Update WW3 Jul 2018

PASUKAN SURIAH TOTAL KUASAI PROVINSI DARAA

Setelah serangkaian operasi militer yang sukses akhirnya pasukan Suriah berhasil membebaskan seluruh desa dipropinsi Daraa bagian barat, Tentara Suriah akhirnya menyelesaikan penguasaan ISIS di provinsi selatan Suriah itu .

Sumber militer mengatakan kepada Muraselon bahwa pasukan tempur berhasil merebut kembali kota terakhir “Al-Qusair” yang terletak di dekat perbatasan Yordania, setelah terjadi bentrokan sengit.

Sebelumnya , kelompok Pasukan elit Suriah Tiger force yang didukung oleh serangan udara itu mampu merebut kembali  desa “Beit Arah” dan “Koya” dari ISIS.

Dengan pencapaian yang luar biasa ini, seluruh provinsi Daraa sekarang telah dibersihkan seluruhnya dari teroris untuk pertama kalinya dalam 7 tahun terakhir

KELOM[OK HOUTHI : MULAI SEKARANG SEMUA IBUKOTA NEGARA KOALISI SAUDI TIDAK AKAN AMAN

Tribesmen attend a tribal gathering to show support to the Houthi movement in Sanaa, Yemen November 10, 2016

Kelompok milisi Houthi diYaman telah meningkatkan serangannya terhadap Arab Saudi dan Uni Emirat Arab pekan ini yang menargetkan infrastruktur minyak Saudi, bandara Abu Dhabi, dan tanker minyak Saudi di lepas pantai Yaman.

Seorang juru bicara senior Houthi mengatakan kepada saluran berita Qatar Al Jazeera bahwa kota-kota koalisi akan menjadi sasaran balas dendam atas serangan yang sedang berlangsung terhadap negara yang dilanda perang itu.

“Tentara Yaman tidak akan membombardir (negara lain), tetapi juga tidak bisa duduk diam saja. Mulai sekarang, ibu kota anggota koalisi Arab tidak akan lagi aman,” kata juru bicara dan juru runding Houthi Mohammed Abdelsalam kepada wartawan  Kamis kemarin  seperti dikutip  ke PressTV.

“Kami tidak ingin membunuh; kami tidak ingin membombardir, tetapi kami juga tidak akan duduk diam saja” tambahnya.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah adanya  dugaan serangan Houthi di bandara internasional di ibukota UEA, Abu Dhabi, Kamis. Pejabat UEA membantah adanya serangan itu  dan mengatakan bahwa bandara itu masih beroperasi seperti biasa.

Sebelumnya, Al Masirah TV Yaman melaporkan bahwa bandara itu telah diserang oleh pesawat tak berawak. Belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa, meskipun pejabat bandara melakukan konfirmasi adanya “insiden yang melibatkan kendaraan pemasok  di Terminal 1.”

Awal pekan ini, koalisi pimpinan Saudi mengatakan bahwa Huthi telah  menargetkan tanker minyak Saudi di lepas pantai, dan menyebabkan “kerusakan ringan.” Sebelum itu, milisi Houthi mengklaim bertanggung jawab atas serangan pesawat tak berawak (Drone) terhadap kilang Aramco di ibukota Saudi Riyadh, yang menyebabkan kebakaran di area penyimpanan minyak.

Abdelsalam menekankan bahwa Kelompok Houthi juga  siap untuk menuntaskan kesepakatan damai dengan kelompok Yaman lainnya, termasuk mantan Presiden yang didukung Saudi  Abdrabbuh Mansur Hadi, dengan syarat bahwa hal itu dilakukan tanpa intervensi asing.

Abdelsalam bertemu dengan Hadi di Muscat, Oman, bulan lalu untuk melakukan pembicaraan.

 

TOKOH DIPEMERINTAHAN AUSTRALIA YAKIN BAHWA AS TELAH  SIAP UNTUK MENYERANG IRAN

Tokoh senior dijajaran Pemerintahan PM Australia Malcolm Turnbull  mengatakan kepada ABC News bahwa mereka yakin Amerika Serikat telah siap untuk membom fasilitas nuklir Iran, mungkin saja pada awal bulan depan, dan Australia siap membantu mengidentifikasi target2nya.

Penjelasan Itu dikeluarkan di tengah-tengah saling ancam antara  Presiden AS Donald Trump dan Presiden Iran Hassan Rouhani. Juga dikatakan bahwa fasilitas pertahanan Australia kemungkinan akan memainkan peran dalam mengidentifikasi target di Iran, demikiani juga badan-badan intelijen Inggris.

Tetapi sebuah sumber keamanan senior menyatakan ada perbedaan besar antara tugas menyediakan intelijen dan analisis yang akurat atas  fasilitas Iran dan keduanya  menjadi bagian dari  sebuah misi “kinetik”.

“Membuat  perencanaan   sangat berbeda dengan partisipasi  factual dalam penyerangan,” kata sumber itu. “Sementara menyiapkan data  intelijen dan pemahaman tentang apa yang terjadi di lapangan agar  Pemerintah (Australia)  dan pemerintah sekutu (AS) bisa  membuat keputusan adalah sisi yang berbeda.”

Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan pagi ini dia tidak punya alasan untuk percaya bahwa AS sedang mempersiapkan konfrontasi militer (terhadap Iran).

“Presiden Trump memang telah mengeluarkan pandangannya dengan sangat jelas ke seluruh dunia, tetapi cerita ini … saya belum bisa menyimpulkan  dari konsultasi (antara Trump) baik dengan  saya, Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan ataupun Komandan Angkatan bersenjata,” katanya.

Fasilitas pertahanan bersama  paling rahasia di Northern Territory dianggap penting perannya dalam kancah mitra intelijen “Five eyes” , yaitu  AS, Inggris, Australia, Kanada dan Selandia Baru , dalam perannya  mengarahkan satelit mata-mata Amerika.

Para Analis dari agen mata-mata yang kurang dikenal seperti Organisasi Geospasial-Intelijen Australia juga diharapkan untuk memainkan peran.

Kanada kemungkinan tidak akan memainkan peran dalam aksi militer apa pun di Iran, begitu pula dengan mitra keamanan “Five Eyes” terkecil Selandia Baru, kata beberapa sumber.

Sementara itu Komandan Pasukan elit AlQuds  Iran manyatakan kesiapannya jika AS menyerang Iran, dan dia  memperingatkan Presiden Trump bahwa jika AS menyerang negaranya, Teheran “akan menghancurkan semua yang Anda punya.”

Pada senin sebelumnya  Penasihat Keamanan Nasional  Gedung Putih John Bolton mengeluarkan pernyataan , “Presiden Trump mengatakan kepada saya bahwa jika Iran melakukan sesuatu yang negatif, mereka akan mendapat hukuman (militer) seperti beberapa negara (muslim) lain yang pernah mengalaminya.”

 

UEA INGINKAN PERAN MILITER YANG LEBIH BESAR DITIMUR TENGAH

Emirati Foreign Minister Anwar Gargash speaks during a press conference in Dubai on June 18, 2018. (AFP photo)

Kamis kemarin Menteri Negara Urusan Luar Negeri UEA Anwar Gargash mengatakan  bahwa UEA siap untuk mengerahkan lebih banyak pasukan di seluruh Timur Tengah, karena sekarang ada perbedaan kebijakan antara AS dan negara-negara Eropa dalam memandang  keamanan dikawasan timur tengah.

“Dalam sistem internasional seperti saat ini, kita  tidak boleh lagi hanya ‘menulis cek dan mengharap seseorang akan datang untuk mengamankan stabilitas di kawasan ini’. Anda harus melakukan  pembagian tugas, ”kata Gargash dalam pidato di London.

Menteri UEA itu mengatakan,  negaranya terutama khawatir  perbedaan yang meningkat antara AS dan Eropa terutama tentang bagaimana menangani Iran.

UEA telah menghabiskan miliaran dolar  peralatan militer dan senjata dengan dalih semata-mata melawan pengaruh regional Iran. Dan juga telah bergabung dengan Arab Saudi dan sekutu lainnya dalam perang untuk  menghancurkan  Yaman.

Serangan (keYaman)  ini telah merenggut nyawa sekitar 15.000 orang, kebanyakan warga sipil. Pasukan UEA secara khusus memiliki peran aktif dalam operasi yang sedang berlangsung untuk merebut  satu-satunya pelabuhan utama Yaman di Hudaydah, di Laut Merah.

Selain itu, UEA  berusaha untuk merebut  kendali atas pulau strategis Socotra di Laut Arab  yang telah disewakan oleh mantan Presiden Yaman  Abd Rabbuh Mansur Hadi ke kerajaan Teluk Persia untuk selama hampir satu abad.

UAE juga  akan mencoba membangun pijakannya di Afrika Utara. yang dilihat sebagai penghalang utama bagi perdamaian di Libya dengan memberikan dukungan keuangan kepada apa yang disebut Tentara Nasional Libya (LNA), yang dipimpin oleh Jenderal Khalifa Haftar, yang bertentangan dengan mandat pemerintah yang diakui secara internasional di ibukota Tripoli.

Uni Emirat Arab juga telah mendirikan pangkalan dan pelabuhan komersial di Somalia utara serta pangkalan di pelabuhan Eritrea, Assab, Selatan Eritrea, UEA setuju dengan otoritas Somalia yang memisahkan diri dari wilayah utara Somalia pada bulan Februari untuk membuka pangkalan angkatan angkatan laut di kota pelabuhan Berbera.

Dalam pidato Kemarin Gargash juga mengkonfirmasi laporan bahwa beberapa juta dolar uang UEA telah dicuri dari pesawat sipil di ibukota Somalia Mogadishu.

Menurut laporan bulan Juni dari  Institut Penelitian Perdamaian Internasional di Stockholm , UEA adalah salah satu dari lima importir senjata terbesar dunia . Laporan itu mengatakan bahwa impor senjata Abu Dhabi bahkan melebihi Cina dalam dalam lima tahun terakhir,  pemasok utama senjata ke negara itu adalah AS, Inggris dan Perancis.

PETA TERAKHIR SITUASI DI SURIAH SELATAN , DARAA, SUWAEDA DAN QUNEITRA

Peta menunjukkan situasi terkini 27/7  di Suraih selatan , Merah area yangsudah direbut kembali Pasukan Suriah, Hijau area yang masih dikuasai pemberontak Suriah, dan Hitam sisa area yang masih dikuasai ISIS. Area biru adalah wilayah Suriah didataran tinggi  Golan  yang dicaplok Israel.

HOUTHI SERANG BANDARA INTERNASIONAL ABU DHABI DENGAN DRONE

Pada hari ini Kamis 26/7, pasukan Houthi mengumumkan bahwa batalyon roket mereka telah menyerang Bandara Internasional Abu Dhabi dengan Pesawat Drone bersenjata mereka.

Menurut media resmi pasukan Houthi, pesawat tanpa awak Sadi-3 mereka membom Bandara Internasional Abu Dhabi sebagai pembalasan atas keterlibatan UEA dalam  dalam Koalisi pimpinan Arab Saudi dalam menyerang Yaman.

UAE belum mengomentari klaim dari pasukan Houthi ini. Jika ini terbukti benar, maka serangan oleh pasukan Houthi ini akan menandai untuk pertama kalinya dalam sejarah Uni Emirat Arab telah diserang fihak asing.

 

KOMANDAN PASUKAN ELIT IRAN : JIKA AS MEMULAI PERANG , MAKA KITALAH YANG AKAN MENGAKHIRINYA

In this photo released by the Islamic Republic News Agency (IRNA), members of the Iranian Revolutionary Guard celebrate after launching a missile during their maneuver in an undisclosed location in Iran (File)

Ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat makin meningkat dengan cepat,  ancaman sanksi perdagangan Washington terhadap Iran direspon dengan bersumpah untuk memberlakukan blokade perdagangan minyak yang melewati selat Hormuz.

Mayor Jenderal Qassem Soleimani, kepala Pasukan elit  Korps Garda Revolusi Quds  Iran, memberi pernyataan yang ditujukan kepada Presiden AS Donald Trump, bahwa pasukannya “siap untuk menghadapi AS” jika Trump merealisasikan ancamannya bahwa Iran akan menanggung konsekuensi yang disebut sebagai  ” Penderitaan yang belum pernah dialami manusia dalam sejarah”.

 “Anda tahu bahwa perang ini akan menghancurkan semua yang Anda miliki. JIka anda  memulai perang ini, makai kita akan menjadi fihak yang  mengakhirinya”.  “Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dalam  menghina rakyat Iran dan presiden Republik kita,” Tegas Jenderal Soleimani  dalam pidato bahasa Aarab yang dikutip oleh siaran TV Al Alam Iran.

Sehari sebelumnya, Kepala Pengawal Revolusioner Iran Mayor Jenderal Mohammad Ali Jafari menyatakan bahwa ancaman minyak AS terhadap Iran “dapat dengan mudah dijawab.”

Pernyataan Soleimani dikeluarkan sebagai  tanggapan terhadap upaya Washington yang memaksa para sekutu AS untuk sepenuhnya menghentikan  impor minyak dari Iran. Pada gilirannya Teheran mengancam akan memblokir pengiriman minyak dari teluk Arab yang melewati Selat Hormuz. Hal ini beresiko  akan menyebabkan gangguan pasar minyak  global karena 30 persen dari semua perdagangan minyak mentah yang melalui laut dikirim melalui selat Hormuz.

 

SEBUAH BOM MELEDAK DIKEDUBES AS DI BEIJING

The street is packed with panicked people trying to see what’s happened.

Seseorang telah  meledakkan sebuah bom di kedutaan AS di ibukota Cina, Beijing. Para saksi melaporkan ledakan besar ini terjadi sebelum puluhan pejabat datang  di daerah itu.

“Ada ledakan sekitar pukul 1 siang hari ini 26/7 di ruang publik dari sudut tenggara kompleks Kedutaan Besar,” kata seorang juru bicara kedutaan.

“Menurut Petugas Keamanan Regional Kedutaan, ada seseorang yang meledakkan bom tapi selain pembom sendiri, tidak ada lagi yang cedera. Polisi setempat menjawab. ” Polisi Beijing mengkonfirmasi seorang pria berusia 26 tahun dari Inner Mongolia menyalakan sebuah “petasan”  di persimpangan Jalan Tianze dan Anjialou Road.

Polisi mengatakan tangan pria itu terluka dan kemudia dia dibawa ke rumah sakit. Belum ada info tentang motifnya tetapi polisi sedang menyelidiki.

Media China mengatakan bahwa para saksi mata melaporkan pria itu bermaksud untuk melemparkan perangkat bom itu  ke kedutaan, tetapi bom itu meledak sebelum dia melewati pagar, dan melukai beberapa orang dan merusak sebuah mobil polisi di jalan.

SURIAH BERSIAP LAKUKAN SERANGAN BESAR KE IDLIB

Tentara  Suriah (SAA) sedang mempersiapkan untuk melancarkan serangan baru di Suriah barat laut setelah serangan  yang sukses di provinsi selatan Al-Quneitra dan Daraa, sumber militer mengatakan kepada Al-Masdar News malam ini.

Menurut sumber militer, Pasukan Tiger Force akan menuju ibukota  Idlib dalam beberapa minggu ke depan, dan mengklaim bahwa mereka akan berkonsentrasi untuk  merebut kembali Distrik Al-Ghaab Plain dan Jisr Al-Shughour .

Sumber itu menambahkan bahwa Pasukan Tiger Force akan bergerak ke arah Provinsi Idlib begitu mereka telah sepenuhnya mengalahkan ISIS di daerah Cekungan Yarmouk di barat daya Daraa.

Pada saat yang sama, Garda Republik Suriah dan Divisi Lapis Baja ke-4 akan menuju ke wilayah Jabal Turkmen dan Jabal Al-Akrad di Latakia utara. Garda Republik dan Divisi 4 akan bertugas merebut kembali daerah-daerah yang terletak  di Latakia utara tersebut , sekaligus juga mengamankan perbatasan dengan Turki.

Serangan  ini bisa dibilang akan menjadi pertempuran yang paling sulit untuk tahun ini bagi Tentara Suriah, karena para pemberontak dan militant ISIS di wilayah Idlib dan Latakia ini terlatih dan punya persenjataan yang baik.

Juga para pemberontak militant ISIS di Idlib barat daya dan Latakia utara memiliki banyak pejuang asing, yang akan membuat pertempuran ini menjadi semakin penting bagi pasukan Rusia dan Suriah.

Mungkin hambatan terbesar bagi tentara Suriah dalam serangan ini adalah militer Turki, yang telah menempatkan  pos pengamatan di wilayah barat laut Suriah ini.

Pos pengamatan militer Turki sering memblokir Tentara Suriah yang maju ke arah daerah yang dikuasai ISIS, selain juga terbukti sering dijadikan tempat bagi  kelompok garis keras seperti Hay’at Tahrir Al-Sham dan Partai Islam Turkestan.

Para pemberontak  di wilayah ini juga telah melancarkan beberapa serangan dengan drone bersenjata kePangkalan Udara militer Rusia Hmeymim  barat daya Latakia. Bagi militer Rusia, serangan ini akan menjadi sangat penting karena ini akan mengamankan instalasi terbesar mereka di dalam wilayah Suriah.

 

ISRAEL JATUHKAN PESAWAT SURIAH YANG TERBANG DIATAS DATARAN TINGGI GOLAN

 

Militer Israel menyatakan telah menembak jatuh pesawat jet tempur  Suriah yang memasuki wilayah udaranya, dan  pesawat itu jatuh di sisi dataran tinggi Golan di Suriah.

Militer Israel mengatakan  bahwa dua rudal Patriot diluncurkan kearah jet tempur Sukhoi Suriah, yang dikatakan telah terbang sekitar lebih dari satu mil diatas  langit Israel. “Pesawat Itu ditembak jatuh dan jatuh,” kata juru bicara militer Israel Letnan Kolonel Jonathan Conricus kepada wartawan. Tapi  “sejauh ini kami tidak memiliki informasi tentang pilotnya.

Saya tidak tahu ada laporan tentang parasut yang terlihat, dan kami tidak tahu apakah ada pilot yang diambil. ” Dia menegaskan bahwa pesawat itu adalah pesawat Suriah, bukan Rusia. “Satu-satunya hal yang kami ketahui tentang pesawat itu adalah pesawat itu jatuh, kemungkinan besar di bagian selatan Dataran Tinggi Golan Suriah,” katanya.

Israel merebut Golan dari Suriah pada 1967 dan masih menduduki daerah itu. PBB kemudian  mengerahkan pasukan pemelihara perdamaian antara kedua pihak pada tahun 1974.

Beberapa pecan terakhir Pasukan Suriah  sednag memerangi  pemberontak dan militan ISIS Islam di perbatasan dengan Israel itu.

Hari  Selasa ini menandai untuk pertama kalinya pasukan Suriah mencapai pagar perbatasan dengan Pasukan Pengamat PBB di tepi Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel.

“Sejak pagi, telah terjadi peningkatan pertempuran internal di Suriah, termasuk peningkatan aktivitas Angkatan Udara Suriah,” kata pernyataan tentara Israel. Ini adalah pertama kalinya Israel menembak jatuh jet Suriah dalam empat tahun ini.

 

DONALD TRUMP MENANGGAPI GERTAKAN PRESIDEN IRAN

National security adviser John Bolton listens as President Donald Trump speaks during a cabinet meeting at the White House, Monday, April 9, 2018, in Washington

Dalam sebuah pernyataan pada hari Senin Penasihat Keamanan Nasional John Bolton (duduk dibelakang Trump) mengatakan bahwa dia dan Presiden AS Donald Trump telah membahas masalah Iran, dan  dia menekankan bahwa pemimpin AS siap untuk mengambil tindakan drastis.

“Saya telah berbicara dengan Presiden selama beberapa hari terakhir, dan Presiden Trump mengatakan kepada saya bahwa jika Iran melakukan sesuatu yang negatif, mereka akan membayar harga seperti halnya beberapa negara yang pernah membayar sebelumnya,”

Dalam sebuah pesan Twitter pada hari Minggu, Trump memperingatkan Teheran dengan  mengatakan bahwa jika Presiden Iran Hassan Rouhani  mengancam Amerika Serikat lagi, maka Iran akan menerima konsekuensi seperti  “beberapa Negara yang pernah menderita sepanjang sejarah.”

Dalam tweet-nya Trump menyampaikan tanggapan atas pernyataan Preesiden Iran, yang menyatakan bahwa Iran negaranya bisa  memblokir ekspor minyak dari Negara Teluk jika  ekspor Iran dihentikan.

Rouhani juga mengatakan  bahwa “perang dengan Iran adalah induk dari semua perang dan perdamaian dengan Iran adalah induk  dari semua kedamaian.”

Hubungan Iran dan AS  memburuk sejak  Mei lalu, ketika Trump mengumumkan niatnya untuk menarik AS dari kesepakatan nuklir Iran dan akan  memaksakan sanksi sepihak terhadap Teheran. Langkah itu tidak didukung oleh pihak lain yang terlibat dalam perjanjian seperti Cina, Rusia, Perancis, Jerman, Inggris dan Uni Eropa , semuanya  menolak untuk mengikuti langkah AS dan mengkonfirmasikan komitmen mereka terhadap kesepakatan itu.

 

PERTAHANAN  UDARA SURIAH HADANG RUDAL RUDAL ISRAEL YANG SERANG  PEDESAAN MASYAF DIKOTA HAMA

Masyaf

Pertahanan udara Suriah berhasil menembakkan jatuh beberapa rudal  musuh di langit pedesaan Masyaf, kata sumber lapangan kepada Muraselon.

Sumber menunjukkan bahwa pertahanan Suriah berhasil mengintersep 3 buah  rudal dan menghancurkannya di sekitar desa Zawi di Masyaf, sementara satu rudal tidak terintersep dan menghantam salah satu situs militer Suriah.

Namun, serangan itu tidak mengakibatkan korban manusia dan hanya terbatas pada kerusakan material, menurut sumber Muraselon.

Sumber itu mengatakan bahwa agresi Israel ini adalah upaya untuk menutupi keruntuhan organisasi teroris di provinsi Daraa dan Quneitra, ketika Angkatan Darat Arab Suriah berhasil  mengakhiri keberadaan  terorisme di wilayah selatan Suriah itu.

Selama bertahun-tahun perang melawan teroris di Suriah,  Israel selalu membantu organisasi teroris baik melalui campur tangan langsung atau dengan memberi mereka dukungan logistik, senjata, dan intelijen.

 

ISRAEL BANTU EVAKUASI 8oo ANGGOTA ‘WHITE HELMETS” KE YORDANIA

White helmets, sebuah kelompok mata mata bentukan barat yang berkedok misi bantuan kemanusian dalam perang Suriah dikhabarkan mendapat bantuan Israel untuk dievakusai wilayah sekutunya Yordania sebelum dipulangkan kenegara tujuan akhir.  Kelompok kontroversial ini pernah memainkan sandiwara serangan kimia diMosul yang kemudian dituduhkan kePemerintaha Suriah.  Mereka semakin terpojok oleh kemajuan pesat Pasukan Suriah yang hampir total menguasa Provinsi Daraa dan Quneitra. Sangat aneh memang, ketika area itu dikuasi para teroris dan militan   mereka malah merasa aman, tapi merasa terancam setelah teroris dikalahkan. Dan cepat atau lambat kedok para pemain diSuriah makin jelas bahwa  siapa membantu fihak AS adalah sama dengan difihak Israel.

Militer Israel mengatakan telah menyelamatkan anggota organisasi sipil relawan Suriah dari daerah perbatasan yang bergejolak di Dataran Tinggi Golan dan akan mengevakuasi mereka ke negara ketiga.

Militer Israel menyebut upaya itu sebagai “gerakan kemanusiaan yang luar biasa” yang dilakukan atas permintaan Amerika Serikat dan sekutu Eropanya karena “ancaman langsung terhadap keselamatan  mereka”.

Media Israel melaporkan bahwa sekitar 800 anggota organisasi penyelamatan Suriah yang dikenal sebagai “White Helmets”  dan keluarga mereka telah  dievakuasi dalam semalam.

Sumber pemerintah Yordania mengatakan 422 orang telah dibawa dari wilayah Suriah di perbatasan dataran tinggi Golan  diduduki Israel dan dibawa ke Yordania, angka ini turun dari 800 yang diumumkan sebelumnya oleh kementerian luar negeri Yordania di Amman.

Para pelarian “White helmets” ini akan dikumpulkan disebuah  lokasi “tertutup” di Yordania dan akan dimukimkan kembali di Inggris, Jerman dan Kanada dalam waktu tiga bulan kedepan, sumber itu menambahkan.

