PULUHAN RUDAL TOMAHAWK AS SERANG SURIAH


Beberapa jam lalu (Jumat 7/4 dinihari) Amerika Serikat telah menembakkan puluhan rudal jelajah ke pangkalan udara  pemerintah Suriah, dengan alasan sebagai  balasan atas apa yang disebut Presiden Donald Trump sebagai  serangan senjata kimia  oleh pemerintah Suriah terhadap warga sipil.

Pentagon mengatakan 59 rudal Tomahawk menyerang  sasaran diSuriah pada pukul 3:45 am pada Jumat pagi  yang menghantam lapangan terbang Shayrat di provinsi Homs , dimana dipercaya jet Suriah berangkat untuk melakukan serangan dengan senjata kimia.

Televisi pemerintah Suriah juga melaporkan adanya serangan rudal AS pada sejumlah sasaran militer Suriah dan menyebutnya sebagai “tindakan agresi”, sementara Gubernur Homs Talal Barazi mengatakan serangan AS tidak akan mempengaruhi pemerintah Suriah atau kemampuan untuk melawan “teroris”.

Serangan, diluncurkan dari dua kapal perang AS di Laut Mediterania, yang mentargetkan daerah lapangan terbang, hanggar, menara kontrol dan gudang amunisi  , kata para pejabat.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan sedikitnya empat tentara tewas dan puluhan luka-luka, sedangkan pangkalan udara itu nyaris hancur. Itu adalah aksi militer langsung pertama AS yang diambil terhadap pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang enam tahun.

“Tidak perlu diperdebatkan bahwa Suriah telah menggunakan senjata kimia terlarang, melanggar kewajibannya berdasarkan konvensi senjata kimia dan mengabaikan desakan Dewan Keamanan PBB,” kata Donald Trump tanpa didasari bukti atau hasil penyelidikan apapun.

This entry was posted in Info Lain and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + 1 =