Raja Arab Saudi Mengganti Putra Mahkota

 

Hasil gambar untuk saudi new princes

 

Raja Arab Saudi Salman telah menunjuk anaknya Mohammed bin Salman sebagai pewaris tahta dan memecat Putra mahkota yang lama dalam sebuah reshuffle besar yang diumumkan pada hari Rabu 21/6.

Keputusan kerajaan menyingkirkan Putra Mahkota Mohammed bin Nayef  keponakannya berusia 57 tahun yang selama ini sebagai pewaris utama tahta (putra mahkota)  dan menggantikannya dengan putranya Mohammed bin Salman 31 tahun yang selama ini hanya menjadi wakil Putra  mahkota.

Menurut kantor berita resmi Saudi , pangeran mahkota yang baru diumumkan juga ditunjuk sebagai wakil perdana menteri dan tepap mempertahankan jabatannya sebagai menteri pertahanan.

Mantan putra mahkota Mohammed bin Nayef  juga dipecat dari jabatannya sebagai menteri dalam negeri.

Keputusan tersebut juga mengubah Pasal V dari undang-undang dasar  yang menetapkan bahwa mulai saat ini hanya putra dan cucu pendiri Raja Faisal Al Saud yang bisa menjadi raja dan menjadi putra mahkota.

Keputusan oleh Raja Salman untuk mempromosikan anaknya dan mengkonsolidasikan kekuasaannya didukung oleh 31 dari 34 anggota Dewan kesetiaan (Allegiance council), itu bunyi keputusan tersebut. Anggota dewan tersebut terdiri dari anggota senior keluarga Al Saud yang berkuasa.

Raja Saudi meminta  rakyat untuk memberikan janji setia kepada pangeran mahkota baru tersebut pada Rabu pagi, kata saluran tersebut. Sementara mantan Putra mahkota yang dicopot Mohammed bin Nayef segera melakukansumpah setia kepada penggantinya setelah keputusan tersebut.

Raja telah mengeluarkan sebuah keputusan untuk merestrukturisasi sistem penuntutan (pengadilan) Arab Saudi yang memecat Mohammed bin Nayef dari jabatannya  sebagai kepala penyelidikan kejahatan (Jaksa agung). Sebagai gantinya, Raja Salman kemudian memerintahkan agar Kepala Kantor Jaksa Penuntut Umum yang baru ditunjuk untuk melapor atau bertanggung jawab langsung kepada Kerajaan.

This entry was posted in Info Lain and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Raja Arab Saudi Mengganti Putra Mahkota

  1. analisa akhirzaman says:

    Huru hara didalam kerajaan Al Saud sudah mulai terlihat, tinggal menunggu meninggalnya seorang khilafah. Sekali lagi nubuah Rasulullah akan terbukti benar (merinding)

    Menurut admin apakah kematian khilafah itu adalah raja Salman saat ini ? dan apakah itu terjadi setelah almalhamah atau sebelum al malhamah (World war iii) ?

    • The admin says:

      Bisa mungkin terjadi setelah kematian raja Salman. tapi kita memprediksi akan terjadi setelah perang nuklir dimana NATO sudah hancur, karena jika munculnya sebelum perang nuklir (NATO masih kuat) maka pasukan Mahdi pasti akan dihabisi oleh Arab Saudi dengan bantuan NATO.
      Bibit perebutan kekuasaan telah disemai kita tinggal lihat perkembangannya dalam beberapa waktu kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 51 = 59