PRESIDEN IRAN  ROUHANI PERINGATKAN TRUMP : JANGAN BERMAIN MAIN DENGAN EKOR SINGA 

Iranian President Hassan Rouhani

Pada hati minggu 22/7 kemarin Presiden Iran Hassan Rouhani memperingatkan Presiden AS Donald Trump untuk tidak  mencari sikap permusuhan terhadap Iran, dan mengatakan  “Amerika harusnya  tahu …bahwa  perang dengan Iran adalah induk  dari semua perang,” tetapi dia tidak menutup kemungkinan perdamaian antara kedua negara.

Iran menghadapi peningkatan tekanan dan sanksi mencekik dari AS  setelah  Trump memutuskan untuk menarik Amerika Serikat dari kesepakatan nuklir internasional 2015 atas program Iran.

Berbicara didepan pertemuan para diplomat Iran, Rouhani mengatakan : ” Trump, jangan bermain dengan ekor singa, ini hanya akan menyebabkan penyesalan,”  agen berita resmi  IRNA melaporkan.

Rouhani mencemooh ancaman Trump untuk menghentikan ekspor minyak Iran dan mengatakan bahw  Iran memiliki posisi dominan diTeluk Arab dan Selat Hormuz, yang merupakan jalur pengiriman minyak utama dunia.

Pada hari Sabtunya Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mendukung pendapat Rouhani bahwa Iran dapat memblokir ekspor minyak Teluk jika ekspornya sendiri dihentikan.

Ancaman nyata Rouhani awal bulan ini untuk mengganggu pengiriman minyak dari negara-negara tetangga datang sebagai reaksi terhadap upaya Washington untuk memaksa semua negara berhenti membeli minyak Iran.

Secara terpisah, seorang komandan militer Iran juga  memperingatkan bahwa pemerintahan Trump mungkin bersiap untuk menyerang Iran. “Perilaku musuh tidak dapat diprediksi,” kata kepala staf militer Jenderal Mohammad Baqeri.

“Meskipun pemerintah Amerika saat ini tampaknya tidak berbicara tentang ancaman militer, menurut informasi yang akurat  tampak sedang berusaha membujuk militer AS untuk melancarkan invasi militer (ke Iran),” kata Baqeri.

Ekspor minyak dikhawatirkan Iran bisa turun sebanyak dua pertiga pada akhir tahun ini jika sanksi baru AS itu diterapkan, dan akan membuat pasar minyak di bawah tekanan besar .

Washington pada awalnya berencana untuk menghentikan total ekspor minyak  Iran dari pasar minyak global setelah Trump keluar dari kesepakatani nuklir Iran dengan meminta semua negara lain untuk berhenti membeli minyak mentahnya mulai November tahun ini. Tapi ancaman itu agak mereda posisinya dengan mengatakan bahwa mungkin saja dia dapat memberikan  keringanan kepada beberapa sekutu AS yang sangat bergantung pada pasokan minyak Iran.

SITUASI RAQQAH TERKINI , KOTA YANG PERNAH DIKLAIM SEBAGAI IBUKOTA ISIS

Warga kota Raqqah di Suriah utara, yang merupakan kota  bekas kubu (Ibukota) kelompok teroris Takfiri ISIS, telah meminta pemerintah untuk kembali ke kota itu  dan menyediakan layanan sipil bagi warganya.

Raqqah jatuh ke militan Kurdi yang didukung AS tahun lalu setelah mereka mengusir teroris Takfiri ke luar kota. Akan tetapi para militant (Kurdi)  menolak menyerahkan kembali kendali Raqqah  ke pemerintah Suriah.

Dalam wawancara yang diterbitkan oleh Ruptly pada hari Sabtu, warga Raqqah mengingat kembali situasi kota saat sebelum konflik meletus , ketika layanan seperti air dan listrik tidak langka. Mereka menyatakan harapan bahwa pemerintah akan kembali menguasai kota itu. “Kami ingin pemerintah kembali; kami ingin mereka kembali membuka sekolah dan menyediakan pendidikan kepada siswa dan  semua layanan yang kami inginkan seperti air dan listrik.

Kami telah kehilangan banyak hal  selama bertahun-tahun ini sampai sekarang. Adapun ISIS (Daesh), kami tidak ingin melihat mereka lagi. Mereka menghancurkan kami, ”kata seorang warga Raqqah.

“Kami membutuhkan air karena kami tidak memiliki air; kami membutuhkan bantuan karena kami tidak menerima bantuan di sini. Kami membutuhkan pendidikan untuk anak-anak karena mereka tidak mendapatkan pendidikan.

Adapun listrik, kami berharap bahwa pemerintah  mau datang untuk menyediakan listrik. Kami juga membutuhkan dokumen keluarga karena kebanyakan orang tidak terdaftar, ”kata seorang warga lainnya.

Tahun lalu, ISIS (Daesh)  kehilangan Raqqah , kota yang pernah diklaim sebagai ibukotanya setelah empat bulan pertempuran dan pemboman oleh  Pasukan Demokratis Suriah (Pemberontak Suriah) dan  koalisi dukungan AS terutama militan Kurdi.

Pemboman itu membuat  kota itu menjadi reruntuhan. Wilayah yang dikuasai oleh ISIS di bagian utara dan timur Suriah telah direduksi , dan sekarang ISIS menjadi hanya menempati segelintir kantong yang terisolasi.

Dukungan AS untuk beberapa kelompok militan di Suriah, terutama Kurdi, telah memicu kekhawatiran bahwa AS  hanya  mencoba untuk membuat wilayah yang  diluar kendali pemerintah Suriah.

AS telah melakukan serangan udara terhadap apa yang diklaimnya sebagai target ISIS di Suriah sejak September 2014 tanpa persetujuan pemerintah atau mandat PBB. AS dan sekutunya dituduh telah membunuh banyak  warga sipil dalam apa yang disebut perang melawan ISIS di Suriah itu.

UPDATE PERANG SURIAH

Persiapan sedang dilakukan untuk mengevakuasi para teroris yang tidak menginginkan penyelesaian (rekonsiliasi) dari daerah Um Batina di pedesaan Quneitra dalam pelaksanaan kesepakatan yang dicapai untuk mengakhiri keberadaan  teroris di pedesaan Quneitra.

Reporter SANA mengatakan bahwa beberapa bus (sumber lain menyebut 50 bus) telah disiapkan di desa Um Baitna untuk mengevakuasi para  teroris bersama dengan keluarga mereka ke Suriah utara.

Teroris yang menolak penyelesaian (rekonsiliasi)  berkumpul di desa Um Batina untuk dievakuasi  dalam  satu rombongan  menuju desa Nabaa al-Sakhar  ke Suriah utara.

Reporter itu menambahkan bahwa satuan tentara (Suriah) telah  masuk pada Jumat pagi ke desa Ayn al-Tina dan Qarqas di pedesaan Quneitra setelah mengeluarkan  para teroris dari area itu.

 

Sementara itu Presiden Suriah dikhabarkan mengunjungi Kamp pengungsi Masyaf yang berjarak 225Km di utara Damaskus.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=1&v=Hy1D-8mazPk

 

BEBERAPA  VIDEO  TENTANG KESIAPAN  PERSENJATAAN MUTAKHIR RUSIA

Wakil Komandan Pasukan Rudal Strategis Rusia  Mayor Jenderal Sergey Poroskun mengatakan bahwa Rudal hipersonik yang baru dan rudal rumit Avangard, akhirnya memasuki produksi produksi, Sementara beberapa  senjata baru masih dalam pengujian, infrastruktur militer yang ada seperti  mungkin Silo bawah tanah juga  sedang disesuaikan untuk mengakomodasi perangkat baru tersebut, tambahnya

 

Rudal hipersonik Presisi Tinggi

Rudal Kinzhal adal rudal hipersonik yang diluncurkan dari pesawat tempur, yang mampu menempuh kecepatan 10 kali lebih  daripada kecepatan suara, Rudal ini  terus menjalani pengujian  di Distrik Militer Selatan. Satuan tempur yang telah menerima rudal baru  pada  desember lalu telah terbang lebih dari 350 misi terbang dengan Kinzhals terpasang dan meluncurkan rudal ini  beberapa kali. Rudal ini diluncurkan dari jet tempur MiG-31 yang terbang diketinggian tinggi, dan memiliki jangkauan efektif 2.000 kilometer. Kinzhal dapat dilengkapi baik  dengan hulu ledak nuklir dan konvensional, dan mampu menembus sistem pertahanan udara yang paling rumit sekalipun.

 

Rudal hipersinik terbaru lainnya adalah disebut  Avangard , Video dibawah menunjukan ketika glider Avangard dipasangkan  ke rudal balistik, dan kemudian dimasukkan ke dalam silo bawah tanah.

 

Ini memberikan sedikit penjelasan  pada kinerja sebenarnya dari system ini, karena rekaman animasinya pertama kali  ditampilkan ke publik kembali pada bulan Maret. Perangkat ini gambarkan  mampu terbang dengan kecepatan hipersonik dan mampu menahan suhu (permukaan rudal) yang sangat tinggi selama penerbangan mendekati targetnya. Sistem ini dikatakan mampu membuat  manuver (menghindari system anti rudal) dan dapat dikontrol hingga saat mencapai targetnya.

 

Generasi Baru ICBM  Sarmat.

Rudal balistik antar-benua Rusia (ICBM) terbaru, RS-28 Sarmat (NATO menyebutnya SS-X-30 Setan-2) direncanakan akan  menggantikan ICBMl R-36 M2 Voevoda (nama pelaporan NATO Setan). Sarmat dirancang untuk dapat membawa segala jenis hulu ledak yang ada dan hampir tidak memiliki batas jangkauan, bisa menjangkau  di mana saja di planet bahkan  di Kutub Selatan atau Kutub Utara sekalipun.

Rudal itu telah berhasil melewati uji peluncuran dan sekarang sedang disiapkan untuk pengujian penerbangan, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Video ini menunjukkan ketika rudal sedang dalam sebuah kendaraan pengankut, serta pemuatannya ke dalam silo bawah tanah, dan secara cepat  rudal  meninggalkan silo. Video Ini juga memberikan sedikit gambaran ketika rudal  dalam proses pengembangannya dipusat risetnya.

 

Rudal Bertenaga Nuklir

Sementara sistem propulsi (penggerak) bertenaga nuklir untuk rudal jelajah yang  dijuluki ‘Burevestnik’ telah berhasil berhasil diuji, bingkainya masih perlu beberapa penyesuaian. Seperti halnya , berbagai komponen rudal yang sedang mengalami beberapa perbaikan yang diperlukan, Kata salah satu pengembang yang terlibat  Sergey Pertsev.

Rudal ini dirancang untuk memiliki “jangkauan tak terbatas dan kemampuan tak terbatas untuk melakukan manuver,” saat ini sedang dalam uji coba  tambahan dan diperkirakan akan masuk ke uji penerbangan setelah  perubahan itu.

Makanya , Video terbaru pada rudal jelajah ‘Burevestnik’, masih terfokus sepenuhnya pada penelitian dan proses pengembangan. Video ini menunjukkan  beberapa rudal itu ketika masih diworkshopnya, beberapa diantaranya sudah ditempatkan ke dalam wadah (Silo) peluncuran.

 

Kapal Selam Tanpa Awak Bertenaga nuklir

Proyek  yang masih saudara  dari rudal bertenaga nuklir  ‘Burevestnik’, adalah kapal selam tanpa awak (drone)  “Poseidon”, yang juga menggunakan  sistem propulsi (penggerak) tenaga nuklir mini, juga sudah selesai dibangun.

Video terbaru ini menunjukkan dilakukannya uji statis dari kapal selam itu, yang pada dasarnya merupakan torpedo dengan tenaga nuklir. Video menunjukkan Rudder (sirip ekor) dan baling balingnya  sedang bergerak sementara para ahli sedang mengamati kinerjanya. Bagian yang juga paling menarik (rahasia)  dari kapal selam tanpa awak ini adalah baling-balingnya, itulah kenapa gambarnya diburamkan.

Perangkat ini diluncurkan dari kapal selam berawak yang dapat bergerak ke sasarannya pada kecepatan tinggi di bawah laut, yang membuatnya hampir tidak mungkin untuk dicegat, menurut militer Rusia.

“Karakteristik unik dari sistem ‘Poseidon’ ini akan membantu Angkatan Laut Rusia guna melawan dan menghancurkan kapal induk dan satuan tempur  potensial di setiap arenar perang lautan dan juga bisa  menghancurkan fasilitas infrastruktur pantai,” kata kepala analis Laksamana Igor Kasatonov.

 

Sistem Senjata Laser Yang masih Misteri

Pada bulan Maret laLu Putin menyatakan bahwa “Sistem senjata laser” masih mempertahankan predikatnya sebagai senjata yang paling misterius, karena itu  video ter baru itu hanya  memberi sedikit gambaran tentang apa sebenarnya yang seharusnya dilakukan.

Video ini menampilkan satuan  militer yang sedang mengoperasikan setidaknya dua sistem senjata laser “Peresvet” yang dipasang diatas truk yang dikawal oleh beberapa komando dan kendaraan pendukung. Ketika digelar  senjata ini akan terbentang  dan memaparkan perangkat mirip meriam  yang mungkin besar adalah sistem senjata laser.

 

PARLEMEN ISREL SAHKAN UNDANG UNDANG YANG MENETAPKAN ISAREL ADALAH NEGARA YAHUDI

The Basic Law would marginalise 1.8 million Palestinians with Israeli citizenship [File: Reuters]

 

Pada Kamis kemarin Parlemen Israel menyetujui sebuah undang undang  kontroversial  yang menetapkan Israel  sebagai Negara Yahudi,  para kritikus memperingatkan bahwa hal itu akan makin meminggirkan ras  minoritas (Arab).

Pemerintah mengatakan RUU  yang disahkan pada dini hari kemarin,  akan mengabadikan karakter Israel (sebagai Negara Yahudi)  dalam ketetapan hukum.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menyebut  hal ini menandai  telah terlewatinya sebuah “momen bersejarah dalam sejarah Zionisme dan sejarah negara Israel.”

“Israel adalah negara bangsa dari orang-orang Yahudi, yang menghormati hak individu semua warganya,” katanya. “Saya ulangi, ini adalah negara kita. Negara Yahudi.

“Akhir-akhir ini, ada orang-orang yang mencoba untuk mengacaukan ini dan karenanya bisa mengguncang fondasi keberadaan kita dan hak-hak kita. Jadi hari ini kita telah mengukir hukum diatas batu. Ini adalah negara kita. Ini adalah bahasa kita. Ini adalah lagu kebangsaan kita dan ini adalah bendera kita. Panjang umur negara Israel. “

Para penentang Undang Undang  baru itu mengatakan bahwa hal itu akan makin meminggirkan minoritas Arab di negara itu yang berkisar 20 persen dan menurunkan peringkat bahasa Arab sebagai bahasa resmi menjadi bahasa “khusus”.

Undang-undang itu disahkan dengan kemenangan  62-55, dengan dua anggota Knesset (parlemen Israel) yang  abstain.

Undang-undang, yang didefinisikan sebagai “hukum dasar,” memberikan status kuasi-konstitusional, yang kemungkinan akan menghadapi tantangan pengujian  di Mahkamah Agung.

Para anggota parlemen Israel secara bergantian  dengan penuh semangat mengungkapkan pandangan mereka dalam debat gaduh selama berjam-jam di parlemen semalam.

DRONE ANGKATAN UDARA YAMAN MENYERANG KILANG MINYAK ARAB SAUDI

Tentara Yaman, yang didukung oleh pejuang  dari Aliansi Komite Rakyat  telah menyerang kilang minyak perusahaan milik Arab Saudi Aramco di ibukota Riyadh dengan menggunakan pesawat tak berawak (Drone)  baru yang diluncurkan pada Rabu, Fihak  kerajaan mengkonfirmasikan adanya kebakaran di pabrik pengolahan minyak itu.

“Pesawat tak berawak dari Angkatan udara kami telah menargetkan kilang Aramco di Riyadh,” kata sebuah postingan Twitter di akun saluran televisi al-Masirah Yaman.

“Operasi  angkatan udara dengan Drone  adalah awal yang tegas dalam tahap baru untuk mencegah agresi (dari Koalisi Arab Saudi),” kata saluran tersebut mengutip juru bicara militer Yaman Brigadir Jenderal Sharaf Luqman.

Menurut TV al-Masirah, ini  adalah serangan  pertama yang dilakukan menggunakan drone jarak jauh terbaru. Sementara Aramco juga  mengkonfirmasi adanya kebakaran di pabrik penyulingannya di Riyadh, dan mengatakan tim pengendalian kebakaran dan pertahanan sipil Saudi telah melokalisir  api yang berkobar pada sore hari itu.

SITUASI TERKINI DI DARAA SURIAH 

Pasukan pemerintah Suriah kini  telah menguasai 90% dari area provinsi Daraa yang terletak di barat daya negara, kata jurubicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, Rabu.

“Di tengah ketegangan umum, beberapa perkembangan  positif baru menarik perhatian  sebagian besar adalah terkait dengan operasi pasukan pemerintah Suriah yang sukses di barat daya negara itu, yang secara konsisten mendesak militan di provinsi Daraa, ”kata juru bicara itu.

“Semakin banyak komunitas yang memisahkan diri dari kelompok teroris dan para petinggi militan  yang menyerah tanpa pertempuran. Hingga Senin, 16 Juli, sudah 90% dari wilayah provinsi Daraa berada di bawah kendali pihak berwenang Suriah, ”kata Jubir Kemenlu  itu.

Menurut Zakharova, “Sesuai  kesepakatan yang telah dicapai untuk menyelesaikan situasi di pusat pemerintahan provinsi  Daraa , lebih  400 militan (yang menyerah)  dan anggota keluarga mereka telah dikirim dari Daraa  ke Suriah Utara tiga hari yang lalu.”

Jubir Kemenlu  Rusia itu juga mencatat peningkatan situasi kemanusiaan di provinsi itu: “Krisis  pengungsi di sepanjang perbatasan dengan Yordania telah berakhir dan sebenarnya semua pengungsi  telah kembali ke rumah mereka.”

 

Jalan-jalan kota Daraa terlihat mulai banyak kegiatan, karena penduduk setempat merasa lebih aman setelah bertahun-tahun menjadi sasaran penembakan dan serangan oleh organisasi-organisasi teroris.

Bus bus mengangkut Rombongan  pertama  Teroris yang menyerah untuk dievakuasi bersama dengan keluarga mereka dari Daraa al-Balad yang kemudian dikirim ke Suriah utara.

 

ISRAEL SERANG KOMPLEKS MILITER DI PINGGIRAN  ALEPPO SURIAH

Israel telah menargetkan sebuah kompleks  militer di pedesaan timur Aleppo, serangan  hanya menyebabkan kerusakan material.

“Musuh Israel pada Minggu malam melancarkan serangan rudal ke salah satu posisi militer Tentara Suriah di utara Bandara al-Nairab, yang menyebabkan kerusakan material saja,” kata sebuah  sumber militer.

Sumber itu menambahkan bahwa agresi Israel dilakukan dalam  keputus asaan yang berulang-ulang atas hancurnya  kelompok-kelompok teroris di Daraa dan Quneitra yang runtuh di bawah serangan Tentara Arab Suriah yang melanjutkan operasi militernya terhadap posisi para terori

AS DAN ISRAEL BERUPAYA HENTIKAN IRAN UNTUK MENARIK DANANYA DARI BANK JERMAN

 

Iran ingin menarik uangnya sejumlah €300 juta ($350 juta) dari rekening sebuah bank di Jerman sebelum sanksi AS dimulai (november) ,  surat kabar Jerman Bild melaporkan. Smentara Amerika Serikat dan Israel dilaporkan menekan Berlin untuk mengintervensi hal ini dan berupaya untuk menghentikannya.

Pejabat Iran mengatakan kepada Otoritas Pengawas Keuangan Jerman (BaFin) bahwa   uang itu diperlukan “untuk diteruskan ke warga Iran yang membutuhkan uang tunai saat bepergian ke luar negeri, mengingat ketidakmampuan mereka untuk mengakses kartu kredit yang diakui,” Bild melaporkan.

BaFin telah meninjau permintaan itu, kata media. Pejabat senior di Kanselir, Kementerian Luar Negeri dan Departemen Keuangan sedang konsen atas situasi ini.

Teheran memiliki rekening di Europaeisch Iranische Handelsbank AG (eihbank). Pemberi pinjaman itu dikenakan sanksi dari 2010-2016, karena diduga membiayai program nuklir Iran. Badan-badan intelijen AS dan Israel mengatakan uang itu dapat digunakan oleh Iran untuk membiayai kelompok-kelompok bersenjata di Timur Tengah, menurut media.

“Kami sangat prihatin dengan laporan bahwa Iran berusaha untuk memindahkan ratusan juta euro dalam bentuk tunai dari bank Jerman ke Iran. Kami mendorong level tertinggi dipemerintah Jerman untuk campur tangan guna menghentikan ini, ”kata duta besar AS untuk Jerman kepada Bild.

Pejabat Jerman mengatakan mereka tidak tahu  tentang rencana tersebut, tulis surat kabar itu.

PRESIDEN IRAN : JIKA IRAN TIDAK BISA EKSPOR MINYAK MAKA NEGARA TELUK JUGA TIDAK AKAN BISA

 

 

Washington telah memerintahkan semua negara untuk berhenti membeli minyak dari Iran pada 4 November 2018 nanti. Atau akan menghadapi sanksi  dari AS.  Perusahaan-perusahaan energi utama Eropa seperti Total dari Prancis telah menarik diri dari Iran.

Penasihat senior pemimpin Iran untuk urusan internasional  Ali Akbar Velayati mengatakan bahwa  negaranya akan membalas jika AS menerapkan sanksi itu.

“Respon  yang paling jelas, lengkap dan cepat juga telah diberikan oleh Presiden Iran  Rouhanidalam perjalanan terakhirnya ke Eropa. Tanggapannya jelas: jika Iran tidak dapat mengekspor minyak melalui Teluk Persia, maka  tidak ada Negara (timteng)  yang juga a akan bisa melakukan ekspor, ”kata Velayati, berbicara di klub diskusi Valdai di Rusia. “Pilihannya,  Semua negara bisa mengekspor minyaknya , atau tidak  bisa semuanya,” tambahnya.

Sebagian besar minyak mentah yang diekspor dari Arab Saudi, Iran, Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Irak melewati Selat Hormuz, sebuah jalan sempit antara Teluk Persia dan Teluk Oman.

Selat Hormuz  juga merupakan rute bagi  hampir semua pengiriman gas alam cair (LNG) dari para eksportir terbesar dunia, Qatar. Uni Emirat Arab dan Arab Saudi yang berusaha mencari cara untuk memotong  selat itu, tetapi tidak ada alternatif lain untuk itu.

Seorang Analis mengatakan kepada RT bahwa harga minyak bisa melambung setinggi $ 250 per barel jika  Iran memblokir selat Hormuz. Namun, mereka (AS) telah meragukan potensi Teheran untuk bisa melakukan ini   secara efektif karena diselat itu akan banyak kekuatan militer (AS).

VIDEO  SERANGAN UDARA  PRESISI TERHADAP KENDARAAN PEMBERONTAK SURIAH

Kantor berita ANNA telah mempublikasikan rekaman video sepanjang 21 menit tentang operasi militer Pasukan  pemerintah terhadap para pemberontak.  Berikut adalah cuplikan video serangan presisi tesebut :

Dalam video  itu juga terdapat  serangan udara  yang dilakukan oleh pesawat tempur Rusia dalam persiapan operasi skala besar di pedesaan tenggara provinsi.

Serangan udara lebih banyak dilakukan oleh  batalion pertahanan udara di timur desa Naima  dan kota Saida. Terlihat  ketika puluhan militan sedang melarikan diri dari pos-pos mereka menuju perbatasan Yordania.

PASUKAN SURIAH SIAPKAN SERANGAN BESAR KEARAH BARAT DAYA 

Pertahanan Udara Suriah saat ini sedang dalam status waspada diProvinsi Al-Quneitra  karena  tentara  Suriah sedang  bersiap untuk melancarkan operasi besar berikutnya di Suriah barat daya.

Pertahanan Udara Suriah telah membuat persiapan untuk setiap potensi campur tangan Israel dalam serangan yang akan dilakukan terhadap teroris dan  pasukan pemberontak di dekat Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, sumber militer di Damaskus mengatakan kepada Al-Masdar News malam ini.

