Update WW3 Feb 2018

SERANGAN UDARA AS LUMPUHKAN TANK SURIAH

US coalition strike in Syria is an ‘act of aggression’ – Russian senator

Pejabat Pentagon mengklaim bahwa pasukan operasi khusus AS yang bekerja sebagai penasihat Pasukan pemberontak Suriah atau yang sekarang bernama Pasukan Demokratik Suriah (SDF) mendapat serangan dari tank tempur T-72 buatan Soviet yang dioperasikan oleh pasukan pro-pemerintah. Sebagai tanggapan, pasukan AS melakukan  serangan pesawat tak berawak dan  menghancurkan tank Suriah itu.

Letnan Jenderal Jeffrey Harrigan komandan Pusat Angkatan Udara AS, mengatakan kepada wartawan di Pentagon pada hari Selasa bahwa serangan udara tersebut merupakan tindakan pembelaan diri.

 

ISRAEL KERAHKAN PERALATAN MILITER MENUJU DATARAN TINGGI GOLAN

Setelah konflik dijatuhkannya Drone Iran oleh Israel , disusul dijatuhkannya pesawat F16 Israel oleh angkatan udara Suriah kemudian serangan Israel terhadap 12 posisi militer Suriah dan Iran diwilayah Suriah , kini Israel mengerahkan Peralatan militer termasuk sistem pertahanan rudal Iron Dome, kearah utara menuju Utara Dataran Tinggi Golan.

Video amatir berikut merekam even tersebut.

SURIAH JATUHKAN SATU PESAWAT F16 iSRAEL YANG MENYERANG WILAYAHNYA

Israel telah melancarkan apa yang disebutnya sebagai serangan udara skala besar di Suriah setelah satu dari pesawat tempur F16 nya dijatuhkan oleh anti pesawat Suriah.

Dua belas lokasi diSuriah  termasuk empat “target Iran” di dekat ibukota Suriah, Damaskus, dihancurkan dalam serangan tersebut, menurut juru bicara militer Israel, Jonathan Conricus. Tapi tidak  jelas apakah ada korban jiwa.

F16 Israel ditembak hari sabtu pagi saat kembali dari sebuah serangan untuk menghancurkan fasilitas Iran (diSuriah) yang dituduh telah meluncurkan pesawat tak berawak ke Israel.

Kedua pilot berhasil mengeluarkan diri dan mendarat di Israel. Salah satunya terluka parah.

Siaran Berita resmi negara Suriah mengklaim bahwa pertahanan udaranya  telah menembak  setidaknya dua jet. Militer Israel membantah lebih dari satu pesawat telah ditembak.

Kekerasan Sabtu adalah salah satu insiden paling parah yang melibatkan Israel, Iran dan Suriah selama perang sipil tujuh tahun Suriah. Hal ini diyakini untuk pertama kalinya Israel kehilangan jet dalam konflik tersebut.

Jet tersebut merupakan bagian dari sebuah misi yang jauh masuk ke wilayah Suriah untuk menghancurkan apa yang dikatakan Conricus sebagai fasilitas kontrol pesawat tak berawak Iran di dekat kota gurun Palmyra. Pesawat tak berawak yang memasuki wilayah udara Israel ditembak jatuh dan telah diambil, katanya.

“Fihak  Syria dan Iran dari sudut pandang kita telah  bermain api,” “Konfilk ini masih berlanjut; itu tidak berarti telah selesai”. kata Conricus

” Iran mengutuk Israel karena mencegat salah satu drone-nya. “Laporan bahwa Israel telah menjatuhkan sebuah pesawat tak berawak Iran yang terbang di atas Israel dan juga keterlibatan Iran dalam menyerang sebuah jet Israel sangat menggelikan,” kata sebuah televisi pemerintah mengutip juru bicara kementerian luar negeri Iran, Bahram Qasemi.

Bahram Qasemi mengatakan bahwa Iran hanya memberikan “advis militer” kepada Suriah. Media pemerintah Suriah mengatakan bahwa pertahanan udaranya menembaki jet2 Israel  tersebut sebagai respon atas tindakan agresi Israel terhadap sebuah pangkalan militer pada hari Sabtu.

“Musuh kita Israel saat fajar pada hari ini telah melakukan agresi baru terhadap salah satu pangkalan militer di wilayah tengah. Pertahanan udara kami menghadapinya dan menembak lebih dari satu pesawat, “kata sumber militer Suriah yang tidak teridentifikasi.

Conricus mengatakan bahwa Iran “bertanggung jawab atas pelanggaran berat terhadap  kedaulatan Israel”. “IDF (Pasukan Pertahanan Israel) telah menargetkan sistem kontrol Iran di Suriah yang mengirim pesawat tak berawaknya ke wilayah udara Israel. Kemudian ada tembakan  anti serangan udara Suriah yang masiv dan salahsatu F16 jatuh di Israel, pilot selamat, “kata Conricus dalam tweetnya.

 

RUSIA KEMBALI INGATKAN BAHWA KEHADIRAN PASUKAN AS DISURIAH ADALAH ILEGAL

Rusia kembali  mengingatkan AS bahwa  kehadiran pasukannya di Suriah adalah ilegal setelah koalisi AS tersebut menyerang milisi pro-pemerintah.

Kehadiran pasukan  AS di Suriah  adalah “benar-benar ilegal,” Duta Besar Rusia untuk PBB mengingatkan rekan rekannya para diplomat  Barat pada sebuah pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB.

“Tidak ada yang mengundang mereka di sana,” Vasily Nebenzya menyatakan, dia juga  menekankan bahwa perjuangan keras untuk stabilitas di Suriah terancam oleh tindakan AS itu.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia unit milisi Suriah sedang bergerak menyerang  “kantong tidur” teroris  ISIS  di dekat bekas pabrik pengolahan minyak  al-Isba, ketika tiba-tiba mereka mendapat serangan udara besar-besaran itu.

Sedikitnya 25 milisi terluka dalam serangan tersebut, kata Menteri Luar Negeri Rusia, yang menjelaskan bahwa pasukan pro-pemerintah yang menjadi sasaran koalisi AS tidak mengkoordinasikan operasi mereka dengan komando Rusia.

 

PASUKAN RUSIA JUGA MENJADI  KORBAN DALAM SERANGAN UDARA AS

 

Menurut Pejabat Pentagon , Selain Pasukan Pro-rezim Assad juga ada tentara Rusia yang menjadi Korban  serangan udara AS,

Pada awalnya Pasukan pro pemerintah Suriah menyerang Markas Pasukan Demokratik Suriah SDF (pemberontak Suriah) , tapi kemudian mereka dipukul oleh serangan udara Koalisi pimpinan AS.

Jika Rusia termasuk di antara mereka yang terbunuh  maka  ini adalah untuk pertama kalinya serangan udara AS  membunuh pasukan  Rusia di Suriah, menurut laporan David Martin dari CBS News.

Koalisi AS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka melancarkan serangan itu untuk membela diri setelah sebanyak 500 orang penyerang memulai serangan yang tampak terkoordinasi terhadap sebuah markas SDF, di mana pasukan Turki didampingi oleh pasukan AS.

Pejabat AS mengatakan bahwa tidak ada orang Amerika yang terluka atau terbunuh dalam serangan oleh pasukan pro-rezim tersebut. Mereka berbicara dengan syarat anonim karena penjelasan rinci  sedang  dipersiapkan.

Media pemerintah Suriah mengatakan pemboman koalisi pimpinan AS itu mengakibatkan  puluhan orang tewas dan terluka.

Pada Kamis, Menteri Pertahanan AS James Mattis menyebut baku tembak  dengan pasukan pro-rezim Assad itu sebagai “situasi yang membingungkan,” tapi tampaknya dia cenderung menyebut sebagai sebuah terobosan untuk meredam gerakan Rusia. Mattis juga  mengatakan situasinya membingungkan karena dia “tidak tahu mengapa mereka akan menyerang.”

 

PESAWAT AS SERING TERDETEKSI MENDEKATI BASIS MILITER RUSIA DISURIAH

Pesawat tempur AS yang beroperasi di Suriah timur telah berkali-kali berada di garis silang sistem pertahanan udara S-300V4 Rusia, komandan Pasukan Pertahanan Angkatan Udara Alexander Leonov mengatakan.

“Sebagai bagian dari operasi militernya, pesawat pengintai dan pembom strategis Angkatan Udara AS berkali-kali terdeteksi dan diikuti secara otomatis,” Letnan Jenderal Leonov mengatakan kepada surat kabar Rusia Izvestiya kepada  dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada hari Kamis.

Jenderal tersebut mengatakan bahwa sistem pertahanan udara permukaan-ke-udara dikirim ke Suriah pada bulan Oktober 2016 untuk “memperluas kontrol atas wilayah udara Suriah timur, mencegah serangan udara dari musuh terhadap lapangan terbang Hmeymim dan basis logistik Tartus.”

Dia mengatakan bahwa pesawat-pesawat AS bereaksi “dengan gugup” saat terlacak oleh unit pertahanan udara Rusia dari jarak 200 sampai 300 kilometer (124 sampai 186 mil). Sistem dan personilnya kemudian ditarik ke ketempat penempatan permanen mereka.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa pesawat tempur F-22 AS telah meenghalangi  pesawat tempur Su-25 Rusia untuki melakukan misi tempur untuk menghancurkan kubu ISIS di Sungai Efrat Suriah. Namun, perwakilan kementerian mencatat bahwa setelah munculnya pesawat tempur Su-35S Rusia, F-22 menghentikan manuver yang berbahaya dan pergi  ke wilayah udara Irak.

 

KOALISI PIMPINAN AS SERANG PASUKAN PRO PEMERINTAH SURIAH

Sebanyak 100 tentara yang beraliansi  dengan tentara pemerintah Suriah dilaporkan terbunuh pada hari Rabu malam setelah   serangkaian serangan oleh koalisi pimpinan AS di provinsi  Deir ez-Zor Suriah, seorang petinggi militer  AS mengungkapkan. seperti yang dilaporkan  saluran TV Lebanon AlMayadeen.

Koalisi AS mengklaim bahwa serangan tersebut dilakukan sebagai pembalasan atas serangan terhadap markas pasukan Demokratik  Suriah (SDF)  sebuah aliansi Arab-Kurdi yang didukung oleh Washington.

communique

Tidak ada anggota militer AS atau dari fihak SDF yang dilaporkan tewas atau terluka dalam serangan (oleh pasukan pemerintah Suriah) , sumber yang sama dikutip oleh Sputnik.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Rabu, koalisi (AS) tersebut mengatakan bahwa pasukan pro-pemerintah Suriah telah melancarkan sebuah “serangan yang tidak beralasan” di markas besar Pasukan Demokratik Suriah.

Dari  sisi Damaskus, tidak ada pernyataan resmi yang dibuat sampai  saat ini.

UPDATE  PENINGKATAN KETEGANGAN RUSIA – NATO DI BALTIK

Rusia telah mengerahkan sistem rudal Iskander yang memiliki hulu ledak nuklir secara permanen di Kaliningrad yang berpotensi menjadikan sebagian besar Negara Uni Eropa  dan NATO dalam jangkauannya . demikian menurut klaim  presiden dan menteri pertahanan Lithuania.

Dihari Lithuania merayakan ulang tahun pertama kedatangan pasukan tempur NATO di wilayahnya, presiden negara Baltik tersebut mengatakan bahwa rudal itu memiliki jangkauan sekitar 400km telah ditempatkan  ditempatkan dalam baterei baterei  peluncur antara Polandia dan Lithuania.

“Ini bukan hanya ancaman bagi Lithuania, tapi juga bagi separuh negara Eropa,” kata presiden Dalia Grybauskaite kepada wartawan di Rukla dimana ditempatkan  batalyon NATO yang dipimpin Jerman. Para Pejabat NATO meminta Rusia untuk mengklarifikasi tindakannya itu.

Rose Gottemoeller sekretaris jenderal aliansi militer, mengatakan pada acara yang sama di Lithuania: “Ini adalah masalah yang sangat serius. . . Apakah itu jenis penempatan sementara, atau apakah itu sesuatu yang lain? Itu tidak bisa saya katakan. ” Ada kegelisahan di Baltik mengenai niat Rusia menyusul aneksasi Crimea dari Ukraina pada tahun 2014, dan serangkaian latihan militer musim panas lalu yang beberapa orang meyakini sedang  berlatih serangan terhadap NATO.

Kementerian pertahanan Rusia dan komando Armada Baltik tidak menanggapi permintaan komentar. Namun seorang anggota parlemen senior mengkonfirmasi penyebaran Rudal Iskander itu, yang telah member ancaman selama lebih dari sebulan setelah penyebaran berkala rudal jarak pendek di Kaliningrad untuk latihan militer selama beberapa tahun terakhir.

Vladimir Shamanov  ketua komite pertahanan Duma (Parlemen Rusia) , mengatakan kepada Interfax bahwa rudal jelajah memang telah dikirim ke Kaliningrad. Langkah tersebut adalah “jawaban atas penggelaran aset militer (NATO) di wilayah-wilayah tetangga”, katanya menurut kantor berita Rusia, menambahkan bahwa semua tetangga Kaliningrad harus takut akan respon  Moskow ini karena infrastruktur militer asing akan selalu menjadi sasaran prioritas.

Sekitar 4.500 tentara NATO kini bermarkas di Polandia, Estonia, Latvia dan Lithuania sebagai bagian dari pasukan  pertahanan “tripwire” terdepan. Banyak  analisis telah berpendapat bahwa  Rusia dapat menaklukkan tiga negara Baltik dalam hitungan hari, yang berpotensi menutup Celah Suwalki di 65km antara perbatasan Polandia dan Lithuania yang berbatasan langsung dengan Kaliningrad.

 

HAMAS SEDANG BERSIAP UNTUK PERANG MENGHADAPI  ISRAEL  

A Palestinian demonstrator prepares to hurl a burning tire at Israeli troops during clashes near the border with Israel in the southern Gaza Strip February 2, 2018.

Jalur Gaza sedang bersiap menghadapi konfrontasi dengan Israel dalam beberapa hari ke depan, harian Arab yang berbasis di London  Al Hayat melaporkan pada hari Minggu.

Menurut laporan tersebut, faksi Palestina  Hamas menilai bahwa kemungkinan perang dengan Israel adalah 95 persen,  dan menganggap bahwa perang  itu bisa meletus dalam hitungan jam atau hari.

Sumber yang telah bertemu dengan Yahya Sinwar, pemimpin politik Hamas di Gaza  mengatakan bahwa faksi-faksi Palestina percaya bahwa Israel akan menggunakan sebuah latihan militer yang direncanakan di bagian selatan untuk membuka operasi militer terhadap Hamas.

Laporan tersebut selanjutnya mengatakan bahwa sayap militer Hamas telah mengumumkan keadaan siaga tinggi, mengevakuasi lokasi dan kantor pusatnya  dan bahkan menggelar blokade jalan di Jalur Gaza.

Aktivis politik dan hak asasi manusia di Gaza mengatakan kepada Haaretz bahwa atmosfer di Jalur Gaza sangat suram dalam kaitannya dengan krisis kemanusiaan, beberapa di antaranya adalah mengenai  pelaksanaan kesepakatan rekonsiliasi antara Hamas dan Otoritas Palestina sendiri , dimana ada  saling tuduh antara PA (Palestenian authority) dengan Hamas dalam mengatasi pembekuan pembicaraan.

Delegasi senior pejabat Fatah termasuk anggota Komite Sentral gerakan tersebut direncanakan akan mengunjungi Jalur Gaza minggu ini,

Mereka akan mengadakan pertemuan dengan pimpinan Hamas dan faksi lainnya. Palestenian authority  PA mengatakan bahwa Hamas belum menguasai kendali atas keamanan ataupun pengumpulan pajak, sementara Hamas menuduh PA mengabaikan tanggung jawabnya terhadap Jalur Gaza.

Hamas mengatakan bahwa sementara Hamas telah menyerahkan pemerintahan kepada pemerintah Mahmoud Abbas, namun Abbas belum menginstruksikan bahwa sanksi yang diberlakukan setahun yang lalu akan dicabut.

Sumber-sumber Palestina mengatakan kepada Al-Hayat bahwa Abbas telah mempresentasikan sebuah proposal  alternatif untuk Presiden AS Donlad Trump yang menyerukan pengakuan bertahap atas sebuah negara Palestina sesuai perjanjian  perbatasan tahun 1967, dimana  kemungkinan pertukaran wilayah yang akan memungkinkan Israel untuk mencaplok permukiman yang lebih besar .

Menurut laporan tersebut, Abbas telah mengkondisikan kesepakatannya untuk memberi pengakuan bertahap atas kesepakatan  perbatasan itu, namun Gedung Putih menolak proposal tersebut dan menuduh rencana Abbas itu dipresentasikan untuk implementasikan, bukan untuk dinegosiasikan.

 

MENLU IRAN : KEBIJAKAN NUKLIR BARU AS HANYA MEMBUAT PEMUSNAHAN UMAT MANUSIA SEMAKIN DEKAT

image description

Menteri luar negeri Iran  Mohammad Javad Zarif  mengecam pemerintaan Trump dalam sebuah tweet hari Minggu sebagai tanggapan atas pengumuman Pentagon tentang  kebijakan nuklir yang dikeluarkan belum lama ini.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan bahwa kebijakan nuklir yang baru saja diumumkan di Amerika Serikat akan membawa dunia “lebih dekat untuk pemusnahan”.

Komentar Zarif muncul tiga hari setelah Pentagon mengumumkan rencananya untuk memperluas kemampuan nuklir AS dalam menghadapi ancaman yang terus meningkat dari Rusia.

Dalam sebuah  kebijakan yang berjudul Nuclear Posture Review, yang diterbitkan pada hari Jumat, Pentagon mengusulkan untuk mengembangkan rudal nuklir  kecil baru yang dapat diluncurkan dari kapal selam rudal balistik dan kapal perang.

Dalam sebuah tweetnya  pada hari Minggu, Zarif menulis bahwa dokumen tersebut “mencerminkan ketergantungan yang lebih besar pada nuklir yang melanggar Perjanjian Non-Proliferasi, yang membawa lebih mendekati kearah  pemusnahan umat manusia

PEASAWAT SU-25 RUSIA DIJATUHKAN DI IDLIB SUIAH

Pesawat tempur Rusia Su-25 yang terbang di atas zona de-eskalasi Idlib di Suriah dijatuhkan  dengan rudal anti-pesawat presisi portable (MANPAD), demikian laporan Kementerian Pertahanan Rusia.

Setelah serangan terhadap pesawat Rusia tersebut  Angkatan, Udara Rusia melakukan serangan rudal presisi tinggi kedaerah yang dikuasai oleh kelompok teroris Jabhat Fatah al-Sham (sebelumnya bernama Front al-Nusra), lokasi dari mana rudal yang memnjatuhkan pesawat tempur jet tempur Su-25 Rusia itu diluncurkan.

“Serangan balik terhadap kelompok yang menggunakan senjata presisi itu telah dilakukan di wilayah yang dikuasai oleh kelompok teroris Jabhat al-Nusra (Jabhat Fatah al-Sham)  di provinsi Idlib.

Video yang dirilis Dephan Rusia berikut menunjukkan serangan balasan dengan rudal presisi tinggi yang diluncurkan dari kapal perang Rusia dilaut Mediterania.

Menurut penyadapan radio  akibat serangan tersebut, lebih dari 30 militan Jabhat al-Nusra tewas, “kata laporan Kementerian Pertahanan Rusia tersebut.

Kementerian tersebut menyatakan bahwa pilot tersebut berhasil melompat dari pesawat dan selamat dari turun ke bumi, namun terbunuh dalam pertempuran berikutnya dengan teroris.

Semua upaya dilakukan untuk mengambil kembali Jenazah  pilot.

Selama dua tahun operasi militer di Suriah Rusia telah kehilangan empat pesawat terbang dan empat helikopter.

 

DITENGAH HUBUNGAN PANAS LEBANON – ISRAEL, PASUKAN AS TIBA DI ISRAEL  

Pasukan AS tiba di Israel untuk ambil bagian dalam Latihan Juniper Cobra, sebuah latihan militer utama dua tahunan. Pada Juniper Cobra yang terakhir pada tahun 2016, lebih dari 3.000 tentara AS ikut ambil bagian, menurut sebuah laporan oleh Jerusalem Online.

Latihan tersebut akan meniru adanya serangan rudal simultan besar-besaran terhadap Israel dari front selatan dan utara, menurut Channel 10 News Agency. Latihan tahun ini dilangsungkan  di tengah meningkatnya ketegangan Israel dengan Hizbullah yang berbasis di Libanon, yang mengancam akan menembakkan rudal ke Israel jika tidak berhenti membangun tembok di perbatasan Lebanon.

Sementara itu, menteri energi Lebanon  Cesar Abi Khalil  mengklaim bahwa Libanon akan mengeksplorasi minyak dan gas di dekat perbatasan maritimnya dengan Israel. Wilayah ini telah diklaim oleh Tel Aviv yang micu kecaman besar-besaran dari seluruh dunia Arab, menurut Washington Post.

Berbicara di  Institut Studi Keamanan Nasional di Universitas Tel Aviv pada hari Rabu, Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengatakan bahwa rencana  Lebanon untuk mengebor ladang minyak dan gas lepas pantai yang disengketakan yang disebut sebagai Blok 9 ini adalah upaya yang “sangat, sangat menantang dan provokatif,” menurut Reuters.

Dalam kesempatan yang sama menhan Israel Lieberman   mengancam akan melakukan perang skala penuh melawan Libanon jika Hizbullah melancarkan serangan terhadap Israel, Reuters melaporkan.

“Tidak seperti Perang Lebanon 2006, tidak mungkin akan ada lagi terlihat penduduk Beirut ada di pantai sementara orang-orang di Tel Aviv tinggal di tempat penampungan. Jika penduduk Israel tinggal di tempat penampungan maka pada perang berikutnya, semua penduduk Beirut akan berada di tempat penampungan, “Kata Lieberman.

 

AS LAKUKAN KAMPANYE HITAM  BAHWA  SYRIA KEMBANGKAN SENJATA KIMIA BARU 

chemical weapons assad

Meski Menhan AS sendiri menyatakan bahwa mereka tidak punya bukti bahwa Pemerintah Suriah memiliki senjata Kimia , tapi kampanye hitam atas kepemilikan dan pengembangan senjata kimia yang mirip dilakukan AS sebelum menyerang Iraq pada tahun 1993 terus berulang dituduhkan AS terhadap pemerintah Suriah. Ada kemungkinan sudah dekat waktunya bagi AS untuk menyerang Suriah secara langsung. Pada saat itu AS tidak bisa membuktikan kepemilikan senjata kimia oleh Iraq. 

Pemerintahan Donald Trump sedang bersiap untuk kembali mengambil tindakan militer guna melawan  pemerintah Suriah jika diperlukan untuk mencegah penggunaan senjata kimia dan dikhawatirkan mereka mungkin mengembangkan metode baru untuk memberikan senjata semacam itu, kata pejabat senior AS pada hari Kamis.

Pasukan yang setia kepada Presiden Suriah Bashar Assad terus-menerus menggunakan senjata kimia dalam jumlah yang sedikit sejak serangan mematikan bulan April lalu yang membuat AS melakukan  serangan rudal ke sebuah pangkalan udara Suriah, kata pejabat tersebut kepada wartawan dalam sebuah briefing.

Jika masyarakat internasional tidak bertindak cepat untuk meningkatkan tekanan kepada Assad, senjata kimia Suriah dapat menyebar keluar Suriah dan bahkan mungkin ke Amerika Serikat, kata salah satu pejabat AS mengatakan yang mau  berbicara dengan syarat anonim.

“Ini akan menyebar jika kita tidak melakukan sesuatu,” pejabat tersebut memperingatkan.

RUSIA INGATKAN AS AGAR MENGHENTIKAN PENERBANGAN MILITERNYA DIPERBATASAN RUSIA

AS harus menghentikan penerbangan pesawat militernya  di dekat perbatasan Rusia atau menyetujui pembentukan aturan untuk mengatur penerbangan semacam itu, Kementerian Pertahanan Rusia merekomendasikan hal itu setelah insiden terakhir  dicegatnya  pesawat AS oleh jet tempur Rusia diperbatasan Rusia.

Kecaman tersebut dikeluarkan Rusia pada hari Kamis setelah Angkatan Laut AS merilis rekaman lanjutan yangmenunjukkan dicegatnyai pesawat mata-mata AS EP-3 oleh jet tempur Rusia Su-27  di atas Laut Hitam.

Angkatan Udara Rusia “akan terus menunjukkan pertahanan yang kuat atas wilayah  perbatasan  udara Rusia,” kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan.

“Jika  fakta ini oleh pilot Amerika dianggap menyebabkan depresi dan fobia, sebaiknya diwaktu mendatang pihak Amerika menghentikan penerbangan  militernya di dekat perbatasan Rusia  atau setuju ke meja perundingan dan menyetujui pembuatan  aturan bagi penerbangan semacam itu.”

 

PESAWAT RUSIA  CEGAT PESAWAT PENGINTAI AS DIPERBATSAN RUSIA

Angkatan Laut AS telah merilis sebuah video baru yang menunjukkan pembom Su-27 Rusia yang melakukan manuver di sekitar pesawat pengintai AS EP-3 Aries di atas Laut Hitam pada 29 Januari.

“Video video itu  menunjukkan pesawat tempur Rusia Su-27  mencegat pesawat pengintai AS  EP-3 dari posisi yang sangat dekat, di ketinggian yang sama, dan dengan jarak ujung sayap ke ujung sayap yang diperkirakan hanya berjarak  lima kaki,” Kapten Angkatan Laut AS Ellis, komandan Satuan Tugas 67 mengatakan.

Kementerian Pertahanan Rusia telah mengkonfirmasi bahwa salah satu dari jet tempur Rusia Su-27 telah mencegat pesawat pengintai AS  Aries EP-3  di wilayah udara internasional di Laut Hitam pada hari Senin.

Pencegatan itu  diperlukan untuk mencegah pesawat pengintai AS tersebut melanggar wilayah udara Rusia. Pentagon mengecam pencegatan semacam itu  sebagai tindakan yang “tidak aman,” tapi Moskow menjawab bahwa mereka mengambil “semua tindakan pencegahan yang diperlukan” untuk menghindari situasi yang lebih berbahaya.

This entry was posted in Update WW3 2018 and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 69 = 76