Update WW3 Nov 2018

RUSIA MULAI  MEMASANG SISTEM RADAR CANGGIH DIAREA RUSIA TENGAH

The Nebo-M complex

Dalam beberapa bulan terakhir Angkatan Bersenjata Rusia telah mengamati peningkatan nyata kegiatan pengintaian NATO di perbatasannya. Pekan lalu  pesawat pesawat Rusia  berulang kali mencegah pesawat mata-mata asing memasuki wilayah udara Rusia.

Mulai Sabtu kemarin Rusia telah mengoperasikan Sistem radar Nebo-UM baru di wilayah selatan Rusia guna mendukung kendali wilayah udara,  layanan media dari Distrik Militer Barat Rusia melaporkan.

Stasiun radar baru itu dikerahkan di wilayah Voronezh, dan akan memantau wilayah udara di ketinggian menengah dan tinggi, dan ini makin  “meningkatkan kemampuan tempur Distrik Militer Barat dalam mengendalikan wilayah udara di bagian selatan Rusia tengah,” kata pernyataan pers.

Sistem radar Nebo-UM adalah varian modern dari seri Nebo-U dari VHF / multiband 3D-radar, yang NATO memeberinya  julukan “Tall Rack”. Sistem radar mobile segala cuaca dirancang ini mampu untuk mendeteksi  pesawat, rudal jelajah, hulu ledak balistik dan hulu ledak hipersonik pada jarak hingga 600 km. Juga mampu  menentukan asal mereka diluncurkan dan mengirimkan data ini ke pusat komando dan  atau sistem pertahanan udara lokal. Sistem Radar ini bekerja dalam mode mandiri dan sebagai bagian dari jaringan pertahanan udara yang lebih luas.

 

DALAM SEMINGGU TERAKHIR RUSIA MENDETEKSI 14 PESAWAT MATA MATA ASING DEKAT PERBATASANNYA

MiG-31

Dalam seminggu terakhir Rusia telah mendeteksi  14 pesawat pengintai asing di dekat perbatasannya , surat kabar resmi Angkatan Bersenjata  Ruisa Krasnaya Zvezda menyatakan pada hari Jumat.

Dalam tujuh hari terakhir Jet jet  tempur Rusia telah   tiga kali dikerahkan untuk mencegah pesawat2 asing memasuki wilayah udara Rusia, Kata surat kabar itu. Tapi sejauh ini  belum ada data yang menunjukkan adanya pelanggaran wilayah.

Ini bukan pertama kalinya militer Rusia mendeteksi adanya pesawat mata-mata asing yang  melakukan kegiatan pengintaian di dekat perbatasan Rusia. Sebelumnya, Krasnaya Zvezda juga telah menerbitkan infografik yang menunjukkan adanya  tujuh belas pesawat asing yang telah dideteksi  pada awal bulan ini.

BELGIA KLAIM CEGAT PESAWAT RUSIA DIAREA BALTIK

Angkatan Udara Belgia mengatakan bahwa jet F-16 Fighting Falcon  yang dikerahkan di Baltik telah dikerahkan untuk mencegat pesawat Rusia yang diduga terbang tanpa rencana penerbangan di daerah itu.

“Kemarin, Pesawat  F16 beairforce yang saat ini ditempatkan di Wilayah Baltik untuk menjaga integritas wilayah udara NATO, telah mencegat pesawat jet  Flanker  Rusia yang terbang tanpa rencana penerbangan,” tulis Angkatan Udara Belgia di Twitter pada Rabu malam.

Insiden itu menyusul penerbangan yang dilaporkan sebelumnya dimana dua pesawat pembom Su-24 Fencer Rusia terbang di atas kapal Angkatan Laut Belgia di wilayah Laut Baltik Kamis lalu.  Dilain fihak Angkatan Bersenjata Rusia berulang kali melaporkan tentang pesawat pengintai asing yang mencoba menyeberang ke wilayah udara Rusia.

Pada akhir Oktober lalu  Menhan Rusia Sergei Shoigu mengatakan bahwa jet Rusia telah dikerahkan lebih dari 120 kali sejak awal tahun untuk mencegah pesawat asing memasuki wilayah udara Rusia secara ilegal.

Moskow telah berulang kali mengatakan bahwa pesawat militernya selalu melakukan penerbangan sesuai dengan hukum internasional dan selalu menghindari menyeberang perbatasan negara-negara lain secara ilegal.

 

MENLU RUSIA : AS SEDANG MELAKUKAN AKTIFITAS MILITER BERBAHAYA DIPERBATASAN RUSIA 

Russian Foreign Minister Sergei Lavrov

Amerika Serikat sedang mendorong aktifitas  militer yang berbahaya di perbatasan Rusia  dan kebijakan subversif ini akan membahayakan keamanan Eropa, Menlu Rusia Sergey Lavrov mengatakan dalam sebuah wawancara dengan koran  Portugis Publico.

Lavrov mengecam  permainan geopolitik yang dimainkan AS dan beberapa sekutu ideologisnya  dan “kebutaan birokrasi” dari  Uni Eropa untuk memicu krisis Ukraina. Lavrov menyatakan keyakinannya bahwa krisis ini telah menghancurkan “atmosfer kepercayaan,” yang telah diciptakan oleh para pemimpin  Rusia dan negara-negara utama Eropa”  selama bertahun-tahun terakhir.

“Bangunan  dialog antara Rusia dan Uni Eropa telah mengalami kerusakan serius. Para produsen di Eropa telah menderita kerugian miliaran dolar, rezim Kiev (Ukraina)  mengobarkan perang terhadap rakyatnya sendiri, konflik baru muncul di Eropa, sementara AS  tidak menderita kerugian sama sekali … Selain itu (AS) malah mandapat keuntungan dari situasi untuk mendorong kegiatan militer yang berbahaya di perbatasan Rusia ini , dan untuk mengkampanyekan  perlombaan senjata di wilayah kami, sementara kami semua selalu berharap jangan sampai ada  perang dingin baru lagi di sana, “kata Lavrov.

Dia menambahkan bahwa keamanan rakyat Eropa telah dikorbankan bagi kebijakan subversif yang dilakukan oleh fihak  luar negeri (AS)”.

Pada tanggal 5 November lau , Rusia menndeteksi setidaknya ada empat pesawat mata-mata dan pesawat pengintai AS yang beroperasi di sepanjang perbatasan Rusia, sementara ada dua lainnya yang  terbang di dekat pangkalan milter Rusia di Suriah barat.

 

PERTAHANAN UDARA SURIAH MENKLAIM JATUHKAN PESAWAT DAN 4 RUDAL ISRAEL  

Televisi Suriah melaporkan bahwa pertahanan udaranya telah menjatuhkan pesawat tempur  Israel dan empat rudal Israel. Tapi militer Israel (IDF) menyebut laporan Suriah itu salah, tidak ada pesawat Israel yang ditembak jatuh; sebuah rudal ditembakkan ke sebuah area terbuka di Dataran Tinggi Golan.

Kamis kemarin, Kantor berita resmi  Suriah SANA melaporkan bahwa angkatan udara Suriah terus mengusir “agresi” Israel atas Suriah selatan dan  pertahanan udaranya telah menjatuhkan beberapa “target musuh” yang terbang di atas kota al-Kiswah dimana ada  pangkalan militer di selatan Damaskus itu. Juru Bicara IDF membantah laporan ini.

Kantor berita  Rusia RIA mengutip sumber keamanan Suriah  mengatakan bahwa ” pertahanan udara Suriah telah menembak jatuh pesawat perang Israel dan empat rudal.” Selain itu, televisi pemerintah Suriah melaporkan bahwa “serangan Israel itu  tidak mencapai sasarannya karena rudal musuh itu ditembak jatuh.”

Serangan itu terjadi di al-Kiswah, sebuah kota di selatan Damaskus, yang hanya berjarak 50 kilometer dari perbatasan Israel. Kantor berita Suriah lainnya mengklaim bahwa situs-situs yang menjadi sasaran Israel  itu adalah milik milisi Iran, tetapi laporan ini belum dikonfirmasi.

Ini bukan pertama kalinya adanya laporan serangan terhadap al-Kiswah. Mei lalu, juga terjadi serangan  terhadap fasilitas militer Iran di selatan Damaskus, yang dikaitkan dengan Israel, telah menewaskan sedikitnya 15 orang, termasuk delapan orang Iran.

Target pada saat itu adalah roket jarak menengah dengan hulu ledak yang cukup berat. Enam bulan sebelumnya, pangkalan Iran dibom di daerah yang sama, tiga minggu setelah BBC mempublikasikan citra satelit dari situs tersebut.

 

PESAWAT  ISRAEL SERANG POSISI MILITER IRAN DI SURIAH

Sebuah video yang direkam beberapa saat lalu menunjukkan adanya  serangan udara Israel kewilayah Suriah. Pesawat pesawat F16 Israel itu  menembakkan  rudal jelajah Delilah dan “smart bom” yang menarget sasaran posisi militer Iran di Suriah  diselatan dan tenggara Damaskus.

Sementara dalam rekaman lain otoritas Suriah mengklaim bahwa mereka telah menembak jatuh beberapa rudal Delilah yang diluncurkan oleh pesawat2 Israel  ke wilayah  Al-Kiswah and  Khanakir, diselatan Damaskus itu.

 

MILITER RUSIA : ISIS SEDANG MERENCANAKAN SERANGAN KIMIA BARU  DISURIAH 

Para teroris ISIS Islam sedang merencanakan untuk membasmi milisi Kurdi dengan bom-bom berisi bahan kimia di Deir ez-Zor, Suriah, kata fihak militer Rusia. Para teroris itu kemudian ingin menuduhkan serangan kimia itu kefihak  Damaskus agar hal itu  memicu serangan udara baru keSuriah yang dipimpin AS.

ISIS telah memproduksi bom mortir berisi bahan kimia beracun di timur provinsi Deir ez-Zor, kata militer Rusia, Rabu lalu. Selongsong peluru yang diisi  dengan bahan kimia oleh 11 awak teroris, yang mendapat  pelatihan dari fihak asing yang datang ke Suriah khusus untuk melakukan serangan “Falsa flag” itu.

Militan ISIS  berusaha untuk merebut  posisi yang dikuasai oleh Pasukan Demokrat Suriah (SDF/pemberontak Suriah) yang didukung AS, untuk kemudian menuduhkan bahwa  Damaskus yang melakukan serangan itu.

Para teroris itu berusaha untuk memicu serangan udara besar-besaran dari koalisi pimpinan AS terhadap pasukan pemerintah, kata fihak militer. Rusia akan mengirim sistem peringatan dini senjata nuklir, senjata biologi dan dan kimia (NBC) serta para ahli NBC ke lokasi itu  memantau kegiatan ISIS itu, tambahnya.

Teroris ISIS saat ini menguasai sebuah area di ujung timur negara (Suriah) yaitu  di tepi kiri sungai Eufrat. SDF (pemberontak Suriah) selama ini  memerangi mereka selama berbulan-bulan namun belum berhasil membasmi militan itu meski mendapat dukungan serangan udara dari koalisi pimpinan AS.

Serangan-serangan udara (AS) itu tampaknya malah menelan banyak korban sipil, dimana media lokal secara rutin melaporkan korban yang terjadi. Koalisi (AS) juga dituduh telah menggunakan bom bom  terlarang di daerah itu yaitu bom fosfor putih untuk menargetkan pemukiman di wilayah yang diduduki ISIS itu.

Peringatan fihak Moskow itu dikeluarkan  tak lama setelah serangan kimia di kota Aleppo, di mana militan anti-pemerintah telah  menembaki bagian barat kota dengan “zat beracun,” yang menimpa  lebih dari 50 orang . Akan tetapi serangan kimia  itu belum menarik banyak perhatian dari komunitas internasional, malah  memancing  serangan udara (dari militer Rusia) terhadap para penyerang itu.

 

REKAMAN INSIDEN KAPAL INGGRIS YANG DISAMBUT  17 JET RUSIA DILAUT HITAM

Pada 25 November lalu , Channel 5 Inggris menayangkan  cuplikan video luar biasa yang menunjukkan “momen menegangkan ” saat Kapal perang Inggris  HMS Duncan yang sedang memimpin armada NATO di Laut Hitam. Rekaman itu menunjukkan Kapal perusak pertahanan udara Ingris itu dikejutkan oleh kemunculan  17 jet tempur Rusia di lepas pantai Crimea.

The Mail Online merilis rekaman maneuver pesawat2 Rusia yang dianggap sebagai sikap “permusuhan kurang ajar” dari fihak Rusia di lepas pantai wilayah mereka sendiri. Rekaman itu terjadi pada Mei 2018 lalu.

Insiden itu lebih seru dari insiden beberapa hari lalu  saat sebuah pesawat pembom Tu-142 Rusia melintas disisi sebuah kapal induk AS yang sedang mengambil bagian dalam latihan besar NATO “Trident Juncture” di luar Norwegia.

 

SETELAH INSIDEN SELAT KERCH RUSIA KERAHKAN RUDAL PERTAHANAN PANTAI

Sebuah iring iringan  besar perangkat  militer Rusia, termasuk sistem rudal anti-kapal, terlihat bergerak menuju kota Kerch diKrimea, setelah terjadinya insiden penjaga perbatasan Rusia yang menangkap  3  kapal  Ukraina yang melanggar perbatasan Rusia.

Video yang diperoleh secara eksklusif oleh agen video Ruptly menunjukkan seluruh iringan  truk militer Rusia  serta beberapa Sistem Pertahanan rudal Pantai ‘Bal’ yang bergerak di sepanjang jalan di Crimea.

Pasukan dan peralatan Militer itu sedang dipindahkan ke daerah dekat kota Kerch, menyusul insiden  menegangkan kapal  Rusia dengan sekelompok kapal Ukraina yang melanggar batas perairan Rusia , meskipun telah diberi peringatan berulang kali  di Selat Kerch.

Sistem Pertahanan Pantai “Bal”  dilengkapi dengan delapan rudal anti-kapal perusak  X-35, yang mampu menghantam kapal dengan tonase hingga 5.000 ton pada jarak hingga 20 kilometer.

Video itu dirilis beberapa jam setelah kepala Dinas Keamanan Ukraina (SBU) mengakui bahwa agen intelijen mereka  berada di kapal yang memasuki perairan Rusia itu. Dinas keamanan Pantai Rusia FSB  sebelumnya menuduh fihak SBU telah menngkooordinasikan “provokasi,” dan juga mengeluarkan pengakuan atas salah satu dari dua perwira SBU yang ditahan dan diinterogasi setelah pengejaran itu berakhir.

Moskow mengatakan,  kapal-kapal Ukraina itu gagal untuk melewati selat sempit seperti yang mereka mau, dan melakukan manuver berbahaya sementara juga mengabaikan perintah penjaga perbatasan Rusia.

Setelah terjadi permainan kucing-dan-tikus yang intens selama berjam-jam dan berhasil menghalangi kapal Ukraina itu ,  para penjaga Pantai Rusia merasa tidak ada pilihan lain selain melepaskan tembakan dan menahan kapal-kapal Ukraina itu. Beberapa orang kru Kapal Ukraina yang terluka oleh pecahan peluru segera dirawat  di rumah sakit.

Kiev kemudian menuduh Rusia  melakkan “agresi” dan, pada hari Senin, memberlakukan darurat militer di wilayahnya yang berbatasan dengan Rusia serta sepanjang pantai Laut Hitam dan Laut Azov.

Dilain fihak , Moskow  menuduh Kiev telah melancarkan provokasi yang direncanakan yang bertujuan memnulut  konflik antara dua tetangga dan dipakai  sebagai upaya pembenaran untuk menerapkan  undang-undang darurat militer menjelang pemilihan presiden pada bulan Maret 2019 nanti, di mana Presiden Petro Poroshenko adalah pendukung atas beberapa kandidat. 

 

MILITER RUSIA TAHAN TIGA KAPAL UKRAINA YANG MELEWATI BATAS PERAIRAN DENGAN RUSIA

 

Pada 25 November kemarin , Badan Keamanan Federal Rusia (FSB) mengumumkan bahwa tiga kapal perang Ukraina   yaitu  Berdyansk, Nikopol dan Yana Kapu ,  telah ditahan  setelah secara ilegal melewati batas maritim dengan Rusia.

Sebuah video, menunjukkan tiga kapal dari Angkatan Laut Ukraina yang ditangkap  di Laut Hitam dan dikawal menuju ke pelabuhan Kerch yang menyebar secara online pada hari Minggu, Menurut seorang koresponden dari saluran televisi Kementerian Pertahanan Rusia Zvezda, kapal-kapal itu sekarang ditutupi dengan jaring kamuflase.