Ketika ditanya tentang persiapan apa saja yang telah dilakukan, sumber itu mengatakan bahwa unit pertahanan udara telah mengalihkan perhatian mereka ke perbatasan Dataran Tinggi Golan yang diduduki (Israel) dan juga keperbatasan  Libanon, sementara juga melakukan penerbangan pengintai pesawat tak berawak di wilayah barat Suriah.

Israel menyebut  bahwa  mereka (Suriah) telah  menerbangkan setidaknya dua pesawat yang terbang dari Suriah ke Dataran Tinggi Golan yang diduduki dalam 72 jam terakhir.

Tentara Arab Suriah (SAA) saat ini sedang melakukan persiapan terakhir sebelum mereka memulai serangan yang sudah lama ditunggu-tunggu untuk merebut kembali seluruh wilayah selatan dari  provinsi Al-Quneitra.

Pembuka jalan  operasi pemerintahan yang akan lakukan di Syria barat daya ini adalah beberapa divisi berbeda di Angkatan Bersenjata Suriah dan Pasukan Pertahanan Nasional (NDF); unit-unit ini termasuk Brigade ke-42 (Ghiath Forces), Liwaa Suqour Al-Quneitra, dan Pasukan Shock Kolonel Nizar Qindi.

KORUT SEBUT TUNTUTAN DELEGASI PERUNDINGAN  AS MIRIP TUNTUTAN PARA BANDIT

Fihak Korea Utara menuduh pemerintahan Trump telah memaksakan tuntutan sepihak yang mirip tuntutan para Bandit (gangster-like) dalam perundingan  denuklirisasi  dan menyebutnya sebagai “sangat disesalkan,” Pernyataan Korut itu dikeluarkan beberapa jam setelah Menlu Mike Pompeo mengatakan bahwa perundingan dua hari di ibukota Korea Utara adalah “produktif . ”

Meskipun keluar kritik itu ,namun  Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan bahwa  pemimpin Korut  Kim Jong-un masih ingin membangun “hubungan persahabatan dan kepercayaan” yang telah dijalin dengan Presiden Trump selama pertemuan puncak mereka di Singapura pada 12 Juni.

Kementerian luar negeri Korut  mengatakan  bahwa  Mr. Kim telah menulis surat pribadi kepada Tuan Trump, dan  menegaskan kembali kepercayaan itu.

Reaksi Korea Utara yang keras ini mungkin merupakan taktik negosiasi yang telah teruji oleh pengalaman.

Menanggapi pernyataan Korut itu , Menlu  AS Mike Pompeo mengabaikan adanya  tuduhan Korea Utara terhadap  delegasi perundingan denuklirisasi AS yang dianggap membuat tuntutan seperti  gangster (bandit) ,  dengan mengatakan dia akan “gila” jika dia memperhatikan semua yang dilaporkan media.

Dalam konferensi pers trilateral di Tokyo, didampingi oleh pejabat dari Jepang dan Korea Selatan, Pompeo menegaskan kembali bahwa  tujuan AS adalah untuk  denuklirisasi total  dan diverifikasi di Semenanjung Korea, dia  menegaskan kembali bahwa pembicaraannya dengan Korea Utara pekan lalu dilakukan dengan niat baik.

“Dan jika tuntutan tu seperti permintaan gangster, “maka dunia adalah gangster karena ada keputusan bulat di Dewan Keamanan PBB tentang apa yang perlu dicapai.”

Pompeo mengatakan sanksi akan tetap diberlakukan terhadap Korea Utara, dan diberlakukan “dengan penuh semangat,” dia menambahkan bahwa kemajuan yang dicapai  tidak mengubah sanksi.

“Saya bertekad untuk mencapai komitmen yang dibuat Presiden Trump,” kata Pompeo. “Saya mempercayai pimpinan delegasi Korut  Kim yang bertekad menindaklanjuti komitmen yang telah  dia buat.”

PETINGGI GARDA REPUBLIK IRAN : PASUKANNYA DIDATARAN TINGGI GOLAN SIAP HANCURKAN ISRAEL

image description

 

Dalam sebuah pidato belum lama ini, wakil komandan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) Hossein Salami membanggakan pembentukan “Pasukan Islam” di dekat Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel, dan  dia memperingatkan bahwa ini akan mengancam  “berakhirnya” negara Israel.

“Hari ini, sebuah pasukan Islam internasional telah dibentuk di Suriah, dan suara-suara kaum Muslim terdengar dekat Golan,” kata Salami, sebagaimana dikutip oleh Times of Israel.

“Hanya tinggal  menunggu perintah, sehingga … pemberantasan rezim jahat (Israel) akan terjadi  dan kehidupan rezim ini akan berakhir selamanya. Kehidupan rezim Zionis tidak pernah dalam bahaya seperti sekarang ini, ” Komandan  itu menambahkan.

Menurut Salami, Israel “merupakan ancaman  bagi seluruh dunia Islam. Itulah filosofi pembentukan rezim ini.” Perwira IRGC itu juga memperingatkan bahwa milisi Hizbullah Lebanon  yang ikut berpartisipasi dalam perang di Suriah melawan militan Islam (ISIS), memiliki sekitar 100.000 rudal yang diarahkan ke Israel. “Kami menciptakan kekuatan di Lebanon karena kami ingin melawan musuh kami dari sana dengan seluruh kekuatan kami,” kata Salami.

“Hizbullah saat ini memiliki kekuatan luar biasa di darat yang dapat mematahkan rezim Zionis. Rezim Zionis tidak memiliki kedalaman strategis,” tambahnya.

PERTAHANAN UDARA SURIAH PATAHKAN  SERANGAN ISRAEL DI PANGKALAN UDARA T-4  

Pertahanan angkatan udara (Suriah)  pada hari Minggu malam menghadang serangan  udar Israel di Bandara T-4 di pedesaan Homs.

Sumber militer mengatakan kepada Kantor berita resmi  Suriah SANA bahwa pasukan pertahanan udara telah menghancurkan sejumlah rudal yang menargetkan bandara T-4 dan berhasil menghantam salah satu pesawat tempur yang menyerang, dan  memaksa pesawat yang lain untuk meninggalkan wilayah udara (Suriah).

Serangan udara  Israel itu dilakukan bersamaan dengan kekalahan teroris di Daraa di mana Tentara Arab Suriah melakukan operasi militer besar-besaran terhadap kelompok-kelompok teroris sejak sekitar 15 hari lalu.

Tentara telah mampu membebaskan sejumlah desa dan kota dan telah memaksa kelompok-kelompok bersenjata di daerah lain untuk menyerah dan menyerahkan senjata dan amunisi mereka.

 

UPDATE SERANGAN PASUKAN SURIAH DISELATAN : KOTA DARAA BERHASIL DIKEPUNG TOTAL

Rebels inside Daraa

Pasukan Suriah akhirnya berhasil mengepung kota Daraa dari segala arah ketika para pemberontak di dalam Daraa Al-Balad tampaknya tidak punya pilihan untuk melawan atau menyerah.

Sumber-sumber militer mengatakan pada hari Senin bahwa satuan tempur  Suriah berhasil mengamankan area sekitar 80 kilometer dari perbatasan Yordania di selatan Daraa.

Sejumlah 27 Pos  perbatasan  telah dibebaskan di sepanjang batas administratif Daraa, dari titik 62 ke titik 40, ketika pasukan dari timur dan barat Daraa bertemu 3 km di barat daya kota itu” sumber militer mengutip.

Setelah pencapaian ini, para pemberontak di dalam kota terjebak dan tidak ada jalan memungkinkan bisa keluar, setelah  pasukan pemerintah berhasil mengepung kota Daraa dari segala arah.

 

PERUSAHAAN KARGO RAKSASA PERANCIS HENTIKAN PENGIRIMAN DARI DAN KE IRAN

The 14,000 TEU container ship CMA CGM Theodore Roosevelt sails up river past River Street in Savannah, Georgia

Perusahaan pelayaran Prancis CMA CGM, salah satu perusahaan pelayaran kargo terbesar di dunia belum lama ini mengumumkan bahwa mereka akan berhenti berbisnis dengan Iran karena takut terlibat dalam sanksi AS terhadap Negara itu.

Sehubungan dengan (larangan) pemerintahan Trump, kami memutuskan untuk mengakhiri layanan kami ke Iran,” kata kepala CMA CGM, Rodolphe Saade, menurut Times of Israel.

“Pesaing kami yaitu Cina masih sedikit ragu, jadi mungkin mereka memiliki hubungan yang berbeda dengan Trump, tetapi kami akan mematuhi aturan (Trump) itu.”

Menurut statistic PBBCMA CGM adalah armada pengiriman Kargo kontainer terbesar ketiga di dunia.

Pada 8 Mei 2018, Presiden AS Donald Trump telah mengumumkan penarikan AS dari JCPOA (kesepakatan nuklir dengan Iran), dan mengklaim bahwa perjanjian itu cacat. Dia berjanji akan memberlakukan kembali sanksi terhadap Tehran dan terhadap siapa pun yang bekerja dengan Negara itu, termasuk sekutu AS di Eropa.

Pengumuman  oleh CMA CGM ini dikeluarkan setelah adanya pertemuan hari Rabu antara Presiden Iran Hassan Rouhani dan Kanselir Austria Sebastian Kurz, di mana Rouhani mengatakan bahwa negaranya akan tetap mematuhi pakta nuklir  itu, jika Uni Eropa juga  menjunjung tinggi komitmen yang dibuat bersama AS itu.

SANGAT MENGEJUTKAN , SENJATA PRESISI  PEMBERONTAK SURIAH YANG DIPASOK OLEH AS DAN ISRAEL 

Militan (pemberontak Suriah) yang menyerah kepada Tentara Suriah di provinsi Daraa telah berikrar untuk menyerahkan semua senjata mereka dan sebagai gantinya status mereka (sebagai warga negara) direhabilitasi.

Senjata yang direncananya akan diserahkan termasuk anti-tank ATGMs tipe Milan, HJ-8 dan Fagot, selain juga sejumlah besar senjata ringan, sedang dan berat.

Sumber militer Suriah memperkirakan  senjata2 digudang  pemberontak di Daraa harusnya  5 kali lebih besar daripada yang diperoleh oleh Tentara Suriah dari kelompok pemberontak di Qalamoun Timur dua bulan lalu.

Tidak seperti militan Qalamoun Timur yang mendapatkan  senjata mereka dengan merampok gudang senjata Angkatan Darat Suriah, senjata  pemberontak Suriah diProvinsi Daraa ini dipasok  oleh negara-negara asing  termasuk AS dan Israel.

LEBIH 50 SUKU DISURIAH UTARA TOLAK CAMPUR TANGAN AS, TURKI DAN PERANCIS

Sabtu 7/7 kemarin lebih dari 50 suku dan klan di Suriah utara bertemu diibukota provinsi Aleppo, Kantor Berita resmi Suriah (SANA) melaporkan.

Menurut laporan SANA, pertemuan itu disebut sebagai  Pembalasan atas Gangguan AS, Perancis, dan Turki diwilayah Suriah.”

Selama pertemuan tersebut, 55 suku dan klan menegaskan kembali dukungan mereka untuk Tentara Arab Suriah (SAA) dan pemerintahan federal.

Suku Arab dan Kurdi di Aleppo menyatakan berdiri disisi yang sama dengan Tentara Arab Suriah dan Presiden Bashar al-Assad dalam menghadapi agresi Turki dan pendukungnya, khususnya AS dan Prancis,” kata laporan itu.

Sejumlah tokoh Kurdi nasional menyatakan penolakan mereka atas setiap upaya untuk membagi Suriah dan campur tangan asing dalam urusan dalam negeri Suriah.

Para sesepuh suku dan orang-orang terkemuka  menolak semua jenis agresi terhadap Suriah, menegaskan bahwa Suriah akan tetap bersatu dan berdampingan dengan Tentara Arab Suriah dalam membela negara dan menghadapi siapa pun yang mencoba ikut campur dalam urusan dalam negerinya.

Suku-suku dan klan Suriah juga menolak keberadaan pasukan AS, Prancis, atau Turki di dalam wilayah Suriah. Ini adalah pertemuan besar kedua yang diadakan antara suku-suku di Suriah utara dalam tahun ini.

PESAWAT ISRAEL SERANG PASUKAN SURIAH DEKAT DATARAN TINGGI GOLAN

Serangan udara Israel menghantam posisi Tentara Arab Suriah (SAA) di wilayah Quneitra barat daya Suriah dekat perbatasan dengan wilayah yang dikuasai Israel, tetapi tidak menimbulkan korban, seorang komandan yang tidak mau disebutkan namanya dari kelompok pertahanan  pro-pemerintah mengatakan kepada wartawan.

