Update WW3 Oct 2017

PASUKAN IRAQ REBUT LADANG MINYAK DARI SUKU  KURDI

Pasukan pemerintah Irak disebar ke lokasi perusahaan minyak milik negara di barat laut Kirkuk, setelah merebut kembali pangkalan udara K1 yang berada di dekatnya, gerakan pasukan Iraq ini dilaporkan tanpa insiden  dengan pasukan Kurdi,

Senin 16/10. TV pemerintah melaporkan  bahwa pasukan Irak telah menguasai beberapa wilayah Kurdi, termasuk ladang minyak, namun ini telah dibantah oleh pasukan Kurdi.

Ketegangan antara kedua belah pihak telah memanas sejak msyarakat  Kurdi Irak  memilih untuk memisahkan diri dalam sebuah referendum 25 September yang ditolak Baghdad dan dianggap sebagai tindakan ilegal.

Pasukan Peshmerga Kurdi menguasai kota Kirkuk yang kaya minyak setelah tentara Irak melarikan diri dari serangan besar ISIS pada tahun 2014.

PASUKAN IRAQ KUASAI TOTAL KOTA KIRKUK

Angkatan Bersenjata Irak dan Unit Mobilisasi Populer (PMU) memegang kendali  penuh atas kota Kirkuk setelah mengepungnya dari tiga sisi, sehingga mendorong penarikan diri massal  garnisun Peshmerga Kurdi yang nyaris terkepung.

Ratusan kendaraan militer Humvee , BMP-1 dan  terlihat bergerak menuju pusat kota  setelah pasukan Iraq memasuki Kirkuk dari gerbang barat dan selatan kota, yang mendorong eksodus massal warga sipil yang mencoba melarikan diri ke wilayah yang dikuasai Kurdi di sepanjang jalan raya.

Selain itu, Tentara Irak dan pasukan PMU telah menguasai Bandara Internasional Kirkuk dan Pangkalan Udara K1 di sebelah barat, yang keduanya berada tepat di sebelah barat kota.

Meskipun Peshmerga oleh semua sumber dikatakan  telah meninggalkan Kirkuk, beberapa lusin gerilyawan PKK  telah mendirikan kamp di kota tersebut dan  menolak untuk menyerah.

Serangan tentara Irak di Kirkuk dipandang sebagai pembalasan langsung terhadap referendum kemerdekaan Kurdi. Bentrokan sporadis berlanjut saat berita ditunkan  meski sampai sekarang jumlah korban masih rendah.

PESAWAT2 ISRAEL SERANG DAMASKUS

Beberapa saat yang lalu 1:29PM 16/10 waktu Damaskus  pertahanan udara Suriah mengahdap  jet-jet Israel yang terbang di atas wilayah udara Lebanon yang masuk untuk menyerang ibukota Suriah Damaskus.

Menurut sumber militer Israel pesawat tempur Israel menrespon ancaman tersebut dengan menargetkan dan menghancurkan baterai rudal anti-pesawat SA-5 yang menyerang pesawat Israel. Baterai2 itu  diposisikan di sebelah timur Damaskus.

Pasukan pertahanan udara Suriah memastikan bahwa mereka menembaki jet Israel, namun belum berkomentar apakah mereka kehilangan baterai anti-pesawat terbang atau tidak.

Pesawat tempur Israel berdalih  hanya terbang di atas wilayah udara Lebanon untuk satu alasanmenyerang pasukan pro-pemerintah Suriah di bagian barat negara tersebut.

KOREA UTARA BERJANJI AKAN TEMBAKKAN RENTETAN RUDAL KE GUAM 

N. Korea threatens Guam with ‘salvo of missiles’ as US gears up for drills with Seoul

Dalam sebuah pernyataan terbaru yang intimidatif  dari Pyongyang dikeluarkan yang  berjanji untuk menembakkan “rentetan rudal” di wilayah Guam di AS, di tengah latihan militer besar  AS Korea Selatan yang melibatkan pembom B-1.

Saat Washington dan sekutu-sekutunya di Asia Pasifik bersiap untuk melakukan latihan maritim bersama, pemerintah Korea Utara mengeluarkan ancaman baru yang akan  menargetkan wilayah Guam di AS. Simulasi  perang yang akan dilakukan AS dan sekutu akan melibatkan kapal induk ASS Ronald Reagan dan dijadwalkan dimulai pada hari Senin 16/10 di lepas pantai Korea Selatan.

KAPAL SELAM NUKLIR AS TIBA DI PELAHUHAN KOREA SELATAN

The nuclear-powered submarine USS Michigan approaches a naval base in Busan, South Korea, amid North Korea's nuclear and missile provocations

Sebuah kapal selam bertenaga nuklir AS USS Michigan telah tiba di pelabuhan Busan di Korea Selatan di tengah meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

Menurut ahli militer Dmitry Litovkin, tujuan dari kapal selam ini adalah untuk memberikan tekanan ekstrim terhadap Korea Utara. Kapal selam berbobot 18.000 metrik ton USS Michigan dilengkapi dengan 154 rudal Tomahawk yang mampu mencapai target yang mencapai 1.400 mil jauhnya.

Kedatangannya ke pelabuhan Busan dilaporkan di halaman facebook resmi angkatan laut yang ditempatkan di Korea Selatan.

Kehadiran sebuah kapal perang yang dilengkapi dengan Tomahawks dekat Korea Utara, merupakan tantangan serius bagi Pyongyang, pakar militer Dmitry Litovkin mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Radio Sputnik.

“Tujuannya menurut pendapat saya cukup jelas: untuk memberikan tekanan kuat pada Korea Utara. Rudal jelajah ini antara lain bisa membawa hulu ledak nuklir dan mampu memukul target pada jarak yang sangat jauh. Senjata semacam itu di dekat Korea Utara merupakan tantangan yang cukup serius bagi rezim Korea Utara, “kata Litovkin.

PASUKAN  SURIAH BERHASIL  REBUT KEMBALI BANDARA MILITER DEIR EZ ZOR

Sumber militer telah melaporkan bahwa sebuah pesawat tempur Suriah mendarat di basis  militer Deir Ezzor  untuk pertama kalinya dalam lebih dari setahun.

Tiga belas bulan yang lalu, serangan udara AS yang hebat terhadap posisi tentara Suriah di Gunung Thardeh (Jabal Thardeh) memaksa tentara pemerintah untuk meninggalkan area penting yang menghadap ke pangkalan udara Deir Ezzor dan  secara de facto menyerahkannya ke ISIS.

Militan ISIS membentuk pertahanan artileri di Thardeh dan menggunakannya untuk melindungi pangkalan udara Deir Ezzor. Dengan kondisi seperti ini, Angkatan Udara Arab Suriah melarang pilotnya mendarat di lokasi militer itu.

Namun, sekitar satu bulan yang lalu Tentara Suriah merebut kembali Gunung Thardeh dari ISIS sebagai bagian dari serangan yang lebih luas di Deir Ezzor dan mengamankan kembali bandara militer dari serangan artileri ISIS.

SURIAH MINTA TURKI MENARIK PASUKANNYA DARI IDLIB

Menteri Luar Negeri Suriah Walid Mu’allem mengeluarkan sebuah pernyataan pada hari Sabtu yang mengecam serangan tentara Turki ke Provinsi Idlib.

“Serangan tentara Turki di Idlib merupakan pelanggaran langsung terhadap kesepakatan Astana,” kata Mu’allem pada hari Sabtu. Mu’allem telah   meminta Tentara Turki segera menarik diri dari wilayah Suriah, tanpa prasyarat.

Tentara Turki memasuki Provinsi Suriah Idlib pada hari Kamis setelah Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengumumkan bahwa pasukannya merencanakan serangan terhadap Hay’at Tahrir Al-Sham di provinsi tersebut.

AS DAN ISRAEL KELUAR DARI UNESCO

Amerika Serikat secara resmi menarik diri  keanggotaannya dari UNESCO dengan alasan “bias anti-Israel yang makin berlanjut”.

Pengumuman pemerintahan  Trump tersebut diikuti beberapa jam kemudian oleh infornasi  bahwa Israel juga berencana untuk berhenti mendanai  lembaga budaya dan pendidikan dunia itu.

Dalam sebuah pernyataan Benjamin Netanyahu, perdana menteri Israel, menyambut baik langkah AS tersebut dengan mengatakan: “Ini adalah keputusan moral yang berani, karena Unesco telah menjadi arena  yang tidak masuk akal. Alih-alih melestarikan sejarah tapi malah mendistorsinya.”

Badan  ini terkenal dengan peran menjaga warisan situs budaya dan alam dunia yang luar biasa namun sering menarik kemarahan Israel dan AS   serangkaian keputusannya, termasuk tentang Hebron, sebuah kota di bagian selatan Palestina yang diduduki wilayah sebagai situs warisan dunia Palestina. Resolusi Unesco mengkritik kegiatan Israel di tempat-tempat suci di Yerusalem dan Tepi Barat yang didudukinya.

Direktur Jenderal Unesco Irina Bokova, mengungkapkan “penyesalannya mendalam” atas keputusan AS tersebut. “Ini bukan hanya tentang Warisan Dunia,” katanya. Dia menggambarkan penarikan tersebut sebagai “kerugian bagi organisasi (UNESCO) dan AS”.

AS DAN KORSEL AKAN GELAR LATIHAN EVAKUASI MASA

Latihan evakuasi dua tahunan gabungan  pasukan AS dan  Korea selatan (USFK) dijadwalkan berlangsung pada 23-27 Oktober, Layihan ini dilaksanakan  sebulan setelah adanya pesan evakuasi palsu misterius yang dikirim ke tentara Amerika di Korea Selatan.

Latihan yang berjuluk  “Channel  pemberani,” tersebut bertujuan untuk mempersiapka evakuasi massal yang melibatkan sekitar 28.500 tentara serta keluarganya  jika terjadi sebuah krisis. Targetnya  dievakuasi dalam hitungan hari harus dilakukan  ke pangkalan AS di Okinawa Jepang.

Krisis yang dimaksud  bisa berupa  peristiwa alam, seperti gempa bumi, atau masalah buatan manusia, seperti pecahnya perang atau kerusuhan sipil. Latihan ini bertujuan untuk memberikan kejelasan mengenai peran dan prosedur yang harus diikuti, termasuk isu-isu seperti surat kuasa, masalah keuangan, dan hewan peliharaan yang dianggap anggota keluarga.

Menurut juru bicara USFK, operasi tersebut tidak berubah untuk mencerminkan ketegangan yang meningkat di Semenanjung Korea, baik dengan para pemimpin Korea Utara maupun Korea Utara yang saling bertukar laporan.

“Kami saat ini tidak merencanakan penyesuaian atau perubahan besar atas lingkup kerja dan skala  pelatihan tahun ini,” kata Kolonel Chad Carroll dalam sebuah email yang dipublikasikan.  “Latihan tahun ini tidak terhubung  secara spesifik atas situasi geopolitik saat ini,” tambahnya.

Donald Trump Akan Menarik Kesepakatan Nuklir Dengan Iran

image description

Dalam sebuah pertemuan dengan pejabat militer, Presiden AS Donald Trump menggunakan retorika dalam menanggapi kesepakatan nuklir Iran dengan mengatakan bahwa kebijakan Iran tidak sesuai dengan “semangat” dalam perjanjian itu.  Trump diperkirakan  akan membatalkan kesepakatan nuklir itu dalam enam hari ke depan.

Dalam  pertemuan dengan pejabat militer senior Kamis malam itu Trump mengatakan  “Anda akan sering mendengar tentang Iran”

Mirip dengan presiden AS sebelumnya yang pernyataaan2nya  sering memutar balikkan fakta dimana Iran yang selama ini membantu Suriah memberantas terorisme malah dia pelintir   “Rezim Iran mendukung terorisme dan mengekspor kekerasan, pertumpahan darah dan kekacauan di Timur Tengah. Itulah sebabnya kita harus mengakhiri agresi Iran lebih lanjut dan ambisi nuklir Iran. Mereka berjalan tidak sesuai dengan semangat yang mereka sepakati.”

Batas waktu 15 Oktober untuk mengesahkan kesepakatan nuklir makin dekat tapi  presiden Trump belum mengumumkan kebijakannya tentang nuklir Iaran itu. Menurut perkiraan yang sebelumnya dilaporkan oleh Jerusalem online, Trump  diprediksi  akan mengumumkan bahwa Iran tidak menjunjung tinggi kesepakatannya dan akan manarik kesepakatan nuklir  tersebut.

Pada konferensi pers setelah pertemuan tersebut, Trump bertanya kepada mereka yang hadir apakah  mereka tahu ada momen apakah ini , kemudian dia menjawab sendiri pertanyaan secara dramatis bahwa  “Mungkin ini adalah masa tenang sebelum datang badai.” Ketika ditanya oleh seorang reporter tentang badai yang dia maksud, Trump mengumumkan : “Nanti anda akan tahu.”

 

MENLU RUSIA : DISURIAH AS SEDANG MELAKUKAN PROVOKASI KE RUSIA

Russian Foreign Minister Sergey<a href='http://www.kaos.gr/search/label/%D0%A1%D0%B5%D1%80%D0%B3%D0%B5%D0%B9%20%D0%9B%D0%B0%D0%B2%D1%80%D0%BE%D0%B2/'> Lavrov</a>

Washington sedang memainkan permainan berbahaya dengan mendorong teroris di Suriah untuk menyerang pasukan pemerintah dan militer Rusia, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov. Moskow  akan merespon setiap  langkah agresif AS , namun juga ingin mengatasi kebuntuan politik yang terjadi, tambahnya.

Lavrov mencatat bahwa koalisi pimpinan AS dan pasukan pemberontak Suriah mendukung secara konsisten dengan tindakan yang membantu ISIS  dan kelompok teroris lainnya.

“Dalam beberapa kasus,  Koalisis pimpinan AS melakukan serangan yg mereka sebut “tak disengaja” terhadap Angkatan Bersenjata Suriah, setelah setiap adanya  serangan balasan oleh ISIS. Dalam kasus lain, mereka memandu teroris lain untuk menyerang lokasi-lokasi strategis dimana pejabat Suriah sedang memulihkan organisasi pemerintahan  yang sah, atau bahkan  melakukan provokasi fatal terhadap personil militer kami, “kata Lavrov.

Menlu Rusia itu juga   menyatakan ,Washington menggunakan “standar ganda” di Suriah, dan  mengecam AS karena gagal untuk mendefinisikan  bahwa mana teroris buruk dan yang baik (pemberontak Suriah).

“Jika Anda menerapkan standar ganda, bagilah teroris menjadi ‘buruk’ dan ‘sangat buruk’, Jika  memaksa negara lain untuk bergabung dalam koalisi yang sarat motif politik, tapi melupakan syarat PBB yang diperlukan untuk menyetujui tindakan ini, maka sulit untuk berbicara tentang keefektifan sebuah operasi  anti teror, “katanya.

Keterlibatan Rusia dalam operasi melawan ISIS di Suriah tidak hanya membantu keamanan nasional Rusia, namun juga stabilitas regional, kata Lavrov. Dia menambahkan bahwa tidak cukup untuk mengalahkan teroris di lapangan untuk membawa perdamaian ke daerah-daerah yang diperangi, tapi perlu juga mencatat pentingnya upaya diplomatik. “Tidak mungkin memberantas terorisme di Timur Tengah dan Afrika Utara hanya dengan cara militer saja. Kami sangat yakin tentang itu.

Keuntungan dari kebijakan kami terletak pada bahwa hal itu tidak mementingkan diri sendiri dan kami tidak memiliki agenda tersembunyi, “katanya. Moskow akan terus terlibat dalam proses penyelesaian konflik di wilayah ini baik melalui upaya diplomatik dan diplomasi (damai) perundingan, dan “mengundang semua orang yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kerja sama yang jujur ​​ini,” kata Lavrov.

Menhan Israel : Assad Hampir Menang Harusnya AS Lebih Aktif di Suriah

Image result for Avigdor Lieberman pic

Menteri pertahanan Israel Avigdor Lieberman   mendesak Washington untuk lebih banyak terlibat di Suriah, di mana Presiden Bashar Assad  sedang menuju “kemenangan.”

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Israel sedang berjuang untuk menghadapi ” Rusia, Iran, dan juga  Turki dan Hizbullah.”

“Kami berharap Amerika Serikat akan lebih aktif di  Suriah dan di Timur Tengah pada umumnya,” kata Avigdor Lieberman dalam sebuah wawancara dengan berita Walla Israel pada hari Selasa.

“Di wilayah utara (Suriah) utara, kita berhadapan dengan Rusia, Iran, dan juga Turki dan Hizbullah. Masyarakat  tidak tahu apapun dan itu bagus, tapi ini investasi dan usaha nonstop 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

” Menteri kemudian mengungkapkan keprihatinannya yang rupanya serius bahwa “terlepas dari segalanya, Assad telah memenangkan pertarungan.” Dia juga menyebut situasi di Suriah adalah “salah satu absurditas terbesar.”

“Amerika Serikat memiliki beberapa tantangan tersendiri, alam hubungan dengan tren , semakin aktif AS maka semakin baik,” kata Lieberman.

Menurut pejabat sayap kanan Israel, “tiba-tiba semua orang berlari untuk mendekati Assad,” termasuk negara-negara di Barat  mereka “antri” untuk merebut dukungan presiden Suriah.

Ini  skenario  yang tidak menguntungkan bagi Israel, situasi di Suriah telah menyebabkan konsolidasi Iran meluas, menurut Lieberman, yang dikenal karena pernyataan keras dan sikap anti-Irannya.

Meskipun Israel pada umumnya  tidak terlibat dalam perang Suriah, telah lama ada kekhawatiran bahwa situasinya akhirnya akan berhadapan langsung dengan  beberapa musuh utama Israel yaitu Iran dan Hizbullah, organisasi militan Lebanon yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Israel dan AS akan  mendapatkan pijakan kekuasaan di Suriah.akhir2 ini di wilayah tersebut, Israel mendukung referendum pembentukan  negara Kurdi yang independen, meskipun sejumlah negara lain telah mengecam pemungutan suara tersebut.

Setelah memperingatkan bahwa upaya kemerdekaan Kurdi adalah ancaman bagi seluruh wilayah, Pemimpin  Hizbullah Sayyid Hassan Nasrallah telah menyebut referendum tersebut sebagai bagian dari rencana AS dan Israel untuk mengukir Timur Tengah untuk  kembali  menjerumuskan wilayah tersebut ke dalam kekacauan dengan menabur perpecahan.

 

 

 

This entry was posted in Update WW3 2017 and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =