah telah meminta  Arab Saudi dan sekutu regionalnya harus membayar miliaran dolar guna pembangunan kembali Suriah.

 

DONALD TRUMP : RAJA SAUDI TIDAK  BISA BERTAHAN DUA MINGGU DIKURSINYA TANPA DUKUNGAN AS 

Image result for trump salman pic

Selasa kemarin Presiden Donald Trump membuat pernyataan yang tanpa tedeng aling aling  tentang sekutu dekatnya  Arab Saudi. Dia berkata bahwa  dia telah  memperingatkan Raja Salman dari Arab Saudi bahwa ia tidak akan bertahan dalam kekuasaannya  “selama dua minggupun” tanpa dukungan militer AS.

“Kami melindungi Arab Saudi. Apakah Anda mau bilang mereka kaya,  atau saya mencintai sang Raja, Raja Salman. Tapi saya katakan kepada sanga  Raja , bahwa kami melindungi Anda , anda tidak akan bisa bertahan dua minggu dalam kekuasaan anda tanpa dukungan kami,  tapi anda harus membayar biaya untuk militer Anda, ‘”kata Trump didepan keramaian rapat umum di Southaven, Mississippi.

Trump tidak mengatakan kapan dia telah menyampaikan  peringatan  itu kepada raja Saudi.

Meskipun mengunakan diplomasi dengan kata-kata kasar, pemerintahan  Trump memiliki hubungan dekat dengan Arab Saudi, yang dilihatnya sebagai benteng untuk melawan ambisi Iran di wilayah tersebut.

Trump telah membuat Arab Saudi sebagai tujuan pertama  perjalanan luar negerinya ketika menjabat sebagai presiden tahun 2017 lalu.

Trump menelpon  King Salman pada hari Sabtu lalu dan mereka membahas upaya yang dilakukan untuk mempertahankan pasokan untuk memastikan stabilitas pasar minyak dan pertumbuhan ekonomi global, menurut kantor berita Saudi SPA.

Arab Saudi adalah pengekspor minyak utama dunia dan pemimpin de facto dari OPEC, yang minggu lalu telah dikritik oleh Trump karena harga minyak yang tinggi.

Ketika berbicara di Majelis Umum PBB di New York minggu lalu, Trump mengatakan bahwa seperti biasa, beberapa  Negara anggota OPEC telah  merobek seluruh dunia.” (dengan harga minyak yang tinggi).

 

PETINGGI MILITER IRAN : SERANGAN RUDALNYA KE ISIS DISURIAH MENGIRIM PESAN KEKUATAN IRAN KE AS

Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Ali Shamkhani mengatakan pada hari Selasa bahwa serangan Garda Republik Iran IRGC di dekat posisi pasukan AS di Suriah timur telah mengirim pesan ke Washington.

“Kekuatan udara kami telah mengirim keAnda (AS)  sinyal penting ketika mereka menembakkan roket ke fasilitas yang berjarak hanya tiga miles [sekitar 5 km] dari posisi Anda (AS),” kata Shamkhani, seperti dikutip oleh Kantor Berita Tasnim.

Pada Senin pagi, pasukan kedirgantaraan IRGC menembakkan setidaknya setengah lusin rudal permukaan ke permukaan menuju posisi ISIS di pedesaan Albukamal di provinsi Deir Ezzor.

IRGC akan melanjtkan serangan ini dengan melancarkan serangan drone besar ke posisi ISIS.

Menurut Kemenhan Iran, serangan IRGC mengakibatkan kematian lebih dari 40 pemimpin ISIS.

 

MENTERI ISRAEL : SISTEM S-300 RUSIA TAK BERGUNA UNTUK MELAWAN PESAWAT ISRAEL

Rabu kemarin, Menteri Kerjasama Regional Israel Tzachi Hanegbi mengatakan kepada Radio Militer Israel bahwa sistem S-300 Rusia tidak akan memiliki banyak manfaat terhadap pesawat tempur mereka.

“Kemampuan operasional angkatan udara (Israel) sedemikian rupa sehingga baterai (S-300) itu benar-benar tidak akan bisa membatasi kemampuan angkatan udara untuk bertindak,” katanya kepada Radio Tentara Israel.