Serangan itu disebut sebagai  pembalasan atas adanya  tembakan altileri  yang mendarat di timur pagar antara wilayah yang dikuasai Israel dan  Suriah. Menurut pernyataan  Pasukan Pertahanan Israel  peluru itu ditembakkan dalam pertempuran antara pasukan pemerintah Suriah dan kelompok militan di daerah tersebut.

Pasukan pemerintah Suriah telah berhasil mendesak  para militan ke daerah kantong yang relatif kecil yang bersebelahan dengan wilayah Israel dan Yordania, diamana yang menjadi target utama adalah  kota Daraa di perbatasan Yordania. Kota Quneitra yang terletak di bagian barat daerah kantong belum menjadi fokus serangan terakhir ini.

Namun jumat kemarin , dalam sebuah pernyataan militer Israel mengatakan bahwa  sementara Israel tidak akan terlibat dalam perang di Suriah, dan  akan “tetap mematuhi Perjanjian 1974 yang mencakup menjaga keamanan di zona penyangga.”

Itu adalah Perjanjian gencatatan senjata  yang diawasi PBB yang melarang penumpukan militer di kedua sisi garis demarkasi. Namun, Tel Aviv mengklaim berhak untuk menembak sasaran militer di wilayah Suriah yang dianggap melanggar perjanjian.

Damaskus mengklaim Israel dan sekutunya mendukung kelompok-kelompok teroris yang bertempur di Suriah dengan melakukan serangan di tanah Suriah dan dengan menyiapkan rumah sakit bagi para militan terluka yang dievakuasi dari medan perang, lapor PressTV. Selain itu, tentara Suriah telah berulang kali menyita sejumlah besar senjata dan peralatan militer buatan Israel dari para teroris.

 

Armed rebels seen at Syria's Quneitra border crossing to the Israeli-controlled Golan Heights, Friday, Aug. 29, 2014. (photo credit: AP Photo/Ariel Schalit)

Sementara itu dikhabarkan bahwa sabtu kemarin  Tujuh puluh lima penjaga perdamaian PBB UNDOF di Dataran Tinggi Golan melarikan diri dari wilayah Suriah kearah dataran tinggi  Golan yang dicaplok Israel  setelah posisi mereka yang tadinya ada diwilayah Suriah diserang oleh pasukan pemberontak .

Seorang juru bicara militer Israel yang tidak mau disebut namanya menegaskan bahwa sejumlah penjaga perdamaian PBB memasuki Israel.

Tapi  saluran TV Channel 2 mengatakan bahwa 75 pasukan PBB itu telah melintasi perbatasan, setelah dua posisi mereka diperbatasan  Suriah  menjadi sasaran pasukan pemberontak al-Nusra.

Sebelumnya pada hari itu, kepala pertahanan Filipina mengatakan bahwa pasukan pemelihara perdamaian Filipina di Dataran Tinggi Golan diserang oleh pemberontak Suriah, mereka  juga menahan puluhan  tentara Fiji sebagai sandera.

 

LAPORAN TERKINI  OPERASI MILITER DISURIAH SELATAN

Menurut  Islamic World News Analysis Group,  Setelah kemarin pasukan Suriah membebaskan semua pos perbatasan di tenggara provinsi Daraa dan menempatkan  pasukan Suriah SAA di pos-pos iti, Tentara Suriah telah merebut kembali kendali atas  perbatasan persimpangan Nassib, setelah tiga tahun dikuasai militan.

Dalam peta yang diterbitkan oleh media pro-pemerintah, terlihat bahwa semua daerah di Daraa tenggara termasuk kota penting Bosr Al-Sham, telah dikendalikan pemerintahan Suriah; namun pasukan SAA belum memasuki titik-titik ini.

Kemarin, media Suriah mengatakan bahwa perjanjian baru  mirip dengan yang terjadi di Homs utara & Ghouta timur, sedang dilaksanakan di Bosr Al-Sham & wilayah selatan

Berita ini diterbitkan sementara hampir seminggu  milisi  Bosr Al-Sham telah setuju untuk meninggalkan kota dan menyerahkan senjata berat & menengah mereka, dan sekarang  dalam dimulailah proses meninggalkan kota secara bertahap,

Setelah insiden ini dan kompromi dengan milisi di wilayah ini, kemarin pasukan SAA dengan bantuan polisi militer Rusia, berhasil menguasai semua pos perbatasan di tenggara Daraa , dan perbatasan simpang Nassib telah diserahkan  kepada Tentara Suriah. Pembebasan perbatasan simpang Nassib , adalah perkembangan penting dalam mendukung pemerintahan Suriah di selatan Suriah, dan itu akan memiliki dampak politik & militer yang penting di Suriah.

Perlu disebutkan bahwa kompromi ditenggara Daraa  telah dilaksanakan, dan wilayah yang terletak di barat & barat daya Daraa, dan Quneitra tidak termasuk dalam kompromi ini.

Milisi  dari daerah-daerah iti sendiri, telah menolak kesepakatan kompromi, dan dengan mengandalkan dukungan Israel, meraka  melakukan operasi militer terhadap Tentara Suriah.

Kemarin, militan telah memulai operasi baru di Quneitra, kota Ba`th, desa Jaba dan wilayah Tal Kroum adalah poros operasi ini. Mereka menghadapi pertahanan  yang kuat  dari Tentara Suriah & operasi mereka gagal. Sekarang bentrokan sporadis terjadi di sebagian besar pivot Suriah selatan, termasuk di sekitar kota Tafas.

 

PERANG DAGANG BESAR MULAI DIBERLAKUKAN AS ATAS PRODUK CHINA

This picture taken on March 7, 2014 shows a man working beside a cargo ship in Qingdao port in Qingdao, east China's Shandong province

Tarif bea masuk AS atas impor produk2  China mulai diberlakukan  pada hari Jumat 6 Juli 2018 pada pukul 04.00 GMT di tengah kekhawatiran investor dan bisnis internasional.

Beijing juga telah memberlakukan pajak masuk 25% pada barang-barang AS senilai $ 34 miliar sebagai tanggapan atas langkah serupa yang diterapkan oleh Washington.

“China berjanji ini bukanlah tembakan balasan atas serangan  pertama , tetapi demi untuk membela kepentingan vital negara dan kepentingan rakyat, kami terpaksa mengambil tindakan yang diperlukan,” kata Kementerian Perdagangan China seperti dikutip AFP.

“Amerika Serikat telah melanggar aturan WTO dan melancarkan perang perdagangan terbesar dalam sejarah ekonomi hingga saat ini,” pernyataan Kementerian Perdagangan China seperti dikutip oleh AFP.

“Pengenaan tarif impor semacam ini adalah tipuan perdagangan tipikal, yang  secara serius membahayakan keamanan mata rantai industri global dan mata rantai nilai, menghambat laju pemulihan ekonomi global dan memicu gejolak pasar global,” Kementerian perdagangan China itu menekankan.

Tarif impor AS pada ekspor Cina ini akan diterapkan pada mesin, motor, konstruksi dan mesin pertanian, transportasi listrik, peralatan telekomunikasi dan berbagai instrumen presisi. Langkah balasan  oleh China ini dilaporkan akan memukul komoditas pertanian AS, kendaraan dan produk akuatik. Kedelai yang merupakan impor terbesar negara itu dari Amerika Serikat dalam hal nilai, menurut laporan Reuters.

Pada bulan Juni 2018 lalu, Trump mengatakan dia meminta Perwakilan Perdagangan AS agar barang-barang Cina senilai $200milyar untuk dimasukkan dalam daftar tarif masuk 10 persen. Presiden AS juga memperingatkan bahwa ia akan menaikkan tarif pada sejumlah $200miliar atas produk-produk Cina jika Cina kembali membalas pengenaan bea masuk AS.

Trump mengatakan bahwa dia membuat keputusan itu setelah China mengumumkan tarif pembalasan atas produk-produk AS senilai $ 50 miliar pada tanggal 15 Juni. Langkah timbal balik Cina dilakukan sebagai tanggapan terhadap pengumuman Trump sebelumnya pada hari yang sama bahwa Amerika Serikat akan memberlakukan tarif 25 persen pada sejumlah $50miliar produk Teknologi Cina.

Perang dagang global meningkat secara signifikan setelah Donald Trump memperkenalkan tarif 25 persen untuk impor baja dan tarif 10 persen untuk impor aluminium pada bulan Maret 2018. Ketegangan semakin tajam ketika ia memperluas kenaikan tariff  ini ke negara2 Uni Eropa, Kanada, dan Meksiko, namun untuk sementara  negara2 itu masih dibebaskan dari perhitungan bea masuk baru itu.

Silahkan baca ulasannya disini.

 

ANGKATAN LAUT AS SIAP KAWAL KAPAL DAGANG YANG LEWAT SELAT HORMUZ

Image result for Strait of Hormuz map

Angkatan Laut AS siap untuk memberikan pengawalan/navigasi gratis guna tetap menjaga mengalirnya  perdagangan, Komando Pusat  militer AS mengatakan pada hari Kamis, menanggapi  pernyataan Komandan Garda  Revolusi Iran yang memperingatkan mereka akan memblokir pengiriman minyak melalui Selat Hormuz jika diperlukan.

Dengan ketegangan yang meningkat di atas perairan strategis itu, Uni Eropa mengusulkan rencana untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir multinasional dengan Teheran setelah Washington menarik diri, tetapi Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kepada para pemimpin Perancis dan Jerman bahwa paket itu tidak sesuai harapan.

Rouhani dan beberapa komandan militer senior telah mengancam dalam beberapa hari terakhir untuk mengganggu pengiriman minyak dari negara-negara Teluk jika Washington mencoba untuk mencekik ekspor Tehran.

Guna mendukung sikap Rouhani yang tegas terhadap Amerika Serikat itu, kepala Garda Revolusi Iran mengatakan bahwa pasukan mereka siap untuk memblokir Selat Hormuz

MERESPON SANKSI AS, IRAN ANCAM AKAN PUTUSKAN KERJASAMA DENGAN BADAN NUKLIR PBB

Image result for ROUHANI PIC

Pada Rabu kemarin Presiden Iran mengatakan kepada  kepala Badan Nuklir PBB bahwa bisa saja Iran akan menurunkan  kerjasama dengan badan pengawas nuklir PBB. Pernyataan itu dikeluarkan Rouhani  setelah ia memperingatkan Presiden AS Donald Trump tentang “konsekuensi” dari penerapan sanksi baru AS terhadap penjualan minyak Iran.

Pada bulan Mei lalu  Trump telah menarik diri dari kesepakatan multinasional di mana sanksi terhadap Iran bisa dicabut sebagai imbalan atas pembatasan program nuklirnya, dan diverifikasi oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

Sejak saat itu AS menyerukan  kepada semua  Negara agar  mereka  berhenti membeli minyak Iran terhitung mulai 4 November  atau akan menghadapi sanksi2  keuangan.

“Kegiatan nuklir Iran adalah selalu untuk tujuan damai, tetapi Iran sendiri  yang akan memutuskan tingkat kerjasamanya dengan IAEA,” kata kantor berita Iran IRNA mengutip Rouhani setelah bertemu kepala IAEA Yukiya Amano di Wina.

“Tanggung jawab atas terjadinya perubahan tingkat kerja sama Iran dengan IAEA adalah   pada mereka yang telah menciptakan situasi baru ini,” tambahnya.

 

Dukungan  Komandan Garda Republik Iran

Sementara itu  untuk menyatakan dukungannya terhadap Presiden Iran, Pada hari Rabu Seorang komandan Garda Revolusi Iran mengatakan  bahwa Iran  akan memblokir pengiriman minyak yang  melalui Selat Hormuz dari  Teluk,  jika Amerika Serikat melarang penjualan minyak Iran.

“Jika mereka ingin menghentikan ekspor minyak Iran, kami tidak akan mengizinkan pengiriman minyak untuk melewati Selat Hormuz,” kata Ismail Kowsari seperti dikutip oleh situs Young Journalists Club (YJC).

PRESIDEN IRAN : PAKET YANG DITAWARKAN UNI EROPA MENGECEWAKAN

Hasán Rohani, presidente de Irán

Dalam pembicaraan dengan Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Iran Hassan Rouhani menggambarkan paket proposal untuk melestarikan kesepakatan nuklir Iran yang diajukan oleh Prancis, Inggris dan Jerman sebagai mengecewakan , demikian  pernyataan yang dipasang di situs resmi Rouhani pada hari Kamis.

“Sayangnya, paket yang diusulkan itu tidak memiliki solusi praktis dan metode khusus guna  melanjutkan kerjasama dan hanya menegaskan kembali sifat umum dari komitmen, mirip dengan apa yang telah dilakukan Uni Eropa dalam pernyataannya sebelumnya,” Rouhani  menyebut proposal itu sebagai “mengecewakan.”

Namun  Angela Merkel dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan kembali bahwa Berlin tidak berniat untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran dan akan terus bekerja untuk melestarikannya, menurut pernyataan yang dipasang di situs resmi Rouhani pada Kamis.

Pemimpin Jerman itu mencatat bahwa paket proposal yang ditawarkan ke Iran hanya merujuk pada isu-isu dasar tentang pelestarian kesepakatan itu, dan perlu untuk melakukan dialog lebih lanjut untuk menyusun rinciannya, kata pernyataan itu.

“Yang paling  penting adalah bahwa kami yakin bahwa kami ingin tetap dalam kesepakatan itu,” kata Merkel.

Lebih lanjut  Rouhani mengatakan kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron melalui telepon pada hari Kamis bahwa paket tindakan ekonomi Uni Eropa yang diharapkan akan  mengimbangi penarikan diri  AS dari kesepakatan nuklir 2015 tidak berjalan cukup jauh, menurut Reuters.

Paket yang diusulkan oleh Eropa itu … tidak memenuhi semua tuntutan kami,” kata Rouhani.

Dalam  pertemuan dengan Kanselir Austria Sebastian Kurz  , Rouhani mengatakan bahwa negaranya akan tetap patuh dalam pakta nuklir itu  jika Uni Eropa menjunjung tinggi komitmen yang dibuat sebelumnya oleh Amerika Serikat. “Jika UE dapat memenuhi komitmen AS yang dibuat dalam kesepakatan itu, Iran akan tetap di dalamnya,” kata Rouhani di Wina, “Saat ini, kami sedang menunggu paket negara-negara Eropa tentang bagaimana cara mengamankan kesepakatan itu .”

Rancangan  Aksi Bersama Komprehensif (Joint Comprehensive Plan of Action 2015)  antara Iran dan enam kekuatan dunia  Amerika Serikat, Inggris, Rusia, Perancis, Jerman dan China ,  mendapat kecaman keras dari Presiden AS Donald Trump dalam kampanye pemilihannya tahun 2016. Dan pada Mei lalu Trump kemudian menarik  AS dalam perjanjian itu, dan mengumumkan kembali akan menerapkan  sanksi secara bertahap ke Tehran, terutama dalam penjualan minyaknya.

Namun, pada rabu lalu Rouhani memperingatkan AS  bahwa pihaknya tidak peduli dengan  konsekuensi dari serangan atas ekspor minyak Iran, dengan mengatakan negaranya akan “dengan tegas mempertahankan diri” dari setiap ancaman terhadap kepentingan nasionalnya.

 

PRESIDEN ROUHANI : IRAN AKAN TERUS DUKUNG SURIAH SAMPAI TERORIS HABIS DITUMPAS

Pada Rabu kemarin Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan  bahwa solusi untuk krisis di Suriah adalah inti dari pembicaraan yang sedang dilakukan antara Iran dan Austria. Kata Rouhani dalam konferensi pers di Wina Austria.

“Iran, Rusia dan Turki akan melangkah dengan upaya mereka dalam konteks proses perundingan Astana  untuk menyelesaikan krisis di Suriah,” kata Presiden Rouhani pada konferensi pers yang didampingi  Kanselir Austria Sebastian Kurz di Wina.

Dia menambahkan bahwa tujuan utama kehadiran Iran di Suriah adalah untuk membantu memerangi Daesh (ISIS) dan organisasi teroris lainnya, dan terorisme bisa dikalahkan meskipun mendapat  dukungan dari AS dan Israel.

Presiden Iran menegaskan kembali bahwa negaranya akan mendukung Suriah sampai terorisme sepenuhnya lenyap dari Suriah, dia juga mengatakan bahwa masa depan Suriah ditentukan oleh rakyat Suriah sendiri.

MENLU RUSIA : MELAWAN TERORIS DISURIAH SELATAN ADALAH PRIORITAS TINGGI

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov menegaskan bahwa tugas memberantas terorisme di Suriah selatan masih merupakan salah satu prioritas terpenting, dia menunjukkan bahwa kesepakatan tentangi zona de-eskalasi tidak berlaku untuk perang melawan teroris di sana.

Selama konferensi pers pada hari Rabu di Moskow dengan mitranya Menlu Yordania Ayman Safadi, Lavrov mengatakan bahwa pembicaraan dilakukan demi  kebutuhan akan solusi politik atas  krisis di Suriah dan menyelamatkann kedaulatan dan persatuan Suriah, dan untuk menyingkirkan Daesh (ISIS) dan organisasi teroris al-Nusra di Suriah selatan.

Menlu Rusia menekankan bahwa tindakan paksa sepihak yang dikenakan kepada Suriah harus dicabut dan pemulangan pengungsi Suriah kenegara mereka harus jamin keamannya.

Lavrov menunjukkan bahwa selama bulan lalu, organisasi teroris telah melancarkan serangan terhadap Tentara Suriah dan warga sipil dan itulah mengapa tentara Suriah melakukan operasi terhadap organisasi-organisasi ini.

Dia mencatat bahwa Washington telah berjanji untuk memisahkan “oposisi moderat” (pemberontak Suriah)  dari teroris, tetapi sejauh ini  belum berhasil karena  faksi-faksi yang dianggap moderat ini sedang berjuang bersama al-Nusra di Suriah selatan.

Lavrov juga menyerukan perluasan rekonsiliasi yang mencakup sejumlah besar desa dan kota di Suriah selatan di mana situasinya cukup bagus untuk  pengungsi dapat kembali ke rumah mereka, dia juga menekankan bahwa upaya memerangi terorisme akan terus berlanjut guna menciptakan kondisi yang paling kondusif bagi pengungsi  yang meninggalkan rumah agar bisa kembali secepat mungkin.

PENDUDUK PROVINSI DARAA UNJUK RASA MENDUKUNG REKONSILIASI DENGAN PEMERINTAH SURIAH

Hari ini sebuah unjuk rasa  besar telah  diadakan diDaraa timur guna mendukung rekonsiliasi dengan pemerintah Suriah di kota Gharayah Al-Sharqiyah.

Menurut Kantor Berita milik pemerintah Arab Suriah (SANA), sejumlah besar warga sipil berkumpul di alun-alun kota dan mulai meneriakkan dukungan untuk Tentara Arab Suriah (SAA) dan rekonsiliasi.

https://www.youtube.com/watch?time_continue=85&v=E-ZBe_-Fp4k

Seorang Komandan lapangan yang ikut berpartisipasi dalam pertemuan (rekonsiliasi) itu mengatakan bahwa Tentara Arab Suriah akan terus memerangi terorisme sampai ia diberantas dari negara itu. Mereka juga meminta penduduk setempat untuk kembali ke desa mereka yang telah dibersihkan oleh tentara.

Dalam beberapa hari terakhir, satuan Tentara Arab Suriah telah berhasil memulihkan keamanan dan stabilitas disejumlah desa dan kota di pedesaan Daraa, termasuk Ghariyah Al-Gharbiyah, Ghariyah Al-Sharqiyah, Kaheel, Rakham, al-Msifra, al-Hirak, Alma dan Al-Soura.

Beberapa kota itu telah bergabung dengan rekonsiliasi lokal, termasuk diantaranya kota Abta, Dael dan Um Al-Mayadhin, sementara itu  tentara Suriah terus melanjutkan operasi militernya untuk membersihkan kota2 yang tersisa diProvinsi Daraa.

RUSIA MULAI TARIK SEBAGIAN PESAWAT DAN PERSONiLNYA DARI SURIAH 

27 Aircraft, 1,140 Personnel Withdrawn From Syria Over Past Days: Putin

Dalam  beberapa hari terakhir 24 pesawat dan 1.140 personil militer Rusia telah ditarik dari Suriah, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan didepan para  alumni akademi militer Rusia. Putin menambahkan bahwa penarikan pasukan Rusia dari Suriah telah dimulai sejak Desember 2017.

“ Anda dan rekan dan prajurit Anda bersama-sama  akan sepenuhnya  menggunakan pengalaman diSuriah ini sebagai   pelatihan tempur bagi personil di Rusia untuk melakukan tugas yang paling sulit dan luar biasa , latihan strategis dan taktis, dan belajar bagaimana menggunakan peralatan generasi baru yang unik, yang mulai bisa diterima oleh para pasukan. ”

Presiden mengatakan bahwa pengalaman  yang diperoleh di Suriah harus digunakan dalam pelatihan personil militer Rusia. “Tentara Rusia jelas menunjukkan potensi yang makin berkembang dan koordinasi yang lebih baik di antara unit militer dalam perjuangan melawan teroris di Suriah,” katanya. “Kalian semua dan rekan prajuritmu sekarang akan menggunakan pengalaman operasi itu dalam pelatihan tempur.”

PANGLIMA ANGKATAN BERSENJATA ISRAEL LAKUKAN PERTEMUAN DARURAT DENGAN PETINGGI MILITER AS  

Israeli Defense chief talks while surrounded by reporters

Kepala Staf Angkatan Pertahanan Israel, Mayor Jenderal Gadi Eizenkot, tiba di Washington 29’/5 lalu  untuk pertemuan mendesak dengan  Kepala Staf Gabungan  Jenderal Joseph Dunford, untuk membahas situasi di Suriah dan upaya untuk mendorong pasukan Iran keluar dari negara.

Ketika tentara Suriah yang didukung oleh pasukan Rusia dan milisi pro-Iran, bergerak maju dalam operasinya untuk merebut kembali area yang dikuasai  kubu pemberontak di Suriah selatan, Israel juga memperluas upaya militer dan diplomatiknya untuk mengusir pasukan Iran dari Suriah.

Kehadiran Iran di Suriah  dan penyelesaian masa depan di negara itu, akan menjadi salah satu isu utama dalam KTT yang direncanakan antara Presiden Trump dan Presiden Rusia Putin di Helsinki pada 16 Juli.

Israel khawatir bahwa penguasaan kembali Suriah Selatan oleh pemerintahan Assad akan memungkinkan pasukan Iran dan Hizbullah untuk bermarkas di dekat perbatasan Suriah dan Israel di Dataran Tinggi Golan. Israel juga prihatin bahwa operasi tentara Suriah akan menyebabkan banjir pengungsi di sepanjang perbatasannya.

Para pejabat Israel mengatakan bahwa Israel tidak akan mengizinkan pengungsi Suriah untuk memasuki wilayahnya, tetapi negara ini akan memberikan bantuan kemanusiaan sebanyak mungkin. Sejak awal perang sipil di Suriah, Israel mengaku telah memberikan bantuan kemanusiaan dan bantuan kepada penduduk sipil Suriah di sepanjang perbatasannya. Tapi sebenarnya sebagian besar (yang dibantu) itu adalah orang2  berafiliasi dengan kelompok2 pemberontak, yang menurut Israel dianggap menciptakan ketenangan diperbatasan  dab mencegah serangan teror terhadap Israel.

Masih belum jelas  bagaimana Israel akan membantu kelompok-kelompok itu ketika tentara Assad menyerang mereka. Salah satu opsi yang dicoba Israel adalah meminta Rusia untuk menggunakan pasukan  mereka guna mencegah serangan oleh tentara Assad.

ISRAEL SERANG SEBUAH GUDANG DI DARAA SURIAH

Baru saja dierima berita dari Suriah tentang adanya ledakan besar di gudang senjata Iran di jalan raya Daraa-Damaskus di Suriah. Media Arab melaporkan bahwa jet Israel yang melakukan serangan udara itu.

UEA SEMENTARA MENARIK DIRI DARI SERANGAN MILITERNYA KE HUDAYDAH YAMAN 

Uni Emirat Arab  mengumumkan melakukan jeda dalam  (keikut sertaannya) bersama Koalisi Arab Saudi pada  serangan  militer yang telah berlangsung  beberapa minggu ini di Hudaydah Yaman selatan  di tengah laporan bahwa desakan maju serangan yang dipimpin Saudi telah menghadapi tembok kuat  perlawanan keras dari kelompok Houthi diYaman.

Dalam sebuah posting di akun Twitternya pada hari Minggu, Menteri  Luar Negeri UEA  Anwar Gargash beralasan  bahwa penghentian serangan itu dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi upaya-upaya PBB yang ditujukan untuk menyelesaikan konflik.

“Kami menyambut upaya berkelanjutan oleh Utusan Khusus PBB, Martin Griffiths, guna mencapai penarikan Houthi tanpa syarat dari kota Hudaydah dan pelabuhannya,” katanya.

“Kami telah menghentikan serangan kami untuk memungkinkan cukup waktu agar opsi ini sepenuhnya dieksplorasi. Kami berharap dia akan berhasil. ”

Dengan didukung  serangan udara yang dipimpin Saudi, pasukan Uni Emirat Arab dan militan yang setia kepada pemerintah Yaman sebelumnya mulai melancarkan serangan ke Hudaydah pada 13 Juni 2018 lalu meski ada peringatan bahwa serangan itu hanya akan menambah krisis kemanusiaan negara miskin itu.

Fihak Houthi dan pasukan bersenjata sekutunya  telah berhasil menimbulkan kerugian besar terhadap fihak  penjajah (Koalisi pimpinan Saudi).

Pada hari kamis utusan PBB untuk Yaman Martin Griffiths menyatakan harapan bahwa putaran baru perundingan perdamaian antara pihak-pihak yang berseteru utama di negara itu akan dimulai bulan ini. Utusan PBB itu mengatakan bahwa pihak-pihak yang berperang telah mengumumkan kesiapan untuk terlibat dalam prakarsa perdamaian yang diperbarui.

“Kedua belah pihak telah menegaskan kepada saya kesediaan mereka untuk datang ke meja kembali kemeja perundingan. Saya pikir jika terjadi perundingan ini sudah sangat terlambat . Karena sudah sekitar dua tahun sejak pembicaraan terakhir tentang Yaman, ”kata Griffiths dalam sebuah wawancara.

Organisasi-organisasi kemanusiaan telah memperingatkan bahwa operasi Hudaydah mengancam untuk memutus pasokan penting bagi jutaan orang Yaman. Lebih dari 70 persen impor Yaman melewati dermaga Hudaydah.

Koalisi pimpinan Saudi yang telah berperang melawan Yaman sejak awal 2015  mengklaim bahwa kelompok Houthi menggunakan Hudaydah untuk pengiriman senjata, sebuah tuduhan yang ditolak oleh para pejuang.

Arab Saudi juga telah memberlakukan blokade terhadap Yaman, yang telah membekukan pengiriman makanan dan obat-obatan dan bantuan kemanusiaan ke negara yang bergantung pada impor itu.

Beberapa negara Barat memasok rezim Riyadh dengan senjata canggih dan peralatan militer.

 

Keterlibatan Malaysia dalam Koalisi pimpinan Arab Saudi diYaman

Kita masih ingat ketika pada 2016 lalu  mantan PM Malysia Najib Razak menerima transfer kerekenig pribadinya sebesar a $681M (lebih Rp.10T) dari Kerajaan Arab Saudi , yang waktu itu dia akui sebagai dana hibah pribadi untuk dana kampanyenya, tapi tampaknya  dugaan  bahwa dana itu adalah suap agar  Malaysia mau bergabung dalam kolasi pimpinan Arab Saudi  dalam serangan militernya keYaman adalah benar. Terbukti setelah Malaysia dipimpin kembali Mahathir Muhammad  Pasukan Malaysia itu kini ditarik dari Yaman.

Pada hari kamis 28/6 Pemerintah Malaysia menyatakan  bahwa mereka sedang menarik pasukannya keluar dari koalisi militer Saudi yang telah membombardir  Yaman selama tiga tahun terakhir.

“Kabinet (Malaysia) telah  membuat keputusan (untuk memulangkan pasukan Malaysia) minggu lalu. Kami sedang menunggu persiapan yang dilakukan oleh Angkatan Bersenjata, ” , kata Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu.

Menhan Malaysia Mohamad mengatakan kehadiran pasukan Malaysia  yang ditempatkan di sana oleh pemerintah sebelumnya (Najib Razak), telah menyebabkan  secara tidak langsung negara ini diseret ke dalam konflik Timur Tengah.

 

RUSIA PRIHATINKAN ADANYA SALING SERANG ANTARA IRAN DAN  ISRAEL DISURIAH

Rusia prihatin atas terjadinya  saling tembak antara Israel dan Iran di wilayah Suriah serta serangan udara Israel di Suriah  dapat mengakibatkan konflik regional berskala besar, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov mengatakan kepada Penyiar Israel Kan 11.

“Kami melihat … ancaman  pada beberapa titik  tertentu, seperti adanya saling  serang  dan terutama juga adanya serangan  pesawat2 Israel di beberapa fasilitas yang ada di Suriah, bisa saja  akan menjadi tidak terkendali dan mengarah ke kemunduran yang sangat serius dari situasi di wilayah tersebut. secara umum. Saya pikir ini, tentu saja, bukan untuk kepentingan Rusia atau Israel, ”kata Bogdanov.

Rusia selalu dalam diskusi dengan Israel mengenai masalah ini pada tingkat pemerintahan dan selalu mempertimbangkan semua kekhawatiran dari  pemimpin Israel, wakil menteri luar negeri mencatat.

Pada saat yang sama, Bogdanov menekankan bahwa kehadiran Iran di Suriah terbatas pada penasihat militer dan prajurit yang membantu warga Suriah dalam perang melawan terorisme.

“Sejauh yang kami tahu  pasukan Iran tidak ada di wilayah Suriah. Paling ada petugas  Iran, penasihat militer. Saya pikir jumlah mereka meskipun saya tidak tahu pasti tapi  sangat terbatas, ”katanya  mengomentari klaim Israel tentang keterlibatan militer Iran dalam konflik Suriah dan  dugaan upaya Teheran untuk mengubah Suriah menjadi negara anti-Israel.

Pada 10 Mei lalu  Angkatan Udara Israel menyerang puluhan sasaran Iran di Suriah setelah pasukan Iran diduga menembakkan 20 roket ke posisi Pasukan Pertahanan Israel (IDF)  di Dataran Tinggi Golan, area (Suriah yang dicaplok Israel.

Hubungan Israel dengan Iran selalu tegang karena  retorika permusuhan Teheran dan dukungan Iran  diSuriah dalam melawan kelompok-kelompok teroris. Para pejabat Israel telah berulang kali mengatakan bahwa Israel tidak akan mengizinkan Iran untuk mengubah Suriah, yang telah dilanda perang sejak 2011itu  sebagai basis militernya.

INTELIJEN AS : KORUT MASIH MENINGKATKAN PRODUKSI HULU LEDAK  NUKLIRNYA

Badan-badan intelijen AS percaya bahwa dalam beberapa bulan terakhir Korea Utara telah meningkatkan produksi bahan bakar senjata nuklirnya di beberapa instalasi  rahasia meraka , dan bahwa Kim Jong Un mungkin mencoba untuk menyembunyikan fasilitas tersebut , tapi disisi lain dia malah mendapat  lebih banyak konsesi (kelonggaran)  dalam pembicaraan nuklirnya dengan Donald Trump, kata pejabat AS kepada NBC News.

Penilaian intelijen AS yang sebelumnya tidak pernah dilaporkan ini tampaknya bertentangan dengan pernyataan  yang diungkapkan oleh Presiden Donald Trump lewat , yang tweetnya setelah pertemuan bersejarah 12 Juni lelau dengan Kim bahwa “tidak ada lagi ancaman nuklir dari Korea Utara.”

Tapi para Analis dari  CIA dan badan intelijen lainnya tidak melihatnya seperti itu, menurut pernyatan dari lebih dari selusin pejabat Amerika yang dekat dengan  mereka dan berbicara tanpa mau disebut namanya. Mereka melihat rezim Korut  malah memposisikan dirinya unutk mengambil kelonggaran dari pemerintahan  Trump , sembari tetap bergantung pada senjata nuklirnya  yang diyakini penting untuk kelangsungan hidup mereka.

Fihak Gedung Putih tidak segera menanggapi permintaan untuk memberi komentar atas pendapat itu.

UPDATE KEMAJUAN LUAR BIASA TENTARA SURIAH DISURIAH SELATAN

Peta Situasi Militer diSyria Selatan 30 Juni 2018 Kota-kota penting seperti  Dael , Ibta` dan  Tafas telah dibebaskan oleh Tentara Suriah dan Sekutunya. Total lebih dari 50 desa telah dibebaskan sejak dimulainya operasi di Selatan Suriah itu.

This entry was posted in Update WW3 2018 and tagged , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to Update WW3 Jul 2018

  1. sayd says:

    Badan Keamanan Nasional Nuklir Amerika Serikat mengumumkan pengujian bom nuklir gravitasi baru di negara itu.
    Seperti dilansir media Sputnik, Senin (2/7/2018), uji coba bom nuklir baru B61-12 dilakukan di Nevada dengan menggunakan pesawat pembom B2.
    Pentagon berencana untuk menempatkan bom B61-12 di pangkalan militer AS di seluruh Eropa, termasuk Jerman, Italia, Belgia, Belanda dan Turki.
    Bom gravitasi nuklir B61-12 akan diproduksi kompatibel dengan pesawat F-35, dan mulai digunakan pada tahun 2020 menggantikan varian B61 yang ada di gudang-gudang senjata AS.

    Badan Anggaran Kongres memperkirakan bahwa Washington akan menghabiskan 25 miliar dolar untuk modernisasi pasukan nuklir taktisnya selama 30 tahun ke depan.
    Uji coba bom nuklir dilakukan ketika Presiden Donald Trump dalam pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un di Singapura, menandatangani sebuah kesepakatan untuk penghentian program nuklir Pyongyang. (RM)
    Jul 03, 2018 04:42 Asia/Jakarta

  2. sayd says:

    Senakin waktu berjalan maju, senakin terlihat jelas.

    Mengutip dari kompas, bahwa langit rusia terjadi ledaka asteroid. Tapi saya cari berita2 lain, belum ada yg memuaskan bahwa ledakan itu murni asteroid. Apakah ada pihak yg pernah menyerang rusia dg kekuatan nuklir kemudian di cegat oleh sejenis pertahan udara Rusia sehingga terjadi ledakan besar disana (langit) rusia. Apakah dunia sengaja merahasiakan hal ini agar tidak terjadi kepanikan masa? Mohon penjelasannya

    • The admin says:

      Hehe.. diRusia sudah sangat sering kejadian2 aneh seperti itu yang tidak dijelaskan oleh fihak berwenang manapun termasuk pemerintah Rusia sendiri. Penjelasan yang logis adalah Rusia sedang melakukan uji coba senjata2 pamungkas rahasianya.

  3. dio says:

    min, saya sering dapat berita perilisan video peluncuran nuklir, apakah peluncuran nuklir itu mereka sedang siap siap buat perang nuklir?

  4. Nanda says:

    Min, apa tujuan amerika serikat melakukan perang dagang?

  5. NoName says:

    min, sekarang pemerintah indo udah nguasaiin salah satu tambang emas terbesar yang dimiliki oleh zionis (freeport) tanpa ada gangguan apa pun sebelumnya, walaupun sebesar 51%. padahal dulu kalau kita berhasil nguasain itu tambang negara ini pasti diporanda porandakan sama mereka sebelum berhasil dicaplok (ex: kasus G30SPKI) .

    bisa dijelasin min dengan perspektif akhir zaman?

    • The admin says:

      Itu salah satu contoh bagaimana Ya’juj ma’juj mengeruk seluruh kekayaan alam dibumi, kita tidak tahu pasti apa detail perjanjiannya, Ya’juj ma’juj bukan orang bodoh dan mereka mempunyai kekuatan finansial yang tak tertandingi, artinya apa saja dan siapa saja bisa mereka beli, jadi kita koq gak yakin bahwa mereka mau dirugikan. Lagian mereka sudah menambang lebih 50 tahun, jadi bisa dikatakan telah mengeruk habis tambang yg kaya Tembaga , emas dan perak itu.

  6. Nanda says:

    Min, kebijakan trump untuk menarik diri dari kesepatakan nuklir iran dan pelarangan eskpor iran, berarti iran akan diserang tidak lama lagi min?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *