UPDATE WW3 SEP 2021

Table of Content

ISIS MENGKALAIM BERTANGGUNG JAWAB ATAS SERANGAN BOM TERAKHIR DI AFGHANISTAN

A member of Taliban security forces stands guard among crowds of people walking past in a street in Kabul, Afghanistan September 4, 2021. - Sputnik International, 1920, 19.09.2021

Kelompok teroris ISIS/Daesh mengklaim bertanggung jawab atas serangan yang mengguncang Afghanistan timur awal pekan ini, kata pernyataan kelompok itu di Telegram.

“Lebih dari 35 anggota milisi Taliban tewas atau terluka, dalam serangkaian ledakan yang terjadi,” kata kelompok ISIS, merujuk pada ledakan pada Sabtu dan Minggu, sementara Taliban belum mengomentari pernyataan ini.

Dua warga sipil tewas akibat ledakan di sebuah stasiun bus di kota timur Jalalabad di Provinsi Nangarhar pada Minggu pagi, kata seorang saksi mata. Dia menambahkan bahwa ledakan itu juga melukai seorang gerilyawan Taliban.

Pada 18 September,  sebuah bom mobil meledak di kota Jalalabad, Afghanistan timur, di Provinsi Nangarhar, sedikitnya 3 orang tewas dan 18 lainnya cedera, Shamshad News melaporkan pada Sabtu.

PEGAWAI PEREMPUAN DIIBUKOTA KABUL DIPERINTAHKAN UNTUK TIDAK BEKERJA

Afghan female city workers banned from work

Walikota sementara ibukota Afghanistan Kabul, Hamdullah Namony, mengatakan Minggu 19/9, bahwa pegawai perempuan di Kabul diperintahkan untuk tinggal di rumah, meskipun sebelumnya Taliban berjanji untuk menghormati dan melindungi hak-hak perempuan.

Namony mengatakan beberapa pekerja wanita akan tetap boleh bekerja di pemerintahan kota, jika peran mereka tidak dapat digantikan oleh pria, termasuk mereka yang bekerja di departemen desain dan teknik serta petugas toilet umum wanita.

“Ada beberapa bidang yang tidak bisa dilakukan laki-laki, dan kami harus meminta pekerja perempuan untuk tetap melakukan tugasnya, tidak ada alternatif untuk itu,” kata Namony dalam jumpa pers pertamanya.

Sebelum Taliban mengambil alih negara itu bulan lalu, jumlah pegawai perempuan dikota Kabul sekitar sepertiga dari sekitar 3.000 orang.

 

TIDAK PERLU SERTIFIKAT VAKSIN UNTUK KETEMPAT WISATA DI AFGHANISTAN, HANYA PERLU BAWA PELONTAR GRANAT

Image

Para anggota pasukan Taliban sampai sebulan ini hanya mendatangi tempat-tempat wisata masih lengkap dengan senjata mereka. Sebagian terekam hanya bermain-main dengan heli rongsokan. 

 

UJI COBA PELEDAKAN NUKLIR BAWAH TANAH OLEH AS TAHUN 1957

Image

Image

Pada 19 September 1957, AS melakukan uji coba nuklir bawah tanah pertama yang tertutup sepenuhnya, yang ditanam melalui terowongan pada kedalaman 275 m.  Uji coba dengan ledakan 1.7 kiloton ini, guncangannya dapat dideteksi di seluruh dunia dengan instrumen seismik biasa.

 

DUA LEDAKAN GUNCANG IBUKOTA AFGHANISTAN DAN KOTA JALALABAD

Afghan security forces arrive after a powerful explosion outside the provincial police headquarters in Kandahar province south of Kabul, Afghanistan, Thursday, July 18, 2019. - Sputnik International, 1920, 18.09.2021

Dua ledakan telah terjadi di ibu kota Afghanistan, salah satunya menyebabkan beberapa orang terluka, kata seorang sumber pasukan keamanan di Kabul kepada Sputnik.

Ledakan pertama terjadi di Dasht-e-Barchi, di Distrik 13 Kabul barat, dan mengakibatkan beberapa orang terluka. Ledakan kedua terjadi di lingkungan yang berbeda di distrik yang sama, tetapi belum ada laporan tentang korban atau yang terluka.

Sementara dikota lainnya, dilaporkan sedikitnya 3 orang tewas dan 18 lainnya luka-luka akibat ledakan bom mobil di kota Jalalabad, Afghanistan timur di Provinsi Nangarhar, Sabtu.

 

MILISI ISLAH KIRIM DUKUNGAN PASUKAN KE DISTRIK OSAYLAN

Milisi Partai Islah (IM Yaman) yang didukung oleh Arab Saudi, Sabtu kemarin mengirim bala bantuan militer ke distrik Osaylan di provinsi Shabwa, Yaman, kata sebuah sumber.

Sumber itu mengatakan, bahwa langkah milisi Islah itu dilakukan untuk membatasi penguasaan suku Balharith atas ladang minyak di distrik tersebut.

Suku Balharith menanggapi dengan mengirim bala bantuan di daerah Masbah, utara distrik Osaylan, di tengah situasi tegang antara keduanya. April lalu, konfrontasi kekerasan meletus antara suku Balharith dan milisi Islah di dekat ladang minyak di distrik tersebut.

 

PENGHANCURAN DUNIA ARAB, SEBUAH KEBIJAKAN BERDASAR KEBOHONGAN DEMI KEBOHONGAN 

Serangan palsu Drone AS keposisi ISIS-K di Kabul hanyalah contoh kecil kebohongan yang terus dilakukan oleh musuh Islam AS. Kebohongan besar lainnya adalah dalih serangan AS ke Irak atas kepemilikan senjata pemusnah masal (WMD) oleh Sadam Husein. 

Reporter RT ini menjelaskan dengan sangat gamblang apa yang sebenarnya terjadi di Iraq sejak serangan AS ke Iraq 2004, kemudian dalih AS di Iraq berubah menjadi untuk menghancurkan Al-Qaeda diIraq. Tapi bukannya teroris hancur, justru muncul teroris yang lebih besar dan meluas ke Suriah, ISIS.

Dan sampai kini Iraq tidak juga bisa pulih, karena pasukan AS masih bercokol disana.

 

VIDEO : PERLAWANAN PALESTINA DI JENIN TERLIBAT BENTROK DENGAN PASUKAN ISRAEL

Perlawanan Palestina di Jenin, Tepi barat bagian utara, terlibat bentrok dengan pasukan Israel pada Sabtu malam.

 

KONFLIK SHIAH – SUNI SELALU DIPICU OLEH MUSUH ISLAM DAN…
Image

Presiden Iran Ebrahim Raisi sholat bersama para stafnya

Ada dua fihak yang tidak suka Islam bersatu, pertama adalah musuh Islam Israel, dan kedua adalah negara-negara muslim yang merasa terancam karena akan menjadi target pasukan Imam Mahdi.

Sejak 20 tahun lalu, tepatnya 9/11/2001 (di WTC) keduanya memproklamirkan sebuah konspirasi besar untuk menghancurkan negara Arab yang menentang Israel.

Peristiwa besar penghancuran bangsa Arab itu sudah diisyaratkan banyak hadits Nabi, dan kita identifikasi sebagai Malhamah tahap-1.

Dari sini harusnya bisa menjawab sendiri pertanyaan sebagian pembaca kita, kenapa Saudi terkait dengan serangan 9/11.

 

CENTCOM AS AKHIRNYA AKUI :  SERANGAN DRONE DI KABUL 29 AGUSTUS TIDAK MENARGET ISIS-K

Image

Setelah berminggu-minggu bersikukuh, bahwa serangan Drone AS pada 29 Agustus di Kabul adalah telah membunuh anggota teroris ISIS-K, CENTCOM AS akhirnya mengakui, bahwa para korban itu semuanya adalah warga sipil, termasuk anak-anak.

Jenderal. Kenneth McKenzie, Komandan CENTCOM AS, pada hari Jumat mengumumkan bahwa rudal Hellfire yang ditembakkan ke sebuah rumah di Kabul tepat sebelum evakuasi udara AS berakhir, sebenarnya tidak membunuh  kelompok teroris ISIS-K.

Serangan Drone di Kabul itu “adalah sebuah kesalahan,” kata McKenzie, mengakui, bahwa “10 warga sipil, termasuk 7 anak tewas secara tragis”, akibat serangan itu.

 

PERANCIS NGAMBEK KARENA KESEPAKATAN PEMBUATAN KAPAL PERANG SELAM NUKLIR UNTUK AUSTRALIA 

Menlu Perancis Perancis, Jean-Yves Le Drian

Perancis telah memanggil duta besarnya dari Washington dan Canberra untuk konsultasi, karena  kesepakatan  AS, Inggris dan Australia untuk pembangunan kapal selam nuklir untuk Australia, dimana telah membatalkan kontrak yang sama untuk Perancis.

“Atas permintaan Presiden Republik [Emmanuel Macron], saya memutuskan untuk segera memanggil kembali ke Paris untuk berkonsultasi dengan dua duta besar kami di AS dan di Australia,” kata Menlu Prancis Jean-Yves Le Drian, Jumat.

Le Drian mengatakan keputusan itu dibenarkan oleh “gravitasi luar biasa” dari pengumuman 15 September yang dibuat oleh Australia, AS dan Inggris.

 

INDONESIA SANGAT PRIHATIN DENGAN KESEPAKATAN PEMBUATAN KAPAL SELAM NUKLIR AUSTRALIA

Indonesia ‘deeply concerned’ by arms race and power projection in region after Australian nuclear sub dealKemenlu Indonesia mengatakan prihatin dengan rencana pembangunan kapal selam bertenaga nuklir oleh AS dan Inggris ke Australia, dan mengklaim itu akan berkontribusi pada perlombaan senjata dan meningkatkan proyeksi kekuatan di Indo-Pasifik.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, Kemenlu Indonesia mengatakan sedang mengamati “dengan hati-hati” kesepakatan yang melihat Inggris dan AS menjual kapal selam bertenaga nuklir ke negara tetangga Australia, yang menjadikannya negara ke-7 dengan kapal selam nuklir.

“Indonesia sangat prihatin dengan berlanjutnya perlombaan senjata dan proyeksi kekuatan militer di kawasan itu,” bunyi pernyataan itu, seraya menambahkan bahwa Jakarta ingin menekankan pentingnya Australia mematuhi komitmennya terhadap nonproliferasi nuklir.

 

VIDEO : ANSARULLAH (HOUTHI) HANCURKAN BEBERAPA KENDARAAN TEMPUR SAUDI DENGAN ATGM

 

MENLU AS AKAN UPAYAKAN LEBIH BANYAK NEGARA ARAB YANG JALIN HUBUNGAN DENGAN ISRAEL

US Secretary of State Antony Blinken and India's Minister of External Affairs Subrahmanyam Jaishankar hold a joint news conference at Jawaharlal Nehru Bhawan (JNB) in New Delhi, India July 28, 2021 (photo credit: REUTERS)Menlu AS, Antony Blinken Jim’at kemarin berjanji untuk mendorong lebih banyak negara Arab agar mau menormalkan hubungan dengan Israel, saat ia menjadi host pertemuan virtual dengan Menlu Israel dan UEA, Bahrain, dan Maroko.

Presiden Joe Biden telah mendukung kesepakatan itu sejak menjabat pada Januari, dan para pembantu seniornya mengatakan, mereka ingin lebih banyak negara Arab menormalkan hubungan dengan Israel.

 

TAIWAN AKAN PRODUKSI MASAL PERTAHANAN UDARA JARAK JAUH

Hsiung Feng III missile launched in 2019. (Facebook, Taiwan Navy photo)  Kabinet Taiwan pada Kamis (16/9) menyetujui rencana pengadaan senjata militer yang memungkinkan produksi massal rudal anti-kapal Hsiung Feng III varian jarak jauh, sebagai bagian dari pengembangan anti-kapal berbasis darat.

Rudal Hsiung Feng III baru ini memliki jangkauan hampir 400 kilometer, yang sangat meningkatkan kemampuan Taiwan untuk menahan militer China, Liberty Times melaporkan.

 

LUSINAN TRUK TANKI MINYAK IRAN MASUK LEBANON MELALUI SURIAH

Sejumlah 60 truk tanki yang membawa minyak Iran tiba di Lebanon pada Kamis. Pengiriman dilakukan melalui jalur darat dari Suriah oleh kelompok Hizbullah, setelah sebelumnya tanker Iran berlabuh diSuriah.

Lebanon juga terus dikenai sanksi oleh AS karena ada Hezbollah yang dianggap organisasi teroris oleh AS.

Perdana Menteri baru Lebanon Najib Mikati, yang pemerintahannya dibentuk pekan lalu setelah kebuntuan politik 13 bulan, belum mengomentari kesepakatan Hizbullah untuk mengimpor bahan bakar dari Iran ini.

 

VIDEO : KOREA UTARA UJI COBA PELUNCURAN RUDAL DARI KERETA API

 

AS DAN INGGRIS AKAN BANTU AUSTRALIA BANGUN KAPAL SELAM NUKLIR UNTUK BANTU GEMPUR CHINA

 

AS, Inggris, dan Australia telah mengumumkan prakarsa militer baru, yang dinamakan AUKUS yang disebut didedikasikan untuk “Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

Langkah pertama dari aliansi itu yang tampaknya ditujukan untuk melawan China adalah, pembuatan kapal selam nuklir untuk Australia.

PM Inggris Boris Johnson dan PM Australia Scott Morrison bergabung dengan Presiden AS Joe Biden dalam dialog virtual tentang apa yang disebut Biden sebagai “fase baru kerja sama keamanan trilateral” antara sekutu lama pada hari Rabu.

Saat ini baru 6 negara yang punya Kapal selam nuklir dengan rudal nuklir, China, Prancis, India, Rusia, AS dan Inggris.

 

KOREA UTARA SUKSES UJI COBA RUDAL YANG DIANGKUT DENGAN KERETA API

Angkatan bersenjata Korea Utara sukses menguji coba “sistem rudal yang dibawa kereta api”. Rudal menempuh jarak sekitar 800 kilometer sebelum mencapai target di lepas pantai timur negara itu, media pemerintah melaporkan.

“Sistem rudal yang dibawa kereta api berfungsi sebagai sarana serangan balik yang efisien yang mampu memberikan pukulan ‘multi-concurrent’ yang besar ke pasukan musuh,” kata Marshal Pak Jong Chon, anggota Presidium Politbiro dari Partai Buruh Korea yang berkuasa, yang mengawasi uji coba itu, Rabu.

Pejabat Korea Selatan dan Jepang mengatakan mereka mendeteksi dua kali peluncuran rudal balistik pada Rabu pagi.

 

CHINA KIRIM 2 KAPAL PERANG KE PERAIRAN ALASKA

Image

China mengirim gugus tugas kapal perang yang dipimpin oleh armada kebanggaan Beijing untuk berpatroli di perairan Alaska, meningkatkan persaingannya dengan As dalam dominasi maritim.

Dua kapal perusak rudal berpemandu, yang diyakini sebagai kapal Tipe 055 Nanchang dan Tipe 052D Guiyang, bergabung dengan kapal pengintai dan kapal pemasok dalam armada yang berlayar ke zona ekonomi eksklusif AS di lepas rantai Pulau Aleutian.

 

SPACEX LUNCURKAN ROKET YANG MEMBAWA 4 WARGA SIPIL KE ANTARIKSA

Perusahaan SpaceX milik Elon Musk meluncurkan penerbangan antariksa warga sipil pertama di dunia dengan roket Falcon 9 dan pesawat ruang angkasa Dragon dari Launch Complex 39A di Kennedy Space Center NASA, di Florida.

Kira-kira tiga hari setelah lepas landas, awak Inspiration4 akan kembali ke Bumi dari orbit.

Misi ini dipimpin oleh Jared Isaacman, pendiri dan CEO Shift4 Payments, dan 3 orang yang lain adalah Hayley Arceneaux, asisten dokter di Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude; Spesialis Misi Chris Sembroski, seorang veteran Angkatan Udara dan insinyur data kedirgantaraan; dan Mission Pilot Dr. Sian Proctor, seorang geoscientist dan pilot terlatih.

 

PERTEMUAN ASSAD-PUTIN ADALAH KRITIK TAJAM ATAS KEBERADAAN PASUKAN AS DAN TURKI DI SURIAH

Image

Caroline Rose, seorang peneliti Amerika di New Lines Institute, mengatakan bahwa yang luar biasa dalam pertemuan Assad-Putin selasa kemarin adalah, pertanyaan Putin tentang legitimasi kehadiran pasukan asing di Suriah.

Dia menyebut bahwa, kata-kata Putin “adalah kritik yang tegas terhadap keberadaan ilegal pasukan AS dan Turki yang ditempatkan di timur laut dan barat laut di Suriah.”

Dia menyatakan bahwa “AS harus membaca kunjungan ini sebagai indikasi bahwa Rusia akan terus memainkan peran penting di Suriah, meskipun ada perbedaan antara pemerintah Assad dan para pemimpin Rusia.”

 

YUNANI KIRIM PERTAHANAN UDARA ‘PATRIOT’ KE ARAB SAUDI SETELAH AS MENARIK ‘PATRIOT’NYA DARI SAUDI

Yunani mengirimkan baterai rudal anti-pesawat Patriot ke Arab Saudi serta 120 tentara untuk memasang sistem senjata itu, Staf Umum Pertahanan Yunani Hellenic mengumumkan, Selasa 14/9.

Kepala Staf Umum Yunani, Jenderal Konstantinos Floros mengatakan dalam  posting Twitternya, bahwa misi pasukan Yunani adalah untuk menjaga perdamaian dan stabilitas terutama di Mediterania Timur dan Timur Tengah.

Rudal tersebut dilaporkan akan tetap berada di Saudi untuk jangka waktu yang tidak ditentukan, dan akan digunakan untuk memperkuat pertahanan udara Saudi. Itu terjadi setelah AS menarik sebagian besar baterai rudal Patriotnya dari KSA.

TERJADI PERSELISIHAN DIANTARA PETINGGI TALIBAN DI ISTANA PRESIDEN

Mullah Abdul Ghani Baradar

Sebuah perselisihan besar terjadi antara para pemimpin Taliban mengenai struktur pemerintahan baru yang melibatkan wakil PM di istana presiden, seorang pejabat senior mengatakan kepada BBC, Selasa 13/9.

“Adu argumen terjadi antara salah satu pendiri kelompok (Wakil PM Mullah Abdul Ghani Baradar) dan seorang anggota kabinet (Mendagri Haqqani) terjadi di istana presiden,” kata sumber tersebut.

Baradar dan Khalil ur-Rahman Haqqani menteri urusan pengungsi dan tokoh terkemuka dalam jaringan militan Haqqani telah saling melontarkan kata-kata kasar, saat para pengikut mereka saling bertengkar di sekitar mereka,” kata sumber.

Sumber itu mengatakan, Baradar tidak senang dengan struktur pemerintah dan pertengkaran pecah mengenai siapa yang pantas mendapat penghargaan atas kemenangan Taliban di Afghanistan.

Baradar mengklaim para diplomat seperti dirinya harusnya mendapatkan penghargaan terbesar, sementara kelompok Haqqani yang menjadi menteri dalam negeri, mengklaim para pejuangnya yang paling berjasa.

Sumber Taliban mengatakan kepada BBC, bahwa Baradar telah meninggalkan Kabul dan melakukan perjalanan ke kota Kandahar setelah pertengkaran.

Issu Kesehatan Para Petinggi Taliban

Juga beredar isu yang tersebar luas tentang kesehatan para pemimpin tinggi Taliban, setelah Baradar menghilang dari publik sejak penampilan terakhirnya pada awal September lalu.

Desas-desus juga beredar seputar kesehatan dan keberadaan Pemimpin Tertinggi Haibatullah Akhundzada, yang telah menghindar dari mata publik selama bertahun-tahun. Beberapa laporan mengatakan dia meninggal karena virus corona tahun lalu.

TALIBAN BANTAH ISU TEWASNYA BARADAR DALAM BENTROK SENJATA DENGAN SAINGANNYA

Juru bicara Taliban, Suhail Shaheen, dalam sebuah tweet pada hari Selasa menyatakan, bahwa Baradar telah mengeluarkan pesan suara yang membantah isus bahwa dia telah terbunuh atau terluka dalam baku tembak dengan saingannya.

“Mullah Baradar, wakil PM, Imarah Islam Afghanistan, dalam pesan suara menolak semua klaim bahwa dia terluka atau terbunuh dalam bentrokan. Dia mengatakan itu bohong dan sama sekali tidak berdasar,” tulis JUbir Taliban di akun Twitter-nya.

 

UNJUK RASA DI KHANDAHAR MENENTANG RENCANA PENGGUSURAN PEMUKIMAN  VETERAN AFGHANISTAN

Ratusan pengunjuk rasa dari lingkungan warga mantan tentara Afghanistan berbaris di Kandahar Selasa 13/9, menentang rencana Taliban untuk mengusir dari rumah mereka.

Penduduk Zara Ferqa, di pinggiran kota yang terdiri dari perumahan pemerintah dan gubuk bobrok, mengatakan mereka telah diperintahkan untuk pergi oleh Taliban, tetapi tidak punya tempat lain untuk pergi.

Seorang warga mengatakan mereka disuruh mengosongkan rumah mereka dan akan diserahkan kepada pejuang Taliban.

Penduduk setempat mengatakan lebih dari 10.000 orang tinggal di lingkungan itu, yang banyak dari mereka adalah janda prajurit yang tewas atau terluka dalam perang melawan Taliban dalam 20 tahun terakhir.

Beberapa wartawan yang meliput mengatakan mereka dilecehkan dan dipukuli oleh penjaga Taliban.

 

UNI EROPA TIDAK PUNYA PILIHAN LAIN SELAIN TERLIBAT HUBUNGAN DENGAN TALIBAN

US Rep. Ilhan Omar (D-MN) (L) talks with Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) during a rally with fellow Democrats before voting on H.R. 1, or the People Act, on the East Steps of the US Capitol on March 08, 2019 in Washington, DC. (AFP photo)

Diplomat papan atas Uni Eropa (UE) mengatakan bahwa blok EU tidak punya pilihan selain mengadakan pembicaraan dengan Taliban di Afghanistan dan bahwa Brussels akan mencoba berkoordinasi dengan negara-negara anggota untuk mengatur kehadiran misi diplomatik di Kabul.

“Untuk memiliki peluang mempengaruhi peristiwa, kami tidak memiliki pilihan lain selain terlibat dengan Taliban,” kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell didepan Parlemen Eropa di Strasbourg, Selasa 13/9.

“Terlibat tidak berarti pengakuan, tidak, tetapi terlibat berarti berbicara, berdiskusi, dan menyetujui, jika memungkinkan. Dewan kami sepakat dengan menteri luar negeri Uni Eropa, bahwa tingkat dan sifat keterlibatan ini akan tergantung pada tindakan pemerintah baru itu,” tambahnya.

 

ANAK-ANAK DI KAMP PENGUNGSI IDLIB :  TIDAK MENYERAH MESKI TANPA PENDIDIKAN
Image

Image

Ahmed, berusia 12 tahun tetap bertekad untuk melanjutkan pendidikannya secara mandiri, karena tidak ada sekolah di kamp pengungsi di Idlib.

Perang Suriah sudah berlangsung 10 tahun, diperkirakan keseluruhan ada 2,5 juta anak putus sekolah di Suriah.

Mereka adalah korban dari segelintir orang yang mengklaim akan “membuat perbaikan dimuka bumi” dengan cara kekerasan, tapi yang mereka lakukan adalah “berbuat kerusakan dimuka bumi“.

Disana ada rezim Erdogan dan sekutunya AS yang menjadi penghalang bagi pasukan Suriah dan Rusia untuk membebaskan Idlib dan mengembalikan pengungsi kekampung halamannya. 

 

PETINGGI INTELIJEN AS : ANCAMAN TERORISME TERBESAR AKAN MUNCUL DI SOMALIA, YAMAN, SURIAH DAN YAMAN

Avril Haines

Direktur Intelijen Nasional AS, Avril Haines,  mengaku bahwa ancaman teror yang lebih besar sebenarnya akan muncul di negara-negara seperti Somalia, Yaman, Suriah dan Irak.

“Dalam hal wilayah, kami tidak memprioritaskan Afghanistan dalam daftar teratas, apa yang kami lihat adalah di Yaman, Somalia, Suriah, dan Irak. Dan di situlah kami melihat ada ancaman terbesar.  Tapi badan-badan intelijen AS masih manaruh “fokus besar” pada potensi kebangkitan kelompok teroris di Afghanistan”, kata Haines.

“Menurut data intelijen kami berkurang (di Afghanistan), dan itu adalah sesuatu yang harus kami persiapkan dan yang telah kami persiapkan, sejujurnya, cukup lama, kami mengakui bahwa penarikan pasukan dan pengambilalihan cepat oleh Taliban telah membuat operasi kontraterorisme agak lebih menantang.” Katanya.

Beberapa hari lalu, Jenderal AS Mark Milley, memperingatkan bahwa “kemungkinan” perang saudara di Afghanistan dapat mengarah pada “pembentukan kembali al-Qaeda”,  Milley berspekulasi bahwa kemunculannya di wilayah itu dapat terjadi “dalam 12, 24, 36 bulan.”

TALIBAN BANTAH ISU MEDSOS SOAL KEMATIAN BARADAR DALAM BENTROK SENJATA DENGAN SAINGANNYA

Juru bicara Taliban, Suhail Shaheen, dalam sebuah tweetnya pada hari Selasa menyatakan, bahwa Baradar telah mengeluarkan pesan suara yang membantah isu bahwa dia telah terbunuh atau terluka dalam baku tembak dengan saingannya.

Wakil PM, Imarah Islam Afghanistan, Mullah Baradar, dalam pesan suaranya menolak semua isu bahwa dia terluka atau terbunuh dalam bentrokan. Dia mengatakan itu bohong dan sama sekali tidak berdasar,” tulis Jubir Taliban di akun Twitter-nya.

 

PRESIDEN ASSAD BERTEMU PRESIDEN PUTIN DALAM KTT BILATERAL DI MOSKOW

Presiden Bashar al-Assad dan Vladimir Putin telah memulai petemuan tingkat tinggi di Moskow . KTT kemudian diikuti pertemuan Menlu Suriah Dr. Fayssal Mikdad dan Menhan Rusia Sergei Shoigu, membhas upaya memerangi terorisme dan pembebasan wilayah yang masih di kuasai teroris.

Presiden al-Assad mengatakan, “Saya senang bertemu presiden Putin hari ini di Moskow. operasi bersama memerangi terorisme kini telah berlangsung 6 tahun, di mana tentara Suriah dan Rusia telah membuat prestasi besar, tidak hanya dengan membebaskan tanah atau mengembalikan pengungsi ke kota dan desa mereka, tetapi juga melalui melindungi banyak warga yang tidak bersalah., Karena terorisme tidak mengenal batas wilayah politik.”

“Tentu saja, selain hasil penting dari pembebasan tanah dan mundurnya teroris, proses politik juga diluncurkan, baik di Sochi, Astana, atau baru-baru ini di Jenewa.” 

“Kendala selalu ada, karena ada negara yang mendukung teroris, yang tidak tertarik untuk melihat proses ini mencapai stabilitas di Suriah, dan beberapa negara telah memberlakukan ‘blokade ekonomi’ yang tidak manusiawi, tidak bermoral dan ilegal terrhadap rakyat Suriah. Namun demikian, kami bertekad untuk melanjutkan proses politik secara paralel dalam proses pembebasan wilayah.” katanya.

 

JEPANG PERINGATKAN KEMUNGKINAN SERANGAN TEROR DI 6 NEGARA ASIA TENGGARA

<p>Japan outgoing PM Suga led cooperation with Southeast Asia countries </p>

Jepang Senin 13/9 kemarin memperingatkan warganya terhadap kemungkinan serangan teroris di 6 negara Asia Tenggara :  Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Myanmar. 

Situs web kedutaan Jepang di Malaysia, mengeluarkan peringatan bahwa, “ada informasi kemungkinan serangan bom bunuh diri akan meningkat di tempat-tempat yang banyak orang berkumpul, seperti tempat ibadah, termasuk fasilitas “milik Barat” seperti restoran dan hotel.” katanya.

 

TALIBAN AKAN HAPUS MATA KULIAH YANG TIDAK SESUAI HUKUM ISLAM

An Afghan girl stands among widows clad in burqas during a cash for work project by humanitarian organisation CARE International in Kabul - Sputnik International, 1920, 07.09.2021

Kementerian Pendidikan Tinggi Taliban mengumumkan bahwa mereka akan menghapus mata kuliah yang dianggap bertentangan dengan Syariah Islam dari kurikulum universitas Afghanistan.

“Setiap mata pelajaran yang bertentangan dengan syariat Islam akan dihapus,” kata Pejabat Menteri Pendidikan Tinggi Syaikh Abdul Baqi Haqqani seperti dikutip kantor berita TOLO, Senin.

Selasa lalu, pemimpin Taliban, Hibatullah Akhundzada mengatakan bahwa “di masa depan, semua masalah pemerintahan dan kehidupan di Afghanistan akan diatur dengan hukum Syariah.”

MENHAN AS BATALKAN KUNJUNGANNYA KE ARAB SAUDI

Jubir Pentagon menyebut pembatalan kunjungan Menhan AS ke Saudi itu karena ada masalah penjadwalan oleh fihak Saudi. Hubungan AS – Saudi sedang mengalami gangguan setelah AS menarik pertahanan udaranya dari Saudi, dan rilis laporan FBI tentang keterlibatan Saudi dalam serangan 9/11.

 

DEMO WARGA ADEN MENENTANG BURUKNYA LAYANAN UMUM OLEH PEMERINTAHAN TRANSISI DUKUNGAN UEA

 

DIPLOMAT INDIA DI PBB KRITISI PEMERINTAHAN BARU DI AFGHANISTAN

Ketua Komite Penasihat Dewan HAM PBB, dan mantan Dubes India untuk Rusia, Ajay Malhotra, menyatakan pendapatnya tentang pemerintahaan baru Afghaistan kepada TASS,  pada hari ini Senin 13/9.

Pertama, rezim ini tidak dipilih oleh rakyat Afghanistan, sehingga tidak memiliki kredensial demokratis. Ke-2, Kabinet baru tidak inklusif atau representatif. Pashtun non-Taliban serta komunitas lokal Tajik, Uzbek dan Hazara , misalnya, benar-benar dikesampingkan. Ke-3, perempuan sengaja dikeluarkan dari Kabinet. Ke-4, ada laporan kredibel tentang jurnalis yang dicambuk, perempuan diintimidasi, dan komentar konyol tokoh-tokoh Taliban di TV lokal tentang partisipasi perempuan dalam kehidupan publik. Ini adalah petunjuk awal bahwa Taliban tidak banyak berubah dibanding 2 dekade lalu,”  kata diplomat India itu.

“Hanya sedikit yang dapat dibuat dari inkarnasi Taliban sejauh ini, tetapi langkah pertamanya mencerminkan ketidaksesuaian antara kata-kata dan perbuatannya, sementara kinerja masa lalunya tidak menghasilkan kepercayaan dalam hal apa pun,” lanjutnya.

Juga patut dicatat bahwa para pemimpin jaringan Haqqani, dengan ikatan teroris yang kuat, telah ditempatkan di pos penting dalam keamanan domestik.” kata Malhotra

“Selanjutnya, kohabitasi lama antara Taliban dengan Al-Qaeda dan beberapa faksi ISIS tampaknya masih belum berubah,” kata Malhotra.

KEHADIRAN IRAN PADA PELANTIKAN PEMERINTAHAN BARU AFGHANISTAN TERGANTUNG TINDAKAN TALIBAN

US Rep. Ilhan Omar (D-MN) (L) talks with Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) during a rally with fellow Democrats before voting on H.R. 1, or the People Act, on the East Steps of the US Capitol on March 08, 2019 in Washington, DC. (AFP photo)

Iran akan akan memutuskan kehadirannya pada pelantikan pemerintahan dan mengakui pemerintahan Afghanistan berdasarkan atas sikap dan tindakan kelompok kelompok Taliban, kata jubir Kemenlu Iran, Saeed Khatibzadeh.

“Masih terlalu dini untuk membicarakan masalah ini,” kata Saeed Khatibzadeh pada konferensi pers Senin.

“Kita harus menunggu dan melihat pembentukan pemerintahan Afghanistan di masa depan dan kemudian memutuskan masalah lain. Kami akan memutuskan permintaan dan undangan mereka berdasarkan perilaku dan tindakan Taliban,”  jawab Khatibzadeh.

“Perang dan kekerasan bukanlah solusi, dan dialog tidak ada bisa digantikan dengan perang dan kekerasan. Kami dengan tegas mengatakan bahwa hanya pemerintahan yang inklusif yang dapat membawa perdamaian dan stabilitas. Tidak ada pemerintahan minoritas yang dapat membawa perdamaian, stabilitas, dan ketenangan maksimum dalam jangka panjang.” Kata Khatibzadeh.

 

MENKES ISRAEL : PASPOR COVID HANYA UNTUK MENEKAN AGAR YANG BELUM DIVAKSIN MAU DIVAKSIN

Disclosetv mentweet sebuah video yang diklaim pembicaraan antara Menkes Israel dan Mendagri Israel, dalam tweet itu ditulis :

Menteri Kesehatan Israel (kanan) terekam berkata kepada Menteri Dalam Negeri Israel (kiri), bahwa :  “Tidak ada pembenaran baik secara medis atau epidemiologis untuk paspor Covid, itu hanya dimaksudkan untuk menekan agar yang tidak divaksinasi mau untuk divaksinasi”.

 

PASUKAN BAYARAN KOALISI SAUDI MELARIKAN DIRI DARI MEDAN TEMPUR RAHBA DAN MAHLIA DI IDLIB

KOREA UTARA SUKSES UJI COBA RUDAL JELAJAH JARAK JAUH BARU 

In January 2021, North Korea staged a military parade at which it unveiled new submarine-launched ballistic missiles (SLBMs), seen here with black and white cones.

Media pemerintah Korea Utara KCNA melaporkan bahwa pada Sabtu dan Minggu kemarin dilakukan uji coba rudal jelajah jarak jauh baru.

Rudal baru tersebut berhasil menghancurkan target berjarak sekitar 1.500 km  dari lokasi peluncuran, dan jatuh ke perairan teritorial negara itu.

Uji coba senjata baru itu dilakukan menjelang kunjungan utusan khusus AS untuk Korea Utara ke Jepang dan Korsel minggu depan, di mana dia akan bertemu dengan pejabat Korea Selatan dan Jepang untuk membahas masalah denuklirisasi.

VIDEO : SERANGAN UDARA RUSIA KEPOSISI MILTAN DI JABAL JAWIYA DI PEDESAAN IDLIB

 

TALIBAN’S STYLE : MENANGKAP ETNIS PANJSHIR DIMASUKKAN BAGASI MOBIL

Video yang diklaim penangkapan warga Panjshir yang ada tinggal di Kabul oleh para anggota Taliban. 

 

ISRAEL MULAI SADAR DAN PERHITUNGKAN KEKUATAN DRONE IRAN

US Rep. Ilhan Omar (D-MN) (L) talks with Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) during a rally with fellow Democrats before voting on H.R. 1, or the People Act, on the East Steps of the US Capitol on March 08, 2019 in Washington, DC. (AFP photo)

Menteri pertahanan Israel menuduh Iran memberikan pelatihan pengoperasian Drone kepada para pejuang asing di sebuah pangkalan udara dekat kota Isfahan.

Pada hari minggu kemarin, Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz mengatakan , bahwa Iran menggunakan pangkalan udara Kashan di utara Isfahan untuk melatih “operasi teror (ke Israel) dari Yaman, Irak, Suriah dan Lebanon dalam menerbangkan UAV buatan Iran”.

“Teheran juga mencoba untuk mentransfer pengetahuan yang memungkinkan pembuatan UAV (Drone) di Jalur Gaza, di perbatasan selatan Israel,” kata Gantz pada konferensi di Universitas Reichman, dekat Tel Aviv. 

 

AS TARIK SISTEM PERTAHANAN UDARANYA DARI BASIS MILITERNYA DIDEKAT RIYADH

In this satellite photo provided by Planet Labs Inc., an area of Prince Sultan Air Base in Saudi Arabia sees Patriot missile batteries stationed with one advanced Terminal High Altitude Air Defense unit on Aug. 9, 2021. The U.S. has removed its most advanced missile defense system and Patriot batteries from Saudi Arabia in recent weeks, even as the kingdom faced continued air attacks from Yemen's Houthi rebels, satellite photos analyzed by The Associated Press show. (Planet Labs Inc. via AP)

AS dilaporkan telah menarik sistem pertahanan rudal dan baterai Patriotnya dari Arab Saudi dalam beberapa pekan terakhir, disaat berlanjutnya serangan udara kelompok Houthi Yaman, menurut analisa foto satelit oleh The Associated Press.

Pemindahan sistem pertahanan AS dari Pangkalan Udara ‘Pangeran Sultan’ dipinggiran kota Riyadh terjadi ketika AS menarik pasukannya AS dari Afghanistan. Sementara puluhan ribu pasukan AS masih tetap berada di Semenanjung Arab sebagai penyeimbang kekuatan Iran.

Negara-negara Arab Teluk khawatir tentang rencana kedepan AS, dimana AS berdalih ada ancaman yang berkembang di Asia yang membutuhkan pertahanan rudal tersebut.

Pangkalan Udara ‘Pangeran Sultan’, berada sekitar 115 kilometer (70 mil) tenggara Riyadh, selama ini menampung beberapa ribu tentara AS sejak serangan rudal dan drone tahun 2019 di jantung produksi minyak KSA.

 

JUBIR MILITER YAMAN UNGKAP KEBERHASILAN PEMBEBASAN DISTRIK MAHLIA DAN MAHRA DI PROVINSI MARIB

Juru bicara angkatan bersenjata mengungkapkan rincian pembebasan lingkungan Mahlia dan Rahba, MaribJubir Angkatan Bersenjata Yaman, BrigJend. Yahya Saree pada Sabtu 11/9 mengungkapkan rincian pembebasan distrik Mahlia dan Rahba di provinsi Marib, sebagai bagian dari fase-3 dari “Operasi Kemenangan Bercahaya”.  

Bahwa proses pembebasan Rahba terjadi dalam beberapa cara, dengan partisipasi warga Marib. Upaya itu dihadang oleh serangan jet tempur koalisi ‘AS’ – ‘Israel’ – ‘Saudi’ – ‘UEA’, yang melancarkan 484 kali serangan untuk mencegah Pasukan Yaman menyelesaikan misi.

Dia menekankan, bahwa tentara dan komite rakyat mampu membebaskan distrik dalam waktu singkat, dan mereka juga menangani para tawanan dan mayat tentara bayaran sesuai dengan moral dan prinsip-prinsip agama islam.  

“Di antara hasil operasi itu adalah terbunuhnya 151 tentara bayaran koalisi Saudi, selain menangkap sejumlah lainnya, dan membebaskan wilayah dari kedua distrik, yang  diperkirakan sekitar 1.200 KM persegi.”

 

CUCI OTAK METODE DAJJAL – PENERAPAN PADA TAMAN  KANAK-KANAK AS

Image

Image

Image

Dalam buku mewarnai dari tahun 2012 yang disiapkan oleh pengikut Dajjal di AS, murid TK dicuci otak tentang siapakah yang ditunjuk sebagai teroris. Mereka adalah para pemimpin yang berani menyatakan menentang Israel, dan mereka yang menghadang agenda globalis.

Para pemimpin dunia Islam itu sama sekali bukanlah ancaman bagi keamanan AS, apalagi akan menyerang wilayah AS, tapi mereka berani berdiri tegak menentang Israel. Mereka adalah : Muammar Qadafi, Saddam Husein, Bashar al Assad, dan mantan presiden Iran Mahmoud Ahmad Dinejad.

Yang aneh lagi, dilembar lain ditemukan nama Julian Assange yang juga masuk daftar sebagai teroris. 

 

BEBERAPA LEDAKAN DI BANDARA ERBIL KURDISTAN – IRAQ UTARA YANG MENAMPUNG PASUKAN AS

Beberapa ledakan terjadi di Bandara Internasional Erbil di wilayah Kurdistan Irak, dari serangan Drone yang menargetkan bandara yang digunakan oleh koalisi pimpinan AS itu.

Reuters melaporkan setidaknya 6 ledakan terdengar di sekitar bandara.

Lawk Ghafuri, kepala hubungan media luar negeri Kurdistan, membenarkan bahwa bandara itu diserang “dengan pesawat tak berawak,” tapi membantah laporan adanya korban atau kerusakan, dia menyebut ledakan terjadi “jauh dari terminal dan wilayah Bandara Internasional Erbil.”

 

PRESIDEN UKRAINA : ADA KEMUNGKINAN PERANG HABIS-HABISAN DENGAN RUSIA 

US Rep. Ilhan Omar (D-MN) (L) talks with Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) during a rally with fellow Democrats before voting on H.R. 1, or the People Act, on the East Steps of the US Capitol on March 08, 2019 in Washington, DC. (AFP photo)

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky mengatakan, bahwa perang habis-habisan dengan negara tetangganya Rusia adalah sebuah “kemungkinan”, saat ia mengeluhkan tentang Kiev yang tidak diizinkan untuk bergabung dengan aliansi militer NATO yang dipimpin AS.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky,  saat ditaya apakah benar-benar akan ada perang habis-habisan dengan Rusia, dia berkata, “Saya pikir kemungkinan itu ada. Ini adalah hal terburuk yang bisa terjadi, tetapi sayangnya memang ada kemungkinan itu.”

Ditanya kemungkinan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menyelesaikan masalah antara kedua negara, dia menjawab “Jujur, saya tidak punya waktu untuk memikirkan dia, saya lebih tertarik pada apakah kita benar-benar dapat bertemu secara substantif, bukan secara deklaratif seperti yang dia lakukan dengan beberapa negara bagian.”

Pekan lalu, Moskow mengecam bantuan militer AS terbaru ke Ukraina, dan bersikeras bahwa langkah itu bisa membuat Kiev berperilaku tidak terduga dan berbahaya dan “hanya bisa menjadi penyebab penyesalan.”

“Kami yakin langkah ini berpotensi menyulut tindakan tak terduga oleh pihak Ukraina dalam upaya untuk menyelesaikan … konflik Ukraina … dengan cara paksa. Ini sangat berbahaya,” kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov.

SUASANA KAMPUS DI AFGHANISTAN PASKA PEMERINTAHAN TALIBAN

Mahasiswi Afghanistan kini diwajibkan mengenakan cadar dan menyatakan komitmen pada kebijakan garis keras Taliban tentang pemisahan gender didalam kelas.

Hak-hak perempuan di Afghanistan sangat dibatasi saat diibawah pemerintahan Taliban 1996-2001, tetapi sejak Taliban kembali berkuasa bulan lalu, mereka mengklaim akan menerapkan aturan yang tidak terlalu ekstrem.

Kali ini, perempuan akan diizinkan untuk kuliah selama kelas dipisahkan berdasarkan jenis kelamin atau setidaknya dipisahkan oleh tirai, kata otoritas pendidikan Taliban. Mereka juga harus mengenakan jubah abaya dan niqab.

 

9/11 HARI INI MUNGKIN AKAN MENJADI AWAL KEPUSINGAN BARU BAGI PENGUASA ARAB SAUDI

Keluarga korban serangan 11 September yang menuntut pemerintah Arab Saudi di pengadilan federal Amerika Serikat di New York mengharapkan pemerintah AS segera merilis laporan kunci FBI.

Laporan setebal 16 halaman itu adalah ringkasan dan analisis FBI dari penyelidikan jangka panjang terhadap kegiatan dua warga negara Saudi bernama Khalid al-Mihdhar dan Nawaf al-Hazmi, yang membajak pesawat pada 11 September 2001.

“Tidak jelas apa yang sudah diketahui oleh pemerintah AS atas apa yang sedang terjadi, tetapi yang jelas, pejabat Saudi tingkat tinggi dan menengah yang bekerja untuk pemerintah AS adalah bagian dari konspirasi ini,” kata Andrew Maloney, seorang pengacara  yang mewakili keluarga korban 9/11.

Kedubes Saudi mengatakan, KSA akan menyambut baik rilis dokumen investigasi FBI itu, dan bahwa “tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa pemerintah Saudi atau pejabatnya memiliki pengetahuan sebelum serangan teroris itu, atau dengan cara apa pun terlibat dalam perencanaan atau pelaksanaannya”.

Tapi, pada tahun 2016, Arab Saudi pernah mengancam untuk menjual semua aset surat berharganya di AS senilai $750 miliar jika Kongres AS meloloskan RUU yang meresmikan penyelidikan atas serangan 11 September 2001.

 

VIDEO : JET TEMPUR CHINA CEGAT PESAWAT MATA-MATA AS DI WILAYAH UDARA TAIWAN

Tentara Pembebasan Rakyat China merilis sebuah video yang memperingatkan pesawat militer AS yang terbang  penerbangan di dekat Taiwan.

Pesawat patroli maritim AS, P-8 itu dilaporkan terbang di dekat wilayah udara barat daya di lepas pulau Taiwan pada 6 September. Pengamat percaya bahwa pesawat China yang dikerahkan itu adalah SU-30 dan J-16 dari angkatan udara China.

Insiden itu terjadi sehari setelah Taiwan menuduh China mengirim hampir 2lusin pesawat tempur, termasuk pesawat pembom nuklir, ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Pada hari Jumat, kementerian luar negeri China mengatakan bahwa prinsip satu-China adalah dasar yang harus dipakai bagi hubungan China-AS.

 

JUBIR MILITER YAMAN  :  PASUKAN YAMAN AKAN GELAR OPERASI MILITER SKALA BESAR 

Besok ... tentara mengungkapkan operasi militer yang hebat: angkatan bersenjataJuru bicara angkatan bersenjata Yaman, Brigadir Jenderal Yahya Saree, Jum’at kemarin menyatakan bahwa besok pada Sabtu sore akan mengungkap rincian operasi militer skala besar dalam sebuah konferensi pers.  

 

MENLU ISRAEL: KAMI TIDAK AKAN BIARKAN IRAN PUNYA SENJATA NUKLIR

إسرائيل: لن نسمح لإيران حتى بالاقتراب من الحصول على ترسانة نوويةMenlu Israel, Yair Lapid mengancam akan mengambil langkah-langkah untuk mencegah Iran memperoleh senjata nuklir berapapun biayanya.

Lapid mengatakan, Suriah dan Timur Tengah umumnya tidak akan stabil selama Iran ada di sana, “Iran menimbulkan bahaya untuk semua orang, dan Israel tidak akan tinggal diam, di antaranya Iran mendirikan pangkalannya diperbatasan utara kami, Iran memasok senjata canggih yang ditujukan untuk menyerang kami.”

Dia berkata, “Dunia harus mencegah Iran memperoleh senjata nuklir, berapa pun biayanya, dan jika dunia gagal mencapai tujuan ini, maka Israel berhak untuk bertindak. Iran mengatakan mereka ingin menghancurkan Israel, dan ini adalah membahayakan kita, dan Israel tidak akan membiarkan Iran berubah menjadi negara nuklir.

DOMINASI IKHWANUL MUSLIMIN DI PARLEMEN MAROKO SEJAK ‘ARAB SPRING’ AKHIRNYA RUNTUH

Muslim Brotherhood Justice and Development Party (PJD) suffered a severe defeat in the Moroccan parliamentary and general elections. – File courtesy photo

Partai Keadilan dan Pembangunan Ikhwanul Muslimin (PJD) Maroko kalah telak dalam pemilu parlemen di Maroko pada hari Kamis.

Ikhwanul Muslimin, yang mendominasi parlemen Maroko sejak “Arab spring’ 2011, mengalami penurunan dramatis dari 125 kursi di parlemen, menjadi hanya 12 kursi.

PM Maroko, Saad Eddine El Othmani, yang didukung oleh PJD, telah gagal memenangkan kursi di parlemen. Kemendagri Maroko mengatakan, bahwa Partai Liberal memimpin dalam pemilihan parlemen dengan 97 kursi.

 

TALIBAN KEMBALI TANGKAP SEORANG JURNALIS YANG MELIPUT UNJUK RASA, KALI INI DI IBUKOTA PROVINSI HERAT

 

RUSIA KECAM RENCANA EROPA UNTUK MENEMPATKAN PENGUNGSI AFGHANISTAN DI ASIA TENGAH

‘A real disaster’: Russian Foreign Ministry slams rumored NATO plan to house Afghan refugees fleeing Taliban in Central AsiaNATO berencana ingin membiayai mereka yang melarikan diri dari negara Afghanistan, untuk ditempatkan di Asia tengah guna menghindari krisis pengungsi yang mengalir ke Eropa.

“Rencana yang dibuat oleh NATO untuk mengirim pengungsi dari Afghanistan ke negara-negara tetangga di Asia Tengah dapat berubah menjadi bencana bagi negara-negara Eropa yang mendorongnya, bahkan ketika mereka belum sempat menyadarinya,” kata jubir Kemenlu Rusia Maria Zakharova.

Media ‘Telegram’ mengklaim bahwa negara-negara Eropa Barat telah menawarkan “uang dan sumber daya” ke Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan jika mereka setuju untuk menerima pengungsi dari Afghanistan.

Jerman menjanjikan ratusan juta euro ke negara-negara itu, jika mereka mau menerima pengungsi Afghanistan, dan bantuan apa pun agar pengungsi Afghanistan tidak mengalir ke Eropa.

 

CHINA JANJIKAN BANTUAN AWAL $31JUTA, TAPI TALIBAN HARUS PUTUS HUBUNGAN DENGAN EKSTREMIS

Amid growing protests against the Taliban, China has welcomed the end of 'three weeks of anarchy' in Afghanistan, adding it 'attaches great importance' to the formation of the new interim government. and the appointment of new officials [Hoshang Hashimi / AFP]

China telah menawarkan bantuan darurat senilai setidaknya $31 juta, termasuk vaksin virus corona ke Afghanistan. kata Menlu China Wang Yi, Rabu, saat pertemuan dengan para menlu negara-negara tetangga Afghanistan, termasuk Pakistan, Iran, Tajikistan, Uzbekistan dan Turkmenistan.

Wang meminta Taliban untuk memutuskan hubungan dengan semua “kekuatan ekstrem” di negara itu, dan mengambil langkah untuk menindak mereka.

Menlu China juga menyebut : “Beberapa pasukan internasional kemungkinan sedang menggunakan cara politik, ekonomi dan keuangan untuk menciptakan masalah baru bagi Afghanistan“.

 

MENLU AS : WAKTU HAMPIR HABIS BAGI IRAN UNTUK KEMBALI KE PERJANJIAN NUKLIR JCPOA

US Secretary of State Antony Blinken speaks at the University of Maryland’s A. James Clark School of Engineering in College Park, Maryland, on August 9, 2021.MenLu AS Antony Blinken memperingatkan, Rabu, bahwa waktu hampir habis bagi Iran untuk kembali ke kesepakatan nuklir JCPOA.

“Saya tidak akan menentukan tanggalnya, tetapi kami semakin dekat ke titik di mana pemulihan JCPOA tidak menghasilkan manfaat yang dicapai oleh perjanjian itu,” kata Blinken.

Selasa lalu, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) merilis laporan yang mengatakan, bahwa fungsi pemantauan aktifitas nuklir di Iran telah “sangat dirusak” setelah Teheran menangguhkan beberapa inspeksi badan PBB itu.

Setelah Ebrahim Raisi menjabat  presiden, Iran menyarankan bahwa pembicaraan untuk menghidupkan perjanjian nuklir JCPOA tidak mungkin dilanjutkan dalam dua hingga tiga bulan ini.

Menlu Jerman menyebut, penundaan yang diisyaratkan oleh Teheran “terlalu lama,

FACEBOOK KERAHKAN 1000 KARYAWANNYA UNTUK INTIP PESAN WA YANG DICURIGAI

Investigasi ProPublica yang dirilis Selasa mengklaim, Facebook telah mengerahkan lebih dari 1.000 karyawannya untuk membaca jutaan ‘pesan’ di layanan pesan WhatsApp yang ‘terenkripsi’.

Pada tahun 2014, setelah Facebook mengakuisisi WhatsApp seharga $19 miliar, CEO Facebook, Mark Zuckerberg berjanji kepada penggunanya bahwa data mereka akan tetap aman dan tidak difilter oleh perusahaan.

 

DUA WARTAWAN AFGHANISTAN MENGAKU DIPUKULI TALIBAN KARENA LIPUT UNJUK RASA

Dua wartawan Afghanistan ditahan dan dipukuli di tahanan polisi minggu ini setelah meliput unjuk-rasa para perempuan di Kabul.

Seorang pejabat menteri Taliban, mengatakan bahwa setiap serangan terhadap wartawan akan diselidiki, tapi dia menolak untuk disebut namanya.

“Lima rekan kami ditahan selama lebih dari 4 jam, dan selama empat jam ini dua rekan kami dipukuli dan disiksa secara brutal,” kata Daryadi, Pemred media ‘the Etilaat Roz’, kepada Reuters pada hari Kamis, sehari setelah kejadian.

 

VIDEO : PASUKAN YAMAN REBUT DISTRIK RAHBA DIPROVINSI MARIBDARI KOALISI SAUDI

RIBUAN WARGA KOTA DARAA KEMBALI KE DALAM KOTA SETELAH DIBEBASKAN OLEH TENTARA SURIAH

Ribuan warga mulai kembali ke rumah mereka setelah Tentara Arab Suriah memperbaiki beberapa fasilitas  didaerah itu, dan unit teknik melanjutkan pembongkaran ranjau.

Rabu kemarin, Angkatan Darat Suriah menguasai kembali kota Daraa al-Balad  sesuai kesepakatan penyelesaian dengan kelompok militan.

 

SEKJEND NATO : DUNIA DENGAN CEPAT BERUBAH MENJADI LEBIH SULIT DIPREDIKSI

SekJend. NATO Jens Stoltenberg pada konferensi NATO ke-17

Rusia terus mengabaikan dan membengkokkan aturan, seperti merusak perjanjian-perjanjian penting. Rusia juga telah memodernisasi senjata berkemampuan ganda dan senjata nuklirnya, termasuk rudal balistik antarbenua.
Rudal hipersoniknya sekarang telah beroperasi, dan Rusia telah menguji rudal balistik baru yang diluncurkan dari udara, dan rudal jelajah bertenaga nuklir.

Sementara itu, persenjataan nuklir China telah berkembang pesat, dengan lebih banyak hulu ledak, dan sistem penyebaran yang lebih canggih. Selain itu, China sedang membangun sejumlah besar silo rudal, yang secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan nuklirnya. Semua ini terjadi tanpa batasan atau kendala.

Ada juga pemain lain yang menggunakan senjata nuklir dan sistem rudal canggih, seperti Korea Utara dan Iran, misalnya, yang secara terang-terangan mengabaikan atau melanggar aturan global, dengan menyebarkan teknologi berbahaya. Jadi dunia dengan cepat berubah menjadi lebih tidak bisa diprediksi, lebih kompetitif, dan lebih berbahaya.

JENDRAL IRAN : RENCANA ISRAEL PERCEPAT SERANGAN KE IRAN ADALAH TINDAKAN BUNUH DIRI

US Rep. Ilhan Omar (D-MN) (L) talks with Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) during a rally with fellow Democrats before voting on H.R. 1, or the People Act, on the East Steps of the US Capitol on March 08, 2019 in Washington, DC. (AFP photo)

Menanggapi  pernyataan petinggi militer Israel Aviv Kohavi, tentang rencana mempercepat serangan ke fasilitas nuklir Iran, Komandan Angkatan Darat Iran mengatakan, hal itu sebagai rencana kematian bagi para penguasa rezim Israel.

“Sepertinya para pemimpin rezim Zionis telah merasa betapa cepat berkurangnya sisa kehidupan mereka, mungkin mereka ingin segera bunuh diri karena mereka takut mati,” kata Panglima Angkatan Darat Iran, May.Jend. Abdolrahim Mousavi, Rabu.

 

TALIBAN TIDAK MAU JALIN HUBUNGAN DENGAN ISRAEL, TAPI… MAU BERHUBUNGAN DENGAN AS

Taliban negotiator Suhail Shaheen

Taliban mengatakan akan dengan senang hati membuka babak baru hubungan dengan AS yang akan mencakup bantuan rekonstruksi Taliban, dan akan mendukung normalisasi dengan AS serta dengan aktor regional, namun mengesampingkan hubungan dengan Israel.

“Tentu saja, kami tidak akan menjalin hubungan apa pun dengan Israel,” kata juru bicara Taliban, Suhail Shaheen.

“Kami ingin menjalin hubungan dengan negara lain, tapi Israel tidak termasuk didalamnya … Kami ingin memiliki hubungan dengan semua negara regional dan negara tetangga serta negara-negara Asia, namun jika AS ingin menjalin hubungan dengan kami, yang merupakan kepentingan kedua negara, dan jika mereka ingin berpartisipasi dalam rekonstruksi Afghanistan, mereka dipersilakan,” kata Suhail Shaheen, Jubir Taliban yangberkantor di Qatar.

 

PASUKAN YAMAN MENGKLAIM TELAH BEBASKAN DISTRIK RAHBA DI PROVINSI MARIB

 

KOALISI SAUDI YANG DIDUKUNG AL-QAEDA ALAMI KEKALAHAN TELAK DALAM PERTEMPURAN DI MA’RIB

Pasukan koalisi pimpinan Saudi yang didukung elemen Al-Qaeda pada Rabu menderita kekalahan telak dalam pertempuran yang terjadi di kota Marib, kata sumber-sumber lokal.

Tentara Yaman mampu menggagalkan upaya yang dilakukan oleh pasukan koalisi yang didukung sejumlah militan al-Qaeda yang mencoba menyusup kepuncak bukit “Hamat Al-Dhiab”.

Puluhan pasukan koalisi dan militan al-Qaeda tewas dan terluka selama upaya tersebut, dan dua kendaraan lapis baja dihancurkan. Sumber itu menunjukkan bahwa upaya yang gagal itu didukung dengan serangan udara yang intens dari jet tempur dan pesawat mata-mata Koalisi Saudi.

 

2 JALUR PRODUKSI MINYAK SAUDI BERHENTI BEROPERASI KARENA SERANGAN RUDAL YAMAN

Total Disruption of Saudi Oil Production Export Sites in Ras TanuraMedia online Saudi Al-Waqiah, mengatakan bahwa kebakaran di area produksi ke-4 dan jalur distribusi ke-6 di Ras Tanura menghentikan produksinya sejak dini hari Minggu pagi.

Dikonfirmasi juga bahwa kegiatan produksi dan distribusi ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut karena kerusakan besar pada kedua jalur produksi.

SIAPAUN PENGUASANYA AKAN SAMA SAJA KARENA KITA HIDUP DIZAMAN MULKAN JABARIYYAN

Para wanita pengunjuk-rasa di kota Heradh ditangani oleh Taliban dengan tembakan.

Sementara sejumlah wanita di Faizabad, ibukota Badakhshan, Afghanistan berunjuk rasa untuk mendukung Front Perlawanan. Taliban memukuli sejumlah pengunjuk rasa meski mereka para wanita, dan menahan diantaranya.

Juru bicara Taliban mengatakan: “Para pejuang Taliban tidak dilatih untuk berurusan dengan perempuan dan pengunjuk rasa, jadi kami meminta warga untuk tidak keluar untuk berdemonstrasi.

Siapapun penguasanya akan sama saja, karena memang kita hidup dizaman mulkan jabariyyan.

RAJA SALMAN PECAT DIREKTUR LAYANAN KEMANAN PUBLIK

صورةRaja Saudi Salman bin Abdulaziz mengeluarkan perintah untuk menghentikan Direktur Keamanan Publik, Let.Jend. Khalid bin Qarar Al-Harbi dan membawanya ke penyelidikan, dengan latar belakang “banyak pelanggaran dan korupsi uang rakyat”.

“Dia dituduh melakukan sejumlah kejahatan, termasuk pemalsuan, penyuapan dan penyalahgunaan pengaruh, dengan melibatkan 18 pegawai sektor publik dan swasta”, tulis Saudi Pers Agency.

 

SURIAH : TURKI PENDUKUNG TERORISME, TIDAK ADA PEMBICARAAN DENGAN TURKI SOAL PERANGI TERORIS

Gedung Kemenlu Suriah

Pemerintah Suriah dengan tegas menyangkal adanya komunikasi atau negosiasi apa pun dengan rezim Turki, terutama dalam memerangi terorisme.

Sumber resmi di Kemenlu Suriah mengatakan : “Mengomentari pernyataan Menlu Turki tentang adanya negosiasi langsung dengan Suriah mengenai masalah keamanan dan memerangi terorisme, Republik Arab Suriah dengan tegas menyangkal adanya komunikasi atau negosiasi apa pun dengan rezim Turki, terutama di bidang memerangi terorisme.”

“Telah diketahui secara luas bahwa ‘rezim yang berkuasa di Ankara adalah pendukung utama terorisme’ dan telah menjadikan Turki sebagai reservoir bagi ekstremisme dan terorisme, yang merupakan ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan dan dunia, dan secara mencolok melanggar resolusi internasional untuk memerangi terorisme,” sumber itu menambahkan.

Sebelumnya, Menlu Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan disaluran TV Turki, bahwa negaranya telah berkomunikasi dengan Suriah mengenai masalah keamanan dan perang melawan terorisme, dan bahwa negosiasi  sedang berlangsung di tingkat dinas khusus dan intelijen.

SURVEI DI AS: HAMPIR 70% PEKERJA AS MEMILIH MUNDUR DARIPADA DIKENAI WAJIB VAKSIN

Nearly 70% of unvaccinated Americans would rather QUIT THEIR JOB than take mandatory vaccination – pollSebuah jajak pendapat yang dilakukan Washington Post dan ABC News pekan lalu menyimpulkan, bahwa hampir 70% orang Amerika yang tidak divaksinasi lebih suka berhenti dari pekerjaan mereka daripada tunduk pada vaksinasi wajib.

Sementara, hasil survei lain menunjukkan, lebih dari 50% perusahaan AS merencanakan persyaratan wajib vaksin pada akhir tahun ini.

 

PEJUANG YAMAN PANTANG GUNAKAN SENJATA BUATAN AS YANG DITINGGALKAN PASUKAN SAUDI 

Image

Berbeda dengan Taliban yang memilih untuk menggunakan senjata warisan AS, para pejuang Yaman lebih suka menuangkan bensin dan membakarnya, meski mereka masih layak pakai.

 

BOM NUKLIR TERBESAR DAN TERKECIL ERA UNI SOVIET

Image

Hulu ledak nuklir era Uni Soviet terbesar dan terkecil. Yang terbesar bom termonuklir AN602 dengan kekuatan 50 Megaton, dan yang terkecil peluru artileri nuklir 152mm dengan kekuatan 2,5 kiloton.

 

MILITER SURIAH LANJUTKAN PENERIMAAN MILITAN YANG MENYERAHKAN DIRI DI DARAA

Operasi penyerahan diri militan bersenjata yang  dipemukiman di lingkungan al-Arba’in di Daraa al-Balad terus berlanjut, sebagai pelaksanaan perjanjian penyelesaian yang ditawarkan pemerintah Suriah.

Perjanjian penyelesaian mencakup pemisahan teroris dan pemberontak, penyelesaian status hukum pemberontak yang menyerahkan diri, dan pengiriman teroris ke Idlib.

 

UNJUK RASA DIBEBERAPA LOKASI DI KABUL MENENTANG KETERLIBATAN PAKISTAN DALAM SERANGAN DI PANJSHIR

Taliban menggunakan kekerasan untuk membubarkan demonstran perempuan.

 

 

MANTAN PM INGGRIS : IDEOLOGI ISLAM ADALAH ANCAMAN TERBESAR BAGI DUNIA BARAT

بلير يعتبر Mantan (penjahat perang Iraq) PM Inggris Tony Blair menilai, “Ideologi Islam adalah ancaman utama bagi negara-negara Barat dan masyarakat internasional secara keseluruhan”.

Berbicara pada hari Senin di Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Inggris (RUSI), Blair meminta dunia untuk “mengembangkan pendekatan terpadu untuk melawan ideologi fundamentalis”.

“Islamisme, baik dalam bentuk ideologi atau kekerasan, merupakan ancaman tingkat pertama bagi keamanan kita. Tanpa diredam, ancaman ini akan bisa mencapai kita, bahkan meski spotnya jauh dari kita, seperti halnya pada serangan 11 September 2001.”

“Ideologi Islam, seperti komunisme revolusioner, pada akhirnya akan dikalahkan oleh kombinasi kekuatan keras dan lunak. Setelah jatuhnya rezim di Afghanistan, negara-negara terkemuka dunia perlu bersatu untuk mengembangkan strategi yang koheren,” tambahnya.

Dia berkata: “Kita pasti akan dapat menemukan sekutu setia kita di dunia Islam, termasuk negara-negara Timur Tengah, yang ingin membebaskan agama mereka dari pengaruh ekstremisme,” katanya.

“Sebuah pandangan alternatif tentang masalah Islamisme mengasumsikan bahwa, itu adalah ancaman kelas dua, dan bahwa perlu untuk memerangi manifestasinya dengan penggunaan pasukan khusus, serangan Drone, dan operasi kontra-teror.”

Dia mengatakan bahwa peristiwa (pergantian kekuasaan) di Afghanistan tidak menunjukkan bahwa penduduk setempat lebih memilih pemerintah Taliban daripada demokrasi liberal.

IRAN LANJUTKAN UJI COBA 2 JENIS VAKSIN CORONA PRODUKSI DALAM NEGERI

Iran starts third clinical trial phase of homegrown recombinant vaccine Razi Cov Pars for COVID-19

Seorang pejabat senior Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) mengatakan vaksin virus corona ‘Noora’ yang dikembangkan dan diproduksi di dalam negeri Iran telah memasuki uji coba tahap ke-2 pada manusia.

Selain itu, sehari sebelumnya pada hari Minggu, Iran memulai uji coba fase ke-3 vaksin virus corona buatan sendiri lainnya yaitu ‘Razi Cov Pars’.

‘Razi Cov Pars’ adalah vaksin subunit protein rekombinan yang mengandung protein lonjakan COVID-19. Yang akan melatih sistem kekebalan melawan virus dengan memproduksi antibodi.

 

KOREA SELATAN SUKSES UJI COBA RUDAL BALISTIK DARI KAPAL SELAM

This file photo, provided by the Navy on Aug. 13, 2021, shows its first 3,000-ton class homegrown submarine capable of firing submarine-launched ballistic missiles, named Dosan Ahn Chang-ho. (PHOTO NOT FOR SALE) (Yonhap)Korea Selatan telah berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal balistik baru dari kapal selam (SLBM), yang menjadikannya negara ke-8 di dunia setelah AS, Rusia, Inggris, Prancis, India, China, dan Korea Utara.

Kapal selam kelas 3.000 ton yang dikembangkan secara lokal itu dilengkapi dengan 6 tabung peluncuran vertikal. Setelah putaran tes tambahan, rudal SLBM ini akan diproduksi massal, kata sumber tersebut.

SLBM ini diyakini sebagai varian dari rudal balistik Hyunmoo-2B, dengan nama sandi Hyunmoo 4-4, jangkauan penerbangan 500Km, dan hulu ledak konvensional.

Tidak seperti rudal darat konvensional, SLBM lebih sulit dideteksi karena diluncurkan dari kapal selam untuk serangan mendadak, itulah sebabnya mereka sering disebut “Game changer.”

 

PAKAR ISRAEL  :  ATAS DASAR APA  ASUMSI BAHWA KITA AKAN BISA MENCAPAI KEKEBALAN KELOMPOK?

Pakar Imunologi Israel,  Prof. Zvika Granot :

“Kita mulai dengan laporan bahwa pemerintah (Israel) yang memiliki target bahwa kita bisa mencapai ‘herd immunity’ (kekebalan kelompok) dalam beberapa bulan ini, saya kira target itu tidak akan pernah tercapai untuk pandemi corona ini.

Kita telah melihat langkah vaksinasi yang luar biasa, tapi virus masih tetap ada. Maknanya, disaat anda sudah disuntik dengan vaksin yang bagus dan vaksin itu bekerja baik, tapi (faktanya) anda tidak mencapai ‘kekebalan kelompok’. Jadi saya tidak melihat adanya ‘herd immunity’,

‘Herd immunity’ bukanlah semacam hadiah. Anda bisa mencapainya dalam kasus (penyakit) tertentu, tapi dalam kasus penyakit lain anda tidak akan pernah mencapainya.

Contohnya, kita telah hidup dengan flu selama ratusan tahun, dan kita tidak pernah mencapai kekebalan kelompok (Herd immunity). Jadi saya tidak habis fikir atas dasar apa asumsi tentang ‘kekebalan kelompok’ itu.”

 

SERANGAN UDARA  RUSIA HANTAM POSISI MILITAN DIKOTA AL-FATIRA DISELATAN IDLIB

 

JET TEMPUR ISRAEL SERANG WILAYAH KHAN YOUNIS DI JALUR GAZA

Israel melancarkan serangan udara ke daerah padat penduduk dijalur Gaza.

Pengeboman tersebut terjadi pada Senin tengah malam. Jaringan Berita Quds Palestina mengklaim bahwa jet dan drone Israel berputar di atas kepala sebelum melancarkan serangan udara di kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan.

Militer Israel mengklaim bahwa mereka menyerang “lokasi pembuatan roket Hamas dan kompleks militer” sebagai pembalasan atas “balon pembakaran” yang diluncurkan dari Gaza, sementara menuduh Hamas “meneror” warga sipil Israel di tengah perayaan Tahun Baru Yahudi, yang dirayakan dari matahari terbenam pada hari Senin sampai Rabu.

 

KATA’IB HEZBOLAH IRAQ : ISIS SECARA LANGSUNG DIJALANKAN OLEH INTELIJEN SAUDI DAN UEA

Milisi Kata’ib Hezbollah di Irak, minggu malam mengkonfirmasi, bahwa ISIS secara “langsung dijalankan” oleh badan intelijen Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA).

“Di Kirkuk dan Nineveh, militan Peshmerga  (milisi Kurdi Iraq) memfasilitasi pergerakan dan kegiatan geng-geng kriminal ini,” katanya,

Dia menekankan bahwa para pemimpin mobilisasi rakyat,  khususnya di wilayah utara Iraq, harus memimpin dalam melestarikan kehidupan para mujahidin dan “waspada terhadap agenda AS-Zionis.”

“Sebagai kesimpulan, kami menyerukan saudara kami di Yaman ( Ansarullah) untuk  melancarkan operasi kualitatif  melawan Kerajaan Jahat Arab Saudi, dan menyerang infrastruktur mereka, terutama di sumber energi yang merupakan arteri utama untuk menyediakan uang dan senjata kepada kelompok kriminal itu, dan damai sejahtera atas hamba-hamba Allah yang saleh,” pungkasnya.

 

TALIBAN MENGKLAIM TELAH MEREBUT LEBAH PANJSHIR

Pasukan Taliban kembali mengklaim telah menguasai sepenuhnya Lembah Panjshir, juru bicara Taliban,  Zabihullah Mujahid mengklaim dalam Twitternya.

Namun, pengumuman itu segera kembali dibantah sebagai “palsu” oleh lawan-lawannya dari Front Perlawanan Nasional di Afghanistan (NRF), yang dipimpin oleh Ahmad Massoud, yang mengatakan di Twitter bahwa pertempuran terus berlanjut.

Panjshir adalah daerah pegunungan yang terletak sekitar 144 kilometer (90 mil) utara ibukota Afghanistan Kabul dan kaya dengan sumber daya mineral.

 

PRESIDEN ISRAEL MENGAKU DIAM-DIAM TELAH BERTEMU RAJA YORDANIA 

Presiden Israel, Isaac Herzog mengungkapkan bahwa, minggu lalu dia telah bertemu Raja Abdullah II dari Yordania di Amman, sebuah pertemuan mendadak yang diadakan dengan latar belakang peningkatan hubungan diplomatik antara kedua negara.

“Minggu lalu saya telah bertemu dan berbicara sangat panjang dengan raja Yordania, saya berada di istananya sepanjang malam. Itu adalah pertemuan yang luar biasa,” kata Herzog.

“Di antara hal-hal yang kami diskusikan adalah isu-isu soal negara-negara kami, termasuk kesepakatan untuk mengimpor hasil pertanian selama tahun shemitah (sabat pertanian), masalah energi, dan solusi untuk krisis iklim yang dapat memajukan kita bersama, ” kata pernyataan itu.

Yordania dan Mesir adalah dua negara yang berbatasan dengan Israel yang telah menandatangani perjanjian damai dengan Israel.

(Video adalah komentar mantan menteri Israel soal pertemuan itu)

 

VIDEO : PASUKAN TALIBAN BUBARKAN UNJUK RASA MENUNTUT HAK PEREMPUAN

 

AHLI ISRAEL MINTA SEGERA  DIPERSIAPAN PENYUNTIKAN VAKSIN BOOSTER KE-4

An elderly woman receives a booster shot of her vaccination against the coronavirus disease (COVID-19) at an assisted living facility, in Netanya, Israel January 19, 2021. (Reuters)

Penasihat virus corona nasional Israel,  Salman Zarka telah meminta dimulainya persiapan untuk memberikan dosis ke-4 vaksin virus corona, The Times of Israel melaporkan.

“Mengingat virus itu ada di sini dan akan terus ada di sini, maka kita juga perlu mempersiapkan suntikan ke-4, Inilah realitas hidup kita sekarang, hidup dalam gelombang,” katanya.

Zarka mengatakan bahwa dia mengharapkan bahwa pada akhir 2021 atau awal 2022, Israel akan memberikan suntikan yang khusus diperuntukkan untuk mengatasi varian virus ini dengan lebih baik.

TOTAL POPULASI ORANG YAHUDI DUNIA 15 JUTA – HANYA 45% YANG TINGGAL DI ISRAEL

 A kippah demonstration in front of a synagogue in Berlin (photo credit: REUTERS)

Menjelang tahun baru Yahudi ‘Rosh Hashana’ ke 5781, Jewish Agency merilis statistik baru yang menunjukkan bahwa, ada 15.2 juta populasi orang Yahudi diseluruh dunia, naik dari 15,1 juta tahun lalu.

Dari jumlah tersebut, 6,9 juta orang Yahudi tinggal di Israel, sementara 8,3 juta lainnya sebagai Diaspora di seluruh dunia, yang berarti hanya 45,3% orang Yahudi yang tinggal di Israel.

Jika dihitung termasuk orang yang yang memiliki kakek-nenek Yahudi (ayah/ibu non Yahudi), total populasi Yahudi didunia akan menjadi 25,3 juta orang, di mana 7,3 juta berada di Israel dan 18 juta tinggal di luar Israel.

Di luar Israel, populasi Yahudi terbesar masih di AS dengan 6 juta orang, diikuti oleh Prancis dengan 446.000 orang, di Kanada 393.000, di Inggris 292.000, di  Argentina 175.000, di Rusia 50.000, di Jerman 118.000, dan di Australia sama 118.000.

 

TALIBAN INGIN JALIN HUBUNGAN ERAT DENGAN JERMAN

Taliban spokesperson Zabihullah Mujahid attends the first press conference the Taliban gave in Kabul after seizing powerTaliban bersedia membangun hubungan diplomatik yang kuat dan resmi dengan Jerman, kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid dalam sebuah wawancara dengan Die Welt Jerman pada hari Minggu.

Taliban ingin Jerman dan negara-negara lain memberikan dukungan keuangan, bantuan kemanusiaan, dan kerja sama di bidang kesehatan, pertanian, dan pendidikan, menurut juru bicara Taliban itu.

PENJELASAN JUBIR MILITER YAMAN ATAS OPERASI PEMBALASAN KE-7 KE WILAYAH ARAB SAUDI

 

Jubir Pasukan Yaman menjelaskan Operasi operasi militer skala besar yang menargetkan instalasi vital dan pangkalan militer jauh dikedalaman Arab Saudi.

“Sebagai pembalasan atas kejahatan agresi yang dipimpin Saudi terhadap Yaman, angkatan Bersenjata kami telah melakukan “Operasi Pencegahan setara” ke-7, yang menargetkan beberapa instalasi vital dan pangkalan militer Saudi,” kata jubir militer Yaman, BrigJend. Yahya Sare’e, Minggu 5/9.

Menurut jubir militer Yaman, fasilitas minyak Saudi Aramco di Ras al-Tanura di Dammam, di Arab Saudi timur, telah ditargetkan dengan 8 drone Samad-3 dan satu rudal balistik jenis Zulfiqar.

“Sementara, Fasilitas minyak Aramco di Jeddah, Jizan dan Najran juga dibom dengan lima rudal balistik Badr dan dua drone Samad-3”, “Serangan dilakukan dengan presisi tinggi dan berhasil mencapai tujuannya,” tambahnya.

“Angkatan Bersenjata Yaman memperingatkan musuh Saudi tentang konsekuensi dari agresi yang terus berlangsung terhadap negara kami dan rakyatnya. Angkatan Bersenjata menegaskan haknya yang sah untuk melakukan operasi militer yang lebih kualitatif dalam membela negara dan rakyatnya sampai agresi dihentikan dan blokade dicabut.”

Angkatan Bersenjata Yaman akan melanjutkan Jihad sampai pembebasan semua wilayah Republik Yaman dan sampai kita mencapai kebebasan dan kemerdekaan,” tutup Yahya Sare’e.

SERANGAN RUDAL DAN DRONE ANSARALLAH KE FASILITAS MINYAK SAUDI DIPROVINSI DAMAN

Serangan jarak jauh dari jarak sekitar 1.000 km dari Yaman dan ledakan atau intersepsi dilaporkan di dekat Dhahran dan Damman, yang berdekatan satu sama lain di timur Arab Saudi, dekat perbatasan Bahrain.

Laporan dari Al-Arabiya menulis, koalisi Arab mengklaim telah berhasil mencegat semua rudal balistik dan Drone yang diluncurkan Houthi dari Yaman menarget wilayah timur Arab Saudi.”

Laporan lain menyebut, fasilitas perusahaan minyak Saudi ‘Aramco’ di Dhahran dihentikan sementara karena ledakan, yang diduga oleh serangan Rudal Balistik dan Drone Houthi.

Saudi selalu mengklaim semua Drone dan Rudal Yaman bisa dicegat seluruhnya, tapi video yang beredar berkata lain. 

 

MILITER YAMAN : KONDISI DI MA’RIB TELAH KEMBALI TERKENDALI

Sebuah sumber keamanan di provinsi Marib, Sabtu kemarin  mengkonfirmasi telah pulihnya kembali keamanan dan stabilitas di semua wilayah didistrik Rahba, setelah mereka sepenuhnya kuasai oleh pasukan Sanaa.

Sumber tersebut meminta semua penduduk distrik Rahba dan para pengungsi untuk kembali ke rumah dan pertanian mereka, dan menjalankan kehidupan normal dan tidak percaya desas-desus yang disebarkan oleh “tentara bayaran koalisi Saudi” untuk mengintimidasi warga.

Fihak keamanan bekerja sama dengan petinggi suku, melakukan upaya besar untuk mengamankan properti publik dan pribadi dan lahan pertanian warga.

Sumber keamanan juga meminta orang-orang Yaman yang tertipu masuk di jajaran Koalisi Saudi untuk mengambil kesempatan amnesti umum, dan kembali ke barisan nasional sebagai warga negara yang baik dengan hak kewarganegaraan penuh.

 

PASUKAN SURIAH SERANG POSISI MILITAN DIKOTA DARAA AL BALAD

Militer Suriah serang posisi militan dikota Daraa al-Balad, diselatan Suriah dekat perbatasan Yordania.

Pasukan Suriah telah mengepung kota Daraa selama 70 hari terakhir, tapi kesepakatan gagal dicapai meski pemerintah Suriah telah memberikan kesempatan kepada militan untuk menyerah dan diampuni atau dikirim ke Idlib.

 

VIDEO : PERTEMPURAN DIGUNUNG QAIS DIPERBATASAN PROVINSI JIZAN – YAMAN

Media militer tentara Yaman merilis  sebuah video yang menunjukkan tentara Yaman melakukan serangan terhadap situs militer pasukan Saudi dan tentara bayarannya, didekat gunung Qais diperbatasan provinsi Jizan.

 

JENDRAL AS :  SAYA SIAP MERESPON KAPANPUN JIKA KOREA UTARA LUNCURKAN RUDALNYA

Gen. Glen VanHerck said 'I'm ready 24/7, 365' if a missile is launched.

Dalam konferensi pers diDephan AS, Jum’at 3/9, Jendral. Glen VanHerck mengatakan,  bahwa  “AS selalu siap untuk menanggapi, jika Korea Utara meluncurkan rudalnya”.

“Saya siap 24/7 (24jam seminggu), 365 (sepanjang tahun), jika … Korea Utara memutuskan untuk meluncurkan rudal balistik.

“Saya yakin dengan kemampuan kami. Kami selalu siap untuk merespons, jika Korea Utara memilih untuk meluncurkan rudal.”  Jenderal VanHerck mengatakan hal itu menanggapi “laporan tentang dimulainya kembali operasional reaktor nuklir Korea Utara.”

Badan Pengawas Energi Atom Internasional mengatakan, Korut tampaknya telah memulai kembali operasi di reaktor nuklirnya yang telah ditutup selama 3 tahun.

 

SATUAN TEMPUR KAPAL INDUK INGGRIS HMS. QUEEN ELIZABETH TIBA DIPERAIRAN JEPANG

Kapal induk Inggris HMS. Queen Elizabeth telah tiba pangkalan Armada ke-7 AS di Jepang dalam misi pengerahan perdana hampir delapan bulan yang diperkirakan akan menjangkau 26.000 mil laut, menyinggahi 40 negara.

Satuan tempur kapal induk Inggris itu disertai 2 kapal perusak, HMS Diamond dan Defender; 2 kapal frigat, HHMS Richmond dan Kent; kapal selam bertenaga nuklir; fregat Belanda, HNLMS Eversten; dan kapal perusak AS, USS The Sullivans.

 

SAUDI TEKEN KONTRAK SENJATA DENGAN RUSIA, BIDEN ANCAM BONGKAR KETERLIBATAN SAUDI DALAM SERANGAN 911

Firefighters walk toward the World Trade Center after the September 11, 2001 attacks.

Presiden AS Biden Jum’at 3/0 kemarin menandatangani perintah eksekutif yang mengarahkan Departemen Kehakiman dan lembaga lain untuk mengawasi peninjauan kembali dokumen yang dirahasiakan soal serangan 911, dan memerintahkan Jaksa Agung, Merrick Garland untuk merilis ke publik dalam 6 bulan ke depan.

“Ketika saya mencalonkan diri sebagai presiden, saya telah membuat komitmen untuk memastikan transparansi mengenai deklasifikasi dokumen pada serangan teroris 11 September 2001 di AS, saat ini kita mendekati peringatan ke-20 dari hari yang tragis itu, dan saya akan menghormati komitmen saya itu. , kata Biden.

Pada 24 Agustus lalu, Arab Saudi menandatangani kerjasama pembelian senjata dengan Rusia. Langkah Biden ini jelas dijadikan peringatan keras kepada Saudi atas keputusannya itu.

VIDEO TUTORIAL : CARA MENYIAPKAN DIRI SEBELUM MENINGGALKAN AFGHANISTAN

 

SETENGAH JUTA WARGA AFGHANISTAN MENGUNGSI KE IRAN DAN PAKISTAN

The Taliban Gain Ground in Islam’s Battle of IdeasMenlu AS Antony Blinken mengatakan komunikasi dengan Taliban akan terus berlanjut terutama pada isu-isu penting.

PBB mengatakan telah memulai kembali penerbangan kemanusiaan ke beberapa bagian negara itu, yang menghubungkan ibu kota Pakistan, Islamabad, dengan Mazar-i-Sharif di Afghanistan utara dan Kandahar di selatan.

Puluhan ribu warga Afghanistan telah mengungsi dan diperkirakan setengah juta lainnya mengungsi kenegara tetangga seperti Pakistan dan Iran.

 

MILITER RUSIA : SEJUMLAH 21 DARI 24 RUDAL ISRAEL BERHASIL DIJATUHKAN OLEH PERTAHANAN UDARA SURIAH

Image

Kantor berita resmi Suriah SANA mengatakan, Suriah berhasil menembak jatuh sebagian besar rudal, yang diluncurkan dari daerah tenggara Lebanon tetangga dan menargetkan daerah dekat Damaskus, Jum’at dini hari.

Kepala Pusat Rekonsiliasi Rusia untuk Suriah mengatakan, unit pertahanan udara Suriah telah menembak jatuh 21 dari 24 rudal yang diluncurkan oleh pesawat Israel, dengan pertahanan udara buatan Rusia.

 

PENASEHAT GEDUNG PUTIH : PANDEMI MENDATANG BISA DISENGAJA ATAU TIDAK DISENGAJA

Penasihat sains utama Presiden Biden dan Direktur Kebijakan Sains & Teknologi Gedung Putih (OSTP), Dr. Eric Lander memperingatkan pada hari Jumat 3/9 bahwa pandemi baru bisa saja akan “segera terjadi,” mungkin juga dalam dekade berikutnya, dan “kemungkinan akan sangat berbeda dari COVID-19 .”

“Ancaman biologis mendatang akan meningkat, baik yang terjadi secara alami, tidak disengaja, atau disengaja, dan kemungkinan peristiwa bencana biologis juga akan meningkat,” kata laporan itu.

 

PENGUNGSI AFGHANISTAN TERDAMPAR DIPERBATASAN PAKISTAN

Image

Ribuan warga Afghanistan terdampar di perbatasan dengan Pakistan pada hari Jumat, setelah Pakistan menutup penyeberangan Chaman, dengan alasan ‘masalah keamanan’.

 

TALIBAN MENGKLAIM TELAH MENGUASAI LEMBAH PANJSHIR

Taliban celebrates in Kabul after claiming it has captured Panjshir province, resulting in full control of AfghanistanTembakan keatas merayakan kemenangan meletus di Kabul setelah Taliban mengklaim telah mengalahkan front perlawanan Utara di Lembah Panjshir.

Namun, Amrullah Saleh mengeluarkan pernyataan pada hari Jumat, bahwa dia masih ada di lembah dan bahwa perlawanan masih berjuang, menyangkal desas-desus dari Kabul bahwa Panjshir telah jatuh, tetapi dia mengatakan situasinya sulit dan mereka diserang oleh Taliban, pasukan Pakistan dan Al Qaeda.

UNTUK PERTAMA KALINYA ARAB SAUDI MEREKRUT TENTARA WANITA 

Saudi Arabia’s first batch of women soldiers have graduated from the Armed Forces Women’s Cadre Training Center. (Supplied)

Untuk pertama kalinya Arab Saudi melepas lulusan angkatan pertama tentara wanita dari Pusat Pelatihan Kader Wanita Angkatan Bersenjata, setelah menyelesaikan pendidikan mereka, kantor berita resmi Saudi Press Agency (SPA) melaporkan.

 

SELAMA PERANG AS DI AFGHANISTAN PABRIK SENJATA MBAH MA’JUJ TELAH MENERIMA $2T 

US Rep. Ilhan Omar (D-MN) (L) talks with Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) during a rally with fellow Democrats before voting on H.R. 1, or the People Act, on the East Steps of the US Capitol on March 08, 2019 in Washington, DC. (AFP photo)

Menurut perkiraan Proyek Biaya Perang oleh Brown University, perang AS selama 20 tahun di Afghanistan telah merugikan rakyat pembayar pajak di AS sebesar $2,3 triliun, menewaskan 2.324 personel militer AS, 4.007 personel (tentara bayaran) kontraktor militer AS, dan 46.319 warga sipil Afghanistan.

Kongres AS telah memberikan $ 2,02 triliun kepada 5 pabrikan senjata papan atas AS : Raytheon, Lockheed Martin, General Dynamics, Boeing dan Northrop Grumman antara tahun 2001 dan 2021.

 

TALIBAN PERINTAHKAN HAPUS PAPAN IKLAN YANG MEMAJANG GAMBAR WANITA

 

VIDEO : PERTEMPURAN SENGIT MELETUS ANTARA TALIBAN DAN FRONT PERLAWANAN UTARA 

 

SERANGAN UDARA ISRAEL MENARGET KOTA DAMASKUS – SURIAH 

Beberapa saat lalu, Jum’at dini hari waktu Damaskus, jet-jet tempur Israel terbang diatas wilayah udara Lebanon dan melancarkan serangan rudal kebeberapa Posisi di Damaskus.

Video memperlihatkan pertahanan udara Suriah diaktifkan untuk mencegat serangan Israel itu. belum ada info detail dampak kerugian.

 

AL-QAEDA BERGABUNG TALIBAN DALAM UPAYA MEREBUT LEMBAH PANJSHIR

Front perlawanan utara Lembah Panjshir

Al-Qaeda bergabung dengan Taliban dalam serangan kelompok Taliban untuk merebut lembah Panjshir, kata pasukan Ahmad Massoud, Kamis.

Setelah jatuhnya Kabul pada 15 Agustus, milisi dan sisa-sisa tentara pemerintah Afghanistan berkumpul di lembah Panjshir. Wilayah pegunungan di utara yang adalah kampung halaman Ahmad Massoud, putra Ahmad Shah Massoud, tokoh penting Mujahidin dalam melawan invasi soviet 1979-1989.

“Kami telah memulai operasi setelah negosiasi dengan kelompok bersenjata lokal gagal, mereka menderita kerugian besar.” kata Jubir Taliban Zabihullah Mujahid , Kamis 2/9.

Namun jubir Front Perlawanan Utara mengatakan, bahwa kelompoknya  menguasai sepenuhnya semua jalan masuk ke lembah Panjshir, dan berhasil memukul mundur upaya Taliban untuk merebut distrik Shotul di pintu masuk lembah.

 

 

MILITER SURIAH DI KOTA DARAA BUKA POS PENERIMAAN MILITAN YANG MENYERAHKAN DIRI
Image

Image

Menurut info yang kita terima, mereka yang bukan warga Suriah akan dikatagorikan sebagai teroris dan akan dikirim ke Idlib, sementara yang warga Suriah dikatagorikan pemberontak dan ditawarkan untuk mengikuti wajib militer.

Kegiatan ini berlangsung di wilayah Al-Mahatta – kota Daraa, yang juga diawasi langsung oleh militer Rusia.

 

SERANGAN 9/11 ADALAH DEKLARASI DIMULAINYA MALHAMAH TAHAP -1

Nabi menyebut Malhamah terbagi 2 tahap, tahap pertama adalah serangan ke negara Islam, dan tahap kedua adalah mengadu negara-negara super power (WW3).

Serangan palsu (flase flag) ke gedung kembar WTC 2001 yang melibatkan Israel, Saudi dan AS dijadikan “deklarasi dan dalih pembenaran” dimulainya malhamah. Afghanistan menjadi target pertama pada 2001, disusul Iraq 2003 dan seterusnya.

 

WARGA PROVINSI HASAKAH KECAM PEMUTUSAN AIR MINUM OLEH PASUKAN PENDUDUKAN TURKI

Badan sipil, sosial, agama di kota Hasaka telah mengorganisir unjuk rasa di President Square, guna mengecam kejahatan pemutusan air minum oleh pendudukan Turki dan pelanggaran yang dilakukan oleh pendudukan AS dan milisinya.

Para peserta mengibarkan bendera dan spanduk nasional yang mengutuk kejahatan pemutusan air minum bagi lebih dari satu juta warga di provinsi tersebut, setelah pengolahan air minum ’Alouk’ dihentikan operasinya oleh pendudukan Turki.

Peserta juga mengutuk keberadaan pasukan pendudukan AS dan Turki dan tentara bayarannya yang disertai pencurian sumber daya alam diprovinsi Hasakah.

PENTAGON BELUM JELAS SOAL ARAH TALIBAN, TAPI AKAN FOKUS SERANG ISIS-K

US Rep. Ilhan Omar (D-MN) (L) talks with Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) during a rally with fellow Democrats before voting on H.R. 1, or the People Act, on the East Steps of the US Capitol on March 08, 2019 in Washington, DC. (AFP photo)

Menhan AS, Lloyd Austin ketika ditanya tentang hubungan dengan Taliban, mengungkapkan bahwa :  “Saya tidak akan membuat lompatan logika yang lebih luas, masih sulit untuk memprediksi kemana arahnya sehubungan dengan Taliban. Kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk memastikan bahwa kami tetap fokus pada ISIS-K, memahami jaringan itu,  soal waktu yang kami pilih diwaktu mendatang, dan meminta pertanggungjawaban mereka atas apa yang telah mereka lakukan.”

Sementara, Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley mengatakan bahwa militer AS bisa saja berkoordinasi dengan Taliban pada setiap serangan ke ISIS-K, tapi itu belum pasti.

“Kami tidak tahu seperti apa masa depan Taliban, tetapi saya katakan kepada Anda, bahwa dari pengalaman pribadi, dimasa lalu ini adalah kelompok yang kejam, dan apakah mereka akan berubah atau tidak, masih harus dilihat,” kata Milley kepada wartawan di Pentagon, Rabu 1/9.

ISIS-K adalah sebuah istilah baru ciptaan AS yang tadinya tidak pernah dikenal, dan baru dimunculkan setelah pemboman diluar bandara Kabul pada 26 Agustus.

 

DARI KOTA DARAA, ANGGOTA FSA MENYERAHKAN DIRI KE MILTER SURIAH
Image

Sebuah sumber mengkonfirmasi kepada CDC,  bahwa kelompok bersenjata di lingkungan “Daraa al-Balad” mulai menyerahkan senjata ringan dan sedang mereka kemiliter Suriah, setelah pertempuran 3 hari, sebagaialam penerapan perjanjian yang ditandatangani. 

Unit “Polisi Militer” Suriah telah memasuki lingkungan “Daraa Al-Balad”, dan mengibarkan bendera Suriah dipos pemeriksaan.

 

VIDEO YANG DIKLAIM SERANGAN UDARA RUSIA KE POSISI PUSAT PELATIHAN TERORIS DI IDLIB

 

MENLU ISRAEL PERINGATKAN IDE JOE BIDEN UNTUK BUKA KEMBALI KONSULAT AS UNTUK PALESTINA DI YERUSALEM

‘Bad idea’: Israeli FM condemns Biden’s plan to reopen US consulate in Jerusalem for PalestiniansMenlu Israel, Yair Lapid memperingatkan, bahwa ide Pembukaan kembali konsulat AS  untuk negara Palestina di Yerusalem yang dipertimbangkan oleh Presiden AS Joe Biden adalah “ide buruk” yang akan mengirim pesan yang salah ke Palestina dan masyarakat internasional.

Konsulat Jenderal AS di Yerusalem, yang telah menjadi kedutaan de facto AS untuk Palestina sejak pertengahan 1990-an, dan ditutup pada Maret 2019 oleh Trump, dilanjut pemindahkan Kedubes AS dari Tel Aviv keYerusalem.

“Kami pikir itu ide yang buruk, dan kami telah memberi tahu AS bahwa kami pikir itu ide yang buruk,” kata Lapid, Rabu.

 

VIDEO : RIBUAN ORANG AFGHANISTAN MENGUNGSI KE IRAN SEJAK PERPINDAHAN KEKUASAAN KE TALIBAN[/su_note]

 

IRAN MERILIS RADAR BARU YANG MAMPU DETEKSI 300  TARGET SEKALIGUS

Radar jarak jauh Baru Iran ini bisa mendeteksi 300 target dalam waktu yang sama, pada semua ketinggian dari ketinggian rendah sampai medium, pada jarak 100-150km. Radar baru ini dinamai “Alborz”.

Radar baru ini dipamerkan pada hari pertahanan udara nasional Iran. Iran menyebut radar baru ini akan meningkatkan kemampuan pertahanan Iran secara signifikan.

Meski telah mengalami 40 tahun sanksi AS, Iran terus mampu mneingkatkan teknologinya disegala bidang.

 

SERANGAN RUDAL ANSARULLAH HANTAM BASIS MILITER KOALISI SAUDI ‘ANAD’

Serangan menewaskan lebih dari 43 anggota yang disebut pasukan Al-Amaliqah (berafiliasi dengan Mansour Hadi dan koalisi Saudi) dan tentara bayaran Sudan, dan melukai lebih dari 56 lainnya.

 

PASUKAN AS DILAPORKAN TINGGALKAN 3 BASIS MILITERNYA DI SURIAH

ImageSebuah sumber militer menginfokan kepada jaringan televisi al-Alam Iran, Rabu, AS telah mengevakuasi 3  pangkalan militernya di Suriah tak lama setelah pasukan AS keluar dari Afghanistan.

Salah satu pangkalan yang dimaksud sebagai pos terdepan militer AS yang paling kontroversial di Suriah yang terletak di dekat ladang minyak al-Omar di provinsi timur Deir Ezzor.

Dua pangkalan lainnya berada di dekat Distrik Qamishli di Provinsi Hasakah, yang terletak di ujung timur laut Suriah.

TALIBAN AKAN MENIRU BENTUK PEMERINTAHAN ALA IRAN
Taliban leader Mullah Haibatullah Akhundzada is seen in an undated photograph, posted on a Taliban twitter feed on May 25, 2016. (File photo: Reuters)

pemimpin Taliban, Hibatullah Akhundzada - Mei 2016

Taliban sedang merancang pemerintahan yang akan meniru model Iran dengan menunjuk pemimpin Taliban Hibatullah Akhundzada sebagai Pemimpin Tertingginya. CNN melaporkan, Selasa.

“Pemimpin tertinggi Taliban Hibatullah Akhundzada, yang tidak pernah tampil di depan umum dan yang keberadaannya masih belum diketahui, kemungkinan akan menjadi Pemimpin Tertinggi, yang memimpin Dewan tertinggi beranggotakan 11 hingga 72 orang,” CNN-News18 mengutip sumber.

Akhundzada, yang memimpin Taliban sejak 2016, sebagian besar akan bekerja di Kandahar. Kandahar adalah tempat kelahiran kelompok itu dan pusat pemerintahan tangan besi Taliban pada era 1990-an.

Akhundzada berada di Afghanistan. “Dia hadir di Kandahar. Dia telah tinggal di sana sejak awal,” kata jubir Taliban Zabihullah Mujahid, Minggu.

Mujahid juga mengatakan  bahwa Taliban akan mengumumkan kabinet lengkap dalam waktu seminggu.

INTELIJEN INGGRIS LAKUKAN NEGOSIASI DENGAN TALIBAN

صحيفة: الاستخبارات البريطانية كانت تجري مفاوضات سرية مع طالبانPerwakilan senior intelijen Inggris "Mi-6", sedang melakukan dialog rahasia dengan Taliban untuk mendapatkan jaminan bahwa Afghanistan tidak akan digunakan sebagai pangkalan untuk melancarkan serangan teroris ke Barat.

Intelijen Inggris khawatir bahwa Taliban akan kembali membiarkan wilayahnya digunakan sebagai basis teroris yang merencanakan serangan ke Barat.

Selama negosiasi Inggris mencoba meyakinkan pemimpin Taliban bahwa “pemberian bantuan asing” akan tergantung pada kemauan Taliban memutuskan semua kontak dengan organisasi teroris.

Sir Simon Gass, perwakilan khusus Inggris di Afghanistan yang juga mengepalai Komite Intelijen Inggris, tiba beberapa hari lalu di Doha - Qatar, di mana ia bertemu dengan sejumlah perwakilan senior gerakan Taliban.

Sementara itu, jubir pemerintah Inggris mengatakan bahwa Sir Simon Gass "bertemu dengan perwakilan senior Taliban guna menekankan pentingnya “perjalanan bebas dari Afghanistan” bagi warga negara Inggris dan Afghanistan yang telah bekerja dengan kami selama 20 tahun terakhir. "

 

KASUS KEMBALI MELONJAK, ISRAEL WAJIBKAN WARGANYA VAKSIN KETIGA

Vaccination drive in Tel Aviv in AugustIsrael yang mengklaim sebagai negara yang paling tinggi prosentase warganya yang divaksin,  dimana 78% telah divaksinasi 2 kali, kini mendesak warganya untuk mendapatkan  vaksin ketiga (booster), karena kasus harian melonjak diatas 11 ribu.

Depkes Israel mengatakan,  mereka yang tidak melakukan vaksin ketiga (booster) akan menghadapi pembatasan bepergian, makan di luar, dan kegiatan lainnya.

Dari Total populasi Israel 9 juta orang, sebanyak 6 juta orang telah divaksin suntikan pertama, 5.5 juta mendapatkan vaksin kedua, dan 2,2 juta telah menerima suntikan booster, menurut data yang Kemenkes Israel.

PIDATO PERTAMA JOE BIDEN SETELAH PENARIKAN PASUKAN AS DARI AFGHANISTAN  

Tidak ada hal penting dalam pidato pertamanya setelah penarikan pasukan AS dari Afghanistan, yang bisa kita kutip hanya peringatan kepada ISIS-K :

“Untuk ISIS-K, urusan kami belum selesai dengan Anda, bagi mereka yang ingin membahayakan Amerika, kami akan memburu Anda dan Anda akan membayar harga tertinggi." kata Biden.

 

VIDEO : PASUKAN SURIAH MERESPON SERANGAN TERORIS DI KOTA DARAA 

 

TALIBAN RAYAKAN KEMENGANGAN DENGAN MENGEJEK NATO

Taliban rayakan kemenangan  dengan mengejek NATO, mereka berpose dengan peralatan tempur AS di bandara Kabul, mengadakan pemakaman tiruan bagi NATO dikota Khost, dan menerbangkan helikopter Black Hawk di atas kota Kandahar.

Para pemimpin Taliban meninjau unit "pasukan khusus", yang dilengkapi dengan senjata dan perlengkapan tentara Afghanistan yang dilatih AS, di landasan pacu Kabul.

"Ini adalah hari bersejarah dan momen bersejarah .... kami membebaskan negara kami dari kekuatan besar, dan dua dekade terakhir harus menjadi pelajaran besar bagi penjajah lain, pelajaran bagi Dunia." kata jubir Taliban Zabihullah Mujahid.

Yang belum terlihat adalah euforia perayaan kemenangan oleh warga sipil di Afghanistan. 

 

PASUKAN YAMAN DIAMBANG PENGUASAAN SELURUH KOTA MA’RIB

US Rep. Ilhan Omar (D-MN) (L) talks with Speaker of the House Nancy Pelosi (D-CA) during a rally with fellow Democrats before voting on H.R. 1, or the People Act, on the East Steps of the US Capitol on March 08, 2019 in Washington, DC. (AFP photo)

Pasukan Yaman telah meningkatkan serangan balik mereka terhadap pasukan bayaran Arab Saudi di Ma'rib, ibu kota provinsi Yaman barat-tengah yang sangat strategis, dan akan merebut kembali seluruh kota.

Tentara Yaman dan Komite rakyat, pada selasa 31/8 dilaporkan telah maju sampai "gedung pemerintah" kota, meskipun koalisiSaudi membombardir dari udara, Media YPA melaporkan.

Pasukan Yaman berhasil menghalau militan yang didukung Riyadh dan teroris al-Qaeda. Para teroris, telah dipaksa untuk meninggalkan posisi mereka dan mundur menuju gedung-gedung administrasi kota.

Kedua kubu sekarang terlibat dalam konfrontasi intens “menggunakan persenjataan berat,” sumber-sumber lokal mencatat.

Penduduk setempat mengatakan pasukan koalisi telah menderita kerugian jiwa dan material yang cukup besar.

JUBIR TALIBAN : ISRAEL JUGA MERUPAKAN MUSUH BAGI KAMI

Dalam sebuah wawancara PressTV dengan Jubir Taliban, Zabihullah Mujahid dia mengatakan :

"Pandangan kami sama dengan dunia Islam lainnya. Israel harus diakui sebagai entitas agresor dan penjajah, dan ... harus dipandang (seperti itu). Ini adalah masalah bersama antar-Islam dan semua bangsa dan negara Dunia, Islam menderita karenanya. Ini juga penderitaan bagi kami, Ini keluhan kami, dan kami berada di jalur yang sama dengan dunia Islam lainnya".

 

40 TAHUN DISANKSI EKONOMI OLEH AS, TAPI TEKNOLOGI IRAN TERDEPAN DIANTARA NEGARA MUSLIM

 

Meski sudah 40 tahun dicekik secara ekonomi oleh sanksi AS, tidak satupun negara mayoritas Islam yang teknologinya bisa menyamai pencapaian Iran, baik dalam teknologi militer maupun yang lain seperti intsrumen kesehatan.

Foto adalah beberapa type "Linear accelerator",  instrument  yang biasa digunakan untuk perawatan radiasi sinar eksternal untuk pasien kanker.