 

Tiga kapal Ukraina  Berdyansk, Nikopol, Yana Kapu itu  melanggar perbatasan negara Rusia yang  bergerak melalui Selat Kerch dari Laut Hitam, yang mendorong Rusia untuk mengerahkan penjaga perbatasan, kapal patroli militer, dan pesawat militer untuk menghentikan apa yang digambarkan FSB sebagai tindakan ‘provokasi’ yang diatur oleh Kiev.

Kapal-kapal itu tidak bereaksi terhadap permintaan kapal Rusia yang mengawal mereka yang  membuat manuver berbahaya, kata FSB. Sebuah kasus pidana telah dimulai di bawah KUHP Rusia Pasal 322.3 yaitu palanggaran perbatasan illegal atas negara, kata juru bicara FSB pada hari Minggu.

 

MENANGGAPI PENANGKAPAN 3 KAPAL PERANGNYA , PRESIDEN UKRAINA BERLAKUKAN DARURAT MILITER

Ukrainian President Petro Poroshenko examines a British-made Saxon armored personnel carrier with a Ukrainian weapon system while visiting a military base outside Kiev on April 4, 2015

Setelah penangkapan tiga kapal Angkatan Laut Ukraina oleh penjaga perbatasan Rusia karena  melanggar perbatasan maritim di dekat Selat Kerch, Presiden Ukraina Petro Poroshenko menandatangani sebuah keputusan  darurat militer untuk ‘melindungi negara’ yang akan berlaku  hingga 25 Januari 2019.

Salah satu aspek penting  kehidupan warga Ukraina yang akan terpengaruh oleh pemberlakuan darurat militer itu adalah hak mereka untuk berpartisipasi dalam pemilihan dan referendum.

Undang-undang darurat militer yang diusulkan itu akan berlangsung selama 60 hari, yang berarti bahwa itu setidaknya akan mempengaruhi kampanye pemilihan presiden yang akan dimulai pada 2019, dan penerapan hukum itu dapat diperpanjang, bahkan dapat mempengaruhi pemilihan itu sendiri, yang dijadwalkan untuk 31 Maret 2019. Dengan kata lain, Presiden Petro Poroshenko akan dapat mempertahankan posnya selama keadaan darurat militer berlangsung.

Meskipun hak-hak dasar tertentu rakyat Ukraina tidak akan dikurangi  meski dalam darurat militer, Ukraina masih bisa memangkas beberapa hak rakyatnya, kecuali  hak untuk memilih dalam pemilu. Pemerintah Ukraina akan dapat melarang setiap pertemuan, pemogokan, dan unjuk rasa  jika dianggap aktivitas mereka sebagai ‘mengancam’ keamanan. Kiev juga akan dapat memberlakukan jam malam dan membatasi pergerakan warga negara di seluruh negeri, jika dianggap perlu.

 

JET JET RUSIA BOMBARDIR TERORIS YANG MENYERANG ALEPPO DENGAN SENJATA KIMIA

A Syrian man runs for cover as smoke rises from buildings nearby following a reported bombing attack, Aleppo, Syria (file photo)

Kemenhan Rusia mengkonfirmasi bahwa jet jet tempurnya  telah membombardir posisi teroris yang dilaporkan telah menyerang Aleppo dengan gas klorin mematikan pada hari Sabtu lalu.

Menurut kemenhan Rusia dinas intelijennya telah mengidentifikasi suatu lokasi  di zona eskalasi Idlib, sebagai asal tembakan senjata yang digunakan dalam serangan gas diAleppo. Mereka juga menemukan bahwa para teroris sedang mempersiapkan serangan gas beracun  lainnya.  Semua target telah dihancurkan  dan Turki telah diberi  peringatan sebelumya tentang serangan Rusia itu melalui saluran hotline.

Pernyataan itu lebih lanjut mencatat bahwa teroris dari kelompok al-Nusra menggunakan peluru buatan tangan kaliber  120-mm yang diisi dengan zat beracun untuk menembaki  Aleppo.

“Analisis awal atas bekas selongsong  peluru  itu menunjukkan bahwa teroris menggunakan amunisi  120-mm buatan tangan, yang diisi dengan zat beracun dengan cara yang diimprovisasi,” kata pejabat itu kepada para wartawan.

Sebelumnya pada hari itu juga  Damaskus menuduh negara-negara barat yang tidak disebutkan telah memasok senjata ke kelompok-kelompok teroris bersenjata sehingga mereka bisa melakukan “false flag” serangan kimia dan kemudian akan menyalahkan kepada pemerintah Suriah.

Suriah juga mendesak PBB untuk mengambil “tindakan hukuman” terhadap negara-negara yang mendukung penyerang Aleppo.

Kemenlu Rusia menggambarkan serangan kimia  ke Aleppo ini sebagai “upaya untuk merusak proses normalisasi Suriah”, Kemenlu Rusia menambahkan bahwa itu harus “dikutuk tanpa syarat” oleh seluruh komunitas internasional.

Kantor berita milik pemerintah Suriah SANA, melaporkan pada hari Sabtu bahwa warga sekitar Aleppo telah dibombardir dengan pelurru  berisi  klorin  dan  meracuni sedikitnya 107 orang.

 

MILITAN MENYERANG PEMUKIMAN DI ALEPPO DENGAN SENJATA KIMIA

Smoke rises from reported opposition fire from buildings in an eastern government-held neighbourhood of the northern Syrian city of Aleppo

Menurut kantor berita SANA (sabtu 24/11) , militan telah menembakkan peluru  yang diisi  gas klorin di lingkungan al-Khalidiye. Mereka  menembaki permukiman al-Khalidiye dan Al Zahraa serta Sungai Nil yang menyebabkan sedikitnya 41 orang dikirim ke rumah sakit. Para korban menderita mati lemas diduga disebabkan oleh gas klorin.

Sabtu kemarin Kepala departemen kesehatan kota Aleppo Ziad Haj Taha mengatakan bahwa 50 penduduk kota itu terluka dalam serangan oleh militan dengan selongsong peluru yang diisi  klorin di daerah pemukiman kota. “Dari mereka yang terluka, 25 dirawat di rumah sakit ke rumah sakit ar-Razi, 25 ke Aleppo University Hospital.

 

 

Layanan ambulans terus memberikan bantuan kepada para korban penggunaan gas beracun oleh kelompok-kelompok teroris, yang kemungkinan adalah  klorin,” kata Taha.

Kota Aleppo sendiri  telah dibebaskan oleh pasukan pemerintah Suriah dari kelompok-kelompok teroris  pada tahun 2016 tetapi militan masih terus menembaki kota itu dari  pinggiran kota Aleppo.

Sebelumnya, Pusat Rusia untuk rekonsiliasi Suriah telah  memperingatkan  bahwa militan sedang mempersiapkan serangan bahan kimia di Suriah. Menurut Kemenhan Rusia, teroris dari Partai Islam Turkistan telah mengirimkan sedikitnya 20 kontainer dengan masing masing berisis 10 liter klorin  ke Suriah.

Kemenhan Rusia juga telah memperingatkan bahwa kelompok teroris Tahrir al-Sham  yang berafiliasi dengan Front Nusra, sedang merencanakan serangan kimia terhadap warga sipil di Suriah untuk memprovokasi negara-negara barat untuk melakukan  pembalasan terhadap Damaskus.

Sebelumnya, negara-negara Barat telah menuduh pasukan Presiden  Bashar Assad melakukan serangan dengan menggunakan senjata kimia di kota Suriah Douma pada 7 April (2018). Kemenlu  Rusia mengatakan bahwa isu keracunan gas di Douma tersebar untuk membenarkan campur tangan asing. (Sebelum serangn april itu) Staf umum Angkatan Bersenjata Rusia telah memperingatkan akan adanya provokasi yang direncanakan di Suriah  pada 13 Maret lalu.

Menanggapi dugaan serangan senjata kimia (april 2018) itu , Amerika Serikat, Inggris  dan Prancis kemudian menyerang  sejumlah target di Suriah.

Masyarakat internasional telah menyuarakan keprihatinan tentang penggunaan senjata kimia diSuriah sejak dugaan penggunaan gas sarin di Damaskus pada tahun 2013. Setelah insiden tersebut, Suriah bergabung dengan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) dan sepakat untuk menghancurkan bahan kimia persenjataan senjata. Pada tanggal 4 Januari 2016, OPCW mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa penghancuran senjata kimia Suriah telah selesai.

 

AS KELUARKAN ISU SENJATA KIMIA SEBAGAI INTIMIDASI BARU KE IRAN

Here We Go Again: US Accuses Iran Of Hiding Chemical Weapons

Setelah AP (associated Press) minggu  lalu mengungkap bahwa AS sedang mengatur untuk menuduh bahwa  Iran telah melanggar larangan internasional terhadap senjata kimia, seorang diplomat AS mengatakan kepada Agen senjata kimia global di Den Haag bahwa Iran belum mengungkapkan semua kemampuan senjata kimianya.

Pada hari Kamis lalu Perwakilan tetap AS untuk OPCW   Kenneth Ward mengatakan pada pertemuan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) bahwa Iran telah melanggar konvensi non-proliferasi internasional.

“AS telah lama memiliki kekhawatiran bahwa Iran melaksanakan  program senjata kimia yang tidak dijelaskan kepada OPCW,” kata Ward pada konferensi OPCW.

“Amerika Serikat juga prihatin bahwa Iran juga sedang malukan  proyek senjata kimia sistem syaraf yang ditujukan untuk tujuan ofensif,” tambahnya.

Dia menghubungkan hal ini dengan tuduhan Gedung Putih dan tema bahwa Iran dan Rusia telah “memungkinkan” Suriah menyerang warga sipil dengan bahan (penyarang) saraf, menurut klaim pejabat di Barat.

Secara khusus  Ward mengklaim Iran telah menyembunyikan fasilitas produksi untuk mengisi bom udara (dengan senjata  kimia) sementara secara bersamaan mempertahankan program rahasia untuk pengadaan bom beracun yang dilarang,termasuk menyerang saraf.

Sementara sejumlah komentator mengakui kurangnya bukti untuk mendukung klaim itu , dan menganggap sebagai sesuatu hal yang tidak pernah menghentikan pejabat AS untuk membuat tuduhan seperti  itu seperti keIrak, Libya, atau Suriah .

Ward hanya mengutip informasi sejarah dari tahun 1980-an yang menuduh Iran telah mengirimkan  bahan kimia terlarang dan amunisi ke Qadafi diLibya .

ironisnya AS telah memasok Saddam Hussein dengan peralatan dan kemampuan produksi kimia selama periode tahun 1980-an, menurut dokumen yang belum lama ini digali oleh   CIA.

 

AS KEMBANGKAN RUDAL HIPERSONIK DAN NUKLIR TAKTIS BERBASIS KAPAL SELAM

Underwater launch of a Trident ballistic missile from a submarine

Angkatan Laut AS sedang mengembangkan Rudal  hipersonik yang dapat diluncurkan dari bawah air untuk digunakan dalam program Serangan Global cepat,  kata Wakil panglima Angkatan Laut AS Johnny Wolfe.

Senjata ini sedang dikembangkan dibawah Program Sistem Strategis Angkatan Laut AS (SSP), yang biasanya bertugas mengembangkan senjata nuklir.

Berbicara di Simposium Simposium Angkatan Laut tahunan awal bulan ini, Wolfe menjelaskan bahwa AS bertujuan untuk dapat mencapai target manapun pun di seluruh dunia pada saat tertentu dalam rentang waktu satu jam. Untuk bisa  melakukan hal itu, AS membutuhkan senjata hipersonik dengan booster (pendorong)  yang dapat diluncurkan dari platform apa pun.

Dan dengan demikian,  siapa saja  tidak akan  benar-benar tahu dari mana rudal itu diluncurkan. Kemungkinan varian senjata itu termasuk jenis yang bisa diluncurkan dari kapal permukaan dan kapal selam. Oleh karena itu, tim pengembangan menggunakan persyaratan yang paling ketat: yaitu peluncur bawah laut dari kapal selam.

Menurut wakil panglima AL AS itu, misil masa depan itu tidak hanya akan digunakan oleh Angkatan Laut, tetapi juga oleh semua cabang militer lainnya. Ini akan digunakan untuk semua layanan ketika mereka mencari  platform seperti apa yang mereka inginkan untuk menyebarkan kemampuan seperti ini, “kata Wolfe.

Wolfe juga menyatakan bahwa SSP juga telah menerima pesanan untuk mengembangkan senjata nuklir taktis untuk mengejar sistem rudal canggih Rusia yang baru-baru ini diumumkan.

Senjata nuklir ini akan menjadi saingan langsung terhadap apa yang diyakini Rusia bahwa hanya Rusia yang saat ini memiliki dan kami tidak miliki,” kata Wolfe. “Kami akan memiliki kemampuan itu sebagai respon langsung ke Rusia.”

Menurutnya, SSP hanya akan menerapkan kembali program  nuklir W76  lama dari teknologi  tahun 1970an. Kenapa  Washington memutuskan untuk menggunakan teknologi   kuno seperti itu adalah karena AS dilarang menguji senjata nuklir baru, dan sebagian besar komponen untuk W76 sudah diuji sebelum adanya larangan internasional itu.

“Kami baru saja menguji semua yang perlu kami uji  untuk program itu (W76), hal itu  memberi kami keyakinan bahwa ketika kami melakukan ini, system itu pasti akan bekerja,” kata Wolfe. “Kami tidak perlu melakukan uji coba lagi , kami memiliki semua model yang tepat  selama beroperasinya program 76 dan 76-1 yang kami gunakan sekarang itu.” “Kami yakin 100% bahwa ketika kami mengoperasikannya di lapangan, semuanya akan bekerja seperti yang direncanakan” , tambahnya.

Namun  masalah yang dihadapi militer AS bukanlah di hulu ledak, tapi  adalah pada  (roket) pengangkut rudal. Rudal Trident D5 yang lama sekarang tidak lagi diproduksi, dan sejak AS secara berkala menguji D5 untuk menguji apakah rudal itu masih dapat diandalkan, ini akan membuat (AS) cepat atau lambat  kehabisan rudal, Wolfe mengakui.

Untuk mengatasi situasi ini, SSP harus mengembangkan rudal jelnis baru yang dijuluki Trident D5 LE2, yang harus dimasukkan ke dalam parameter ukuran lama. Akibatnya, mesin (pendorong) harus tetap sama dengan yang lama. Yang dapat dimodivokasi oleh para  insinyur hanyalah pada sistem elektroniknya.

“Soal Motor  pendorong ( roket), seperti yang saya tunjukkan pada Anda , pendorongnya  masih akan tetap sama karena diameter tabungnya itu sama, tingginya sama, dan itu yang kita perlukan sejauh ini . Jadi penggeraknya akan tetap sama , namun semua hal yang bersifat front-end, bagian peralatan, elektronik, semuanya akan diperbaharui, ” kata Wolfe kepada wartawan setelah pidatonya.

 

IRAN AKHIRNYA MERILIS VIDEO SERANGAN DRONENYA KE ISIS DISURIAH DAN IRAQ

Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) akhirnya  merilis rekaman udara terbaru yang menunjukkan serangan udara intensif yang dilakukan oleh drone buatan mereka sendiri terhadap kelompok teroris ISIS di Suriah dan Irak.

Video itu menunjukkan drone tempur ‘Shahed-129’ sedang melakukan beberapa serangan udara pada posisi ISIS di provinsi Deir Ezzor yang kaya minyak, Suriah tengah dan sepanjang perbatasan dengan Irak.

Komandan Angkatan udara Garda Revolusi Iran IRGC mengatakan  dalam wawancara televisi pada Rabu malam , bahwa pangkalan AS di Afghanistan, UEA, dan Qatar serta kapal induk AS di Teluk Persia semuanya dalam jangkauan rudal Iran.

Dia menunjuk ke Pangkalan Udara Al Udeid AS di Qatar, Pangkalan Udara Al-Haafra di UEA, dan Kandahar Airfield di Afghanistan, dan  mengatakan pangkalan tersebut digunakan untuk  mengancam Iran tetapi sekarang yang mereka lakukan itu  hanyalah peluang opurtunis.

Shahed 129 adalah Drone  (UCAV) buatan Iran  bermesin tunggal, berdaya tahan terbang lama , berketinggian sedang, yang dirancang oleh Shahed Aviation Industries untuk Garda Revolusi Iran (IRGC).

Drone  Shahed 129 mampu melakukan  misi tempur dan pengintaian dan memiliki daya tahan 24 jam. Dalam hal ukuran, bentuk dan kemampuannya  mirip dengan drone Predator MQ-1 buatan AS.

 

SURIAH DAN HEZBOLLAH KEMBANGKAN SENJATA ELECTRONICS JAMMING GUNA MENGACAUKAN SERANGAN UDARA ISRAEL

Israeli air attacks

Militer Suriah dan Hezbollah sedang mengembangkan senjata elektronik untuk menangkal serangan udara Israel  yang menggunakan pemandu GPS yang  menyerang  Suriah dan Lebanon ,  layanan berita Channel 2 Israel melaporkan.

Mengutip para pejabat militer Israel yang mengklaim bahwa tidak hanya Israel yang mengetahui upaya  yang dituduhkan kepada  militer Suriah dan Hizbullah untuk mengembangkan  senjata yang memblokir sinyal GPS  guna menangkal  serangan udara Israel, tetapi Israel juga sudah mengembangkan sistem yang penangkal seperti itu.

Sebagian dari upaya itu adalah ketika belum lama ini diadakannya sebuah latihan yang  dilakukan oleh militer Israel untuk mempelajari pengaruh GPS-jamming yang dilakukan oleh  calon musuh pada pasukannya selama operasi.

Untuk sebuah angkatan udara modern seperti Israel, rudal  yang dipandu GPS adalah kunci untuk menyerang target dalam jarak jauh dengan  presisi tinggi dan dengan risiko minimum bagi pilot dan pesawat yang terlibat dalam serangan semacam itu. Teknik pemandu rudal yang lain  yaitu dengan pemandu laser, ini  mengharuskan pesawat untuk mendekati target (meningkatkan risiko ditembak) dan dapat terganggu oleh kondisi cuaca buruk.

Belum lama ini Pemerintah dan militer Israel menyatakan bahwa pasukan Israel berniat untuk terus melakukan operasi di Suriah meskipun akhir2 ini agak mengendor  sehubungan dengan  adanya pengiriman sistem pertahanan udara S-300 Rusia yang canggih kepada militer Suriah.

 

AS AKAN BERI SANKSI SEMUA FIHAK YANG TERLIBAT PENGIRIMAN MINYAK KESURIAH

oil shipments

AS sebgai kakitangan Israel selalu menghalalkan segala cara untuk menindas Negara Negara yang berdiri tegak melawan Israel. Menggunakan Sanksi Ekonomi Sebagai Senjata Perang  adalah cara cara setan yang tidak berperikemanusiaan yang akan menyengsarakan sampai kerakyat kecil. Kita pernah membuat artikel pendek yang mengulas tentang metode perang yang biadab , tak bermoral dan  arogan dari AS itu. Kita semua  sudah sangat hafal  dengan segala alasan dan argumen  yang diciptakan sebagai alasan pembenaran atas penerapan sanksi2 seperti itu. Setelah lebih 7 tahun kesengsaraan rakyat Suriah karena perang yang mereka ciptakan itu, kini mereka masih akan mencekik rakyat Suriah .

AS telah menerapkan sanksi baru terhadap apa yang disebut sebagai jaringan pengiriman minyak ke Suriah, termasuk diantarany perusahaan dan individu Rusia dan Iran. Washington mengatakan akan mengganggu pengiriman ke pelabuhan milik Suriah.

Enam orang telah dijatuhi sanksi atas pengiriman minyak ke Suriah, Departemen Keuangan AS mengatakan. Tiga lembaga lain  juga telah dijatuhi sanksi.

Selain langkah-langkah baru itu, US Coast Guard (penjaga pantai AS)  telah mengeluarkan peringatan peringatan akan adanya “risiko sanksi yang signifikan” pada pengiriman minyak ke Suriah. AS telah berjanji bahwa itu akan “mengganggu” setiap percobaan pengiriman ke pelabuhan milik pemerintah di Suriah.

Departemen Keuangan AS mengklaim bahwa individu dan perusahaan yang akan dikenai  tindakan tersebut  disebut sebagai terlibat dalam “skema yang kompleks dan jahat” untuk mendukung rezim pemimpin Suriah Bashar Assad. AS mengklaim  bahwa impor minyak ke Suriah dari Iran itu bertentangan dengan sanksi Amerika. Pemerintah Suriah kemudian juga diduga mentransfer uang tunai kepada kelompok militan Islam Hamas dan Hezbollah, atas petunjuk Iran.

Depkeu AS juga  mengklaim bahwa perusahaan-perusahaan Rusia bertindak sebagai perantara, mengambil uang dari Iran dan  mengirimkan minyak ke Suriah. Dalam satu kasus yang diperinci dalam siaran pers Depkeu AS, dikatakan  bank sentral Iran mentransfer uang ke perusahaan farmasi Iran, yanga diharapkan agar atas nama kemanusiaan ini  akan mengusir para pengamat AS.

Uang itu kemudian diduga ditransfer ke bank Rusia, lalu ke perusahaan Rusia yang mengirim minyak dari Iran ke Suriah. Departemen Keuangan AS juga mengklaim bahwa Sepanjang perjalanannya, kapal-kapal Rusia itu akan mematikan sistem pelacakan GPS mereka untuk menyembunyikan asal barang mereka.

Setelah uang tunai masuk ke Bank Sentral Suriah, diduga uang itu kemudian  dikirim ke unit Hizbullah dan Hamas yang beroperasi di Libanon dan di wilayah Palestina.

Sementara operasi itu dilukiskan sebagai konspirasi besar yang digali oleh AS, sanksi terbaru AS sedang diciptakan  melalui  kampanye yang sedang berlangsung melawan Iran dan sekutu-sekutunya.

Ketika AS menjatuhkan sanksi ekonomi sepenuhnya kepada Teheran pada awal bulan ini, sanksi itu menarget  perbankan, pengiriman barang , dan sektor minyak negara itu. Bank-bank yang memberikan layanan kepada Hamas dan Hezbollah dikenai sanksi, seperti perusahaan pelayaran yang memindahkan pasukan Iran dan pasokannya  di sekitar Timur Tengah.

Menghadapi ancaman hukuman AS itu , seminggu kemudian sistem pengiriman keuangan SWIFT  memutus layanannya ke bank sentral Iran, ini membuat Iran semakin sulit  untuk menyelesaikan tagihan impor dan ekspornya.

Pada bulan mei lalu Presiden Trump secara sepihak telah menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Iran JCPOA 2015 , dan sejak itu AS telah menerapkan kembali semua sanksi yang telah dicabutnya.

 

IRAN MENGKLAIM TELAH MEMBUAT  “FATHER OF BOMBS”  MENYAINGI “MOTHER OF BOMBS”  BUATAN AS 

Seorang komandan tertinggi dari Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) mengklaim bahwa Iran memiliki “bapak segala bom” yang membayangi senjata non-nuklir AS yang paling kuat.

Bom itu dikembangkan atas permintaan khusus dari IRGC, komandan Angkatan Udara Aerospace Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh  mengatakan hal itu dalam sebuah wawancara pada hari Jumat.

“Setelah diajukannya proposal oleh Angkatan Udara dari Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), Organisasi Industria Pertahanan Iran kemudian memproduksi bom berkekuatan  10 ton. Bom bom itu sekarang sudah ada di tangan kami, ”PressTV mengutip komandan itu.

“Bom Bom itu dapat diluncurkan dari pesawat Ilyushin (pesawat angkut raksasa buatan Rusia) dan mereka sangat merusak,” tambahnya, tanpa memberikan rincian lebih lanjut tentang kemampuan senjata itu.

Komandan itu menyebut bahwa perangkat itu adalah  “bapak dari semua bom,” jika dibandingkan a dengan Bom buatan  AS  GBU-43/B  (MOAB=Massive Ordnance Air Blast Bomb) yang selama ini dianggap “Induk segala bom”, Karena bom buatan  Amerika itu berbobot 9,8 ton yang  setara dengan 11 ton TNT, komandan IRGC mungkin mengacu pada bobot bom buatan Iran yang baru itu  daripada menyebut potensi destruktifnya.

MOAB buatan AS dikembangkan pada tahun 2003 dan pertama kali digunakan dalam pertempuran pada bulan April tahun ini, ketika AS menjatuhkannya di Afghanistan pada kompleks terowongan gunung  yang digunakan oleh teroris ISISdiAfghanistan.

Namun demikian, bom Iran yang baru ini mungkin akan memicu perselisihan tentang sebutan  “bapak segala bom”, karena Rusia telah lebih dudlu memiliki persenjataan non-nuklir yang dikenal sebagai “bapak segala bom.”

“The Aviation Thermobaric Bomb of Increased Power”  buatan Rusia yang dikenal sebagai ‘bapak semua bom’ (FOAB), telah berhasil diuji coba  oleh Rusia pada tahun 2007, dengan hasil yang mengesankan untuk ukuran bom  non-nuklir , yaitu  menghasilkan  kekuatan setara 44 ton (TNT) ketika diledakkan. Bom itu meledak di udara, menguapkan targetnya, meruntuhkan struktur bangunan, dan meninggalkan bekas ditanah seperti bulan yang hangus. 

 

RUSIA TIDAK MAU TERSERET PERLOMBAAN SENJATA, TAPI AKAN MERESPON KELUARNYA AS DARI PERJANJIAN INF

Moskow tidak akan mengabaikan dan akan menanggapi  keputusan Washington untuk secara sepihak menarik diri dari perjanjian senjata nuklir INF (Intermediate Range Nuclear Force), kata Presiden Rusia Vladimir Putin, dia menambahkan bahwa Rusia tidak perlu terseret dalam perlombaan senjata .

Rusia masih siap untuk melanjutkan dialog dengan AS mengenai perjanjian bilateral yang melarang rudal jarak menengah, yang telah menjadi salah satu pilar perlucutan senjata nuklir itu , Namun, AS harus “menyikapi masalah ini dengan tanggung jawab penuh,” kata presiden Rusia itu .

Dia menambahkan bahwa keputusan Washington untuk menarik diri dari perjanjian “tidak bisa dan tidak akan dibiarkan begitu saja tanpa direspon.” Kata Putin pada pertemuan pemerintah di Sochi.

Putting mengingatkan bahwa “Ini bukan ancaman kosong”. Dia mengatakan bahwa Rusia sebelumnya telah memperingatkan AS agar tidak meninggalkan perjanjian ABM (Anti Ballistic Missile)  yang mengatur sistem rudal itu dan memperingatkan Washington tentang kemungkinan pembalasan.

“Sekarang, kami memiliki senjata hipersonik yang mampu menembus pertahanan rudal,” kata Putin,

Presiden juga meminta pemerintah dan pejabat militer untuk mengembangkan “langkah konkrit” yang dapat diambil Rusia sebagai tanggapan terhadap penarikan AS dari Perjanjian INF.

Moskow tidak akan mengizinkan siapa yang mau  menyeret Rusia dalam perlombaan bersenjata lagi, kata pemimpin Rusia itu. Sebaliknya, Rusia berencana untuk fokus pada ” Pengembangan yang  seimbang”  antara Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Pasukan Rusia diharapkan untuk mengadopsi teknik pelatihan militer baru, dan menggunakan pengalaman tempur yang mereka dapat  di Suriah. Rusia juga akan terus memodernisasi perangkat militernya.

Putin mengatakan dia berharap bahwa “akal sehat” akan menang dan AS akan mau melanjutkan dialog dengan Rusia di bidang stabilitas strategis dan keamanan kolektif atas dasar “tanggung jawab bersama.”

Perjanjian senjata INF yang telah berusia 30 tahun itu melarang kepemilikan dan pengembangan rudal jarak pendek dan menengah. Tapi AS telah mengklaim bahwa Rusia telah melanggar kesepakatan INF dengan membuat  rudal-rudal  yang dilarang perjanjian INF.

Moskow telah menyanggah tuduhan tersebut dan menuduh AS sebagai tidak mematuhinya, dengan alasan ini dibuat agar pihak AS  dapat mengaktifkan lagi  kompleks pertahanan rudal yang ditempatkan di Eropa Timur dan menggunakannya sebagai basis peluncur jarak menengah ofensif.

Pada bulan Oktober lalu , Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton menegaskan kembali keinginan Presiden AS Donald Trump untuk menarik diri dari perjanjian INF selama kunjungannya ke Moskow. Alasannya adalah  dugaan bahwa Rusia tidak mematuhi perjanjian itu lagi , dan ia juga menyebut adanya perkembangan pesat militer  China yang sedang berlangsung sebagai dalih.

 

CIA MENYEBUT MBS YANG MENYURUH PEMBUNUHAN KHASOGGI

Saudi Crown Prince Mohammad bin Salman

Badan Intelijen Pusat AS (CIA) telah menyimpulkan bahwa Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman (MBS) telah memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Klaim CIA itu dikeluarkan  setelah munculnya berbagai cerita yang bertentangan yang dikeluarkan  oleh media  dan pejabat intelijen Saudi yang menekankan bahwa seandainya  agen intelijen Saudi terlibat dalam pembunuhan Khashoggi, maka  putra mahkota kerajaan tidak ada hubungannya dengan kasus itu.

Para pejabat CIA mengatakan bahwa mereka sangat yakin  atas temuan mereka tentang pembunuhan Khashoggi itu, di antara berbagai sumber intelijen, percakapan  telepon yang dilakukan oleh Khalid bin Salman (saudara laki-laki Mohammad, dan duta besar Saudi untuk AS) dengan  Khashoggi yang memastikan dia akan aman untuk masuk ke konsulat Saudi di Istanbul untuk mengambil buku nikah.

Laporan CIA mengatakan bahwa percakapan telepon antara  Khalid dengan  Khashoggi ini atas saran  putra mahkota (MBS),  apakah Khalid tahu (kedatangannya ke Konsulat Saudi ) ini akan mengakibatkan kematian Khashoggi masih belum jelas.

Secara keseluruhan, kesimpulan CIA yang sekarang dipublikasikan secara luas telah  mempersulit upaya pemerintah Trump yang berniat  untuk menahan reaksi terhadap Arab Saudi dan tentu saja ini akan makin meningkatkan tekad Turki yang ingin  melihat para petinggi  Saudi tertentu dihukum.

 

PUTIN MEMPERMUDAH ORANG YANG AKAN BERMIGRASI KERUSIA

Bertolak belakang dengan kebijakan AS yang sedang gencar melawan imigran, Putin baru saja menandatangani undang-undang baru yang membuat para imigran  lebih mudah berimigrasi ke Rusia.

Juga, dalam waktu dekat, Rusia akan  mengadvokasi imigran untuk bisa memiliki  kewarganegaraan ganda, artinya calon imigran  tidak lagi perlu lagi  meninggalkan kewarganegaraan di negara asal mereka.

Info yang  terkait lain adalah , Patriarch Kirill  kepala Gereja Ortodoks Rusia  baru-baru ini mengatakan bahwa Gereja mungkin dapat memberikan bantuan imigrasi bagi umat Kristen Ortodoks yang sedang menjalani proses tersebut.

“Rusia akan secara tegas membela hak dan kepentingan warganya di luar negeri di tengah meningkatnya ketegangan di dunia.” Kata Putin.

 

TENTARA SURIAH BERHASIL SEPENUHNYA REBUT AREA AL-SAFA DARI ISIS

Setelah beberapa hari pertempuran sengit di seluruh area vulkanik Al-Safa di Suriah selatan, Angkatan Darat Suriah telah berhasil sepenuhnya membebaskan kawasan itu dari teroris ISIS.

Kekuatan ujung tombak operasi pemerintah ini adalah Divisi Mekanik ke-4 elit, yang didukung artileri berat dan dukungan udara,  faksi pro-pemerintah lainnya termasuk kelompok Druze dan kelompok mantan pemberontak juga memainkan peran kunci dalam operasi ini .

Sejak pertempuran untuk Al-Safa dimulai hampir empat bulan yang lalu ratusan teroris telah terbunuh; Tentara Suriah juga telah kehilangan pasukannya yang  mencapai ratusan orang.

Bagi ISIS,  awal dari beakhirnya mereka ini terjadi setelah Angkatan Darat Suriah berhasil merebut perbukitan tertinggi di wilayah Al-Safa, yang memberi mereka penguasaan  atas wilayah yang tersisa yang dikuasai kelompok teroris lebih jauh lagi ke selatan.

Laporan awal menunjukkan bahwa semua elemen ISIS yang masih bertahan telah dinetralisir, beberapa militant  kemungkinan telah  melarikan diri ke padang poasir kearah timur.

Tentara Suriah saat ini sedang membersihkan ranjau didaerah-daerah yang belum lama  ini direbut kembali ,  sebagai bagian dari operasi pembersihan menyeluruh.

 

RABBI YAHUDI ORTHODOX: JANGAN SAMAKAN KAMI DENGAN YAHUDI  PENDUKUNG  ZIONIS

Sebagian besar orang Yahudi Haredi di seluruh dunia adalah anti-Zionis, atau setidaknya non-Zionis.  Jangan menyamakan dengan mereka  yang disebut “Yahudi modern  Ortodoks ” atau para pemukim Zionis (diIsrael) yang fanatik Mizrachi , Mungkin  mereka  memiliki penampilan  yang sama dengan kami  (Memakai  Kippah/peci Yahudi, kelabang samping dsb) , tetapi mereka sebenarnya  bertolak belakang dengan  orang Yahudi ortodoks asli.

