KOMPUTER QUANTUM, KEMAJUAN ATAU ANCAMAN?

Experts Warn Of ‘Quantum Apocalypse,’ Saying New Computers Threaten Our Way of Life - Report - Sputnik International, 1920, 28.01.2022

 

Sistem biner pada Komputer yang ada saat ini membutuhkan waktu untuk memecahkan masalah yang kompleks, namun Komputer kuantum mampu beroperasi dengan prinsip “bit quantun” atau “Qubit”, yang memungkinkan bekerja 100.000 kali lebih cepat.

Kemampuan ini menimbulkan kerentanan terhadap “data terenkripsi” yang lazim dipakai saat ini, yang jika suatu hari telah umum dipakai, dapat menyebabkan “kiamat kuantum.”

“Semua yang kami lakukan melalui internet hari ini, mulai dari membeli barang secara online, transaksi perbankan, interaksi media sosial, semua yang kita lakukan dengan dienkripsi, tapi begitu komputer kuantum beredar, maka akan dapat memecahkan enkripsi itu.” kata Harri Owen, chief strategy officer di PostQuantum.
Komputer quantun hampir bisa secara instan menciptakan kemampuan bagi siapa pun yang mengembangkannya untuk menghapus rekening bank, sepenuhnya membloikir sistem pertahanan pemerintah, atau menguras dompet Bitcoin,” tambahnya

Tingkat perkembangan teknologi saat ini memungkinkan pembuatan komputer dengan qubit yang besar, tetapi tantangan sebenarnya terkait dengan stabilitas sistem tersebut.

Seperti semua sistem kuantum, qubit dengan mudah “kehilangan status kuantum” saat berinteraksi dengan lingkungan (dikenal sebagai dekoherensi kuantum). Pada saat yang sama, jumlah kesalahan komputasi dalam pengoperasian komputer kuantum meningkat.

Misalnya, para ahli dari British University of Sussex telah menghitung berapa banyak daya yang harus dimiliki komputer kuantum untuk mendekripsi SHA-256, algoritme enkripsi untuk bitcoin dan beberapa mata uang kripto lainnya, dalam sehari.

Ternyata tugas itu membutuhkan komputer kuantum dengan kapasitas 13 juta qubit. Jika ingin diselesaikan dalam 1 jam maka dibutuhkan kapasitas 317 juta qubit,  dan jika ingin diselesaikan dalam 10 menit membutuhkan computer quantum yang berkemampuan 1,9 miliar qubit.

Sampai hari ini, prosesor kuantum paling kuat dari IBM memiliki kemampuan 127 qubit, dan pada tahun 2029 Google berencana untuk membuat  sejarah dengan membuat  komputer quantum dengan 1 juta qubit.

Namun demikian, pemerintah telah mengambil langkah-langkah untuk mencegah potensi efek destabilisasi teknologi dengan membuat daftar perusahaan dan kelompok peretas yang mampu “memecahkan enkripsi atau mengembangkan enkripsi yang tidak dapat dipecahkan.”

Para peneliti dari raksasa teknologi seperti Google dan Microsoft bertujuan untuk tetap menjadi yang terdepan dengan membuktikan data rahasia penting yang bersifat kuantum dan menerapkan ‘algoritme kriptografi pasca-kuantum’ yang stabil untuk komputer kuantum.

Di Institut Sains dan Teknologi Nasional AS (NIST) di Washington DC, para ahli sedang mengerjakan strategi pertahanan standar untuk “melindungi industri, pemerintah, akademisi, dan infrastruktur nasional penting dari bahaya kiamat kuantum.”

This entry was posted in Info Lain, Info Ringan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to KOMPUTER QUANTUM, KEMAJUAN ATAU ANCAMAN?

  1. fida'i says:

    sayang hanya israel yang akan pakai karena barat sudah tidak ada. OWO dan NWO sudah berakhir. zaman Total World Order akan dimulai.

  2. KUNTO BIMO says:

    Mantep, kayak di Film Terminator: Genesis. Manusia leha2, cyborg yg jd budak. Kecuali ada EMP. Prosesornya mesti direndem di kutub. Nano cyborg bs ubah temperatur awan.

    Bs re-atomize, kyak mujizatnya Nabi Isa. Kusta lenyap begitu dipegang, atas izin Tuhan. Timbul2 udah Judgement Day aja.

  3. Zn says:

    Kemaren diskusi sama teman yang belajar ai tentang hubungan kecerdasan buatan dan malaikat allah,dimana mempunyai ciri sama, kecerdasan, vdan bisa unsupervised

    Dengan teori entropi dan hidden layer, komputer kuantum udah bisa membuat kecerdasan buatan setara malaikat allah jika sudah advanced.
    Berarti kemampuan manusia udah bisa layaknya tuhan. Namun, siapakah yang memegang teknologi tersebut??

    • KUNTO BIMO says:

      Klo mnurut gw om, udah gak ada yg bs handle lg. Sebab quantum kompi yg udah level ‘alien’ brarti itu prosesor udah ketanem algoritma superposisi. On and Off berbarengan dan sebaliknya. Gak perlu human only. Dan yg pasti bs eksperimen partikel2 eksotik pembentuk blok universe.

      Yg bs “kill switched” manusia selevel “alien”. Gak mungkin pula mutant. Ngayal bnget. Yg pasti kudu nabi ato rasul yg bs handle ato destry itu barang. Manusia biasa lewat.

      • zn says:

        yang pasti, jika udah eksprimen level kuantum, berarti ada kemungkinan bisa membuka dimensi ke 5 atau lapisan satu langit dari 7 langi, bahkan mungkin mampu menembus dimensi tuhan (jikalau allah mengizinkan. tapi ini tidak mungkin). mungkin hanya bisa sampai manipulasi ‘state’ atomik saja.

        semoga jangan sampai segitu advanced teknologi ini. dan al malhamah juga semakin dekat ke 2030.

  4. engkus says:

    wah ini bisa jadi senjata makan tuan yg bisa memporakporandakan tatanan yg ada, & kalo kecepatannya 100ribu kali khan kompi yg ada skrg jd spt kompi zaman batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *