Pesawat Militer AS Terjunkan Bantuan ke ISIL di Tal Afar Iraq

Eyewitnesses: US Military Planes Helping ISIL Terrorists in Tal Afar Region

Kami melihat paket paket dengan parasut keluar dari pesawat militer AS di sekitar  kota Tal Afar di sebelah barat provinsi Nineveh Iraq , juga  enam orang juga keluar dengan parasut dari sebuah pesawat AS di wilayah yang dikuasai ISIL , media berbahasa Arab mengutip sejumlah saksi mata yang mengatakan pada hari ini (rabu).

Kota Tal Afar telah berada di bawah pengepungan pasukan relawan Irak (Hashd al-Shaabi) sejak sekitar dua bulan lalu,  dan upaya oleh teroris ISIL untuk membantu rekan-rekan mereka yang terkepung di Tal Afar selalu gagal sejauh ini.

Berita ini muncul  ketika militer Irak  melaporkan bahwa angkatan udara AS telah membantu teroris ISIL di kawasan yang dikendalikan oleh kelompok teroris.

Militer Irak mengatakan bahwa tentara AS sedang mencoba untuk memindahkan komandan  ISIL yang terperangkap di daerah dikepung oleh tentara Irak ke wilayah aman.

Sebuah  laporan yang relevan pada akhir Januari, seorang komandan senior pasukan Irak di wilayah Hamreen mengungkapkan bahwa helikopter AS telah membantu teroris ISIL di pegunungan Hamreen dalam beberapa operasi malam hari selama beberapa minggu terakhir.

“Tampaknya pasukan AS mencari skenario baru untuk mengganggu operasi militer di kota Mosul melalui konflik di pegunungan strategis Hamreen,” kata sang komandan.

Gunung Hamreen yang strategis membentang dari Salahuddin sampai  Diyala dan dari sana bia menuju ke provinsi Kirkuk. Dari gunung Hamreen bisa  mengawasi seluruh wilayah tersebut.

Dualisme kepentingan AS ini sering membingungkan  pasukan Iraq, pada akhir Januari lalu pasukan relawan Irak (Hashd al-Shaabi) menghalangi  tentara AS yang akan menuju  gunung Mak’hul di Northern Salahuddin dan mengusir mereka dari daerah. Media berbahasa Arab melaporkan bahwa pasukan Gerakan al-Nujaba mencegah orang tentara AS dari mendaki gunung Mak’hul yang berada di bawah kendali penuh Hashd al-Sha’abi dan pasukan keamanan Irak.

Gerakan al-Nujaba mencatat bahwa bahwa tentara AS dan kendaraan lapis baja mereka bermaksud untuk mendaki Mak’hul gunung tapi pasukan al-Nujaba mendorong mereka kembali mereka dari wilayah tersebut.

Pada akhir Oktober, Wakil Ketua Dewan Provinsi Nineveh Noureddin Qablan mengumumkan bahwa pesawat tempur koalisi pimpinan AS melancarkan serangan udara di sebuah pangkalan militer di provinsi Nineveh, menewaskan beberapa tentara Iraq.

This entry was posted in Info Lain and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 1 =