“Anda tahu bahwa kita memiliki pesawat tempur siluman, pesawat terbaik di dunia. Baterai ini bahkan tidak akan mampu mendeteksi mereka, ”lanjutnya.

Menteri Israel mengatakan bahwa Rusia sudah menempatkan sistem S-300 mereka di dalam Suriah, sehingga senjata itu sudah diperhitungkan.

Selanjutnya, dia mengatakan bahwa Israel telah menegaskan bahwa mereka tidak akan mundur dan akan terus melakukan operasi mereka di dalam wilayah Suriah.’

“Sudah beberapa kali kami telah mengklarifikasi kepada Suriah  bahwa kami tidak akan mundur dari komitmen kami untuk mencegah penjajahan Iran di Suriah,” kata Hanegbi, dia menambahkan ancaman tersembunyi untuk menghadapi S-300 itu sudah disiapkan:

“Kami sudah dipaksa, beberapa bulan yang lalu, untuk menghancurkan baterai rudal milik Suriah, dan saya harap mereka tidak akan menantang kita kembali  di masa depan.

 

ISRAEL AKAN MULAI GUNAKAN PESAWAT TEMPUR SILUMAN F-35 UNTUK MENYERANG SURIAH

Israel akan mulai menggunakan jet tempur siluman F-35L mereka di Suriah, Galei Tzahel (radio Militer Israel) melaporkan pada hari Rabu.

Menurut laporan Galei Tzahel, keputusan untuk menggunakan F-35 dikeluarkan  sebagai tanggapan atas keputusan Rusia untuk memasok Suriah dengan sistem pertahanan udara S-300.

“Galei Tzahal mengutip sumber di Angkatan Udara Israel yang mengatakan bahwa mengingat situasi di Suriah, Israel telah memutuskan untuk meningkatkan penggunaan pesawat tempur siluman F-35 dalam serangannya ke Suriah,” kata Arutz Sheva.

“Serangan yang akan datang tidak akan menjadi yang pertama, tetapi mereka akan lebih aman untuk para pilot mengingat realitas baru di langit Suriah,” kata sumber itu kepada Galei Tzahal, sebagaimana dikutip oleh Arutz Sheva.

“Ini adalah senjata paling mahal di dunia, dan itu adalah pesawat paling canggih di dunia. Israel membayar 125 juta untuk setiap pesawat, dan Departemen Pertahanan membeli 50 pesawat Model A … Pesawat kami disebut F-35I. Sejumlah delapan pesawat  telah datang di Israel diperkirakan sejumlah 33 akan tiba pada 2021, ”tambah mereka.

 

PUTIN : JIKA TRUMP INGIN TAHU SIAPA BIANG KENAIKAN HARGA MINYAK, SEBAIKNYA DIA BERKACA

Presiden AS Donald Trump telah menuduh OPEC sebagai biang naiknya  harga minyak. Namun, itu sebenarnya pemerintahan  Trump sendiri  yang memicu naiknya harga minyak  mentah, kata Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Kami telah mengadadakan pertemuan yang sangat bagus dengan Presiden Trump di Helsinki,” kata Putin di Forum Minggu Energi Rusia pada hari Rabu. “Tapi jika kita telah berbicara tentang minyak, saya akan mengatakan kepadanya bahwa jika dia ingin menemukan siapa pelaku kenaikan harga itu , maka Anda (Trump) harus  melihat ke cermin,'” tambahnya.

“Kami membela negara2 Opec itu tanpa pamrih , dan kemudian mereka mendapat keuntungan dari kami dengan membuat  kami harga minyak yang tinggi. Itu tidak baik. kami ingin mereka berhenti menaikkan harga, kami ingin mereka mulai menurunkan harga,” kata Trump minggu lalu di depan Majelis umum PBB.

Putin mengatakan bahwa kenaikan harga minyak ke $ 85 per barel untuk pertama kalinya sejak 2014 ini terjadi karena faktor politik eksternal. “Ini termasuk ekspektasi pasar tentang sanksi terhadap Iran, yang dikeluarkan  dengan cara yang  benar-benar ilegal dan berbahaya bagi ekonomi dunia. Ada juga penurunan produksi di Afrika Utara karena sejumlah keadaan politik (perang saudara, dll.).

“Penurunan produksi di Venezuela terjadi juga karena alasan politik internal dan pembatasan (sanksi AS) yang diberlakukan di sana.

Lihatlah apa yang terjadi di Libya,  negara itu telah dihancurkan (AS), ini adalah hasil dari politik yang tidak bertanggung jawab, ”kata pemimpin Rusia itu.

Putin menambahkan bahwa sebagian pendapat adalah benar  Trump menyangkut tentang  perkiraan harga minyak yang seharusnya, dan perusahaan-perusahaan Rusia akan puas dengan kisaran $65- $75 per barel. Rusia dapat meningkatkan produksi minyak sebesar 300.000 barel per hari, jika perlu, kata Putin.

Pada bulan September, negara itu (Rusia) telah menghasilkan sejumlah rekor dalam produksi minyak dalam sejarah modernnya,  disaat  produksi Rusia  naik menjadi 11,36 juta barel per hari.

 

SISTEM PERTAHANAN UDARA S-300 RUSIA MULAI DIOPERASIKAN  MILITER SURIAH

Berkas:MoscowParade2009 7.jpg

Baterai pertama dari sistem  pertahanan udara anti rudal S-300 buatan Rusia telah mulai diaktifkan, media Rusia melaporkan pada hari Selasa 2/10.

Berikut cuplikan video pengiriman sistem rudal permukaan-ke-udara S-300 (S-300PM2) ke Suriah. Terlihat Sistem anti rudal itu diturunkan dari pesawat angkut strategis  airlift  An-124-100  di pangkalan udara Hmeymim Suriah.

 

 

“Menurut sumber lokal, baterai pertama dari system  anti rudal dan pesawat S-300 mulai dioperasi oleh Angkatan Darat Arab Suriah” lapor kantor berita ANNA.

Seperti diketahui , Menhan Rusia mengatakan akan mengirim rudal anti-pesawat baru ke Suriah, seminggu setelah pasukan Suriah secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat Rusia IL-20 saat terjadinya serangan udara Israel, pada 17 September.

Rusia telah menyalahkan insiden itu kepada Israel dan mengatakan bahwa Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menggunakan pesawat  IL-20 Rusia sebagai perisai.  Pihak Israel telah membantah pernyataan ini, mengatakan bahwa mereka telah memberi tahu pihak Rusia pada sebelumnya.

 

Harian Rusia “Kommersant” mengatakan Moskow akan mengirim sekitar empat batalion pertahanan udara S-300 ke Suriah dalam waktu dua minggu, menurut sumber informasi.

Menurut Kommersant, sistem rudal pertahanan udara S-300 akan mencakup fasilitas di pantai Suriah dan memantau perbatasan Suriah dengan Israel serta dengan Yordania, Irak dan Libanon.

Sumber itu menjelaskan bahwa jumlah batalion sistem rudal S-300, yang akan dikirim ke Suriah bisa meningkat menjadi 6 atau 8 batalion, tergantung pada perkembangan dan kondisi yang diperlukan.

Ahli militer Israel mengatakan kepada surat kabar online Rusia “Vzglyad” bahwa Israel tidak akan menyerang rudal S300 karena alasan politik – bukan teknis. “Secara teknis, semuanya mungkin. Tetapi bukan ini masalahnya. Masalah utamanya adalah bahwa memasok Suriah dengan system anti rudal S300 bisa  membawa Rusia dan Israel ke ambang konfrontasi militer langsung, ”  komentarnya.

“Ada pemahaman yang jelas bagi Israel,  bahwa sistem S-300 akan benar-benar menutup wilayah udara Israel”, kata Uzi Rubin  pendiri badan pengembangan sistem pertahanan rudal dan pendiri sistem anti-rudal HETZ Israel.

 

LEBIH 100.000 TERORIS DISURIAH  TEWAS DALAM 3 TAHUN SERANGAN UDARA RUSIA

Syria

Hampir 100.000 teroris telah tewas sejak dimulainya operasi militer Rusia di Suriah 3 tahun yang lalu, kata seorang mantan komandan Angkatan Udara Rusia.

Viktor Bondarev, ketua komite pertahanan dan keamanan dari Dewan Federasi, majelis tinggi parlemen Rusia, dan mantan komandan pasukan udara Rusia dikutip oleh situs RT Aarabic mengatakan bahwa hampir 100.000 teroris telah tewas dalam tiga tahun terakhir perang Suriah, dan bahwa 85.000 diantara 100.000 itu tewas oleh serangan udara Rusia.

Lebih lanjut dikatakan RT arabic, bahwa puluhan ribu posisi teroris dan instalasi mereka juga telah dihancurkan  dalam tiga tahun terakhir, dan bahwa angkatan udara Rusia juga telah menggempur posisi para teroris didaerah berbatu  dan daerah pegunungan untuk memungkinkan gerak maju yang cepat bagi angkatan darat Suriah.

Sebelumnya, dia mengatakan bahwa Rusia telah kehilangan 112 prajurit selama operasi tiga tahun di Suriah.

“Kerugian material termasuk diantaranya delapan buah pesawat, tujuh helikopter dan, hanya satu atau dua personel kendaraan lapis baja,” tambahnya.

 

IRAN LANCARKAN SERANGAN RUDAL KEPOSISI ISIS DISURIAH

Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) meluncurkan enam rudal balistik dari daerah dekat dengan Kermanshah, yang menargetkan teroris di sebelah timur Sungai Eufrat di Suriah pada Senin pagi, TV pemerintah Iran mengabarkan.

Menurut Humas Korps Garda Revolusi Iran, serangan itu diduga telah menewaskan beberapa pemimpin dan para pelaku serangan parade di Ahvaz Iran yang mematikan pada 22 September. Rudal2 balistik itu dilaporkan menargetkan Abu Kamal, sebuah kota di Sungai Eufrat di Deir ez-Zor Provinsi Suriah timur, dekat perbatasan dengan Irak dan diikuti oleh serangan udara yang dilakukan oleh tujuh UAV (pesawat tak berawak).

Misil diluncurkan dengan nama ‘serangan Muharram’ dan menempuh jarak sejauh 570 kilometer (355 mil) sebelum mencapai targetnya.
Paling tidak salah satu misil diberi tulisan : “Matilah Amerika, matilah Israel dan matilah Saudi”.

Menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, sebuah monitor perang yang berbasis di Inggris, “ledakan besar terjadi pada waktu fajar (Senin) di kantong terakhir yang berada di bawah penguasaan ISIS didekat Albu Kamal”.
Albu Kamal sendiri yang terletak di perbatasan dengan Irak, saat ini dikuasai oleh pasukan pemerintah dan sebagian oleh milisi regional sekutu yang merebutnya dari ISIS pada 2007.

 

ARAB SAUDI AKUI MELAKUKAN KESALAHAN DENGAN MENTARGET PENDUDUK SIPIL DAN ANAK ANAK DIYAMAN

Senin lalu , Arab Saudi mengatakan  bahwa fihaknya sedang bekerja keras untuk mengoreksi kesalahan sasaran yang dilakukan oleh koalisi militernya di Yaman yang telah banyak membunuh warga sipil termasuk anak-anak, tetapi para aktivis Hak asasi manusia AS menyatakan  skeptic akan hal ini

Tekanan internasional meningkat pada kerajaan Saudi , termasuk dari par sekutunya , untuk  membatasi korban sipil dalam perang saudara 3-1 / 2 tahun yang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan mendorong negara yang sudah miskin (Yaman)  itu ke jurang kelaparan.

Arab Saudi (telah 3 tahun) memimpin koalisi negara-negara Arab untuk berperang melawan gerakan Houthi yang menguasai  ibukota Yaman.

Senin kemarin, Komite HAM PBB memeriksa catatan Saudi atas kepatuhannya  terhadap protokol perjanjian perlakuan  anak-anak dalam peperangan, dan berulang kali mengangkat masalah anak-anak yang terbunuh oleh serangan koalisi Saudi di Yaman.

“Hal Ini telah berlangsung beberapa tahun. Namun tetap tidak ada informasi bahwa pelaku atau orang yang bertanggung jawab atas tindakan semacam ini telah dituntut atau dijatuhi sanksi atau ditangani dengan cara apa pun, ”kata wakil ketua panel HAM PBB,  Clarence Nelson.

Osaiker Alotaibi dari Kemenhan Arab  Saudi mengatakan kepada panel 18 ahli independen bahwa aliansi yang dipimpin Saudi berkomitmen untuk menegakkan hukum kemanusiaan internasional. Koalisi Saudi memiliki daftar 64.000 target potensial di Yaman yang terlarang untuk diserang, termasuk sekolah dan rumah sakit.

Investigasi oleh fihakk koalisi telah mengungkap “adanya kesalahan tidak sengaja tertentu dalam sejumlah operasi ini,” kata Alotaibi. “Gugus tugas (HAM pBB) merekomendasikan bahwa pelaku harus dimintai pertanggungjawaban dan korban harus mendapat ganti rugi.”

Renate Winter, ketua panel HAM PBB menanyakan  mengapa sekolah dan rumah sakit berulang kali diserang: “tapi Anda mengatakan itu kecelakaan. Berapa banyak kecelakaan seperti itu yang dapat Anda tanggung dan berapa banyak lagi insiden  seperti itu yang dapat ditanggung orang-orang di negara tersebut (Yaman)? “

Winter merujuk kepada  serangan udara di sebuah bus sekolah pada bulan Agustus di provinsi Saada di Yaman utara yang menewaskan puluhan orang.

Koalisi yang dipimpin Saudi mengatakan pada 1 September bahwa mereka mengakui  bahwa serangan udaranya  telah menewaskan puluhan orang, termasuk anak-anak di bus, dan bahwa itu tidak dapat dibenarkan.

Mereka (Saudi)  berjanji akan meminta pertanggungjawaban siapa pun yang berkontribusi terhadap kesalahan tersebut.

Saudi menyalahkan Houthi karena menempatkan warga sipil termasuk anak-anak dalam bahaya dengan menggunakan sekolah dan rumah sakit sebagai “tempat perlindungan”.

This entry was posted in Update WW3 2018. Bookmark the permalink.

6 Responses to Update WW3 Oct 2018

  1. NoName says:

    maaf oot,
    menurut admin, apakah teknologi HAARP yang sering dibicarakan oleh para penggemar konspirasi itu benar adanya dan digunakan para globalis untuk melakukan depopulasi manusia selain dengan perang nuklir al malhmah yang akan terjadi nanti?

    • The admin says:

      Haarp bukan untuk depopulasi atau untu melemahkan orang, karena logikanya merekapun (Ya’juj Ma’juj) juga akan terdampak. Tapi untuk mengendalikan fikiran, Di AS sendiri sedang ramai dibicarakan pengencalian fikiran orang ini lewat smartphone 5G.
      Kalau yg pernah diungkap oleh seorang yg terlibat langsung adalah proyek imunisasi yg dimulai sejak 1945, mereka menggunakan Imunisasi untuk melemahkan fisik dan mental umat manusia bukan untuk depopulasi.

  2. Kosong08 says:

    Ada hadits tentang akhir zaman gak min, terkait iran ?

    • The admin says:

      Serangan Koalisi Arab Saudi dibantu musuh Islam Israel dan aliansi AS ke Iran mungkin hanya menunggu waktu, tapi tidak seperti perang diYaman, Iraq dan Suriah yg banyak diisyaratkan Hadist, perang akhir zaman diIran kita belum menemukan hadistnya. Mudah2an Allah memberi kita kemudahan untuk menemukan penjelasannya.

  3. Suprat says:

    Min,negara yang support ke iran ga ada ya ?
    Kasian di kroyok nato…

    • The admin says:

      Sangat disayangkan beberapa negara timteng malah salah jalan, musuh Islam Israel dan AS malah dijadikan sekutu, tapi negara muslim lain malah dijadikan musuh bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 2 =