 

UTUSAN TETAP SURIAH DI PBB :  KAMI AKAN MEREBUT KEMBALI GOLAN DARI ISRAEL DENGAN CARA DAMAI MAUPUN PERANG

Pada hari jum’at lalu sebagian besar negara anggota PBB telah memberikan suara yang  mendukung rancangan resolusi Majelis Umum PBB yang menekankan pengembalian kedaulatan Suriah atas Golan yang diduduki (Israel)  dan mempertimbangkan agar semua prosedur yang diadopsi oleh  Israel di Golan sebagai batal demi hukum.

Rancangan resolusi itu  didukung oleh 151 negara anggota dan ditentang oleh Amerika Serikat dan “Israel” sementara 14 negara abstain dari pemungutan suara. Ini adalah sesi pertemuan ke-28 Komite Keempat Majelis Umum PBB dalam Sidang ke-73.

Setelah pemungutan suara, Perwakilan tetap Suriah untuk PBB Bashar Al-Jaafari mengatakan  bahwa “Hasil pemungutan suara yang mayoritas besarnya mendukung rancangan resolusi ini telah  mengirimkan pesan yang jelas  ke Israel bahwa pendudukannya atas Golan diSuriah telah ditolak,  karena melanggar aturan Piagam PBB dan prinsip-prinsip Hukum Internasional,  dan Israel harus mengakhiri pendudukannya atas semua wilayah Arab yang diduduki dan segera menghentikan pelanggarannya terhadap hak asasi manusia dan Internasional Hukum Humaniter termasuk Konvensi Jenewa (IV) yang diadopsi pada tahun 1949.

” Dia menegaskan kembali bahwa hasil voting  itu juga telah menekankan bahwa upaya pendudukan Israel untuk mencaplok Golan adalah batal demi hukum dan tidak ada efek hukum berdasarkan Resolusi Dewan Keamanan No. 497 tahun 1981.

Dia menunjukkan bahwa rakyat didataran tinggi Golan Suriah yang diduduki telah menolak  semua upaya pendudukan yang bertjuan “meyahudikan” Golan itu, yang terakhir  kali , mereka (rakyat Golan)  telah menggagalkan  apa yang disebut “Pemilihan Dewan Lokal” yang diselenggarakan (Israel) pada 30 Oktober lalu.

Al-Jaafari juga mengatakan bahwa sikap  AS terhadap rancangan resolusi di Golan Suriah yang diduduki tidak mengherankan, karena Washington adalah mitra kunci pendudukan Israel dalam perang dan tindakan agresi terhadap wilayah tersebut dan selalu membela entitas Israel terhadap pertanggungjawaban apa pun atas catatan kriminalnya selama beberapa decade ini.

Dia menambahkan bahwa AS  juga merupakan mitra Israel dalam mencuri sumber daya  (minyak) diGolan melalui perusahaan-perusahaan AS  seperti Genie, Afek dan AES yang secara ilegal melakukan penggalian minyak di Golan.

Selain itu, al-Jaafari mengatakan Amerika Serikat sendiri juga sedang melakukan pendudukan dengan kehadiran pasukannya di wilayah Suriah dan  melindungi para teroris Daesh (ISIS) di daerah al-Tanf Suriah dan utara Deir Ezzor serta di beberapa negara di dunia.

Al-Jaafari melanjutkan dengan mengatakan bahwa perwakilan  Israel di PBB telah gagal untuk memahami pesan hukum dan politik yang dikirim oleh suara mayoritas ini. Dia menambahkan bahwa perwakilan ini juga menggunakan istilah “Golan Heights” (dataran tinggi Golan) yang tidak benar,  karena Golan terdiri dari ketinggian , lembah, dataran, sungai, mata air, dan Danau Tiberias, yang semuanya adalah wilayah Suriah sebagaimana diakui oleh negara-negara anggota PBB, dan semuanya akan kembali ke Suriah apakah Israel suka atau tidak.

Dia mengatakan bahwa perwakilan Israel harus memahami bahwa “kami akan merebut kembali  Golan , baik dengan cara damai atau dengan perang … ini adalah pesan kami kepada Israel dan utusannya.”

 

VIDEO : RANJAU BESAR MEMBUNUH SATU REGU PASUKAN KOALISI SAUDI

Sebuah rekaman video yang mencengangkan yang  dirilis oleh media Houthi yang menunjukkan saat sebuah bom (ranjau) besar yang ditanam oleh pasukan kelompok pemberontak (Houthi) di Yaman telah   meledakkan satu regu pasukan Koalisi Saudi saat mereka melintasi  sebuah halaman di kota Houdaidah.

Menurut informasi yang diberikan oleh media Houthi, yang ditampilkan dalam video itu adalah  penyergapan yang terjadi di daerah Medina , Houdaidah.

Terlihat jelas dari rekaman itu bahwa seluruh anggota kesatuan setingkat peleton atau setidaknya 20 prajurit  terbunuh oleh ledakan itu.

Bom ranjau itu tampaknya telah ditanam di bawah Lori flatbed yang dalam video terlihat  di sisi kanan, dimana para prajurit itu berjalan  lewat dalam formasi jajaran yang  terpisah.

Houdaidah saai ini  dikuasai oleh pemberontak Houthi dan unsur-unsur tentara  Yaman  yang menentang Mansor Hadi, Saat ini Houdaidah  sedang mendapat serangan besar dari pasukan Koalisi Saudi , sebagian besar pasukan darat (koalisi Saudi) yang menyerang kota Houdaidah adalah tentara bayaran yang didukung oleh bbeberapa  negara Teluk.

 

TENTARA SURIAH BERSIAP SERANG MILITAN YANG MELANGGAR ZONA PENYANGGA IDLIB

North Syria

Tentara Suriah dilaporkan sedang melakukan persiapan akhir untuk melakukan  serangan darat terhadap kelompok-kelompok militan di Suriah utara, yaitu di bagian yang dikuasai pemberontak di daerah Idlib, Hama dan Aleppo ,  terlepas dari fakta bahwa rencana  serangan sebelumnya telah dibatalkan. kali ini adanya operasi militer itu telihat semakin  dekat.

Menurut informasi media yang bocor yang dirilis oleh sumber  semi resmi (yaitu akun medsos wartawan Suriah), tank Tentara Suriah, pasukan artileri dan pasukan tempur sedang bergerak ke titik tolak terakhir mereka melintasi perbatasan Idlib.

Bocoran info itu menunjuk ke arah akan adanya operasi “terbatas” yang akan berlangsung dalam ruang zona penyangga Idlib itu sendiri (bukan  serangan besar  untuk menetralkan kelompok militan di Suriah utara secara keseluruhan).

Serangan itu nampaknya  ditujukan untuk menetralkan potensi seangan  kelompok-kelompok militant  dan faksi-faksi pemberontak bersenjata lainnya dalam zona eskalasi 15-20 kilometer yang seharusnya mereka mundur dari lebih dari satu bulan lalu seperti hasil  perjanjian Sochi.

Sumber itu mengatakan bahwa netralisasi potensi serangan (militant) ini akan melibatkan penempatan dan penghancuran lokasi  senjata berat militan, pusat komando dan gudang senjata mereka.

Penggunaan kekuatan udara dan artileri saja dianggap tidak mampu mennyelesaikan  tugas ini, sehingga kekuatan darat adalah yang sebenarnya harus dikirim.

Kelompok militan telah berulang kali melanggar gencatan senjata di Suriah utara dan tidak mundur (dari zona penyangga) seperti yang disepakati di Sochi.  Dan pada hari Jumat lalu adalah puncaknya ketika terjadi  pembunuhan lebih dari 24 orang Suriah oleh para militant  yang melancarkan serangan kegaris (pertahanan)  pemerintah di barat laut pedesaan provinsi Hama. 

 

ULAMA SURIAH : TENTANG JANJI PALSU ERDOGAN , KETERLIBATAN TURKI DAN KEPENTINGAN IKHWANUL MUSLIMIN 

Berbicara kepada Al-Nujaba TV, Ulama besar Suriah Ahmad Badreddin Hassoun  menceritakan  kunjungan terakhirnya keTurki dan bertemu dengan Erdogan  tahun 2011 tepat sebelum dimulainya perang Suriah dan dia mengungkap janji janji palsu yang disampaikan Presiden Turki kepada Bashar al-Assad.

Dengan hampir delapan tahun terakhir perang Suriah ini ,  Hassoun secara efektif membuktikan bahwa Turki (dan Qatar) adalah pendukung sejati  dari pemberontakan (2011) diSuriah yang terinspirasi oleh apa yang dilakukan Ikhwanul Muslimin 2011, dan kemudian didukung oleh Amerika Serikat,

Arab Saudi dan kekuatan lainnya (regional dan ekstra-regional) mendukung kedua faksi yang berbeda tapi serupa untuk kepentingan mereka masing masing.

Ulama besar Suriah itu mengatakan bahwa ia mengunjungi Turki pada tahun 2011 dan selama pertemuan dengan Erdogan setelah shalat Jumat, Erdogan menyatakan bahwa “Arab spring sedang menimpa kita,  dan  jika ada sesuatu yang buruk terjadi pada Anda (Suriah), maka kita (Turki) akan membantu Anda. ”

Ketika menyampaikan pesan tersebut  ke Presiden Assad setelah kembali ke Suriah, presiden Suriah itu menanggapinya  dengan ketawa dan mengatakan “kami tidak membutuhkan bantuan (Turki), kami membutuhkan Turki untuk menghapus kutukan mereka (Ikhwanul Muslimin) dari kami.

”Hassoun menyatakan  bahwa tanggapan (Assad) ini membingungkannya dan bahwa dia kemudian bertanya   “mengapa kamu mengatakan itu? Khan Erdogan adalah sekutu kami, dia sering datang ke Damaskus .  Dan jawaban Assad  adalah“ Erdogan tidak pernah datang ke sini kecuali  selalu hanya untuk meminta kami  mengizinkan kelompok  (Ikhwanul Muslimin) agar bisa  kembali ke panggung politik (Suriah).

”Hassoun menutup pembicaraannya dengan Al-Nujaba TV dengan mengatakan bahwa  ” pemerintah (Suriah) adalah lembaga politik dan kami tidak ingin membawa agama apa pun ke dalam politik.”

Turki secara resmi mulai mendukung kelompok pemberontak Suriah pada tahun 2012, sekitar satu tahun setelah mulainya kerusuhan , namun  buktinya seperti yang diungkap pada kesaksian awal  Hassoun  menunjukkan bahwa intelijen asing Turki mendukung kelompok-kelompok pemberontak  di Suriah sejak hari pertama Perang Suriah.

 

MENLU SAUDI TUDUH  QATAR DAN TURKI MENYEBAR KAMPANYE ANTI SAUDI ATAS TERBUNUHNYA KHASHOGGI

Newspapers

Kamis kemarin Menlu Arab Saudi Adel Jabeir menyatakan bahwa Media Qatar dan media Turki telah melancarkan kampanye anti-Riyadh skala penuh setelah adanya kasus kematian wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul.

“Media Turki dan Qatar telah melancarkan kampanye anti-Saudi yang kuat dan  masih terus berlangsung. Itu sangat menyedihkan karena kejahatan ini  sedang diselidiki oleh badan peradilan,” kata Jubeir pada konferensi pers di Riyadh yang disiarkan oleh Al- Televisi Arabiya.

Dia menunjuk  bahwa mereka yang bertanggung jawab atas kematian Khashoggi akan dihukum sesuai dengan undang-undang Saudi. Dari sudut pandang sang Menlu , beberapa pihak mencoba mempolitisasi penyelidikan pembunuhan dengan membocorkan berbagai rumor ke media.

“Akan lebih baik bagi semua orang, jika seseorang yang memiliki informasi, yang dapat memperjelas situasi, akan memberikannya kepada  para penyelidik, bukannya menyebarkan data ini melalui media,” tambah Menlu Saudi itu.

Turki, yang telah melakukan penyelidikan terpisah dalam kasus tersebut, mengklaim bahwa Khashoggi dibunuh oleh pasukan pembunuh yang dikirim dari Arab Saudi.

Sebagian Video (CCTV) hasil penyelidikan Turki yang diserahkan  ke pemerintah AS yg menunjukkan adanya seseorang yg memakai baju yang dimiripkan dengan baju Khashoggi yang keluar dari pintu belakang kantor Konsulat Saudi di Istanbul. Mungkin ini ditujukan untuk dijadikan bukti bahwa Khashoggi telah meninggalkan kantor Konsulat.

 

MEMBALAS SERANGAN ISRAEL MINGGU KEMARIN,  HAMAS TEMBAKKAN 300 ROKET KEISRAEL

Israel dihujani  tembakan roket dari Jalur Gaza pada hari Senin kemarin, ini hanya sehari setelah serangan (Israel)  yang mematikan di mana seorang perwira Israel dan tujuh orang Palestina tewas.

Sebuah rudal anti-tank yang diluncurkan dari Gaza menghantam bus di Israel selatan, melukai seorang tentara berusia 19 tahun. Prajurit itu dievakuasi ke Soroka Medical Centre di Be’er Sheva bersama dengan sopir berusia 25 tahun yang menderita shock.

Beberapa proyektil lainnya yang ditembakkan dari Gaza menghantam Israel  termasuk di Sderot, di mana enam orang menderita luka ringan akibat pecahan peluru, di Ashkelon sebuah roket melukai seorang bocah berusia 16 tahun dan merusak rumah dan mobil, dan di Netivot,  sebuah rumah mendapat hantaman  langsung.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan sistem pertahanan rudal Iron Dome berhasil mencegat 60 roket  dari total sekitar 300 yang diluncurkan dari Gaza.

Sebagian besar roket meledak di daerah terbuka. Sirene terdengar di  Israel selatan sepanjang sore dan malam hari, termasuk di Be’er Sheva dan Ashkelon dan di dekat Laut Mati.

IDF kemudian melancarkan serangkaian udara di Jalur Gaza sebagai tanggapan atas beberapa putaran serangan roket.

Militer (Israel) mengatakan  mereka telah menyerang lebih dari 70 sasaran Hamas dan Jihad Islam dengan menggunakan jet, helikopter dan tank tempur. Target termasuk tiga terowongan untuk menyerang,  pos pengamatan, tempat  pembuatan senjata dan lokasi peluncuran.

IDF mengatakan , serangan itu juga menghantam studio TV Al-Aqsa milik Hamas di Gaza City. Laporan di Gaza mengatakan Angkatan Udara Israel menembakkan rudal peringatan sebelum menyerang gedung itu , yang kemudian dilakukan dievakuasi sebelum serangan.

“Stasiun itu mengobarkan kebencian  terhadap Israel dan warganya, ini  menunjukkan bagaimana  metode  melakukan serangan terhadap warga sipil dan tentara,” kata jurubicara IDF dalam sebuah pernyataan.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan tiga orang tewas dan beberapa lainnya terluka akibat serangan Israel itu. Laporan dari Gaza mengatakan para pejabat senior intelijen Mesir sedanga terlibat dalam upaya untuk mencapai gencatan senjata.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu membahas eskalasi di perbatasan selatan di markas IDF di Tel Aviv dengan Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman, Kepala Staf IDF Letnan Jenderal Gadi Eisenkot dan anggota senior dari lembaga pertahanan dan IDF.

Sumber diplomatik mengatakan, bahwa  “keputusan  operasional telah  dibuat” dan kabinet keamanan akan berkumpul kembali pada hari Selasa. Sebuah  sumber  memperkirakan bahwa sementara Israel akan menanggapi gejolak itu dan kemungkinan untuk memulihkan kedamaian akan tetap ada.

IDF Juru Bicara Brig. Jenderal Ronen Manelis mengatakan bahwa “Hamas menggiring Jalur Gaza menuju kehancuran” dan akan merasakan kekuatan penuh dari respon IDF dalam beberapa jam mendatang. Menurut IDF, Hamas mengevakuasi markas dan beberapa pos terdepan sebelum roket pertama diluncurkan dari Gaza ke Israel.

Dalam sebuah pernyataan bersama, faksi Palestina memperingatkan Israel bahwa jika “agresinya berlanjut sebagai tanggapan terhadap serangan roket  yang merupakan respon terhadap serangan (Israel) kemarin di Khan Younis , maka  faksi Palestina akan meningkatkan tembakan roket dan jangkauan ke Israel.”

Jihad Islam secara terpisah mengeluarkan pernyataan pada Senin malam, : “Orang Israel tidak akan aman selama orang Palestina tidak aman, bermain dengan nyawa orang Palestina bukanlah tanpa resiko yang harus dibayar.”

Sebelumnya, Jihad Islam telah berjanji untuk membalas operasi Israel hari Minggu itu. Faksi-faksi Palestina juga mengomentari serangan di bus, bahwa “para pejuang faksi berhasil menyerang sebuah bus yang penuh dengan tentara dengan rudal Kornet.” Diklaim bahwa serangan itu telah mengakibatkan kematian dan cedera para prajurit (Israel) didalam  bus itu. tapi  IDF mengatakan  bahwa hanya seorang tentara yang terluka.

Eskalasi terakhir ini terjadi sehari setelah seorang perwira Israel berusia 41 tahun tewas dan lainnya luka ringan dalam sebuah operasi di Jalur Gaza selatan. Setidaknya tujuh orang Palestina tewas, termasuk seorang komandan di sayap militer Hamas. Hamas mengklaim bahwa enam korban tersebut adalah anggota  dari organisasinya.

 

ARAB SAUDI LARANG ORANG PALESTINA UNTUK IBADAH HAJI

Muslim pilgrims perform the farewell circling of the Kaaba, in the Muslim holy city of Mecca, Saudi Arabia, August 16, 2018.

Ada beberapa  poin penting yang bisa disimpulkan dari kebijakan aneh penguasa Arab saudi ini, pertama mereka nampaknya akan mulai terang terangan tentang hubungan dekatnya dengan Israel yang selama puluhan tahun ini hanya dilakukan dengan sembunyi sembunyi. karena jelas ini adalah kebijakan yang mendukung Israel.  Kedua, tidak lama lagi kemungkinan Israel akan memproklamirkan bahwa seluruh kota Yerusalem adalah Ibukotanya. Ini bisa dibaca dari kebijakan yang melarang warga Yerusalem yang tidak punya kewarganegaraan resmi Israel tidak lagi boleh memakai visa sementara untuk masuk Saudi.  Hemm.. adanya deal deal rahasia dengan Israel sangat kental terasa bau-baunya. 

Arab Saudi telah melarang warga Palestina dan Muslim Israel  (yg tidak punya kewarganegaraan resmi) untuk memasuki negara itu dengan paspor sementara, ini akan mengakhiri kesempatan mereka untuk melakukan ibadah haji  ke tempat suci umat Islam di Mekkah.

Seoirang Muslim seharusnya mencoba untuk behaji  ke Mekah sekali dalam hidup mereka  jika mungkin untuk ziarah Haji atau Umrah.

Mengingat bahwa Israel dan Arab Saudi tidak secara resmi memiliki hubungan diplomatik, warga Palestina di Israel harus mengajukan permohonan paspor Yordania sementara untuk pergi ibadah haji ke Mekkah.

Dalam serangkaian langkah terbaru yang membatasi akses warga Palestina untuk masuk ke ke Kerajaan Saudi , paspor sementara ini tidak akan diterima lagi. Para pengungsi Palestina di Yordania dan Lebanon, serta mereka yang tinggal di Yerusalem Timur yang diduduki Israel telah  dilarang mendapatkan visa.

Pembatasan perjalanan meningkat ini akan berpengaruh pada  hampir 3 juta orang Palestina.

“Keputusan itu mempengaruhi setiap Arab dan Muslim yang memiliki hak untuk beribadat.” Anggota parlemen Yordania Said Abu Mahfouz mengatakan kepada Middle East Eye.  Sekitar 6.600 orang dari Yerusalem Timur, Tepi Barat dan Gaza pergi Haji tahun 2017, dan hingga 70.000 melakukan  Umrah sepanjang tahun (2017).

Haaretz melaporkan bahwa para pejabat Yordania dan anggota komite Haji Israel mengatakan langkah itu bisa menjadi cara bagi Arab Saudi untuk mulai mengizinkan warga Muslim Israel untuk melakukan perjalanan ke Arab Saudi, sebagai bagian dari  pemanasan persekutuan (terbuka) antara kedua negara.

Sementara itu, sumber diplomatik Yordania menegaskan kepada Middle East Eye bahwa langkah itu adalah bagian dari kesepakatan dengan Israel untuk mengakhiri “identitas orang Palestina dan hak untuk kembali bagi pengungsi.”

Warga Palestina di Jerusalem Timur telah diberitahu bahwa mereka dapat mengajukan permohonan paspor sementara dari Otoritas Palestina, yang menjalankan pemerintahan di Tepi Barat, dan  untuk mendapatkan visa Saudi.

Namun, ini dapat mempengaruhi status hukum mereka. Setelah Israel mencaplok Yerusalem Timur dalam perang 1967, penduduk  setempat diakui sebagai penduduk Yerusalem Timur ,  tetapi jika mereka mendapatkan paspor dari (otoritas Palestina) PA, ini dapat digunakan (Israel) untuk mencabut hak tempat tinggalnya Yerusalem Timur , dan hal ini makin memperkuat harapan Israel untuk mengklaim seluruh kota (Yerusalem)  yang disengketakan sebagai ibukotanya.

Garis resmi tentang hubungan diplomatik Arab Saudi dengan Israel adalah bahwa hal  terakhir (yang harus dilakukan Israel) adalah  harus terlebih dahulu menarik diri dari wilayah yang direbutnya selama Perang Enam Hari 1967, yaitu  Tepi Barat, Yerusalem Timur, Gaza, Semenanjung Sinai, dan Dataran Tinggi Golan.

 

JUTAAN DOLAR BANTUAN AS TELAH  MENGALIR KEKELOMPOK TERORIS DISURIAH

Sebuah laporan dari Pentagon yang baru  dirilis minggu ini telah mengungkapkan bahwa bantuan kemanusiaan AS berulang kali sampai ketangan kelompok-kelompok teroris termasuk Al-Qaeda, dalam setahun terakhir.

Laporan tersebut mengidentifikasi  banyak contoh  di mana bantuan AS “secara sadar dialihkan” ke kelompok-kelompok teroris di Suriah, termasuk salah satu kelompok yang terkuat di kawasan itu, kata  laporan Inspektur Jenderal Pentagon yang dipublikasikan Senin.

Laporan itu mengatakan, “Sejak akhir 2017, investigasi  USAID OIG telah menemukan banyak contoh kemungkinan  pengalihan bantuan kepada kelompok-kelompok bersenjata di Provinsi Idlib di Suriah barat laut, termasuk Ha’yat Tahrir Al-Sham (HTS) sebuah Organisasi Teroris Asing yang dipilih. ”

HTS muncul sebagai kelompok teror baru dalam dua tahun terakhir yang dengan cepat tumbuh menjadi ancaman utama di kawasan itu, yang menjadi salah satu kelompok teror paling kuat di Idlib, Suriah, menurut Reuters. Pada bulan Agustus lalu , Turki menetapkan  HTS sebagai kelompok teroris, mengacu pada  hubungan mereka dengan Al Qaeda dan ISIS. Yang  sebelumnya ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh AS pada awal 2018.

“Satu penyelidikan menemukan bahwa karyawan LSM secara sadar mengalihkan ribuan peralatan makanan yang didanai USAID senilai jutaan dolar kepada penerima  yang tidak memenuhi syarat (termasuk pejuang HTS) dan kemudian menyerahkan daftar penerima yang dipalsukan.

Penyelidikan ini mengakibatkan USAID menangguhkan program tersebut dan fihak LSM telah mengakhiri pekerjaan puluhan orang  dari Maret hingga Mei 2018, ”tambah laporan Pentagon itu.

Investigasi USAID mengidentifikasi risiko yang terkait dengan dana yang berakhir di tangan yang salah, dan mendorong serangkaian perubahan terhadap bantuan yang diberikan ke wilayah tersebut.

 

ORGANISASI ZIONIS AS BERI PENGHARGAAN KEPADA JOHN BOLTON

John Bolton | Zionist Organization of America

Organisasi Zionis Amerika (ZOA) baru-baru ini telah  memberi penghargaan  “Israel defence award”  (Penghargaan Pembela Israel) kepada Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton  dalam acara  makan malam pemberian penghargaan tahunan, yang berlangsung di New York pada Minggu malam.

Penerima penghargaan lainnya termasuk Duta Besar AS untuk Jerman Richard Grenell serta pembawa acara Fox News Mark Levin. Baik Grenell dan Levin adalah orang yg dekat dengan Bolton, dimana sebelumnya  menjabat sebagai juru bicara Bolton dan yang terakhir telah bekerja sama dengan Bolton di Departemen Kehakiman dalam pemerintahan Ronald Reagan.

Meskipun Bolton telah menerima beberapa penghargaan dari “lobi Israel” di masa lalu, karena promosi kuat Zionisme dan kebijakan pemerintah Israel, penghargaan yang paling  baru ini sangat penting , karena ZOA  bertanggung jawab (mempromosikan)  penunjukan Bolton sebagai Penasihat Keamanan Nasional dalam pemerintahan Trump.

Sejak agustus 2017 , di bawah kepemimpinan presidennya, Morton Klein telah  memimpin kampanye untuk menyingkirkan mantan Penasihat Keamanan Nasional HR McMaster dari jabatannya karena  sikap  “anti-Israel” dari McMaster, terutama juga karena  dukungannya untuk (tetap mempertahankan) kesepakatan nuklir  Iran  (JCPOA) .

 

JUBIR KEMENLU RUSIA : RENCANA PENGGUNAAN NUKLIR TERBATAS AS  = BERMAIN MAIN DENGAN SETAN

Washington Playing with Devil: Russian Diplomat Warns US Against Limited Nuclear War Strategy

Strategi penggunaan senjata nuklir terbatas  yang dikembangkan  AS  akan mengarah pada bencana global daripada mencapai kemenangan dalam  perang, kata jubir Kemenlu Rusia Maria Zakharova kepada wartawan pada hari Kamis.

“Ada suara-suara yang semakin keras di AS yang berusaha meningkatkan peran senjata nuklir dan memperluas kemungkinan penggunaan persenjataan nuklir ,” kata diplomat itu sambil  mengatakan bahwa perlunya  dijelaskan apa yg AS sebut  “mitos ancaman Rusia” itu , TASS melaporkan.

Pendekatan (penggunaan nuklir terbatas) yang mengkawatirkan ini disuarakan  oleh Elbridge Colby, mantan Asisten Deputi Menhan AS  untuk Strategi dan Pengembangan Militer pada  Majalah Kemenlu AS.

Mantan pejabat tinggi Pentagon itu menyerukan untuk tidak hanya meningkatkan potensi nuklir Amerika tetapi pada kenyataannya untuk mempersiapkan untuk melaksanakan “operasi nuklir terbatas”.

“Saya ingin ada klarifikasi,  di mana operasi nuklir terbatas ini akan dilakukan?” Zakharova bertanya, dan “di benua mana strategi ini akan laksanakan , dan  apakah itu bisa dilaksanakan?”  Sikap ini tentunya bukanlah sekedar  asumsi seorang perwira militer pensiunan, katanya.

“Tesis  serupa juga diabadikan dalam doktrin nuklir AS yang diperbarui, yang diterbitkan pada awal Februari lalu,” katanya, “terlebih lagi, Washington telah mengumumkan rencana untuk membuat hulu ledak nuklir dan sarana pengirimannya, yang dirancang untuk digunakan.”

Dalam kerangka strategi ini, para analis AS telah mulai secara serius mempertimbangkan konsep perang nuklir terbatas dan tampaknya,  beberapa dari mereka telah memikirkan hal ini dan menilai bahwa AS dan sekutu-sekutunya akan dapat memperoleh kemenangan dalam perang itu”.

Rusia percaya bahwa kebijakan ini “tidak bertanggung jawab dan sangat berbahaya,” , “kami benar-benar yakin bahwa tidak akan ada pemenang dalam perang nuklir dan itu tidak boleh dilakukan.” “Menggunakan senjata nuklir dalam serangan yang tepat sama saja dengan bermain dengan iblis,” kata Zakharova memperingatkan.

Ketentuan-ketentuan tentang  itu telah tertulis dalam kesepakatan nuklir dengan AS untuk mengurangi ancaman nuklir, termasuk Perjanjian 1971 untuk Mengurangi Risiko bencana Perang Nuklir Antara AS dan Uni Soviet dan Perjanjian 1973 tentang Pencegahan Perang Nuklir, katanya.

 

ARAB SAUDI MEMBELI 500 TANK MERKAVA BUATAN ISRAEL

Le Merkava Mk IV. (Photo d’illustration)

Melalui perusahaan Spanyol  Riyad membeli sejumlah 500 tank Merkava. Ini adalah kontrak militer rahasia terbesar dalam sejarah Arab Saudi dan Israel.

500 tank ini dibeli oleh perusahaan Spanyol dan dibayar tunai oleh Mohammed Bin Salman. Tank-tank itu akan dikirimkan oleh Angkatan Laut Spanyol dalam waktu 6 bulan.

Dengan cara yang sama  perusahaan Spanyol ini akan mengambil alih pelatihan tentara Saudi dalam penggunaan tank-tank ini. Putra Mahkota Arab Saudi bermaksud untuk membeli seribu lebih tank itu dari Israel guna membentuk pasukan yang dilengkapi dengan 1500 tank Merkava.

Transaksi yang baru nantinya juga akan diselesaikan secara tunai oleh MBS (Muhammad bin Salman) . 400 perwira Angkatan Bersenjata Israel juga harus dikirim ke Riyadh untuk melatih  6.000 tentara Saudi dalam penggunaan tank Merkava dan perlengkapan militer buatan Israel lainnya.

Tank-tank tersebut  dirancang untuk tahan dalam suhu gurun  tinggi, dan  akan digunakan di padang pasir Rub al-Khali.

Khabar ini muncul hanya beberapa minggu setelah PM Israel Benyamin Netanyahu mendesak pejabat senior Gedung Putih untuk selalu mendukung MBS.

Dalam hal ini Netanyahu telah melakukan pembicaraan dengan otoritas Gedung Putih di mana untuk membela hati dan jiwa sang pangeran (MBS). Upaya juga telah dilakukan untuk mencari negara suaka bagi Putra Mahkota  Mohammed bin Salman. Putra Mahkota Arab Saudi saat ini di mata dunia adalah tersangka utama dalam kasus pembunuhan Jamal Khashoggi.

 

SEBUAH RENCANA SERANGAN PALSU SENJATA KIMIA DI IDLIB BOCOR

Terrorists Preparing for False-Flag Chemical Attack in Demilitarized Zone in Northern Syria

Situs Sputnik arabic melaporkan bahwa Tahrir al-Sham (tadinya El Nusra) dan partai Turkistani (dukungan Turki) telah memindahkan  sejumlah  4 silinder gas klorin dari gudang Tahrir al-Sham dekat rumah sakit Jisr al-Shughour ke kota-kota kecil al-Ziyarah dan al-Mansourah di Al-Ghaab Plain di barat laut  Hama yang berada di zona demiliterisasi yang disetujui dalam Perjanjian Sochi.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kargo gas beracun dikirim ke milisi al-Turkistani dan milisi Liwa Soqour al-Ghaab yang berafiliasi dengan Front Pembebasan Nasional (FSA), dikatakan  bahwa teroris sedang bersiap untuk melancarkan serangan palsu senjata kimia  untuk kemudiam dituduh ke militer  Suriah,  yang seakan sebagai  serangan terhadap militan di Hama Utara dan Barat Laut yang akan  dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

Wilayah Al-Ziyarah dan al-Mansourah berada di Al-Ghaab Plain di zona demiliterisasi  Hama Barat Laut dan saat ini dikuasai oleh militant Liwa Soqour dan al-Turkistani yang berafiliasi dengan pasukan Turki.

Pada hari Selasa, lebih dari 30 anggota teroris Tahrir al-Sham Hay’at dan Organisasi “white helmet” yang  pro-militan ditangkap setelah adanya informasi bocor tentang adanya pengiriman kargo senjata kimia oleh militan di provinsi Idlib.

Situs  Sputnik Arabic  mengutip sumber tanpa nama pengungkapan bahwa teroris Tahrir al-Sham dan Jeish al-Izzah telah menangkap 29 anggota mereka sendiri dan juga 5 anggota Helm Putih dan menuduh mereka terlibat dalam pengungkapan informasi tentang senjata kimia dan beracun. gas, termasuk lokasi penyimpanannya dan transfernya ke lokasi baru.

Tiga hari lalu kelompok Tahrir al-Sham dan Jeish al-Izzah membentuk komite gabungan  untuk menyelidiki dan menemukan siapa yang di balik kebocoran informasi  tentang senjata kimia  itu.

 

RUSIA SUKSES MELENGKAPI RUDAL JELAJAH UDARANYA   DENGAN PENANGKAL ELEKTRONIK

Tu-22 strategic bombers of Russia's Aerospace Defense Forces set to hit ISIS targets in Syria

Rusia telah menyelesaikan pembangunan dan memulai produksi massal sistem Senjata  elektronik (electronics warfare) untuk dipasang pada rudal jelajah , Vladimir Mikheev  penasihat untuk wakil direktur utama  Urusan Teknologi Radio Elektronik (KRET)  mengatakan kepada Sputnik.

“Hari ini, rudal jelajah kami telah memiliki sistem  pertahanan udara yang lengkap, karena senjata strategis seperti itu (rudal jelajah) harus dilindungi dengan sangat baik. Sistem  Senjata electronics (EW=electronics warfare) ini telah berhasil melewati semua tes dan sedang dalam produksi massal,” kata Mikheev di sela-sela Pameran Airshow China 2018.

Mikheev menyebutkan bahwa sistem EW ini terutama  akan dipasang pada rudal jelajah X-101 dan X-102  yang dibawa oleh pesawat pembom strategis Tu-95, Tu-160 dan Tu-22M3 Rusia.

Tahun lalu  Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa rudal jelajah X-101 yang canggih, yang digunakan di Suriah, menunjukkan tingkat keandalan yang tinggi.

“Mengenai penggunaan senjata kami, termasuk dalam perang melawan teroris di Republik Arab Suriah, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada fihak militer dan para perancang salah satu sistem rudal X-101 kami yang canggih, yang telah menunjukkan tingkat keandalan yang sangat tinggi,

“kata Putin. X-101 adalah rudal jelajah  strategis terbaru dari udara-ke-darat Rusia  yang dirancang dengan penggunaan teknologi modern yang mengurangi visibilitas radar. Rudal itu bisa dilengkapi dengan hulu ledak nuklir dan jangkauannya mencapai 4.500 kilometer (2.800 mil).

Rusia telah berulang kali menggunakan rudal jelajah X-101 untuk menyerang teroris di Suriah. Viktor Bondarev, ketua Komite Pertahanan dan Keamanan Dewan Tinggi parlemen Rusia sebelumnya mengatakan  bahwa rudal udara strategis  X-101 telah sepenuhnya sesuai dengan persyaratan perjanjian “START”.

 

AS BERENCANA HENTIKAN DUKUNGANNYA KE KOALISI SAUDI DALAM MENYERANG YAMAN

Tapi seperti biasanya ucapan pejabat AS hanyalah pemanis bibir , berkali kali baik Trump maupun Obama  telah menyatakan akan menarik pasukannya dari Suriah dan Afghanistan tapi semua hanya bohong belaka.

Pemerintahan Donald Trump akan  mengakhiri dukungan  pengisian bahan bakar pesawat koalisi Saudi, dan menghentikan aspek yang paling nyata dan kontroversial dari dukungan AS untuk perang tiga tahun kerajaan Saudi di Yaman, orang-orang yang akrab dengan masalah  tersebut menyatakan.

Langkah ini dilakukan di tengah meningkatnya kritik atas perilaku brutal Arab Saudi dalam perang (Yaman). Anggota parlemen dari dua partai (Republik dan Demokrat) telah menuntut agar Amerika Serikat menangguhkan penjualan senjata ke Riyadh dan meneghentikan pengisian bahan bakar udara pesawat yang diterbangkan oleh koalisi pimpinan Saudi, yang oleh kelompok-kelompok pemantau telah dituduh membunuh ribuan warga sipil tak bersenjata.

Sementara orang-orang yang akrab dengan masalah ini mengatakan bahwa sebuah keputusan diperkirakan akan dipublikasikan dalam beberapa hari mendatang, Kolonel Robert Manning III, juru bicara Pentagon, mengatakan: “Kami sedang mendiskusikan dengan mitra kami tetapi tidak kami belum bisa mengumumkan  saat ini.”

“Ini menandai pertama kalinya bahwa Amerika Serikat telah mengambil langkah konkret untuk mengendalikan upaya perang yang dilakukan Saudi,” kata Bruce Riedel, seorang mantan perwira CIA. “Dua pemerintahan (Obama dan Trump) pada dasarnya telah memberi Saudi cek kosong untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan. Sekarang akan lebih sulit bagi Saudi untuk melakukan serangan udara jauh ke dalam wilayah Yaman, ”

Keputusan itu diperkirakan memiliki dampak yang  kecil pada operasi udara oleh Uni Emirat Arab, anggota koalisi yang hanya perlu tebang dengan melewati  Laut Merah di Eritrea. Pemerintah UEA berdalih dengan mengatakan operasi udaranya terutama ditujukan untuk menyerang militan Al-Qaeda daripada pemberontak Houthi.

Koalisi Saudi mulai melancarkan operasinya melawan para pemberontak Houthi di Yaman  pada tahun 2015 karena khawatir kebangkitan mereka akan memberi Iran pijakan di Semenanjung Arab.

 

DITEMUKAN KUBURAN MASAL HASIL   PEMBOMAN KOALISI AS DIKOTA RAQQA

Sebuah kuburan masal telah ditemukan  yang berisi  8.000 mayat warga Suriah yang tewas dalam serangan pemboman koalisi pimpinan AS di Raqqa Suriah setelah puing-puing dibersihkan sebagian kota,  Juru Bicara Kemenlu Rusia Maria Zakharova menyatakan pada hari Kamis.

“Pekan lalu, pemerintah Suriah, dalam surat-suratnya yang ditujukan kepada sekjend PBB dan presiden DK PBB  memberikan data statistik yang tragis atas  korban serangan bom koalisi (AS) di kota Raqqa selama ‘pembebasan’ dari “katanya.

“Mayat lebih dari 4.000 orang ditemukan saat membersihkan puing-puing di dua lingkungan perumahan kota yang tersisa dari serangan udara dan juga di sekitar stadion dan kebun binatang. Kebanyakan   mayat ma wanita, orang tua dan anak-anak.

Selain itu ditemukan juga  kuburan masal lain juga ditemukan di mana lebih dari 2.500 orang dimakamkan di sebuah peternakan dekat klinik pediatrik dan Rumah Sakit Nasional, sementara area pemakaman masal lain ditemukan di dekat Al-Panorama di mana 1.500 korban serangan bom dikubur.

Menurut Jubir  itu, statistik itu ternyata sangat kontras dengan “ungkpaan AS dan negara-negara Barat lainnya berkenaan dengan perlindungan hak-hak azazi diSuriah,” dan “informasi yang diberikan dalam laporan terbaru oleh berbagai LSM Barat mengenai situasi di Raqqa.

 

KEMELUT RUU YANG MENGANCAM KEBERADAAN GEREJA GEREJA  KRISTEN KUNO  DIISRAEL

The Church of the Holy Sepulchre closed in protest of proposed property taxes, February 2018

Tidak hanya umat Islam yang mendapat perlakukan sewenang wenang oleh penguasa Israel, umat Nasranipun juga  terancam mendapat perlakuan serupa.

Sekelompok anggota parlemen AS  termasuk seorang senator papan atas demokrat dan tujuh anggota kongres  telah mengirim surat kepada Menlu  Mike Pompeo memprotes langkah  Israel tentang apa yang disebut  “RUU properti,” yang bertujuan untuk menasionalisasi properti yang tadinya dimiliki oleh gereja dan dijual ke pengusaha swasta untuk dibangun Perumahan.

Surat itu ditandatangani oleh gabungan  politisi republikan dan demokrat termasuk  Senator Maryland Chris Van Hollen dan anggota Kongres Gus Bilirakis, Jeff Fortenberry, Randy Hultgren, James McGovern, Robert Aderholt, Andy Harris dan Anna Eshoo.

“Kami prihatin bahwa RUU ini mengancam keberlanjutan keberadaan sejarah Kristen di Yerusalem,” Jerusalem Post mengutip surat yang ditulis para anggota parlemen kepada Pompeo itu.

Politisi Israel Kulanu MK Rachel Azaria adalah orang yang  mengusulkan RUU itu, yang ditandatangani oleh 61 anggota parlemen, sebagai tanggapan atas penjualan Gereja Ortodoks Yunani yang menguasai lahan  50 hektar tanah di ibukota  yang berisi lebih dari 1.000 unit rumah, ke kelompok investor anonim.

RUU itu mengusulkan bahwa hak atas tanah yang disewakan kepada JNF atau siapa pun oleh Gereja Ortodoks Yunani  dan kemudian dijual, akan diserahkan ke negara bagian. Negara akan memberi kompensasi kepada siapa saja yang membeli hak dari gereja itu.

Para anggota parlemen menulis bahwa  hasil RUU itu  akan membuat  Gereja gereja “tidak mungkin lagi bisa  memberikan pelayanan mereka kepada masyarakat luas.”

Mereka meminta agar pemerintah AS melakukan segala daya upaya untuk bekerja dengan pemerintah Israel guna  menyelesaikan masalah ini dan memastikan penyelesaian yang permanen atas masalah-masalah properti gereja ini.”

Dalam surat terakhir yang dikirim oleh Netanyahu kepada pemimpin gereja pada bulan Juli, dia mengatakan kepada mereka bahwa  : “sejak menerima surat Anda, Menteri Tzahi Hanegbi telah bertemu dengan perwakilan dari kementerian pemerintah terkait untuk mempelajari isu-isu itu dan untuk mencari  solusi yang adil.

Dia memiliki juga merekomendasikan bahwa undang-undang spesifik yang dipertanyakan ditarik. ”

Pada bulan Februari, kemelut atas RUU property itu   memuncak dengan penutupan tiga hari  Gereja Makam Suci, ini adalah sebuah peristiwa yang langka.

 

MENLU RUSIA : TERORIS DI SURIAH DAN IRAQ BELUM SEPENUHNYA DIHANCURKAN KARENA ADA DUKUNGAN DARI LUAR

Pertempuran melawan teroris yang tersisa di Suriah dan Irak masih berlangsung meskipun ada klaim (mereka sudah habis)  dari para pemimpin dunia. Menteri Luar Negeri Rusia Berbicara pada konferensi pers pada hari Rabu lalu.

Sergei Lavrov mengatakan bahwa perang melawan teroris masih berlangsung karena mereka  mendapat dukungan dari pihak luar.

“Terorisme di Suriah dan Irak belum  sepenuhnya dihancurkan karena kelompok-kelompok ini mendapat pasokan dari luar,” katanya kepada wartawan.

Pernyataan dari Lavrov ini dikeluarkan  hanya beberapa jam setelah FSB Rusia mengatakan bahwa  mereka memiliki informasi tentang kemungkinan merger antara Al-Qaeda dan ISIS.

Di Suriah, kelompok-kelompok yang terkait dengan  Al-Qaeda dan ISIS/Daesh telah bekerja  bersama selama beberapa tahun ini, terutama diProvinsi Idlib.

Tahun lalu, Hay’at Tahrir Al-Sham dan ISIS/Daesh bentrok selama beberapa minggu di pedalaman selatan Idlib. ISIS/Daesh sekarang mengandalkan kantung kantung  mereka di Idlib untuk merusak dan mengacaukan  faksi pemberontak.

 

RUSIA MENYEBARKAN SISTEM PERSENJATAAN ELEKTRONIK “SAMARKAND”

Kementerian Pertahanan Rusia telah menempatkan sistem persenjataan  elektronik terbaru “Samarkand” di daerah-daerah strategis, termasuk di Kaliningrad.

Menurut dokumentasi yang terungkap, setidaknya ada 13 unit  EW Samarkand-U, Samarkand SU-PRD-K2, dan sistem  Samarkand PU-PRD-D telah dikerahkan di Rusia.

Sistem itu  disebarkan  di daerah Arkhangelsk, Kaliningrad, Moskow, Murmansk, Nizhny Novgorod, Krasnodar dan Primorsky Krai, daerah Otonomi Yahudi dan di Belarus. Sistem senjata elektronik ini juga dikerahkan di fasilitas Angkatan Laut Federasi Rusia.

Dalam pesan yang diposting di situs web Kementerian Pertahanan Rusia  dinyatakan bahwa “pada tahun 2017, sistem peralatan perang elektronik canggih Armada Utara Rusia telah menerima system kompleks “Svet” dan “Samarkand” terbaru. Militer Rusia tidak pernah secara resmi mengungkapkan tujuan system kompleks ini dan bagaimana karakteristiknya.

 

SISTEM SENJATA ELEKTRONIK “SAMARKAND” RUSIA DAPAT DENGAN MUDAH MELUMPUHKAN PERSENJATAAN NATO

Russia's electronic warfare system Samarkand can paralyse NATO army easily. 63140.jpeg

Sistem Persenjatam perang elektronik Rusia “Samarkand”  akan sepenuhnya dapat menetralisir sistem kontrol (elektronik) NATO  dengan biaya yang  minimal, Yury Knutov, direktur Museum Angkatan Pertahanan Udara, mengatakan kepada saluran TV Zvezda.

“Sistem Kompleks ini, tentu saja, mampu sepenuhnya melumpuhkan komando dan sistem kontrol NATO, yang memungkinkan kita untuk benar-benar menahan kekuatan aliansi dari agresi dengan biaya minimal, dalam kerangka anggaran Kementerian Pertahanan,” Kata pengamat  militer Rusia , Knutov,

Amerika Serikat telah mempersiapkan perang sungguhan  dengan Rusia sejak tahun 2000-an. “Kemudian timbul  teori tori, tetapi sekarang mereka (AS) terus  melanjutkan dengan berlatih militer secara nyata (Trident Juncture 2018 diperbatasan dengan Rusia).

Hal terburuk dari latihan perang  ini adalah mereka telah mengirimkan peralatan tempurnya  mereka untuk latihan perang, tetapi mereka akan meninggalkan separuh dari piranti perangnya di pangkalan pangkalan NATO di Eropa,” Direktur Museum Angkatan Pertahanan Udara Rusia itu mengatakan.

Info  yang dipublikasikan di situs pengadaan Rusia  mengatakan bahwa setidaknya ada 13 Samarkand-U, Samarkand SU-PRD-K2 dan Samarkand PU-PRD-D  telah dikerahkan di Rusia di Kaliningrad, Murmansk, Arkhangelsk, Moskow dan daerah Nizhny Novgorod, sebagai juga di Wilayah Primorsky dan Krasnodar dan di Daerah Otonomi Yahudi. Selain itu, sistem Samarkand Rusia juga dikerahkan di wilayah Belarus.

Lebih detail tentang apa , bagaimana dan cara kerja  bekerjanya sistem  Perangkat perang elektronik Rusia  ini silahkan baca dihalaman berikut.

 

IRAN AKAN MULAI PRODUKSI MASAL PESAWAT TEMPURNYA SENDIRI

Iran inaugurates mass production of homemade fighter jet (VIDEO)

Pada pameran pertahanan  agustus lalu , Iran telah memamerkan jet jet tempur yang “benar-benar buatan sendiri” untuk  pertama kalinya.

Pesawat2 tempur  itu akan diproduksi dalam dua versi,  sebagai pesawat tempur satu kursi dan dua kursi yang  akan  digunakan untuk misi dukungan perahanan udara serta untuk pelatihan pilot.

Pesawat itu tampaknya menarik perhatian Presiden Iran Hassan Rouhani, yang terlihat duduk di kokpit pesawat baru selama pameran udara.

Pernyataan  Menhan Iran Amir Hatami itu dikeluarkan  hanya dua hari sebelum sanksi AS yang menargetkan pengiriman, keuangan dan sektor energi Iran akan mulai diberlakukan.

Teheran telah berulang kali menolak langkah-langkah sanksi dari  AS dengan mengatakan akan tetap mampu mengelola ekonominya meskipun ada tekanan AS.

Sebelumnya pada hari Sabtu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengecam kebijakan Presiden AS Donald Trump dengan mengatakan bahwa dia (Trump) telah  “mempermalukan” prestise AS, sementara Khamanei juga mengklaim bahwa kekuatan Amerika  pada kenyataannya adalah  telah “menurun.”

 

UPDATE  SERANGAN KOALISI ZALIM ARAB SAUDI DIYAMAN 

Yemen Saudi Coalition

Setidaknya tujuh warga sipil Yaman tewas pada hari Minggu ketika pesawat koalisi pimpinan-Saudi menargetkan daerah pemukiman di provinsi Yaman barat laut Hajjah, Sada’a, dan provinsi pesisir barat Hodeida.

Di Hajjah, serangan udara Saudi menghantam  sebuah mobil yang sedang melakukan perjalanan di jalan di daerah Bani Hassan di distrik Abs pada Minggu sore, mengakibatkan empat orang tewas dan satu orang terluka, termasuk seorang wanita.

Di Sada’a, markas Ansar Allah (Houthi), seorang wanita terbunuh dan seorang lainnya terluka ketika penjaga perbatasan Saudi menembakkan peluru artileri ke daerah pemukiman di daerah perbatasan Shada. Jalan kecil di Munabeh  daerah perbatasan yang terletak di sebelah timur Shada  terputus setelah serangan Saudi pada hari Senin.

Di Hodeida, dua warga sipil tewas dan enam lainnya, termasuk anak-anak  terluka ketika pesawat Uni Emirat Arab (UAE) menargetkan Jalan Zayed di distrik al-Hali provinsi Hodeida.

Pusat  Hak azazi  dan Pengembangan resmi di Yaman, sebuah organisasi non-pemerintah  mengatakan kepada MintPress bahwa serangan Koalisi  militer Saudi  terhadap Yaman telah mengakibatkan kematian 15.185 warga sipil, termasuk 3.527 anak laki laki dan 2.277 anak-anak. perempuan.

Sebanyak 23.822 warga sipil, di antaranya 3.526 anak-anak dan 2.587 wanita, menderita luka-luka dan saat ini menderita kekurangan pasokan medis dan perawatan yang diakibatkan oleh pemblokiran oleh  Saudi yang meliputi  blokade udara dan laut.

Pusat Hak azazi itu lebih lanjut mencatat bahwa koalisi pimpinan Saudi telah menyebabkan kematian hampir 2.200 warga Yaman dari merebaknya  kolera.

Pusat hak azazi itu juga mencatat bahwa serangan udara koalisi telah mengakibatkan penghancuran 15 bandara dan 14 pelabuhan, dan merusak 2.559 jalan dan jembatan, di samping 781 fasilitas penyimpanan air, 191 pembangkit listrik, dan 426 menara telekomunikasi.

Selanjutnya dikatakan bahwa pemboman oleh  Saudi dan UEA telah menghancurkan setidaknya 421.911 rumah, 930 masjid, 888 sekolah, 327 rumah sakit dan fasilitas kesehatan, dan 38 organisasi media, sementara juga  4.500 sekolah tidak bisa beroperasi dan lebih dari 4 juta orang menjadi  pengungsi dinegerinya sendiri.

 

RUSIA TAMBAH KAPAL PERANGNYA UNTUK   MENGGEMPUR  MILITAN  DI IDLIB

Angkatan Laut Rusia telah mengerahkan sejumlah besar kapal perangnya di lepas pantai Suriah karena Kesepakatan Sochi terus runtuh.

Menurut laporan media  Rusia telah mengirim frigate Admiral Makarov mereka dengan rudal jelajah Kalibr jarak jauh ke Laut Tengah, kapal kapal perang ini  akan bergabung dengan Kapal perang Laksamana Grigorovich, kapal Laksamana Essen dan Pytlivy frigat, kapal pendaratan Nikolai Filchenkov dan korvet misil Vishny Volochek.

Langkah ini oleh Angkatan Laut Rusia dimaksudkan tampaknya sebagai tanggapan terhadap pelanggaran gencatan senjata terus menerus  yang dilakukan oleh para pemberontak dan militan ISIS  di dalam zona penyangga Idlib.

Satu sumber militer di Damaskus mengatakan kepada Al-Masdar News sore ini bahwa penumpukan angkatan laut Rusia dilakukan sebagai tanggapan terhadap pelanggaran gencatan senjata dan penolakan kelompok-kelompok bersenjata untuk meninggalkan zona penyangga.

 

MBS LUNCURKAN PROYEK PENGEMBANGAN NUKLIR DI ARAB SAUDI

Putra mahkota Saudi pada hari Senin meluncurkan sebuah proyek untuk membangun reaktor riset nuklir pertama di kerajaan itu, Agen berita Saudi melaporkan.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman meluncurkan tujuh proyek strategis di bidang energi terbarukan, energi atom, desalinasi air, obat genetik dan industri pesawat terbang dalam kunjungannya ke King Abdulaziz City untuk Sains dan Teknologi (KACST) pada hari Senin.

Dua proyek paling signifikan yang diluncurkan adalah termasuk pusat riset reaktor  nuklir dan pusat pengembangan struktur pesawat terbang.

 

DUBES UKRAINA DIPBB : RUSIA TERUS MEMPERKUAT MILITERNYA DIKRIMEA

un.org

Rusia terus mempersiapkan infrastruktur militernya di Krimea  guna  mengerahkan senjata nuklir di daerah itu, Perwakilan Tetap Ukraina untuk PBB, Volodymyr Yelchenko, mengatakan di Dewan Keamanan PBB tentang situasi di Ukraina yang diadakan di New York 30 Oktober lalu.

“Di  Krimea , aktifitas militer sedang  berlangsung dengan kecepatan penuh. Rusia telah menggandakan kekuatan militernya di semenanjung itu dan melanjutkan persiapan infrastruktur militernya di Krimea guna penyebaran senjata nuklir termasuk perbaikan fasilitas penyimpanan nuklir nuklir era Uni Soviet,” kata Yelchenko.

Dia menambahkan bahwa Rusia telah menggunakan Laut Azov sebagai jalur  tambahan untuk memasok pasukannya di Donbas dengan senjata dari wilayah Crimea. “Menurut informasi kami, Rusia belum menyerah hanya pada gagasan untuk memiliki jalan  darat ke Crimea.

Menurutnya, Ancaman serangan maritim dari arah Azov dalam kasus konfrontasi militer berskala besar tetap menjadi sumber destabilisasi keamanan di wilayah Donetsk, “kata Duta Besar itu.

Seperti yang dilaporkan UNIAN sebelumnya, Rusia telah memukimkan  sekitar 108.000 warga Rusia diKrimea untuk mengubah demografi (penyebaran penduduk) di seluruh semenanjung itu.

Sementara dilaporkan, sebuah iring iringan kendaraan militer Rusia yang sangat panjang bergerak menuju Krimea.

 

ANGKATAN LAUT AS DAN JEPANG LAKUKAN MILITER BESAR “KEEN SWORD”

 

Sabtu kemarin Jet-jet tempur AS melesat di perairan Pasifik Barat ketika kapal induk USS Ronald Reagan yang bertenaga nuklir bergabung dengan kapal perusak Jepang dan sebuah kapal perang Kanada untuk sebuah latihan perang terbesar yang pernah dipentaskan di dan  sekitar Jepang.

Jepang dan Amerika Serikat telah memobilisasi 57.000  marinir, dan penerbang untuk latihan dua tahunan “Keen sword”, latihan kali ini melibatkan 11.000 lebih banyak  dari pada latihan  tahun 2016, dengan simulasi pertempuran udara, pendaratan amfibi, dan latihan pertahanan rudal balistik.

Pasukan Jepang yang terdiri atas 47.000 personel mewakili seperlima pasukan bersenjata nasional. “Kami di sini untuk menstabilkan, dan mempertahankan kemampuan kami jika diperlukan.

Latihan seperti Keen Sword adalah  hal yang perlu kita lakukan, ” kata Laksamana Muda Karl Thomas, komandan Satuan tempur Kapal induk AS.

Delapan kapal lainnya bergabung dengan kapal induk untuk latihan perang anti kapal selam dalam unjuk kekuatan di perairan yang menjadi ketakutan Washington dan Tokyo akan semakin berada di bawah pengaruh Beijing.

“Aliansi AS-Jepang sangat penting untuk stabilitas di wilayah ini dan Indo Pasifik secara  lebih luas,” Laksamana Muda Hiroshi Egawa, komandan kapal Jepang mengatakan di atas kapal induk Ronald Reagan.

 

PESAWAT MATA2 RUSIA MUNCUL DITENGAH LATIhAN BESAR NATO DIDEKAT PERBATASAN RUSIA

 

Sebuah pesawat pembom Tu-142 Rusia melintas disisi sebuah kapal induk AS yang sedang mengambil bagian dalam latihan besar NATO “Trident Juncture” di luar Norwegia.

Foto-foto spektakuler dari terbang lintas  itu diduga memicu kegemparan media, sementara Moskow menyebut hal itu sebagai  penerbangan rutin.

Pesawat itu muncul di udara pada saat para mariner berada  di atas kapal unggulan dari Armada Keenam AS USS Mount Whitney , mereka sedang  berkumpul di dek untuk foto bersama.

Terbang lintas pesawat mata mata maritime Rusia itu menyuguhkan kesempatan langka bagi para mariner AS untuk melihat langsung Tu-142, yang oleh NATO beri nama sandi ‘Bear-F.’

“Ini adalah pesawat pengintai patroli maritim jarak jauh,” kata salah seorang marinir.

Military.com melaporkan bahwa tentara AS “terpana” ketika menyaksikan secara langsung “beruang Rusia” itu diudara untuk pertama kalinya.

Tetapi tabloid The Sun menyebut insiden dalam latihan NATO yang melibatkan 29 negara itu itu sebagai  “bertaruh untuk  perang habis-habisan dengan 29 negara sekutu AS”.

Latihan “Trident Juncture 18”  berlangsung di Norwegia , ini adalah latihan terbesar NATO dalam beberapa dekade, yang melibatkan sekitar 50.000 tentara, 10.000 kendaraan tempur, 65 kapal, dan 250 pesawat.

Kementerian Pertahanan Rusia menegaskan bahwa dua pesawat anti-kapal selam Tu-142 itu sedang melakukan penerbangan yang direncanakan di atas perairan netral Laut Norwegia pada hari Jumat. Pesawat telah menghabiskan 12 jam di udara dan berhasil kembali ke pangkalan di Wilayah Vologda di Rusia utara.

 

YAHUDI ULTRA ORTHODOX DIISRAEL BERUNJUK RASA MENENTANG WAJIB MILITER

Komunitas Yahudi ultra Ortodoks Israel berunjuk rasa  untuk memprotes  penangkapan seorang mahasiswa bernama Yeshiva yang berusaha menghindari wajib militer.

Puluhan orang Yahudi ultra-Ortodoks telah bentrok dengan polisi Israel di kota Bnei Brak saat memprotes rancangan undang-undang militer negara itu, yang mengharuskan sebagian besar warga untuk mendaftar wajib militer.

Secara tradisional , Komunitas Yahudi ultra-Ortodoks telah  menikmati perlakuan khusus , dimana selama ini mereka  memiliki pilihan untuk tidak ikut dinas militer dan hanya  mengabdikan diri mereka pada pelajaran agama.

 

KOREA UTARA AKAN LANJUTKAN PROGRAM RUDAL  NUKLIR JIKA SANKSI AS TIDAK DICABUT

Korea Utara (DPRK)  memperingatkan bahwa mereka siap untuk melanjutkan kebijakannya untuk meningkatkan persenjataan nuklirnya jika Amerika Serikat tidak mulai mencabut sanksi ekonomi, Interfax melaporkan, mengutip Associated Press.

Kementerian Luar Negeri Korea utara mengeluarkan pernyataan yang mengatakan tentang melanjutkan kembali kebijakan pembangunan ekonomi dan produksi senjata nuklirnya secara bersamaan.

Ini akan terjadi jika Amerika Serikat tidak juga mengubah kebijakan  sanksinya  terhadap Korea Utara.

Korut mengingatkan AS  bahwa para pemimpin kedua negara, Kim Jong-un dan Donald Trump telah  mencapai kesepakatan diSingapura dimana Korea Utara harus menghentikan uji coba nuklir dan membongkar beberapa fasilitas militernya.

 

DIPLOMAT SENIOR RUSIA : KAMI SEDANG MEMPERSIAPKAN PERANG

A senior Russian diplomat confirms: “Russia is preparing for war” – is anybody listening?

Andrei Belousov, wakil direktur Departemen Nonproliferasi dan Kontrol Senjata Kementerian Luar Negeri Rusia, baru-baru ini membuat pernyataan penting bahwa Rusia sedang menyiapkan diri untuk berperang :

Berikut kutipannya dalam bahasa Rusia :

“Тут недавно на заседании Соединенные Штаты заявили, что Россия готовится к войне. Да, Россия готовится к войне, я это подтверждаю. Да, мы готовимся защищать нашу родину, нашу территориальную целостность, наши принципы, наших людей. Мы готовимся к такой войне. Но у нас есть серьезные отличия от Соединенных Штатов Америки. И в лингвистическом плане это отличие заключается всего в одном слове, что в русском языке, что в английском языке: Российская Федерация готовится к войне, а Соединенные Штаты Америки готовят войну”

Terjemahannya kira kira :

“Baru-baru ini pada pertemuan dengan fihak AS , telah dinyatakan bahwa Rusia sedang mempersiapkan perang. Ya, Rusia sedang mempersiapkan perang, saya bisa memastikannya. Ya, kami sedang mempersiapkan untuk mempertahankan tanah air kami, integritas teritorial kami, prinsip-prinsip kami, nilai-nilai kami, rakyat kami. Kami sedang mempersiapkan perang seperti itu. Tetapi ada perbedaan besar antara kami dan Amerika Serikat. Secara linguistik, perbedaan ini hanya dalam satu kata, dalam bahasa Rusia dan Inggris: Rusia sedang mempersiapkan perang sementara Amerika Serikat sedang mempersiapkan sebuah perang ”

Baca selengkapnya.

 

IRAQ PERKUAT PERBATASANNYA DENGAN SURIAH  SETELAH MEREBAK BENTROKAN ANTARA SDF DAN ISIS

Iraq

Irak telah mengirimkan bantuan militer ke perbatasannya dengan Suriah di tengah bentrokan baru antara militan yang didukung AS dan teroris ISIS di wilayah tersebut.

Pasukan Irak termasuk pasukan paramiliter Hashd al-Sha’abi, telah dikirim ke perbatasan Suriah karena kekhawatiran  bahwa teroris Daesh bisa saja mengulangi serangan seperti pada tahun 2014.

Penguatan diperbatasan terjadi ketika elemen-elemen Daesh (ISIS) belum lama ini  merebut beberapa wilayah yang dikuasai oleh  Pasukan Demokratis Suriah (SDF) dan koalisi  yang didukung AS terutama militan Kurdi, di sekitar kota Hajin di timur Suriah, provinsi Dayr al-Zawr.

Militer Irak mengatakan bahwa dua brigade tentara Irak, masing-masing dengan 3.000 hingga 5.000 tentara, telah dikirim ke daerah perbatasan dalam upaya untuk mencegah teroris menyeberang.

Pasukan paramiliter Iraq Hashd al-Sha’abi juga mengumumkan pengerahan 20.000 pejuangnya  “untuk menjaga keamanan perbatasan setelah beberapa desa Suriah jatuh di bawah kendali ISIS (Daesh).”

Selain itu, Letnan Kolonel Abbas Mohammad, kepala unit perbatasan Irak, menegaskan kehadiran pasukannya disepanjang perbatasan Suriah.

“Semua tindakan telah diambil: kami memiliki menara kontrol, pos pengamatan, gundukan tanah dan parit,” dan “mundurnya  SDF tidak akan menjadi ancaman bagi Irak.” Katanya

Sementara itu, seorang wartawan video AFP melaporkan bahwa selain tentara, Irak telah mengirim kendaraan militer, helikopter dan mobil lapis baja ke wilayah perbatasan.

Jenderal Irak Qassem al-Mohammadi, yang memimpin operasi kontra-terorisme di Provinsi Anbar barat Irak, memperingatkan bahwa posisi militan Daesh (ISIS) hanya “lima atau enam kilometer jauhnya, di dalam wilayah Suriah.”

 

ISRAEL ANCAM AKAN SERANG PABRIK RUDAL MILIK HIZBULLAH DILEBANON

Israel said to warn Beirut it will strike Hezbollah rocket factories

Israel dilaporkan mengirim pesan kepada pemerintah Libanon melalui Paris yang menuntut dilakukan tindakan terhadap pabrik-pabrik roket kelompok  Hizbullah di negara itu, dan  jika Libanon menolak untuk melakukannya, Israel dapat mengambil tindakan militer.

Pesan itu disampaikan oleh wakil penasihat keamanan nasional Israel Eitan Ben-David kepada Orléan la-Chevalier, penasihat utama Presiden Prancis Emmanuel Macron, dalam  kunjungan terakhir di Yerusalem pada hari Senin, menurut berita Channel 10 Israel.

“Pemerintah Lebanon harus berhati-hati jika menyangkut  pabrik roket Hizbullah. Jika masalah itu tidak ditangani melalui cara diplomatik oleh pemerintah Lebanon, Israel akan bertindak sendiri, ” kata pesan itu , menurut laporan yang mengutip sumber diplomatik Barat.

Ben-David meminta agar la-Chevalier menyampaikan pesan itu kepada Perdana Menteri Lebanon Saad Hariri. Perancis memiliki hubungan erat dengan Lebanon, dan dianggap dekat dengan Hariri.

Kantor Perdana Menteri (Israel) menolak berkomentar  tentang laporan itu.

Ben-David mengatakan Israel akan bersabar, dan bersedia menunggu untuk melihat apakah Libanon mengambil langkah terhadap  pabrik-pabrik itu, dan tidak akan membiarkan mereka terus berkembang tanpa hambatan.

(Pabrik roket) itu sebagian besar didanai oleh Iran, Hizbullah tetap populer di Lebanon, di mana ia telah berubah menjadi kekuatan politik yang kuat yang bersekutu dengan Presiden Michel Aoun. Banyak politisi (Lebanon) menolak keras seruan untuk memaksa Hizbullah melucuti senjatanya.

Aoun baru-baru ini membantah klaim Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa Iran telah meningkatkan jumlah rudal Hizbullah di fasilitas rahasia di Beirut. Beberapa hari kemudian  Aoun membawa wartawan dan diplomat dalam sebuah kunjungan ke beberapa lokasi yang diduga itu.

Netanyahu telah mengungkapkan beberapa  lokasi (diLebanon) dalam pidatonya di Majelis Umum PBB dalam upaya untuk mendorong tindakan internasional. Dia mengklaim teknologi akan memungkinkan rudal itu bisa  menyerang dengan akurasi 10 meter (32 kaki) dari targetnya.

Bulan lalu, Fox News melaporkan bahwa Iran telah mengirimkan komponen GPS canggih ke Hizbullah yang akan memungkinkan kelompok teroris untuk membuat roket yang tadinya roket tanpa pemandu  menjadi peluru kendali presisi.

 

BRASIL BERNIAT PINDAKAN KEDUBESNYA DI TEL AVIV KEYERUSALEM

Jair Bolsonaro, Brazil's president-elect, on October 28, 2018

Brasil berniat untuk memindahkan kedutaannya ke Yerusalem, presiden terpilih negara itu Jair Bolsonaro mengumumkan di halaman Facebook-nya pada hari Kamis, dia tidak membuang waktu dalam menyatakan niat untuk melaksanakan salah satu ikrar kampanyenya itu.

“Seperti yang dinyatakan sebelumnya selama kampanye kami, kami bermaksud untuk mentransfer Kedutaan Besar Brasil dari Tel Aviv ke Yerusalem. Israel adalah negara berdaulat dan kami akan menghormati itu, ”tulisnya.

Bolsonaro adalah seorang  populis, ultra-konservatif,  penganut Kristen Evangelis yang kemenangannya hari Minggu menandakan perubahan ke arah Brasil yang  mengagetkan dimana dalam 15 tahun terakhir  Brasil diperintah oleh Partai Pekerja sayap kiri. Ini juga merupakan pergeseran “tektonik”  dalam hubungan negaranya dengan Israel.

Dalam sebuah wawancara Kamis dengan portal berita Israel Hayom, Bolsonaro mengulangi janjinya untuk memindahkan kedutaan Brasil.

“Israel adalah negara berdaulat. Jika Anda memutuskan memindahkan  ibukota Anda, kami akan bertindak menyesuaikan. Ketika saya ditanya selama kampanye apakah saya akan melakukannya (relokasi kedutaan)  jika  saya menjadi presiden, saya mengatakan ya, dan bahwa Anda adalah orang-orang yang memutuskan ibukota Israel, bukan orang lain, ”katanya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu segera menelepon Bolsonaro tak lama setelah kemenangannya dalam pemilu untuk memberi selamat kepadanya, dan mengatakan bahwa dia bermaksud menghadiri pelantikannya pada 1 Januari.

Jika Brasil memang melanjutkan langkah kedutaan, itu artinya akan bergabung dengan Amerika Serikat dan Guatemala, yang telah lebih dulu mengambil langkah serupa.

“Saya mengucapkan selamat kepada teman saya Presiden Brasil yang baru terpilih  Jair Bolsonaro, karena niatnya untuk memindahkan Kedutaan Brasil ke Yerusalem,” kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan ketika sedang berkunjung ke Bulgaria, “Ini adalah langkah yang bersejarah, adil dan mengharukan.” Katanya.

 

NETANYAHU MINTA TRUMP UNTUK TETAP MENJALIN KEDEKATAN DENGAN MBS

Trump and Netanyahu, 2017.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu meminta para pejabat senior di Gedung Putih untuk tetap terus mendukung Pangeran Mahkota Saudi Mohammad bin Salman , meski ada kasus pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi, Washington Post melaporkan pada hari Kamis kemarin.

Mengutip para pejabat AS, laporan tersebut menyatakan bahwa Netanyahu menggambarkan Putra Mahkota sebagai “sekutu strategis” nya di Timur Tengah.

Laporan itu mengatakan bahwa pesan serupa juga disampaikan ke Gedung Putih oleh Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sissi.

Netanyahu baru-baru ini mengunjungi Oman, negara Teluk yang belum menjadi tuan rumah Perdana Menteri Israel sejak tahun 1990-an, sebagai pertanda adanya menghangatnya hubungan  antara Israel dan monarki Arab di Teluk.

Dalam perjalanan ke Oman, pesawat Perdana Menteri Israel terbang di atas Arab Saudi. Selain itu, ada sejumlah laporan dalam beberapa bulan terakhir tentang peningkatan kerja sama intelijen Israel-Saudi.

Arab Saudi  dan juga MBS (Muhammad bin Salman)  telah mendapat kecaman keras karena kemacetan mereka dalam penyelidikan atas hilangnya dan meninggalnya Khashoggi.

Kerajaan (Saudi)  juga telah mengubah penjelasannya beberapa kali sejak kasus ini pertama kali menyebar ke publik.

Pada hari Rabu lalu karena adanya pembunuhan (Khassogi) itu , sekelompok senator Partai Republik mendesak Presiden AS Donald Trump untuk menunda negosiasi dengan Arab Saudi tentang perjanjian energi atom yang berpotensi menguntungkan itu.

Hari  Rabu itu juga, kantor kejaksaan Istanbul mengatakan bahwa Khashoggi telah mati lemas segera setelah dia memasuki konsulat Arab Saudi pada 2 Oktober dalam pembunuhan yang direncanakan sebelumnya, dan tubuhnya kemudian dipotong-potong dan dibuang.

Juga dikatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tidak ada hasil nyata yang dicapai dalam pembicaraan kepala Kejaksaan (Turki)  Irfan Fidan di Istanbul pekan ini dengan jaksa penuntut umum Saudi Saud al-Mojeb.

Minggu lalu Direktur CIA Gina Haspel dilaporkan mendengar rekaman audio kematian wartawan Saudi itu. Dan Haspel pergi telah ke Turki untuk meninjau intelijen tentang insiden Khashoggi itu.

Jaksa penuntut umum Arab Saudi mengadakan pembicaraan semalam dengan para pejabat intelijen Turki tentang penyelidikan atas pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul, kantor berita Demiroren menyatakan.

 

PUTIN  Vs BOLTON :  HANYA ANAK PANAH  YANG TERSISA DILAMBANG NEGARA AS

Presiden Rusia Vladimir Putin menyindir  lambang negara Amerika Serikat saat menjadi tuan rumah penasihat keamanan nasional Presiden AS Donald Trump Selasa, mengatakan dia mempertanyakan  apakah elang dilambang Negara AS itu telah mencabut semua zaitun dari cabangnya.

Saat duduk bersama John Bolton di Kremlin, Putin menyebutkan niat Trump untuk menarik AS keluar dari perjanjian pembatasan  senjata (INF 1987).  Dia mengatakan Moskow juga prihatin akan keraguan Washington tentang perpanjangan perjanjian nuklir bersejarah dan rencana AS untuk menyebarkan elemen pertahanan rudal di luar angkasa.

 

Image result for us symbol

 

Pemimpin Rusia itu kemudian merujuk pada lambang Negara  Amerika Serikat, yang ada gambar  seekor elang botak yang memegang  13 anak panah  dan sebuah cabang zaitun dengan 13 buah zaitun disisi lain. “Saya punya pertanyaan: Apakah elang Anda telah memakan semua zaitun itu dan hanya menyisakan anak  panah?” Putin bertanya sambil tertawa.

“Semoga, saya akan memiliki beberapa jawaban untuk Anda,” katanya. “Tapi saya tidak membawa lagi zaitun itu .” “Itu yang saya pikirkan,” kata Putin.

 

Pemimpin Rusia itu lebih lanjut menunjukkan lambang Negara  AS, dia mengutip moto yang ditulis pada gulungan pita yang dipegang elang di paruhnya “e pluribus unum” atau  “Out of Many, One” (meski berbeda tapi tetap satu)  , sebagai refleksi kebutuhan untuk menemukan kesamaan meskipun ada berbagai sudut pandang.

Putin dan Bolton tertawa ketika mereka saling bertukar candaan  di awal pertemuan, menetapkan nada yang mudah menjelang apa yang diharapkan menjadi diskusi tegang yang diberikan pernyataan akhir pekan Trump tentang meninggalkan Perjanjian Intermediate-Range Nuclear Forces (INF).

Berbicara pada konferensi pers setelah pembicaraan dengan Putin, Bolton menekankan bahwa AS yakin bahwa Rusia telah melanggar perjanjian dengan menguji dan menggunakan rudal jelajah berbasis darat.

Putin juga menekankan perlunya mempertahankan dialog, mengatakan ia siap untuk bertemu dengan Trump di Paris bulan depan dalam acara  peringatan  yang menandai berakhirnya Perang Dunia I.

Putin mengatakan pertemuan terakhirnya dengan Trump di Helsinki pada bulan Juli ada manfaatnya meskipun diskusi mereka berlangsung sulit, dia menambahkan bahwa dia akan terbuka untuk bertemu dengan Trump di Prancis “jika pihak AS tertarik pada kontak seperti itu.”

Bolton menjawab bahwa Trump akan siap bertemu  Putin di Paris di sela-sela acara peringatan yang  menandai 100 tahun  gencatan Senjata, pada 11 November nanti. “Terlepas dari perbedaan kami yang ada karena kepentingan nasional kami yang berbeda, tetaplah perlu untuk melakukan dialog.

 

UNI EROPA HANYA MAU IKUT MEREKONSTRUKSI SURIAH JIKA ASSAD TELAH  DILENGSERKAN

Image result for Maja Kocijancic PIC

Uni Eropa mengambil sikap tegas terhadap upaya pendanaan bagi rekonstruksi di Suriah sampai penyelesaian politik dan transisi (kepemimpinan) dilakukan,  jurubicara Komisi Eropa untuk urusan luar negeri dan kebijakan keamanan Maja Kocijancic , mengatakan.

“Kami hanya ingin bicara  masalah rekonstruksi pada titik ketika transisi di Suriah sedang berlangsung. Seperti yang Anda ketahui, ini belum terjadi. Konflik masih berlangsung, ”kata Kocijancic.

Komentar Kocijancic dikeluarkan hanya sehari setelah Menteri Pertahanan AS James Mattis mengatakan kepada wartawan bahwa Presiden Suriah Bashar Al-Assad akhirnya akan dilengserkan dari jabatannya di Suriah.

Sementara AS dan Uni Eropa menolak untuk membiayai upaya rekonstruksi di Suriah saat ini, dan Damaskus telah mencari tempat lain untuk mendapat  bantuan guna  membangun kembali negaranya.

Menurut laporan dari pemerintah Suriah pekan lalu, beberapa perusahaan dari China, Iran, dan Rusia telah menyatakan minatnya untuk merekonstruksi Suriah.

This entry was posted in Update WW3 2018. Bookmark the permalink.

8 Responses to Update WW3 Nov 2018

    • The admin says:

      Saya kira itu bukan Isu, karena dirilis oleh puluhan media internasional yg kredibel. Bisa jadi mereka menarik kembali kebijakan itu karena tekanan yg besar dari negara2 lain. Soal pembunuhan Khassoghi saja Saudi sudah 3 kali penguasa Saudi merubah pernyataannya.
      Ini bukanlah kebijakan aneh yg sama yg pertama dilakukan Saudi. Kebijakan serupa juga pernah dikenakan ke Iran dan bahan Umat muslim Suriah sampai saat juga dilarang berhaji, dan larangan yg ke Iran itu skrg sdh dicabut.
      Yang aneh adalah, kenapa ketika orang Iran dan Suriah dilarang haji tapi negara2 Islam lain bungkam saja, dan baru teriak ketika akan menimpa orang Palestina ???

  1. Kosong08 says:

    HTs organisasi asing, yang bendera nya garis hijau putih hitam ada kalimat tawheed nya bukan min ?
    posisi turkey gimana min?
    masih medukung pemberontak ?

    • The admin says:

      Wah kita kurang faham bendera HTI.
      Selama dipegang Erdogan, Posisi Turki tetap kaki tangan AS. Sebagai negara anggota NATO dan punya Kedubes di Israel , jelas tUrki terlibat dalam proyek2 NATO diTimteng, bahkan sejak penghancuran Libya dan sampai sekarang upaya penurunan Assad diSuriah.
      Untuk menutupi kedoknya kadang berteriak sok pura2 membela Palestina, tapi sebenarnya tidak melakukan apapun. atau kadang2 pura2 melawan kebijakan AS. Banyak pemimpin munafik diakhirzaman ini.

      • Kosong08 says:

        Maksud saya, bukan HTi min, tapi HTS.
        Oiya, min.
        Bisa jelaskan kelompok :
        PKK, YPG, JN, FSA, SAA
        itu, yang mana pemberontak, dan mana yang pro rezim.
        Biar saya gak keblinger saking banyaknya kelompok-kelompok, yang sedang konflik ditimur tengah.
        mana yang mujahidin, dan mana yang mujadolar hehe …

        terima kasih, 🙏

        • The admin says:

          PKK itu partai Pekerja Kurdistan yang sudah lama berjuang untuk memisahkan diri dari Turki. Orang2 Kurdi yg sejarahnya memang nomaden (tidak punya tanah air) itu punya pasuakan namanya YPG (Perlindungan Rakyat Kurdi), mereka saat ini menguasai sebagian wilayah Suriah utara dan sebagian Iraq utara. FSA (Free syrian Army) itu pemberontak Suraih, SAA (Syrian Arab Army) itu adalah angkatan bersenjatanya Suriah. JN(Jabhat al Nusra) itu nama sebelumnya dari HTS(Ha’yat Tahrir Al sham) setelah bergabung dengan beberapa kelompok lainnya. Semua kelompok militan salafi itu berafiliasi ke AlQaeda yg didanai AS dan sekutu Arab (terutama Arab saudi) untuk membantu menggulingkan Assad.
          Arab Saudi sendiri mendanai puluhan kelompok militan diSuriah yg pada 2015 berkonsoloidasi dalam pertemuan dihotel mewah diRiyad.

          PKK dan YPG sama2 kekuatan orang Kurdi yang mendapat dukungan dari AS dan sekutunya untuk menjamin “ketidakstabilan” diSuriah utara dan Iraq utara, makanya pejuang mereka juga didatangkan dari negara2 Eropa. FSA mendapat dukungan dari AS dan sekutu arabnya khusus untuk menurunkan Assad. Sadar atau tidak mereka sedang melaksanakan proyek “the great Israel” , yaitu perluasan wilayah Israel dari Sungai Nil (diMesir) sampai sungai Eufrat (diIraq utara).

          Yang jelas jelas2 mujahidin ya rakyat dan tentara Suriah (dan Iraq) yg berjuang membela tanah airnys dari para penyerang, baik penyerang yg berdalih mau mendirikan khilafah maupun yg terang2an bertujuan menggulingkan Assad. Para militan yg menyerang Suriah dan Iraq itu tidak sadar sedang diperdaya oleh AS dan sekutu arabnya demi kepentingan Israel.
          Penjelasan siapa yg difihak yg benar ini sejalan dengan penjelasan Hadist tentang perang Akhir zaman diSuriah, Iraq dan Yaman.

          • Kosong08 says:

            Maaf, ada yang lupa saya tanyakan.
            Tentang :

            Mi6 (ikhwanul muslimin)
            Dan taliban
            Tolong jelaskan kelompok tersebut, beserta sepak terjangnya ditimur tengah.

            Semoga admin, tidak bosan menjawab pertanyaan² saya.
            He..he..he..

            • The admin says:

              Kita lebih tertarik menjawab BEGINI, bahwa tidak akan pernah ada organsasi agama yg berkiprah dalam politik yg akan mencapai tujuan murni yg dimpikannya. Seperti halnya IM yg berhasil mendudukkan Mursi menjadi presiden Mesir yg hanya bertahan hanya sekejap saja. Apalagi kemudian malah mencari dukungan keAS yg kakitangan Israel, menjadi salah jalan yg fatal.

              Selama masih ada Ya’juj ma’juj yg tidak bisa dikalahkan , yg juga punya tujuan mendirikan pemerintahan tunggal dunia, maka semua cita2 itu hanya akan menjadi angan2 yg memperdaya. Hasilnya adalah individu2 pemuja dunia/kekuasaan yg berujung dipenjara karena korupsi. Lihat saja disini, berapa puluh sajana2 muslim dari partai2 Islam yg tadinya punya cita2 melambung seperti itu yg ketangkep KPK.

              Yang mungkin tercapai hanyalah kepentingan2 pribadi. Lihat Kembali ketetapan Allah bahwa Ya’juj Ma’juj tidak bisa dikalahkan. Khilafah Allah oleh Al mahdi dan Nabi Isa saja hanya bisa terjadi setelah ditumpasnya Ya’juj ma’juj.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 12 = 13