SEMAKIN CANGGIH DUNIA SEMAKIN HILANG PRIVASI

 

Sekelompok pekerja perusahaan mobil listrik Tesla mengaku pernah saling berbagi gambar dan video yang “sangat pribadi dan invasif”, yang direkam oleh mobil listrik yang telah dibeli oleh para pelanggan, dan menjadikannya bahan candaan di grup obrolan internal, kata beberapa mantan karyawan perusahaan Elon Musk itu kepada Reuters.

Pabrikan mobil listrik itu mengaku perlu mendapatkan persetujuan dari pembeli mobil, untuk mengumpulkan data dan merekam video dengan kamera mobil, dengan alasan untuk meningkatkan teknologi “self-driving”.

Namun, perusahaan itu meyakinkan pemilik, bahwa keseluruhan sistem itu “dirancang dari bawah ke atas untuk melindungi privasi Anda”, dalam arti tidak akan disebarkan ke publik.

Menurut sembilan orang mantan pekerja yang berbicara kepada Reuters, sekelompok karyawan itu telah berbagi rekaman dari mobil pelanggan, dalam sebuah obrolan pribadi diinternal Tesla, antara 2019 dan 2022.

Seorang karyawan mengatakan, salah satu klip berisi video seorang pria yang mendekati mobil listriknya dengan telanjang bulat.

Karyawan lainnya menampilkan video insiden tabrakan dan kemarahan di jalanan. Sementara salah satu satu video memperlihatkan mobil Tesla yang menabrak seorang anak dengan sepeda, di daerah perumahan diSan Mateo, California.

Karyawan lain berkomentar : “Saya terganggu oleh hal itu, karena saya rasa orang yang membeli mobil tidak tahu bahwa privasi mereka seperti tidak dihormati. Kita bisa melihat mereka mencuci pakaian dan hal-hal yang sangat intim.  Kami juga bisa melihat aktifitas anak-anak mereka.” 

Tujuh mantan karyawan itu juga mengatakan kepada Reuters, bahwa perangkat lunak yang mereka gunakan di tempat kerja memungkinkan mereka untuk bisa melihat lokasi pengambilan foto atau video, meskipun Tesla meyakinkan pelanggannya bahwa “rekaman kamera itu tetap anonim, dan tidak terkait dengan anda ataupun kendaraan anda.”

Reuters mangaku mereka tidak dapat memperoleh gambar atau klip apa pun yang dijelaskan oleh para sumbernya itu, dengan alasan semuanya telah dihapus.

Reuters mengaku, Tesla tidak mau menanggapi ketika diminta untuk mengomentari masalah tersebut.

This entry was posted in Info Lain and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to SEMAKIN CANGGIH DUNIA SEMAKIN HILANG PRIVASI

  1. Dimas fakhyarutin says:

    Apakah teknologi anti privasi ini masih ada atau sudah hancur ketika imam mahdi dan nabi isa sudah muncul?

  2. Randu says:

    Belum jg banyak kamera yg terkoneksi online, mungkin sampe di kampung-kampung nantinya.

    • diki says:

      mungkinkah dari satelit orbit rendah yang mas Elon akan luncurkan bisa memantau manusia? Kabarnya 600an satelit akan membungkus bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *